• 10 Rekomendasi Isi Pensil Mekanik Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Isi Pensil Mekanik Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Isi Pensil Mekanik Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Isi Pensil Mekanik Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Isi Pensil Mekanik Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Isi Pensil Mekanik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Dengan teknologi yang makin maju, penggunaan komputer, tablet, dan smartphone mulai menggantikan fungsi alat tulis. Meski begitu, masih banyak orang yang tetap menyukai menggunakan alat tulis, misalnya pensil mekanik, untuk bekerja atau mencatat.

Pensil mekanik tentu membutuhkan isinya. Agar Anda dapat memilih isi pensil mekanik yang bagus, kami akan mengulas cara memilih isi pensil mekanik. Tidak lupa, kami juga menyertakan sepuluh rekomendasi produk terbaik kepada Anda seperti merk Faber Castell dan Pentel. Simak juga komentar dari illustrator kami, Karina Doniho untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Karina Doniho
  • Pembaharuan terakhir: 28 Juni 2021
Daftar isi

Berkolaborasi dengan watercolorist, illustrator, sekaligus abstract artist, Karina Doniho

Berkolaborasi dengan watercolorist, illustrator, sekaligus abstract artist, Karina Doniho

Karina adalah seorang watercolorist, illustrator, dan abstract artist berbasis di Yokohama yang dikenal dengan pen-name Karinpyong. Karina telah aktif freelancing sebagai artist sejak SMA. 


Karina pernah terlibat untuk mengilustrasikan salah satu cover chapter buku Steve Aoki yang berjudul "Blue: The Color of Noise". Karina juga salah satu artist dalam project American Beauty milik Alya Michelson. Karina terpilih menjadi salah satu dari 100 artists yang mendesain project MASK WEAR TOKYO.

Cara memilih isi pensil mekanik

Sebelumnya, kami akan menjelaskan poin apa saja yang perlu Anda perhatikan ketika hendak memilih isi pensil mekanik. Setiap brand memproduksi isi pensil mekanik dengan variasi penggunaan yang beragam. Anda dapat mempertimbangkan poin-poin di bawah ini untuk mendapatkan isi pensil yang sesuai dengan tujuan penggunaan.

Tips memilih isi pensil mekanik untuk menulis

Pertama-tama, kami akan membagi tips memilih isi pensil mekanik yang cocok untuk menulis. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan ketika memilih isi pensil mekanik untuk menulis, yaitu tekstur yang lembut, kekuatan, serta ketebalannya. Simak terus pembahasan lebih lanjutnya, ya.

Pilihlah isi pensil dengan tekstur yang lembut

Pilihlah isi pensil dengan tekstur yang lembut
Pernahkah Anda mengalami masalah pensil tersangkut di kertas ketika menulis sehingga kertas menjadi robek? Hal ini dapat terjadi apabila isi pensil terbuat dari material yang tidak berkualitas. Penggunaan material ini akan berpengaruh pada tekstur dan kelembutan dari isi pensil. 

Isi pensil mekanik dengan harga yang terlalu murah pun cenderung memiliki kualitas material yang kurang bagus. Karena itu, pilihlah isi pensil yang terbuat dari material berkualitas agar Anda dapat menulis dengan lancar tanpa tersangkut.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Isi pensil yang teksturnya terlalu lembut atau empuk terkadang selain cepat patah, malah bisa mengotori kertas. Namun, di samping itu, kualitas kertas atau penghapus yang kita gunakan serta pensilnya sendiri juga memegang perannya masing-masing. Jadi, pastikan untuk berhati-hati dalam mengambil kesimpulan mana yang cocok untuk Anda.

Gunakanlah isi pensil yang tidak mudah patah

Gunakanlah isi pensil yang tidak mudah patah
Material pembuat isi pensil juga menentukan tingkat kekuatannya. Ketika menulis, sebagian orang cenderung memiliki kebiasaan untuk memberi tekanan pada pensil dan kertas. Akibatnya, isi pensil pun sering kali patah. Untuk mengakali hal tersebut, beberapa produsen menggunakan campuran material lain agar isi pensil produksinya tidak mudah patah.
Walaupun dibuat oleh produsen yang sama, tidak semua isi pensil terbuat dari material yang sama. Berbeda seri atau jenis, umumnya akan berbeda pula karakteristik dan daya tahannya. Contohnya, isi pensil mekanik Uni Nano Dia dari Mitsubishi yang menggunakan ultrafine diamond.
Agar dapat menulis dengan nyaman, Anda perlu menggunakan isi pensil yang kuat sesuai dengan kebiasaan Anda menulis. Karena itu, pastikan Anda memilih jenis isi pensil yang tepat sebelum membelinya.
Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Selain dari tingkat kekerasan isi pensilnya, seberapa kuat kita memegang pensil dan pensil mekaniknya sendiri juga memengaruhi durability isi pensil tersebut. Perlu diketahui, kalau dipegang langsung patah atau bahkan sudah patah sebelum dimasukkan ke pensil mekaniknya, berarti isi pensilnya memang tidak kuat.

Sesuaikan ketebalan isi pensil dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan ketebalan isi pensil dengan kebutuhan Anda

Ukuran isi pensil akan memengaruhi ketebalannya. Terdapat tiga ukuran isi pensil yang biasa ditemukan di pasaran, yaitu 0,3 mm, 0,5 mm, dan 0,7 mm. Makin besar ukuran, makin tebal pula goresan yang dihasilkan. Jika mempertimbangkan ukuran garis di buku tulis, isi pensil dengan ketebalan 0,3 mm dan 0,5 mm merupakan ukuran yang paling pas. Ukuran ini memudahkan Anda saat menulis dan membaca tulisan Anda kembali.

Di sisi lain, ukuran isi pensil 0,7 mm cocok untuk Anda yang kerap kesulitan mengontrol tekanan saat menulis. Karena besar dan tebal, Anda tidak perlu menekan pensil terlalu kuat untuk menghasilkan goresan yang jelas ketika menggunakannya. Isi pensil ini juga ideal digunakan oleh anak-anak yang umumnya belum cukup mahir mengendalikan tekanan pada pensil ketika menulis.
Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Setiap orang punya selera sendiri saat menggores garis atau tulisan. Jadi, ukuran yang umum yaitu 0,3 mm, 0,5 mm, dan 0,7 mm akan berpengaruh pada penampakan tulisan kita. Terkadang isi pensilnya sendiri ada level HB, B, 2B, dan sebagainya. 


Dengan demikian, hal tersebut perlu diperhatikan juga dalam memilih kekerasan isi pensilnya. Tidak selalu menjadi jaminan bahwa ukuran 0,7 mm itu pasti tebal karena harus dilihat juga level pensilnya apa.

Tips memilih isi pensil mekanik untuk menggambar

Selain untuk menulis, pensil mekanik juga tidak jarang digunakan untuk menggambar. Namun, ada beberapa poin dengan pertimbangan yang berbeda jika Anda ingin memilih isi pensil untuk menggambar. Yang perlu diperhatikan saat memilih isi pensil mekanik untuk menggambar ialah ketebalan dan kekerasan yang sesuai kebutuhan Anda. Berikut ini ulasannya selengkapnya.

Periksalah ketebalan isi pensil sesuai kebutuhan Anda

Sama seperti isi pensil untuk menulis, ukuran isi pensil untuk menggambar juga akan memengaruhi ketebalan goresannya. Untuk menggambar, ukuran isi pensil juga memiliki lebih banyak variasi. Mulai dari ukuran 0,2 mm yang menghasilkan goresan tipis hingga ukuran 0,9 mm yang menghasilkan goresan tebal.
Ukuran 0,4 mm menjadi ukuran yang paling populer untuk menggambar karena memiliki tingkat ketebalan yang pas. Dengan ukuran 0,4 mm, garis yang Anda buat tidak akan terlalu tipis seperti menggunakan isi pensil berukuran 0,3 mm. Lalu, tidak juga menjadi terlalu tebal seperti saat menggunakan ukuran 0,5 mm.

Namun, kebanyakan orang menggunakan beberapa ketebalan saat menggambar dengan pensil mekanik. Untuk goresan tipis, Anda dapat menggunakan isi pensil dengan perpaduan ukuran 0,2 mm, 0,3 mm, dan 0,4 mm. Untuk goresan yang sangat tebal, Anda bisa menggunakan isi pensil dengan ukuran 0,9 mm

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Mengetahui ketebalan isi pensilnya memang krusial untuk orang yang sangat presisi terhadap ketebalan tulisan. Ketebalan isi pensil perlu diperhatikan terlebih lagi jika Anda susah mengontrol tekanan saat menulis, tetapi ingin membuat tebal tulisan yang signifikan. Anda bisa memiliki beberapa pensil yang ketebalannya berbeda supaya pensil bisa memuaskan hati saat dipakai.

Pilihlah tingkat kekerasan yang sesuai kebutuhan Anda

Saat menggambar, meskipun menggunakan isi pensil yang sama, ketebalan goresan dapat diatur dengan mengubah tekanan pensil Anda. Selain ukuran ketebalan, tingkat kekerasan isi pensil juga akan memengaruhi ketebalan goresan warna yang dihasilkan. Tingkat kekerasan isi pensil biasanya ditunjukkan dengan angka dan huruf seperti H atau B. Ada tiga tingkat kekerasan pensil, yaitu lunak, menengah, dan keras.

Isi pensil yang lunak ditunjukkan dengan angka dan huruf B, seperti 2B, 3B, dan sebagainya. Makin tinggi angka yang mendahului huruf B, makin lunak isi pensil. Isi pensil dengan tingkat kekerasan menengah ditunjukkan dengan huruf B, F, HB, dan H dengan tingkat kekerasan yang makin bertambah. Huruf H yang disertai dengan angka menandai isi pensil yang keras, makin tinggi angka menunjukkan makin keras isi pensil.

Berhubung ukuran 0,5 mm paling populer di pasaran, isi pensil dengan ukuran ini banyak dibuat dengan berbagai tingkat kekerasan. Anda dapat menemukan isi pensil berukuran 0,5 mm dengan tingkat kekerasan mulai dari 4H, 3H, 2H, H, F, HB, B, 2B, 3B, hingga 4B.
Di sisi lain, ada pula isi pensil dengan ukuran 0,4 mm yang cocok untuk menggambar sehingga banyak disukai. Karena itu, banyak produsen telah mengembangkan isi pensil berukuran 0,4 mm dengan tingkat kekerasan H, HB, B, dan 2B.
Untuk menggambar, Anda dapat memilih isi pensil dengan tingkat kekerasan H, F, HB, B, dan 2B. Masing-masing tingkat kekerasan akan menghasilkan goresan yang berbeda. Jadi, pastikan Anda memilih isi pensil dengan tingkat kekerasan sesuai dengan kebutuhan menggambar Anda.
Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Jika dipakai terutama untuk sketsa, level kekerasan pensil sangatlah terasa. Karena makin lunak, pensil mudah dipakai untuk shading. Namun, level kekerasan H itu cenderung terkesan crispy saat dipakai. Level kekerasan yang paling umum adalah H, 2B, B, atau HB untuk membuat kontras yang besar baik saat menggambar atau menulis.

10 Rekomendasi isi pensil mekanik terbaik

Sekarang, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi isi pensil mekanik terbaik khusus untuk Anda. Silakan mengacu pada poin-poin memilih di atas dan temukanlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
10
Variasi ukuran ketebalan0,5 mm・0,7 mm・0,9 mm
Variasi tingkat kekerasanHB, 2B
9
Variasi ukuran ketebalan05,mm・0,7 mm
Variasi tingkat kekerasanHB, 2B
8
Variasi ukuran ketebalan0,5 mm
Variasi tingkat kekerasan2B
7

DeliMechanical Pencil Leads

EU67600

Mulai dari Rp 5.000,00

Variasi ukuran ketebalan0,5 mm
Variasi tingkat kekerasan2B
6
Variasi ukuran ketebalan0,7 mm
Variasi tingkat kekerasanTidak disebutkan
5
Variasi ukuran ketebalan0,5 mm
Variasi tingkat kekerasan2H, H, HB, B, 2B
4
Variasi ukuran ketebalan0,5 mm
Variasi tingkat kekerasanTidak disebutkan
3
Variasi ukuran ketebalan0,5 mm
Variasi tingkat kekerasanHB, 2B
2
Variasi ukuran ketebalan0,3 mm
Variasi tingkat kekerasan2B
1
Variasi ukuran ketebalan0,5 mm
Variasi tingkat kekerasanB

Tabel perbandingan produk isi pensil mekanik terbaik

Gambar produk
1
Mitsubishi Uni Kuru Toga Lead 1

Mitsubishi

2
Mitsubishi Uni Nano Dia uni0.3 1

Mitsubishi

3
Pentel Refill Lead Ainstein 1

Pentel

4
Mitsubishi Uni Nano Dia uni0.5(Mix) 1

Mitsubishi

5
Rotring Tikky Hi-Polymer Pencil Lead 1

Rotring

6
Pilot Color Eno Pencil Lead  1

Pilot

7
Deli Mechanical Pencil Leads 1

Deli

8
Joyko Pencil Lead 1

Joyko

9
Faber-Castell Superfine Leads 1

Faber-Castell

10
Lyra Orlow Refill Techno 1

Lyra

Nama produk

Uni Kuru Toga Lead

Uni Nano Dia uni0.3

Refill Lead Ainstein

Uni Nano Dia uni0.5(Mix)

Tikky Hi-Polymer Pencil Lead

Color Eno Pencil Lead

Mechanical Pencil Leads

Pencil Lead

Superfine Leads

Orlow Refill Techno

Keunggulan

Tidak mudah tumpul, menulis pun makin nyaman

Temukan kenyamanan menulis maksimal dengan produk berkualitas

Memiliki kebiasaan memberi tekanan berlebih saat menulis? Ini dia solusinya

Berbagai pilihan warna menarik dalam satu kemasan

Nyaman dipakai di kertas tipis dan kartu yang tebal

Berbagai pilihan warna untuk buku catatan yang tak membosankan

Terobosan baru untuk mengeluarkan isi pensil dengan lebih mudah

Harga murah dengan kualitas yang tidak murahan

Lead yang panjang untuk menulis lebih lama

Penutup dengan lubang kecil, mengeluarkan isi pensil pun tidak akan berceceran

Harga mulai dariRp 46.000,00Rp 31.000,00Rp 7.000,00Rp 46.000,00Rp 16.000,00Rp 21.000,00Rp 5.000,00Rp 2.000,00Rp 6.800,00Rp 4.400,00
Variasi ukuran ketebalan0,5 mm0,3 mm0,5 mm0,5 mm0,5 mm0,7 mm0,5 mm0,5 mm05,mm・0,7 mm0,5 mm・0,7 mm・0,9 mm
Variasi tingkat kekerasanB2BHB, 2BTidak disebutkan2H, H, HB, B, 2BTidak disebutkan2B2BHB, 2BHB, 2B
Tautan produk

Tips dari watercolorist, illustrator, sekaligus abstract artist, Karina Doniho

Tips dari watercolorist, illustrator, sekaligus abstract artist, Karina Doniho

Ada isi pensil yang mudah habis, ada yang mudah patah. Ada yang kesannya tahan lama, ada yang variasi ketebalan sampai panjangnya pun bermacam-macam. Menurut saya, ada keuntungan saat menggunakan isi pensil dengan merek tertentu tetapi pensil mekaniknya berbeda. Kita bisa menemukan kombinasi yang nyaman dan cocok. 


Saya sendiri orangnya tidak picky. Asalkan isi pensil cukup kuat, gampang dihapus, dan cukup tebal, saya akan beli isi pensil tersebut. Dari dulu saya selalu pakai ukuran 0,5 mm dan untuk kekerasannya paling sering 2B karena paling mudah dicari.

Baca juga rekomendasi produk pensil dan alat tulis lainnya di sini

Selain isi pensil mekanik, mungkin Anda juga sedang mencari produk alat tulis yang nyaman untuk Anda gunakan. Tidak perlu bingung, kami pun sudah menyiapkan artikel mengenai alat tulis untuk keperluan belajar atau bekerja. Penasaran bagaimana cara memilihnya serta apa saja produk rekomendasi kami? Simak informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Kami sudah memberikan rekomendasi isi pensil terbaik kepada Anda. Sudahkah Anda menemukan produk yang sesuai kebutuhan Anda? Dalam memilih isi pensil, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tujuan dan kebutuhan Anda.
Setiap jenis isi pensil akan menghasilkan goresan yang berbeda sehingga fungsinya pun dapat beragam. Kali ini, kami telah mengulas cara memilih isi pensil untuk menulis dan menggambar. Silakan jadikan artikel kami sebagai referensi bagi Anda dalam mencari produk. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pulpen merupakan alat tulis yang biasa digunakan sehari-hari. Berbagai variasi tinta, seperti tinta gel, tinta berbasis air dan berbasis minyak, bahkan tinta yang dapat dihapus, telah banyak beredar di pasaran. Produknya pun beragam mulai dari yang biasa hingga mewah.Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih pulpen untuk berbagai keperluan. Beragam produk pilihan bermerek Faber Castell atau PILOT yang umum digunakan, serta merek PARKER yang elegan pun akan kami ulas pada rekomendasi produk.
    Alat tulis
  • 10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Berbagai merek pensil warna ternama, seperti Faber-Castell, Staedtler, dan Joyko mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pensil warna terbaik?Kali ini kami akan membagikan tips memilih pensil warna yang bagus. Tidak ketinggalan, rekomendasi produk-produk terbaik juga akan kami berikan setelahnya. Ada juga komentar dari illustrator kami, Karina Doniho, untuk menambah wawasan Anda tentang pensil warna. Pilihlah dengan cermat produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pulpen gel merupakan alat tulis yang tintanya terbuat dari gel. Keistimewaan pulpen ini adalah warna tintanya yang bervariasi sehingga dapat digunakan untuk berbagai kreativitas penggunanya. Kini terdapat banyak pilihan merek pulpen gel, mulai dari warna hitam, putih, sampai warna-warni yang menarik.Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips cara memilih pulpen gel terbaik. Berbagai merek pulpen gel yang bagus juga ada dalam rekomendasi kami, seperti Kenko, Pilot, Zebra, Joyko, dan Pentel. Mari simak informasinya dan temukan pulpen gel yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menarik untuk diketahui, lem kertas tak hanya tersedia dalam bentuk cair, lho. Kini, Anda dapat menemukan jenis lem kertas yang sangat mudah dipakai dan dibawa ke mana saja. Anda pun dapat menemukan lem kertas berukuran mini atau berbentuk pulpen yang dapat disimpan di dalam kantong!Dengan makin banyaknya pilihan, Anda pun bisa lebih leluasa menjatuhkan pilihan. Selain UHU dan Deli, ada merek-merek lain yang bagus dengan berbagai kelebihan untuk digunakan. Temukan produk terbaik dengan berpedoman pada cara memilih lem kertas yang telah kami susun untuk Anda.
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Spidol Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Spidol Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda pernah melihat guru atau dosen menerangkan di depan kelas sambil membawa spidol? Spidol memang biasa digunakan untuk menulis di papan tulis atau whiteboard. Namun, ternyata spidol memiliki beragam jenis dengan fungsi yang berbeda.Agar Anda tidak salah membeli, kali ini kami akan memberikan tips memilih spidol yang tepat sesuai kebutuhan. Ulasan mengenai produk-produk terbaik juga akan kami bagikan. Anda dapat memilih spidol dari merek Snowman, Joyko, atau Faber-Castell. Jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Alat tulis
  • 10 Penghapus Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    10 Penghapus Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    Dari sekian banyak jenis alat tulis, penghapus termasuk peralatan yang wajib dimiliki. Selain untuk pensil, ada juga penghapus yang mampu menghapus tinta bolpoin. Banyaknya produk yang beragam mungkin membuat Anda bingung dalam menentukan pilihan.Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan kepada Anda cara memilih penghapus yang bagus. Produk-produk terbaik dari merek ternama, seperti Faber-Castell, Swordfish, Joyko, dan Staedtler juga akan kami ulas di bawah ini. Dalam artikel ini, kami juga berkolaborasi dengan illustrator, Karina Doniho. Jadi, jangan lewatkan pembahasan lengkapnya, ya!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Drawing Pen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Drawing Pen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Drawing pen adalah jenis pulpen yang digunakan untuk membuat garis utama pada sebuah gambar. Dengan karakteristik tintanya yang pekat, drawing pen mampu menghasilkan garis yang rapi dan konsisten. Dengan keunggulannya, drawing pen biasa digunakan oleh para insinyur, arsitek, sampai seniman komik. Ada beragam merek drawing pen yang bagus di pasaran. Agar tak salah pilih, kami akan memaparkan cara memilih drawing pen terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti SNOWMAN, Joyko, Faber-Castell, dan lainnya. Simak, terus!
    Alat tulis
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori