10 Rekomendasi Sepatu Spike Terbaik untuk Sepak Bola (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Sepatu Spike Terbaik untuk Sepak Bola (Terbaru Tahun 2018)

Menggunakan sepatu spike ketika bermain sepak bola dapat mengoptimalkan performa permainan Anda. Saat ini, Anda dapat menemukan berbagai model sepatu spike untuk sepak bola keluaran Nike, Adidas, Puma, dan sebagainya dengan beragam harga serta inovasi terkini.

Masih bingung harus pilih yang mana? Kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi sepatu spike terbaik untuk sepak bola agar Anda bisa menemukan produk yang paling sesuai. Pilihlah sepatu spike yang paling Anda sukai agar aksi Anda semakin optimal!

Daftar isi

Cara memilih sepatu spike untuk sepak bola

Pertama-tama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih sepatu spike untuk sepak bola. Gunakanlah sebagai panduan Anda memilih produk yang paling tepat.

Pilih berdasarkan upper material-nya

Berdasarkan jenis upper material-nya, terdapat 2 jenis sepatu spike untuk sepak bola, yaitu sepatu berbahan kulit asli dan kulit sintetis. Berikut akan kami akan jelaskan mengenai karakteristik keduanya.

Bahan kulit asli, terasa pas dan mampu mengikuti bentuk kaki Anda

Bahan kulit asli, terasa pas dan mampu mengikuti bentuk kaki Anda

Kebanyakan bahan kulit yang digunakan adalah kulit kanguru yang dikenal lembut dan elastis. Bahan ini mampu mengikuti kontur kaki Anda sehingga bila semakin sering digunakan, sepatu ini akan terasa makin nyaman dan pas dengan kaki Anda. Rasa nyaman dan pas di kaki sangatlah penting karena sepak bola adalah olahraga yang sangat melibatkan kaki. Karena itu, tidak aneh bila banyak atlet profesional menggunakan sepatu spike berbahan kulit asli.

Namun, bahan kulit asli lebih mudah rusak ketika basah dan cenderung lebih sulit digunakan saat hujan. Selain itu, harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan sepatu berbahan kulit sintetis.

Bahan sintetis atau kulit sintetis, durable dan nyaman di kaki

Bahan sintetis atau kulit sintetis, durable dan nyaman di kaki

Anda juga akan menemukan sepatu spike untuk sepak bola berbahan sintetis atau kulit sintetis. Sepatu yang dibuat dari bahan tersebut lebih awet, murah, dan mudah ditemukan di pasaran ketimbang sepatu berbahan kulit asli.

Di masa lalu, sepatu berbahan ini kurang terasa nyaman di kaki sehingga dianggap memiliki kualitas yang rendah. Namun, pengembangan terus dilakukan sehingga saat ini sepatu dengan upper berbahan sintetis atau kulit sintetis semakin nyaman digunakan dan banyak dipakai oleh atlet sepak bola ternama.

Pilih tipe spike sesuai jenis lapangan

Pilih tipe spike sesuai jenis lapangan

Terdapat berbagai jenis lapangan sepak bola, seperti lapangan rumput asli, rumput sintetis, lapangan tanah, dan sebagainya. Anda harus menyesuaikan jenis spike-nya dengan lapangan tempat Anda bermain sepak bola. Spike tipe HG (hard ground) untuk lapangan tanah cenderung pendek dan memiliki permukaan yang cukup lebar. Hal tersebut dimaksudkan agar sepatu tersebut tidak terasa licin dan mampu menyerap guncangan berlebih bahkan saat Anda bermain di permukaan tanah yang keras.

Kemudian, spike tipe FG (firm ground) berbentuk kecil dan tinggi agar Anda tidak mudah terpeleset saat Anda bermain di lapangan rumput asli. Meski Anda bisa saja menggunakan sepatu dengan spike tipe HG di lapangan rumput asli, Anda mungkin akan merasa kurang nyaman. Karena itu, pilihlah sepatu dengan spike tipe FG bila Anda sering bermain sepak bola di lapangan rumput asli.

Lalu, Anda juga akan menemukan sepatu dengan spike tipe AG (artificial ground) untuk lapangan sepak bola dengan rumput sintetis. Meski begitu, ada juga sepatu dengan spike tipe HG atau FG yang cocok juga digunakan di lapangan rumput sintetis. Tentu sepatu seperti itu semakin fungsional untuk Anda gunakan, bukan?

Pilih berdasarkan bentuk spike-nya

Pilih berdasarkan bentuk spike-nya

Penting untuk diingat, bentuk spike pada sepatu juga akan mempengaruhi permainan Anda. Anda akan menemukan adanya 2 bentuk spike, yaitu membulat dan meruncing. Spike yang membulat tidak membebani kaki dan memudahkan Anda untuk berputar, contohnya saat hendak melakukan gerakan memutar.

Sementara itu, spike yang meruncing memiliki daya cengkeram mumpuni serta efektif Anda gunakan baik untuk berlari maupun berhenti secara mendadak. Spike seperti ini juga cocok Anda gunakan untuk bergerak secara intens. Meski begitu, Anda harus lebih berhati-hati saat menggunakannya karena spike seperti ini akan sangat membebani kaki Anda.

Untuk anak-anak, tentu lebih baik bila menggunakan sepatu dengan spike membulat agar tidak membebani kakinya yang masih dalam masa pertumbuhan. Kemudian, ada juga sepatu dengan spike berbentuk pentagon, kombinasi spike membulat dengan meruncing. Namun, sepatu dengan bentuk spike tersebut masih jarang dijumpai di Indonesia.

Pilih ukuran yang cocok dengan kaki Anda

Pilih ukuran yang cocok dengan kaki Anda

Sepatu spike akan sangat mempengaruhi performa Anda saat bermain sepak bola. Karena itu, Anda harus memilih produk yang ukurannya cocok dengan kaki Anda. Jika ukurannya tidak sesuai, bukan hanya performa Anda akan menurun, tetapi juga bisa membuat Anda rentan mengalami cedera.

Anda harus memilih produk yang ukurannya nyaman untuk Anda, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Anda juga harus memastikan bahwa jari kaki Anda masih cukup bebas bergerak. Saat Anda sedang mencoba, Anda akan mendapati kelebihan space sekitar 5 mm di bagian jari kaki Anda bila Anda sedang mengenakan sepatu dengan ukuran yang sesuai. Anda bisa memastikannya dengan cara menekan area jari kaki Anda dari permukaan luar sepatu.

Pilih desain yang Anda sukai

Pilih desain yang Anda sukai

Terdapat berbagai macam jenis desain dan warna sepatu spike untuk bermain sepak bola. Dengan memilih produk yang tampilannya Anda sukai, Anda akan semakin menikmati momen-momen saat bermain atau berlatih sepak bola.

Anda bisa memilih produk yang digunakan oleh pemain sepak bola profesional, memiliki desain menarik, atau warnanya sangat Anda sukai. Pastinya, pilihlah produk dengan tampilan favorit Anda agar Anda semakin senang bermain atau berlatih sepak bola!

10 Rekomendasi sepatu spike terbaik untuk sepak bola

Tentu Anda sudah mengetahui cara memilihnya, bukan? Sekarang, kami akan memberikan sepuluh  rekomendasi sepatu spike terbaik untuk sepak bola. Selamat membaca dan memilih!

10. Nike Mercurial Vapor XII Club MG

10. Nike Mercurial Vapor XII Club MG

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 619.000

Nyaman beraksi di lapangan rumput asli dan sintetis

Bila Anda membutuhkan sepatu spike untuk sepak bola yang dapat digunakan di 2 jenis lapangan berbeda, produk ini sangat layak Anda pertimbangkan. Dirancang secara khusus, sepatu dengan bentuk sleek dan desain cukup simpel ini sangat cocok untuk Anda gunakan baik di lapangan berumput sintetis maupun berumput asli.

Tidak hanya itu, kombinasi spike yang membulat dan meruncing membuat Anda semakin mudah berakselerasi dan mengubah arah lari. Mengingat harganya pun masih terjangkau, produk dengan upper berbahan sintetis ini semakin menarik untuk Anda miliki, bukan?

Upper material Bahan sintetis
Jenis lapangan FG dan AG
Tipe spike Membulat dan meruncing
Ukuran 40-44

9. Umbro Speciali Eternal Pro HG Football Boots

9. Umbro Speciali Eternal Pro HG Football Boots

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.530.000

Desain klasik yang tetap asyik digunakan

Dengan spike tipe HG yang membulat, risiko cedera jauh berkurang ketika menggunakan produk ini. Apalagi, sepatu spike untuk sepak bola ini dibuat dengan bahan kulit asli berbobot ringan sehingga Anda makin mudah bergerak. Selain itu, Anda juga akan tetap stabil ketika melakukan berbagai gerakan karena sepatu ini menggunakan A-frame.

Desainnya yang simpel membuat sepatu ini terlihat elegan dan layak dijadikan koleksi. Apalagi, desain lidah sepatunya sangat khas dan mengingatkan Anda pada sepak bola era 90-an. Bila Anda mencari sepatu spike untuk sepak bola dengan desain timeless yang tetap menyenangkan untuk digunakan, produk ini adalah jawaban tepat.

Upper material Kulit asli
Jenis lapangan HG
Tipe spike Membulat
Ukuran Tidak disebutkan

8. Diadora Sport M. Winner RB Italy OG MDPU

8. Diadora Sport M. Winner RB Italy OG MDPU

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.665.000

Bahan kulit yang empuk plus waterproof

Bila Anda membutuhkan sepatu spike untuk sepak bola berbahan kulit asli yang tahan air sehingga lebih awet, produk ini adalah solusi terbaik. Sepatu keluaran produsen dari Italia ini dibuat menggunakan bahan kulit kanguru asli, membuat jadi terasa sangat empuk dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mengikuti bentuk kaki Anda.

Tidak hanya itu, bahan kulit tersebut juga dilapisi dengan bahan antiair agar semakin kuat dan tahan lama untuk Anda gunakan meski Anda kerap bermain di lapangan dalam kondisi basah atau hujan. Apalagi, desain spike-nya yang membulat membuat sepatu ini tidak akan membebani kaki Anda sehingga kaki tidak mudah lelah.

Upper material Kulit kanguru
Jenis lapangan FG
Tipe spike Membulat
Ukuran 36-45

7. Nike Legend 7 Elite FG

7. Nike Legend 7 Elite FG

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.450.000

Semakin kuat dan stabil dengan hyperstability plate

Menggunakan bahan kulit kanguru, sepatu ini terasa empuk dan cukup elastis untuk mengikuti berbagai gerakan kaki Anda. Lalu, sepatu ini juga mampu mengunci kaki Anda lebih erat dengan adanya Flywire. Tenang saja, kaki Anda pun  tidak akan bergeser di dalam sepatu karena produk ini sudah menggunakan teknologi NIKEGRIP.

Lalu, bila Anda mencari sepatu spike untuk sepak bola yang membuat Anda tetap stabil saat beraksi, produk ini pilihannya. Perpaduan spike membulat dan meruncing dengan sol luar hyperstability plate menjadikannya berbobot ringan dan mampu mencengkeram permukaan lapangan lebih erat dan dalam saat Anda gunakan.

Upper material Kulit kanguru
Jenis lapangan FG
Tipe spike Membulat dan meruncing
Ukuran 41-43

6. Adidas Predator 18.1 Firm Ground Boots

6. Adidas Predator 18.1 Firm Ground Boots

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.058.000

Daya cengkeram optimal, lebih mudah mengontrol bola

Dengan adanya teknologi Adidas Primeknit dan Controlskin pada bagian upper, sepatu ini akan memberi Anda daya cengkeram optimal terhadap bola sehingga Anda semakin mudah mengontrol bola di kaki dalam berbagai kondisi. Bila Anda ingin performa lebih dalam mengontrol bola, tentu produk ini tidak boleh Anda lewatkan.

Apalagi, dengan bentuk spike segi empat meruncing, sepatu ini mampu menjaga Anda agar tidak mudah terpeleset ketika bermanuver. Tidak hanya itu, sol luarnya pun dirancang khusus agar Anda bisa bergerak semakin gesit. Lalu, adanya Stretchy Sockfit Collar juga membuat sepatu ini terasa semakin erat di kaki dan nyaman Anda gunakan.

Upper material Bahan sintetis (Primeknit dan Controlskin)
Jenis lapangan FG
Tipe spike Meruncing
Ukuran 39-45

5. New Balance Furon 4.0 Pro FG

5. New Balance Furon 4.0 Pro FG

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.744.000

Cleanlace contact zone besar untuk finishing yang mematikan

Bila Anda ingin mengalahkan tim lawan dengan tembakan mematikan baik di depan gawang maupun tendangan jarak jauh, sepatu ini adalah partner yang pas. Didesain secara khusus, cleanlace contact zone pada sepatu ini sangatlah besar sehingga Anda bisa menendang dan mengarahkan bola dengan sangat akurat.

Apalagi, dengan bobot ringan plus spike-nya yang meruncing Anda bisa bergerak, mengayunkan kaki, dan menendang bola lebih cepat. Selain itu, insole Ortholite-nya pun terasa sangat empuk dan suportif sehingga Anda akan merasa tetap nyaman mengenakan sepatu ini bahkan hingga tahap adu penalti sekalipun.

Upper material Bahan sintetis (kombinasi lightweight mesh, FantomFit Frame, Hidraskin Touch)
Jenis lapangan FG
Tipe spike Meruncing
Ukuran 39,5-41,5

4. Adidas Nemeziz 17.1 Firm Ground

4. Adidas Nemeziz 17.1 Firm Ground

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.307.200

Bebas meliuk dan menggocek dengan Torsion Tape

Dengan teknologi 360 Torsion Tape, area kaki tengah serta tumit sepatu ini lebih tipis dan terasa lebih ketat di kaki Anda dibanding area lainnya. Dengan begitu, sentuhan bola pada kaki menjadi lebih optimal dan kaki Anda pun tidak akan bergeser di dalam sepatu ketika melakukan berbagai liukan tajam.

Apalagi, sepatu ini juga memiliki sol luar Torsionframe, Dual Lock Collar, Agility Knit 2.0, serta spike meruncing sehingga Anda akan semakin lincah bergerak. Bila Anda mencari sepatu spike untuk sepak bola yang dapat membantu Anda memperdaya lawan dengan beragam gocekan dan trik keren, produk ini adalah pilihan terbaik.

Upper material Bahan sintetis dan tekstil
Jenis lapangan FG
Tipe spike Meruncing
Ukuran 24-30 cm (ukuran 38-47)

3. Puma FUTURE 18.1 NETFIT

3. Puma FUTURE 18.1 NETFIT

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.835.000

Atur cara mengikat talinya sesuka Anda dengan NETFIT

Bila Anda butuh sepatu spike untuk sepak bola dengan metode pengikatan tali sangat fleksibel, produk ini solusinya. Adanya NETFIT memungkinkan Anda untuk mengikat tali sepatunya ke jaring yang tersedia. Anda bebas mengencangkan atau mengendurkan sepatu ini sesuai kebutuhan dan kontur kaki agar melekat sangat erat.

Tidak hanya itu, dipadukan dengan ankle sock plus sol luar RAPIDAGILITY yang kuat dan elastis, Anda akan semakin bebas untuk melakukan berbagai manuver ekstrim di atas lapangan. Sepatu dengan spike membulat dan meruncing ini pun fungsional karena mendukung performa Anda baik di lapangan FG maupun AG.

Upper material Bahan sintetis (Form-fitting textile)
Jenis lapangan FG dan AG
Tipe spike Membulat dan meruncing
Ukuran 39-48,5

2. Nike Superfly 6 Elite FG

2. Nike Superfly 6 Elite FG

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.249.000

Optimalkan kecepatan dan akselerasi eksplosif Anda!

Bagian depan dan belakang sol luar sepatu ini didesain terpisah agar mampu melekuk dan melenting secara optimal mengikuti lekukan kaki Anda. Dipadukan dengan spike meruncing, manuver cepat melalui celah sempit pun tetap optimal. Tenang saja, bolanya akan tetap mudah diarahkan karena sepatu ini dilengkapi Flyknit di upper-nya.

Adanya Dynamic Collar tidak hanya membuat Anda bergaya ala Cristiano Ronaldo, tetapi juga semakin nyaman menggunakan sepatu ini. Bila Anda mencari sepatu spike untuk sepak bola yang memungkinkan Anda untuk melakukan akselerasi mendadak dan sprint sangat kencang, Anda tidak perlu ragu membeli produk ini.

Upper material Bahan sintetis (Micro-textured Flyknit)
Jenis lapangan FG
Tipe spike Meruncing
Ukuran 4-13 (ukuran 35-47)

1. Mizuno Morelia Neo II Made In Japan

1. Mizuno Morelia Neo II Made In Japan

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.140.000

Kenyamanan premium dengan bahan kulit kanguru world-class

Dibuat dengan bahan kulit kanguru pilihan, sepatu ini sangatlah ringan, natural, dan mampu mendekap kaki Anda secara maksimal sehingga Anda akan semakin mudah bergerak dan merasakan keberadaan bola di kaki. Bila Anda mencari sepatu spike untuk sepak bola yang erat di kaki dan sangat nyaman digunakan, produk inilah jawabannya.

Kemudian, dengan adanya external heel counter serta spike membulat yang sudah dirancang secara khusus, sepatu ini memiliki grip sangat baik dan akan terasa sangat stabil saat Anda gunakan. Tidak hanya itu, dengan adanya graded nylon sole plate, sepatu ini pun memiliki fleksibilitas yang sangat baik.

Upper material Kulit kanguru
Jenis lapangan Tidak disebutkan
Tipe spike Membulat
Ukuran 6-13 (ukuran 38-47)

Baca juga rekomendasi sepatu sepak bola untuk artificial ground di sini

Saat ini, semakin banyak orang yang memainkan sepak bola di artificial ground, seperti lapangan rumput sintetis, lapangan vinyl, atau lapangan parquette. Anda perlu memilih sepatu yang tepat agar performa Anda tetap maksimal. Ingin tahu lebih detail? Anda bisa membacanya di sini.

Kesimpulan

Sepatu spike akan meningkatkan performa Anda saat bermain sepak bola. Anda bisa memilih sepatu berbahan kulit asli yang mampu mengikuti kontur kaki, atau berbahan kulit sintetis dengan durability tinggi.

Lalu, Anda juga perlu menyesuaikan tipe spike-nya dengan lapangan tempat Anda bermain. Pastikan ukurannya tepat dan desainnya Anda sukai agar Anda semakin semangat bermain. Pilihlah sepatu yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda, ya!