• 10 Rekomendasi Kamera yang Bagus untuk Foto (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kamera yang Bagus untuk Foto (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kamera yang Bagus untuk Foto (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kamera yang Bagus untuk Foto (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kamera yang Bagus untuk Foto (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kamera yang Bagus untuk Foto (Terbaru Tahun 2022)

Apakah Anda ingin memiliki foto selfie dengan background bokeh yang estetis? Jika ya, Anda perlu membaca artikel ini untuk menemukan kamera yang bagus! Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, seperti merek, aperture, jumlah piksel, keberadaan Wi-Fi, LCD yang bisa diputar, serta sederet fitur lainnya.

Guna menjawab semua pertanyaan Anda, kami akan memberikan tips memilih kamera terbaik untuk foto. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik dari beberapa merek terkenal, seperti Canon, Fujifilm, dan Panasonic. Anda bisa memilihnya berdasarkan fitur dan harganya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 22 Oktober 2022
Daftar isi

Cara memilih kamera yang bagus untuk foto

Selain teknik fotografi, kamera juga berperan besar dalam menghasilkan foto yang bagus. Kamera saku dan kamera mirrorless bisa menjadi pilihan Anda dalam menghasilkan foto yang bagus. Keduanya sama-sama menawarkan portabilitas untuk kebutuhan fotografi Anda. Berikut kami akan mengulas cara memilih kamera yang bagus untuk foto agar Anda bisa mendapatkan produk sesuai kebutuhan.

Ketahui perbedaan jenis kamera mirrorless dan kamera saku

Dari tampilannya, kamera mirrorless dan kamera saku sepintas terlihat sama, tetapi sejatinya tidak. Perbedaan terbesar dan yang utama dari kedua jenis kamera digital ini adalah pada lensanya. Pada kamera mirroless, lensanya dapat dilepas pasang ataupun diganti dengan berbagai ukuran yang tersedia. Sementara itu, pada kamera saku atau kamera poket, lensanya tidak bisa dilepas. Mari lihat penjelasannya di bawah ini.

Kamera mirrorless: hasilkan kualitas gambar yang tajam dan lensa bisa diganti

Kamera mirrorless: hasilkan kualitas gambar yang tajam dan lensa bisa diganti
Kamera mirroless adalah kamera DSLR (digital single lens reflex) yang dihilangkan bagian pemantul cahayanya. Saat menggunakan kamera ini Anda bisa menciptakan foto dengan background bokeh seperti yang dilakukan fotografer profesional

Lensanya dapat dilepas pasang layaknya kamera DSLR sehingga fleksibel dipakai di berbagai kondisi. Namun, kamera mirroless beserta lensanya memiliki harga yang cukup mahal.

Kamera saku: ringkas, praktis, dan mudah dioperasikan

Kamera saku: ringkas, praktis, dan mudah dioperasikan
Kualitas gambar yang dihasilkan kamera saku mungkin tidak setajam kamera DSLR atau mirrorless. Namun, kamera ini memiliki berbagai fungsi unggulan seperti bobot yang lebih ringan dan compact serta fitur canggihKamera kecil ini memungkinkan untuk mengambil foto bokeh dengan kualitas gambar yang cukup bagus. Selain itu, kamera ini juga memiliki lebih banyak mode pengambilan gambar dibandingkan dengan smartphone.

Utamakan kamera dengan fitur image stabilization untuk mengurangi kesalahan saat memotret

Utamakan kamera dengan fitur image stabilization untuk mengurangi kesalahan saat memotret
Kamera umumnya lebih berat dibandingkan smartphone. Saat dioperasikan menggunakan satu tangan, biasanya akan timbul guncangan yang menyebabkan gambar tidak fokus dan blur. Untuk mengatasi hal ini, fitur image stabilization sangat diperlukan.

Jika foto yang Anda hasilkan blur, sementara Anda terus-terusan memencet tombol shutter, bisa jadi orang yang Anda ajak berfoto akan mengajukan protes. Supaya hal tersebut tidak terjadi, pastikan untuk selalu memeriksa adanya image stabilization.

Pertimbangkan kamera yang layar LCD-nya dapat diputar 180 derajat dan touch screen

Pertimbangkan kamera yang layar LCD-nya dapat diputar 180 derajat dan touch screen
Berhubung kamera tidak memiliki kamera depan layaknya smartphone, sangatlah penting untuk memilih kamera yang mampu memperlihatkan display belakang. Kami menyarankan Anda untuk memilih kamera tipe tilt yang layar LCD-nya bisa diputar 180 derajat dan tipe vari-angle yang layarnya bisa digerakkan bebas baik vertikal maupun horizontal. Akan lebih baik lagi jika LCD-nya dilengkapi dengan fitur layar sentuh sehingga kamera dapat dioperasikan layaknya smartphone.

Pilih kamera yang dilengkapi Bluetooth atau Wi-Fi agar bisa disambungkan dengan smartphone

Pilih kamera yang dilengkapi Bluetooth atau Wi-Fi agar bisa disambungkan dengan smartphone
Kamera yang dilengkapi Bluetooth atau Wi-Fi akan mudah terkoneksi dengan smartphone atau komputer. Kedua koneksi nirkabel ini memudahkan Anda dalam berbagi file gambar dan video. Cukup dengan mengunduh dan memasang aplikasi yang telah disediakan oleh produsen kamera, Anda tidak perlu lagi membutuhkan kabel. Dalam sekejap, foto-foto dari kamera akan berpindah ke smartphone dan bisa juga langsung diunggah di laman sosial media.

Sesuaikan bobot kamera dengan aktivitas dan kebutuhan

Sesuaikan bobot kamera dengan aktivitas dan kebutuhan

Bobot kamera dipengaruhi oleh tipe kamera dan banyaknya komponen yang digunakan. Kamera saku bobotnya lebih ringan dari kamera mirrorless dan berkisar antara 100 gram hingga 200-an gram. Sedangkan kamera mirroless bobotnya berkisar antara 200 gram hingga 400-an gram. Anda bisa mempertimbangkan kamera dengan bobot yang ringan agar tidak melelahkan saat mengambil gambar. Namun, tetap perhatikan fitur dan kelengkapan fungsi lainnya. 

Perhatikan fitur-fitur unggulan di tiap kamera

Perhatikan fitur-fitur unggulan di tiap kamera

Berbagai kamera digital yang ada memiliki fitur-fitur tambahan yang menunjang kinerja kamera selama digunakan. Kami akan menjelaskan sejumlah fitur pada kamera mirrorless dan kamera saku yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam membeli.


  • Aplikasi Imaging Edge™ memungkinkan Anda mengelola file foto di Windows dan Mac dengan lebih mudah. Remote shooting juga dapat dikendalikan dengan lebih mudah melalui aplikasi untuk kamera Sony.
  • Night mode selfie pada kamera Panasonic LUMIX bekerja dengan memotret terlebih dahulu gambar latar belakang tanpa lampu kilat. Kemudian, muncul wajah selfie Anda dengan lampu kilat. Keduanya digabungkan menjadi satu sehingga menghasilkan foto selfie malam hari yang indah.
  • Dukungan resolusi 4K saat ini semakin lazim ditemui di banyak kamera mirroless dan sebagian kamera saku. Dengan resolusi 4K, kualitas gambar menjadi lebih tajam dan jernih.

10 Rekomendasi kamera terbaik untuk foto

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kamera terbaik untuk foto yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 14 Oktober 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Canon G7X Mark II menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Canon EOS M100 Kit memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Canon EOS M100 Kit 1

Canon

2
Sony α5100 Kit 16-50mm 1

Sony

3
Sony Kamera Digital Sony ZV-1 1

Sony

4
Fujifilm  X-T200 1

Fujifilm

5
Nikon 1 J5 Kit Lens 10-100mm 1

Nikon

6
Panasonic LUMIX Digital Single Lens Mirrorless Camera 1

Panasonic

7
Olympus OM-D E-M10 Mark III 1

Olympus

8
Canon Camera Pocket IXUS 285 HS 1

Canon

9
Sony WX500 Compact Camera dengan 30x Zoom Optik 1

Sony

10
Nikon Z50 Kit 16–50 mm 1

Nikon

Nama produk

EOS M100 Kit

α5100 Kit 16-50mm

Kamera Digital Sony ZV-1

X-T200

1 J5 Kit Lens 10-100mm

LUMIX Digital Single Lens Mirrorless Camera

OM-D E-M10 Mark III

Camera Pocket IXUS 285 HS

WX500 Compact Camera dengan 30x Zoom Optik

Z50 Kit 16–50 mm

Keunggulan

Mirrorless compact yang cocok untuk pemula

Dengan teknologi autofokus 4D, ucapkan bye-bye pada gambar blur!

Kamera poket yang bagus untuk nge-vlog

Melihat gambar dan menu lebih jelas dengan layar seluas 3,5 inci

Mirrorless mungil yang ideal untuk traveling

Selfie di malam hari tetap bagus berkat fitur Selfie Night Mode

Semua fitur kamera yang Anda butuhkan ada dalam genggaman

Bobotnya ringan, cocok untuk mengabadikan berbagai kegiatan sehari-hari

Bidik gambar jarak jauh lebih mudah dengan 30x optical zoom

Menggunakan bahan magnesium alloy yang kokoh dan ringan

Harga mulai dariRp 4.299.000,00Rp 8.599.000,00Rp 10.099.000,00Rp 10.799.000,00Rp 4.250.000,00Rp 5.250.000,00Rp 7.950.000,00Rp 5.472.300,00Rp 4.399.000,00Rp 17.599.000,00
TipeMirrorlessMirrorlessKamera sakuMirrorlessMirrorlessMirrorlessMirrorlessKamera sakuKamera sakuMirrorless
LCDTilt LCD, touch screenTilt LCD, touch screenArticulating LCD screenArticulating screen TFT 3,5 inciTilt LCD, touch screenTFT 3 inciTilt LCD, touch screenTilt LCD, touch screenTFT 3 inciTilt LCD, touch screen
Piksel24,2 MP24,3 MP20,1 MP24,2 MP20,8 MP16,84 MP16,1 MP20,2 MP18,2 MP20,9 MP
Image stabilization✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎X✔︎✔︎✔︎X
KonektivitasWi-FiWi-FIWi-FIWi-FiWi-FIWi-FiWi-FiWi-FiWi-Fi, NFCWi-Fi, Bluetooth
Bobot kamera302 gram283 gram294 gram370 gram265 gram270 gram410 gram147 gram209 gram395 gram
Fitur lainnyaScene intelligent auto, hybrid auto, self portrait, portrait, smooth skin, landscape, close-up, sports, food, fish-eye effect, art bold effect, water painting effect, toy camera effect, miniature effect, high dynamic range, time-lapse movieFast Hybrid AF, one-touch remote, one-touch sharing, creative style, picture effect,Fast hybrid AF, product showcase setting, imaging edgeFilm simulation mode, scene position mode, advanced filterToy camera, miniature effect, cross processSelfie 4K photo, aesthetic retouch, photo filter5-axis image stabilisation, tilting LCD, four shooting modes, fast touch AFHandheld night scene, low light, fish-eye effect, miniature effect, toy camera effect, monochrome, super vivid, poster effect, snow, fireworks, long shutterBeauty effect, intelligent activeSelf portrait mode, animal detection AF
Tautan produk
10
TipeMirrorless
LCDTilt LCD, touch screen
Piksel20,9 MP
Image stabilizationX
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth
Bobot kamera395 gram
Fitur lainnyaSelf portrait mode, animal detection AF
9

SonyWX500 Compact Camera dengan 30x Zoom Optik

DSC-WX500

Mulai dari Rp 4.399.000,00

TipeKamera saku
LCDTFT 3 inci
Piksel18,2 MP
Image stabilization✔︎
KonektivitasWi-Fi, NFC
Bobot kamera209 gram
Fitur lainnyaBeauty effect, intelligent active
8

CanonCamera Pocket IXUS 285 HS

Mulai dari Rp 5.472.300,00

TipeKamera saku
LCDTilt LCD, touch screen
Piksel20,2 MP
Image stabilization✔︎
KonektivitasWi-Fi
Bobot kamera147 gram
Fitur lainnyaHandheld night scene, low light, fish-eye effect, miniature effect, toy camera effect, monochrome, super vivid, poster effect, snow, fireworks, long shutter
7
TipeMirrorless
LCDTilt LCD, touch screen
Piksel16,1 MP
Image stabilization✔︎
KonektivitasWi-Fi
Bobot kamera410 gram
Fitur lainnya5-axis image stabilisation, tilting LCD, four shooting modes, fast touch AF
6

PanasonicLUMIX Digital Single Lens Mirrorless Camera

DC-GF10

Mulai dari Rp 5.250.000,00

TipeMirrorless
LCDTFT 3 inci
Piksel16,84 MP
Image stabilizationX
KonektivitasWi-Fi
Bobot kamera270 gram
Fitur lainnyaSelfie 4K photo, aesthetic retouch, photo filter
5
TipeMirrorless
LCDTilt LCD, touch screen
Piksel20,8 MP
Image stabilization✔︎
KonektivitasWi-FI
Bobot kamera265 gram
Fitur lainnyaToy camera, miniature effect, cross process
4
TipeMirrorless
LCDArticulating screen TFT 3,5 inci
Piksel24,2 MP
Image stabilization✔︎
KonektivitasWi-Fi
Bobot kamera370 gram
Fitur lainnyaFilm simulation mode, scene position mode, advanced filter
3

SonyKamera Digital Sony ZV-1

ZV-1

Mulai dari Rp 10.099.000,00

TipeKamera saku
LCDArticulating LCD screen
Piksel20,1 MP
Image stabilization✔︎
KonektivitasWi-FI
Bobot kamera294 gram
Fitur lainnyaFast hybrid AF, product showcase setting, imaging edge
2

Sonyα5100 Kit 16-50mm

ILCE-5100L

Mulai dari Rp 8.599.000,00

TipeMirrorless
LCDTilt LCD, touch screen
Piksel24,3 MP
Image stabilization✔︎
KonektivitasWi-FI
Bobot kamera283 gram
Fitur lainnyaFast Hybrid AF, one-touch remote, one-touch sharing, creative style, picture effect,
1
TipeMirrorless
LCDTilt LCD, touch screen
Piksel24,2 MP
Image stabilization✔︎
KonektivitasWi-Fi
Bobot kamera302 gram
Fitur lainnyaScene intelligent auto, hybrid auto, self portrait, portrait, smooth skin, landscape, close-up, sports, food, fish-eye effect, art bold effect, water painting effect, toy camera effect, miniature effect, high dynamic range, time-lapse movie

Baca juga rekomendasi kamera yang bagus lainnya di sini

Dalam artikel ini kami mengenalkan dua jenis kamera yang bagus untuk foto, yakni kamera mirrorless dan kamera saku. Selain kamera tersebut, ternyata ada juga beberapa kamera unik yang bisa digunakan untuk mengambil gambar. Tiap-tiap kamera memiliki fitur berbeda. Silakan simak penjelasannya lebih lanjut di artikel berikut ini!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda? Apakah Anda sudah menemukan kamera yang cocok untuk selfie? Dengan menggunakan kamera digital yang memiliki kualitas gambar prima dan serta fungsi di atas smartphone, Anda dapat mengunggah foto selfie yang cantik di media sosial. Namun, jangan lupa mempertimbangkan harganya, sesuaikan dengan budget yang Anda sediakan. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    Kamera 2 jutaan tentu memiliki perbedaan kualitas dengan kamera yang harganya tinggi. Namun, saat ini sudah banyak beredar produk yang fiturnya tak kalah canggih dari tipe high-end. Hanya saja memilih kamera digital low-end yang bagus bukanlah hal yang mudah.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan tips memilih kamera digital terbaik harga 2 jutaan. Khusus untuk Anda, Kami juga akan berbagi rekomendasi produk Sony, Nikon, Canon, dan merek lainnya. Jenisnya pun beragam. Dari kamera mirrorless sampai prosumer, semuanya ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh photographer kami, Zizy Damanik. Mari disimak!
    Kamera digital
  • 10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Canon adalah salah satu merek kamera terkenal dan banyak digemari oleh pengguna. Fitur-fitur canggih dan spesifikasi yang lengkap membuat kamera Canon banyak dicari, baik oleh pemula maupun profesional. Ada berbagai jenis kamera Canon yang tersedia di pasaran. Namun, tipe kamera Canon seperti apa yang harus dipilih? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami akan mengulas cara memilih kamera Canon yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh kamera Canon terbaik, mulai dari IXUS 285 HS, Canon EOS 1500D, Canon EOS R, dan lainnya. Yuk, baca terus artikel ini selengkapnya!
    Kamera digital
  • 10 Kamera Pocket Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kamera Pocket Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    Kamera digital compact atau kamera pocket adalah kamera yang memiliki ukuran kecil. Meskipun demikian, hasil kamera ini mampu bersaing dengan jenis kamera lain seperti mirrorless dan DSLR. Saat ini, ada perusahaan besar, seperti SONY, Canon, Fujifilm, dan Nikon memproduksi beragam kamera pocket yang bagus.Kamera pocket tersebut didesain khusus sesuai dengan kebutuhan. Ada kamera profesional, ada juga kamera traveling. Harganya juga bervariasi, ada yang murah, ada pula yang mahal. Hal ini dipengaruhi dengan merek, fitur, dan perusahaan pembuat kamera pocket. Jika Anda sedang mencari kamera pocket terbaik, bacalah artikel ini!
    Kamera digital
  • 10 Rekomendasi Kamera LUMIX Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera LUMIX Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Panasonic merupakan salah satu produsen kamera yang sudah meluncurkan banyak seri kamera dengan merek LUMIX. Beberapa seri kamera LUMIX yang bagus dan laris di antaranya adalah LUMIX DC-GF9K, LUMIX DMC-LX10, dan LUMIX DC-S1R. Bagaimana cara memilih kamera LUMIX terbaik bagi pengguna pemula maupun profesional? Lewat artikel ini, kami akan mengulas cara memilih kamera LUMIX terbaik sesuai kebutuhan. Kamera LUMIX harganya beragam, Anda juga akan memperoleh gambaran terkait hal tersebut dalam artikel ini.
    Kamera digital
  • 10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2022)
    Canon merupakan salah satu perusahaan kamera yang sudah lama berdiri di Jepang. Hingga saat ini, kamera compact dari Canon sering menjadi pilihan bagi pemula fotografi atau Anda yang memiliki bujet terbatas. Beberapa seri kamera Canon yang memiliki harga di bawah tiga juta rupiah di antaranya adalah PowerShot, IXUS, dan iNSPic. Pada artikel ini, kami akan mengulas tips memilih kamera compact Canon di bawah tiga juta rupiah. Tak ketinggalan, Anda dapat melihat daftar produk rekomendasi dari kami. Simak artikel ini dan dapatkan kamera compact Canon impian Anda dengan harga terjangkau!
    Kamera digital
  • 10 Rekomendasi Kamera YI Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera YI Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    YI Technology merupakan merk dari anak perusahaan Xiaomi yang memproduksi beragam kamera terbaru. Ada beberapa produk terbaik kamera YI, seperti YI Action Camera, YI Home, YI Discovery, 360 VR, hingga YI-M1 Mirrorless. Penggunaan kamera ini pun beragam, mulai dari sport camera hingga security camera yang bagus untuk memantau rumah Anda. Jika Anda tertarik dengan YI camera, silakan baca ulasan lengkap di sini. Kami akan membahas cara memilih kamera YI yang bagus beserta spesifikasi dan bocoran harga-harganya yang terjangkau. Bacalah review kamera YI dan temukan produk yang Anda butuhkan di sini!
    Kamera digital
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori