10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Skuter atau otoped merupakan sebuah papan dengan kemudi yang dilengkapi dengan roda. Anda sendiri mungkin pernah memainkannya saat masih anak-anak. Kami pun ingin agar anak Anda juga dapat merasakan pengalaman dan keseruan saat bermain skuter. Namun, harus pilih yang mana, ya? Seiring perkembangan zaman, jenis skuter pun menjadi semakin bervariasi.

Untuk itu, saat ini kami akan menjelaskan cara memilih skuter untuk anak Anda sekaligus memperkenalkan 10 rekomendasi produk terbaik berdasarkan desain, fitur, dan harga. Silakan simak terus artikel kami dan temukanlah skuter favorit untuk anak Anda.

Daftar isi

Cara memilih skuter anak

Baru-baru ini, skuter telah berkembang sangat pesat dari segi desain dan fitur. Untuk itu, kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin apa saja yang perlu diperhatikan agar Anda dapat memilih produk yang tepat.

Pastikan tersedia sistem rem yang pakem demi keamanan

Pastikan tersedia sistem rem yang pakem demi keamanan

Jika Anda bermaksud membeli skuter untuk anak-anak, salah satu poin terpenting yang harus diperhatikan adalah rem. Produk-produk terbaru memiliki tipe rem yang bervariasi, seperti rem kaki yang berada di atas roda dan digunakan dengan cara diinjak, serta rem tangan yang terpasang pada setang layaknya rem pada sepeda. Setiap varian rem memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Untuk skuter yang memiliki rem kaki yang berada di atas roda, Anda akan dihadapkan pada masalah seperti pelindung roda serta karet roda yang lama kelamaan akan rusak karena gaya gesek seiring dengan penggunaan rem. Rem jenis ini juga seringkali menimbulkan suara berdecit ketika digunakannya. Namun, kelebihan dari rem jenis ini ialah letaknya dekat dengan kaki. Berhubung skuter dikayuh dengan menggunakan hentakan kaki, secara refleks rem ini lebih mudah dijangkau oleh anak-anak.

Di samping itu, pada skuter dengan rem tangan, Anda akan dihadapkan pada masalah tangan anak Anda yang tidak selalu sigap atau lupa memegang setang sambil menaruh jari pada rem sehingga mungkin saja anak Anda tidak mengerem pada waktu yang tepat. Namun, kelebihan dari rem jenis ini ialan mudah dikendalikan sesuka hati bahkan bagi anak Anda yang belum terbiasa menggunakan skuter.

Pilih skuter sesuai dengan usia anak Anda

Terdapat juga beberapa jenis skuter yang lebih cocok digunakan oleh anak-anak pada kelompok usia tertentu. Agar dapat menggunakan skuter dengan aman, penting untuk memilih skuter yang sesuai dengan usia anak Anda.

Pilih jumlah roda sesuai dengan kelompok umur anak

Pilih jumlah roda sesuai dengan kelompok umur anak

Ada jenis skuter yang memiliki 4 roda, 3 roda, dan 2 roda. Rentang usia yang direkomendasikan pun berbeda-beda. Pastikan Anda memeriksa dengan saksama sebelum membeli skuter untuk anak Anda. Meskipun Anda membelikan skuter berkualitas terbaik sekalipun, bila anak Anda tidak dapat menggunakannya karena batasan usia, tentu dia akan kecewa.

Pada umumnya, skuter yang memiliki 3 atau 4 roda cukup sesuai untuk digunakan oleh anak berusia sekitar 3 tahun. Jumlah roda ini membuat skuter tetap seimbang sehingga anak dapat dengan mudah berdiri di atas skuter tanpa khawatir jatuh.

Di sisi lain, skuter yang hanya memiliki 2 roda memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dibandingkan dengan skuter 3 dan 4 roda sehingga lebih sesuai digunakan oleh anak berusia 6 tahun ke atas. Meski awalnya mungkin sulit, tentu anak Anda akan merasa senang jika sudah dapat menggunakan skuter 2 roda dengan lancar.

Pilih ukuran papan sesuai dengan ukuran tubuh anak

Pilih ukuran papan sesuai dengan ukuran tubuh anak

Selain dipengaruhi oleh jumlah roda, rentang usia yang direkomendasikan juga dapat berubah tergantung dari ukuran papan skuter tersebut. Pastikan Anda memilih ukuran skuter berdasarkan besar tubuh anak Anda. Contohnya, skuter dengan ukuran papan selebar 4 inci (±10 cm) cocok untuk anak kelas 1-3 di sekolah dasar, sedangkan ukuran papan selebar 5-8 inci (±12-20 cm) cocok untuk anak berusia lebih tua.   

Jika anak Anda masih menggunakan skuter yang sama disaat tubuh anak Anda sudah semakin besar, tentu saja skuter tersebut lama-kelamaan akan rusak dan dikhawatirkan akan melukai anak Anda.

Skuter memang tidak diciptakan untuk dapat mencapai kecepatan yang tinggi, tetapi jika digunakan saat menuruni lereng atau jalan menurun, tentu saja skuter akan melaju dengan kecepatan melebihi yang seharusnya. Selain memperhatikan kesesuaian ukuran sekuter dengan tubuh dan usia anak, tetaplah berhati-hati dan selalu awasi anak Anda pada saat dia bermain.

Pilih desain yang sesuai dengan selera anak Anda

Pilih desain yang sesuai dengan selera anak Anda

Anak-anak yang menginjak usia sekolah biasanya sudah mulai peduli dengan sesuatu yang keren. Jika Anda memberikan skuter dengan desain yang kurang sesuai dengan seleranya, anak Anda mungkin akan merasa malu bahkan enggan menggunakannya.

Saat memberikannya sebagai hadiah, pastikan Anda mengajak anak Anda untuk memilih skuternya sendiri. Terdapat perbedaan yang signifikan antara definisi keren di mata anak-anak dengan orang dewasa, jadi biarkan anak Anda yang tentukan. Contohnya untuk anak perempuan, tidak semua anak perempuan menyukai warna pastel, seperti merah muda atau biru muda. Sebagian dari mereka mungkin menyukai skuter yang terlihat sedikit maskulin dan sebaliknya.

Berhubung selera anak berbeda-beda, kami sarankan Anda memilih produk yang akan dibeli bersama-sama dengan anak Anda.

10 Rekomendasi skuter anak terbaik

Sudahkah Anda memiliki bayangan mengenai skuter yang cocok untuk anak Anda? Sekarang, kami akan memberikan 10 rekomendasi skuter terbaik untuk anak Anda. Silakan temukan produk yang paling cocok dan sesuai dengan seleranya.

10. Skuter Anak Bergambar Karakter

10. Skuter Anak Bergambar Karakter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 175.000

Disukai anak berkat gambar berbagai karakter favoritnya

Skuter berikut layak Anda jadikan pilihan bagi anak Anda yang menyukai karakter-karakter kartun. Produk dengan rem tangan ini memiliki motif Disney Mickey Mouse, Cars, Ben 10, dan lain-lain yang menarik serta dapat Anda pilih sesuai selera anak Anda. Motifnya yang lucu ini umumnya digemari oleh anak-anak berusia 4-7 tahun.

Selain memiliki berbagai motif tokoh kartun dengan warna yang berbeda, produk dengan papan berukuran sedang ini juga memiliki 3 roda yang dapat menyala ketika skuter melaju. Lampu pada rodanya tentu membuat anak Anda terlihat lebih ceria saat menggunakan skuter ini. Latih keaktifan gerak motorik anak Anda bersama produk ini!

9. PMB Skuter Roda Tiga

9. PMB Skuter Roda Tiga

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 170.000

Alunan musik untuk menambah suasana riang saat bermain

Bila Anda ingin melatih keseimbangan sekaligus memperkenalkan musik pada anak Anda, produk berikut layak untuk Anda pertimbangkan. Skuter berdimensi 58 x 30 x 68 cm ini memiliki sensor untuk menyalakan musik ketika roda berjalan. Anak Anda pun bisa lebih bersemangat bermain skuter sembari diiringi dengan alunan musik.

Pilihan warna biru, hijau, oranye, dan merah muda yang dimiliki skuter dengan 3 roda ini membuatnya cocok digunakan baik bagi anak laki-laki maupun anak perempuan yang berusia 2 tahun ke atas. Selain itu, skuter dengan rem kaki ini juga sudah memiliki label SNI (Standar Nasional Indonesia) sehingga telah terjamin keamanan dan kualitasnya.

8. Skuter Gunting Otoped Anak

8. Skuter Gunting Otoped Anak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 225.000

Papan model gunting yang unik dan lebih seimbang

Skuter dengan bentuk yang unik ini cocok bagi anak Anda yang sudah bosan dengan bentuk skuter yang biasa. Papan skuter dengan panjang sekitar 78 cm ini berbentuk seperti gunting yang bisa terbuka ke kanan dan kiri sehingga dapat disesuaikan dengan kenyamanan kaki anak Anda. Bisa mengganti posisi kaki sesuka hati, anak pun lebih leluasa bermain skuter.

Skuter 4 roda ini dapat digunakan untuk anak Anda yang berusia mulai dari 3-8 tahun dengan tinggi 80-160 cm. Selain itu, skuter dengan rem kaki ini memiliki keranjang berbentuk kumbang yang lucu di bagian depan dan hiasan kincir angin yang bisa berputar saat skuter berjalan. Anak-anak tentu akan lebih bersemangat melaju dengan sekuternya.

7. Skuter KM-915

7. Skuter KM-915

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 160.000

Rem tangan pakem untuk kontrol kecepatan yang lebih mudah

Menggunakan rem tangan pakem yang mudah dioperasikan pada setangnya, skuter ini semakin aman digunakan. Anda pun dapat lebih lega karena anak Anda yang berusia sekitar 3-4 tahun pun akan lebih leluasa mengontrol kecepatan laju skuter. Pilihan warna-warna cerah yang menarik dan model yang sporty, pasti membuat produk ini jadi favorit anak Anda.

Produk dengan 3 roda ini pun terasa semakin menarik dengan adanya lampu pada roda. Gagang setang pun lebih fleksibel karena dapat disesuaikan panjangnya hingga maksimal 77 cm. Anak cepat bertambah tinggi pun bukan masalah! Produk yang berdimensi 60 x 10 x 55 cm ini juga menggunakan material besi yang kuat sehingga tidak mudah rusak.

6. Skuter Anak Bergambar Frozen

6. Skuter Anak Bergambar Frozen

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 217.500

Material tahan karat plus desain karakter kesukaan anak Anda

Karakter Elsa dan kawan-kawannya dalam film Frozen seakan sudah melekat dalam hati banyak orang, khususnya anak-anak. Bila anak Anda juga menyukai karakter dalam film Frozen, Anda dapat menjadikan skuter 3 roda yang sudah lengkap dengan bel ini sebagai hadiah bagi si kecil kesayangan Anda yang masih berusia 4-7 tahun.

Produk berdimensi 59 x 74 cm ini juga kuat dan tahan terhadap korosi karena menggunakan material stainless steel. Untuk desainnya, produk dengan rem kaki ini tersedia dalam 2 pilihan motif, yakni bergambar Elsa bersama kawan-kawannya (bernuansa ungu) serta bergambar Elsa saja (bernuansa biru muda). Menarik dan tentu disukai anak-anak.

5. Skuter Anak Set Motif Doraemon

5. Skuter Anak Set Motif Doraemon

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 267.500

Skuter set untuk perlindungan bagi para pemula

Anak yang baru pertama kali belajar menggunakan skuter tentunya membutuhkan pengamanan ekstra. Untuk itu, produk berikut dapat menjadi solusi tepat. Skuter ini dijual satu set dengan helm dan knee protector sehingga anak Anda yang berusia 3-6 tahun bisa belajar menaiki skuter dengan aman, tanpa takut terluka apabila terjatuh.

Selain keamanan yang lebih terjamin, anak Anda juga akan terbawa suasana ceria dari warna biru yang cerah serta motif Doraemon dan kawan-kawannya yang menggemaskan. Tidak hanya itu saja, produk dengan 3 roda ini pun dilengkapi dengan rem kaki untuk menambah keamanannya serta bel yang membuatnya terlihat lebih menarik.

4. Oxelo Play 5 Children’s Scooter with Brake – Blue

4. Oxelo Play 5 Children's Scooter with Brake - Blue

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 895.000

Bisa dilipat, mudah dibawa ke mana-mana!

Skuter dengan 2 roda berikut cocok bagi anak Anda yang ingin lebih berlatih dan meningkatkan keseimbangan tubuhnya. Skuter 2 roda ini memang akan terasa lebih sulit digunakan dibandingkan dengan yang beroda 3 atau 4. Namun, anak-anak bisa lebih tertantang keberaniannya dengan berlatih menggunakan skuter ini.

Produk dengan rem tangan ini pun mudah untuk Anda bawa bepergian karena bodinya yang bisa dilipat. Anak Anda pun bisa tetap menggunakan skuter meski sedang bertamasya sekalipun. Dengan ukuran papan yang tidak terlalu panjang, skuter ini dapat digunakan oleh anak Anda yang berusia 4-6 tahun dengan bobot maksimal hingga 50 kg.

3. Scooter Four Wheel – Blue

3. Scooter Four Wheel - Blue

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 430.000

4 roda untuk keseimbangan skuter yang lebih stabil

Produk berikut memiliki 4 roda dengan rem yang terletak tepat di atas roda bagian belakang sehingga mudah dijangkau oleh kaki anak Anda. 4 rodanya juga membuat skuter anak dengan tampilan sleek dan minimalis ini terasa lebih stabil ketika digunakan, cocok bagi anak Anda yang baru belajar menggunakan skuter.

Kerangka skuter ini terbuat dari bahan aluminium yang tidak mudah keropos dan tahan dalam waktu yang lama. Anda pun bisa lebih berhemat karena tidak perlu membeli skuter lagi dalam waktu yang lama. Selain itu, dimensi papan 67 x 14 cm miliknya ini membuat skuter ini pas digunakan oleh anak mulai dari usia 2-12 tahun.

2. Skuter Roda Tiga Jet Turbo

2. Skuter Roda Tiga Jet Turbo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 990.000

Tampil lebih keren dan bergaya dengan skuter ini!

“Pokoknya harus keren!”, anak-anak zaman sekarang memang cenderung menyukai desain yang tidak biasa. Bagaimana kalau Anda tawarkan produk ini pada anak Anda? Produk dengan 3 roda ini dilengkapi 2 buah hiasan jet lengkap dengan lampu LED (light-emitting diode). Jetnya pun bisa mengeluarkan uap serta tidak beracun meski terhirup oleh anak.

Tidak hanya itu saja, skuter dengan rem kaki ini juga memiliki motif grafiti dengan pilihan warna dasar biru dan merah yang akan membuat anak Anda tampil lebih bergaya bersama produk ini. Produk dengan ukuran papan sepanjang 64 cm yang menarik ini pun cocok untuk digunakan oleh anak Anda yang berusia mulai dari 3-13 tahun.

1. Yvolution Y Glider Scooter

1. Yvolution Y Glider Scooter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.350.000

Langkah awal memperkenalkan skuter pada anak Anda

Bagi Anda yang ingin memperkenalkan sekaligus melatih keseimbangan anak Anda sejak usia dini, produk ini dapat menjadi alternatif pilihan yang tepat. Lengkap dengan kursi, Anda bisa mulai memperkenalkan skuter ini pada anak Anda yang masih berusia sekitar 1,5 tahun. Anak Anda pun dapat belajar keseimbangan saat duduk di kursi yang tinggi.

Bila anak Anda sudah berusia sekitar 3-5 tahun, Anda dapat melepas kursinya sehingga anak bisa belajar menggunakan skuter seperti biasa. Skuter 3 roda dengan rem kaki ini akan efektif untuk membuat anak Anda terbiasa menggunakan skuter dan mengontrol keseimbangannya, bahkan mulai dari saat dirinya baru bisa menaikinya dengan duduk.

Kesimpulan

Kami sudah memaparkan cara memilih skuter untuk anak dan membagikan rekomendasi 10 produk skuter terbaik yang dapat dibeli secara online. Anda dapat menunjukkan produk rekomendasi di artikel ini pada anak Anda agar dia dapat menentukan sendiri skuter yang diinginkannya.

Saat ini, skuter telah memiliki beragam desain yang menarik serta dilengkapi juga dengan fitur-fitur tambahan, seperti lampu LED pada roda, bel, dan sebagainya. Namun, sebelum itu, perhatikanlah dahulu umur dan besar tubuh anak Anda agar skuter yang dipilih lebih sesuai. Selamat berbelanja dan bergembira bersama anak Anda!