• 10 Rekomendasi Minyak Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Minyak Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Minyak Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Minyak Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Minyak Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Minyak Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Minyak wijen merupakan minyak serbaguna yang sering digunakan pada masakan Asia, seperti menggoreng tempura, menumis, dan lainnya. Dalam beberapa tahun belakangan, jumlah penggunanya semakin meningkat karena minyak wijen dinilai memiliki kandungan gizi yang tinggi serta bermanfaat bagi kesehatan dan diet.

Saat ini tersedia berbagai jenis minyak wijen dengan harga bervariasi di pasaran, seperti Kadoya, Chee Seng, Now Foods, dan lainnya. Akan tetapi, tahukah Anda mana yang harus dipilih? Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih minyak wijen yang paling tepat dan merekomendasikan produk terbaik untuk Anda. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 13 November 2020
  • 67.275 Views
Daftar isi

Apa itu minyak wijen?

Sesuai namanya, minyak wijen adalah minyak yang dibuat dengan mengolah biji wijen, lewat cara memeras dengan memberikan tekanan. Pada zaman dahulu, minyak ini diperkenalkan sebagai minyak goreng atau untuk menambahkan aroma pada masakan. Selain dapat dikonsumsi, minyak ini juga dapat digunakan sebagai minyak pijat, minyak rambut, dan sebagainya.
Karakteristik yang paling mencolok dari minyak wijen adalah rasa dan aromanya yang unik dan kuat untuk berbagai jenis hidangan. Fakta bahwa minyak wijen memiliki manfaat kesehatan lebih tinggi ketimbang minyak lain semakin menarik perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Karena itu, semakin banyak rumah tangga yang menggunakan minyak wijen dalam masakannya.

Khasiat minyak wijen

Khasiat minyak wijen
Minyak wijen mengandung kadar kolesterol yang rendah dalam darah sehingga efektif untuk mencegah obesitas dan arteriosklerosis. Adanya asam linoleat, asam linolenat, dan vitamin E di dalamnya memiliki efek antioksidan yang tinggi, efektif untuk menjaga tubuh agar tetap awet muda. Selain itu, di dalamnya juga kaya nutrisi seperti sesamin dan selenium. Kedua zat tersebut disebut mampu menekan pembentukan oksigen aktif dan efektif mencegah kanker.
Dengan nutrisi yang melimpah, minyak wijen tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit terkait gaya hidup, tetapi juga efektif dalam mengatasi mabuk dan mencegah stres. Jika Anda berorientasi tinggi terhadap kesehatan, minyak wijen dapat dikatakan sebagai minyak yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Cara memilih minyak wijen

Negara asal utama penghasil wijen yang digunakan untuk minyak wijen adalah Afrika dan Asia Tenggara. Agar Anda dapat menemukan produk yang paling cocok, mari simak selengkapnya mengenai cara pemilihan minyak wijen.

Pilih berdasarkan tipenya

Minyak wijen diklasifikasikan menjadi tiga tipe berdasarkan proses manufakturnya. Kami akan membahasnya satu per satu beserta cara penggunaan terbaiknya.

Minyak wijen panggang, aroma kuat untuk masakan Cina dan Korea

Minyak wijen panggang, aroma kuat untuk masakan Cina dan Korea
Minyak wijen panggang merupakan tipe minyak yang diperoleh dengan cara memanggang biji wijen pada suhu tinggi dan memiliki ciri khas warna cokelat gelap. Biji wijen dipanggang secara deep roast sehingga warnanya semakin kental dan aromanya semakin kuat. Minyak wijen jenis ini sangat ideal untuk memberi rasa kuat pada masakan Cina dan Korea.
Karena aromanya yang kuat, selain sangat cocok untuk bumbu masakan, minyak jenis ini juga bisa dituangkan langsung pada tahu sebagai saus. Sebagian besar minyak wijen yang Anda temui di pasaran kemungkinan adalah tipe minyak wijen panggang ini.

Minyak wijen panggang suhu rendah, aroma segar untuk hidangan Barat

Minyak wijen panggang suhu rendah, aroma segar untuk hidangan Barat
Minyak wijen jenis ini memiliki warna lebih terang dan transparan daripada minyak wijen panggang karena pemanggangan biji wijen dilakukan pada suhu yang lebih rendah. Berhubung dipanggang dalam suhu rendah, aroma khas dari biji wijen tetap bertahan dan minyak ini memiliki ciri khas aroma yang segar seperti aroma kacang.
Meskipun rasanya ringan, aroma wijennya yang kuat menjadikan tipe ini dapat digunakan seperti halnya minyak zaitun. Anda dapat memakainya untuk dressing, bumbu rendaman masakan, atau membuat berbagai hidangan western lainnya. Proses pemanggangan minyak ini juga membutuhkan waktu lebih lama daripada minyak wijen panggang sehingga harganya cenderung lebih tinggi. Namun, minyak wijen ini sangat serbaguna dan dapat digunakan untuk segala jenis hidangan.

Minyak wijen, aroma tidak menyengat untuk hidangan sehari-hari

Minyak wijen, aroma tidak menyengat untuk hidangan sehari-hari
Biji wijen pada minyak tipe ini di-press dan diekstrak langsung tanpa melalui proses pemanggangan. Karena menggunakan wijen mentah, warnanya lebih transparan, hampir tidak beraroma, serta memiliki rasa yang murni. Dengan karakteristik tersebut, Anda dapat memakainya untuk memasak seperti halnya menggunakan minyak sayur.
Minyak ini juga sangat aman untuk digunakan sebagai minyak pijat atau minyak untuk berkumur. Dapat dikatakan minyak tipe ini adalah pilihan sempurna bagi Anda yang mementingkan keamanan makanan meski produk seperti ini masih sulit ditemukan di pasaran. Di antara berbagai produk yang diberi label “minyak wijen”, ada beberapa yang menjalani proses pemanggangan. Jadi, silakan periksa secara saksama ketika Anda ingin membelinya.

Pilih yang diproduksi menggunakan metode pemerasan

Pilih yang diproduksi menggunakan metode pemerasan
Metode produksi minyak wijen dibagi menjadi dua, yaitu metode pemerasan dan metode ekstraksi. Metode pemerasan adalah metode tradisional untuk mengekstraksi minyak dengan cara memberikan tekanan pada biji wijen. Di sisi lain, metode ekstraksi menggunakan zat kimia bernama hexane yang bekerja dengan melarutkan dan mengeluarkan minyak yang terkandung di dalam biji wijen. Hexane akan menguap jika dipanaskan sehingga tidak berbahaya. Akan tetapi, jika Anda ingin menikmati rasa atau aroma asli dari wijen, sebaiknya Anda memilih produk yang diproduksi dengan metode pemerasan.
Selain itu, ada juga metode manufaktur yang disebut “ball squeezing”, yaitu memeras minyak secara perlahan menggunakan batu granit bulat. Namun, proses ini hanya mampu menghasilkan minyak wijen dalam jumlah sangat sedikit dalam satu proses produksi sehingga harganya sangat mahal. Anda tidak perlu memilih minyak wijen dengan metode produksi ini kecuali jika Anda benar-benar ingin menggunakan minyak wijen dengan kualitas terbaik.

10 Rekomendasi minyak wijen terbaik

Setelah memahami manfaat dan cara pemilihan minyak wijen, sekarang kami akan merekomendasikan sepuluh produk yang dapat Anda jadikan referensi. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!
10

Double PagodaChee Seng Oil Double Pagoda 100% Pure Sesame Oil

Rp 85.000,00

TipePanggang
Metode produksiSingle pressed
9
TipePanggang
Metode produksiTidak disebutkan
8
TipeTidak disebutkan
Metode produksiCold-pressed
7

NOW FoodsSesame Seed Oil, Organic

Rp 377.730,00

TipePanggang suhu rendah
Metode produksiExpeller-pressed
6

Chee SengChee Seng Oil Chee Seng 100% Pure White Sesame Oil

Rp 162.000,00

TipePanggang
Metode produksiTidak disebutkan
5
TipePanggang
Metode produksiTidak disebutkan
4
TipeTidak disebutkan
Metode produksiCold-pressed
3
TipePanggang
Metode produksiTidak disebutkan
2
TipePanggang
Metode produksiCold-pressed
1

Radiant Whole FoodRadiant Organic Toasted Sesame Oil

Rp 137.500,00

TipePanggang
Metode produksiCold-pressed

Tabel perbandingan produk hair oil terbaik minyak wijen terbaik

Gambar produk
1
Radiant Whole Food Radiant Organic Toasted Sesame Oil 1

Radiant Whole Food

2
Clearspring Organic Toasted Sesame Oil 1

Clearspring

3
Kadoya Pure Sesame Oil 1

Kadoya

4
Organic Supply Co. Sesame Oil 1

Organic Supply Co.

5
Ottogi Sesame Oil 1

Ottogi

6
Chee Seng Chee Seng Oil Chee Seng 100% Pure White Sesame Oil 1

Chee Seng

7
NOW Foods Sesame Seed Oil, Organic 1

NOW Foods

8
Green Tosca Sesame Oil 1

Green Tosca

9
Lee Kum Kee Pure Sesame Oil 1

Lee Kum Kee

10
Double Pagoda Chee Seng Oil Double Pagoda 100% Pure Sesame Oil 1

Double Pagoda

Nama produk

Radiant Organic Toasted Sesame Oil

Organic Toasted Sesame Oil

Pure Sesame Oil

Sesame Oil

Sesame Oil

Chee Seng Oil Chee Seng 100% Pure White Sesame Oil

Sesame Seed Oil, Organic

Sesame Oil

Pure Sesame Oil

Chee Seng Oil Double Pagoda 100% Pure Sesame Oil

Keunggulan

Hemat penggunaan, hemat pengeluaran!

Semakin murni tanpa adanya tambahan bahan lainnya

Pencinta makanan yang digoreng? Gunakan minyak wijen ini!

Percantik kulit Anda dengan minyak wijen satu ini

Proses penyaringan tiga kali untuk menghasilkan kualitas tertinggi

Botol besar untuk digunakan seluruh anggota keluarga

Rawat rambut dan kulit dengan produk yang satu ini!

Minyak wijen dengan berbagai manfaat kesehatan

Penguat cita rasa semua jenis hidangan Anda

Rasa paling nikmat untuk lidah pemula

HargaRp 137.500,00Rp 166.800,00Rp 113.000,00Rp 97.500,00Rp 115.000,00Rp 162.000,00Rp 377.730,00Rp 300.000,00Rp 52.000,00Rp 85.000,00
TipePanggangPanggangPanggangTidak disebutkanPanggangPanggangPanggang suhu rendahTidak disebutkanPanggangPanggang
Metode produksiCold-pressedCold-pressedTidak disebutkanCold-pressedTidak disebutkanTidak disebutkanExpeller-pressedCold-pressedTidak disebutkanSingle pressed
Tautan produk

Kesimpulan

Dengan teknik pemrosesan yang berbeda, produk minyak wijen yang dihasilkan juga memiliki aroma dan rasa yang berbeda. Ada baiknya memahami setiap proses produksi tersebut agar dapat memilih produk terbaik yang sesuai untuk Anda.
Setiap produk memiliki kelebihan dan karakteristik tersendiri. Jadi, Anda harus cermat dalam membaca informasi pada label yang tertera. Semoga artikel kami kali ini dapat menjadi referensi dalam memilih minyak wijen yang paling pas untuk kebutuhan pemakaian Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda gemar membuat kue? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar kue, butter juga digunakan untuk olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi salted ataupun unsalted.Makin penasaran kan tentang butter ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter. Beberapa merek butter terkenal, seperti Anchor, Elle & Vire, Lurpak, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk menemukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    111.771 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Bumbu & bahan masakan
    109.281 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    108.617 Views
  • 10 Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menambahkan penyedap rasa ke masakan merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap tanpa perlu meracik bumbu sendiri. Penyedap rasa juga memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Apakah sekarang Anda sudah merasa cocok dengan penyedap rasa yang Anda gunakan?Meskipun penyedap rasa merupakan produk yang sudah sering Anda temui, kami akan membahas tentang cara memilih produk tersebut. Berbagai merek terkenal, seperti Totole, Masako, dan Biomiwon, ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel kali ini dan dapatkan informasinya.
    Bumbu & bahan masakan
    57.861 Views
  • 10 Rekomendasi Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Beberapa tahun terakhir, gaya hidup sehat mulai meningkat di kalangan masyarakat. Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi antara lain adalah meningkatnya konsumsi bahan penyedap bebas MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG yang tengah populer adalah kaldu jamur.Sejumlah merek, seperti Pawon Ibun, Lemonilo, dan Royco, menawarkan kaldu jamur yang mungkin akan membuat Anda bingung memilih. Dalam artikel kali ini, kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi produk terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
    5.973 Views
  • 10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang baik.Saat ini, ada banyak sekali produk minyak goreng yang beredar di pasaran, seperti Bimoli, Filma, hingga Sania. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing. Guna mendapatkan produk terbaik, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    63.095 Views
  • 10 Rekomendasi Curry Powder (Bubuk Kari) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Curry Powder (Bubuk Kari) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Makanan berbumbu kari memang banyak digemari karena kelezatannya. Meskipun begitu, akan merepotkan jika harus meracik bumbunya dari nol. Agar praktis, Anda dapat menggunakan curry powder atau bubuk kari yang banyak dijual di pasaran.Berbagai merek, seperti Cairo Food, Jay’s Kitchen, dan lainnya, menyajikan beragam cita rasa kari yang mungkin akan membuat Anda bingung memilih. Kali ini, kami akan memberikan informasi cara memilih sekaligus rekomendasi produk curry powder terbaik yang dapat Anda pilih.
    Bumbu & bahan masakan
    27.709 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori