10 Rekomendasi Isi Pensil Mekanik Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Isi Pensil Mekanik Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Dengan teknologi yang semakin maju, penggunaan alat elektronik, seperti komputer, laptop, tablet, dan smartphone mulai menggantikan fungsi alat tulis. Walaupun begitu, masih banyak orang yang tetap menyukai dan lebih memilih tetap menggunakan alat tulis, seperti pensil mekanik, untuk bekerja atau mencatat.

Pensil mekanik membutuhkan isi pensil mekanik atau lead. Produsen seperti Pilot, Pentel, Mitsubishi, dan sebagainya pun memproduksi isi pensil mekanik. Agar Anda dapat memilih isi pensil yang tepat, pada artikel ini kami akan mengulas cara memilih isi pensil mekanik. Tidak lupa, kami juga menyertakan 10 produk yang kami rekomendasikan.

Daftar isi

Cara memilih isi pensil mekanik

Selanjutnya, kami akan memaparkan tips memilih isi pensil mekanik kepada Anda. Anda dapat mempertimbangkan tips ini untuk mendapatkan isi pensil yang sesuai dengan tujuan penggunaan.

Cara memilih isi pensil mekanik untuk menulis

Ada 3 hal yang perlu diperhatikan ketika memilih isi pensil mekanik yang cocok untuk menulis, seperti kekuatan dan ketebalan isi pensil, serta kenyamanan saat digunakan. Berikut pembahasan lebih lanjutnya.

Pilihlah isi pensil dengan tekstur yang lembut

Pilihlah isi pensil dengan tekstur yang lembut

Pernahkah Anda mengalami masalah pensil tersangkut pada kertas ketika menulis sehingga kertas menjadi robek? Hal ini dapat terjadi apabila isi pensil terbuat dari material yang tidak berkualitas. Penggunaan material ini akan berpengaruh pada tekstur dan kelembutan dari isi pensil. Karena itu, pilihlah isi pensil yang terbuat dari material berkualitas dan tekstur yang lembut agar dapat digunakan dengan lancar tanpa terasa tersangkut pada kertas.

Pilihlah isi pensil yang tidak mudah patah

Pilihlah isi pensil yang tidak mudah patah

Material penyusun isi pensil juga menentukan daya tahannya. Ketika menulis, sebagian orang cenderung memiliki kebiasaan untuk memberi tekanan pada pensil dan kertas, akibatnya isi pensil pun seringkali patah. Untuk mengakali hal ini, beberapa produsen, seperti Mitsubishi telah menggunakan campuran material agar isi pensil tidak mudah patah.

Contohnya adalah produk isi pensil Uni Nano Dia dari Mitsubishi yang menggunakan ultrafine diamond. Walaupun dibuat oleh produsen yang sama, tidak semua isi pensil terbuat dari material yang sama. Berbeda seri atau jenis, umumnya akan berbeda pula karakteristik dan daya tahannya. Maka dari itu, selalu pastikan Anda telah memilih jenis isi pensil yang tepat sebelum membelinya.

Sesuaikan ketebalannya dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan ketebalannya dengan kebutuhan Anda

Ukuran isi pensil akan mempengaruhi ketebalannya. Ada 3 ukuran isi pensil yang biasa ditemui di pasaran, yaitu 0,3; 0,5; dan 0,7 mm. Semakin besar ukuran maka semakin tebal goresan yang dihasilkan.

Ukuran isi pensil 0,7 mm disarankan untuk mereka yang tidak menggunakan tekanan besar ketika menulis. Karena besar dan tebal, Anda tidak perlu menekan pensil terlalu kuat untuk menghasilkan goresan yang jelas ketika menggunakannya. Isi pensil berukuran ini juga ideal digunakan oleh anak-anak yang umumnya tidak cukup memberikan tekanan pada pensil ketika menulis.

Sebaliknya, ukuran 0,3 atau 0,5 mm memiliki tingkat ketebalan yang lebih ringan. Ukuran ini sangat pas digunakan oleh Anda yang telah terbiasa mengontrol tekanan saat menulis dengan pensil mekanik.

Cara memilih isi pensil mekanik untuk menggambar

Selain untuk menulis, pensil mekanik juga tidak jarang digunakan untuk menggambar. Namun, ada beberapa poin dengan pertimbangan yang berbeda ketika memilih isi pensil untuk menulis dan menggambar. Berikut ulasannya!

Pilihlah ketebalan isi pensil yang sesuai dengan kebutuhan

Pilihlah ketebalan isi pensil yang sesuai dengan kebutuhan

Sama seperti isi pensil untuk menulis, ukuran isi pensil untuk menggambar juga mempengaruhi ketebalan goresannya. Ukuran isi pensil yang digunakan untuk menggambar memiliki lebih banyak variasi. Mulai dari ukuran 0,2 mm yang menghasilkan goresan tipis hingga ukuran 0,9 mm yang menghasilkan goresan tebal.

Ukuran 0,4 mm menjadi ukuran yang direkomendasikan untuk menggambar karena memiliki tingkat ketebalan yang pas. Bila Anda menginginkan goresan tipis, Anda dapat menggunakan isi pensil dengan ukuran 0,2 atau 0,3 mm. Untuk goresan yang sangat tebal, gunakanlah isi pensil dengan ukuran 0,9 mm. Umumnya, untuk keperluan menggambar, ukuran 0,4; 0,2; 0,3; dan 0,9 mm lebih sering digunakan.

Pilihlah tingkat kekerasan yang sesuai dengan kebutuhan

Pilihlah tingkat kekerasan yang sesuai kebutuhan

Selain ukuran, tingkat kekerasan isi pensil juga akan mempengaruhi ketebalan goresan yang dihasilkan. Tingkat kekerasan isi pensil biasanya ditunjukkan dengan angka dan huruf, seperti H atau B. Ada 3 tingkat kekerasan pensil, yaitu lunak, menengah, dan keras.

Isi pensil yang lunak ditunjukkan dengan angka dan huruf B, seperti 2B, 3B, dan sebagainya. Semakin tinggi angka yang mendahului huruf B, semakin lunak isi pensil. Isi pensil dengan tingkat kekerasan menengah ditunjukkan dengan huruf B, F, HB, dan H dengan tingkat kekerasan yang semakin bertambah. Huruf H yang disertai dengan angka menandai isi pensil yang keras di mana semakin tinggi angka menunjukkan semakin keras isi pensil.

Karena ukuran 0,5 mm paling banyak diminati untuk menulis, isi pensil dengan ukuran ini banyak dibuat dengan berbagai tingkat kekerasan. Anda dapat menemukan isi pensil berukuran 0,5 mm dengan tingkat kekerasan mulai dari 4H, 3H, 2H, H, F, HB, B, 2B, 3B, hingga 4B.

Isi pensil yang ditujukan untuk menggambar biasanya memiliki tingkat kekerasan H, HB, B, dan 2B. Anda akan sering menjumpainya dalam ukuran 0,4 mm. Karena masing-masing menghasilkan goresan yang berbeda, pastikan Anda memilih isi pensil dengan tingkat kekerasan sesuai dengan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi isi pensil mekanik terbaik

Setelah ulasan cara memilih, tentu Anda sudah mempertimbangkan dengan matang jenis dan karakteristik isi pensil yang hendak Anda beli. Berikutnya, kami akan memberikan rekomendasi 10 produk isi pensil mekanik pilihan kami.

10. Staedtler Mars Micro Carbon 250

10. Staedtler Mars Micro Carbon 250

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 139.000

Nyaman dipakai di kertas tipis dan kartu yang tebal

Bila Anda kesulitan menulis pada kertas tebal seperti kartu ucapan, produk ini sayang untuk dilewatkan. Tidak semua isi pensil dapat digunakan pada kertas tebal. Biasanya, goresan akan kabur dan tak terbaca. Berbeda dari isi pensil lainnya, produk dari Staedtler ini terbuat dari material yang dapat digunakan tidak hanya pada kertas tipis, tetapi juga kertas tebal.

Staedtler Mars Micro Carbon 250 merupakan produk isi pensil yang memiliki ukuran yang pas untuk menulis, yaitu 0,5 mm. Dengan tingkat kekerasan HB, Anda dapat menghasilkan goresan yang cukup tebal. Dengan material yang mendukung kinerja dan ketebalan pensil setengah mili, Anda hanya harus cermat mengatur tekanan saat menulis agar hasil sesuai keinginan.

9. Faber-Castell Lead Superfine 0.7 HB (#127725)

9. Faber-Castell Lead Superfine 0.7 HB (#127725)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.500

Lead lebih panjang untuk menulis lebih lama

Seringkali isi pensil habis di saat yang tidak tepat, seperti ketika Anda sedang terburu-buru mencatat. Pastinya akan sangat repot untuk mengisi ulang dan Anda tidak dapat menyelesaikan catatan dengan baik. Untuk itulah, kami merekomendasikan produk dari Faber-Castell ini. Dengan isi pensil Faber-Castell, Anda tak perlu sering mengisi ulang lagi.

Isi pensil dengan ketebalan 0,7 mm dan tingkat kekerasan HB ini memiliki ukuran 15 mm lebih panjang dari produk sejenis lainnya sehingga lebih awet. Di samping itu, setiap tabung berisi 20 isi pensil. Dengan jumlah dan panjangnya, tentunya membuat waktu pemakaian isi pensil lebih lama. Dengan produk yang lebih efisien, maka Anda pun bisa lebih berhemat.

8. Joyko Pencil Lead PL-05 (2B)

8. Joyko Pencil Lead PL-05 (2B)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.750

Harga murah dengan kualitas yang tidak murahan

Produk isi pensil dari Joyko ini tentunya tidak akan mengecewakan Anda. Dengan harga yang sangat terjangkau, produk ini cocok untuk Anda yang memiliki budget terbatas. Anda pasti akan senang dengan harganya yang tidak lebih dari Rp 2.000. Walaupun murah, Anda tidak perlu meragukan kualitas dari isi pensil yang berisi 12 buah per kemasan ini.

Walaupun memiliki ukuran ketebalan 0,5 mm serta tingkat kekerasan 2B, Anda tetap dapat menghasilkan goresan yang jelas dan tebal. Dengan harga bersahabat dan produk berkualitas, Anda tidak akan merasa salah pilih. Anda yang mencari isi pensil sebagai inventaris atau alat tulis kantor, produk ekonomis ini tidak akan membuat anggaran jadi membengkak.

7. Staedtler Mars Carbon 200

7. Staedtler Mars Carbon 200

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 150.000

Lead tebal bertekstur lembut, pilihan tepat untuk membuat sketsa

Staedler meripakan produsen alat tulis dari Jerman yang dikenal di Indonesia sebagai merek yang menyuguhkan alat tulis berkualitas unggulan. Bagi Anda yang sudah berkecimpung di dunia seni rupa 2 dimensi, barangkali sudah tak asing dengan produk yang satu ini. Produk seri Mars Carbon 200 ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang hobi menggambar sketsa.

Isi pensil ini berukuran 2 mm dengan tingkat kekerasan 2B. Dengan begitu, Anda bahkan dapat membuat sketsa dengan goresan hitam yang tebal. Anda pun dapat merautnya bila memang membutuhkan ujung yang runcing untuk detail sketsa atau garis tipis. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan, tentu Anda dapat menggambar sketsa dengan lebih nyaman.

6. Pilot Color Eno 0,7 mm Refill

6. Pilot Color Eno 0,7 mm Refill

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 11.821

Berbagai pilihan warna untuk buku catatan yang tak membosankan

Apakah buku catatan Anda terasa membosankan? Produk dari pilot ini akan membuat buku catatan Anda terlihat lebih menarik. Tidak seperti isi pensil lain, Pilot Color Eno hadir dalam berbagai pilihan warna. Produk ini memiliki 7 macam warna yang dapat Anda pilih sesuai selera Anda, yaitu biru muda, biru tua, hijau, ungu, oranye, merah muda, dan merah tua.

Setiap tabung berisi 6 buah isi pensil berukuran 0,7 mm. Walaupun informasi tingkat kekerasannya tidak tercantum pada kemasan, Anda tetap dapat mendapatkan hasil goresan yang cukup tebal dan jelas dengan produk ini. Selain untuk menulis, Anda bisa menggunakannya untuk mewarnai dan menggambar. Buku catatan pun tak lagi monokrom dan bikin ngantuk!

5. Rotring Tikky hi-Polymer 0,5 mm HB Leads

5. Rotring Tikky hi-Polymer 0,5 mm HB Leads

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.000

Mudah mengeluarkan isi pensil berkat desain penutup yang praktis

Pernahkah Anda merasa kesulitan untuk mengeluarkan isi pensil dari kemasannya? Produk dari Rotring ini memiliki desain penutup dengan mulut yang dapat diatur. Hal ini akan memudahkan Anda mengeluarkan isi pensil satu persatu dan mencegahnya keluar dalam jumlah banyak sekaligus. Tentunya desain kemasan ini akan sangat membantu Anda, bukan?

Selain memudahkan Anda ketika mengeluarkan isi pensil, penutupnya juga tidak mudah hilang karena menempel dengan badan kemasan. Anda bisa menggunakan isi pensil berukuran 0,5 mm ini untuk menulis tanpa harus menekan dengan keras. Walaupun demikian, goresan ini tetap terlihat nyata dan jelas dengan tingkat kekerasan menengah atau HB miliknya.

4. Mitsubishi Uni Nano Dia 0,5 Mix Color

4. Mitsubishi Uni Nano Dia 0,5 Mix Color

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : 41.000

Berbagai pilihan warna menarik dalam 1 kemasan

Hampir serupa dengan Pilot, produk dari Mitsubishi ini juga menawarkan isi pensil dengan varian warna yang beragam. Perbedaannya adalah 7 varian warna dari isi pensil ini dikemas dalam 1 kemasan saja. Alhasil, produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan isi pensil berwarna dalam kemasan yang lebih praktis dan ekonomis tanpa perlu membeli banyak produk.

Isi pensil ini memiliki ukuran 0,5 mm sehingga Anda dapat menggunakan pensil mekanik yang biasa Anda pakai untuk menulis. Anda dapat menggunakannya untuk menulis, menandai catatan atau menggambar. Walaupun tingkat kekerasannya tidak tercantum pada kemasan, isi pensil ini terbuat dari material grafit berkualitas sehingga hasil goresannya pun terlihat berani.

3. Pentel Ain STEIN 0,5 2B

3. Pentel Ain STEIN 0,5 2B

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 42.000

Material kuat untuk isi pensil yang tidak mudah patah

Selanjutnya kami akan merekomendasikan isi pensil dengan tingkat kekerasan 2B untuk Anda yang memiliki kebiasaan menekan saat menulis. Tekanan yang cukup besar pada isi pensil biasanya akan membuat isi pensil akan mudah patah. Tentunya, kegiatan menulis menjadi tidak nyaman, ya. Karena itu, Anda memerlukan produk yang dapat diandalkan, seperti produk ini.

Pentel menjamin bahwa isi pensil STEIN dibuat dengan teknologi dan material yang dapat memperkuat isi pensil. Hasilnya, isi pensil tidak akan mudah patah saat dipakai menulis. Terlebih lagi, isi pensil berukuran 0,5 mm ini dibuat dari bahan daur ulang. Selain mendapatkan produk yang nyaman digunakan, Anda pun bisa turut berperan dalam menjaga lingkungan.

2. Mitsubishi Uni Nano Dia Leads 0,5 2B

2. Mitsubishi Uni Nano Dia Leads 0,5 2B

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 26.000

Temukan kenyamanan menulis maksimal dengan produk berkualitas

Masalah yang sering ditemui ketika menulis adalah robeknya kertas. Hal ini dapat dikarenakan material dan tekstur dari isi pensil yang digunakan kurang lembut sehingga isi pensil lebih mudah tersangkut dan merobek kertas. Agar Anda lebih nyaman dan lancar ketika menulis, kami merekomendasikan isi pensil Mitsubishi 2B yang berperforma tinggi ini.

Mitsubishi Uni Nano Dia 0,5 mm terbuat dari bahan campuran nano-diamond yang menambah kelembutan dari isi pensil. Material ini juga mengandung minyak dengan tingkat viskositas tinggi yang berperan dalam membentuk tekstur isi pensil. Karena material inilah, Anda akan dapat menulis dengan lancar tanpa perlu khawatir isi pensil akan merusak kertas Anda.

1. Stabilo Exam Grade 2,0 2B

1. Stabilo Exam Grade 2,0 2B

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.000

Pastikan ujian lancar dengan goresan nyata yang terbaca komputer

Waktu mendekati ujian akhir merupakan saat yang penting di mana Anda akan mempersiapkan banyak hal, termasuk alat tulis. Sekarang ini, banyak produk alat tulis yang mengklaim sebagai produk yang dibuat dengan kualitas khusus untuk ujian. Bila Anda bingung memilih alat tulis ujian yang benar-benar berkualitas, bagaimana bila Anda pilih saja produk ini?

Memiliki tingkat kekerasan 2B, Stabilo dapat menghasilkan goresan yang tebal. Anda tak perlu khawatir goresan tidak terbaca komputer karena produk ini juga telah tersertifikasi lulus uji komputer di Indonesia. Di samping itu, ukurannya yang besar, yaitu 2 mm, akan mempermudah Anda dalam membentuk bulatan pada lembar jawaban tanpa membuang waktu.

Kesimpulan

Dalam memilih isi pensil, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tujuan dan kebutuhan Anda. Setiap jenis isi pensil akan menghasilkan goresan yang berbeda sehingga fungsinya pun dapat beragam. Selain itu, Anda juga perlu menyadari kebiasaan Anda dalam menulis, seperti tekanan yang Anda berikan pada pensil mekanik.

Selain untuk menulis, pensil mekanik juga populer untuk menggambar. Pada artikel ini kami telah mengulas cara memilih isi pensil untuk menulis dan menggambar. Semoga produk yang telah kami rekomendasikan juga dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan.