• 10 Merk Minyak Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)			 1
  • 10 Merk Minyak Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)			 2
  • 10 Merk Minyak Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)			 3
  • 10 Merk Minyak Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)			 4
  • 10 Merk Minyak Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)			 5

10 Merk Minyak Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Beberapa tahun belakangan, kegunaan minyak wijen makin beragam. Anda bisa memakainya untuk menggoreng tempura, menumis, dan lainnya. Karena kandungan gizinya tinggi, manfaat minyak wijen bagi kesehatan dan diet dinilai cukup penting. Penggunaannya bahkan tidak terbatas pada olahan masakan Asia, tetapi juga untuk masakan western. Tidak heran jika pengguna minyak wijen makin meningkat. 

Untuk itu, kali ini kami ingin membahas tentang cara memilih minyak wijen. Produk rekomendasi yang bagus dari berbagai merk pun telah kami siapkan, seperti Kadoya, Lee Kum Kee, hingga ABC. Produk yang halal juga ada. Yuk, disimak!

  • Pembaharuan terakhir: 06 April 2022
Daftar isi

Minyak wijen untuk masakan apa saja?

Minyak wijen untuk masakan apa saja?

Minyak wijen dihasilkan dari proses pemerasan biji wijen dengan memberikan tekanan. Alhasil, minyak wijen memiliki aroma dan rasa yang khas. Karena itu, minyak wijen sering digunakan sebagai sentuhan terakhir pada masakan agar rasanya lebih nikmat. Bahkan, saat ini ada sebagian orang yang menggunakan minyak wijen untuk menggoreng atau menumis.


Anda bisa menuangkan minyak wijen ke berbagai jenis hidangan, mulai dari masakan tradisional, Asia, hingga western. Tahu goreng, nasi goreng, tempura, sampai salad akan menjadi lebih lezat berkat minyak wijen. Segala manfaat minyak wijen pun bisa Anda dapatkan sembari mengonsumsi hidangan kesukaan.


Minyak wijen juga mengandung vitamin E yang kaya akan nutrisi sehingga sangat baik untuk kecantikan. Selain itu, minyak wijen masih diperkaya berbagai macam nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Asam linoleat, asam linolenat, dan sesamin merupakan beberapa contohnya. Bila Anda ingin memulai hidup sehat, tak ada salahnya mencoba minyak wijen.

Cara memilih minyak wijen

Negara utama penghasil wijen yang digunakan sebagai minyak wijen adalah Afrika dan Asia Tenggara. Meski begitu, ada poin-poin lain yang perlu diperhatikan saat memilih minyak wijen. Kami akan menjelaskannya secara lengkap di bawah ini. Mari simak dengan saksama.

Tentukan jenis minyak wijen yang sesuai dengan penggunaan

Berdasarkan proses pembuatannya, minyak wijen dibagi menjadi tiga jenis. Anda bisa memilih di antara minyak wijen, minyak wijen panggang, atau minyak wijen panggang suhu rendah. Ketiganya memiliki ciri khas dan aroma yang berbeda. Pastikan Anda memilih minyak wijen yang paling sesuai dengan tujuan penggunaan.

Minyak wijen panggang: Paling pas untuk bumbu masakan

Minyak wijen panggang: Paling pas untuk bumbu masakan

Jika Anda ingin menikmati aroma minyak wijen atau menggunakannya sebagai bumbu penyedap, silakan pilih minyak wijen panggang. Ciri khas minyak wijen panggang adalah warnanya yang cokelat gelap. Minyak jenis ini dihasilkan dari proses memanggang biji wijen pada suhu tinggi.


Biji wijen dipanggang secara deep roast sehingga meningkatkan kekentalan warna, serta memperkuat aromanya. Tak heran jika minyak wijen panggang sangat ideal untuk menguatkan rasa pada masakan Cina dan Korea. Karena aroma wijennya kuat, minyak jenis ini juga cocok dituangkan langsung pada tahu atau dijadikan saus.

Minyak wijen panggang suhu rendah: Menyegarkan hidangan western

Minyak wijen panggang suhu rendah: Menyegarkan hidangan western

Jika Anda ingin menikmati aroma segar seperti kacang, kami sarankan untuk memilih minyak wijen panggang suhu rendah. Sesuai namanya, minyak wijen jenis ini dipanggang pada suhu rendah. Oleh sebab itu, warnanya lebih terang dan transparan daripada minyak wijen panggang.


Minyak wijen panggang suhu rendah memiliki tingkat aroma yang sedang sehingga dapat digunakan seperti halnya minyak zaitun. Anda dapat memakainya untuk dressing, bumbu rendaman masakan, atau membuat berbagai hidangan western lainnya. Bisa dikatakan bahwa minyak wijen ini sangat serbaguna dan dapat digunakan untuk segala jenis hidangan.

Minyak wijen: Aroma tidak menyengat untuk penggunaan sehari-hari

Minyak wijen: Aroma tidak menyengat untuk penggunaan sehari-hari

Bagi Anda yang tidak menyukai aroma menyengat, sebaiknya pilihlah minyak wijen biasa. Biji wijen pada minyak tipe ini diperas langsung tanpa melalui proses pemanggangan. Karena menggunakan wijen mentah, warnanya lebih transparan. Di samping itu, minyak ini memiliki rasa yang murni, serta hampir tidak beraroma. Dengan karakteristik tersebut, Anda dapat memakainya untuk memasak seperti halnya menggunakan minyak sayur.

Pilih berdasarkan metode produksinya

Pilih berdasarkan metode produksinya
Metode produksi minyak wijen yang sering digunakan adalah pemerasan dan ekstraksi. Metode pemerasan adalah cara tradisional untuk mengekstraksi minyak. Prosesnya dilakukan dengan memberikan tekanan pada biji wijen. Jika Anda ingin menikmati rasa atau aroma asli wijen, pilihlah produk yang diproduksi dengan metode pemerasan.

Di sisi lain, metode ekstraksi merupakan proses pengeluaran minyak dari biji wijen dengan menggunakan zat pelarut organik. Anda bisa menghasilkan lebih banyak minyak wijen dengan metode ini. Namun, rasa dan aromanya tidak terlalu kuat.


Selain itu, ada juga metode produksi yang disebut ball squeezing. Pada metode ini, wijen diperas secara perlahan menggunakan batu granit bulat. Namun, hanya sedikit minyak wijen yang bisa dihasilkan dalam satu proses produksi. Tidak heran jika rasa minyak wijennya lebih enak. Harganya pun sangat mahal. Jika Anda benar-benar ingin menggunakan minyak wijen dengan kualitas terbaik, kami sarankan produk yang diproses dengan metode ini. Sayangnya, produk yang dibuat dengan metode ini masih sulit ditemukan di toko online Indonesia.

Cek tekstur dan bahan campurannya. Usahakan untuk memilih yang murni

Cek tekstur dan bahan campurannya. Usahakan untuk memilih yang murni

Ada dua jenis minyak wijen yang beredar di pasaran yakni minyak wijen asli dan minyak wijen campuran. Jika Anda ingin menikmati rasa wijen yang kuat, kami rekomendasikan minyak wijen asli. Jenis ini merupakan 100% minyak wijen murni sehingga sangat ideal untuk Anda yang menginginkan lebih banyak khasiat wijen.


Minyak wijen campuran biasanya hanya mengandung 60% atau lebih minyak wijen. Selebihnya, terdapat campuran minyak lain seperti rapeseed oil. Rasanya tidak sekuat minyak wijen asli. Namun, sebagian besar minyak wijen campuran memiliki rasa yang menyegarkan dan harga yang lebih murah. Bila Anda bisa memanfaatkannya dengan baik, minyak wijen campuran tidak sepenuhnya buruk, kok!

Perhatikan reputasi produsen pembuat minyak wijen

Perhatikan reputasi produsen pembuat minyak wijen

Jika Anda ingin memakai minyak wijen murni, sebisa mungkin pilihlah produk yang masih menggunakan proses produksi tradisional. Akan lebih baik bila merek yang Anda pilih telah berkecimpung lama pada bidang produksi minyak wijen.


Sebagai tambahan, selain minyak dari biji wijen putih, ada pula minyak yang dihasilkan dari biji wijen hitam. Biasanya, ada juga minyak wijen yang ditambah bahan-bahan khusus. Jika Anda senang mengeksplorasi dan membandingkan rasa, tak ada salahnya mencoba minyak wijen tersebut.

10 Rekomendasi minyak wijen terbaik

Sekarang kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik yang dapat dijadikan referensi. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

10
TipeTidak disebutkan
Metode produksiTidak disebutkan
Isi195 ml
9

Chee Seng OilDouble Pagoda 100% Pure Sesame Oil

Mulai dari Rp 32.000,00

TipePanggang
Metode produksiPemerasan
Isi95 ml, 150 ml, 250 ml
8
TipePanggang
Metode produksiTidak disebutkan
Isi115 ml, 207 ml
7

Chee Seng OilChee Seng 100% Pure Black Sesame Oil

Mulai dari Rp 147.000,00

TipePanggang
Metode produksiTidak disebutkan
Isi320 ml, 650 ml
6

Radiant Whole FoodRadiant Organic Toasted Sesame Oil

Mulai dari Rp 115.000,00

TipePanggang
Metode produksiPemerasan
Isi310 ml
5
TipeTidak disebutkan
Metode produksiPemerasan
Isi250 ml
4
TipePanggang
Metode produksiPemerasan
Isi250 ml
3
TipePanggang
Metode produksiTidak disebutkan
Isi55 ml, 80 ml, 320 ml, 500 ml
2
TipePanggang suhu rendah
Metode produksiPemerasan
Isi75 ml
1
TipePanggang
Metode produksiTidak disebutkan
Isi200 gr

Tabel perbandingan produk minyak wijen terbaik

Gambar produk
1
Kadoya Pure Sesame Oil 1

Kadoya

2
Ivenet Pure Germinated Sesame Oil 1

Ivenet

3
Ottogi Sesame Oil 1

Ottogi

4
Clearspring Organic Toasted Sesame Oil 1

Clearspring

5
Chosen Foods Spicy Sesame Oil 1

Chosen Foods

6
Radiant Whole Food Radiant Organic Toasted Sesame Oil 1

Radiant Whole Food

7
Chee Seng Oil Chee Seng 100% Pure Black Sesame Oil 1

Chee Seng Oil

8
Lee Kum Kee Pure Sesame Oil 1

Lee Kum Kee

9
Chee Seng Oil Double Pagoda 100% Pure Sesame Oil 1

Chee Seng Oil

10
Heinz ABC Minyak Wijen 1

Heinz

Nama produk

Pure Sesame Oil

Pure Germinated Sesame Oil

Sesame Oil

Organic Toasted Sesame Oil

Spicy Sesame Oil

Radiant Organic Toasted Sesame Oil

Chee Seng 100% Pure Black Sesame Oil

Pure Sesame Oil

Double Pagoda 100% Pure Sesame Oil

ABC Minyak Wijen

Keunggulan

Tak perlu takut lagi menggoreng makanan

Biji wijen premium dengan kandungan gizi lebih tinggi

Manfaat minyak wijen terbaik untuk kesehatan

Makin murni tanpa adanya tambahan bahan lainnya

Rasanya lebih pedas, sangat sedap!

Hemat penggunaan, hemat pengeluaran!

Botol besar untuk digunakan seluruh anggota keluarga

Penguat cita rasa semua jenis hidangan

Memiliki rasa nikmat yang tidak berlebihan

Minyak wijen halal untuk mempertajam rasa masakan Indonesia

Harga mulai dariRp 89.000,00Rp 179.900,00Rp 118.700,00Rp 166.800,00Rp 242.000,00Rp 115.000,00Rp 147.000,00Rp 35.500,00Rp 32.000,00Rp 41.300,00
TipePanggangPanggang suhu rendahPanggangPanggangTidak disebutkanPanggangPanggangPanggangPanggangTidak disebutkan
Metode produksiTidak disebutkanPemerasanTidak disebutkanPemerasanPemerasanPemerasanTidak disebutkanTidak disebutkanPemerasanTidak disebutkan
Isi200 gr75 ml55 ml, 80 ml, 320 ml, 500 ml250 ml250 ml310 ml320 ml, 650 ml115 ml, 207 ml95 ml, 150 ml, 250 ml195 ml
Tautan produk

Baca juga rekomendasi minyak untuk memasak lainnya di sini

Selain minyak wijen, masih ada beragam minyak nabati lain yang bagus untuk kesehatan. Minyak alpukat dan minyak kelapa merupakan beberapa contohnya. Dengan memakai minyak-minyak ini, Anda tetap bisa menikmati masakan tanpa khawatir mengenai kesehatan. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang kehebatan tiap-tiap minyak tersebut, kunjungi artikel kami di bawah ini.

Kesimpulan

Dengan teknik pemrosesan yang berbeda, produk minyak wijen yang dihasilkan juga memiliki aroma dan rasa yang berbeda. Ada baiknya Anda memahami setiap proses produksi tersebut agar dapat memilih produk terbaik yang sesuai kebutuhan.

Setiap produk memiliki kelebihan dan karakteristik tersendiri. Jadi, Anda harus cermat dalam membaca informasi pada label yang tertera. Semoga artikel kami kali ini dapat menjadi referensi dalam memilih minyak wijen yang paling pas untuk pemakaian Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Sambal Terasi Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sambal Terasi Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda pencinta makanan pedas? Pasti tak lengkap rasanya makan tanpa sambal. Salah satu jenis sambal yang populer di kalangan masyarakat adalah sambal terasi. Aroma terasi yang nikmat mampu menggugah selera makan. Namun, karena proses membuatnya yang dianggap merepotkan bagi sebagian orang, sambal terasi instan dalam kemasan menjadi pilihan terbaik.Karena itu, kali ini kami akan memberikan tips memilih sambal terasi. ABC, Kokita, Del Monte, dan Sasa adalah beberapa merk sambal terasi terkenal yang juga akan kami ulas untuk Anda. Simak artikel ini dan temukan produk terbaik Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori