10 Rekomendasi Drip Bag Coffee/Kopi DripTerbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Kopi Drip Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bukankah menyenangkan jika Anda dapat menikmati rasa kopi asli dari kopi drip yang praktis saat bekerja atau beristirahat? Namun, banyaknya merek, seperti Kapal Api, Otten Coffee, dan Taman Delta Indonesia yang memiliki kenikmatan berbeda tentunya membuat Anda sulit menentukan pilihan.

Kali ini, kami akan membahas cara memilih kopi drip yang berasa lezat. Produk yang kami rekomendasikan menggunakan biji kopi berkualitas. Selain itu, kami juga akan memberikan tips cara membuat kopi drip agar menyeruputnya semakin nikmat. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!

Daftar isi

Definisi dan keunggulan drip bag coffee

Definisi dan keunggulan drip bag coffee

Drip bag coffee adalah kopi yang dikemas di dalam kertas filter untuk kopi dan dapat disajikan dengan cepat. Kopi drip jenis ini berisikan kopi yang telah digiling agar dapat terekstraksi melalui paper filter untuk konsumsi perorangan.

Selain ketel berisi air panas dan cangkir, Anda tidak memerlukan alat-alat kopi lain dalam membuat kopi drip. Cara membuat kopi drip pun terbilang mudah, Anda hanya perlu menyobek bagian atas kemasannya dan menuangkan air panas ke atas bubuk kopi tersebut. Saat diseduh, drip bag akan terendam air panas selama beberapa waktu sebelum kopi terekstraksi. Hasilnya, Anda akan mendapatkan rasa dan aroma kopi yang kuat.

Karena keunggulan tersebut, kopi drip kerap dipilih oleh orang-orang yang mengutamakan kepraktisan. Kopi drip juga sering dijadikan solusi bagi pencinta kopi yang ingin menikmati kopi nikmat saat sedang bepergian.

Namun, perlu diperhatikan bahwa semakin lama Anda merendam kopi, rasanya pun akan semakin pekat karena zat astringen yang dihasilkannya. Setiap bulir bubuk kopi dari kopi drip ini akan terekstraksi secara optimal. Meski baru pertama kali mencoba membuat produk kopi drip, Anda tetap bisa membuat kopi lezat untuk dinikmati.

Cara memilih kopi drip

Untuk memilih produk kopi drip yang lezat, ada beberapa poin yang perlu Anda ketahui. Agar lebih jelas, mari kita simak detail penjelasan berikut ini!

Produk dalam kemasan saset memiliki rasa yang lebih tahan lama

Produk dalam kemasan saset memiliki rasa yang lebih tahan lama

Umumnya kopi drip dijual dalam bentuk kemasan saset yang terpisah. Dengan kemasannya tersebut, kopi tidak akan cepat rusak baik aroma maupun rasanya. Namun, ada juga kopi drip yang tidak menggunakan kemasan saset, dimana dalam satu kemasan tersebut akan berisi beberapa lembar drip bag coffee. Kopi drip dalam kemasan tersebut memiliki biaya produksi yang lebih murah. Sebagai gantinya, produsen akan menggunakan biji kopi dengan kualitas yang sedikit lebih baik.

Jika Anda tipe orang yang menikmati kopi drip setiap hari, Anda tetap dapat menikmati aroma dan rasa kopi yang lezat meski tanpa produk yang dikemas secara satuan. Lain cerita jika Anda termasuk orang yang cukup jarang menikmati kopi. Akan lebih baik jika Anda memilih paket kopi drip yang dikemas satuan agar rasa dan aromanya terjaga lebih lama. Maka dari itu, sebelum menentukan pilihan, pertimbangkanlah hal tersebut dengan baik.

Pastikan drip bag mudah dikaitkan ke bibir cangkir

Pastikan drip bag mudah dikaitkan ke bibir cangkir

Drip bag dirancang untuk bisa dikaitkan ke bibir cangkir dengan mudah, meski bentuknya dapat bervariasi tergantung produsen dan produk. Apabila kaitnya pendek, barangkali drip bag tidak dapat mengait dengan baik di cangkir yang tebal. Karena itu, Anda perlu memperhatikan kecocokannya dengan cangkir yang biasa Anda gunakan.

Gambar dan foto drip bag yang dicantumkan di kemasan sangat membantu dan memudahkan Anda untuk menilai. Jika Anda memesannya melalui toko online, kami sarankan untuk melihat review mengenai kemudahan pengait drip bag ke cangkir untuk produk yang ingin Anda beli.

Pilih tingkat kepahitan dan keasaman favorit Anda

Pilih tingkat kepahitan dan keasaman favorit Anda

Kopi akan menghasilkan rasa yang sangat berbeda tergantung proses pemanggangannya. Dalam dunia kopi, ada empat tingkat metode pemanggangan yang umum dikenal, yaitu light roasts, medium roasts, medium-dark roasts, dan dark roasts

Kopi dengan proses dark roasts memiliki tingkat kepahitan yang sangat terasa, sedangkan kopi dengan proses light roasts akan memiliki tingkat kafein dan keasaman yang tinggi. Kopi Bali merupakan contoh kopi dengan tingkat keasaman kuat. Di sisi lain, kopi dari daerah Timor Leste merupakan contoh kopi dengan rasa manis. Kopi dari daerah Sumatera juga dibedakan jenisnya berdasarkan tingkat kepahitan dan biji kopinya.

Sebelum membeli kopi, periksalah metode pemanggangan dan jenis biji kopinya agar Anda lebih mudah menemukan kopi yang sesuai selera.

10 Rekomendasi kopi drip terbaik

Sekarang, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi produk kopi drip terbaik untuk Anda. Kami tidak hanya membandingkan soal rasa, tetapi juga soal kebaikan aroma dan lain-lain. Silakan gunakan artikel ini sebagai referensi Anda!

10. Otten Drip Coffee Arabica Timor Leste

10. Otten Drip Coffee Arabica Timor Leste

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 50.000

Aksen manis beraroma jeruk dalam secangkir kopi yang lembut di mulut

Kopi asal Timor Leste ini mempunyai rasa asam lembut dengan aksen manis beraroma jeruk yang menyegarkan. Drip bag dengan tiga buah penyangga menjanjikan Anda dapat menyeduh kopi ini dengan stabil. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin menyeruput kopi khas Timur yang eksklusif dengan clean aftertaste.

Metode pemanggangan Light roasts
Biji kopi Timor Leste (Arabica East Timor)

9. Taman Delta Indonesia Drip Coffee

9. Taman Delta Indonesia Drip Coffee

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.500

Yuk, coba beragam cita rasa kopi arabika original yang lain dari yang lain!

Taman Delta Indonesia (TDI) merupakan salah satu produsen kopi yang mengumpulkan dan mengolah sendiri biji kopinya hingga siap dinikmati konsumen. Pemasarannya pun luas, bahkan hingga ke mancanegara. Salah satu produk terlarisnya adalah TDI Drip Coffee yang menyajikan cita rasa medium roasted coffee dari 100% kopi alami.

Jika Anda senang mencoba berbagai cita rasa kopi arabika dengan praktis, sepertinya perlu mencoba produk ini. Satu pak produk kopi ini berisi sepuluh saset kopi mix arabica yang digiling medium. Karena medium grinding, Anda tak butuh menunggu lama untuk segera mencicipi produk yang satu ini.

Metode pemanggangan Medium roasts
Biji kopi Mix Arabica

8. Otten Drip Coffee Arabica Lintong Onan Ganjang

8. Otten Drip Coffee Arabica Lintong Onan Ganjang

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 45.000

Mengenang legenda Danau Toba lewat secangkir kopi

Menggunakan biji kopi Arabica Sigararutang, produk ini memiliki cita rasa dan aroma yang fruity. Konon, kopi jenis ini pertama kali ditanam di daerah perbukitan Danau Toba yang terkenal itu. Obrolan tentang legenda populernya pun tentu akan semakin seru sambil menyeruput kopi beraroma herbal notes ini.

Semakin menggali potensi kesan tradisionalnya, kopi drip ini tidak hanya dikemas dalam saset satuan, tetapi juga diikat dengan tali sabut yang unik. Oleh sebab itu, kopi ini cocok dipilih sebagai oleh-oleh yang dapat dijadikan bahan obrolan karena asal-usulnya yang menarik.

Metode pemanggangan Medium roasts
Biji kopi Lintong Onan Ganjang (Arabica Sigarautang)

7. Kapal Api Easy Drip Brazil Blend

7. Kapal Api Easy Drip Brazil Blend

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 31.500

Keasaman rendah, lebih ramah di lambung Anda!

Brazil merupakan salah satu produsen kopi terbesar di dunia yang diakui kelezatannya. Kebanyakan kopinya berjenis arabika dengan tingkat keasaman yang rendah. Nikmatnya kopi Brazil kini hadir lebih praktis melalui Kapal Api Easy Drip Brazil Blend. Dengan tambahan racikan kopi luwak, Kapal api menghadirkan aroma dan rasa yang lebih mantap.

Karena tingkat keasamannya rendah, kopi ini cenderung ramah di lambung Anda. Anda yang sering kali mengalami asam lambung berlebih, tetapi tetap ingin menikmati kopi berkualitas, produk ini perlu Anda seruput!

Metode pemanggangan Tidak ada keterangan
Biji kopi Brazil blend

6. Otten Drip Coffee Arabica Ethiopia Yirgacheffee Natural Process

6. Otten Drip Coffee Arabica Ethiopia Yirgacheffee Natural Process

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Nikmati chocolatey aftertaste yang unik lewat secangkir kopi

Kopi-kopi dari Yirgacheffe, Ethiopia merupakan salah satu kopi terbaik di dunia yang banyak diminati. Kebanyakan kopi Yirgacheffe yang diolah dengan proses basah memiliki karakter aromatik yang begitu kentara. Jika Anda senang menyeruput kopi dengan rasa floral dan candied orange, serta body ringan yang elegan, coba produk yang satu ini!

Hasil seduhan manual Otten Drip Coffee Arabica Ethiopia Yirgacheffee berkarakter manis seperti palm sugar dengan sentuhan aftertaste yang chocolatey. Untuk menghasilkan rasa kopi yang nikmat, jangan lupa menentukan takaran volume dan mengontrol suhu air panasnya, ya! 

Metode pemanggangan Light roasts
Biji kopi Ethiopia (Arabica Yirgacheffee Kochere)

5. Salam Aceh Gayo Drip Coffee

5. Salam Aceh Gayo Drip Coffee

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 45.000

Minum kopi tanpa gula? Tenang, yang ini gurih dan tidak pahit, kok! 

Selain beraroma harum, rasa kopi ini cenderung gurih dengan pahit yang hampir tidak terasa. Kopi lebih mantap dinikmati tanpa gula! Bagi Anda yang sedang mengurangi asupan gula, tetapi tidak mau kehilangan momen menikmati kopi enak, cobalah produk ini. Kopi yang dibudidayakan dengan metode turun-temurun ini tentu akan nikmat untuk Anda konsumsi.

Metode pemanggangan Tidak ada keterangan
Biji kopi Aceh Gayo (Arabica)

4. Otten Drip Coffee Arabica Bali Kintamani

4. Otten Drip Coffee Arabica Bali Kintamani

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 42.000

Dapatkan sweet natural tasting dalam secangkir kopi

Sering kali, kopi dijadikan pilihan oleh-oleh khas dari Bali untuk kerabat. Salah satu kopi unggulan Pulau Dewata ini adalah kopi arabika dari daerah Kintamani yang juga digunakan dalam produk ini. Kopi tersebut bercita rasa asam yang segar khas buah-buahan.

Selain berasa fruity citrus, kopi ini juga memiliki sweet natural tasting yang merupakan salah satu rasa terbaik yang banyak diminati. Kami merekomendasikan produk yang satu ini jika Anda penyuka kopi dengan cita rasa asam khas fruity citrus. Coba dan buktikan sendiri!

Metode pemanggangan Light roasts
Biji kopi Bali Kintamani (Arabica)

3. Kapal Api Easy Drip Flores Manggarai Blend

3. Kapal Api Easy Drip Flores Manggarai Blend

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 25.900

Cicipi rasa dan aroma khas ala kopi Flores yang populer

Ditanam di dataran tinggi di Flores, kopi arabika ini memiliki rasa dan aroma fruity yang begitu khas. Semakin unik lagi karena kopi ini menghasilkan aroma tembakau yang harum di aftertaste-nya. Jika Anda penasaran ingin mencicipi kopi dengan rasa fruity dan aroma tembakau yang harum, jadikanlah produk ini sebagai kopi drip pilihan.

Metode pemanggangan Tidak ada keterangan
Biji kopi Flores Manggarai blend

2. Otten Drip Coffee Arabica Sidikalang

2. Otten Drip Coffee Arabica Sidikalang

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 45.000

Medium-dark roasts bagi penyuka kopi yang pahit-pedas di lidah 

Sumatera Utara memang dikenal sebagai salah satu penghasil biji kopi yang berkualitas. Selain kopi Lintong, ada juga kopi Sidikalang yang populer. Berbeda dengan kopi daerah Lintong yang cocok dipanggang medium roasts, kopi dari daerah ini paling pas dipanggang di level medium-dark.

Oleh sebab itu, produk dari Otten yang satu ini lebih berasa pahit dan smoky. Bagi Anda yang menyukai aftertaste yang earthy dan pedas, kami sangat menyarankan produk ini. Tidak hanya heavy, rasa dan aroma black tea-nya pun dapat Anda nikmati saat menyeruput kopi. Mantap!

Metode pemanggangan Medium-dark roasts
Biji kopi Sidikalang Sigarutung (Arabica)

1. Kapal Api Easy Drip Luwak Blend

1. Kapal Api Easy Drip Luwak Blend

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 36.400

Dapatkan cita rasa kopi mewah dalam kemasan praktis

Kopi luwak merupakan kopi yang terkenal akan kelezatannya dan disebut sebagai salah satu kopi termahal di dunia. Kini, Anda dapat menikmati kopi mewah itu dalam produk Kapal Api Easy Drip Luwak Blend.

Perpaduan antara kopi luwak dari perkebunan kopi di Tana Toraja dengan aroma dan rasa yang khas membuat kenikmatan kopi ini berlipat ganda. Untuk Anda yang ingin mendapatkan cita rasa kopi luwak khas Tanah Toraja dengan harga terjangkau, kopi ini dapat menjadi pilihan terbaik.

Metode pemanggangan Tidak ada keterangan
Biji kopi Luwak blend, Toraja (Arabica)

Cara menyajikan kopi drip yang lezat

Kenikmatan secangkir kopi ditentukan dari cara menyeduhnya. Karena itu, agar tidak merusak kenikmatan produk kopi drip, Anda perlu menyeduh kopi drip dengan cara tepat. Kami akan menjelaskan cara menyeduh kopi drip untuk menghasilkan secangkir kopi yang nikmat!

Pasang drip bag dengan benar di cangkir

Pasang drip bag dengan benar di cangkir

Untuk membuat kopi yang nikmat, pastikan drip bag telah terpasang dengan benar di bibir cangkir sebelum Anda menyeduhnya. Cek juga posisi drip bag agar tidak miring sehingga proses penyeduhan dapat berlangsung dengan baik.

Tergantung dari cangkir yang Anda gunakan, terkadang kait drip bag tidak dapat dikaitkan dengan pas ke cangkir Anda. Karena drip bag terbuat dari kertas, Anda dapat menggunting atau melipatnya agar lebih pas dengan cangkir yang Anda gunakan. Dengan begitu, proses penyeduhan dapat berlangsung tanpa hambatan.

Seduh kopi dengan kuantitas air panas dan durasi penyeduhan yang tepat

Seduh kopi dengan kuantitas air panas dan durasi penyeduhan yang tepat

Perbandingan kuantitas kopi dan air panas yang ideal adalah 1 : 15. Contohnya, apabila Anda hendak menyeduh 8 gram kopi, Anda akan membutuhkan 120 ml air panas. Ukurlah volume air panas yang diperlukan, lalu didihkan dalam ketel sehingga Anda tidak akan salah takar.

Selanjutnya, tuangkan air panas secukupnya untuk membasahi bubuk kopi dan diamkan selama 30 detik. Setelah itu, tuangkan kembali sisa air panas. Metode ini akan membuat rasa dan aroma kopi drip Anda lebih nikmat. Silakan Anda buktikan sendiri!

Baca juga rekomendasi produk kopi lainnya di sini!

Selain kopi drip yang telah kami bahas, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli produk kopi populer lainnya. Produk-produk kopi tersebut tidak hanya nikmat untuk Anda seruput, tetapi juga pantas Anda jadikan buah tangan. Silakan simak penjelasan lebih lanjutnya di artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah berhasil menemukan kopi drip favorit Anda? Anda dapat menggunakan poin-poin di atas sebagai acuan agar Anda dapat menikmati kopi drip yang lezat tanpa repot baik di rumah maupun di kantor.

Kami telah memaparkan sepuluh rekomendasi produk kopi drip terbaik. Semuanya memiliki keistimewaan masing-masing. Beberapa di antaranya bisa Anda jadikan pilihan sebagai kopi drip untuk dinikmati sendiri atau dihadiahkan sebagai suvenir. Nah, semoga artikel ini dapat bermanfaat, ya!