10 Rekomendasi Kopi Drip Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kopi Drip Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bukankah menyenangkan jika Anda dapat menikmati rasa kopi asli dari paket kopi drip praktis saat bekerja atau beristirahat? Namun, banyaknya merek, seperti Kapal Api, Otten Coffee, dan lain-lain yang memiliki kenikmatan berbeda tentunya juga membuat Anda sulit untuk menentukan pilihan, bukan?

Kali ini kami akan membahas cara memilih kopi drip yang lezat dari metode dripping-nya, dan tentu saja rasanya. Produk yang kami rekomendasikan ini adalah produk yang menggunakan biji kopi berkualitas. Selain itu, kami juga akan memberikan tips cara membuat kopi drip yang enak. Simak artikel ini agar kopi buatan Anda semakin nikmat!

Daftar isi

Cara memilih kopi drip

Untuk memilih paket kopi drip yang lezat, ada beberapa poin yang perlu Anda ketahui. Agar lebih jelas, mari kita simak detail penjelasan berikut ini!

Pilihlah metode ekstraksi sesuai rasa dan tingkat kesulitan penyeduhan

Ada 2 tipe paket kopi drip yang biasa ditemukan di pasaran, yaitu flooded type dan drip type. Waktu ekstraksi yang diperlukan dan rasa yang dihasilkan berbeda untuk masing-masing tipe. Manakah tipe yang cocok dengan selera Anda? Simaklah penjelasan berikut ini!

Flooded type : penyeduhan mudah dengan waktu ekstraksi yang lama

Flooded type : penyeduhan mudah dengan waktu ekstraksi yang lama

Flooded type adalah metode mengekstrak di mana drip bag akan terendam di dalam air panas ketika kopi diseduh. Bagi Anda yang ingin mendapatkan rasa dan aroma kopi yang kuat akibat dari lamanya waktu ekstraksi, kami menyarankan Anda untuk memilih jenis ini.

Perlu diperhatikan, semakin lama Anda merendamnya, maka rasanya akan semakin pekat karena zat astrigen yang dihasilkannya. Setiap bulir bubuk kopi pada tipe ini akan terekstrak dengan optimal. Meski baru pertama kali mencoba paket kopi drip, Anda tetap bisa membuat kopi lezat untuk dinikmati.

Drip type : clean aftertaste dengan waktu ekstraksi yang singkat

Drip type : clean after taste dengan waktu ekstraksi yang singkat

Drip type adalah tipe kopi drip yang dapat diekstraksi tanpa perlu merendam drip bag di dalam air panas. Tipe ini dapat mengekstrak kopi dengan cepat dan hanya sari kopinya saja yang menetes ke cangkir tanpa ampas. Hasil seduhan pun memiliki clean aftertaste.

Anda bisa mengangkat drip bag-nya kapan saja tanpa takut rasa kopinya terlalu pekat. Namun, Anda perlu mengontrol suhu serta kuantitas air panas yang dituangkan. Bila semua dilakukan dengan takaran kuantitas yang tepat, kopi buatan Anda pun terasa nikmat. Bagi orang yang baru pertama kali mencoba menyeduh kopi drip, tipe ini mungkin sedikit sulit. Mungkin karena itulah, kopi drip tipe ini jarang ditemukan di Indonesia.

Produk dalam kemasan sekali pakai lebih dapat mempertahankan rasa

Produk dalam kemasan sekali pakai lebih dapat mempertahankan rasa

Aroma dan rasa pada produk kopi yang dikemas dalam kantong-kantong terpisah atau sekali pakai tidak akan mudah rusak. Produk yang tidak menggunakan kantong terpisah akan lebih murah biaya produksinya. Sebagai gantinya, produsen akan menggunakan biji kopi dengan kualitas yang lebih baik. Karena produk tersebut tidak dikemas dalam kantong-kantong terpisah, Anda perlu memperhitungkan waktu konsumsi serta penyimpanannya karena rasa dan aroma kopi tersebut akan mudah rusak.

Jika Anda tipe orang yang menikmati kopi drip setiap hari, Anda tetap dapat menikmati aroma dan rasa kopi yang lezat meski tanpa produk yang dikemas secara satuan. Tentu saja hal itu karena kopi yang Anda beli akan cepat habis terpakai. Lain cerita jika Anda termasuk orang yang cukup jarang menikmati kopi. Akan lebih baik jika Anda memilih paket kopi drip yang dikemas satuan agar rasa dan aromanya terjaga lebih lama.

Pastikan drip bag mudah dikaitkan ke bibir cangkir

Pastikan drip bag mudah dikaitkan ke bibir cangkir

Drip bag pada kopi drip dirancang untuk bisa dikaitkan pada cangkir dengan mudah, meskipun bentuknya dapat bervariasi tergantung pada produsen dan produk. Bila kaitnya pendek, barangkali drip bag tidak dapat mengait dengan baik pada cangkir yang tebal. Karena itu, Anda perlu memperhatikan kecocokannya dengan cangkir yang biasa Anda gunakan.

Gambar dan foto drip bag yang dicantumkan pada kemasan sangat membantu dan memudahkan Anda untuk menilainya. Jika Anda memesan lewat pos atau online, kami sarankan untuk melihat review mengenai kemudahan kaitan drip bag ke cangkir pada produk yang ingin Anda beli.

Pilih tingkat kepahitan dan keasaman favorit Anda

Pilih tingkat kepahitan dan keasaman favorit Anda

Kopi akan menghasilkan rasa yang sangat berbeda tergantung pada proses pemanggangannya. Dalam dunia kopi, ada 4 tingkat metode pemanggangan yang umum dikenal, yaitu light roasting, medium roasting, medium-dark roasting, dan dark roasting.

Kopi dengan proses dark roasting memiliki tingkat kepahitan yang sangat terasa, sementara kopi dengan proses light roasting akan memiliki tingkat kafein dan keasaman yang tinggi. Mocha, Kolombia, Guatemala, Kilimanjaro, merupakan contoh kopi dengan tingkat keasaman kuat. Sedangkan Meksiko dan Blue Mountain merupakan contoh kopi dengan aksen manis. Kopi Mandailing juga dibedakan jenisnya berdasarkan tingkat kepahitan dan biji kopinya.

Sebelum membeli kopi, bila diperlukan ceklah roasting method atau jenis biji kopinya agar Anda lebih mudah menemukan kopi yang memenuhi selera Anda.

10 Rekomendasi kopi drip terbaik

Sekarang kami akan memperkenalkan 10 rekomendasi paket kopi drip terbaik untuk Anda. Kami tidak hanya membandingkan soal rasa, tetapi juga soal kebaikan aroma dan lain-lain, jadi silakan gunakan artikel ini sebagai referensi Anda!

10. Otten Drip Coffee Arabica Timor Leste

10. Otten Drip Coffee Arabica Timor Leste

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Aksen manis beraroma jeruk dalam secangkir kopi

Timor Leste merupakan salah satu negara tetangga kita yang begitu menjaga kualitas kopinya. Bahkan, pemerintahnya mengadakan pengecekan rutin untuk memastikan kopi yang dipasarkan dalam kondisi baik dan memenuhi standar kualitas. Kopi berkualitas tersebut dapat Anda nikmati dalam Otten Drip Coffee Timor Leste yang hadir dengan flooded type drip bag.

Dipanggang secara light-roasting, kopi arabika ini menghasilkan rasa asam lembut dengan aksen manis beraroma jeruk yang menyegarkan. Drip bag dengan 3 buah penyangga, menjanjikan Anda dapat menyeduh kopi ini dengan stabil. Dikemas dalam single pack, kopi ini cocok untuk Anda yang ingin mencicipi kopi khas Timur yang ekslusif dengan clean aftertaste.

9. TDI Drip Coffee

9. TDI Drip Coffee

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 55.000

Dapatkan cita rasa kopi original dan lain dari yang lain!

TDI (Taman Delta Indonesia) merupakan salah satu produsen kopi yang mengumpulkan dan mengolah sendiri biji kopinya hingga siap dinikmati oleh konsumen. Pemasarannya pun luas, bahkan hingga ke mancanegara. Salah satu produk terlarisnya adalah TDI Drip Coffee yang menyajikan cita rasa dark roasted coffee dengan aksen pahit dan smokey.

Satu pak produk kopi ini berisi 10 sachet kopi drip dengan flooded type drip bag berkait besar yang memudahkan Anda dalam penyeduhannya. Meskipun metode pembuatan dan biji kopinya sama, berbeda produsen, maka berbeda pula kenikmatan rasanya. Anda yang senang mencoba berbagai cita rasa kopi, sepertinya perlu mencoba produk yang satu ini.

8. Otten Drip Coffee Arabica Lintong Onan Ganjang

8. Otten Drip Coffee Arabica Lintong Onan Ganjang

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 45.000

Mengenang legenda Danau Toba lewat secangkir kopi

Menggunakan biji kopi Arabika Sigararutang medium-roasted, produk ini memiliki citarasa kental dan lembut di mulut. Konon, kopi jenis ini pertama kali ditaman di daerah perbukitan Danau Toba yang terkenal itu. Menggali sejarah sembari menikmati aroma herbal notes-nya yang begitu khas, mengingatkan Anda dengan legenda populer Danau Toba.

Semakin menggali potensi kesan tradisionalnya, kopi drip yang dikemas dalam single sachet ini tidak dimasukkan ke dalam box di setiap paketnya, melainkan diikat dengan tali sabut yang unik. Kopi dengan filter flooded type drip bag berpengait ini cocok sebagai oleh-oleh yang dapat dijadikan bahan obrolan karena asal-usulnya yang menarik.

7. Kapal Api Easy Drip Brazil Blend

7. Kapal Api Easy Drip Brazil Blend

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 36.900

Keasaman rendah, lebih ramah di lambung Anda!

Brazil merupakan salah satu produsen kopi terbesar di dunia yang diakui kelezatannya. Kebanyakan kopinya berjenis arabika dengan tingkat keasaman yang rendah. Nikmatnya kopi Brazil kini hadir lebih praktis melalui Kapal Api Easy Drip Brazilian Blend. Dengan tambahan racikan kopi luwak, Kapal api menghadirkan aroma dan rasa yang lebih mantap.

Selain itu, produk kopi drip berfilter flooded type yang dilengkapi pengait ini dikemas dalam sachet terpisah ditiap kemasannya. Selain praktis, tingkat keasaman rendahnya pun cenderung ramah di lambung Anda. Anda yang seringkali mengalami asam lambung berlebih, tetapi tetap ingin menikmati kopi berkualitas, produk ini perlu dicoba.

6. Salam Aceh Gayo Drip Coffee

6. Salam Aceh Gayo Drip Coffee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 47.000

Nikmati gurih dan harumnya kopi tanpa gula yang tidak pahit

Anda yang bukan maniak kopi, mungkin belum pernah mendengar produk Salam Aceh Gayo Drip Coffee ini. Menawarkan rasa kopi arabika yang ditanam di daerah Gayo, Aceh Tengah, Sumatera Utara, kopi ini juga menjanjikan aroma harum di cangkir Anda. Rasanya cenderung gurih dengan rasa pahit yang hampir tidak terasa, lebih mantap dinikmati tanpa gula.

Kopi drip dengan flooded type drip bag berpengait besar ini diproses secara teliti, mulai dari proses pemilihan biji hingga pemanggangannya. Tidak heran, produk ini punya penggemar setianya tersendiri. Bagi Anda yang sedang mengurangi asupan gula, tetapi tidak mau kehilangan momen menikmati kopi enak, bagaimana kalau coba produk ini?

5. Otten Drip Coffee Arabica Ethiopia Yirgacheffee

5. Otten Drip Coffee Arabica Ethiopia Yirgacheffee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 72.000

Nikmati cocoa aftertaste yang unik lewat secangkir kopi

Kopi-kopi dari Yirgacheffe, Ethiopia sudah tidak perlu lagi dipertanyakan keunikannya. Kebanyakan kopi Yirgacheffe yang diolah dengan proses basah memiliki karakter aromatik yang begitu kentara. Dengan notes citrus dan floral utuh, serta body ringan yang elegan, kopi dari wilayah ini menjadi salah satu kopi terbaik di dunia yang banyak diminati.

Biji kopi arabika terbaik dari daerah ini umumnya ditandai dengan markah premium, seperti yang digunakan dalam produk ini. Hasil seduhan manualnya berkarakter berries and honey dengan cocoa finish. Dengan single sachet berfilter flooded type berpengait, kopi ini bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang sangat menyukai perpaduan aroma kopi dan cocoa.

4. Kapal Api Easy Drip Flores Manggarai Blend

4. Kapal Api Easy Drip Flores Manggarai Blend

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 36.500

Cicipi rasa dan aroma khas ala kopi Flores yang populer

Selain Tana Toraja, salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia adalah Flores, Nusa Tenggara Timur. Melalui Easy Drip Flores Manggarai Blend, Kapal Api menyuguhkan kopi nikmat dengan cara yang praktis. Lengkap dengan flooded type drip bag berpengait, produk yang dikemas satuan ini semakin mudah dinikmati dalam berbagai momen.

Ditanam di dataran tinggi di Flores, kopi arabika ini memiliki rasa dan aroma fruity yang bergitu khas. Semakin unik lagi karena kopi ini menghasilkan aroma tembakau yang harum pada aftertaste-nya. Jika Anda penasaran ingin mencicipi kopi dengan rasa dan aroma yang tiada duanya, Anda bisa menjadikan produk ini sebagai kopi drip pilihan Anda.

3. Otten Drip Coffee Bali Kintamani

3. Otten Drip Coffee Bali Kintamani

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 42.000

Dapatkan sweet natural tasting dalam secangkir kopi

Seringkali, kopi dijadikan pilihan oleh-oleh khas dari Bali untuk kerabat. Salah satu kopi unggulan Pulau Dewata ini adalah kopi arabika dari daerah Kintamani, yang juga digunakan dalam produk ini. Kopi tersebut bercita rasa asam yang segar khas buah-buahan. Produk dengan flooded type drip bag berkait tiga sudut ini dikemas dalam sachet terpisah.

Konon, rasa unik ini didapat dari kopi yang ditanam menggunakan sistem tumpang sari atau berdampingan dengan aneka sayuran dan buah jeruk. Memiliki cita rasa fruity citrus, kopi ini juga memiliki sweet natural tasting yang merupakan salah satu rasa terbaik yang banyak diminati. Cocok untuk Anda penyuka kopi dengan cita rasa asam khas fruity citrus.

2. Tiwus Kopi Drip

2. Tiwus Kopi Drip

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Berawal dari cerita, kini hadir dalam kopi drip yang praktis

Kopi yang terkenal dari sebuah karya novel dan film ini memang digemari sejak didirikannya kedai kopi dengan nama yang sama. Awalnya, Anda hanya bisa menikmati kopi Tiwus ini di kedai tersebut. Namun, sejak produsen kopi ini memutuskan memproduksi kopi dalam kemasan untuk dipasarkan, Anda bisa menikmati kopi yang lezat ini di rumah.

Tiwus Coffee Drip ini disajikan dalam kemasan sachet terpisah dengan  flooded type drip bag berkait lebar yang mudah digunakan. Diolah dari biji kopi arabika yang dipanggang pada level tertentu, kopi ini memiliki aroma khas dark chocolate yang kuat. Untuk Anda yang ingin menikmati kopi nikmat seperti dalam film, produk ini patut dicoba!

1. Kapal Api Easy Drip Luwak Blend

1. Kapal Api Easy Drip Luwak Blend

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 44.900

Dapatkan cita rasa kopi mewah dalam kemasan praktis

Kopi luwak merupakan kopi yang terkenal akan kelezatannya dan digadang-gadang sebagai salah satu kopi termahal di dunia. Kini, Anda dapat menikmati kopi mewah itu dalam produk Kapal Api Easy Drip Luwak Blend. Kopi drip dari biji kopi arabika ini dikemas dalam sachet terpisah untuk menjaga aromanya dan flooded type drip bag berkait yang praktis.

Perpaduan antara kopi luwak yang diambil dari perkebunan kopi di Tana Toraja dengan aroma dan rasa yang khas dicampur dengan kopi pilihan Kapal Api, membuat kenimatan kopi ini berlipat ganda. Untuk Anda yang ingin mendapatkan cita rasa kopi luwak khas Tanah Toraja dengan harga terjangkau, kopi ini cocok untuk menjadi pilihan.

Cara menyajikan kopi drip yang lezat

Kenikmatan secangkir kopi ditentukan dari cara menyeduhnya. Karena itu, agar tidak merusak kenikmatan paket kopi drip yang Anda beli, Anda perlu menyeduh kopi drip Anda dengan cara tepat. Kali ini kami akan menjelaskan cara menyeduh kopi drip untuk menghasilkan secangkir kopi yang nikmat!

Pasang drip bag dengan benar pada cangkir

Pasang drip bag dengan benar pada cangkir,

Untuk membuat kopi yang nikmat, pertama, pastikan drip bag telah terpasang dengan benar pada cangkir sebelum Anda menyeduhnya. Pastikan drip bag tidak miring agar proses penyeduhan dapat berlangsung dengan baik.

Tergantung dari cangkir yang Anda gunakan, ada kalanya kait drip bag tidak dapat dikaitkan dengan pas pada cangkir Anda. Karena drip bag terbuat dari kertas, Anda dapat menggunting atau melipatnya agar lebih pas dengan cangkir yang Anda gunakan. Dengan begitu, proses penyeduhan dapat berlangsung tanpa hambatan.

Seduh kopi dengan kuantitas air panas dan lama penyeduhan yang tepat

Seduh kopi dengan kuantitas air panas dan lama penyeduhan yang tepat

Perbandingan kuantitas kopi dan air panas yang ideal adalah 1 : 15. Contohnya, bila Anda hendak menyeduh 8 gram kopi, Anda akan membutuhkan 120 ml air panas. Ukurlah volume air panas yang diperlukan dan didihkan dalam ketel sehingga Anda tidak akan salah takar.

Tuangkan air panas secukupnya untuk membasahi bubuk kopi dan diamkan selama 30 detik. Setelah 30 detik, tuangkan kembali sisa air panas. Metode ini akan membuat rasa dan aroma kopi drip Anda lebih nikmat. Silakan Anda buktikan sendiri!

Kesimpulan

Apakah poin cara memilih kopi drip yang kami paparkan cukup membantu Anda untuk menemukan kopi drip favorit Anda? Anda dapat menggunakan poin-poin tersebut sebagai acuan agar Anda dapat menikmati kopi yang lezat tanpa repot, baik di rumah maupun di kantor.

Kami juga telah memaparkan 10 produk kopi drip lezat rekomendasi kami. Semuanya memiliki keistimewaan masing-masing dari segi rasa dan tampilan kemasan. Beberapa di antaranya bisa Anda jadikan pilihan sebagai paket kopi drip untuk dinikmati sendiri atau dihadiahkan sebagai suvenir. Nah, semoga artikel ini dapat bermanfaat, ya!