mybest
Kopi

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Teh & kopi
  4. 10 Drip Bag Coffee Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Drip Bag Coffee Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Drip Bag Coffee Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Drip Bag Coffee Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Drip Bag Coffee Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Drip Bag Coffee Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Drip Bag Coffee Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2024)

Kopi drip bag muncul seiring dengan meningkatnya tren kopi di Indonesia. Kopi drip bag bisa menjadi alternatif menikmati kopi hitam tanpa ampas karena sudah menggunakan filter. Cara penyeduhannya pun sangat mudah sehingga praktis untuk dinikmati kapan saja.

Berbagai merek kopi yang bagus, seperti Kapal Api, Tanamera, Otten, dan Arutala mengeluarkan produk drip bag coffee. Sebelum membelinya, simak dahulu tips dari kami, ya. Kami juga akan berbagi tips untuk drip bag coffee agar rasanya lebih enak. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Selamat membaca!

Diperbaharui 14/07/2023
Lalu Ahmad Alpian
Pakar
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Lalu Alpian memulai perjalanannya di industri kopi sebagai barista pada 2014. Bagi Alpian, kedai kopi bukan sekadar tempat transaksi kopi, melainkan sebuah kultur. Sejak terjun di industri kopi, Alpian terus meningkatkan pengetahuan baik detail tentang kopi maupun sisi bisnis sebuah coffee shop. Wawasan dan keterampilan tersebut mengantarnya tiba pada posisi general manager Awor Coffee Group. Kedai kopi yang dikelolanya ini telah memiliki cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Profil Lalu Ahmad Alpian
Lanjut membaca
Grace Mulyani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Grace Mulyani

Grace Mulyani adalah lulusan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya yang melanjutkan kembali studinya dalam bidang yang sama di Institut Teknologi Bandung. Semasa menjalani studi lanjut, Grace yang juga adalah content creator di Lemon8 menemukan passion-nya dalam dunia menulis dan menjadi writer di mybest Indonesia. Melalui pekerjaan ini, Grace telah banyak meriset dan berhubungan dengan pakar untuk berbagai topik terkait kesehatan, elektronik rumah tangga, perawatan tubuh, makanan, serta tren fashion terkini.

Profil Grace Mulyani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu drip bag coffee?

Apa itu drip bag coffee?

Drip bag coffee adalah butiran kopi yang sudah digiling dan dimasukkan ke dalam kertas drip atau filter. Modelnya jadi seperti menikmati teh celup. Banyak orang yang suka minum kopi dari biji aslinya, tetapi tidak punya waktu untuk menggiling sendiri bijinya. Drip bag coffee hadir sebagai solusi yang lebih praktis, bersih, dan tidak menghilangkan rasa asli dari kopinya.


Lalu, apa bedanya dengan kopi saset? Kopi saset terkadang sudah dicampur dengan gula dan krimer. Sementara itu, drip bag coffee biasanya masih berupa bubuk kopi murni tanpa gula. Cara menikmatinya tinggal diseduh, seperti V60 atau kopi tubruk lainnya. Karena simpel, drip bag coffee bisa dibawa ke kantor, berkemah, atau dijadikan sampel kopi untuk dicoba.

Cara memilih drip bag coffee

Untuk mendapatkan produk kopi drip yang nikmat, ada beberapa poin yang perlu Anda ketahui. Agar lebih jelas, mari kita simak detail penjelasan berikut ini!
1

Kenali karakter rasa biji kopi

Drip bag coffee ada yang menggunakan jenis biji arabika, robusta, ataupun campuran keduanya. Ketahui karakteristik setiap jenis bijinya agar Anda dapat menerka karakteristik rasanya.

Arabika: Kadar kafein lebih rendah, rasa lebih variatif

Arabika: Kadar kafein lebih rendah, rasa lebih variatif

Biji kopi arabika adalah jenis biji yang berasal dari daratan Ethiopia Barat. Bentuk bijinya lebih lonjong dan pipih dengan ukuran yang agak kecil. Jenis ini termasuk andalan untuk dijadikan minuman single origin karena rasanya yang bervariasi. Tanpa tambahan gula, krimer, atau pemanis lainnya, kopi arabika sudah sangat nikmat.


Kopi arabika memiliki rasa lembut dan lebih kaya rasa dibanding dengan robusta. Kandungan gula dalam arabika juga dua kali lebih banyak dibandingkan robusta. Arabika rata-rata memiliki karakter aromatic dan flavorful. Rasa kopi arabika bisa dijelaskan seperti floral, fruity, citrus, nutty, dan manis.


Kandungan kafein pada kopi arabika tergolong rendah sekitar 0,9–1,4%. Aromanya cukup segar dan terkadang fruity. Anda yang tidak terbiasa minum kopi bisa mencoba kopi ini terlebih dahulu.

Robusta: Lebih strong, bahkan cenderung pahit

Robusta: Lebih strong, bahkan cenderung pahit

Biji kopi di Indonesia lebih dominan biji robusta. Jenis kopi ini kurang disukai oleh orang Eropa karena rasanya yang terlalu kuat. Meski agak pahit, rasanya tetap nikmat, apalagi untuk pencinta kopi. Salah satu kopi robusta terbaik dari Indonesia adalah kopi Sidikalang robusta. Rasanya lebih light dibandingkan kopi robusta lainnya.


Karakter kuat kopi robusta didapatkan dari kandungan kafeinnya yang tinggi sekitar 1,8–4%. Berbeda dengan biji kopi arabika, biji kopi robusta lebih besar dan bulat. Dilihat dari segi harganya, kopi robusta jauh lebih murah dibandingkan dengan kopi arabika. Untuk mengurangi rasa pahitnya, banyak yang mencampur biji robusta dan arabika agar rasanya lebih seimbang.


Setelah diseduh, rasa robusta biasanya dijelaskan dengan pahit dark chocolate dan kasar seperti kayu terbakar. Rasa pahit pada robusta ini karena kandungan kafein yang dua kali lebih banyak dibandingkan arabika. Jadi, robusta cocok untuk Anda yang membutuhkan caffeine kick pada pagi hari. Karena kandungan kafeinnya yang tinggi, sebaiknya lebih waspada saat mengonsumsi kopi jenis robusta jika Anda memiliki masalah lambung.

2

Cari tahu tingkat roasting kopi untuk menentukan rasanya

Kopi akan menghasilkan rasa yang berbeda tergantung proses pemanggangannya. Ada tiga tingkat metode pemanggangan yang umum dikenal, yaitu light roast, medium roast, dan dark roast. Tidak semua produsen mencantumkan tingkat roasting-nya. Namun, akan lebih baik jika Anda mengetahuinya.

Light roast: Rasanya lebih fruity dan sedikit asam

Light roast: Rasanya lebih fruity dan sedikit asam

Light roast memberikan rasa asam yang segar. Untuk Anda yang tidak terlalu suka kopi pahit bisa memilih tipe ini. Rasa asam didapatkan dari citric acid dan malic acid yang terkandung di dalam biji kopi. Saat dipanggang dengan light roast, rasa keduanya akan muncul.


Beberapa biji kopi memiliki rasa yang unik, misalnya berries atau floral. Kopi drip bag dengan level light roast bisa jadi teman minum teh dan kue yang nikmat pada pagi hari.

Medium roast: Rasa asam dan pahitnya seimbang

Medium roast: Rasa asam dan pahitnya seimbang

Medium roast adalah level pemanggangan yang standar. Kebanyakan kedai kopi menggunakan level roasting ini karena bisa dinikmati berbagai kalangan. Rasa biji kopinya memiliki keseimbangan yang bagus antara keasaman dan pahitnya. Jika Anda bingung memilih level roasting, pilihlah medium roast.


Biji kopi medium roast juga salah satu favorit untuk diminum bersama susu atau krimer. Namun, untuk Anda yang ingin menikmati rasa pahit dan pekat yang khas, minumlah tanpa tambahan apa pun. 

Dark roast: Aroma lebih wangi dan rasanya kuat

Dark roast: Aroma lebih wangi dan rasanya kuat

Dark roast akan menghasilkan aroma kuat dan rasa yang pahit khas kopi. Anda yang sudah terbiasa minum kopi pahit mungkin akan menikmatinya. Dark roast biasanya digunakan pada kopi Vietnam dan Singapura. Kopi dark roast juga dikonsumsi luas oleh masyarakat Indonesia untuk kopi dengan campuran susu kental manis.

3

Pilih kemasan dan isinya juga

Pilih kemasan dan isinya juga

Jumlah bubuk kopi di dalam drip bag memengaruhi jumlah air panas yang dibutuhkan untuk menyeduhnya. Bubuk kopi seberat 7–9 gram cocok untuk Anda yang tidak terlalu gemar minum kopi. Tingkat kafeinnya tentu lebih rendah. Untuk Anda yang suka minum kopi, pilihlah yang bobotnya 10 gram atau lebih.


Anda bisa mengatur kepekatannya juga sesuai selera. Untuk kopi yang strong, Anda bisa mengurangi jumlah air panas yang ditambahkan. Begitu juga sebaliknya, agar tidak terlalu strong, tambahkan jumlah air panasnya.


Selain isi kemasan, pertimbangkan juga model kemasannya. Beberapa produsen mengemasnya dengan cantik dan menarik sehingga bisa Anda jadikan hadiah untuk orang terkasih.

4

Cek model filter drip bag coffee

Ada dua jenis desain kemasan drip bag coffee yang bisa Anda pilih. Salah satu cara penyajiannya adalah dicelupkan ke cangkir. Ada juga cara penyajian yang hanya perlu dikaitkan ke ujung cangkir. Pilihlah tipe yang lebih Anda suka.

Hanging ear drip bag: Lebih praktis dan tidak kotor

Hanging ear drip bag: Lebih praktis dan tidak kotor

Untuk drip coffee, rasio seduh ideal yang banyak dipakai adalah 1 gram kopi diseduh dengan 15 ml air. Namun, brewer juga memakai perbandingan 1 : 18, bahkan 1 : 20 untuk mendapatkan hasil seduh yang lebih ringan.


Konsep penyajian hanging ear drip bag ini mirip dengan hand drip. Hand drip adalah teknik penyeduhan kopi dengan bantuan kertas saring. Anda bisa meletakkan bubuk kopi di atas kertas saring dan dituangi 15–20 ml air panas untuk setiap gram kopi. 


Pada tipe hanging ear drip bag ini Anda hanya perlu mengaitkan dripper ke bibir cangkir, seperti pada gambar. Setelah dituangi air panas, bubuk kopi akan terekstraksi dan menetes-netes turun ke cangkir di bawahnya. Kopi yang mantap segera bisa Anda nikmati.


Tentunya kemasan dripper bag seperti ini lebih praktis dan mudah dibersihkan. Desainnya juga terlihat lebih modern dan bersih.

Tipe celup: Seluruh bagian kantong tercelup ke kopi

Tipe celup: Seluruh bagian kantong tercelup ke kopi

Simpelnya, model ini mirip dengan teh celup. Kantong yang berisi bubuk kopi dicelupkan seluruhnya ke dalam cangkir. Kemudian, Anda tambahkan air panas ke dalamnya. Untuk Anda yang lebih suka cara lama dan memastikan seluruh bubuk kopinya tercelup, pilih tipe ini.


Anda harus berhati-hati saat membersihkannya. Kantong yang tercelup berpotensi menyerap banyak air. Jadi, saat mengangkatnya jangan sampai kantong tersebut menetes-netes ke lantai rumah Anda. 

5

Pertimbangkan untuk memilih kopi decaf

Pertimbangkan untuk memilih kopi decaf

Kafein bisa membuat Anda bekerja lebih fokus dan tidak mudah mengantuk. Namun, terlalu banyak kafein juga tidak baik karena bisa memengaruhi kesehatan lambung. Selain itu, jantung juga bisa berdebar-debar karenanya. Untuk Anda yang ingin membatasi konsumsi kafein, pilih produk yang rendah kafein (decaffeinated coffee).


Produk seperti ini bisa saja menggunakan biji kopi light roast atau sudah dicampurkan dengan gula dan bahan lainnya. Mungkin rasanya tidak seautentik biji kopi orisinal. Namun, beberapa produk bisa mendekati rasa kopi berkafein, bahkan sama nikmatnya.


Jika Anda sedang mencari produk kopi decaf yang bagus, klik saja tautan berikut ini. Kami sudah mengulas berbagai kopi decaf terbaik untuk dikonsumsi.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi drip bag coffee terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk drip bag coffee terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Lalu Ahmad Alpian.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Indonesia Makmur Sentosa

WoCa Kopi Luwak DRIP ROBUSTA

Indonesia Makmur Sentosa WoCa Kopi Luwak DRIP ROBUSTA 1

Rp10.000

Lebih Murah

Kopi luwak robusta drip bag yang aromanya sangat semerbak

2

Tanamera

Coffee Drip Bag Toraja Sapan

Tanamera Coffee Drip Bag Toraja Sapan 1

Rp52.000

Menengah

Menyesap nikmatnya kopi Toraja yang fruity

3

Kapal Api

Easy Drip Brazil Blend

Kapal Api Easy Drip Brazil Blend 1

Rp41.600

Menengah

Easy drip coffee dari Kapal Api dengan tingkat keasaman rendah

4

Arutala

Drip Bag/Filter Bag Coffee: Arabika Bali Kintamani

Arutala  Drip Bag/Filter Bag Coffee: Arabika Bali Kintamani 1

Rp50.000

Menengah

Drip bags coffee asal Kintamani, rasanya lebih clean dengan taste jeruk

5

Erefindo Jaya

Esvenco Classic Blend

Erefindo Jaya Esvenco Classic Blend 1

Rp47.552

Menengah

Kopi drip blend dengan rasa yang strong, tetapi rendah asam

6

Taman Delta Indonesia

Drip Coffee

Taman Delta Indonesia Drip Coffee 1

Rp18.300

Agak Murah

Baru di-roasting ketika dipesan, rasanya dijamin masih segar!

7

Otten

Drip Coffee Arabica Aceh Gayo Atu Lintang

Otten  Drip Coffee Arabica Aceh Gayo Atu Lintang 1

Rp60.000

Menengah

Kopi Gayo hadir dalam kemasan dan metode saji yang praktis

8

Sakha Coffee

Kopi Sachet Celup Robusta Garut

Sakha Coffee Kopi Sachet Celup Robusta Garut 1

Rp19.900

Agak Murah

Kopi celup asal Garut dengan full city roast, rasanya lebih pekat

9

Indonesso

Easy Drip Java Decaf

Indonesso Easy Drip Java Decaf 1

Rp100.000

Agak Mahal

Kopi blend drip medium roast dengan kadar kafein yang lebih rendah

10

JJ Royal

Papua Arabica Drip Tin

JJ Royal  Papua Arabica Drip Tin 1

Rp114.500

Lebih Mahal

Biji kopi berkualitas dari Jayawijaya, Papua, rasanya sangat autentik!

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Indonesia Makmur SentosaWoCa Kopi Luwak DRIP ROBUSTA

WoCa Kopi Luwak DRIP ROBUSTA 1
Sumber: shopee.co.id
WoCa Kopi Luwak DRIP ROBUSTA 2
Sumber: shopee.co.id
WoCa Kopi Luwak DRIP ROBUSTA 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp10.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp10.000
Lebih Murah

Kopi luwak robusta drip bag yang aromanya sangat semerbak

Apakah Anda baru pertama kali ingin mencoba kopi luwak? Kopi luwak memang dijual dengan harga yang tinggi dan terkadang membuat orang agak enggan mencobanya. Nah, Anda bisa mencoba produk kopi luwak drip bag ini. Produknya dijual dalam bentuk satuan sehingga Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mencoba kopi luwak.


Kopi luwak robusta dari WoCa memiliki aroma khas kopi luwak yang menggoda dan semerbak. Selain itu, kopi ini tidak membuat Anda mual. Sudah banyak pembeli yang merasa puas dengan rasa dan aroma kopi luwak robusta WoCa.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

TanameraCoffee Drip Bag Toraja Sapan

Harga referensi
Rp52.000
Menengah

Menyesap nikmatnya kopi Toraja yang fruity

Desa Sapan di Toraja Utara terkenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Ditanam di ketinggian 1.400 mdpl, kopi yang dihasilkan memiliki karakter yang lembut. Aroma dan rasanya lebih fruity khas jeruk nipis, jahe, dan blackcurrant


Kopi Toraja termasuk salah satu kopi dengan karakter asam yang kuat. Untuk Anda yang suka kopi agak asam dengan cita rasa fruity, cobalah Toraja Sapan dari Tanamera. Namun, sebaiknya Anda minum kopi ini setelah perut terisi makanan, ya.

No.3

Kapal ApiEasy Drip Brazil Blend

Harga referensi
Rp41.600
Menengah

Easy drip coffee dari Kapal Api dengan tingkat keasaman rendah

Brazil merupakan salah satu produsen kopi terbesar di dunia yang diakui kelezatannya. Kebanyakan kopinya berjenis arabika dengan tingkat keasaman rendah. Nikmatnya kopi Brazil kini hadir lebih praktis melalui Kapal Api Easy Drip Brazil Blend. 

Easy Drip Brazil Blend memiliki tingkat keasaman 2,2 dari 5. Tentu saja kopi ini cocok sekali untuk Anda yang kurang menyukai kopi dengan taste asam. Selain itu, kopi ini memiliki tasting notes cokelat, nutty, dan grapefruit.

No.4

Arutala Drip Bag/Filter Bag Coffee: Arabika Bali Kintamani

Harga referensi
Rp50.000
Menengah

Drip bags coffee asal Kintamani, rasanya lebih clean dengan taste jeruk

Jika Anda menyukai kopi dengan aroma floral dengan taste buah, inilah kopi yang tepat. Kopi Kintamani Arutala ditanam di ketinggian 1.300 mdpl. Anda bisa mencium aroma karamel dan floral dari kopi ini. Tasting notes-nya berupa jeruk dan sedikit rasa manis. Tingkat keasamannya pun medium dengan clean aftertaste. Rasa kopinya yang kompleks pasti membuat Anda penasaran ingin mencicipinya.

No.5

Erefindo JayaEsvenco Classic Blend

Harga referensi
Rp47.552
Menengah

Kopi drip blend dengan rasa yang strong, tetapi rendah asam

Kopi drip ini adalah campuran kopi arabika dan robusta dari Indonesia. Karakter rasanya lebih strong dengan kandungan asam yang lebih rendah. Di samping itu, kopi ini juga memiliki tasting notes karamel. Jadi, bagi Anda yang menyukai kopi dengan rasa tak terlalu asam, Esvenco Classic Blend adalah kopi yang tepat. 
No.6

Taman Delta IndonesiaDrip Coffee

Drip Coffee 1
Sumber: shopee.co.id
Drip Coffee 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp18.300
Agak Murah
Harga referensi
Rp18.300
Agak Murah

Baru di-roasting ketika dipesan, rasanya dijamin masih segar!

Taman Delta Indonesia (TDI) merupakan produsen kopi yang mengumpulkan dan mengolah sendiri biji kopinya hingga siap dinikmati konsumen. Salah satu produk terlarisnya adalah TDI Drip Coffee. TDI menjual kopi drip fresh roast yang artinya baru dipanggang jika ada pesanan. Tentunya rasanya jadi lebih segar dan masa kedaluwarsanya lebih lama.

Kopi yang digunakan adalah campuran arabika dengan metode pemanggangan medium roast. Rasanya cenderung seperti karamel saat menyentuh lidah dengan nuansa nutty untuk aftertaste. Rasa asamnya sedang-sedang saja sehingga tergolong aman untuk lambung.

No.7

Otten Drip Coffee Arabica Aceh Gayo Atu Lintang

Harga referensi
Rp60.000
Menengah

Kopi Gayo hadir dalam kemasan dan metode saji yang praktis

Kopi Otten adalah salah satu brand yang sudah sangat populer di Indonesia. Otten juga menjadi salah satu brand pertama yang mengeluarkan produk drip bag coffee. Kopi arabika Gayo Atu Lintang asal Aceh menjadi salah satu favorit konsumen.


Karakter rasanya tidak begitu pahit serta cenderung ada syrupy-like body mouthfeel di dalamnya. Selain itu, rasanya juga tidak terlalu asam sehingga bisa disukai berbagai kalangan. Produk ini cocok untuk penggemar kopi Gayo yang ingin menikmati kopi dengan lebih praktis.

No.8

Sakha CoffeeKopi Sachet Celup Robusta Garut

Harga referensi
Rp19.900
Agak Murah

Kopi celup asal Garut dengan full city roast, rasanya lebih pekat

Fine robusta asal Garut ini dibuat dengan proses natural atau dengan metode kering. Kemudian, biji kopinya disangrai dengan metode full city sehingga rasa pahitnya lebih dominan. Kopi ini juga memiliki flavor notes nutty, cokelat, karamel, dan woody. Jika Anda menyukai kopi dengan pahit pekat, ini adalah produk yang tepat!

No.9

IndonessoEasy Drip Java Decaf

Harga referensi
Rp100.000
Agak Mahal

Kopi blend drip medium roast dengan kadar kafein yang lebih rendah

Kopi ini hadir dalam sediaan easy drip yang praktis dan mudah untuk diseduh. Java Decaf menggunakan kombinasi biji kopi dari Pulau Jawa dan Kolombia. Biji kopinya diproses secara alami agar lebih rendah kafeina. Biji kopi ini memiliki tingkat keasaman medium serta memiliki tekstur yang velvety.


Kopi blend ini memiliki tasting notes cokelat dan kenari. Metode slow roast medium membuat biji kopi ini memiliki ciri khas tersebut. Karena kandungan kafeinnya yang rendah, kopi ini lebih ideal untuk Anda yang sensitif kafein. Anda tetap dapat menikmatinya tanpa kehilangan rasa khas dari kopi berkafein.

No.10

JJ Royal Papua Arabica Drip Tin

Harga referensi
Rp114.500
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp114.500
Lebih Mahal

Biji kopi berkualitas dari Jayawijaya, Papua, rasanya sangat autentik!

Kopi arabika asal Papua dari JJ Royal merupakan specialty grade 1 yang sangat berkualitas. Biji kopinya didapatkan dari pegunungan Jayawijaya. Biji kopinya disangrai sampai medium dark. Hasilnya adalah kopi dengan aroma cokelat malty ditambah aftertaste yang kuat dan long lasting. Tingkat keasamannya pun cenderung rendah dan smooth di mulut Anda.

Tips menyeduh kopi drip bag dengan benar dari coffee consultant kami, Lalu Alpian

Tips menyeduh kopi drip bag dengan benar dari coffee consultant kami, Lalu Alpian

Menyeduh drip bag coffee mirip dengan teknik seduh pour over, seperti menggunakan alat seduh V60. Untuk home brewer, saya sarankan untuk memiliki timbangan dan termometer. Dengan alat tersebut, Anda bisa mencoba berbagai macam variabel seduh dengan rasa yang berbeda-beda. Saya juga sarankan untuk memakai kopi light roast atau medium roast.


Sebagai contoh, gunakan 10 gram drip bag coffee untuk diseduh. Seduh dengan rasio 1 gram kopi dan 15 gram air. Jadi, total air yang digunakan adalah 150 gram. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.


  • Gunakan air dengan suhu 85–95º C. Pertama, tuang 30 gram air (tiga kali berat kopi) ke kopi. Pastikan semua kopi terkena air dan tunggu selama 30 detik. Biarkan proses blooming terjadi.
  • Bagi sisa air total menjadi dua bagian, yaitu 150 - 30 = 120 gram dan 120 / 2 = 60 gram.
  • Untuk tuangan kedua tuang 60 gram air secara merata di permukaan kopi.
  • Tunggu sampai semua air pada tuangan kedua menetes.
  • Untuk tuangan terakhir, tuang 60 gram air secara merata pada permukaan kopi.
  • Tunggu sampai semua air menetes kemudian angkat drip bag.
  • Anda bisa menikmati secangkir kopi yang enak!

Coba gunakan suhu yang berbeda untuk tiap seduhan. Bandingkan rasa apa yang muncul saat Anda mengubah suhu airnya. Selamat mencoba!

Baca juga rekomendasi kopi lainnya di sini

Selain kopi drip yang telah kami bahas, Anda juga bisa mempertimbangkan produk kopi populer lainnya. Produk-produk kopi tersebut tidak hanya nikmat untuk Anda seruput, tetapi juga pantas Anda jadikan buah tangan. Silakan simak penjelasan lebih lanjutnya pada artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Kini sudah ada banyak produk kopi drip lokal dengan rasa yang enak. Kopi drip memudahkan Anda untuk menikmati secangkir kopi hitam tanpa ampas. Jangan lupa untuk mencari tahu taste dan aroma kopi tersebut agar sesuai dengan selera Anda.


Semoga Anda terbantu dengan informasi yang kami berikan seputar kopi drip bag. Jangan lupa juga untuk share artikel kami, ya! Selamat menikmati kopi drip pilihan Anda!

5 Rekomendasi Drip Bag Coffee terbaik

No. 1: Indonesia Makmur SentosaWoCa Kopi Luwak DRIP ROBUSTA

No. 2: TanameraCoffee Drip Bag Toraja Sapan

No. 3: Kapal ApiEasy Drip Brazil Blend

No. 4: Arutala Drip Bag/Filter Bag Coffee: Arabika Bali Kintamani

No. 5: Erefindo JayaEsvenco Classic Blend

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Teh & kopi
  4. 10 Drip Bag Coffee Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.