1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Bumbu & bahan masakan
  6. >
  7. 10 Minyak Wijen Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Minyak Wijen Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Minyak Wijen Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Minyak Wijen Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Minyak Wijen Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Minyak Wijen Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Minyak Wijen Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023)

Minyak wijen adalah salah satu minyak nabati dengan kandungan gizi tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain untuk nasi goreng atau gorengan, Anda bisa memakainya untuk menumis atau dijadikan dressing. Banyaknya kegunaan minyak wijen mungkin membuat Anda tertarik menggunakannya.

Nah, kali ini kami akan membahas cara memilih minyak wijen yang bagus dan asli. Rekomendasi minyak wijen terbaik dari berbagai merek juga kami siapkan, seperti Lee Kum Kee, Oh Guan Hing, dan ABC. Ada produk yang berlabel halal, lho! Yuk, disimak! Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari.

Diperbaharui 09-12-2022
Pakar
Chef
Laire Siwi Mentari

Kariernya di dunia kuliner selama 8 tahun membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur. Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum.

Profil Laire Siwi Mentari
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Minyak wijen untuk masakan apa saja?

Minyak wijen untuk masakan apa saja?

Sesame oil atau minyak wijen dihasilkan dari proses pemerasan biji wijen dengan memberikan tekanan. Tak heran bila rasa dan aroma minyak wijen sangatlah khas. Karena itu, minyak wijen sering digunakan sebagai sentuhan terakhir pada masakan agar rasanya lebih nikmat. Bahkan, saat ini ada sebagian orang yang menggunakan minyak wijen untuk menggoreng atau menumis.


Anda bisa menggunakan minyak wijen untuk berbagai jenis hidangan, mulai dari masakan tradisional, Asia, hingga western. Tahu goreng, nasi goreng, tempura, sampai salad akan menjadi lebih lezat berkat minyak wijen. Segala manfaat sesame oil pun bisa Anda dapatkan sembari mengonsumsi hidangan kesukaan.


Minyak wijen mengandung vitamin E yang kaya akan nutrisi sehingga sangat baik untuk kecantikan. Selain itu, minyak wijen masih diperkaya berbagai macam nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan. Asam linoleat, asam linolenat, dan sesamin merupakan beberapa contohnya. Jika Anda ingin memulai hidup sehat, tak ada salahnya mencoba minyak wijen.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih minyak wijen

Meski fungsi minyak wijen untuk masakan sangat banyak, bukan berarti Anda bisa sembarangan memilih produknya. Kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli minyak wijen. Perhatikanlah pembahasan kami dengan saksama supaya Anda bisa mendapatkan minyak wijen asli!

① Tentukan jenis minyak wijen yang sesuai dengan penggunaan

Berdasarkan proses pembuatannya, ada tiga jenis minyak wijen yang beredar di pasaran. Anda bisa menemukan minyak wijen, minyak wijen panggang, dan minyak wijen panggang suhu rendah. Ketiga jenis minyak wijen tersebut memiliki karakteristik masing-masing. Pastikan Anda memilih minyak wijen yang paling sesuai dengan tujuan penggunaan.

Minyak wijen panggang: Warna dan aromanya lebih pekat

Minyak wijen panggang: Warna dan aromanya lebih pekat

Wijen yang mentah mengandung senyawa alami seperti fitat dan oksalat yang dapat memperlambat penyerapan nutrisi dalam tubuh. Nah, proses pemanggangan akan mengurangi senyawa alami berbahaya tersebut sehingga tubuh Anda tetap dapat menyerap nutrisi dengan baik.


Jika Anda ingin menikmati aroma minyak wijen atau menggunakannya sebagai bumbu penyedap, silakan pilih jenis minyak wijen panggang. Ciri khas minyak wijen panggang, atau disebut juga minyak wijen sangrai, adalah warnanya yang cokelat gelap. Minyak jenis ini dihasilkan dari proses memanggang biji wijen pada suhu tinggi.


Biji wijen dipanggang secara deep roast sehingga meningkatkan kekentalan warna serta memperkuat aromanya. Tak heran jika minyak wijen panggang sangat ideal untuk menguatkan rasa pada masakan Cina dan Korea


Karena aroma wijennya kuat, minyak sesame jenis ini juga cocok dituangkan langsung pada tahu atau dijadikan saus. Digunakan untuk menumis pun enak.

Minyak wijen panggang suhu rendah: Aromanya segar seperti kacang

Minyak wijen panggang suhu rendah: Aromanya segar seperti kacang

Jika Anda ingin menikmati aroma segar seperti kacang, kami sarankan untuk memilih minyak wijen panggang suhu rendah. Sesuai namanya, jenis minyak wijen ini dipanggang pada suhu rendah. Oleh sebab itu, warnanya lebih terang dan transparan daripada minyak wijen panggang.


Minyak wijen panggang suhu rendah memiliki tingkat aroma yang sedang sehingga dapat digunakan seperti halnya minyak zaitun. Anda dapat memakainya untuk dressing, bumbu rendaman masakan, atau membuat berbagai hidangan western lainnya. Bisa dikatakan bahwa jenis sesame oil ini adalah yang paling serbaguna karena dapat digunakan untuk segala macam hidangan.


Jika Anda belum terbiasa dengan rasa dan aroma yang kuat, minyak wijen panggang suhu rendah cocok dipilih. Alasannya adalah minyak ini tetap harum, tetapi tidak terlalu menonjol.

Minyak wijen: Aroma tidak menyengat untuk penggunaan sehari-hari

Minyak wijen: Aroma tidak menyengat untuk penggunaan sehari-hari

Bagi Anda yang tidak menyukai aroma menyengat, sebaiknya pilihlah minyak wijen biasa. Biji wijen pada minyak tipe ini diperas langsung tanpa melalui proses pemanggangan. Karena menggunakan wijen mentah, warna minyak wijen biasa paling transparan dibandingkan jenis lainnya.


Di samping itu, rasa minyak wijen ini cenderung murni serta hampir tidak beraroma. Dengan karakteristik tersebut, Anda dapat memakainya untuk memasak seperti halnya menggunakan minyak sayur. Penggunaan minyak wijen juga bisa membantu menghilangkan bau amis pada masakan.


Di beberapa negara, minyak wijen ini kerap digunakan sebagai minyak pijat dan untuk terapi rambut rusak. Bahkan, di India minyak wijen merupakan elemen penting dalam metode pengobatan Ayurveda.

② Pilih berdasarkan metode produksinya

Pilih berdasarkan metode produksinya

Secara umum, ada dua macam metode produksi minyak wijen yang sering digunakan yaitu pemerasan dan ekstraksi. Setiap metode produksi tersebut memiliki plus dan minusnya tersendiri. Kami akan menjelaskan dengan lebih lengkap di bawah ini:


  • Metode pemerasan adalah cara tradisional untuk mengekstraksi minyak. Prosesnya dilakukan dengan memberikan tekanan pada biji wijen. Untuk mendapat hasil terbaik, minyak wijen sebaiknya disimpan dahulu pada suhu dingin yang mencapai 10°C. Teknik cold pressed ini akan menghasilkan virgin sesame oil. Jika Anda ingin menikmati rasa atau aroma asli wijen, pilihlah produk yang dibuat dengan metode pemerasan.

  • Metode ekstraksi merupakan proses pengeluaran minyak dari biji wijen dengan menggunakan zat pelarut organik. Anda bisa menghasilkan lebih banyak minyak wijen dengan metode ini. Namun, rasa dan aromanya tidak terlalu kuat.

③ Cek bahan campuran minyak wijen, usahakan untuk memilih yang murni

Cek bahan campuran minyak wijen, usahakan untuk memilih yang murni

Minyak wijen yang beredar di pasaran terbagi menjadi dua yakni minyak wijen asli (murni) dan minyak wijen campuran. Cara termudah untuk mengetahui kemurnian dari produk yang akan dibeli adalah dengan membaca tabel komposisi minyak wijen. Pada tabel tersebut, Anda bisa memastikan ada tidaknya bahan campuran dalam minyak wijen.


Jika Anda ingin menikmati rasa wijen yang kuat, kami rekomendasikan minyak wijen asli. Jenis ini mengandung 100% minyak wijen murni sehingga sangat ideal untuk Anda yang menginginkan lebih banyak khasiat wijen. Pada tabel komposisi minyak wijen, Anda tidak akan menemukan bahan lainnya selain biji wijen.


Sebaliknya, minyak wijen campuran biasanya hanya mengandung 60% atau lebih minyak wijen. Selebihnya, terdapat campuran minyak lain, misalnya minyak sayur, minyak jagung, atau minyak sawit. Sayangnya, sebagian besar produsen tidak mencantumkan persentase kadar minyak dalam tabel komposisi. Jadi, Anda hanya bisa menemukan kandungan bahan-bahan yang digunakan.


Untuk mencapai aroma tertentu, Anda perlu menggunakan agak banyak minyak wijen campuran pada masakan. Hal ini berbeda jika Anda menggunakan minyak wijen murni. Anda hanya membutuhkan sedikit minyak wijen murni untuk memperoleh aroma yang diinginkan.


Meski rasanya tidak sekuat minyak wijen asli, sebagian besar minyak wijen campuran memiliki rasa menyegarkan. Harganya pun lebih murah. Bila Anda bisa memanfaatkannya dengan baik, minyak wijen campuran tidak sepenuhnya buruk, kok!

④ Perhatikan reputasi produsen pembuat minyak wijen

Perhatikan reputasi produsen pembuat minyak wijen

Jika Anda ingin memakai minyak wijen murni, sebisa mungkin pilihlah produk yang masih menggunakan proses produksi tradisional. Akan lebih baik bila merek yang Anda pilih telah berkecimpung lama pada bidang produksi minyak wijen.


Akan tetapi, mayoritas produsen minyak wijen di pasaran menggunakan teknik produksi tradisional. Artinya, dalam produknya tidak terdapat zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Yang perlu Anda perhatikan adalah rasa, aroma, dan kekentalannya. Tiap-tiap produsen biasanya memiliki standar yang berbeda-beda mengenai ketiga hal tersebut.


Sebagai tambahan, selain minyak dari biji wijen putih, ada pula minyak yang dihasilkan dari biji wijen hitam. Tak hanya itu, ada juga minyak wijen yang ditambah bahan-bahan khusus. Jika Anda senang mengeksplorasi dan membandingkan rasa, tak ada salahnya mencoba minyak wijen tersebut.

10 Rekomendasi minyak wijen terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk minyak wijen terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Oh Guan Hing

Sesame Oil / Minyak Wijen

Oh Guan Hing Sesame Oil / Minyak Wijen 1枚目

Minyak wijen dengan harga paling murah, paling hemat!

2

Bumbu Bunda by Elia

Minyak Wijen Organik

Bumbu Bunda by Elia Minyak Wijen Organik 1枚目

Tak perlu takut lagi menggoreng makanan

3

Heinz

ABC Minyak Wijen

Heinz ABC Minyak Wijen 1枚目

Minyak wijen halal untuk mempertajam rasa masakan Indonesia

4

Java Super Food

Minyak Wijen

Java Super Food Minyak Wijen 1枚目

Tingkatkan rasa daging dan ikan setelah dimasak

5

Lee Kum Kee

Pure Sesame Oil

Lee Kum Kee Pure Sesame Oil 1枚目

Penguat cita rasa semua jenis hidangan

6

Ivenet

Pure Germinated Sesame Oil

Ivenet Pure Germinated Sesame Oil 1枚目

Biji wijen premium dengan kandungan gizi lebih tinggi

7

Chee Seng Oil

Double Pagoda 100% Pure Sesame Oil

Chee Seng Oil Double Pagoda 100% Pure Sesame Oil 1枚目

Memiliki rasa nikmat yang tidak berlebihan

8

Ottogi

Sesame Oil

Ottogi Sesame Oil 1枚目

Jaga tubuh tetap fit meski aktif berkegiatan

9

Chee Seng Oil

Chee Seng 100% Pure Black Sesame Oil

Chee Seng Oil Chee Seng 100% Pure Black Sesame Oil 1枚目

Penggunaan biji wijen hitam, unik!

10

Chosen Foods

Spicy Sesame Oil

Chosen Foods Spicy Sesame Oil 1枚目

Lebih kaya rasa dengan keberadaan sensasi pedas

Perincian produk
Close
No.1

Oh Guan HingSesame Oil / Minyak Wijen

Mulai dari Rp15.100,00

Minyak wijen dengan harga paling murah, paling hemat!

Minyak wijen Oh Guan Hing terkenal akan aromanya yang sangat kuat karena tidak mengandung zat tambahan apa pun. Hasilnya, hanya dengan penggunaan satu atau dua tetes, minyak wijen ini mampu memperkaya aroma dan rasa segala jenis masakan. Penggunaan yang sangat ekonomis, bukan?


Tak hanya itu, harga minyak wijen ini juga yang paling terjangkau dibandingkan produk lainnya. Karena itu, banyak restoran memilih untuk memakai produk ini. Jadi, bila Anda ingin menghemat pengeluaran, pemilihan produk ini tentu adalah solusi cerdas!

No.2

Bumbu Bunda by EliaMinyak Wijen Organik

Mulai dari Rp40.000,00

Tak perlu takut lagi menggoreng makanan

Minyak wijen organik merek Bumbu Bunda by Elia ini memiliki rasa yang lebih netral. Produk ini juga mempunyai titik didih yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk menggoreng beragam makanan seperti tempura.


Dengan perpaduan tersebut, tentu minyak wijen halal ini dapat dikonsumsi oleh semua umur, baik anak-anak maupun orang tua. Ini adalah merek minyak wijen yang bagus untuk Anda yang berencana mengonsumsinya bersama keluarga.

No.3

Minyak wijen halal untuk mempertajam rasa masakan Indonesia

Bagi penggemar masakan Indonesia, penggunaan ABC Minyak Wijen di setiap hidangan tidak boleh dilewatkan. Rasa minyak wijen ini lebih pas di mulut karena menggunakan formula yang telah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.


Sambal goreng kentang, nasi goreng, hingga ayam kecap akan lebih lezat saat diolah dengan minyak wijen ABC ini. Terlebih, minyak wijen ABC telah memiliki sertifikasi halal dari MUI sehingga Anda tak usah mengkhawatirkan proses produksinya.

No.4

Java Super FoodMinyak Wijen

Mulai dari Rp20.349,00

Tingkatkan rasa daging dan ikan setelah dimasak

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi daging atau ikan, pastikan untuk menstok merek minyak wijen yang satu ini. Produk Java Super Food ini dapat meningkatkan aroma wangi pada rendaman daging atau ikan. Jadi, sebelum diolah, rendamlah daging tersebut ke dalam minyak wijen ini. Aromanya pun akan lebih wangi saat dimasak.

No.5

Lee Kum KeePure Sesame Oil

Mulai dari Rp35.890,00

Penguat cita rasa semua jenis hidangan

Jika Anda ingin memperkuat cita rasa pada hidangan secara keseluruhan, produk ini bisa menjadi pilihan! Lee Kum Kee Pure Sesame Oil diolah secara khusus sehingga rasa dan aroma khasnya tetap menonjol. Selain menguatkan rasa berbagai macam masakan, Anda juga bisa menggunakannya sebagai bumbu rendaman, lho. Dijamin, bahan makanan sederhana akan terasa lebih lezat!

No.6

IvenetPure Germinated Sesame Oil

Mulai dari Rp179.900,00

Biji wijen premium dengan kandungan gizi lebih tinggi

Keunikan dari Ivenet Sesame Oil adalah penggunaan biji wijen berkualitas yang berasal dari Korea. Biji wijen tersebut bahkan dinilai lebih bergizi dan higienis karena melalui lima kali proses pembilasan saat tahap germinasi. 


Karena itu, produk ini dapat dikonsumsi oleh bayi berusia di atas sepuluh bulan. Apabila Anda sedang mencari merek minyak wijen untuk MPASI bayi, produk ini adalah jawabannya.

No.7

Chee Seng OilDouble Pagoda 100% Pure Sesame Oil

Mulai dari Rp36.500,00

Memiliki rasa nikmat yang tidak berlebihan

Minyak wijen Double Pagoda memiliki aroma dan rasa nikmat yang tidak terlalu pekat dibandingkan produk lain. Oleh sebab itu, produk ini pas untuk Anda yang baru pertama kali akan mencoba minyak wijen. Anda ingin menuangkannya sebagai finishing pada salad untuk dikonsumsi langsung? Produk ini juga cocok, kok!

No.8

Jaga tubuh tetap fit meski aktif berkegiatan

Ottogi Sesame Oil mengandung tokoferol yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Minyak wijen Korea ini juga diperkaya karotena yang dapat menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit jantung, hingga meningkatkan sistem imun.

Dengan khasiat tersebut, minyak wijen Korea yang enak ini paling pas dikonsumsi oleh Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Jadi, Anda tidak akan mudah tumbang saat berkegiatan.

No.9

Chee Seng OilChee Seng 100% Pure Black Sesame Oil

Mulai dari Rp105.360,00

Penggunaan biji wijen hitam, unik!

Salah satu keunikan Chee Seng 100% Pure Black Sesame Oil adalah penggunaan biji wijen hitam. Produk ini melewati proses pengolahan tradisional sehingga aromanya lebih kuat. Khasiat minyak wijen hitam ini juga lebih terjaga, terutama untuk kesehatan.


Minyak wijen Chee Seng ini diyakini dapat membantu mengontrol kadar kolesterol, menurunkan risiko munculnya sel kanker, serta antiinflamasi. Nah, apabila Anda mendambakan manfaat minyak wijen untuk kesehatan, pemilihan produk ini adalah langkah yang tepat.

No.10

Chosen FoodsSpicy Sesame Oil

Mulai dari Rp342.500,00

Lebih kaya rasa dengan keberadaan sensasi pedas

Chosen Foods Spicy Sesame Oil memiliki rasa yang sedikit pedas berkat tambahan tree chili dan bawang putih. Dengan rasa yang tidak biasa, minyak wijen ini sangat pas untuk menambahkan sensasi pedas pada hidangan Anda. Bisa dibilang ini adalah minyak wijen yang enak untuk penggemar rasa pedas, bahkan bisa menjadi pengganti chili oil


Anda yang sudah bosan dengan rasa minyak wijen biasanya juga dapat menuangkan produk ini sebagai selingan. Bahan baku yang digunakan pun telah tersertifikasi non-GMO. Sekadar informasi, banyak chef menyukai minyak wijen ini untuk menjadi finishing suatu hidangan, terutama hidangan Asia yang sedikit pedas.

Baca juga rekomendasi minyak nabati untuk memasak lainnya di sini

Selain minyak wijen, masih ada beragam minyak nabati lain yang bagus untuk kesehatan. Minyak alpukat, minyak kelapa, dan minyak jagung merupakan beberapa contohnya. Dengan memakai minyak-minyak tersebut, Anda tetap bisa menikmati masakan tanpa khawatir mengenai kesehatan. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang kehebatan tiap-tiap minyak tersebut, kunjungi artikel kami di bawah ini.

Kesimpulan

Dengan teknik pemrosesan yang berbeda, produk minyak wijen yang dihasilkan juga memiliki aroma dan rasa yang berbeda. Ada baiknya Anda memahami setiap proses produksi tersebut agar dapat memilih produk terbaik yang sesuai kebutuhan.

Setiap produk memiliki kelebihan dan karakteristik tersendiri. Jadi, Anda harus cermat dalam membaca informasi pada label yang tertera. Semoga artikel kami kali ini dapat menjadi referensi dalam memilih minyak wijen yang paling pas untuk pemakaian Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer