1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Sepak bola & futsal
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sepatu Spike Terbaik untuk Sepak Bola (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sepatu Spike Terbaik untuk Sepak Bola (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Spike Terbaik untuk Sepak Bola (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Spike Terbaik untuk Sepak Bola (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Spike Terbaik untuk Sepak Bola (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Spike Terbaik untuk Sepak Bola (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sepatu Spike Terbaik untuk Sepak Bola (Terbaru Tahun 2023)

Menggunakan sepatu spike ketika bermain sepak bola dapat mengoptimalkan performa permainan Anda. Anda dapat menemukan berbagai sepatu spike untuk sepak bola yang bagus keluaran merek ternama, seperti Ortuseight, Nike, dan Specs. Produsen sepatu spike untuk sepak bola menghadirkan sepatu dengan inovasi yang terus berkembang untuk digunakan saat bermain.

Masih bingung harus pilih yang mana? Kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi sepatu bola agar Anda bisa menemukan produk yang paling sesuai. Pilihlah sepatu bola yang bagus agar aksi Anda makin optimal di atas lapangan!
Diperbaharui 09-08-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Gabriella Amadeo

Gabriella Amadeo, akrab dipanggil Gaby, adalah seorang lulusan Universitas Pelita Harapan program studi Usaha Perjalanan Wisata. Setelah lulus pada tahun 2020, Gaby bekerja sebagai content writer. Hingga saat ini, Gaby telah menulis berbagai topik artikel untuk blog. Tidak hanya itu saja, Gaby juga menjadi content writer freelance untuk sebuah marketing agency di Indonesia. Gaby adalah seorang travel enthusiast yang memiliki interest kuat di bidang travel, kuliner, budaya, dan berbagai aktivitas menyenangkan. Selain itu, Gaby juga memiliki kemampuan yang baik untuk meriset berbagai bidang seperti desain interior, teknologi, kecantikan, dan lain-lain.

Profil Gabriella Amadeo
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih sepatu spike untuk sepak bola

Pertama-tama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih sepatu spike untuk sepak bola. Gunakanlah sebagai panduan Anda untuk memilih produk yang tepat.

① Pilih berdasarkan upper material-nya

Berdasarkan jenis upper material-nya, terdapat beberapa jenis sepatu spike untuk sepak bola. Beberapa jenisnya, yaitu sepatu berbahan kulit asli, kulit sintetis atau bahan sintetis, dan tekstil. Berikut ini akan kami akan jelaskan mengenai karakteristik dari masing-masing bahan.

Bahan kulit asli: Terasa pas dan mampu mengikuti bentuk kaki Anda

Bahan kulit asli: Terasa pas dan mampu mengikuti bentuk kaki Anda
Kebanyakan bahan kulit yang digunakan adalah kulit kanguru yang dikenal lembut dan elastis. Sepatu bola kulit ini mampu mengikuti kontur kaki Anda sehingga makin terasa nyaman jika sering dipakai.

Rasa nyaman dan pas di kaki sangatlah penting karena sepak bola adalah olahraga yang sangat melibatkan kaki. Karena itu, tidak aneh bila banyak atlet profesional menggunakan sepatu spike berbahan kulit asli. Namun, bahan kulit asli lebih mudah rusak ketika basah dan cenderung lebih sulit digunakan saat hujan. Selain itu, harganya jauh lebih tinggi dibandingkan sepatu berbahan kulit sintetis.

Bahan sintetis atau kulit sintetis: Durable dan nyaman di kaki

Bahan sintetis atau kulit sintetis: Durable dan nyaman di kaki
Anda juga akan menemukan sepatu spike untuk sepak bola berbahan sintetis atau kulit sintetis. Sepatu yang dibuat dari bahan ini lebih awet, harganya terjangkau, dan mudah ditemukan di pasaran ketimbang bahan kulit asli.

Pada masa lalu, sepatu berbahan ini kurang terasa nyaman di kaki sehingga dianggap memiliki kualitas yang rendah. Namun, pengembangan terus dilakukan untuk sepatu berbahan sintetis. Seiring dengan berjalannya waktu, sepatu dengan upper berbahan sintetis atau kulit sintetis makin nyaman digunakan. Kini, sepatu berbahan sintetis bahkan banyak dipakai oleh atlet sepak bola ternama.

Bahan tekstil: Membuat kaki Anda merasa tidak menggunakan sepatu

Bahan tekstil: Membuat kaki Anda merasa tidak menggunakan sepatu
Sumber: adidas.co.id


Bahan tekstil memiliki tekstur yang ringan dan berserat. Kini, produsen sepatu ingin menghadirkan sepatu yang memiliki kenyamanan di kaki dan ringan saat digunakan. Mereka ingin membuat sepatu yang sangat nyaman hingga Anda merasakan sensasi bertelanjang kaki saat di lapangan.


Biasanya, bahan tekstil dipadukan dengan bahan sintetis agar sepatu tetap memiliki bentuk yang kokoh. Saat digunakan, sepatu dari bahan tekstil membuat Anda merasa seperti menendang bola tanpa alas kaki. Selain itu, kontrol terhadap bola pun jadi lebih maksimal.

② Pertimbangkan tipe spike sesuai jenis lapangan

Pertimbangkan tipe spike sesuai jenis lapangan
Terdapat berbagai jenis lapangan sepak bola, seperti lapangan rumput asli, rumput sintetis, lapangan tanah, dan sebagainya. Anda harus menyesuaikan jenis spike-nya dengan lapangan tempat Anda bermain sepak bola.


  • Spike tipe hard ground (HG) untuk lapangan tanah cenderung pendek dan memiliki permukaan yang cukup lebar. Hal tersebut dimaksudkan agar sepatu tidak terasa licin dan mampu menyerap guncangan berlebih saat bermain di tanah yang keras.

  • Spike tipe firm ground (FG) berbentuk kecil dan tinggi agar Anda tidak mudah terpeleset saat bermain di rumput asli. Meski Anda bisa saja menggunakan sepatu spike tipe HG di lapangan rumput asli, Anda mungkin akan merasa kurang nyaman. Karena itu, pilihlah sepatu dengan spike tipe FG bila Anda sering bermain sepak bola di lapangan rumput asli. Sepatu bola dengan spike tipe FG biasanya juga bisa dikenakan di tipe lapangan lainnya.

  • Anda juga akan menemukan sepatu dengan spike tipe artificial ground (AG) untuk lapangan sepak bola dengan rumput sintetis. Spike tipe AG memiliki bentuk lebih kecil dengan posisi spike yang berdekatan satu sama lain. Jumlah spike yang ada pada tipe AG juga jauh lebih banyak.

  • Para pemain sepak bola profesional biasanya berlatih di soft ground yang merupakan tanah basah atau berlumpur. Untuk bisa berlatih di soft ground, tentu saja sepatu bola yang dikenakan berbeda. Spike tipe soft ground (SG) memiliki bentuk seperti kerucut atau pisau. Untuk sepatu spike tipe SG, ada empat spike di bagian depan dan dua di bagian belakang. Posisinya berjarak antara satu sama lain di sisi yang berlawanan untuk mempertahankan keseimbangan.

  • Beberapa sepatu bola juga menawarkan spike yang cocok digunakan di berbagai tipe lapangan alias multiground (MG). Sesuai dengan namanya, spike tipe ini bisa dikenakan di berbagai jenis lapangan. Jadi, sepatu dengan spike tipe MG cocok jika Anda sering main sepak bola di tempat yang berbeda-beda.

③ Sesuaikan desain sepatu dengan posisi bermain Anda

Sesuaikan desain sepatu dengan posisi bermain Anda

Memilih sepatu berdasarkan gaya bermain dan posisi Anda saat bermain cukuplah penting. Dengan memilih sepatu yang tepat, Anda dapat mengoptimalkan permainan di atas lapangan.


  • Untuk posisi kiper dan pemain bertahan, pilihlah sepatu yang ringan dan memiliki bentuk kokoh serta kuat. Sepatu jenis ini bertujuan agar pemain dapat mengejar dan menghalau lawan, tetapi tetap memiliki stabilitas dan tidak mudah goyah. Selain itu, upper yang tebal juga diperlukan kiper agar dapat menendang bola jauh ke depan dengan kuat. Pilih sepatu dengan outsole yang keras supaya tidak mudah rusak karena banyak menendang bola.

  • Untuk pemain posisi tengah, pilihlah sepatu yang memiliki area upper cukup luas. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan gaya bermain dari pemain tengah, yakni mengontrol permainan dan memberikan operan kepada rekan timnya. Oleh karena itu, pemain tengah akan lebih banyak berlari ke berbagai arah di lapangan. Dengan demikian, midfielder harus memilih sepatu dengan bantalan yang nyaman, terlebih untuk bagian tumit.

  • Pemain sayap dan pemain depan membutuhkan kecepatan untuk dapat segera membawa bola ke daerah lawan. Untuk itu, pilihlah sepatu yang ringan untuk mendukung pemain dalam berlari. Selain itu, pilih sepatu yang upper-nya mendukung akurasi Anda dalam menendang bola ke gawang lawan.

④ Perhatikan tinggi ankle sepatu

Saat akan membeli sepatu spike untuk sepak bola, Anda juga perlu memperhatikan tinggi ankle-nya. Berdasarkan tinggi ankle-nya, ada dua macam yang banyak dibeli di pasaran, yaitu low cut dan mid cut. Berikut ini akan kami jelaskan kedua jenis sepatu tersebut.

Sepatu low cut: Memberikan kebebasan pergerakan pada pemain

Sepatu low cut: Memberikan kebebasan pergerakan pada pemain

Sesuai dengan namanya, low cut adalah istilah untuk sepatu dengan potongan yang rendah. Mayoritas dari sepatu untuk sepak bola termasuk dalam jenis low cut. Sepatu jenis ini tidak menutupi kedua mata kaki Anda. Kelebihan jenis sepatu ini adalah memberikan kebebasan dan kecepatan bergerak saat bermain sepak bola. Tidak hanya itu saja, jenis sepatu ini juga dapat dikenakan dengan lebih mudah.


Namun, Anda harus lebih berhati-hati saat bermain menggunakan sepatu low cut. Hal ini disebabkan karena tidak ada perlindungan yang diberikan untuk kedua mata kaki Anda. Jika tidak berhati-hati, kedua mata kaki Anda akan lebih rentan terkena cedera. Untuk melindungi kedua mata kaki Anda, kenakan kaos kaki yang cukup panjang dan tebal.

Sepatu mid cut: Menyediakan perlindungan ekstra untuk kaki Anda

Sepatu mid cut: Menyediakan perlindungan ekstra untuk kaki Anda

Selain low cut, Anda juga dapat membeli sepatu mid cut. Sesuai dengan namanya, mid cut adalah istilah yang diberikan untuk sepatu dengan potongan semata kaki. Jika dilihat dengan saksama, sepatu mid cut sebenarnya merupakan sepatu low cut yang diberikan tambahan kain di bagian atasnya. Tujuan dari penambahan kain tersebut adalah untuk melindungi kedua mata kaki Anda dari cedera saat bermain sepak bola.


Meskipun dapat memberikan perlindungan ekstra pada kedua kaki Anda saat bermain sepak bola, sepatu mid cut tergolong kurang praktis. Anda memerlukan effort lebih untuk memakai sepatu dengan jenis potongan ini. Secara harga, sepatu mid cut juga tergolong lebih tinggi.

10 Rekomendasi sepatu spike terbaik untuk sepak bola

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu spike terbaik untuk sepak bola yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Ortuseight

Horizon FG

Ortuseight Horizon FG 1枚目

Sepatu bola stylish yang nyaman di kaki dengan harga terjangkau

2

SPECS

Reacto Blitz Stereoflow Pro FG-Multiverse

SPECS Reacto Blitz Stereoflow Pro FG-Multiverse 1枚目

Sepatu bermotif grafiti yang estetik dan dirancang untuk kelincahan

3

Nike

Tiempo Legend 9 Academy

Nike Tiempo Legend 9 Academy  1枚目

Nyaman beraksi di lapangan rumput asli dan sintetis

4

Ortuseight

Catalyst Vision V2 FG K-Lea

Ortuseight Catalyst Vision V2 FG K-Lea 1枚目

Dilengkapi beragam teknologi untuk memaksimalkan permainan Anda

5

SPECS

LS Ultra FG Meta Crush Pack

SPECS LS Ultra FG Meta Crush Pack 1枚目

Warnanya berikan kesan segar, cocok untuk semua posisi

6

Ortuseight

Catalyst Cypher SG

Ortuseight Catalyst Cypher SG 1枚目

Harus berlatih di lapangan basah? Tidak masalah!

7

SPECS

LS Etnis FG - Priangan

SPECS LS Etnis FG - Priangan 1枚目

Raih kecepatan dan akselerasi maksimum dengan sepatu ini

8

MILLS

Sepatu Sepakbola Evos FG

MILLS Sepatu Sepakbola Evos FG 1枚目

Produk lokal yang akan membuat Anda terlihat menonjol di lapangan

9

adidas

Nemeziz .3 FG

adidas Nemeziz .3 FG 1枚目

Bebas meliuk dan menggocek dengan Agility Mesh

10

Nike

Mercurial Vapor 14 Elite FG

Nike Mercurial Vapor 14 Elite FG 1枚目

Area upper-nya luas dan bantalan nyaman, pas untuk pemain depan dan tengah

Perincian produk
Close
No.1

Sepatu bola stylish yang nyaman di kaki dengan harga terjangkau

Kelebihan:

  • Warnanya stylish dan enak dilihat
  • Dilengkapi beragam teknologi yang dapat mengoptimalkan performa Anda di lapangan

Kekurangan:

  • Tidak bisa dikenakan untuk berlatih di soft ground


Anda mencari sepatu bola yang warnanya keren dan enak dilihat? Produk sepatu Horizon dari Ortuseight ini bisa menjadi pilihan terbaik. Dengan warna yang variatif, Anda akan terlihat stylish saat bermain bola di lapangan.


Tidak ketinggalan, sepatu ini juga dilengkapi berbagai teknologi yang membuatnya nyaman dikenakan di kedua kaki Anda tanpa menyebabkan cedera. Menariknya lagi, sepatu ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

No.2

SPECSReacto Blitz Stereoflow Pro FG-Multiverse

Mulai dari Rp699.800,00

Sepatu bermotif grafiti yang estetik dan dirancang untuk kelincahan

Kelebihan:

  • Memiliki desain yang estetik dan unik
  • Bobotnya ringan, cocok untuk mendukung kelincahan dan kecepatan dalam bermain

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk berlatih di lapangan basah

Jika Anda ingin membeli sepatu bola dari SPECS, koleksi yang satu ini bisa menjadi pilihan tepat. Sepatu bola yang satu ini merupakan hasil kolaborasi antara SPECS dengan Stereoflow. Dengan motif grafiti yang estetik dan unik, sepatu ini benar-benar mencerminkan seni jalanan.


Selain visualnya menarik, bobotnya pun ringan. Bagian outsole sepatu ini juga dirancang supaya Anda bisa bergerak dengan lincah. Ditambah lagi, di bagian depan sepatu terdapat karet incisive grip untuk meningkatkan sentuhan terhadap bola. Jadi, kontrol Anda di lapangan akan makin sempurna!

No.3

NikeTiempo Legend 9 Academy

Mulai dari Rp999.000,00

Nyaman beraksi di lapangan rumput asli dan sintetis

Kelebihan:

  • Bisa digunakan di lapangan asli atau sintetis
  • Ada beberapa pilihan warna yang tersedia
  • Bagian upper sepatu ini dibekali bantalan empuk

Kekurangan:

  • Secara desain, sepatu ini masih tergolong kurang unik bagi beberapa orang

Anda gemar bermain sepak bola baik di lapangan sintetis maupun alami? Sepatu ini bisa menjadi produk yang cocok untuk dibeli. Anda bisa mengenakannya saat bermain di artificial ground dan lapangan rumput alami.


Bagian dalamnya juga dibekali bantalan yang empuk untuk membuat Anda nyaman saat mengejar atau menendang bola. Walaupun terkesan sederhana, pilihan warna yang tersedia bervariasi, lho!

No.4

OrtuseightCatalyst Vision V2 FG K-Lea

Mulai dari Rp749.000,00

Dilengkapi beragam teknologi untuk memaksimalkan permainan Anda

Kelebihan:

  • Dilengkapi beragam teknologi untuk memaksimalkan performa Anda di lapangan
  • Terbuat dari bahan kulit kanguru sehingga mampu mengikuti kontur kaki

Kekurangan:

  • Warnanya putih, harus sering dibersihkan agar tidak terlihat kotor

Sepatu bola Ortuseight ini dibekali teknologi Quick-Fit yang dapat menyesuaikan dengan bentuk kaki dan memberikan kenyamanan bagi Anda. Sepatu bola Ortuseight Catalyst Vision FG K-Lea cocok untuk Anda yang mencari sepatu dengan teknologi yang lengkap.


Teknologi Ort-treX dapat menghasilkan akselerasi dan manuver yang cepat. Teknologi Ort-Spine dapat melindungi telapak kaki dari cedera, tetapi tetap memberikan fleksibilitas dalam bermanuver. Ditambah lagi, teknologi Ort-shoX didesain mengikuti kontur telapak kaki untuk mencegah kaki bergeser ketika berlatih.

No.5

SPECSLS Ultra FG Meta Crush Pack

Mulai dari Rp579.800,00

Warnanya berikan kesan segar, cocok untuk semua posisi

Kelebihan:

  • Memiliki warna yang menarik
  • Cocok untuk berbagai posisi dalam permainan sepak bola
  • Ringan dan di dalamnya terdapat bantalan empuk

Kekurangan:

  • Untuk seri sepatu ini, hanya terdapat satu pilihan warna saja

Dari dulu sampai sekarang, SPECS tidak pernah berhenti berinovasi terkait dengan produk sepatu sepak bolanya. Ada beberapa pilihan warna terbaru, termasuk seri yang satu ini. Warna sepatu ini dominan ungu dengan sedikit jahitan oranye serta garis biru muda.


Dengan warna yang seperti ini, tidak heran apabila kesan colorful memang tecermin secara jelas. Sepatu yang satu ini juga ringan dan di dalamnya terdapat bantalan empuk. Jadi, jika Anda mencari sepatu yang cocok untuk berbagai posisi dalam sepak bola, jangan ragu untuk membeli produk ini!

No.6

OrtuseightCatalyst Cypher SG11010249

Mulai dari Rp449.000,00

Harus berlatih di lapangan basah? Tidak masalah!

Kelebihan:

  • Spike-nya tajam, cocok untuk berlatih di tanah basah
  • Teknologi Ort-Spine-nya melindungi kedua kaki dari cedera

Kekurangan:

  • Hanya cocok dikenakan di lapangan soft ground


Sepatu bola Ortuseight Catalyst Cypher SG Aurora memiliki spike yang tajam di bagian bawahnya. Hal ini tentu akan memudahkan Anda jika harus berlatih di lapangan yang basah atau berlumpur.


Selain itu, sepatu ini juga dibekali beberapa teknologi yang akan memaksimalkan performa Anda di lapangan. Beberapa teknologi tersebut meliputi Ort-treX, Ort-Spine, dan Ort-shoX. Dengan begitu, Anda tetap bisa berlatih dengan nyaman karena kedua kaki tetap terlindungi.

No.7

SPECSLS Etnis FG - Priangan101960

Mulai dari Rp549.800,00

Raih kecepatan dan akselerasi maksimum dengan sepatu ini

Kelebihan:

  • Cocok untuk berakselerasi cepat
  • Bagian upper yang ringan, cocok untuk menendang jauh

Kekurangan:

  • Hanya ada satu pilihan warna saja

SPECS LS Etnis FG - Priangan layak dipilih jika Anda sedang mencari sepatu yang bisa digunakan untuk menendang jarak jauh. Dengan bahan mikrofiber sintetis yang ringan, Anda dapat merasakan kontrol bola yang nyaman. Sepatu ini cocok digunakan untuk penyerang dan pemain sayap yang membutuhkan akselerasi cepat untuk tiba di daerah pertahanan lawan.

No.8

MILLSSepatu Sepakbola Evos FG9300203

Mulai dari Rp349.000,00

Produk lokal yang akan membuat Anda terlihat menonjol di lapangan

Kelebihan:

  • Warna gradasi yang eyecatching dan menarik
  • Bobot sepatu ringan, cocok untuk mendominasi lapangan

Kekurangan:

  • Kurang cocok dikenakan saat bermain di artificial ground atau soft ground

Ada merek lokal lain yang menjual sepatu bola berkualitas baik, yaitu MILLS. Merek ini memang belum begitu terdengar, tetapi sepatunya tidak kalah bagus. Produk ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat jika Anda ingin bermain di firm ground. Bobotnya yang ringan akan memudahkan Anda mendominasi lapangan dengan kecepatan tinggi.


Warnanya juga sangat menarik karena merupakan gradasi antara kuning dengan biru tua. Oleh karena itu, tidak usah heran jika sepatu ini akan membuat Anda terlihat menonjol di lapangan. Tidak ketinggalan, harganya juga cukup terjangkau.

No.9

adidasNemeziz .3 FGFW7350

Mulai dari Rp1.300.000,00

Bebas meliuk dan menggocek dengan Agility Mesh

Kelebihan:
  • Outsole terpisah sehingga mudah untuk dilepas pasang
  • Terdapat pelindung mata kaki

Kekurangan:

  • Warna dominan putih sehingga harus lebih sering dibersihkan

Dengan teknologi Agility Mesh, area kaki tengah serta tumit sepatu terasa lebih ketat di kaki Anda dibandingkan area lainnya. Dengan begitu, sentuhan bola pada kaki menjadi lebih optimal. Kaki Anda pun tidak akan bergeser di dalam sepatu ketika melakukan berbagai gerakan yang tajam.


Ditambah lagi, sepatu bola adidas ini memiliki outsole terpisah serta spike meruncing sehingga Anda akan makin lincah bergerak. Jika Anda mencari sepatu spike yang dapat membantu Anda melakukan gocekan dan trik keren, produk ini adalah pilihan terbaik.
No.10

NikeMercurial Vapor 14 Elite FG

Mulai dari Rp3.559.000,00

Area upper-nya luas dan bantalan nyaman, pas untuk pemain depan dan tengah

Kelebihan:

  • Memiliki area upper yang luas dan bantalan yang empuk
  • Ringan dan breathable 

Kekurangan:

  • Harganya cukup tinggi, kurang cocok untuk pemula yang baru pertama kali membeli sepatu spike

Anda cukup sering menjadi midfielder atau pemain tengah saat bermain sepak bola? Sepatu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Nike Mercurial Vapor 14 Elite memiliki area upper yang luas dan bantalan dalam sepatu yang empuk.


Dengan mengenakan sepatu ini, kedua kaki Anda tetap terasa nyaman saat harus menerima operan bola dari berbagai arah. Tidak ketinggalan, sepatu ini juga ringan sehingga cocok untuk berlari cepat.

Baca juga rekomendasi sepatu sepak bola lainnya dan sepatu futsal di sini

Saat ini, bermain sepak bola tidak hanya dapat dimainkan pada lapangan dengan rumput alami. Makin banyak orang yang memainkan sepak bola di artificial ground, seperti lapangan rumput sintetis, vinyl, atau parquette. Anda perlu memilih sepatu yang tepat agar performa Anda tetap maksimal. Ingin tahu lebih detail? Anda bisa membacanya di sini.

Kesimpulan

Sepatu spike akan meningkatkan performa Anda saat bermain sepak bola. Anda bisa memilih sepatu berbahan kulit asli yang mampu mengikuti kontur kaki, atau berbahan kulit sintetis dengan durability tinggi.

Lalu, Anda juga perlu menyesuaikan tipe spike-nya dengan lapangan tempat Anda bermain. Pastikan ukurannya agar Anda merasa nyaman saat bermain. Jangan lupa memilih sesuai posisi dan gaya bermain Anda agar permainan makin optimal, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer