• 10 Minyak Wijen Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)			 1
  • 10 Minyak Wijen Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)			 2
  • 10 Minyak Wijen Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)			 3
  • 10 Minyak Wijen Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)			 4
  • 10 Minyak Wijen Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)			 5

10 Minyak Wijen Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)

Minyak wijen adalah salah satu minyak nabati dengan kandungan gizi tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain untuk nasi goreng atau gorengan, Anda bisa memakainya untuk menumis atau dijadikan dressing. Banyaknya kegunaan minyak wijen mungkin membuat Anda tertarik menggunakannya.

Nah, kali ini kami akan membahas cara memilih minyak wijen yang bagus dan asli. Rekomendasi minyak wijen terbaik dari berbagai merek juga kami siapkan, seperti Lee Kum Kee, Oh Guan Hing, dan ABC. Ada produk yang berlabel halal, lho! Yuk, disimak! Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Laire Siwi Mentari
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 12 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari
Laire Siwi Mentari
Chef
Laire Siwi Mentari

Kariernya di dunia kuliner selama 8 tahun membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur.


Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum.

Minyak wijen untuk masakan apa saja?

Minyak wijen untuk masakan apa saja?

Sesame oil atau minyak wijen dihasilkan dari proses pemerasan biji wijen dengan memberikan tekanan. Tak heran bila rasa dan aroma minyak wijen sangatlah khas. Karena itu, minyak wijen sering digunakan sebagai sentuhan terakhir pada masakan agar rasanya lebih nikmat. Bahkan, saat ini ada sebagian orang yang menggunakan minyak wijen untuk menggoreng atau menumis.


Anda bisa menggunakan minyak wijen untuk berbagai jenis hidangan, mulai dari masakan tradisional, Asia, hingga western. Tahu goreng, nasi goreng, tempura, sampai salad akan menjadi lebih lezat berkat minyak wijen. Segala manfaat sesame oil pun bisa Anda dapatkan sembari mengonsumsi hidangan kesukaan.


Minyak wijen mengandung vitamin E yang kaya akan nutrisi sehingga sangat baik untuk kecantikan. Selain itu, minyak wijen masih diperkaya berbagai macam nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan. Asam linoleat, asam linolenat, dan sesamin merupakan beberapa contohnya. Jika Anda ingin memulai hidup sehat, tak ada salahnya mencoba minyak wijen.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih minyak wijen

Meski fungsi minyak wijen untuk masakan sangat banyak, bukan berarti Anda bisa sembarangan memilih produknya. Kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli minyak wijen. Perhatikanlah pembahasan kami dengan saksama supaya Anda bisa mendapatkan minyak wijen asli!

Tentukan jenis minyak wijen yang sesuai dengan penggunaan

Berdasarkan proses pembuatannya, ada tiga jenis minyak wijen yang beredar di pasaran. Anda bisa menemukan minyak wijen, minyak wijen panggang, dan minyak wijen panggang suhu rendah. Ketiga jenis minyak wijen tersebut memiliki karakteristik masing-masing. Pastikan Anda memilih minyak wijen yang paling sesuai dengan tujuan penggunaan.

Minyak wijen panggang: Warna dan aromanya lebih pekat

Minyak wijen panggang: Warna dan aromanya lebih pekat

Wijen yang mentah mengandung senyawa alami seperti fitat dan oksalat yang dapat memperlambat penyerapan nutrisi dalam tubuh. Nah, proses pemanggangan akan mengurangi senyawa alami berbahaya tersebut sehingga tubuh Anda tetap dapat menyerap nutrisi dengan baik.


Jika Anda ingin menikmati aroma minyak wijen atau menggunakannya sebagai bumbu penyedap, silakan pilih jenis minyak wijen panggang. Ciri khas minyak wijen panggang, atau disebut juga minyak wijen sangrai, adalah warnanya yang cokelat gelap. Minyak jenis ini dihasilkan dari proses memanggang biji wijen pada suhu tinggi.


Biji wijen dipanggang secara deep roast sehingga meningkatkan kekentalan warna serta memperkuat aromanya. Tak heran jika minyak wijen panggang sangat ideal untuk menguatkan rasa pada masakan Cina dan Korea


Karena aroma wijennya kuat, minyak sesame jenis ini juga cocok dituangkan langsung pada tahu atau dijadikan saus. Digunakan untuk menumis pun enak.

Minyak wijen panggang suhu rendah: Aromanya segar seperti kacang

Minyak wijen panggang suhu rendah: Aromanya segar seperti kacang

Jika Anda ingin menikmati aroma segar seperti kacang, kami sarankan untuk memilih minyak wijen panggang suhu rendah. Sesuai namanya, jenis minyak wijen ini dipanggang pada suhu rendah. Oleh sebab itu, warnanya lebih terang dan transparan daripada minyak wijen panggang.


Minyak wijen panggang suhu rendah memiliki tingkat aroma yang sedang sehingga dapat digunakan seperti halnya minyak zaitun. Anda dapat memakainya untuk dressing, bumbu rendaman masakan, atau membuat berbagai hidangan western lainnya. Bisa dikatakan bahwa jenis sesame oil ini adalah yang paling serbaguna karena dapat digunakan untuk segala macam hidangan.


Jika Anda belum terbiasa dengan rasa dan aroma yang kuat, minyak wijen panggang suhu rendah cocok dipilih. Alasannya adalah minyak ini tetap harum, tetapi tidak terlalu menonjol.

Minyak wijen: Aroma tidak menyengat untuk penggunaan sehari-hari

Minyak wijen: Aroma tidak menyengat untuk penggunaan sehari-hari

Bagi Anda yang tidak menyukai aroma menyengat, sebaiknya pilihlah minyak wijen biasa. Biji wijen pada minyak tipe ini diperas langsung tanpa melalui proses pemanggangan. Karena menggunakan wijen mentah, warna minyak wijen biasa paling transparan dibandingkan jenis lainnya.


Di samping itu, rasa minyak wijen ini cenderung murni serta hampir tidak beraroma. Dengan karakteristik tersebut, Anda dapat memakainya untuk memasak seperti halnya menggunakan minyak sayur. Penggunaan minyak wijen juga bisa membantu menghilangkan bau amis pada masakan.


Di beberapa negara, minyak wijen ini kerap digunakan sebagai minyak pijat dan untuk terapi rambut rusak. Bahkan, di India minyak wijen merupakan elemen penting dalam metode pengobatan Ayurveda.

Pilih berdasarkan metode produksinya

Pilih berdasarkan metode produksinya

Secara umum, ada dua macam metode produksi minyak wijen yang sering digunakan yaitu pemerasan dan ekstraksi. Setiap metode produksi tersebut memiliki plus dan minusnya tersendiri. Kami akan menjelaskan dengan lebih lengkap di bawah ini:


  • Metode pemerasan adalah cara tradisional untuk mengekstraksi minyak. Prosesnya dilakukan dengan memberikan tekanan pada biji wijen. Untuk mendapat hasil terbaik, minyak wijen sebaiknya disimpan dahulu pada suhu dingin yang mencapai 10°C. Teknik cold pressed ini akan menghasilkan virgin sesame oil. Jika Anda ingin menikmati rasa atau aroma asli wijen, pilihlah produk yang dibuat dengan metode pemerasan.

  • Metode ekstraksi merupakan proses pengeluaran minyak dari biji wijen dengan menggunakan zat pelarut organik. Anda bisa menghasilkan lebih banyak minyak wijen dengan metode ini. Namun, rasa dan aromanya tidak terlalu kuat.

Cek bahan campuran minyak wijen, usahakan untuk memilih yang murni

Cek bahan campuran minyak wijen, usahakan untuk memilih yang murni

Minyak wijen yang beredar di pasaran terbagi menjadi dua yakni minyak wijen asli (murni) dan minyak wijen campuran. Cara termudah untuk mengetahui kemurnian dari produk yang akan dibeli adalah dengan membaca tabel komposisi minyak wijen. Pada tabel tersebut, Anda bisa memastikan ada tidaknya bahan campuran dalam minyak wijen.


Jika Anda ingin menikmati rasa wijen yang kuat, kami rekomendasikan minyak wijen asli. Jenis ini mengandung 100% minyak wijen murni sehingga sangat ideal untuk Anda yang menginginkan lebih banyak khasiat wijen. Pada tabel komposisi minyak wijen, Anda tidak akan menemukan bahan lainnya selain biji wijen.


Sebaliknya, minyak wijen campuran biasanya hanya mengandung 60% atau lebih minyak wijen. Selebihnya, terdapat campuran minyak lain, misalnya minyak sayur, minyak jagung, atau minyak sawit. Sayangnya, sebagian besar produsen tidak mencantumkan persentase kadar minyak dalam tabel komposisi. Jadi, Anda hanya bisa menemukan kandungan bahan-bahan yang digunakan.


Untuk mencapai aroma tertentu, Anda perlu menggunakan agak banyak minyak wijen campuran pada masakan. Hal ini berbeda jika Anda menggunakan minyak wijen murni. Anda hanya membutuhkan sedikit minyak wijen murni untuk memperoleh aroma yang diinginkan.


Meski rasanya tidak sekuat minyak wijen asli, sebagian besar minyak wijen campuran memiliki rasa menyegarkan. Harganya pun lebih murah. Bila Anda bisa memanfaatkannya dengan baik, minyak wijen campuran tidak sepenuhnya buruk, kok!

Perhatikan reputasi produsen pembuat minyak wijen

Perhatikan reputasi produsen pembuat minyak wijen

Jika Anda ingin memakai minyak wijen murni, sebisa mungkin pilihlah produk yang masih menggunakan proses produksi tradisional. Akan lebih baik bila merek yang Anda pilih telah berkecimpung lama pada bidang produksi minyak wijen.


Akan tetapi, mayoritas produsen minyak wijen di pasaran menggunakan teknik produksi tradisional. Artinya, dalam produknya tidak terdapat zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Yang perlu Anda perhatikan adalah rasa, aroma, dan kekentalannya. Tiap-tiap produsen biasanya memiliki standar yang berbeda-beda mengenai ketiga hal tersebut.


Sebagai tambahan, selain minyak dari biji wijen putih, ada pula minyak yang dihasilkan dari biji wijen hitam. Tak hanya itu, ada juga minyak wijen yang ditambah bahan-bahan khusus. Jika Anda senang mengeksplorasi dan membandingkan rasa, tak ada salahnya mencoba minyak wijen tersebut.

10 Rekomendasi minyak wijen terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk minyak wijen terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Laire Siwi Mentari.

Gambar produk
1
Oh Guan Hing Sesame Oil / Minyak Wijen 1

Oh Guan Hing

2
Bumbu Bunda by Elia Minyak Wijen Organik 1

Bumbu Bunda by Elia

3
Heinz ABC Minyak Wijen 1

Heinz

4
Java Super Food Minyak Wijen 1

Java Super Food

5
Lee Kum Kee Pure Sesame Oil 1

Lee Kum Kee

6
Ivenet Pure Germinated Sesame Oil 1

Ivenet

7
Chee Seng Oil Double Pagoda 100% Pure Sesame Oil 1

Chee Seng Oil

8
Ottogi Sesame Oil 1

Ottogi

9
Chee Seng Oil Chee Seng 100% Pure Black Sesame Oil 1

Chee Seng Oil

10
Chosen Foods Spicy Sesame Oil 1

Chosen Foods

Nama produk

Sesame Oil / Minyak Wijen

Minyak Wijen Organik

ABC Minyak Wijen

Minyak Wijen

Pure Sesame Oil

Pure Germinated Sesame Oil

Double Pagoda 100% Pure Sesame Oil

Sesame Oil

Chee Seng 100% Pure Black Sesame Oil

Spicy Sesame Oil

Keunggulan

Minyak wijen dengan harga paling murah, paling hemat!

Tak perlu takut lagi menggoreng makanan

Minyak wijen halal untuk mempertajam rasa masakan Indonesia

Tingkatkan rasa daging dan ikan setelah dimasak

Penguat cita rasa semua jenis hidangan

Biji wijen premium dengan kandungan gizi lebih tinggi

Memiliki rasa nikmat yang tidak berlebihan

Jaga tubuh tetap fit meski aktif berkegiatan

Penggunaan biji wijen hitam, unik!

Lebih kaya rasa dengan keberadaan sensasi pedas

Harga mulai dariRp 15.100,00Rp 40.000,00Rp 41.000,00Rp 20.349,00Rp 35.890,00Rp 179.900,00Rp 36.500,00Rp 42.000,00Rp 105.360,00Rp 342.500,00
TipeTidak disebutkanTidak disebutkanPanggangTidak disebutkanPanggangPanggang suhu rendahPanggangPanggangPanggangTidak disebutkan
Metode produksiTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanPemerasanPemerasanPemerasanPemerasanPemerasan
KomposisiMinyak sawit, biji wijenMinyak sayur, biji wijenMinyak wijenMinyak wijen, minyak jagungMinyak wijen100% biji wijen KoreaBiji wijen100% biji wijen100% biji wijen hitamMinyak wijen, tree chili, bawang putih
Varian isi100 ml, 300 ml, 600 ml150 ml195 ml, 1.000 ml135 ml115 ml, 207 ml, 1.750 ml75 ml95 ml, 150 ml, 250 ml55 ml, 80 ml, 320 ml, 500 ml320 ml, 650 ml250 ml
Tautan produk
10
TipeTidak disebutkan
Metode produksiPemerasan
KomposisiMinyak wijen, tree chili, bawang putih
Varian isi250 ml
9

Chee Seng OilChee Seng 100% Pure Black Sesame Oil

Mulai dari Rp 105.360,00

TipePanggang
Metode produksiPemerasan
Komposisi100% biji wijen hitam
Varian isi320 ml, 650 ml
8
TipePanggang
Metode produksiPemerasan
Komposisi100% biji wijen
Varian isi55 ml, 80 ml, 320 ml, 500 ml
7

Chee Seng OilDouble Pagoda 100% Pure Sesame Oil

Mulai dari Rp 36.500,00

TipePanggang
Metode produksiPemerasan
KomposisiBiji wijen
Varian isi95 ml, 150 ml, 250 ml
6
TipePanggang suhu rendah
Metode produksiPemerasan
Komposisi100% biji wijen Korea
Varian isi75 ml
5
TipePanggang
Metode produksiTidak disebutkan
KomposisiMinyak wijen
Varian isi115 ml, 207 ml, 1.750 ml
4
TipeTidak disebutkan
Metode produksiTidak disebutkan
KomposisiMinyak wijen, minyak jagung
Varian isi135 ml
3
TipePanggang
Metode produksiTidak disebutkan
KomposisiMinyak wijen
Varian isi195 ml, 1.000 ml
2

Bumbu Bunda by EliaMinyak Wijen Organik

Mulai dari Rp 40.000,00

TipeTidak disebutkan
Metode produksiTidak disebutkan
KomposisiMinyak sayur, biji wijen
Varian isi150 ml
1

Oh Guan HingSesame Oil / Minyak Wijen

Mulai dari Rp 15.100,00

TipeTidak disebutkan
Metode produksiTidak disebutkan
KomposisiMinyak sawit, biji wijen
Varian isi100 ml, 300 ml, 600 ml

Baca juga rekomendasi minyak nabati untuk memasak lainnya di sini

Selain minyak wijen, masih ada beragam minyak nabati lain yang bagus untuk kesehatan. Minyak alpukat, minyak kelapa, dan minyak jagung merupakan beberapa contohnya. Dengan memakai minyak-minyak tersebut, Anda tetap bisa menikmati masakan tanpa khawatir mengenai kesehatan. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang kehebatan tiap-tiap minyak tersebut, kunjungi artikel kami di bawah ini.

Kesimpulan

Dengan teknik pemrosesan yang berbeda, produk minyak wijen yang dihasilkan juga memiliki aroma dan rasa yang berbeda. Ada baiknya Anda memahami setiap proses produksi tersebut agar dapat memilih produk terbaik yang sesuai kebutuhan.

Setiap produk memiliki kelebihan dan karakteristik tersendiri. Jadi, Anda harus cermat dalam membaca informasi pada label yang tertera. Semoga artikel kami kali ini dapat menjadi referensi dalam memilih minyak wijen yang paling pas untuk pemakaian Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian? Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang baik. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Filma, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulannya masing-masing.Guna mendapatkan produk yang tepat, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi pada masyarakat saat ini berupa meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG adalah kaldu jamur. Jadi, tak heran jika kaldu jamur non MSG banyak dipakai untuk melezatkan berbagai masakan ataupun MPASI bayi.Sejumlah merek kaldu jamur yang bagus, seperti Totole, Lemonilo, dan Royco, menawarkan produk-produknya yang menarik. Nah, di artikel ini kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi kaldu jamur terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Curry Powder (Bubuk Kari) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Curry Powder (Bubuk Kari) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan berbumbu kari memang banyak digemari karena kelezatannya. Meskipun begitu, akan merepotkan jika harus meracik bumbunya dari nol. Kari India, kari Jepang, hingga kari Indonesia memiliki karakteristiknya sendiri. Agar praktis, Anda dapat menggunakan curry powder atau bubuk kari yang banyak dijual di pasaran.Berbagai merek, seperti Cairo Food, Jay’s Kitchen, dan Ottogi menyajikan beragam cita rasa kari mungkin terasa membingungkan. Kali ini, kami akan memberikan informasi cara memilih sekaligus rekomendasi produk curry powder terbaik untuk dipilih. Baca sampai habis dan temukan bumbu kari instan yang enak versi Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori