mybest
Kompas

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Perlengkapan outdoor
  4. 10 Kompas Penunjuk Arah Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Kompas Penunjuk Arah Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Kompas Penunjuk Arah Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Kompas Penunjuk Arah Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Kompas Penunjuk Arah Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Kompas Penunjuk Arah Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Kompas Penunjuk Arah Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2024)

Saat Anda sedang hiking atau pergi ke daerah yang belum banyak terjamah oleh manusia, terkadang Anda membutuhkan kompas. Anda bisa mengetahui arah mata angin dan membaca peta dengan baik menggunakan kompas. Ada juga orang yang memanfaatkan kompas untuk mencari tahu feng shui atau menentukan arah kiblat.

Ada beberapa merek kompas yang bagus dan populer di pasaran, seperti EIGERCelestron, dan Suunto. Kali ini kami akan memberikan tips memilih kompas dan merekomendasikan sepuluh kompas terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Simak dengan baik, ya!

Diperbaharui 14/07/2023
Adlai Yulianus
Pakar
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo). Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Profil Adlai Yulianus
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Cara memilih kompas penunjuk arah

Meski banyak kompas yang bisa dibeli dengan harga terjangkau, belum tentu kompas tersebut memiliki standar yang baik. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara memilih kompas terlebih dahulu sebelum membelinya. Berikut ini adalah beberapa poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kompas. Jangan sampai salah pilih, ya!

1

Kenali jenis kompas dari jarum magnet, kompas digital, magnet kering, atau magnet basah

Ada tiga macam jenis kompas yang diketahui secara umum, yakni kompas magnet basah, magnet kering, dan digital. Setiap jenis kompas ini memiliki rentang harga dan keunggulan masing-masing. Oleh sebab itu, pastikan dahulu karakteristik tiap jenisnya.

Kompas magnet basah, jarum kompasnya lebih stabil berkat penggunaan cairan di dalam kompas

Kompas magnet basah, jarum kompasnya lebih stabil berkat penggunaan cairan di dalam kompas
Kompas magnet basah umumnya memakai minyak atau cairan di dalamnya. Karena lebih sering menggunakan minyak, kompas jenis magnet basah ini sering disebut juga kompas minyak. Penggunaan cairan di dalam kompas membuat jarum kompas tidak terguncang dan stabil. Karena itu, Anda bisa dengan segera mengetahui arah mata angin saat membutuhkannya.


Namun, kekentalan cairan di dalam kompas bisa berubah tergantung pada suhu di sekitar Anda. Suhu yang terlalu dingin bisa membuat cairan membeku. Karena memiliki keterbatasan terhadap suhu, Anda tidak selalu dapat menggunakan kompas ini. Jika Anda berencana camping di tempat yang sangat dingin, hindarilah pemakaian kompas jenis magnet basah.

Kompas magnet kering, bisa dibawa ke mana saja karena tidak terpengaruh oleh suhu lingkungan

Kompas magnet kering, bisa dibawa ke mana saja karena tidak terpengaruh oleh suhu lingkungan

Kompas jenis magnet kering tidak memakai cairan di dalamnya. Jarum kompas disokong oleh pin yang membuatnya dapat berputar dengan bebas. Kompas jenis ini merupakan yang paling sering ditemukan dan harganya pun tidak terlalu mahal. Meski tergolong tradisional, kompas magnet kering merupakan pelopor kompas yang sudah digunakan sejak dahulu, terutama di kapal laut.


Jika dibandingkan kompas magnet basah, Anda akan lebih sulit menentukan arah saat menggunakan kompas ini. Pasalnya, jarum kompas jenis ini lebih mudah berputar dan cenderung kurang stabil. Namun, kompas jenis magnet kering ini tidak terpengaruh oleh suhu lingkungan karena tidak ada cairan di dalamnya. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakannya pada berbagai medan perjalanan.

Kompas digital, lebih informatif dan mudah digunakan

Kompas digital, lebih informatif dan mudah digunakan

Kompas digital tidak memakai magnet untuk mendeteksi medan magnetis bumi, tetapi memakai sensor yang ada di dalam perangkatnya. Dewasa ini sudah banyak pula ponsel pintar yang telah dilengkapi dengan kompas digital ini. Keunggulan kompas ini adalah tampilan yang mudah dipahami dan mudah digunakan.


Namun, kompas digital tidak bisa dipakai jika baterainya habis. Kompas ini juga biasanya perlu terhubung dengan sinyal GPS agar akurasinya lebih tepat. Jika sinyal GPS terhalang, ada kemungkinan arah yang ditunjuk tidak atau kurang akurat. Apabila Anda membutuhkan kompas untuk waktu yang lama dan tidak dapat mengisi daya baterainya, jangan gunakan kompas jenis digital.

2

Untuk kompas magnet basah dan kering, cari yang modelnya pas dengan kebutuhan Anda

Baik kompas magnet basah maupun kering, keduanya memiliki model yang beragam. Ada tiga macam model umum kompas jenis ini. Pilihlah model kompas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk penggunaan harian seperti membaca kiblat, kompas biasa bisa dipilih

Untuk penggunaan harian seperti membaca kiblat, kompas biasa bisa dipilih
Inilah kompas simpel yang paling sering dijumpai. Meski akurasinya tidak setinggi kompas baseplate dan lensatic, Anda bisa mendapatkan kompas ini dengan harga terjangkau. Selain itu, kompas ini juga cukup memenuhi kebutuhan untuk mengetahui arah mata angin ataupun kiblat di rumah Anda. Terlebih, ada juga yang menggunakannya untuk membaca feng shui saat membangun rumah.


Kompasini juga bisa dibawa dengan praktis. Anda bisa menjadikannya gantungan kunci atau memakainya seperti kalung. Namun, untuk menghadapi hal yang tidak terduga, saat naik gunung misalnya, sebaiknya Anda membawa kompas baseplate atau lensatic.

Untuk aktivitas outdoor, kompas baseplate dan lensatic lebih akurat

Untuk aktivitas outdoor, kompas baseplate dan lensatic lebih akurat
Apabila Anda mencari kompas yang memiliki keakuratan lebih tinggi, pilihlah jenis baseplate ataupun lensatic. Kompas baseplate mempunyai capsule ring yang dapat berputar dengan skala 360 derajat sehingga mampu menunjukkan arah dengan akurat. Anda juga dapat menghitung jarak tempat tujuan Anda di peta dengan skala yang tertulis di papan kompas ini. 

Sementara itu, adanya lubang kecil di bagian penutup kompas lensatic membuat Anda dapat melihat arah dengan akurat. Lensanya dapat digunakan untuk melihat skala kecil yang tertulis dalam kompas. Dengan menggunakan kompas lensatic atau kompas bidik, Anda bisa segera mengetahui posisi saat tersesat di gunung. Meskipun demikian, kompas ini sedikit sulit dipakai jika belum terbiasa.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi kompas penunjuk arah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kompas penunjuk arah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

EIGER

NAVIGATOR COMPASS

EIGER NAVIGATOR COMPASS  1

Rp139.000

Menengah

Cerminnya membuat Anda bisa membaca peta dengan lebih cepat dan akurat

2

Kompas Stainless Steel

 Kompas Stainless Steel 1

Rp19.900

Lebih Murah

Penunjuk arah sederhana yang serbaguna!

3

Celestron

Elements TrekGuide48006

Celestron Elements TrekGuide 1

Rp538.000

Agak Mahal

Informasi penting saat bertualang bisa Anda dapatkan dalam satu sentuhan jari!

4

Suunto

360R G CompassKB-14

Suunto 360R G Compass 1

Rp2.433.000

Lebih Mahal

Tingkat akurasi tinggi dan kestabilannya sangat memudahkan para profesional!

5

Coghlan's

Wrist Compass8652

Coghlan's Wrist Compass 1

Rp59.000

Menengah

Dipasang di tangan, lebih praktis dan mudah dilihat

6

ALTIMETER

8 in 1 Multifunction Digital Compass

ALTIMETER 8 in 1 Multifunction Digital Compass 1

Rp239.000

Agak Mahal

Mulai dari mencari arah hingga meramal cuaca, semua dalam satu alat!

7

Coghlan's

Four Functions Whistle0044

Coghlan's Four Functions Whistle 1

Rp79.000

Menengah

Peluit komplet yang dilengkapi kompas, termometer, dan lup!

8

Outdoor Indonesia

Kompas Militer Portable000446

Outdoor Indonesia Kompas Militer Portable 1

Rp40.000

Agak Murah

Kompas berbahan metal yang tahan benturan

9

Naturehike

Folding Directional CompassNH19ZN003

Naturehike Folding Directional Compass 1

Rp76.000

Menengah

Membaca peta dengan lebih akurat, tidak lagi takut tersesat!

10

NOVUS

Lensatic CompassDC45-3A

NOVUS Lensatic Compass 1

Rp62.200

Menengah

Tampilannya mewah berkat balutan warna keemasan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

EIGERNAVIGATOR COMPASS

NAVIGATOR COMPASS  1
Sumber: eigeradventure.com
Harga referensi
Rp139.000
Menengah
Harga referensi
Rp139.000
Menengah

Cerminnya membuat Anda bisa membaca peta dengan lebih cepat dan akurat

Kelebihan:

  • Lebih compact dan mudah dibawa karena penutupnya dapat dilipat
  • Mempunyai jarum magnet yang bisa bercahaya dalam keadaan gelap atau malam hari

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk pemula karena penggunaannya cukup rumit 

EIGER memang terkenal sebagai salah satu produsen alat outdoor lokal berkualitas. Kompas baseplate populer dari EIGER ini akan sangat membantu untuk Anda yang ingin melakukan ekspedisi dengan medan menantang.

Dengan adanya cermin, Anda bisa bergerak ke lokasi yang ingin Anda tuju sekaligus melihat ke arah kompas tanpa perlu berhenti. Dengan begitu, hasil yang ditunjukkan jadi lebih akurat dan cepat. Kompas bidik terbaik ini juga sudah dilengkapi dengan kaca pembesar dan skala standar.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Kompas Stainless Steel

Harga referensi
Rp19.900
Lebih Murah

Penunjuk arah sederhana yang serbaguna!

Kelebihan:
  • Ukurannya kecil, mudah diletakkan di saku celana atau baju

Kekurangan:

  • Tidak memiliki tali sehingga tidak bisa digantungkan di leher


Jika Anda mencari kompas sederhana dengan harga yang terjangkau, Anda bisa memiliki kompas yang satu ini. Kompas ini sangat bernuansa oriental karena ditulis dengan huruf kanji dan dikelilingi nama shio dalam bahasa Mandarin. Anda bisa menggunakannya untuk mencari arah mata angin, menyesuaikan feng shui, ataupun mencari arah kiblat.

No.3

CelestronElements TrekGuide48006

Harga referensi
Rp538.000
Agak Mahal

Informasi penting saat bertualang bisa Anda dapatkan dalam satu sentuhan jari!

Kelebihan:
  • Kompas digital ini memiliki tampilan yang mudah dipahami
  • Dilengkapi dengan tali agar tidak mudah jatuh dan mudah dibawa-bawa
  • Mempunyai garansi 2 tahun

Kekurangan:

  • Anda perlu membeli dua baterai ACR2032 lithium secara terpisah

Jika Anda menyukai kepraktisan, Anda bisa mencoba kompas digital ini. Kompas ini memiliki banyak fitur dan lebih praktis dibandingkan kompas konvensional. Bobotnya yang ringan dan fiturnya yang beragam membuat kompas ini bisa diandalkan saat trekking atau trail running.


Selain kompas, produk dari Celestron ini ini juga dilengkapi altimeter, barometer, dan termometer. Dengan kompas ini, arah dan prakiraan cuaca akan makin pasti saat berkegiatan di alam bebas. 

No.4

Suunto360R G CompassKB-14

Harga referensi
Rp2.433.000
Lebih Mahal

Tingkat akurasi tinggi dan kestabilannya sangat memudahkan para profesional!

Kelebihan:
  • Memiliki garansi 2 tahun
  • Sudah dilengkapi dengan pouch khusus untuk meletakkan kompas agar tidak mudah hilang

Kekurangan:

  • Karena memiliki warna terang, produk akan mudah kotor jika terkena noda atau goresan

Apakah Anda seorang praktisi yang sedang mencari kompas dengan presisi yang tinggi? Anda bisa memilih Suunto KB-14/360R G Compass yang memang dirancang untuk para profesional, seperti geolog dan ahli kartografi. Kompas ini memiliki kemampuan untuk bisa menentukan arah dengan cepat dan memiliki akurasi yang tinggi.


Di dalam kapsulnya terdapat cairan yang membantu kestabilan kerja kompas. Dengan kompas yang stabil, Anda jadi lebih mudah membaca angka atau arah yang ditunjukkan kompas. Harganya sebanding dengan kualitas yang Anda dapatkan.
No.5

Coghlan'sWrist Compass8652

Harga referensi
Rp59.000
Menengah

Dipasang di tangan, lebih praktis dan mudah dilihat

Kelebihan:

  • Panjang strap-nya dapat disesuaikan dengan lingkar tangan Anda sehingga tak akan mudah lepas
  • Jarumnya dapat menyala dalam gelap

Kekurangan:

  • Ukuran tulisannya kecil sehingga mungkin susah dilihat oleh orang tua

Apakah Anda mencari alat penunjuk arah yang praktis dan mudah dilihat? Kalau iya, pilih saja produk yang satu ini. Seperti namanya, Wrist Compass ini merupakan kompas dengan strap berbahan velcro yang dapat dipasang di tangan. Oleh karena itu, Anda dapat selalu melihat kompas tanpa perlu repot-repot memegangnya. Tangan Anda pun dapat digunakan untuk keperluan lain, deh!

No.6

ALTIMETER8 in 1 Multifunction Digital Compass

Harga referensi
Rp239.000
Agak Mahal

Mulai dari mencari arah hingga meramal cuaca, semua dalam satu alat!

Kelebihan:
  • Sudah dilengkapi dengan tali lanyard dan dua baterai AAA 
  • Terdapat pengaturan kalender dan jam dengan format 12 jam atau 24 jam yang dapat disesuaikan dengan kenyamanan

Kekurangan:

  • Memerlukan baterai cadangan agar produk ini tetap bisa digunakan saat berkegiatan di outdoor

Kompas digital ini memiliki delapan fitur yang dapat menunjang kegiatan outdoor Anda. Beberapa fitur, di antaranya adalah kompas, altimeter, barometer, dan weather forecast. Dengan alat ini, Anda bisa mengetahui mulai dari arah mata angin sampai memprediksi kemungkinan cuaca buruk atau badai.


Adanya alat ini membuat kegiatan outdoor yang Anda lakukan menjadi lebih aman dan Anda tidak mudah tersesat. Produk ini perlu dimiliki oleh orang yang aktif melakukan kegiatan outdoor, seperti pemandu gunung atau atlet olahraga ekstrem. 
No.7

Coghlan'sFour Functions Whistle0044

Harga referensi
Rp79.000
Menengah

Peluit komplet yang dilengkapi kompas, termometer, dan lup!

Kelebihan:

  • Mempunyai detail klip sehingga Anda bisa menjepitnya di ikat pinggang, lanyard, atau tas
  • Dilengkapi kaca pembesar yang berguna untuk membaca peta atau melihat detail sesuatu


Kekurangan:

  • Dibuat dari bahan plastik sehingga rentan pecah jika terbentur benda berat atau tajam


Coghlan's Four Functions Whistle adalah produk peluit yang dilengkapi dengan kompas, termometer, dan kaca pembesar. Dengan membawa peluit ini, Anda akan sangat terbantu saat mengalami keadaan darurat, seperti terpisah dari rombongan atau tersesat.


Kompas kecil yang terdapat di peluit ini cukup untuk membantu mencari arah mata angin saat Anda bertualang. Ukurannya yang kecil dan disertai dengan gantungan kunci pun membuatnya mudah untuk Anda bawa ke mana saja. Jika Anda mencari kompas yang kecil, praktis, dan multifungsi, pilihlah produk ini!
No.8

Outdoor IndonesiaKompas Militer Portable000446

Harga referensi
Rp40.000
Agak Murah

Kompas berbahan metal yang tahan benturan

Kelebihan:

  • Memiliki akurasi sekitar 90–97%

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi klip atau tali sehingga tidak dapat diselipkan di baju atau dikalungkan di leher 

Pilihlah produk keluaran Outdoor Indonesia ini apabila Anda mencari kompas yang tak mudah lecet dan rusak. Pasalnya, lensatic compass ini dibuat dari bahan mental yang diklaim awet meskipun terbentur ataupun terjatuh. Karena memiliki desain yang compact dan portable, Anda pun dapat menyimpan kompas ini di saku celana.

No.9

NaturehikeFolding Directional CompassNH19ZN003

Harga referensi
Rp76.000
Menengah

Membaca peta dengan lebih akurat, tidak lagi takut tersesat!

Kelebihan:
  • Sudah dilengkapi tali panjang yang memudahkan Anda untuk menggantungkannya di leher
  • Terdapat buku panduan untuk cara penggunaannya

Kekurangan:

  • Sesuai dengan fungsinya, kompas ini perlu Anda lengkapi dengan peta topografi

Jika Anda tergabung dalam kegiatan pramuka atau klub pencinta alam, ada baiknya Anda mencoba kompas ini. Kompas baseplate sekaligus lensatic dari Naturehike ini berguna untuk Anda yang akan menjelajahi hutan ataupun gunung. Anda bisa menghitung jarak sesungguhnya melalui peta dan memperkirakan arah dengan lebih akurat.


Ukurannya yang hanya sebesar genggaman tangan dan bisa dilipat kecil menjadikan kompas ini praktis dibawa. Terlebih, Anda bisa memasukkannya ke dalam saku atau memakainya seperti kalung. Dari segi penggunaannya, kompas ini sangat membantu bagi Anda yang sudah berpengalaman menjelajah alam. 
No.10

NOVUSLensatic CompassDC45-3A

Harga referensi
Rp62.200
Menengah

Tampilannya mewah berkat balutan warna keemasan

Kelebihan:

  • Produknya dapat dilipat dan memiliki ukuran kecil sehingga sangat cocok untuk dibawa ke mana-mana

Kekurangan:

  • Informasi mengenai ukuran tidak dijelaskan secara detail

Mantapkan pilihan Anda pada produk keluaran NOVUS ini apabila Anda juga mengutamakan tampilan kompas. Lensatic Compass ini memiliki bentuk bulat dengan balutan warna keemasan. Tampilan tersebut membuat produk ini tampak mewah dan menawan. Tak hanya sebagai penunjuk arah, kompas ini pun cocok dijadikan penghias meja kerja, lho. 

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Pada zaman sekarang ini kompas digital memang sangat membantu dari segi akurasinya karena sudah terhubung dengan GPS. Selain itu, kompas digital dan sudah terintegrasi dengan peta digital sekaligus.


Namun, alangkah baiknya jika Anda memiliki dan bisa menggunakan kompas analog serta peta yang sesuai. Hal ini karena semua yang bersifat digital tentunya memerlukan daya listrik, baterai, dan sinyal-sinyal navigasi pembantu.

Baca juga rekomendasi produk untuk mendukung kegiatan outdoor lainnya di sini

Selain kompas, ada beberapa alat lagi yang sangat berguna untuk mendukung kegiatan outdoor yang Anda lakukan. Sebagai contoh, multi tools, kapak, dan emergency blanket. Alat-alat ini bisa membantu Anda untuk menghadapi situasi darurat di alam bebas. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa membaca artikelnya di sini!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, bagaimana menurut Anda? Ada macam-macam kompas dan model kompas seperti yang telah kami perkenalkan sebelumnya. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.


Berbagai produk kompas dirancang khusus untuk memudahkan Anda dalam pencarian arah dan bisa disesuaikan dengan style masing-masing. Saat bertualang, selalu bawa kompas akurat Anda agar tidak tersesat di perjalanan, ya!

5 Rekomendasi Kompas Penunjuk Arah terbaik

No. 1: EIGERNAVIGATOR COMPASS

No. 2: Kompas Stainless Steel

No. 3: CelestronElements TrekGuide48006

No. 4: Suunto360R G CompassKB-14

No. 5: Coghlan'sWrist Compass8652

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Perlengkapan outdoor
  4. 10 Kompas Penunjuk Arah Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.