10 Rekomendasi Kursi Kerja Terbaik Seharga di Bawah 1 Juta (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kursi Kerja Terbaik Seharga di Bawah 1 Juta (Terbaru Tahun 2018)

Kursi kerja merupakan benda penting karena akan digunakan untuk jangka waktu yang lama. Bahkan, dapat dikatakan bahwa kualitas kursi turut mempengaruhi kinerja seseorang ketika sedang di depan meja. Terdapat beragam merek, seperti Chitose, Indachi, Ikea, dan Ergotec, dengan fitur yang berbeda, antara lain desain yang mewah dan fitur pengatur sandaran, hingga dapat dijadikan kursi malas.

Untuk membantu Anda, artikel ini akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika hendak memilih kursi kerja dengan harga di bawah satu juta rupiah. Bukan hanya itu, kami juga memberi rekomendasi produk untuk menjadi bahan pertimbangan Anda. Meskipun dengan rentang harga yang murah, kami tetap memilih kursi kerja dengan fungsi dan kualitas terbaik bagi Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih kursi kerja dengan harga di bawah satu juta rupiah

Terdapat beberapa poin yang harus diperhatikan jika Anda ingin memilih kursi kerja dengan harga rendah, tetapi terasa nyaman dan cocok dengan tubuh Anda. Mari kita bahas satu per satu.

Pertama, perhatikanlah ukuran kursi

Hal penting pertama yang harus diperhatikan adalah ukuran kursi kerja. Terkadang yang terjadi adalah, ketika kursi sudah ada di dalam rumah, Anda baru menyadari bahwa kursi tersebut terlalu besar. Untuk menghindari hal tersebut, kami akan mengulas mengenai ukuran kursi, termasuk beberapa hal yang tanpa sadar sering terabaikan.

Ukuran kursi sebaiknya sesuai dengan ukuran ruangan

Ukuran kursi sebaiknya sesuai dengan ukuran ruangan

Kursi kerja dirancang untuk digunakan dalam jangka waktu lama agar tetap terasa nyaman. Oleh sebab itu, banyak aspek yang diperhatikan dalam pembuatannya, seperti kaki kursi yang berfungsi sebagai penggerak roda, bantalan tebal pada bagian tempat duduk, dan sandaran kursi. Kursi kerja berukuran besar memang terasa nyaman, tetapi jika ditempatkan di rumah atau ruangan yang tidak terlalu besar, justru dapat menimbulkan rasa sesak.

Jadi, sebaiknya Anda memilih ukuran kursi kerja yang sesuai dengan ukuran ruangan. Jangan mudah tergoda dengan kenyamanan yang diperoleh dari kursi berukuran besar.

Pastikan bahwa posisi lengan kursi akan cocok dengan tinggi meja

Pastikan bahwa posisi lengan kursi akan cocok dengan tinggi meja

Selain ukuran kursi, Anda juga sebaiknya memperhatikan bagian kaki dan lengan kursi. Pastikan bahwa ukuran kaki kursi dan posisi lengan kursi akan cocok dengan meja kerja Anda. Apabila tidak cocok, kursi tidak dapat dimasukkan ke kolong meja sehingga letak duduk Anda menjadi terlalu jauh dari meja. Hal tersebut dapat membuat kaki Anda terasa tidak nyaman, serta kurang aman bagi anak kecil.

Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan adalah tinggi dari papan tambahan meja yang berfungsi sebagai tumpuan tangan saat mengoperasikan komputer. Pastikan bahwa letaknya juga cocok dengan posisi lengan kursi. Jika Anda menggunakan meja kerja dengan laci, Anda juga harus lebih teliti dalam mengukur setiap bagiannya.

Untuk mencegah sakit punggung dan rasa pegal di bahu, pilihlah kursi yang tingginya dapat diatur

Untuk mencegah sakit punggung dan rasa pegal di bahu, pilihlah kursi yang tingginya dapat diatur

Baik untuk keperluan makan maupun kerja, Anda harus memperhatikan selisih antara tinggi meja dengan tinggi kursi. Berdasarkan panduan, selisih ideal antara tinggi meja dengan tinggi kursi adalah 27 cm hingga 30 cm. Selisih antara tinggi meja dengan kursi yang tidak pas dapat menyebabkan bahu menjadi pegal atau peredaran darah di kaki Anda menjadi kurang lancar.

Apabila Anda menggunakan meja untuk menulis dan untuk mengoperasikan komputer, juga terdapat perbedaan selisih ideal untuk kedua aktivitas tersebut. Demi menghindari sakit punggung dan rasa pegal di bahu akibat kesalahan postur tubuh selama bekerja, kami menyarankan Anda untuk menggunakan kursi yang tingginya dapat diatur. Sebagian besar kursi kerja memang telah dilengkapi dengan tuas pengatur tinggi, tetapi ada juga yang tidak. Jadi, Anda sebaiknya memperhatikan dengan teliti sebelum membeli.

Apakah kursi akan nyaman untuk digunakan?

Poin berikutnya adalah kenyamanan. Kami akan membahasnya dengan lebih detail karena hal tersebut merupakan poin penting. Sayangnya, Anda tidak dapat merasakan kenyamanan kursi tersebut jika membeli secara online. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membaca review dari pembeli lain.

Punggung akan terasa nyaman dengan sandaran berbentuk S-curve

Punggung akan terasa nyaman dengan sandaran berbentuk S-curve

Susunan tulang belakang manusia dapat menjadi tumpuan kepala dengan cara membentuk huruf S. Dengan demikian, Anda sebaiknya memilih kursi kerja dengan sandaran yang dapat menjaga postur tulang belakang agar tetap dalam posisi S.

Beberapa kursi kerja memang dirancang secara ergonomis, tetapi harganya pasti mahal. Akhirnya, memang cukup sulit untuk mendapatkan kursi yang demikian dengan harga di bawa satu juta rupiah. Meskipun begitu, ada beberapa kursi yang memiliki sandaran berbentuk S-curve, tetapi dengan lekukan yang kurang terlihat. Alternatif lain, ada juga kursi kerja yang memiliki bantalan tambahan di area pinggul sehingga dapat mendorong punggung untuk membentuk posisi S. Walaupun bukan merupakan bentuk sandaran ideal, tetapi cukup membantu tubuh mencapai posisi ideal.

Ketebalan tempat duduk dan gaya membal

Ketebalan tempat duduk dan gaya membal

Bagian tempat duduk pada kursi juga merupakan hal penting yang mempengaruhi kenyamanan. Tempat duduk yang lebih tebal, cukup keras, serta memiliki gaya membal yang sesuai akan membuat pinggang terasa nyaman. Tempat duduk yang empuk memang terasa nyaman ketika pertama kali digunakan untuk duduk. Akan tetapi, lama-lama panggul akan terasa tidak nyaman karena bantalan tempat duduk mudah mengempis saat tertekan bokong. Keadaan tersebut juga dapat mengakibatkan sakit punggung. Lagi pula, tempat duduk yang agak keras cenderung lebih awet dan tahan lama.

Pilihlah kursi yang bagian tempat duduknya tidak menekan bagian belakang lutut Anda

Pilihlah kursi yang bagian tempat duduknya tidak menekan bagian belakang lutut Anda

Mari kita perhatikan posisi kaki ketika duduk. Posisi terbaik adalah jika kaki dapat menginjak lantai. Dengan demikian, tubuh tidak akan terasa pegal. Aspek tersebut tidak hanya dipengaruhi oleh tinggi kursi, tetapi juga desain tempat duduk.

Kursi yang bagian depan tempat duduknya terlalu menonjol akan menekan belakang lutut Anda dan menyebabkan peredaran darah di kaki menjadi kurang lancar. Akibatnya, terjadi pembengkakan pada kaki. Sebaliknya, jika bagian depan tempat duduk memiliki tingkat kemiringan yang sesuai, bagian belakang lutut Anda tidak akan terdorong. Dengan demikian, posisi kaki tidak akan menggantung. Bagian depan tempat duduk yang miring tidak akan terasa mengganggu karena derajat kemiringannya dirancang agar tetap terasa nyaman ketika digunakan. Terlebih lagi, bagi mereka yang harus sering berdiri dan duduk kembali.

Mana yang lebih Anda butuhkan, sandaran kursi yang tinggi atau rendah?

Mana yang lebih Anda butuhkan, sandaran kursi yang tinggi atau rendah?

Sandaran kursi yang tingginya hingga area leher akan memberi rasa nyaman yang berbeda dibandingkan dengan yang hanya menopang area punggung. Hal tersebut memang tidak memberi dampak yang relevan ketika Anda sedang bekerja. Dampaknya baru akan terasa ketika Anda sedang beristirahat dan ingin bersantai, bahkan juga ketika sedang berpikir. Rasanya akan lebih nyaman jika terdapat sandaran yang mampu menopang leher Anda. Terlebih lagi, jika kursi Anda memiliki cara kerja yang mampu menahan gerakan punggung sehingga terasa nyaman ketika bersandar atau duduk tegak. Meskipun begitu, kursi kerja dengan sandaran tinggi terkadang dianggap terlalu besar dan membuat ruangan terasa sempit. Jadi, pertimbangkan juga situasi kerja Anda pada saat memilih.

Material kursi, menentukan tampilan visual serta cara perawatan

Material kursi, menentukan tampilan visual serta cara perawatan

Secara umum, material kursi terdiri dari bahan kulit sintetis dan kain. Selain itu, juga terdapat bahan kulit asli untuk membuat kursi kerja yang mewah. Kentungan dari bahan kulit sintetis adalah mudah dibersihkan, Anda cukup mengelap dengan kain dan air bersih. Bahan ini dapat menawarkan harga yang lebih murah dibanding dengan kulit asli. Sayangnya, kulit sintetis terasa kurang sejuk dan dapat membuat Anda merasa gerah.

Bahan kain akan memberi kesan yang lebih santai. Beberapa kursi menggunakan bahan kain yang berpori agar terasa sejuk dan tidak gerah. Namun, kursi yang berbahan dasar kain biasanya sulit dibersihkan, terlebih jika terdapat tumpahan cairan.

Untuk mendapat tampilan yang mewah, Anda dapat menggunakan bahan kulit asli. Pada saat menyentuhnya, Anda akan merasakan ciri khas tersendiri yang tidak diperoleh dari material lain. Hanya saja, rasanya mustahil untuk mendapatkan kursi dari bahan kulit asli yang dijual dengan harga di bawah satu juta rupiah. Beberapa kursi yang dijual di toko online memang menuliskan bahwa produk tersebut terbuat dari bahan kulit, tetapi sulit dipastikan keasliannya. Untuk itu, Anda sebaiknya berhati-hati.

Perhatikan juga fitur pengunci ketika kursi digunakan untuk bersantai

Perhatikan juga fitur pengunci ketika kursi digunakan untuk bersantai

Anda juga perlu memperhatikan ada atau tidaknya fitur pengunci pada kursi. Fungsi utama kursi kerja memang untuk digunakan ketika sedang bekerja. Akan tetapi, Anda juga dapat menggunakan kursi tersebut untuk bersantai ketika sedang beristirahat sejenak.

Kursi kerja berbeda dengan kursi goyang. Anda tidak dapat mengayunkan kursi kerja dengan sangat fleksibel seperti mengayunkan kursi goyang. Kursi kerja akan terasa nyaman jika memiliki fitur yang membantu Anda mendapatkan sensasi seperti sedang berbaring. Jadi, jika Anda bersandar dan meletakkan tumpuan tubuh pada punggung, sandaran kursi akan ikut terayun dan menopang tubuh Anda. Sebaliknya, pada saat Anda bangun kembali, sandaran kursi kembali ke posisi semula. Fitur tersebut akan sangat bermanfaat pada saat Anda ingin meregangkan tubuh.

Namun, perlu diperhatikan bahwa berat badan turut mempengaruhi fitur tersebut. Sandaran kursi akan lebih mudah terayun jika digunakan oleh pria. Berbeda dengan wanita atau orang yang bertubuh kecil, sandaran kursi akan lebih sulit terayun. Akan lebih baik jika Anda membaca review dari pembeli lain mengenai fitur ini.

10 Rekomendasi kursi kerja terbaik seharga di bawah satu juta

Sekarang, kami akan memberi sepuluh rekomendasi produk terbaik bagi Anda. Silakan Anda pilih yang paling Anda suka. Semoga dapat membuat suasana ruang kerja Anda menjadi lebih kondusif.

10. Chairman SC 208

10. Chairman SC 208

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 520.000

Model klasik yang tidak pernah terlihat membosankan

Kursi kerja berwarna lembut ini memiliki desain klasik yang tidak lekang oleh waktu. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan desain yang klasik, produk ini cocok untuk digunakan di kantor. Meskipun tidak besar, Anda tetap akan merasa nyaman ketika duduk di kursi ini. Anda bisa beristirahat dengan lebih rileks berkat bagian sandaran yang dapat mengayun sesuai dorongan tubuh.

Di samping itu, para karyawan di kantor akan betah duduk di kursi ini karena bagian depan dari tempat duduknya dirancang agar melengkung ke bawah. Tambahan lagi, Anda dapat mengatur tinggi kursi dengan menggunakan tuas yang terletak di bagian bawah. Dengan demikian, diharapkan produktivitas kerja para karyawan Anda dapat meningkat.

9. Ergotec 846 SP

9. Ergotec 846 SP

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 515.000

Simpel, tetapi tetap nyaman

Bagian sandaran kursi produksi Ergotec ini terbuat dari bahan yang berpori. Bahan tersebut membantu Anda agar tidak merasa kepanasan jika harus duduk bekerja untuk waktu yang lama. Bukan itu saja, bagian sandarannya juga memiliki bentuk S-curve sehingga akan terasa nyaman bagi punggung. Selain itu, tempat duduk kursi juga cukup tebal.

Dengan bahan dan bentuk yang ergonomis, Anda tidak akan merasa pegal jika harus bekerja di kursi ini dalam jangka waktu cukup lama. Anda juga tidak perlu mengukur jarak antara letak lengan kursi dengan tinggi meja. Produk ini dirancang tanpa memiliki lengan kursi sehingga akan kompatibel dengan berbagai ukuran meja.

8. Hanko IS-09

8. Hanko IS-09

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 550.000

Adem dan chic berkat kombinasi bahan berpori dengan kulit sintetis

Produk ini memberi Anda kenyamanan saat duduk, sekaligus tampilan chic bagi ruang kerja Anda. Material yang digunakan untuk sandaran kursi adalah bahan berpori sehingga punggung Anda tidak akan merasa gerah. Sementara itu, bagian tempat duduknya terbuat dari bahan kulit sintetis sehingga memberi sentuhan elegan pada ruang kerja.

Dengan kenyamanan serta tampilannya yang keren, produk ini cocok untuk digunakan sebagai kursi kerja di bagian customer service dan di ruang rapat. Jadi, para karyawan dapat duduk dengan nyaman dan berkonsentrasi selama bekerja, tetapi tetap terlihat formal di hadapan para customer dan peserta rapat.

7. IKEA Bleckberget Kursi Putar, Idekulla Krem

7. IKEA Bleckberget Kursi Putar, Idekulla Krem

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 989.000

Memberi tampilan modern untuk ruang kerja mungil Anda

Desain dan warna pada kursi ini membuat produk ini terlihat modern dan berkelas, tetapi simple. Apabila Anda sedang mencari kursi kerja untuk digunakan di rumah atau di ruang kerja yang mungil, produk ini dapat menjadi pilihan yang tepat. IKEA memberi fitur tambahan berupa pelindung lantai pada kursi ini. Dengan demikian, pergerakan roda dari kursi tidak akan merusak lantai.

Selain itu, bagian roda pada kursi ini memiliki mekanisme rem yang sensitif terhadap tekanan. Mekanisme tersebut menyebabkan kursi akan tetap diam di tempat pada saat Anda bangun dari kursi, lebih aman bagi Anda yang kerap bergerak selama bekerja. Tambahan lagi, produk ini mudah dibersihkan. Anda hanya perlu mengelapnya dengan kain yang telah dibasahi, kemudian dikeringkan dengan menggunakan lap kering.

6. Savello Pesco MTO

6. Savello Pesco MTO

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 944.000

Dapatkan waktu istirahat berkualitas dengan sandaran kursi yang fleksibel

Apabila Anda membutuhkan kursi kerja yang dapat membantu Anda memiliki waktu istirahat berkualitas di tengah-tengah jam kerja, kami menyarankan produk ini. Bagian sandaran pada kursi kerja ini dapat ikut terdorong mengikuti gerakan punggung. Jadi, Anda pun dapat bekerja dengan nyaman tanpa khawatir akan mengalami sakit punggung.

Bagaimana dengan tuas pengatur tinggi kursi? Tentu saja ada. Di samping itu, bagian depan dari tempat duduk kursi ini juga dibuat miring atau merosot ke arah bawah sehingga tidak akan menekan bagian belakang lutut. Produk ini akan menjaga tubuh Anda tetap terasa nyaman selama bekerja di rumah atau di kantor.

5. Hanko H-018

5. Hanko H-018

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 750.000

Dengan desain dan material yang membuat ruang kerja Anda terlihat mewah

Kursi kerja berwarna hitam ini terbuat dari bahan kulit sintetis sehingga akan memberi sentuhan mewah bagi ruang kerja Anda. Bukan itu saja, kursi ini juga terlihat dirancang agar menjadi produk yang ergonomis. Hal tersebut terlihat dari lekuk sandaran yang pas bagi punggung, serta bagian depan tempat duduk yang nyaman bagi kaki.

Apabila Anda sedang mencari kursi kerja yang pantas untuk digunakan di ruang manajer, produk ini dapat menjadi pilihan yang sesuai. Dengan tampilannya yang formal, produk ini akan membuat ruang kerja manajer terlihat semakin profesional. Sementara itu, aspek kebugaran tubuh para manajer tetap terjaga dengan kursi ini.

4. Ergotec 837 SN

4. Ergotec 837 SN

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 650.000

Keren dengan beragam pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan interior

Bagi Anda penyuka produk dengan desain yang cenderung polos, tetapi membutuhkan pilihan warna, kami menyarankan produk ini. Kursi kerja ini terlihat stylish karena terbuat dari bahan kulit sintetis dengan ragam warna yang dapat dipesan. Ruang kerja Anda akan terlihat keren berkat warna kursi yang senada dengan interior serta perabot. Anda dapat memukau orang-orang yang hendak berkunjung atau rapat di ruangan Anda.

Kenyamanan dari produk ini juga tidak perlu Anda ragukan. Sandaran kursi dirancang agar berbentuk S-curve serta mampu menopang punggung Anda secara fleksibel. Kaki Anda juga akan dimanjakan dengan adanya pengatur tinggi kursi, serta model bagian depan tempat duduk yang melengkung ke bawah.

3. Indachi CAPRI

3. Indachi CAPRI

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 960.000

Anda akan semakin bersemangat dengan adanya kombinasi warna yang cerah

Warna-warna cerah, jika dipadukan dengan baik akan dapat meningkatkan semangat seseorang. Jadi, apabila Anda adalah seseorang yang membutuhkan suasana segar saat bekerja, kami menyarankan produk ini. Kursi kerja dengan perpaduan warna merah dengan kuning ini akan menghapus rasa bosan Anda terhadap warna kursi yang klasik.

Selain memiliki warna menarik, produk ini tetap dirancang agar dapat membuat Anda nyaman dan dapat berkonsentrasi saat bekerja. Sandaran kursi ini tinggi hingga menjangkau area leher, serta memiliki lekukan S-curve. Tinggi kursi juga dapat Anda atur sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat bekerja dengan durasi yang lama tanpa merasa bosan dan pegal.

2. Ergotec GL 801 PR

2. Ergotec GL 801 PR

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 756.000

Bagi Anda yang membutuhkan kursi dengan sandaran lengan, tetapi terkadang justru merasa terganggu

Bagi beberapa orang, mengukur jarak antara letak lengan kursi dengan tinggi meja adalah hal yang dirasa cukup sulit. Di sisi lain, lengan kursi dapat membantu Anda merasa lebih nyaman saat bekerja. Apabila Anda mengalami masalah seperti demikian, produk ini dapat menjadi solusi yang tepat. Bagian lengan kursi ini dirancang agar dapat Anda naikkan dan turunkan sesuai kebutuhan.

Pada saat Anda sedang ingin bekerja tanpa sandaran lengan, Anda dapat menaikkannya. Sebaliknya, jika mulai lelah, Anda dapat menurunkannya. Sangat fleksibel dan bermanfaat tentunya. Tambahan lagi, sandaran kursi ini dirancang agar dapat mengayun mengikuti dorongan punggung. Hal tersebut akan bermanfaat untuk meningkatkan kenyamanan ketika Anda sedang beristirahat.

1. Indachi D-3001

1. Indachi D-3001

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 825.000

Terasa nyaman dari kepala hingga kaki

Anda dapat bekerja dan duduk berlama-lama di kursi ini, tetapi tetap merasa bugar. Sandaran kepala dari produk ini dapat memberi kenyamanan pada kepala dan leher Anda saat beristirahat setelah lama bekerja. Begitu juga dengan sandaran punggung yang terbuat dari bahan berpori yang memiliki lekukan ergonomis bagi punggung. Selain itu, sandaran punggungnya dapat mengayun secara fleksibel mengikuti gerak tubuh Anda.

Bagaimana dengan area kaki? Anda tidak perlu khawatir. Bagian depan dari tempat duduk kursi ini dibuat miring ke bawah sehingga nyaman bagi lutut. Plus, adanya tuas pengatur tinggi kursi untuk menambah kenyamanan Anda. Tambahan lagi, tempat duduk kursi ini cukup tebal sehingga tidak terasa sakit jika harus duduk untuk waktu lama. Bagian tempat duduk dan sandaran kepala terbuat dari bahan kulit sintetis sehingga akan memberi sentuhan formal di ruang kerja Anda.

Kesimpulan

Kami telah mengulas berbagai aspek yang harus diperhatikan dalam memilih kursi kerja, serta memberi rekomendasi produk terbaik. Bagaimana sekarang? Apakah Anda telah menjatuhkan pilihan? Mengingat bahwa kursi kerja turut mempengaruhi produktivitas kerja dan kualitas istirahat Anda, maka berhati-hatilah dalam memilih. Pilihlah berdasarkan kebutuhan, serta mengacu kepada panduan cara memilih di artikel ini. Dengan demikian, Anda akan dapat bekerja dengan efisien tanpa merasa pegal dan kurang nyaman.