10 Rekomendasi Gantungan Handuk Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Gantungan Handuk Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Simpel, tetapi krusial, gantungan handuk atau towel hanger biasa kita tempelkan pada dinding kamar mandi. Ada produk yang khusus untuk handuk kecil, handuk besar, bahkan keduanya. Banyaknya tipe gantungan handuk yang tersedia dengan material dan bentuk yang berbeda, tentu membuatnya memiliki kelebihan masing-masing.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas cara memilih gantungan handuk agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk terbaik, seperti Ikea dan Toto, dengan mempertimbangkan fungsi dan lokasi pemasangan. Pastikan Anda simak informasi lengkapnya!

Daftar isi

Cara memilih gantungan handuk

Banyak faktor yang dapat dipertimbangkan ketika memilih gantungan handuk. Faktor-faktor tersebut seperti desain, ukuran, dan cara pemasangan gantungan handuk. Faktor lain yang tidak boleh Anda lewatkan adalah ukuran handuk yang dapat digantung. Berikut ulasan lebih lengkapnya.

Pilihlah gantungan handuk yang sesuai dengan ukuran handuk

Pemilihan gantungan handuk tentu harus disesuaikan dengan ukuran handuk yang biasa Anda gunakan di rumah. Apabila ukuran gantungan tidak sesuai dengan ukuran handuk, gantungan tidak dapat bermanfaat secara optimal.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui jenis-jenis handuk berdasarkan ukurannya terlebih dahulu. Dengan begini, Anda akan lebih mudah memilih gantungan handuk yang tepat.

Handuk ukuran kecil seperti handuk wajah

Handuk ukuran kecil seperti handuk wajah

Handuk yang termasuk berukuran kecil umumnya memiliki lebar ±34 cm dengan panjang ±80 cm. Contohnya adalah handuk wajah. Handuk wajah digunakan untuk mengeringkan wajah dan tangan sehingga seringkali ditempatkan di dapur, toilet, atau dekat dengan wastafel. Gantungan handuk yang sesuai dengan handuk jenis ini adalah yang berukuran ≤35 cm.

Bila dipasang di dapur, gantungan handuk juga kadang digunakan untuk menggantung kain lap. Karena biasanya kain lap yang digunakan memiliki lebar ≤34 cm, ukuran gantungan lebih baik disesuaikan saja dengan ukuran handuk wajah Anda.

Handuk ukuran sedang seperti handuk olahraga

Handuk ukuran sedang seperti handuk olahraga

Handuk olahraga memiliki ukuran yang lebih besar daripada handuk wajah dan dapat digolongkan sebagai handuk berukuran sedang. Handuk ini umumnya memiliki lebar ±40 cm dengan panjang ±110 cm. Bila Anda merasa handuk wajah terlalu kecil, Anda dapat menggunakan handuk olahraga sebagai handuk wajah Anda. Handuk jenis ini juga umumnya terbuat dari kain yang lebih tebal dibandingkan dengan handuk wajah.

Dilihat dari ukuran dan ketebalannya, Anda dapat menggunakan gantungan handuk berukuran ≥40 cm untuk menggantungnya. Namun, gantungan berukuran tersebut biasanya digunakan untuk menaruh handuk berukuran besar, seperti handuk mandi. Bila Anda merasa ukurannya terlalu besar, Anda dapat memilih gantungan handuk berukuran ≥20 cm dan melipat handuk menjadi 2 bagian sebelum menggantungnya.

Handuk ukuran besar seperti handuk mandi

Handuk ukuran besar seperti handuk mandi

Termasuk dalam jenis handuk besar, handuk mandi sendiri juga memiliki beragam ukuran. Handuk mandi biasa umumnya memiliki lebar ±60 cm, bahkan untuk handuk mandi berukuran besar, lebarnya dapat mencapai ±90 cm. Ukuran handuk yang lazim ditemukan di pasaran adalah sebagai berikut:

  • Handuk mandi ukuran normal : lebar 60-70 cm, panjang 70-140 cm
  • Handuk mandi ukuran besar : lebar ±80 cm, panjang ±150 cm
  • Handuk pantai : lebar ±90 cm, panjang ±180 cm

Karena ukurannya sangat beragam dan barangkali setiap anggota keluarga Anda menggunakan handuk dengan ukuran yang berbeda, sebaiknya Anda mengecek ukuran handuk yang dipakai dahulu sebelum memilih gantungan handuk.

Perhatikan cara pemasangan dan kondisi tempat pemasangan

Selain ukuran, cara memasang gantungan handuk merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan. Bila gantungan sulit dipasang atau tidak sesuai dengan tempat pemasangan, bisa jadi Anda malah kesulitan menggunakannya. Berikut kami akan membahas jenis gantungan handuk berdasar cara pemasangannya.

Gantungan handuk dengan sekrup dan lem perekat yang lebih stabil

Gantungan handuk dengan sekrup dan lem perekat yang lebih stabil

Karena dipasang dengan sekrup dan lem perekat, umumnya gantungan handuk jenis ini memiliki kestabilan lebih dibandingkan dengan gantungan tempel jenis lain. Risiko gantungan akan terjatuh pun lebih kecil sehingga handuk dapat lebih terjaga kebersihannya. Namun, perlu diperhatikan, gantungan handuk dengan lem perekat tidak sekuat gantungan dengan sekrup. Agar lebih stabil, Anda bisa menggunakan gantungan dengan lem perekat yang kuat.

Kekurangan dari gantungan jenis ini adalah sulit untuk dilepas dan dipindahkan. Gantungan dengan sekrup akan meninggalkan bekas lubang, sedangkan gantungan dengan perekat tempel akan menyisakan jejak lem pada dinding. Bila Anda memilih gantungan jenis ini, sebaiknya Anda pertimbangkan dengan matang lokasi pemasangannya agar tidak perlu dipindah-pindah lagi.

Gantungan handuk dengan vakum perekat yang lebih fleksibel

Gantungan handuk dengan vakum perekat yang lebih fleksibel

Gantungan handuk dengan vakum perekat umumnya memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan gantungan jenis lainnya. Gantungan handuk dengan jenis ini cocok untuk ditempatkan pada permukaan apapun yang berkarakteristik datar dan licin.

Namun, karena hanya mengandalkan vakum perekat saja sebagai penahan, gantungan jenis ini tidak dapat menahan beban yang terlalu berat. Ketika digunakan untuk menggantung handuk yang berat, gantungan akan mudah terlepas. Bila Anda menjatuhkan pilihan pada gantungan jenis ini, pastikan Anda memilih produk dengan vakum perekat yang kuat.

Gantungan handuk dengan pengait yang stabil dan tidak meninggalkan bekas

Gantungan handuk dengan pengait yang stabil dan tidak meninggalkan bekas

Kelebihan dari gantungan dengan pengait adalah mudah dipasang karena gantungan ini hanya perlu dikaitkan pada daun pintu. Anda pun tak perlu khawatir gantungan mudah lepas karena gantungan handuk ini menggunakan pintu sebagai penyangganya sehingga cukup stabil. Di samping kemudahan pemasangan, gantungan jenis ini pun mudah dilepas dan dipindahkan tanpa meninggalkan bekas.

Kekurangan dari gantungan handuk dengan pengait adalah tempat pemasangan yang terbatas, yaitu umumnya pada daun pintu saja. Karena membutuhkan penyangga, gantungan ini juga sangat tergantung pada ketebalan daun pintu dan lebar celah antara daun pintu dengan kosennya. Bila Anda melirik jenis ini sebagai calon gantungan handuk Anda, sebaiknya Anda mengukur ketebalan daun pintu serta memastikan celah pintu cukup lebar untuk mengaitkan gantungan.

Gantungan handuk dengan magnet yang memanfaatkan benda berbahan logam

Gantungan handuk dengan magnet yang memanfaatkan benda berbahan logam

Sama seperti gantungan dengan vakum perekat dan dengan pengait, gantungan handuk bermagnet juga memiliki kelebihan mudah dipasang dan dilepas tanpa meninggalkan bekas. Akan tetapi, karena bergantung pada magnet, lokasi pemasangannya pun terbatas, seperti pada benda-benda yang terbuat dari logam saja.

Tidak semua peralatan elektronik, seperti kulkas, mesin cuci, dan sebagainya boleh ditempeli benda bermagnet. Maka dari itu, pastikan Anda mengetahui dengan pasti spesifikasi alat elektronik tersebut. Sebelum membeli jenis gantungan yang cukup sulit ditemukan produknya di Indonesia ini, Anda harus memastikan lokasi pemasangan dan juga kekuatan magnet dari gantungan. Seringkali kekuatan magnet lemah sehingga gantungan mudah terjatuh ketika harus menampung beban.

Gantungan handuk jenis stand yang lebih kuat menahan beban

Gantungan handuk jenis stand yang lebih kuat menahan beban

Tidak seperti gantungan jenis lainnya, gantungan jenis stand tidak mengandalkan perekat yang membuatnya menempel pada permukaan benda. Gantungan ini merupakan jenis yang dapat didirikan sehingga lebih kuat untuk menggantung handuk yang berukuran besar dan berbobot berat sekalipun. Anda pun dapat menggunakan gantungan jenis ini untuk menjemur pakaian bila sedang tidak digunakan untuk menggantung handuk.

Walaupun butuh usaha lebih untuk merakitnya, gantungan ini mudah dipindahkan tanpa bergantung dengan kondisi tempat. Namun, pastikan Anda menyediakan ruang lebih untuk meletakkan gantungan handuk ini.

10 Rekomendasi gantungan handuk terbaik

Setelah membahas cara memilih gantungan handuk, kami akan memaparkan kepada Anda rekomendasi 10 produk terbaik pilihan kami. Kami telah urutkan berdasar fungsi, harga, dan ketahanan. Semoga salah satu di antaranya adalah produk yang sedang Anda cari.

10. Gantungan Handuk Berbentuk Ekor Binatang

10. Gantungan Handuk Berbentuk Ekor Binatang

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.400

Gantungan imut dan lucu, favorit anak-anak

Gantungan handuk ini mengandalkan perekat vakum untuk dapat ditempel ke dinding. Memiliki bentuk yang lucu, yaitu ekor dan kaki belakang binatang, gantungan ini bisa menjadi favorit anak Anda. Tersedia dalam 6 macam bentuk, Anda bisa mengombinasikannya dan menggunakannya untuk bermain tebak binatang bersama anak. Tentu menyenangkan!

Karena ukurannya yang kecil, produk ini pas untuk menaruh handuk anak-anak yang umumnya berukuran tidak terlalu besar dan berbobot ringan. Anda dapat menempelkannya pada dinding kamar mandi. Dengan warna dan bentuknya yang menarik, bisa saja anak Anda semakin bersemangat dan lebih menurut saat diminta untuk mandi.

9. Gantungan Handuk/Tisu dengan Perekat

9. Gantungan Handuk/Tisu dengan Perekat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Hadirkan nuansa modern yang klasik pada rumah Anda

Material logam memang selalu memberikan nilai lebih. Selain kuat dan tahan lama, material ini juga memiliki nilai estetika. Terlebih lagi, apabila material logam dikombinasikan dengan kayu. Bila rumah Anda berdesain modern minimalis, gantungan handuk yang satu ini dapat digunakan untuk menambah nuansa modern klasik pada interior rumah Anda.

Mengandalkan lem perekat, gantungan dengan panjang 26 cm ini kuat untuk menahan handuk olahraga pengelap tangan atau wajah Anda setelah membersihkan diri di wastafel. Bila Anda telah bosan menggunakannya sebagai gantungan handuk, produk dengan gagang kayu yang mudah dilepas pasang ini juga cocok dialihfungsikan tebagai tempat tisu gulung.

8. Lion Star High Living Multifunction Hook HK-3

8. Lion Star High Living Multifunction Hook HK-3

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.000

Gantungan handuk ekonomis, ramah di kantong

Apakah Anda mencari gantungan handuk yang ramah di kantong dan fleksibel pengaturan letaknya. Jika demikian, Lion Star Multifunction Hook HK-3 inilah jawabannya. Dengan harga tak sampai dua puluh ribuan, Anda sudah mendapatkan 3 hook serbaguna yang pemasangan dan penggunaannya dapat disesuaikan sekehendak hati Anda.

Walaupun terbuat dari material plastik, Anda tak perlu ragu dengan kualitas dan kekuatannya. Material plastik gantungan yang dapat menahan beban hingga 1,5 kg ini merupakan plastik tebal yang tak mudah keropos meski sering basah. Dipasang dengan mengandalkan perekat, Anda pun tak perlu repot mempersiapkan palu atau bor untuk pemasangannya.

7. IKEA RÅGRUND Gantungan Handuk dengan Kursi, Bambu

7. IKEA RÅGRUND Gantungan Handuk dengan Kursi, Bambu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 725.000

Nuansa alami dengan gantungan handuk dari bambu

IKEA memang sudah dikenal memiliki produk rumah tangga dengan desain yang unik dan inovatif, tetapi fungsional. Produk dari IKEA ini merupakan gantungan handuk berbentuk stand yang dilengkapi kursi. Meski multifungsi, ukurannya tergolong sedang, yaitu 39 x 44 x 140 cm saja sehingga tidak menyulitkan Anda menempatkannya.

Merupakan jenis stand, produk ini kokoh untuk menggantung handuk berukuran besar, seperti handuk pantai atau beberapa lembar handuk sekaligus. Bagian kursinya yang dapat digunakan untuk meletakkan benda lain dan desainnya yang menarik menjadikannya sebagai pilihan tepat bila Anda mencari produk fungsional bernilai estetika.

6. Retractable Clothes Line

6. Retractable Clothes Line

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 135.000

Optimalkan fungsi ruangan tanpa tali yang berseliweran

Produk selanjutnya berupa gantungan stainless steel  yang tahan karat dan berbentuk seperti tombol. Gantungan ini dilengkapi dengan tali yang panjangnya hingga 2,5 m dan dipasang dengan sekrup. Selain kokoh untuk handuk berukuran besar, Anda pun bisa menggunakannya untuk menggantung beberapa lembar handuk sekaligus.

Talinya dapat digulung ketika tidak digunakan dan dikaitkan pada plate pasangannya ketika digunakan. Fungsi optimal dan ruangan pun tetap terlihat rapi tanpa tali berseliweran ketika Anda tidak menggunakannya. Produk ini akan sangat cocok bagi Anda yang ingin mengoptimalkan ruangan sempit Anda tanpa membuatnya terkesan semrawut.

5. Gantungan Serbaguna

5. Gantungan Serbaguna

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 10.300

Tanpa jejak, gantungan handuk kecil ini akan melengkapi dapur Anda

Produk berukuran panjang 19 cm ini pasti cocok untuk handuk kecil atau lap tangan Anda. Cara pemasangannya menguntungkan bagi Anda yang tidak ingin area dapur kotor akibat bekas pemasangan gantungan. Tak perlu tempat khusus, Anda dapat memanfaatkan pintu lemari dapur yang berada di dekat wastafel untuk memasangnya.

Karena pemasangannya hanya perlu dikaitkan pada daun pintu, Anda dapat memindahkannya ke tempat lain tanpa meninggalkan jejak. Material yang digunakan adalah plastik dengan ketebalan pas sehingga aman untuk menggantung handuk basah yang agak berbobot. Dapur pun lebih terorganisir dengan handuk atau lap yang tertata rapi.

4. TOTO Towel Ring TS115SB

4. TOTO Towel Ring TS115SB

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 216.000

Produk yang awet dan mudah dibersihkan

Nama TOTO pastinya sudah familer di telinga Anda sebagai produsen perlengkapan kamar mandi. Produk gantungan handuk ini memiliki bentuk seperti cincin dengan ukuran diameter 13 cm. Dengan bentuk lingkaran untuk menahan handuk agar tak terjatuh, ukurannya pun pas untuk handuk kecil atau lap tangan Anda.

Anda dapat memasangnya di dekat wastafel atau area cuci piring di dapur Anda. Karena terbuat dari material logam, tentunya produk ini tahan karat. Selain itu, gantungan ini juga awet dan mudah dibersihkan. Produk yang dapat diandalkan bila Anda menyukai produk dengan perawatan yang mudah. Memang susah, ya, berpindah hati dari TOTO.

3. IKEA ENUDDEN Gantungan untuk Pintu, Putih

3. IKEA ENUDDEN Gantungan untuk Pintu, Putih

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 49.900

Menampung lebih banyak, praktis dipasang dengan kait

Produk dengan panjang 35 cm ini dibuat dengan fitur pengait yang menjadikan daun pintu sebagai penopangnya. Karena itu, produk ini tidak makan banyak tempat. Produk pun mudah dipasang dan dilepas tanpa meninggalkan bekas. Anda wajib menaruhnya dalam wishlist bila Anda ingin gantungan kuat dan fleksibel yang cukup untuk keluarga.

Gantungan ini menggunakan material baja pada bagian kenop dan plastik kuat pada bagian bodinya. Anda bisa menggantung 6 handuk sekaligus tanpa khawatir. Bagian kenopnya dibuat dengan desain ujung melebar agar efektif menahan handuk sehingga handuk tidak mudah tergelincir. Tidak hanya stylish, produk ini juga optimal dalam fungsi.

2. Rak Gantungan Handuk Aluminium RH-ADY4N60

2. Rak Gantungan Handuk Aluminium RH-ADY4N60

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 110.000

Kapasitas banyak dan multifungsi untuk berbagai jenis handuk

Produk ini dapat memenuhi kebutuhan Anda yang ingin menggantung banyak handuk sekaligus menyimpan handuk yang belum terpakai. Produk ini terdiri dari 3 susun. Rak teratas dapat Anda gunakan untuk menyimpan handuk yang belum terpakai sedangkan rak tengah dapat digunakan untuk mengangin-anginkan handuk yang lembap.

Anda dapat memanfaatkan gantungan yang berada di bagian bawah untuk mengaitkan handuk bahkan pakaian saat mandi. Tak memandang varian seperti apapun handuk-handuk di rumah Anda, produk ini mampu bermanfaat dengan optimal. Selain multifungsi, Anda juga akan puas dengan materialnya yang antikarat dan tahan lama.

1. IKEA VOXNAN Gantungan Handuk, Efek Krom

1. IKEA VOXNAN Gantungan Handuk, Efek Krom

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 257.500

Desainnya simpel, pas untuk ruang terbatas

Satu lagi produk dari IKEA yang tidak akan mengecewakan Anda. Bila Anda ingin memanfaatkan ruang terbatas, seperti sudut ruangan atau celah yang tidak terlalu lebar, produk ini wajib Anda dapatkan. Gantungan handuk VOXNAN begitu ramping dan minimalis sehingga tidak membutuhkan banyak ruang di dinding untuk menempelkannya.

Memiliki 3 bilah dengan panjang berbeda dan dipasang dengan sekrup, produk ini mampu menampung 3 lembar handuk sekaligus. Bila Anda ingin menjemur handuk yang basah, Anda dapat mengatur posisi gagangnya agar saling berjauhan. Harganya memang lumayan, tetapi setimpal dengan fungsi dan bahannya yang juga antikarat, bukan?

Kesimpulan

Memilih gantungan handuk terlihat mudah, tetapi ternyata banyak hal yang perlu diperhatikan dalam menentukannya agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Material dan cara pemasangan gantungan handuk akan memengaruhi ukuran handuk yang dapat digantung. Tentunya, Anda tidak ingin salah pilih, bukan?

Pada intinya, tentukan dahulu lokasi atau tempat pemasangan, lalu periksa jenis handuk, setelah itu baru pilih gantungan handuk yang sesuai dengan segala kondisi tersebut. Setelah membaca ulasan dari kami, semoga Anda dapat menemukan produk yang tepat. Selamat memilih dan berbelanja!