10 Rekomendasi Kompas Penunjuk Arah Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kompas Penunjuk Arah Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Pada saat Anda sedang hiking atau mengunjungi tempat yang belum banyak terjamah orang, kompas bisa menjadi teman petualangan yang bisa Anda andalkan. Anda bisa mengetahui arah mata angin dan membaca peta dengan baik. Selain itu, ada juga orang yang memanfaatkan kompas baik untuk fengsui maupun mencari arah kiblat.

Meskipun begitu, banyaknya pilihan kompas sering kali membuat kita bingung dalam memilihnya. Apalagi dengan banyaknya merek yang populer, seperti Eiger, Silva, Hewolf, Naturehike, dan sebagainya. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan tips mengenai cara memilih kompas dan merekomendasikan sepuluh kompas terbaik untuk Anda.

Daftar isi

Cara memilih kompas

Meskipun banyak kompas yang bisa dibeli dengan harga murah, belum tentu kompas tersebut memiliki standar yang baik. Selain itu, kita juga harus memastikan dahulu kegunaannya.

Berikut ini adalah beberapa poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kompas. Jangan sampai salah pilih ya!

Pilihlah jenis kompasnya

Ada tiga macam jenis kompas, yaitu liquid, dry, dan digital. Masing-masing memiliki rentang harga dan keunggulannya masing-masing. Jadi, pastikan dahulu karakteristik tiap jenisnya.

Kompas liquid, jarum kompas lebih stabil

Kompas liquid, jarum kompas lebih stabil

Kompas jenis liquid memakai minyak atau cairan di dalamnya. Produk ini sering disebut juga kompas minyak karena kebanyakan kompas jenis liquid memakai minyak. Penggunaan cairan di dalam kompas membuat jarum kompas tidak terguncang dan stabil. Oleh karena itu, Anda bisa dengan segera mengetahui arah mata angin saat Anda membutuhkan.

Namun, kekentalan cairan di dalam kompas bisa berubah tergantung suhu di sekitar Anda. Suhu yang terlalu dingin bisa membuat cairan tersebut membeku. Hal ini menjadikan kompas jenis ini memiliki keterbatasan terhadap suhu. Apabila Anda berencana untuk camping di tempat yang sangat dingin, sebaiknya Anda menghindari pemakaian kompas jenis liquid.

Kompas dry, bisa dibawa ke mana saja

Kompas dry, bisa dibawa ke mana saja

Kompas jenis ini tidak memakai cairan di dalamnya. Jarum kompas disokong oleh pin yang membuatnya dapat berputar dengan bebas. Kompas jenis ini merupakan yang paling sering ditemukan dan harganya pun tidak mahal.

Jika dibandingkan dengan kompas jenis liquid, jarum kompasnya mudah goyang sehingga sulit untuk memastikan arah mata angin. Akan tetapi, karena tidak memakai cairan di dalamnya, kompas jenis ini dapat digunakan di mana pun tanpa perlu takut terkendala oleh suhu.

Kompas digital, mudah dipahami dan digunakan

Kompas digital, mudah dipahami dan digunakan

Kompas ini tidak memakai magnet untuk mendeteksi medan magnetis bumi, tetapi memakai sensor yang ada di dalam perangkatnya. Dewasa ini, sudah banyak pula smartphone yang dilengkapi dengan kompas digital ini.

Keunggulan kompas ini adalah tampilan yang mudah dipahami dan mudah digunakan. Kekurangannya hanyalah tidak bisa digunakan jika baterainya habis. Apabila Anda akan menggunakannya untuk waktu yang lama di mana Anda tidak bisa mengisi atau mengganti baterai, sebaiknya Anda tidak membawa kompas jenis ini.

Pilihlah model kompasnya

Baik kompas liquid maupun dry, masing-masing memiliki modelnya sendiri-sendiri. Ada tiga macam model dasar kompas tipe ini. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kompas biasa, praktis dan mudah digunakan

Kompas biasa, praktis dan mudah digunakan

Inilah kompas simpel yang paling sering dijumpai. Meskipun akurasinya tidak setinggi kompas baseplate dan lensatic, Anda bisa mendapatkan kompas ini dengan harga yang terjangkau. Selain itu, kompas ini juga cukup untuk memenuhi kebutuhan fengsui baik di rumah Anda maupun untuk pencarian arah kiblat.

Membawanya juga sangat praktis. Anda bisa menjadikannya gantungan kunci atau memakainya seperti kalung. Namun, untuk menghadapi hal yang tidak terduga, saat naik gunung misalnya, sebaiknya Anda membawa kompas baseplate atau lensatic.

Kompas baseplate, membaca peta dengan lebih akurat

Kompas baseplate, membaca peta dengan lebih akurat

Kompas baseplate merupakan kompas yang diletakkan di atas papan berskala yang transparan. Sering disebut juga sebagai map compass, kompas ini paling sering digunakan saat naik gunung atau trekking.

Terdapat capsule ring yang dapat berputar dengan skala 360 derajat. Dengan ini, Anda dapat mengetahui arah tujuan Anda dengan sangat akurat. Selain itu, karena alasnya transparan, Anda dapat meletakkannya di atas peta. Anda juga dapat menghitung jarak tempat tujuan Anda di peta dengan skala yang tertulis di papan kompas ini.

Kompas lensatic, mendapatkan arah tujuan dengan lebih akurat

Kompas lensatic, mendapatkan arah tujuan dengan lebih akurat

Sering disebut juga dengan lensa bidik, salah satu karakteristik kompas lensatic adalah dilengkapi dengan lensa pembesar dan penutup. Ada lubang kecil yang berada di bagian penutup tersebut. Dengan melihat tujuan Anda dari lubang ini, Anda akan mendapatkan arah tujuan yang sangat akurat. Lensa yang terdapat di kompas ini digunakan untuk melihat skala kecil yang tertulis dalam kompas untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Pemakaian lensatic compass sebelumnya hanya ditujukan untuk kegiatan militer saja, tetapi sekarang sudah banyak digunakan untuk berbagai macam aktivitas di luar ruangan. Meskipun sedikit sulit untuk memakainya apabila belum terbiasa, kompas ini memiliki kemampuan yang luar biasa untuk bisa dengan segera mengetahui posisi saat Anda tersesat di gunung.

10 Rekomendasi kompas penunjuk arah terbaik

Berikut ini adalah sepuluh kompas penunjuk arah terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Dengan mempertimbangkan poin-poin di atas, pilihlah kompas yang cocok dengan kebutuhan Anda. Selamat memilih!

10. Kompas Stainless Steel

10. Kompas Stainless Steel

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 24.900

Penunjuk arah sederhana yang bisa Anda gunakan di luar ataupun di dalam ruangan!

Apabila Anda sedang mencari kompas yang sederhana, Anda bisa mencoba kompas yang satu ini. Kompas berjenis dry ini bisa Anda gunakan untuk keperluan baik di luar ruangan maupun dalam ruangan. Anda bisa membawanya untuk mencari arah saat mendaki gunung, mencari arah dalam ruangan untuk menyesuaikan fengsui, atau mencari arah kiblat bagi Anda yang muslim.

Meskipun terbilang kompas yang sederhana, tingkat ketelitian penunjuk arahnya termasuk tinggi yaitu mencapai 360 derajat. Selain itu, penunjuk arah mata angin ditulis dengan huruf kanji dan dikelilingi dengan nama-nama shio dalam aksara Tiongkok yang menambah nuansa oriental. Bahannya menggunakan stainless steel tahan karat menjadikan kompas ini awet dan tahan lama. Harganya yang murah juga patut Anda jadikan pertimbangan.

9.  Eiger Four Functions Whistle – Grey

9.  Eiger Four Functions Whistle - Grey

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 95.000

Peluit serbaguna, praktis dan mudah dibawa!

Merek Eiger memang terkenal sebagai salah satu brand perlengkapan yang fokus pada kegiatan outdoor. Banyak inovasi yang diberikan oleh brand ternama ini. Salah satunya adalah peluit yang dilengkapi dengan kompas, termometer, dan kaca pembesar ini. Kompas kecil yang terdapat di peluit ini berjenis liquid dengan detail sampai 36 arah, cukup untuk membantu mencari arah mata angin saat Anda bertualang.

Bersama peluit serbaguna ini, Anda tak perlu khawatir jika terjadi hal-hal darurat pada petualangan Anda. Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur dalam peluit ini untuk mencari arah, mengukur suhu, dan memberi tanda kepada orang lain dengan peluit itu sendiri. Ukurannya yang kecil dan disertai dengan gantungan kunci pun membuatnya mudah untuk Anda bawa ke mana saja.

8. Celestron TrekGuide Lite

8. Celestron TrekGuide Lite

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 415.000

Kompas modern yang mungil, praktis untuk dibawa ke mana saja!

Bagi Anda yang bosan dengan kompas konvensional, Anda bisa mencoba kompas digital yang satu ini. Salah satu kelebihan kompas digital dibandingkan dengan kompas konvensional adalah fungsi tambahan yang terdapat di dalam alat yang sama. Kompas TrekGuide Lite dari Celestron ini yang juga dilengkapi dengan termometer dan penunjuk waktu.

Kompas digital ini memiliki tampilan yang sangat mudah dipahami. Anda dapat melihat arah mata angin dan sudutnya melalui layarnya yang hitam putih. Ukurannya hanya sebesar 54 mm x 103 mm x 15 mm dan beratnya sekitar 70 gram saja. Ukuran mini dan bobot yang ringan membuatnya praktis dipakai di luar ruangan. Meskipun begitu, Anda juga tetap bisa menggunakannya di dalam ruangan untuk keperluan lainnya.

7. Nature-hike Survival Outdoor Compass

7. Nature-hike Survival Outdoor Compass

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 74.700

Membaca peta dengan lebih akurat, tidak lagi takut tersesat!

Apabila Anda tergabung dalam kegiatan pramuka atau klub pencinta alam, ada baiknya Anda mencoba kompas yang satu ini. Kompas baseplate dari Nature-hike ini cocok untuk Anda yang akan menjelajahi baik hutan maupun gunung dengan menggunakan peta. Anda bisa menghitung jarak real di peta dan memperkirakan arah tujuan dengan lebih akurat.

Ukurannya yang hanya sebesar genggaman tangan menjadikan kompas ini sangat praktis untuk dibawa. Anda bisa memasukkannya ke dalam saku atau memakainya seperti kalung. Dari segi ukuran ataupun kegunaan, kompas ini sangat cocok bagi penjelajah yang masih pemula dan juga yang sudah profesional.

6. Digilife Altimeter Compass Barometer 8 IN 1 Tipe DA8

6. Digilife Altimeter Compass Barometer 8 IN 1 Tipe DA8

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 196.000

Mudah mencari arah, mengukur ketinggian, dan meramal cuaca, semua dalam satu alat!

Kompas digital serbaguna keluaran Digilife ini memiliki delapan fitur yang Anda butuhkan untuk survival. Kedelapan fitur tersebut adalah kompas, barometer, altimeter, termometer, ramalan cuaca, penunjuk jam, kalender, dan backlight. Cukup dengan membawa alat ini, Anda bisa mengetahui mulai dari arah mata angin sampai memprediksi kemungkinan datangnya badai!

Kompas digital ini sangat cocok untuk dibawa saat Anda sedang beraktivitas outdoor, termasuk jika Anda ingin mendaki gunung atau camping. Hanya saja, tingkat akurasi kompas digital tentunya tidak akan seakurat kompas lensatic dan baseplate. Selain itu, sebaiknya jangan lupa untuk membawa baterai cadangan jika Anda akan menggunakannya dalam waktu yang cukup lama.

5. Hewolf Pocket Compass

5. Hewolf Pocket Compass

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 80.500

Kompas antik yang bisa menyala dalam gelap, tak perlu khawatir berjalan pada malam hari!

Bagi Anda yang sedang mencari kompas dan juga menyukai model barang-barang yang terlihat antik, Anda patut mencoba kompas saku dari Hewolf ini. Kompas yang berukuran 5 cm x 5 cm x 1,6 cm ini sangat pas dalam genggaman tangan. Cangkang kompasnya terbuat dari tembaga dengan warna golden brass dan bentuknya yang antik khas abad pertengahan Eropa cocok bagi penyuka gaya vintage.

Jarum kompas memiliki tingkat sensitivitas dan kestabilan yang tinggi. Selain itu, ditambah lagi dengan fitur tahan guncangan menjadikan kompas ini cocok untuk Anda bawa ke tempat yang permukaan tanahnya tidak rata. Masih ada lagi noctilucent function yang menjadikan kompas ini glow in the dark di malam hari. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika harus melakukan perjalanan di tempat yang gelap.

4. Eiger Compass Gold Metal

4. Eiger Compass Gold Metal

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 185.000

Pemula dan profesional bisa memakainya, kompas bidik eksklusif yang simpel!

Compass Gold Metal adalah salah satu kompas bidik atau kompas lensatic produksi Eiger. Bahannya terbuat dari metal sehingga tidak akan cepat rusak meskipun sering Anda gunakan. Tampilannya yang berwarna emas terlihat eksklusif dan pas bagi Anda yang merasa bosan dengan warna hitam yang ditawarkan oleh kebanyakan kompas.

Eiger Compass Gold Metal ini tergolong kompas bidik yang standar tanpa fitur-fitur tambahan yang rumit. Bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan kompas bidik, Anda bisa berlatih dengan menggunakan kompas ini karena harganya yang tergolong tidak terlalu mahal. Baik pemula maupun profesional, kompas bidik ini cocok untuk Anda. Tunggu apa lagi? Petualangan baru sudah menanti Anda!

3. Suunto KB-14/360R G Compass

3. Suunto KB-14/360R G Compass

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 1.650.000

Tingkat akurasi tinggi dan kinerja yang cepat untuk para profesional!

Apakah Anda seorang praktisi yang sedang mencari kompas dengan presisi yang akurat? Anda bisa mencoba Suunto KB-14/360R G Compass yang memang dirancang untuk para penjelajah hutan, survei, insinyur, ahli kartografi, geolog, penambang, arsitek, dan lainnya. Kompas ini memiliki kemampuan untuk bisa menentukan arah dengan dengan cepat dan memiliki akurasi yang tinggi.

Di dalam kapsulnya terdapat cairan yang membantu kestabilan kerja kompas. Beratnya juga hanya sekitar 93 gram, sangat ringan dan praktis untuk dibawa ke mana-mana. Namun, sayangnya harganya tergolong sangat mahal dibandingkan dengan kompas lainnya. Oleh karena itu, kompas ini lebih cocok apabila digunakan oleh para praktisi profesional.

2. Veber Compass Liquid DC60-1A with a Clinometer

2. Veber Compass Liquid DC60-1A with a Clinometer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 214.000

Tidak hanya bisa menunjukkan arah dengan akurat, tetapi bisa juga untuk mengukur jarak!

Kompas dari Veber ini merupakan kompas lensatic yang dirancang khusus tahan air sehingga bisa digunakan untuk di air atau di darat. Kompas liquid ini dilengkapi dengan perangkat tambahan berupa klinometer di sisi kiri kompas yang berfungsi untuk mengukur tingkat kemiringan. Di sisi kanannya terdapat penggaris sepanjang 15 cm yang bisa Anda gunakan untuk mengukur jarak dengan perbandingan 1 : 25.000!

Jarum penunjuk kompas dirancang untuk bisa menyala dalam gelap jadi Anda bisa menggunakannya pada malam dan siang hari. Di sisi lain, penutup kompas dengan kaca yang lebar memungkinkan Anda untuk melihat jarum penunjuk arah meskipun dalam keadaan tertutup. Bagi Anda yang ingin memiliki kompas bidik yang juga bisa digunakan untuk menghitung jarak, kompas ini bisa menjadi pilihan yang cocok.

1. Silva 15TDCL 360/6400 Green

1. Silva 15TDCL 360/6400 Green

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 1.150.000

Berbagai keunggulannya, termasuk fitur cermin, memudahkan Anda membaca peta dengan akurat!

Merek Silva merupakan salah satu merek yang terkenal dalam dunia perkompasan. Bagi Anda yang berprofesi sebagai seorang navigator atau seorang profesional yang membutuhkan akurasi arah yang akurat dalam pemetaan, Anda bisa mencoba Silva 15TDCL 360/6400. Kompas berjenis baseplate ini juga dilengkapi dengan cermin yang dapat mempermudah pembacaan dan pembidikan peta Anda.

Salah satu kelemahan kompas baseplate adalah harus digunakan secara mendatar untuk bisa mencapai hasil yang maksimal. Akan tetapi, kompas ini dilengkapi dengan bubble level yang dapat membantu Anda memastikan bahwa kompas dalam keadaan tidak miring. Selain itu, penggaris kompasnya juga dilengkapi dengan karet sehingga tidak mudah bergeser saat Anda menempelkannya di atas peta.

Kesimpulan

Demikianlah sepuluh rekomendasi kompas penunjuk arah terbaik tahun ini. Bagaimana menurut Anda? Ada berbagai macam jenis dan model kompas seperti yang telah kami perkenalkan sebelumnya. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, ada juga berbagai macam produk kompas dari merek-merek terkenal. Produk-produk tersebut dirancang khusus untuk memudahkan Anda dalam pencarian arah dan juga disesuaikan dengan style Anda. Oleh karena itu, Anda bisa memilih produk yang cocok dengan pribadi dan kebutuhan Anda. Jangan sampai kehilangan arah di jalan ya!