10 Rekomendasi Yogurt Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Yogurt Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Yogurt merupakan jenis olahan susu yang populer karena manfaat dan kelezatannya. Yogurt pun semakin disukai sehingga kebutuhan akan mesin pembuat yogurt pun semakin meningkat. Anda akan menemukan berbagai produk yogurt maker yang praktis dan aman digunakan, seperti Ez-Yo, Misushita, Bear, dan sebagainya yang beredar di pasaran.

Bagi Anda yang belum mengenal dan Anda yang sedang bingung memilih yogurt maker, kami punya solusinya. Kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi yogurt maker terbaik agar Anda semakin mudah menemukan alat pembuat yogurt yang tepat. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih yogurt maker

Anda akan menemukan berbagai produk yogurt maker dengan beragam varian berbeda, baik dilihat dari jenis wadah, model, maupun fitur. Karena itu, kami akan menjelaskan poin-poin terpenting yang perlu Anda ketahui dalam memilih yogurt maker, agar Anda bisa menemukan produk yang paling sesuai.

Pilihlah berdasarkan jenis wadahnya

Pilihlah berdasarkan jenis wadahnya

Berdasarkan wadahnya, terdapat 2 jenis yogurt maker, yaitu jenis dengan wadah khusus dan jenis yang menggunakan kemasan susu sebagai wadah. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri sehingga Anda bisa memilih yang paling cocok dengan Anda.

Meskipun cukup jarang dijumpai di Indonesia, jenis yang menggunakan kemasan susu sebagai wadah cenderung lebih mudah digunakan. Anda dapat langsung menggunakan kemasannya sebagai wadah sehingga Anda tidak perlu lagi mensterilkannya dengan air panas. Setelah membuka kemasannya, Anda cukup memasukkan bibit yogurt ke dalam kemasan dan memasukkan kemasan susu tersebut ke dalam yogurt maker. Namun, yogurt yang dihasilkan akan cukup banyak sehingga Anda masih perlu menyediakan wadah lain untuk menyimpan sisanya. Bila Anda tinggal sendirian, menghabiskan yogurt sebanyak itu juga akan merepotkan.

Sementara itu, bila Anda membeli yogurt maker yang dilengkapi wadah khusus, Anda harus mensterilkan wadah tersebut dengan air mendidih sebelum menggunakannya. Meski Anda harus meluangkan waktu dan energi ekstra, Anda bisa membuat yogurt sesuai dengan kebutuhan. Setelah yogurt dingin, Anda pun dapat langsung menyimpannya di dalam kulkas.

Bila Anda mengutamakan kepraktisan, Anda bisa memilih yogurt maker yang menggunakan kemasan susu sebagai wadah. Meski begitu, yogurt maker seperti ini sangatlah langka di Indonesia. Sementara itu, bila Anda menyukai fleksibilitas, Anda bisa membeli yogurt maker yang menggunakan wadah khusus.

Apakah sudah dilengkapi dengan timer?

Apakah sudah dilengkapi dengan timer?

Dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membuat yogurt. Tergantung pada situasi dan kondisi, bisa saja Anda membutuhkan waktu hingga 8 jam untuk membuat yogurt. Dengan adanya timer, Anda dapat memperhitungkan waktu yang tersisa hingga yogurt siap dinikmati. Hal tersebut sangatlah penting karena bila fermentasi berlangsung terlalu lama, rasa yogurt buatan Anda akan menjadi terlalu asam.

Selain itu, dengan adanya timer, Anda semakin mudah mengeset waktu yang dibutuhkan untuk membuat yogurt. Umumnya, waktu yang dibutuhkan tergantung pada jenis yogurt yang hendak Anda buat. Bila Anda ingin membuat plain yogurt, Anda akan membutuhkan 8 jam. Akan tetapi, bila Anda ingin membuat yogurt jenis lain, Anda mungkin akan membutuhkan waktu sekitar 10 jam atau lebih.

Sebenarnya, tidak masalah apabila produk yang Anda pilih belum memiliki fitur timer. Anda dapat mengakalinya dengan mengeset alarm atau timer pada ponsel Anda. Meski begitu, timer yang langsung menempel pada yogurt maker, tentu lebih praktis, bukan?

Pengatur temperatur untuk membuat berbagai jenis yogurt

Pengatur temperatur untuk membuat berbagai jenis yogurt

Dengan sedikit perbedaan temperatur, Anda bisa menghasilkan berbagai jenis yogurt yang berbeda. Sebagai contoh, untuk membuat plain yogurt, Anda harus mengeset yogurt maker pada suhu 40°. Pengaturan suhu sangatlah penting karena selisih 1° saja, yogurt yang dihasilkan akan menjadi sangat berbeda.

Meskipun bukan fitur yang wajib ada, bila Anda ingin mencoba membuat berbagai jenis yogurt, pilihlah produk yang telah dilengkapi dengan fitur pengaturan temperatur. Bila memungkinkan, pilihlah produk dengan fitur pengaturan temperatur yang detail. Dengan begitu, Anda dapat semakin bebas bereksperimen dalam membuat beragam variasi yogurt.

10 Rekomendasi yogurt maker terbaik

Sekarang, Anda sudah tahu cara memilih yogurt maker yang tepat, bukan? Berikutnya, kami akan memberikan 10 rekomendasi yogurt maker terbaik yang bisa Anda beli melalui toko online. Selamat membaca dan memilih!

10. Misushita Yogurt Maker SGP-118

10. Misushita Yogurt Maker SGP-118

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 225.000

Produk berkualitas dengan harga sangat terjangkau

Bila Anda ingin membuat yogurt dengan dana minim, tentu yogurt maker ini sangat layak untuk Anda pertimbangkan. Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda sudah memperoleh mesin pembuat yogurt otomatis yang wadahnya memiliki kapasitas maksimum mencapai 1,5 liter dan daya listrik hanya 15 watt saja. Sangat menarik, bukan?

Selain itu, wadahnya terdiri dari 6 unit gelas sehingga Anda bisa dengan mudah mensterilkan sejumlah kebutuhan Anda saja. Lalu, dengan dimensi 21,8 x 21,5 x 13,3 cm, Anda hanya perlu menyediakan sedikit space untuk produk ini. Cara penggunaannya pun mudah, cukup Anda hubungkan ke stop kontak, lalu alat ini akan bekerja secara otomatis.

9. Kangaroo Yogurt Maker KG-80

9. Kangaroo Yogurt Maker KG-80

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 360.000

Tingkat keberhasilan tinggi dengan gelas kaca

Anda bisa menggunakan wadah berupa 6 unit gelas pada produk ini untuk membuat yogurt sebanyak total 1 liter. Meski begitu, Anda tetap bisa membuat yogurt sesuai dengan kebutuhan Anda menggunakan 1 atau 2 gelasnya saja. Sebagai variasi, Anda juga bisa menggunakan produk berdaya listrik 35 watt ini untuk membuat susu kacang kedelai, lho!

Lalu, bila Anda menginginkan yogurt maker dengan tingkat keberhasilan tinggi, produk ini adalah salah satu pilihan terbaik. Wadah berupa gelas kaca pada produk ini membuatnya mampu mempertahankan suhu dan menyebarkannya secara merata sehingga Anda dapat menghasilkan yogurt yang lezat dan berkualitas. Tertarik untuk membuktikan? 

8. KIC Yogurt Maker Y-1001

8. KIC Yogurt Maker Y-1001

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 299.700

Harganya bersahabat dan sudah dilengkapi timer

Yogurt maker ini dapat Anda gunakan untuk membuat yogurt sebanyak 900 ml dalam 1 kali proses pembuatan. Lalu, wadahnya dibuat dari bahan keramik sehingga tidak akan melepaskan residu dan semakin aman untuk Anda gunakan. Tidak hanya itu, dengan menggunakan bahan tersebut wadah produk ini pun semakin mudah untuk Anda cuci.

Kemudian, bila Anda menginginkan yogurt maker yang sudah memiliki fitur pengaturan waktu dan harganya tidak terlalu mahal, produk ini adalah salah satu pilihan tepat. KIC sudah melengkapi yogurt maker ini dengan timer yang dapat Anda atur hingga 10 jam. Tenang saja, daya listrik produk ini masih cukup rendah, 15 watt saja, kok!

7. Ez-Yo Mesin Yogurt Semi-Otomatis RC-L1

7. Ez-Yo Mesin Yogurt Semi-Otomatis RC-L1

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 349.000

Lengkap dalam 1 set, tidak perlu repot menyiapkan mangkuk dan pengaduk lagi

Dilengkapi dengan timer, Anda tidak perlu repot lagi untuk mengingat durasi pembuatan yogurt-nya. Toh, seandainya Anda lupa mematikannya, produk ini akan berhenti secara otomatis. Praktis, bukan? Kemudian, dengan konsumsi listrik sebesar 25 watt penggunaan produk ini tidak akan membuat tagihan listrik Anda membengkak.

Selain itu, produk ini sudah sepaket dengan pengaduk dan mangkuk sehingga ketika Anda ingin membuat yogurt, Anda tidak perlu mengeluarkan peralatan tambahan lagi. Bila Anda cenderung pelupa mengenai waktu dan tidak ingin direpotkan dengan masalah peralatan saat membuat yogurt, produk ini wajib Anda miliki.

6. EasiYo Yogurt Maker

6. EasiYo Yogurt Maker

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 420.000

Semakin aman digunakan dengan wadah bebas BPA dan polikarbonat

Menggunakan material pilihan, wadah yogurt maker ini menjadi kuat sekaligus bebas BPA (Bisphenol A), polikarbonat, serta berbagai bahan lain yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Bila Anda ingin menggunakan yogurt maker tanpa perlu khawatir dengan keamanan materialnya, produk ini layak dipertimbangkan.

Lalu, dengan wadah berkapasitas 1 liter dan bekerja tanpa listrik, produk ini pun masih cocok untuk digunakan oleh Anda yang tinggal berdua atau bersama anggota keluarga lain sebanyak 3-4 orang. Kemudian, dengan desain ramping dan minimalis serta ukuran yang tidak terlalu besar, penyimpanannya pun tidak menyita banyak space.

5. Yogurberry Yogurt Maker

5. Yogurberry Yogurt Maker

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 850.000

Saatnya membuat yogurt tanpa mengeluarkan biaya listrik!

Bila Anda tidak ingin mengeluarkan biaya listrik tambahan untuk membuat yogurt, produk ini wajib dimasukkan dalam daftar belanja Anda. Cukup dengan memasukkan air panas ke dalamnya dan mendiamkannya selama beberapa jam, Anda sudah bisa menggunakan produk ini untuk membuat yogurt enak tanpa perlu listrik sedikit pun!

Anda tetap bisa membuat dan meminum yogurt bahkan saat Anda sedang melakukan kegiatan outdoor. Selain itu, desainnya pun menyerupai kemasan susu sehingga terlihat imut dan cocok untuk Anda letakkan di meja makan atau dapur. Lalu, dengan wadah berkapasitas 900 ml, akan ada cukup banyak yogurt untuk Anda dan teman Anda.

4. VitaClay 2-In-1 Organic Slow Cooker And Yogurt Maker VS7600-2C

4. VitaClay 2-In-1 Organic Slow Cooker And Yogurt Maker VS7600-2C

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 600.000

Membuat banyak yogurt sekaligus bukan lagi masalah

Bila Anda mencari yogurt maker yang dapat digunakan untuk membuat yogurt dalam volume besar, produk ini adalah salah satu pilihan tepat. Wadah produk ini tidak hanya bebas dari berbagai bahan kimia berbahaya, tetapi juga memiliki kapasitas sebesar 1,9 liter sehingga sangat cocok Anda gunakan untuk membuat yogurt dalam porsi besar.

Lalu, yogurt maker jenis slow cooker ini akan memanaskan susu dan bibit yogurt Anda dalam suhu tidak terlalu tinggi sehingga sangat pas digunakan untuk membuat greek yogurt atau yogurt cheese. Selain itu, produk ini juga dibuat dengan menggunakan stainless steel sehingga menjadi semakin awet untuk Anda gunakan dalam jangka panjang.

3. Severin Yoghurt Maker JG 3525

3. Severin Yoghurt Maker JG 3525

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 750.000

Pengaturan waktu hingga 15 jam, sangat fleksibel!

Yogurt maker keluaran Severin ini dilengkapi timer yang dapat Anda atur dengan durasi mulai dari 5 jam hingga 15 jam sehingga Anda bisa dengan bebas menentukan tingkat kekentalan yogurt buatan Anda. Bila Anda mencari yogurt maker yang timer-nya sangat fungsional dan memiliki rentang waktu luas, produk ini adalah opsi terbaik.

Tenang saja, sekalipun Anda lupa untuk mematikannya, alat ini sudah dilengkapi dengan fitur automatic switch-off sehingga akan mati sendiri ketika durasi yang ditentukan telah tercapai. Selain itu, daya listrik produk ini pun sangat rendah, hanya 13 watt. Menikmati yogurt buatan sendiri jadi lebih praktis dan hemat!

2. Bear SNJ-B0K1

2. Bear SNJ-B0K1

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 916.000

Lebih fungsional dengan 2 jenis wadah

Ketika membeli produk ini, Anda akan memperoleh wadah stainless steel berkapasitas 1 liter dan 4 gelas keramik dengan kapasitas masing-masing 125 ml. Dengan begitu, Anda bisa membuat yogurt dengan beragam rasa dan semakin mudah menakar jumlahnya. Bila Anda butuh yogurt maker dengan wadah yang fungsional, produk ini jawabannya.

Selain itu, produk keluaran Bear ini sudah dilengkapi dengan timer sehingga Anda akan semakin mudah mengatur waktu yang dibutuhkan. Apalagi, Anda tidak akan membayar banyak biaya listrik karena daya listrik produk ini hanya 20 watt saja. Ditambah dengan adanya LED control panel, produk tampak kekinian dan mudah dioperasikan.

1. Ez-Yo Mesin Yogurt Otomatis RC-H2

1. Ez-Yo Mesin Yogurt Otomatis RC-H2

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 499.000

Atur suhu dan waktunya sesuka hati Anda

Dengan wadah berupa 10 cangkir saji, Anda bisa membuat yogurt dengan 10 rasa berbeda secara bersamaan! Toh, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya listrik karena daya listrik produk ini hanya berdaya 25 watt. Apalagi, yogurt maker ini sudah dilengkapi dengan layar LCD berukuran besar sehingga informasi yang diperlukan terpampang jelas.

Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi timer sehingga Anda akan semakin mudah mengatur waktu pembuatan yogurt. Kemudian, adanya fitur pengaturan suhu juga memungkinkan Anda untuk membuat berbagai jenis yogurt. Bila Anda mencari yogurt maker berfitur komplit dan mudah dioperasikan, produk ini adalah pilihan terbaik.

Perhatikan juga harga yogurt maker pilihan Anda

Perhatikan juga harga yogurt maker pilihan Anda

Saking populernya yogurt maker, bisa saja suplai barang tidak mampu memenuhi permintaan pasar sehingga jumlah barang yang tersedia menjadi sedikit. Bahkan, bisa saja Anda harus melakukan pre-order sehingga harus menunggu cukup lama sampai Anda menerima barang pesanan Anda.

Hal tersebut menyebabkan terjadinya fluktuasi harga yogurt maker sehingga bisa saja pada momen tertentu harga produk tersebut menjadi lebih mahal dibandingkan dengan harga yang seharusnya. Anda bisa memastikan harganya di situs resmi dan membandingkannya dengan harga yang tertera di toko online.

Kesimpulan

Anda bisa menggunakan yogurt maker untuk membuat yogurt di rumah. Ketika Anda hendak membelinya, selain mengecek harga Anda juga harus memastikan terlebih dahulu jenis wadah yang dapat digunakan. Anda bisa memilih produk dengan wadah khusus atau produk yang wadahnya menggunakan kemasan susu, sesuai kebutuhan Anda.

Kemudian, agar rasa yogurt buatan Anda dapat diatur sesuai selera, Anda juga bisa memilih produk yang telah dilengkapi dengan timer dan pengatur suhu. Membuat yogurt seenak yang dijual di toko pun dapat Anda lakukan dengan praktis dan mudah di rumah!