10 Rekomendasi Tas Terbaik untuk Perjalanan Menginap 1 Malam (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Tas Terbaik untuk Jalan-Jalan Menginap 1 Malam (Terbaru Tahun 2018)

Saat Anda melakukan perjalanan 2 hari 1 malam, mengepak pakaian dan kebutuhan lainnya ke dalam tas adalah hal yang pasti dilakukan. Namun, masalah yang sering terjadi adalah packing yang kurang rapi karena ternyata tas terlalu besar, terlalu kecil, atau kurang pas dengan tujuan penggunaannya.

Untuk itu, kami akan sharing cara praktis dalam memilih tas untuk bepergian. Kami juga akan menyajikan beberapa produk tas pilihan yang sesuai dengan perjalanan 2 hari 1 malam Anda. Baik itu tipe unisex maupun tipe formal untuk perjalanan bisnis. Perjalanan pasti lebih menyenangkan bila Anda menggunakan tas favorit Anda.

Daftar isi

Cara memilih tas untuk perjalanan menginap 1 malam

Sebelum membeli, Anda perlu mengetahui cara memilih tas terbaik untuk perjalanan menginap 1 malam. Berbagai faktor, seperti ukuran dan material tas adalah hal penting yang harus diperhatikan. Namun, tidak hanya itu saja. Lebih lengkapnya, simak informasi berikut!

Pilih tas dengan ukuran dan bobot yang sesuai

Banyak orang bertanya-tanya mengenai ukuran tas yang tepat untuk perjalanan menginap 1 malam. Sebenarnya, jawabannya pun relatif karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Di samping ukuran, memilih bobot tas yang tepat juga tidak kalah penting.

Untuk perjalanan bisnis : muat untuk dokumen atau peralatan kerja dan pakaian

Untuk perjalanan bisnis : muat untuk dokumen atau peralatan kerja dan pakaian

Ada kalanya Anda harus melakukan perjalanan bisnis atau dinas ke luar kota dan menginap 1 malam. Untuk perjalanan semacam ini, selain pakaian dan kebutuhan lainnya, Anda akan memerluan space untuk menyimpan dokumen atau barang-barang keperluan kerja. Jadi, pilihlah tas dengan ukuran space sebesar tas kerja yang biasa Anda gunakan, ditambah dengan space yang cukup untuk memuat barang-barang pribadi kebutuhan Anda.

Untuk perjalanan wisata : minimal berukuran A4 lebih ideal

Untuk perjalanan wisata : minimal berukuran A4 lebih ideal

Ketika Anda bepergian dan menginap di hotel, umumnya Anda hanya akan membawa barang berharga, seperti dompet, ponsel, dan sebagainya, sesetel pakaian, serta peralatan kosmetik. Dengan begitu, membawa tas berukuran kecil yang mudah ditenteng biasanya sudah cukup. Contohnya, tas berukuran 35 cm2 atau tas dengan ukuran panjang 40-45 cm × tinggi 25 cm × lebar 15 cm. Akan lebih aman jika Anda memilih tas tipe Boston dengan ukuran minimal sebesar kertas A4.

Pilih tas dengan bobot 500 – 1.000 gram

Pilih tas dengan bobot 500 - 1.000 gram

Selain memperhatikan ukuran tas, Anda juga perlu memperhatikan bobot tas. Dalam memilih tas, seringkali orang-orang lebih menitikberatkan pada tampilan luarnya saja. Padahal, memperhatikan bobot tas juga penting, terutama bagi Anda para wanita.

Meskipun hanya perjalanan 1 malam, sebisa mungkin pilihlah tas dengan bobot yang ringan agar pundak tidak terbebani. Sebagai patokan, pilihlah tas dengan berat sekitar 500 gram saja. Meski begitu, tas dengan bobot di bawah 1 kg juga masih dapat ditolerir.

Pilih tas dengan bahan yang tahan air dan tidak mudah kotor

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah memilih bahan tas. Ada berbagai jenis bahan yang umum digunakan sebagai bahan baku tas, seperti kulit asli, kulit sintetis, poliester, katun, dan lain sebagainya. Masing-masing jenis bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga Anda perlu jeli dalam memilih.

Pilih bahan yang kuat agar kemanan barang bawaan terjamin

Pilih bahan yang kuat agar kemanan barang bawaan terjamin

Meski hanya untuk perjalanan pendek, memilih tas dengan bahan yang kuat juga wajib dilakukan. Misalnya, pada tas berbahan nilon, bila memungkinkan pilihlah bahan nilon yang kekuatannya terjamin, seperti twill atau Cordura ballistic. Kain jenis tersebut terbuat dari woven dengan kepadatan tenunan yang lebih baik sehingga lebih kuat. Selain itu, jenis bahan katun yang umum digunakan sebagai bahan layar perahu yacht juga bisa menjadi pilihan.

Pilih bahan antiair agar barang bawaan terlindungi dari hujan

Pilih bahan antiair agar barang bawaan terlindungi dari hujan

Cuaca bisa tiba-tiba saja berubah pada saat Anda melakukan perjalanan. Agar tidak perlu panik bila tiba-tiba turun hujan, sangat disarankan untuk memilih tas dengan bahan yang tahan air. Dengan begitu, barang-barang Anda tidak akan menjadi lembap hanya karena hujan gerimis. Bahan tahan air juga lebih mampu melindungi barang-barang dari kotoran.

Bila Anda merasa belum aman hanya dengan bahan tahan air, pilihlah tas dengan bahan antiair atau waterproof. Tidak hanya bahannya saja, barang-barang Anda akan lebih terlindung dari basah bila bagian jahitan dan ritsletingnya juga mampu menahan air.

2-way bag yang lebih nyaman untuk digunakan

Dengan berat yang sama, membawa tas dengan cara tertentu akan membuatnya terasa lebih ringan. Agar tas lebih mudah digunakan, bila memungkinkan pilihlah tas yang dapat dimodifikasi cara membawanya.

2-way bag, ransel dan jinjing : mengurangi beban pada tangan Anda

2-way bag, ransel dan jinjing : mengurangi beban pada tangan Anda

Meskipun tidak banyak jenisnya, ada juga 2-way bag yang dapat digunakan sebagai tas ransel sekaligus tas jinjing. Ketika barang bawaan dirasa cukup berat, Anda dapat menggunakan fungsinya sebagai tas ransel. Beban pun jadi tidak bertumpu pada tangan.

Namun, apabila Anda tidak suka kesan sedikit childish yang ditimbulkan karena menggunakan tas ransel, Anda bisa menggunakannya sebagai tas jinjing. Ketika tangan Anda benar-benar sudah terasa pegal, tinggal ganti saja modelnya menjadi tas ransel.

2-way bag, Boston dan pundak : dapat diselempangkan dan mudah dipakai

2-way bag, Boston dan pundak : dapat diselempangkan dan mudah dipakai

Tipe 2-way bag, Boston dan pundak adalah jenis yang paling direkomendasikan sebagai tas untuk menemani perjalanan menginap 1 malam Anda. Shoulder strap-nya dapat dipasang dan dilepas. Lalu, fitur yang paling menguntungkan adalah panjang talinya yang dapat disesuaikan.

Bila tangan Anda sudah lelah karena menggunakan model Boston, Anda dapat memasang atau memanjangkan talinya dan memakainya secara diagonal. Dengan begini beban pada kedua tangan pun Anda dapat dikurangi.

Perhatikan juga efisiensi dalam penggunaannya

Di pasaran banyak beredar berbagai tas yang cocok digunakan untuk perjalanan menginap 1 malam. Masing-masing produsen memodifikasi produknya sedemikian rupa agar dapat digunakan dengan lebih efisien. Selain efisiensi dan tampilan, perhatikan pula hal-hal berikut sebelum Anda memutuskan membeli tas pilihan Anda.

Pastikan tas dapat tertutup rapat demi keamanan

Pastikan tas dapat tertutup rapat demi keamanan

Ketika bepergian, Anda akan menjumpai berbagai hal di daerah yang tidak Anda kenal. Pada saat itu, konsentrasi Anda cenderung terdistraksi oleh hal-hal  baru yang menarik. Berhati-hatilah karena kelengahan Anda adalah celah bagi pelaku kejahatan. Agar tetap aman, hindarilah menggunakan open type bag dan pilihlah tas yang dapat tertutup rapat secara keseluruhan.

Pilih tas dengan banyak kantung untuk penyimpanan lebih rapi

Pilih tas dengan banyak kantung untuk penyimpanan lebih rapi

Tidak hanya pakaian, ketika bepergian untuk menginap 1 malam, umumnya Anda juga membawa barang-barang keperluan lain. Misalnya, kosmetik, tisu, charger, dan sebagainya. Agar Anda dapat menyimpannya dengan rapi dan tidak ribet saat hendak mengambilnya, ada baiknya bila Anda memilih tas dengan banyak kantung.

Pilih tas dengan saku khusus laptop bila diperlukan

Pilih tas dengan saku khusus laptop bila diperlukan

Jika Anda perlu membawa laptop dalam perjalanan, pilihlah tas yang dilengkapi dengan saku khusus laptop. Untuk mencegah laptop Anda rusak karena guncangan, pastikan saku tersebut sudah dilengkapi dengan bantalan untuk meredam getaran.

Pastikan tas dapat berdiri dengan stabil

Pastikan tas dapat berdiri dengan stabil

Perjalanan bisa dilakukan menggunakan kendaraan pribadi. Namun, tak menutup kemungkinan Anda perlu mengggunakan transportasi umum, seperti kereta api, bus, dan lainnya. Saat sedang membeli tiket atau sedang menunggu, tentu Anda ingin meletakkan tas di lantai barang sebentar untuk meredakan lelah.

Untuk itu, tas yang dapat berdiri dengan stabil akan sangat membantu Anda. Tas seperti itu umumnya dilengkapi dengan semacam pelat di bawahnya. Bila Anda tak ingin tas menjadi kotor karena diletakkan di lantai, pilihlah tas dengan penyangga berupa kaki-kaki kecil di bagian dasarnya.

10 Rekomendasi tas terbaik untuk perjalanan menginap 1 malam

Sesuai dengan cara memilih di atas, kami akan memperkenalkan 10 produk tas yang cocok untuk perjalanan menginap 1 malam Anda. Tas ideal bagi setiap orang berbeda karena kebutuhannya juga berbeda. Nah, semoga Anda menemukan tas yang juga ideal bagi Anda!

10. Adorable Project Makare Navy Tote Bag

10. Adorable Project Makare Navy Tote Bag

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 185.000

Lebih mudah mengatur barang dengan 2 kompartemen utama

Salah satu produk tote bag favorit dari Adorable Project ini cocok menemani perjalanan bisnis maupun wisata Anda. Tas berukuran 40 x 31 x 10 cm ini dibuat dari bahan taslan polyster yang tahan terhadap cipratan air. Dengan berat 200 gram, tas ini terbilang ringan sehingga Anda tidak perlu khawatir tas akan menambah beban Anda ketika diisi hingga penuh.

Uniknya, tas ini dibuat dengan dua kompartemen utama yang terpisah, plus dengan handle yang bisa dipanjangkan hingga 53 cm. Untuk Anda yang suka memisahkan barang bawaan dalam kategori tertentu, pasti akan merasa cocok dengan tas berwarna gelap ini. Barang bawaan rapi, perjalanan menginap 1 malam pun lebih menyenangkan.

9. Tuskbag Aika Black

9. Tuskbag Aika Black

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 220.000

Model klasik dengan main zipper yang lebar

Anda ingin tas simpel yang praktis untuk membawa berbagai barang keperluan perjalanan menginap 1 malam? Tusk Aika Black bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Dengan dimensi 50 x 32 x 16 cm, berbentuk trapesium yang dilengkapi front zip dan button pocket, tas ini punya cukup ruang untuk menampung barang bawaan Anda.

Terbuat dari bahan poly dolby polyester, cotton strap-nya bisa diatur panjang dan pendeknya. Kompartemen utamanya ditutup dengan 15 inch zipper untuk kemudahan menata barang di dalam tas. Bagi Anda pencinta tas bermodel klasik yang tak akan ketinggalan zaman, produk yang cocok baik untuk wisata maupun perjalanan bisnis ini pantas dipilih.

8. AMT Koper Kulit Black

8. AMT Koper Kulit Black

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 110.000

Praktis layaknya tas dengan fasilitas layaknya koper mini

Berpenampilan smart dan menyerupai koper, tas ini memang sesuai untuk perjalanan bisnis menginap 1 malam Anda. Dibuat dari kulit sintetis yang menyerupai kulit buaya sungguhan, tas ini memberikan kesan formal bagi penggunanya. Produk waterproof ini juga dilengkapi dengan tali panjang dan kaki berbahan besi yang membuatnya stabil berdiri.

Layaknya koper, produk berdimensi 40 x 27 x 16 cm ini juga memiliki saku jaring di bagian dalam sebagai tempat menyimpan barang berukuran kecil. Dilengkapi karet pengikat pada bagian dasarnya, isi tas Anda pun tidak akan berantakan. Anda yang ingin merasakan praktisnya koper dalam bentuk tas, produk ini bisa menjadi pilihan.

7. Legato Largo Tas Ransel Selempang Nylon 3-way

 

7. Legato Largo Tas Ransel Selempang Nylon 3-way

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 471.000

Ubah gaya tas sesuai dengan komponen barang bawaan Anda

Produk yang pas untuk perjalanan wisata bersama teman ini adalah salah satu travel bag yang diminati karena modelnya yang stylish serta kualitas bahan nilon yang baik. Dengan model 3-way bag, Anda dapat menggunakan tas berdimensi 43 x 26 x 22 cm ini sebagai ransel, tas jinjing, dan tas selempang, sesuai dengan kenyamanan atau gaya Anda.

Dengan kompartemen utama yang luas, Anda leluasa menyimpan barang-barang seperti pakaian atau novel untuk hiburan. Produk ini juga dilengkapi kompartemen kecil di bagian dalam dan kompartemen tersembunyi di bagian belakang. Jika Anda tipe orang yang mudah bosan dengan 1 gaya tas saja, produk ini adalah pilihan yang cocok bagi Anda.

6. Anello Hinged Clasp Mini Shoulder Bag

6. Anello Hinged Clasp Mini Shoulder Bag

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 590.000

Mini shoulder bag paling praktis untuk barang bawaan minimalis

Produk dari Anello ini merupakan tas pundak bergaya Boston dengan tali lepas-pasang hinged clasp yang praktis. Selain faktor desain, produk ini populer karena kombinasi warnanya yang unik dan beragam. Terbuat dari bahan polyster canvas, tas ini berbobot ringan. Sementara itu, ritsleting bergeriginya membuatnya jadi tidak gampang jebol.

Dengan dimensi 25 x 19 x 9 cm, tas ini cocok untuk perjalanan wisata menginap di hotel atau tempat lain yang telah menyediakan amenities sehingga barang bawaan dapat diminimalisir. Bila tempat menginap Anda telah menyediakan berbagai kebutuhan pokok yang diperlukan, tas dengan volume kecil ini sudah cukup untuk menemani perjalanan Anda.

5. Adorable Project Dekres Olive Backpack

5. Adorable Project Dekres Olive Backpack

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 165.000

Warna keren dengan kantong laptop 13″ yang aman

2-way bag berwarna olive green, dengan tampilan stylish ini tidak akan terasa terlalu kasual untuk perjalanan bisnis Anda. Bisa dijadikan sebagai ransel dan handbag, tasini memiliki tali sepanjang 75 cm yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Dengan kompartemen laptop 13 inci yang empuk, tas ini cocok untuk Anda yang tak bisa lepas dari laptop Anda.

Terbuat dari bahan cordura dengan furing bahan parasit di bagian dalamnya, barang-barang pun bebas dari goresan ritsleting dan bahan luar yang kasar. Tas berdimensi 36 x 26 x 13 cm dan berat 400 gram ini memiliki ritsleting utama panjang yang mampu menutup sempurna mulut tas untuk mencegah tas terbuka dan barang-barang berceceran.

4. Tuskbag Aya Maroon

 

4. Tuskbag Aya Maroon

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Tote bag dengan kompartemen aman untuk tablet

Tuskbag Aya Maroon merupakan tote bag berukuran 38 x 30 x 15 cm yang terbuat dari bahan nilon kuat yang antiair. Dengan small pocket berkancing di bagian depannya, Anda akan lebih mudah menjangkau barang yang sering Anda butuhkan, seperti ponsel, tiket transportasi umum, atau sejumlah kecil uang tunai, tanpa perlu membuka kompartemen utama.

Dilengkapi dengan adjustable shoulder strap, Anda juga akan mudah mengatur panjang tali agar pas di pundak Anda. Produk ini pas untuk Anda yang tetap ingin produktif sepanjang perjalanan bisnis Anda sehingga perlu membawa tablet ke mana pun pergi. Lengkap dengan kompartemen tablet 8 inci, tablet pun dapat tersimpan aman di dalam tas Anda.

3. Adorable Project Nazuka Yellow Backpack

3. Adorable Project Nazuka Yellow Backpack

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 215.000

Praktis dengan banyak kantong di luar kompartemen utama

Dengan warna ceria, tas ransel yang cocok untuk dibawa berwisata ini bisa Anda gunakan juga sebagai sling bag saat bawaan Anda tak terlalu berat. Terbuat dari bahan canvas yang tebal, tas ini menyediakan kompartemen yang cukup luas untuk barang-barang keperluan menginap Anda termasuk kompartemen laptop berukuran 12 inci.

Berbobot 500 gram, berdimensi 30 x 30 x 10 cm dan dilengkapi tali backpack yang nyaman, Anda bisa memasukkan barang-barang penting keperluan perjalanan menginap 1 malam Anda ke dalam tas ini. Ditambah 3 pocket di bagian luar, tas ini cocok bagi Anda yang sering membawa botol minum, permen, atau payung lipat untuk digunakan sewaktu-waktu.

2. Anello Faux Leather Hinged Clasp Shoulder Bag

2. Anello Faux Leather Hinged Clasp Shoulder Bag

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : 595.900

Bawaan rapi dengan tampilan stylish

Tas berdimensi 28 x 12 x 30 cm ini memiliki kompartemen utama luas dengan mouthpiece yang lebar. Pada bagian dalamnya, dilengkapi 2 kantung kecil untuk meletakkan ponsel atau dompet. Berkat fitur tersebut, Anda pun lebih mudah menyimpan barang bawaan dan mengambilnya saat dibutuhkan tanpa membuat semua barang Anda berantakan.

Berbahan faux leather halus dan berdesain sederhana, tas ini memberikan kesan classy pada Anda ketika melakukan perjalanan bisnis. Cocok juga untuk kuliah atau kerja sehingga pas bagi Anda yang menginginkan produk multifungsi. Dapat digunakan sebagai sling bag atau handbag, Anda dapat menyesuaikannya dengan gaya busana Anda agar tetap tampil stylish.

1. Esgotado Mochilo Trezo Grey

1. Esgotado Mochilo Trezo Grey

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 325.000

Fleksibel mengisi daya baterai gadget saat dalam perjalanan

Tas berukuran sedang ini pas untuk menemani perjalanan menginap 1 malam Anda yang hobi menggunakan gadget, baik itu tablet maupun smartphone. Tas berdimensi 26 x 36 x 10 cm ini dilengkapi kompartemen laptop 14 inci dan organizer sleeve untuk penyimpanan yang lebih rapi. Pasti sangat pas untuk menemani perjalanan bisnis Anda.

Tas dari bahan kanvas tebal dan kuat ini memiliki tali pegangan di bagian atas dan di samping yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Dengan USB charging port yang bisa dihubungkan ke power bank, akses Anda ke gadget yang sedang di-charge pun semakin mudah. Anda traveler yang tak bisa hidup tanpa teknologi, pasti akan jatuh cinta dengan produk ini.

Kesimpulan

Bila hanya untuk kebutuhan perjalanan menginap 1 malam, umumnya ukuran tas yang Anda butuhkan tidak terlalu besar. Meski begitu, pastikan tas tersebut memiliki fitur yang membuat nyaman penggunanya dan mampu melindungi barang bawaan dengan baik. Pastikan Anda memilih tas dengan fitur yang optimal bagi Anda.

Nah, kali ini kami telah memperkenalkan rekomendasi 10 produk tas untuk membantu kenyamanan perjalanan 1 malam Anda. Apakah salah satunya menarik hati dan sesuai dengan kebutuhan Anda? Bila iya, segeralah memesan sebelum kehabisan!