• 10 Rekomendasi Drip Bag Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Drip Bag Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Drip Bag Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Drip Bag Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Drip Bag Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Drip Bag Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Makin meningkatnya tren ngopi di kafe membuat para produsen menciptakan berbagai inovasi produk baru. Salah satunya adalah kopi drip bag atau drip bag coffee. Apa itu drip bag coffee? Drip bag coffee adalah kopi yang dikemas dalam kantung coffee filter siap seduh yang praktis. Beberapa merek besar, seperti Kapal Api, Otten, dan Tanamera juga memiliki varian drip bag coffee. 

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah coffee drip bag sama dengan kopi instan saset? Kami akan membedahnya pada artikel ini sekaligus memberikan rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Simak selengkapnya di artikel ini.

  • Pembaharuan terakhir: 27 Oktober 2021
Daftar isi

Definisi dan keunggulan drip bag coffee

Definisi dan keunggulan drip bag coffee

Drip bag coffee adalah butiran kopi yang sudah digiling, lalu dimasukkan ke dalam kertas drip atau filter. Modelnya jadi seperti menikmati teh celup. Banyak orang yang suka minum kopi dari biji aslinya, tetapi tidak punya waktu untuk menggiling sendiri bijinya. Drip bag coffee hadir sebagai solusi yang lebih praktis, bersih, dan tidak menghilangkan rasa asli dari kopinya.


Lalu, apa bedanya dengan kopi saset? Kopi saset terkadang sudah dicampur dengan gula dan krimer. Sementara itu, drip bag coffee biasanya masih berupa bubuk kopi murni. Cara menikmatinya mirip seperti V60 atau kopi tubruk lainnya, yakni tinggal diseduh. Karena simpel, drip bag coffee bisa dibawa ke kantor, berkemah, atau dijadikan sampel kopi untuk dicoba.

Cara memilih drip bag coffee

Untuk mendapatkan produk kopi drip yang nikmat, ada beberapa poin yang perlu Anda ketahui. Agar lebih jelas, mari kita simak detail penjelasan berikut ini!

Pertimbangkan jenis biji kopinya

Drip bag coffee ada yang menggunakan jenis biji arabika, robusta, ataupun campuran keduanya. Ketahui karakteristik setiap jenis bijinya agar Anda dapat menerka-nerka karakteristik rasanya.

Arabika: Kadar kafein lebih rendah, rasa lebih variatif

Arabika: Kadar kafein lebih rendah, rasa lebih variatif

Biji kopi arabika adalah jenis biji yang berasal dari daratan Ethiopia Barat. Bentuk bijinya lebih lonjong dan pipih. Ukurannya agak kecil. Jenis ini termasuk andalan untuk dijadikan minuman single origin karena rasanya yang bervariasi. Tanpa tambahan gula, krimer, atau pemanis lainnya, kopi arabika sudah sangat nikmat.


Kandungan kafein pada kopi arabika tergolong rendah, yakni sekitar 0,9–1,4%. Aromanya cukup segar dan terkadang fruity. Anda yang tidak terbiasa minum kopi bisa mencoba kopi ini terlebih dahulu.

Robusta: Lebih strong, bahkan cenderung pahit

Robusta: Lebih strong, bahkan cenderung pahit

Biji kopi di Indonesia lebih dominan biji robusta. Jenis kopi ini kurang disukai oleh orang Eropa karena rasanya yang terlalu kuat. Meskipun agak pahit, rasanya tetap nikmat, apalagi untuk pencinta kopi. Salah satu kopi robusta terbaik dari Indonesia adalah kopi Sidikalang robusta. Rasanya lebih light dibandingkan kopi robusta lainnya.


Karakter kuat kopi robusta didapatkan dari kandungan kafeinnya yang tinggi, yakni 1,8–4%. Berbeda dengan biji kopi arabika, biji kopi robusta lebih besar dan bulat. Dilihat dari segi harganya, kopi robusta jauh lebih murah dibandingkan dengan kopi arabika. Untuk mengurangi rasa pahitnya, banyak yang mencampur biji robusta dan arabika agar rasanya lebih netral.

Pertimbangkan kemasan dan ukurannya

Pertimbangkan kemasan dan ukurannya

Jumlah bubuk kopi di dalam drip bag memengaruhi jumlah air panas yang dibutuhkan untuk menyeduhnya. Bubuk kopi seberat 7–9 gram cocok untuk Anda yang tidak terlalu gemar minum kopi. Tingkat kafeinnya tentu lebih rendah. Untuk Anda yang suka minum kopi, pilihlah yang bobotnya 10 gram atau lebih.


Anda bisa mengatur kepekatannya juga sesuai selera. Untuk kopi yang strong, Anda bisa mengurangi jumlah air panas yang ditambahkan. Begitu juga sebaliknya, agar tidak terlalu strong, tambahkan jumlah air panasnya.


Selain isi kemasan, pertimbangkan juga model kemasannya. Beberapa produsen mengemasnya dengan cantik dan menarik sehingga bisa Anda jadikan hadiah untuk teman. Sedikit perhatian bisa membuat hubungan pertemanan Anda sehangat kopi yang baru diseduh.

Pertimbangkan jenis penyajiannya

Ada dua jenis desain kemasan drip bag coffee yang bisa Anda pilih. Salah satu cara penyajiannya adalah dicelupkan ke cangkir. Ada juga cara penyajian yang hanya perlu dikaitkan ke ujung cangkir. Pilihlah tipe yang lebih Anda suka.

Hanging ear drip bag: Lebih praktis dan tidak kotor

Hanging ear drip bag: Lebih praktis dan tidak kotor

Konsep penyajian hanging ear drip bag ini mirip dengan hand drip. Hand drip adalah teknik penyeduhan kopi dengan bantuan kertas saring. Bubuk kopi diletakkan di atas kertas saring, lalu dituangi 20 hingga 30 ml air panas di atasnya. 


Pada tipe hanging ear drip bag ini, Anda hanya perlu mengaitkan dripper ke bibir cangkir, seperti pada gambar. Setelah dituangi air panas, bubuk kopi akan terekstraksi dan menetes-netes turun ke cangkir di bawahnya. Kopi yang mantap segera bisa Anda nikmati.


Tentunya kemasan dripper bag seperti ini lebih praktis dan mudah dibersihkan. Desainnya juga terlihat lebih modern dan bersih.

Tipe celup: Seluruh bagian kantung tercelup ke kopi

Tipe celup: Seluruh bagian kantung tercelup ke kopi

Simpelnya, model ini mirip dengan teh celup. Kantung yang berisi bubuk kopi dicelupkan seluruhnya ke dalam cangkir. Kemudian, Anda tambahkan air panas ke dalamnya. Untuk Anda yang lebih suka cara lama dan memastikan seluruh bubuk kopinya tercelup, pilih tipe ini.


Anda harus berhati-hati saat membersihkannya. Kantung yang tercelup berpotensi menyerap banyak air. Jadi, saat mengangkatnya jangan sampai kantung tersebut menetes-netes ke lantai rumah Anda. 

Pilih tingkat kepahitan dan keasaman favorit Anda

Kopi akan menghasilkan rasa yang berbeda tergantung proses pemanggangannya. Ada tiga tingkat metode pemanggangan yang umum dikenal, yaitu light roast, medium roast, dan dark roast. Tidak semua produsen mencantumkan tingkat roasting-nya. Namun, akan lebih baik jika Anda mengetahuinya.

Light roast: Rasanya lebih fruity dan sedikit asam, cocok untuk yang tidak suka pahit

Light roast: Rasanya lebih fruity dan sedikit asam, cocok untuk yang tidak suka pahit

Light roast memberikan rasa asam yang segar. Untuk Anda yang tidak terlalu suka kopi pahit bisa memilih tipe ini. Rasa asam didapatkan dari citric acid dan malic acid yang terkandung di dalam biji kopi. Saat dipanggang dengan light roast, rasa keduanya akan muncul.


Beberapa biji kopi memiliki rasa yang unik, misalnya berries atau floral. Kopi drip bag dengan level light roast bisa jadi teman minum teh dan kue yang nikmat pada pagi hari.

Medium roast: Rasa asam dan pahitnya seimbang, cocok dijadikan kopi susu

Medium roast: Rasa asam dan pahitnya seimbang, cocok dijadikan kopi susu

Medium roast adalah level pemanggangan yang standar. Kebanyakan kedai kopi menggunakan level roasting ini karena bisa dinikmati berbagai kalangan. Rasa biji kopinya memiliki keseimbangan yang bagus antara keasamaan dan pahitnya. Jika Anda bingung memilih level roasting, pilihlah medium roast.


Biji kopi medium roast juga salah satu favorit untuk diminum bersama susu atau krimer. Namun, untuk Anda yang ingin menikmati rasa pahit dan pekat yang khas, minumlah tanpa tambahan apa pun. 

Dark roast: Aroma lebih wangi dan rasanya kuat, cocok untuk Americano

Dark roast: Aroma lebih wangi dan rasanya kuat, cocok untuk Americano

Dark roast akan menghasilkan aroma kuat dan rasa yang pahit khas kopi. Anda yang sudah terbiasa minum kopi pahit mungkin akan menikmatinya. Untuk Anda yang belum biasa minum kopi pahit, Anda bisa menjadikannya Americano. Americano adalah kopi espresso yang sedikit diencerkan air dengan komposisi tertentu.

Untuk yang tidak suka kopi, pilih yang rendah kafein

Untuk yang tidak suka kopi, pilih yang rendah kafein

Kafein bisa membuat Anda bekerja lebih fokus dan tidak mudah mengantuk. Namun, terlalu banyak kafein juga tidak baik karena bisa memengaruhi kesehatan lambung. Selain itu, jantung juga bisa berdebar-debar karenanya. Untuk Anda yang ingin membatasi konsumsi kafein, pilih produk yang rendah kafein (decaffeinated coffee).


Produk seperti ini bisa saja menggunakan biji kopi light roast atau sudah dicampurkan dengan gula dan bahan lainnya. Mungkin rasanya tidak seautentik biji kopi orisinal. Namun, beberapa produk bisa mendekati rasanya, bahkan sama nikmatnya.

10 Rekomendasi drip bag coffee terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk drip bag coffee terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.
10

Sarangopi Coffee RoasteryDrip Series

Mulai dari Rp 8.500,00

Metode pemangganganTidak ada keterangan
Biji kopiBlend
Tipe drip bagHanging ear
Isi1 pc
9

GahwiKopi Celup Robusta Java

Mulai dari Rp 15.000,00

Metode pemangganganTidak ada keterangan
Biji kopiRobusta dari Jawa
Tipe drip bagCelup
Isi10 g x 5 pcs
8

Caffeine DopeDrip To Go Fine Robusta Sidikalang

Mulai dari Rp 8.000,00

Metode pemangganganMedium-dark roast
Biji kopiRobusta dari Sidikalang
Tipe drip bagHanging ear
Isi12 g x 1 pcs
7
Metode pemangganganTidak ada keterangan
Biji kopiExcelsa
Tipe drip bagCelup
Isi30 pcs
6

Taman Delta Indonesia Drip Coffee

Mulai dari Rp 17.350,00

Metode pemangganganMedium roast
Biji kopiBlend
Tipe drip bagHanging ear
Isi10 g x 3 pcs, 10 g x 10 pcs
5

Otten Drip Coffee 10g Arabica Aceh Gayo Atu Lintang

Mulai dari Rp 45.000,00

Metode pemangganganMedium roast
Biji kopiArabika Gayo Atu Lintang
Tipe drip bagHanging ear
Isi10 g x 4 pcs
4
Metode pemangganganHanging ear
Biji kopiArabika specialty
Tipe drip bagTidak ada keterangan
Isi8 g x 3 pcs
3

RobeansCoffee Drip Flores Manggarai

Mulai dari Rp 8.000,00

Metode pemangganganArabika M (medium roast), Arabika D (dark roast), Arabika VD (very dark roast), Robusta D (dark roast)
Biji kopiArabika atau robusta dari Flores Manggarai
Tipe drip bagHanging ear
Isi13 g x 1 pc
2
Metode pemangganganTidak ada keterangan
Biji kopiArabika dari Brazil
Tipe drip bagHanging ear
Isi10 g x 5 pcs
1

TanameraCoffee Drip Bag Toraja Sapan

Mulai dari Rp 50.000,00

Metode pemangganganMedium roast
Biji kopiToraja Sapan
Tipe drip bagHanging ear
Isi6 g x 10 pcs atau 6 g isi 5 pcs

Tabel perbandingan produk drip bag coffee terbaik

Gambar produk
1
Tanamera Coffee Drip Bag Toraja Sapan 1

Tanamera

2
Kapal Api Easy Drip Brazil Blend 1

Kapal Api

3
Robeans Coffee Drip Flores Manggarai 1

Robeans

4
Smoking Barrels 3SOME  1

Smoking Barrels

5
Otten  Drip Coffee 10g Arabica Aceh Gayo Atu Lintang 1

Otten

6
Taman Delta Indonesia  Drip Coffee 1

Taman Delta Indonesia

7
Coffesso Coffee Bags 1

Coffesso

8
Caffeine Dope Drip To Go Fine Robusta Sidikalang 1

Caffeine Dope

9
Gahwi Kopi Celup Robusta Java 1

Gahwi

10
Sarangopi Coffee Roastery Drip Series 1

Sarangopi Coffee Roastery

Nama produk

Coffee Drip Bag Toraja Sapan

Easy Drip Brazil Blend

Coffee Drip Flores Manggarai

3SOME

Drip Coffee 10g Arabica Aceh Gayo Atu Lintang

Drip Coffee

Coffee Bags

Drip To Go Fine Robusta Sidikalang

Kopi Celup Robusta Java

Drip Series

Keunggulan

Menyesap nikmatnya kopi Toraja yang fruity

Keasaman rendah, lebih ramah di lambung Anda!

Cicipi rasa dan aroma khas ala kopi Flores yang melegenda

Travelling bersama kopi pilihan Asoka Remadja!

Kopi Gayo hadir dalam kemasan dan metode saji yang praktis

Baru di-roasting ketika dipesan, rasanya dijamin masih segar!

Kopi celup dengan biji excelsa

Medium-dark roast bagi penyuka kopi yang pahit-pedas di lidah

Tanpa ampas jadi lebih bersih

Rasakan uniknya kopi campur mint, jahe, dan berry!

Harga mulai dariRp 50.000,00Rp 37.800,00Rp 8.000,00Rp 75.000,00Rp 45.000,00Rp 17.350,00Rp 45.000,00Rp 8.000,00Rp 15.000,00Rp 8.500,00
Metode pemangganganMedium roastTidak ada keteranganArabika M (medium roast), Arabika D (dark roast), Arabika VD (very dark roast), Robusta D (dark roast)Hanging earMedium roastMedium roastTidak ada keteranganMedium-dark roastTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Biji kopiToraja SapanArabika dari BrazilArabika atau robusta dari Flores ManggaraiArabika specialtyArabika Gayo Atu LintangBlendExcelsaRobusta dari SidikalangRobusta dari JawaBlend
Tipe drip bagHanging earHanging earHanging earTidak ada keteranganHanging earHanging earCelupHanging earCelupHanging ear
Isi6 g x 10 pcs atau 6 g isi 5 pcs10 g x 5 pcs13 g x 1 pc8 g x 3 pcs10 g x 4 pcs10 g x 3 pcs, 10 g x 10 pcs30 pcs12 g x 1 pcs10 g x 5 pcs1 pc
Tautan produk

Cara menyajikan kopi drip yang lezat

Kenikmatan secangkir kopi ditentukan dari cara menyeduhnya. Karena itu, agar tidak merusak kenikmatan produk kopi drip, Anda perlu menyeduh kopi drip dengan cara tepat. Kami akan menjelaskan cara menyeduh kopi drip untuk menghasilkan secangkir kopi yang nikmat!

Pasang drip bag dengan benar di cangkir

Pasang drip bag dengan benar di cangkir
Untuk membuat kopi nikmat, pastikan drip bag (terutama tipe hanging ear) telah terpasang dengan benar di bibir cangkir. Cek juga posisi drip bag agar tidak miring sehingga proses penyeduhan dapat berlangsung dengan baik.

Tergantung dari cangkir yang Anda gunakan, terkadang kait drip bag tidak dapat dikaitkan dengan pas ke cangkir Anda. Karena drip bag terbuat dari kertas, Anda dapat menggunting atau melipatnya agar lebih pas dengan cangkir yang Anda gunakan. Dengan begitu, proses penyeduhan dapat berlangsung tanpa hambatan.

Seduh kopi dengan kuantitas air panas dan durasi penyeduhan yang tepat

Seduh kopi dengan kuantitas air panas dan durasi penyeduhan yang tepat

Perbandingan kuantitas kopi dan air panas yang ideal adalah 1:15. Contohnya, apabila Anda hendak menyeduh 8 gram kopi, Anda akan membutuhkan 120 ml air panas. Ukurlah volume air panas yang diperlukan, lalu didihkan dalam ketel sehingga Anda tidak akan salah takar.


Selanjutnya, tuangkan air panas secukupnya untuk membasahi bubuk kopi dan diamkan selama 30 detik. Setelah itu, tuangkan kembali sisa air panas. Metode ini akan membuat rasa dan aroma kopi drip Anda lebih nikmat. Silakan Anda buktikan sendiri!

Baca juga rekomendasi kopi lainnya di sini

Selain kopi drip yang telah kami bahas, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli produk kopi populer lainnya. Produk-produk kopi tersebut tidak hanya nikmat untuk Anda seruput, tetapi juga pantas Anda jadikan buah tangan. Silakan simak penjelasan lebih lanjutnya pada artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan merek kopi drip favorit Anda? Kopi drip adalah solusi untuk Anda yang ingin menikmati kopi asli dengan praktis. 

Anda dapat menggunakan poin-poin di atas sebagai acuan dalam memilih drip bag coffee. Sebelum menentukan pilihan, pastikan Anda mengecek jenis kopi, metode roasting, hingga karakter rasanya. Pelajari juga cara menyeduhnya agar didapatkan cita rasa yang mantap.

Artikel terkait

  • 10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Bagi yang baru mendalami dunia kopi, mungkin memilih biji dan bubuk kopi yang bagus bisa menjadi kesulitan tersendiri.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merk kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai pelengkap agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam brand, seperti Nestle, Coffindo, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyaknya krimer di pasaran, manakah yang paling pas sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Oolong Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Oolong Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Buatlah waktu afternoon tea Anda menjadi lebih berkesan dengan teh oolong! Selain memiliki fungsi pengobatan, teh oolong juga bisa dinikmati saat bersantai. Jika Anda tak sempat ke restoran Tiongkok, cobalah menyeduh teh oolong sendiri di rumah.Teh oolong tersedia dalam berbagai jenis, seperti versi tubruk, celup, dan instan. Beberapa merek teh kenamaan, seperti Dilmah dan East Java & Co merilis teh oolong berkualitas tinggi. Anda pun bisa membeli merek teh oolong lain yang kualitasnya tak kalah bersaing. Mari simak artikel ini yang berkolaborasi dengan konsultan dan spesialis teh, Muhammad Ashfiya. 
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Teh Dilmah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teh Dilmah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dibandingkan kopi, teh memiliki kandungan kafein yang lebih rendah. Meski begitu, aromanya sangat harum, serta cukup beragam. Salah satu merek teh ternama di dunia adalah Dilmah. Berasal dari Sri Lanka, Dilmah dibuat dengan menggunakan teh khas negara tersebut yaitu Ceylon. Teh Ceylon memiliki kualitas yang sudah mendunia.Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan tips dalam memilih teh Dilmah yang sesuai selera Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi teh Dilmah terbaik, seperti Earl Grey, Green Tea with Jasmine, Brilliant Breakfast, dan lainnya. Segera simak pembahasan kami, ya!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Produk Indocafe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Indocafe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Indocafe adalah salah satu brand kopi instan yang sangat populer di Indonesia. Variasi rasa produknya sangat beragam sehingga sangat mudah disesuaikan dengan selera tiap orang. Anda bisa menemukan mulai dari kopi hitam sampai kopi rasa stroberi dan jahe. Bahkan, tidak hanya untuk diseduh panas, ada pula produk yang cocok disajikan dingin.Agar Anda tidak bingung dalam memilih, kami akan berikan beberapa tips memilihnya. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk terbaiknya, seperti Cappuccino, Fine Blend, dan Coffeemix 3 in 1. Jadi, jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Robusta Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kopi Robusta Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun jenis kopi telah berkembang, sebagian pencinta kopi tetap setia dengan rasa khas kopi robusta. Seperti yang telah diketahui, perbedaan kopi robusta dan arabika terletak pada rasanya. Kopi robusta menyuguhkan rasa yang cenderung pahit, sedangkan kopi arabika lebih didominasi rasa asam.Di pasaran terdapat berbagai merk yang menyediakan kopi robusta, seperti Otten Coffee, Nescafe, dan Space Roastery. Pemilihan kopi tentu disesuaikan dengan selera Anda. Namun, poin-poin di bawah ini dapat menjadi pertimbangan jika Anda memerlukan tips memilih kopi terbaik versi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya di akhir artikel.
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Daun Jati Cina Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Daun Jati Cina Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Telah lama teh daun jati cina dianggap sebagai obat pelangsing alami. Selain sebagai teh untuk diet, daun jati cina juga sebetulnya dapat membantu meredakan konstipasi. Hal tersebut tidak lain karena efek laksatif yang dimilikinya. Apabila Anda ingin mencoba teh pelangsing yang satu ini, sebaiknya kenali terlebih dahulu manfaatnya secara menyeluruh. Pertimbangkan pula beberapa cara memilih di bawah ini sebelum Anda membeli teh daun jati cina. Agar Anda makin mudah memilih merk teh daun jati cina yang bagus, kami juga menyiapkan rekomendasi produknya. Silakan disimak, ya!
    Teh & kopi
  • 10 Produk Excelso Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Produk Excelso Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda pasti sudah familier dengan nama Excelso. Merk kopi yang memiliki banyak gerai kafe di Indonesia ini juga menjual kopi kemasan. Anda bisa membeli kopi kemasan Excelso langsung di gerainya, swalayan, maupun secara online.Kopi Excelso memiliki beragam varian yang enak, seperti Kalosi Toraja, Arabica Gold, dan Robusta Gold. Karena itu, kali ini kami akan merekomendasikan sepuluh kopi Excelso terbaik versi kami. Selain itu, kami juga akan memberikan tips memilihnya agar sesuai dengan preferensi Anda. Selamat berburu kopi!
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Lampung Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kopi Lampung Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, kebiasaan minum kopi menjadi sebuah tren tersendiri, khususnya di kalangan anak muda. Nah, bagi Anda para pencinta kopi, sudahkah Anda mencicipi cita rasa kopi Lampung? Varietas kopi yang dikembangkan di provinisi Lampung ini terkenal akan rasanya yang strong dan berkarakter.Kami akan mengulas dan memberikan tips memilih kopi Lampung beserta rekomendasi produknya. Merek kopi Lampung paling enak seperti Artcofie, Arutala Coffee, dan Seven Bika juga akan kami ulas di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Simak sampai akhir, ya!
    Teh & kopi
  • 10 Merk Hojicha Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Hojicha Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hojicha merupakan jenis teh hijau Jepang yang dipanggang sehingga menghasilkan rasa smoky yang khas. Karena aroma dan rasanya yang unik, banyak makanan dan minuman menggunakan hojicha sebagai bahan utamanya. Di pasaran, Anda bisa menemukan hojicha dari merek-merek ternama, seperti Otten, Homelab, dan Matchamu.Selain merek-merek tersebut, ada banyak merek hojicha lainnya dengan cita rasa yang enak. Apa saja merek yang dimaksud? Silakan simak review lengkap tentang hojicha dalam artikel ini. Selain ada sepuluh merek hojicha ternama, kami juga akan membahas manfaat serta cara memilih hojicha terenak. Selamat membaca artikelnya.
    Teh & kopi
  • Artikel populer

  • 10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Bagi yang baru mendalami dunia kopi, mungkin memilih biji dan bubuk kopi yang bagus bisa menjadi kesulitan tersendiri.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merk kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Sayangnya, kandungan kafeina di dalam kopi memberi efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaf, kopi dengan kadar kafeina yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaf, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi kopi decaf terbaik. Nescafé, Illy, dan berbagai merek kopi lokal ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi menarik tentang kopi decaf.
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Kopi Kapal Api Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Kapal Api Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kopi Kapal Api telah lama menemani masyarakat Indonesia dengan aroma dan rasanya yang memikat. Merk ini merupakan produk dari Santos Jaya Abadi. Komitmennya adalah untuk memberikan kopi spesial bagi para konsumen. Ada banyak varian dari Kapal Api, yaitu kopi hitam kopi bubuk, kopi premium, kopi instan, dan kopi siap minum.Agar Anda tidak bingung dalam memilih produk kopi Kapal Api, kami akan memberikan tipsnya untuk Anda. Setelahnya, ada juga rekomendasi produk terbaiknya. Kapal Api Special, Kapal Api Signature, dan Kapal Api Easy Drip ada dalam rekomendasi kami. Mari kita mulai!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Good Day Coffee merupakan salah satu merek kopi yang populer di Indonesia. Selain murah dan praktis, pilihan rasa yang ditawarkan juga variatif. Good Day Coffee mengemas produknya dengan kekinian sehingga banyak anak muda menggemarinya. Dari banyaknya pilihan, manakah yang sebaiknya dipilih?Kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih produk Good Day Coffee yang paling sesuai. Tak lupa, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari Good Day Coffee, seperti Coffee Freeze, Tiramisu Bliss Coffee, dan Cappuccino. Bersiaplah untuk menikmati varian rasa seru dari Good Day Coffee!
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak orang senang meminum teh hitam dalam berbagai suasana, misalnya ketika ingin bersantai. Namun, saat membeli teh hitam Anda mungkin dibingungkan dengan banyaknya pilihan dan merek yang ada.Untuk itu, kami akan berbagi tips memilih teh hitam yang enak. Anda dapat membaca lebih detail mengenai jenis-jenis teh hitam beserta karakteristiknya. Merek teh hitam terbaik, mulai dari SariWangi, Dilmah, hingga Twinings juga akan kami ulas tuntas. Di artikel ini, kami juga telah bekerja sama dengan seorang konsultan dan spesialis teh bernama Muhammad Ashfiya. Mari simak terus artikel ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai pelengkap agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam brand, seperti Nestle, Coffindo, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyaknya krimer di pasaran, manakah yang paling pas sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Arabika Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kopi Arabika Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    Belakangan ini, menikmati kopi bukan hanya soal memberi suplai kafein bagi tubuh, melainkan juga tentang gaya hidup. Jenis kopi hingga cara menikmatinya pun sudah berkembang sedemikian rupa. Banyak penikmat kopi yang menggemari kopi arabika untuk diseduh di rumah, biasanya dengan metode manual brewing.Terdapat berbagai merk kopi arabika di pasaran, seperti Otten, Excelso, Starbucks, Anomali, atau Tanamera Coffee. Di antaranya ada kopi arabika dengan rasa manis ataupun tidak asam. Simak rekomendasi kopi arabika yang enak serta tips memilihnya di sini. Ada komentar dari coffee consultant, Deni Dermanto, juga, lho!
    Teh & kopi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori