• 10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Skuter atau otoped anak merupakan sebuah papan dengan kemudi yang dilengkapi roda. Anda mungkin pernah memainkannya saat kanak-kanak. Pastinya Anda ingin agar anak dapat ikut merasakan keseruan yang sama. Namun, jenis skuter kini sudah makin bervariasi sehingga bisa membuat bingung dalam memilih.

Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih scooter anak terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek yang bagus, antara lain Decathlon dan Segway. Ada skuter listrik, injak, sampai yang roda 3. Ulasan setiap produknya pun sudah tersedia. Yuk, temukan skuter favorit anak Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 18 Agustus 2021
  • 34.412 Views
Daftar isi

Skuter anak, sarana olahraga dan rekreasi yang seru

Skuter anak, sarana olahraga dan rekreasi yang seru

Tak perlu ragu membelikan skuter untuk anak Anda. Mainan ini punya banyak manfaat. Skuter anak efektif untuk melatih keseimbangan tubuh sejak dini. Selain cocok untuk berolahraga, Anda juga bisa menjadikannya sarana rekreasi untuk anak.


Anda tak perlu menunggu usia anak mencapai 3 tahun untuk membelikannya skuter, lho. Kini sudah tersedia skuter untuk segala usia, bahkan untuk usia 1 tahun. Beberapa produk juga dilengkapi setang yang dapat diatur ketinggiannya. Kapasitas bebannya pun cukup besar. Jadi, produknya bisa digunakan untuk waktu yang lama, misalnya hingga usia 5 tahun.

 

Selain itu, desain dan fitur skuter sudah sangat bervariasi. Ada yang dioperasikan dengan daya baterai, dilengkapi pedal injak, hingga yang modenya bisa diubah-ubah. Harga skuter anak berbeda-beda, tergantung pada modelnya. Makin banyak fitur yang ditawarkan, harga skuter anak pun berpotensi makin tinggi.


Sebagai informasi, skuter dan otoped sebenarnya tidak sama. Berdasarkan pengertian katanya, Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan skuter sebagai kendaraan bermotor yang memiliki dua roda. Sementara itu, otoped atau otopet adalah sebuah papan yang memiliki roda yang digerakkan dengan kaki


Namun, di pasaran kedua benda tersebut dianggap sama. Keduanya diartikan sebagai papan dengan roda dan setang. Akan tetapi, tergantung pada produknya, ada yang menggunakan tenaga listrik, ada yang manual menggunakan kaki. Nah, agar Anda tidak bingung memilih, simak tips di bawah ini, ya.

Cara memilih skuter anak

Dari segi desain dan fitur, skuter anak sudah berkembang sangat pesat. Agar Anda mendapatkan produk terbaik, berikut ini kami akan memperinci tiap-tiap poin cara memilihnya. Disimak dengan saksama, ya.

Demi keamanan, pastikan tersedia sistem rem yang pakem

Salah satu poin penting yang harus diperhatikan sebelum membeli skuter anak adalah rem. Tipe rem pada skuter bervariasi. Ada yang menggunakan rem kaki yang berada di atas roda dan digunakan dengan cara diinjak. Selain itu, ada juga rem tangan yang terpasang di bagian setang layaknya rem sepeda motor. Setiap tipe memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Untuk skuter yang menggunakan rem kaki, pelindung dan karet rodanya lama-kelamaan dapat menjadi aus. Rem jenis ini juga sering kali menimbulkan suara berdecit ketika digunakan. Kelebihan dari rem kaki adalah tidak membuat skuter terpental ke depan.


Sementara itu, rem tangan mudah sekali dijangkau. Akan tetapi, rem jenis ini bisa membuat skuter terpental saat digunakan dalam kecepatan tinggi. Demi keamanan ganda, Anda bisa memilih produk yang dilengkapi rem tangan dan kaki sekaligus.


Meski demikian, produk yang tidak dilengkapi rem juga tersedia. Skuter ini dapat dihentikan secara manual menggunakan kaki. Produk dengan sistem rem manual ini biasanya tidak dapat melaju kencang. Hal tersebut bisa menjadi nilai plus bagi anak yang baru mulai berlajar mengendarai skuter. 

Untuk balita, pilih skuter anak roda 3

Untuk balita, pilih skuter anak roda 3
Anda bisa menemukan skuter yang memiliki empat roda, tiga roda, dan dua roda. Rentang usia yang direkomendasikan untuk masing-masing produk tentu berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda memeriksa dengan saksama sebelum membeli skuter untuk anak. Meskipun Anda membelikan skuter berkualitas, anak akan bersedih jika tidak dapat menggunakannya karena tak cocok dengan usianya.

Pada umumnya, skuter yang memiliki tiga roda atau empat roda cocok digunakan oleh balita. Jumlah roda tersebut membuat skuter tetap seimbang sehingga si kecil mudah berdiri di atasnya tanpa khawatir terjatuh.


Di sisi lain, skuter beroda dua memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi. Karena itu, skuter ini lebih sesuai digunakan oleh anak berusia enam tahun ke atas. Meski awalnya sulit, anak akan senang jika sudah dapat menggunakan skuter dua roda dengan lancar.

Perhatikan material yang digunakan untuk membuat skuter anak

Material dari skuter bisa menentukan bobotnya. Bobot skuter sendiri akan menentukan siapa yang cocok menggunakannya. Material juga memberi karakteristik tertentu untuk produknya. Agar Anda tak salah pilih, simak penjelasan masing-masing materialnya berikut ini.

Plastik, tidak membebani si kecil karena ringan

Plastik memang tidak sekukuh logam. Namun, bukan berarti skuter anak dengan material ini tidak sebagus yang logam. Skuter anak dari plastik cocok diberikan kepada balita. Bobotnya lebih ringan sehingga tidak membebani si kecil saat memainkannya.


Berat total skuter plastik bisa di bawah 3 kg. Meski demikian, material plastik akan awet asalkan penggunaannya wajar. Jenis plastik yang biasanya digunakan adalah PP dan PU. Bahkan, banyak roda skuter yang terbuat dari bahan PU sehingga tidak kempis.

Logam, lebih berat sekaligus lebih awet

Material logam akan membuat skuter anak menjadi lebih awet karena lebih kukuh ketimbang plastik. Namun, bobotnya lebih berat, bahkan bisa mencapai 8 kg. Oleh karena itu, skuter dari logam lebih cocok untuk anak usia 5 tahun ke atas.


Jenis logam yang biasa digunakan di antaranya adalah aluminium, baja, hingga stainless steel. Tidak sedikit juga produk yang menggunakan perpaduan material plastik dan logam. Skuter yang terbuat dari perpaduan kedua bahan tersebut lebih bersahabat untuk balita karena bobotnya lebih ringan.

Mau dibawa bepergian? Pertimbangkan produk yang bisa dilipat

Lingkungan Anda mungkin saja kurang mendukung untuk anak bermain skuter. Dalam kondisi seperti itu, Anda perlu membawa skuter anak ke tempat lain agar bisa digunakan secara maksimal. Namun, membawa skuter bepergian mungkin bisa sedikit merepotkan.


Untuk itu, Anda membutuhkan skuter yang bisa dilipat. Mekanismenya beragam, ada yang setangnya bisa dilipat, ada juga yang setangnya bisa dilepas. Apa pun mekanismenya, pastinya skuter anak yang bisa dilipat akan banyak memudahkan Anda.

Pilih skuter listrik atau injak untuk dijadikan sarana transportasi

Skuter menjadi sarana yang menyenangkan untuk bersenang-senang. Namun, skuter bisa terasa melelahkan jika dijadikan sarana transportasi. Anak akan cepat lelah jika harus terus mengayunkan kakinya, apalagi kalau jalanannya kurang rata atau menanjak.


Sebagai solusinya, Anda bisa membelikan skuter tipe listrik atau tipe injak untuk anak. Kedua tipe tersebut bersahabat untuk penggunaan jarak jauh dan intensitas yang tinggi. Efektivitasnya hampir sama seperti menggunakan sepeda, tetapi lebih simpel.


Untuk menjalankan skuter listrik, anak hanya perlu menekan atau menginjak sebuah tombol. Skuter tipe ini memang membutuhkan daya, tetapi masih bisa digunakan secara manual saat baterainya habis. Kecepatannya pun bisa mencapai 14 km/jam.


Sementara itu, mekanisme skuter injak mirip sepeda. Skuternya perlu dikayuh agar berjalan. Namun, cara mengayuhnya tidak sama seperti sepeda. Kedua pedal terletak pada papan skuternya. Injak saja secara bergantian untuk membuat skuter berjalan.

Sertakan anak dalam memilih desain yang disukai

Sertakan anak dalam memilih desain yang disukai
Anak-anak yang menginjak usia sekolah biasanya mulai peduli dengan penampilan barang miliknya. Mereka mulai ingin memiliki barang yang dianggap keren. Jika Anda memberikan skuter yang kurang sesuai selera anak, mungkin mereka akan merasa malu, bahkan enggan menggunakannya.

Karena itu, ajaklah anak Anda untuk memilih skuternya sendiri. Terdapat perbedaan yang signifikan antara definisi keren di mata anak-anak dengan orang dewasa. Jadi, biarkan saja anak Anda yang menentukan barang favoritnya sendiri.


Tidak semua anak perempuan menyukai warna pastel seperti merah muda atau biru muda. Sebagian dari mereka mungkin menyukai skuter yang terlihat sedikit maskulin. Berhubung seleranya berbeda-beda, disarankan agar Anda memilih produk bersama-sama dengan anak.

10 Rekomendasi skuter anak terbaik

Anda pasti sudah memiliki bayangan mengenai skuter yang cocok untuk anak. Kini kami akan membagikan sepuluh rekomendasi scooter anak dari merek yang bagus. Ulasannya juga telah kami siapkan untuk Anda. Pilih produk yang paling cocok dan sesuai dengan selera anak, ya!

10
Jenis remManual
MaterialNikel (bodi)
Dimensi produk58 cm x 30 cm x 68 cm
Bobot±4 kg
Tinggi setang bisa diaturYa
Kapasitas beban30 kg
FoldableX
Target usia3—8 tahun
9

AudreyMavic Mini Electric Scooter

Mulai dari Rp 1.799.000,00

Jenis remKaki
MaterialTidak tercantum
Dimensi produkTidak tercantum
Bobot4,9 kg
Tinggi setang bisa diaturYa
Kapasitas beban100 kg
Foldable
Target usia6+
8
Jenis remTangan
MaterialAluminium, stainless steel (bodi)
Dimensi produkTidak tercantum
BobotTidak tercantum
Tinggi setang bisa diaturYa (4 level)
Kapasitas beban50 kg
Foldable
Target usiaTidak tercantum
7
Jenis remKaki
MaterialPU (ban)
Dimensi produkTidak tercantum
Bobot2,8 kg
Tinggi setang bisa diaturYa (57—64 cm)
Kapasitas bebanTanpa jok: 50 kg・Dengan jok: 20 kg
FoldableX
Target usia1—5 tahun
6
Jenis remManual
MaterialPP, aluminium alloy (bodi), PU (ban)
Dimensi produk59,7 cm x 29,4 cm x 78 cm
Bobot3,1 kg
Tinggi setang bisa diaturYa (3 level)
Kapasitas beban50 kg
Foldable
Target usia3—6 tahun
5
Jenis remTangan
MaterialAluminium, baja (bodi), PU (ban)
Dimensi produkTidak tercantum
BobotTidak tercantum
Tinggi setang bisa diaturTidak tercantum
Kapasitas beban50 kg
Foldable
Target usia3–6 tahun
4

DecathlonOxelo Play 5 Children’s Scooter with Brake

Mulai dari Rp 600.000,00

Jenis remTangan dan kaki
MaterialAluminium, baja (bodi), PU (ban)
Dimensi produk26 cm x 70—80 cm
Bobot3,3 kg
Tinggi setang bisa diaturYa (44—54 cm)
Kapasitas beban50 kg
Foldable
Target usia4—6 tahun
3
Jenis remManual
MaterialPP (bodi), PU (ban)
Dimensi produk69 cm x 23,5 cm x 81 cm
BobotTidak tercantum
Tinggi setang bisa diaturYa (70–80 cm)
Kapasitas bebanTidak tercantum
Foldable
Target usia2–6 tahun
2
Jenis remManual
MaterialFiberglass (papan)
Dimensi produk53,3 cm x 11,5 cm x 68 cm
Bobot1,9 kg
Tinggi setang bisa diaturYa (51—68 cm)
Kapasitas bebanTanpa jok: 35 kg・Dengan jok: 20 kg
Foldable
Target usia1–5 tahun
1

SegwayNinebot eKickscooter ZING

E8

Mulai dari Rp 2.850.000,00

Jenis remTangan dan kaki
MaterialAluminum alloy (bodi), karet (ban)
Dimensi produkTerbuka: 83 cm × 33,5 cm × 85 cm・Terlipat: 87, 5 cm × 33,5 cm × 32 cm
Bobot8 kg
Tinggi setang bisa diaturTidak tercantum
Kapasitas beban50 kg
Foldable
Target usia6—12 tahun

Tabel perbandingan produk skuter anak terbaik

Gambar produk
1
Segway Ninebot eKickscooter ZING  1

Segway

2
Micro Mini 3in1 Deluxe 1

Micro

3
Notale 5 in 1 Scooter 1

Notale

4
Decathlon Oxelo Play 5 Children’s Scooter with Brake 1

Decathlon

5
Exotic Children's Scooter 1

Exotic

6
Xiaomi MiTU Balanced Scooter 1

Xiaomi

7
Scoot & Ride Highwaykick 1 1

Scoot & Ride

8
Vita-T Skuter Dual Pedal 1

Vita-T

9
Audrey Mavic Mini Electric Scooter 1

Audrey

10
PMB Scooter Anak Roda 3 1

PMB

Nama produk

Ninebot eKickscooter ZING

Mini 3in1 Deluxe

5 in 1 Scooter

Oxelo Play 5 Children’s Scooter with Brake

Children's Scooter

MiTU Balanced Scooter

Highwaykick 1

Skuter Dual Pedal

Mavic Mini Electric Scooter

Scooter Anak Roda 3

Keunggulan

Scooter anak terbaik untuk jangka panjang

Ukurannya mini, mudah disimpan dan dibawa bepergian

Bisa diubah ke dalam lima mode berbeda!

Dua sistem rem untuk kontrol kecepatan lebih mudah

Pedal lebih tinggi, melaju pun jadi lebih jauh

Atur sendiri kecepatan yang aman untuk anak

Sudah aman, praktis pula!

Meluncur dengan skuter tanpa perlu bersusah payah

Kapasitas bebannya besar sehingga bisa dipakai sekeluarga

Memperkenalkan skuter dengan cara yang asyik

Harga mulai dariRp 2.850.000,00Rp 2.199.000,00Rp 799.000,00Rp 600.000,00Rp 790.000,00Rp 790.000,00Rp 1.700.000,00Rp 660.000,00Rp 1.799.000,00Rp 325.000,00
Jenis remTangan dan kakiManualManualTangan dan kakiTanganManualKakiTanganKakiManual
MaterialAluminum alloy (bodi), karet (ban)Fiberglass (papan)PP (bodi), PU (ban)Aluminium, baja (bodi), PU (ban)Aluminium, baja (bodi), PU (ban)PP, aluminium alloy (bodi), PU (ban)PU (ban)Aluminium, stainless steel (bodi)Tidak tercantumNikel (bodi)
Dimensi produkTerbuka: 83 cm × 33,5 cm × 85 cm・Terlipat: 87, 5 cm × 33,5 cm × 32 cm53,3 cm x 11,5 cm x 68 cm69 cm x 23,5 cm x 81 cm26 cm x 70—80 cmTidak tercantum59,7 cm x 29,4 cm x 78 cmTidak tercantumTidak tercantumTidak tercantum58 cm x 30 cm x 68 cm
Bobot8 kg1,9 kgTidak tercantum3,3 kgTidak tercantum3,1 kg2,8 kgTidak tercantum4,9 kg±4 kg
Tinggi setang bisa diaturTidak tercantumYa (51—68 cm)Ya (70–80 cm)Ya (44—54 cm)Tidak tercantumYa (3 level)Ya (57—64 cm)Ya (4 level)YaYa
Kapasitas beban50 kgTanpa jok: 35 kg・Dengan jok: 20 kgTidak tercantum50 kg50 kg50 kgTanpa jok: 50 kg・Dengan jok: 20 kg50 kg100 kg30 kg
FoldableXX
Target usia6—12 tahun1–5 tahun2–6 tahun4—6 tahun3–6 tahun3—6 tahun1—5 tahunTidak tercantum6+3—8 tahun
Tautan produk

Baca juga rekomendasi peralatan olahraga lainnya untuk anak di sini

Selain skuter, sepeda dan sepatu roda juga cocok sebagai sarana olahraga anak. Agar anak bisa belajar dengan aman, mereka juga memerlukan helm sepeda. Kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya, lho. Tiap-tiap produk telah kami ulas untuk Anda. Bagaimana dengan cara memilihnya? Simak saja informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Anda sudah menemukan skuter yang paling cocok untuk anak? Faktor keamanan tentu nomor satu. Jadi, pastikanlah lebih dahulu mekanisme dari remnya. Selanjutnya, periksalah jumlah rodanya. Perhatikan juga material produk karena bisa menentukan batas usia pemakainya.


Pilihlah yang bisa dilipat bila ingin dibawa bepergian. Skuter listrik atau injak bisa dipilih jika akan digunakan sebagai sarana transportasi. Selain itu, pastikan desainnya sesuai dengan selera anak. Selamat bergembira bersama dengan skuter anak terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Topi baseball seakan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan fashion. Fungsinya sudah bukan lagi sekadar pelindung dari sinar matahari saja, tetapi sebagai penunjang style juga. Topi baseball mampu menambah outlook dari pemakainya, baik perempuan maupun laki-laki.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih topi baseball kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh topi baseball dari merek-merek ternama, seperti New Era, Adidas, hingga Champion. Sudah siap tampil lebih chic dengan topi baseball?
    Olahraga lainnya
    63.650 Views
  • 10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Olahraga lompat tali atau skipping kini mulai digemari oleh banyak orang. Lompat tali merupakan salah satu olahraga cardio yang paling efektif dibanding jenis olahraga lainnya. Karena itu, memilih tali skipping adalah sesuatu yang harus diperhatikan karena alat ini dapat memengaruhi pola latihan Anda. Berbagai merek olahraga, seperti Kettler, LP Support, dan Xiaomi mengeluarkan variasi tali skipping yang beragam. Untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan tali skipping yang bagus, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Sebelum itu, mari simak cara memilih yang akan kami jabarkan berikut ini!
    Olahraga lainnya
    26.456 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-Anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-Anak (Terbaru Tahun 2021)
    Bermain sepatu roda dapat membuat Anda meluncur bebas. Kini, kegiatan tersebut makin digandrungi banyak kalangan, baik dewasa maupun anak-anak. Namun, terdapat banyak sekali jenis sepatu roda di pasaran, mulai dari merek Powerslide, Cougar, LYNX, dan lain-lain. Manakah yang terbaik?Supaya Anda tidak bingung, kami akan memberikan rekomendasi sepatu roda terbaik yang telah kami pilih berdasarkan harga, kenyamanan, dan kemudahan cara pakai. Panduan memilih sepatu roda juga akan dijabarkan dengan detail sehingga pemula pun dapat menemukan produk yang sesuai. Mari temukan sepatu roda yang cocok untuk Anda!
    Olahraga lainnya
    45.484 Views
  • 10 Rekomendasi Knee Supporter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Knee Supporter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Knee supporter adalah alat yang sangat membantu jika Anda memiliki masalah atau ketidaknyamanan di bagian lutut. Jenisnya ada berbagai macam, ada yang untuk kebutuhan medis, olahraga, hingga untuk para manula. Ada berbagai macam merek knee supporter yang bagus, misalnya LP, Mueller, dan Aolikes. Namun, Anda harus mencari yang sesuai kebutuhan Anda agar efektivitasnya lebih baik.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih knee supporter untuk sakit lutut dan merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya. Mari dapatkan knee supporter yang cocok sehingga kondisi lutut Anda lebih baik dan bisa beraktivitas dengan normal lagi!
    Olahraga lainnya
    31.245 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Siapa, sih, yang tidak tahu olahraga sepatu roda? Olahraga ini tergolong populer di kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan, olahraga yang berasal dari Belanda ini sudah memiliki cabang resminya di beberapa kompetisi olahraga nasional dan internasional. Komunitasnya pun telah menjamur di berbagai kota di Indonesia.Ada beberapa merek sepatu roda kenamaan, seperti R&B, Power Line, dan lainnya. Nah, sebelum membeli, simaklah dahulu tips cara memilih sepatu roda berikut ini agar tidak salah pilih. Anda pun bisa menemukan sepuluh rekomendasi sepatu roda terbaik untuk pemula di sini!
    Olahraga lainnya
    14.983 Views
  • 10 Rekomendasi Handuk Olahraga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Handuk Olahraga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Handuk menjadi salah satu perlengkapan yang rutin dibawa saat berolahraga. Namun, Anda memerlukan produk yang khusus, seperti handuk olahraga atau handuk sport. Ukurannya compact, tetapi daya serapnya tinggi untuk mengelap keringat Anda saat berolahraga.Oleh sebab itu, kami akan membagikan cara memilih handuk olahraga dengan membandingkan harga dan fungsinya. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari merek yang bagus, seperti Yonex, Li-Ning, dan lainnya. Produknya sudah kami ulas khusus untuk Anda. Yuk, simak artikel ini bersama agar Anda mendapatkan produk terbaik!
    Olahraga lainnya
    3.525 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori