10 Rekomendasi Obat Tetes Mata Terbaik untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Obat Tetes Mata Terbaik untuk Mengatasi Masalah Mata Gatal (Terbaru Tahun 2018)

Waktu musim kemarau tiba, curah hujan umumnya berkurang dan tak jarang kondisi lingkungan menjadi kering serta berdebu. Hal ini terkadang membuat mata gatal. Penyebab mata gatal sebenarnya bermacam-macam, mulai dari inflamasi akibat alergi, infeksi bakteri ataupun mata lelah. Mata gatal bisa diatasi dengan memberikan obat tetes mata yang tepat.

Kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai penyebab mata gatal, kandungan obat tetes mata yang tepat untuk mengobati mata gatal dan tentunya kami akan memberikan rekomendasi produk obat tetes mata terbaik untuk Anda. Ayo simak artikel berikut ini!

Daftar isi

Cara memilih obat tetes mata untuk mengatasi mata gatal

Penyebab mata gatal bervariasi sehingga menjadi sangat penting untuk memilih obat tetes mata sesuai dengan gejala yang timbul. Kami akan menjelaskan hal-hal apa saja yang dapat mengurangi mata gatal serta bahan-bahan yang dapat menyebabkan mata gatal.

Berdasarkan gejalanya, pilih obat mata dengan bahan yang efektif mengurangi mata gatal

Mata gatal bisa disebabkan oleh alergi, infeksi bakteri ataupun mata kering akibat kelelahan. Mari pilih obat tetes mata dengan kandungan bahan yang tepat mengobati mata gatal sesuai dengan gejalanya.

Untuk mata gatal yang disebabkan alergi, pilih yang mengandung bahan antialergi dan antihistamin

Untuk mata gatal yang disebabkan alergi, pilih yang mengandung bahan antialergi dan antihistamin

Untuk mata gatal yang disebabkan oleh demam ataupun alergi, Anda harus melihat separah apa gejala alergi yang timbul. Mata gatal yang disebabkan oleh demam biasanya terjadi dalam jangka waktu lama dan berkelanjutan sehingga efek obat tetes mata yang diberikan hasilnya baru terlihat setelah pemakaian beberapa waktu. Pilih obat tetes mata yang mengandung ketotifen fumar hydrochloride.

Mata gatal yang disebabkan oleh debu sifatnya hanya sementara sehingga sebaiknya Anda memilih obat tetes mata yang mengandung antihistamin yang memiliki efek langsung. Ini efektif untuk mengobati mata gatal sementara. Bahan antihistamin dalam obat tetes mata biasanya disebut chlorpheniramine pada label bahan.

Untuk mata gatal dengan inflamasi, pilih obat tetes mata yang mengandung antiinflamasi

Untuk mata gatal dengan inflamasi, pilih obat tetes mata yang mengandung antiinflamasi

Untuk kasus mata gatal yang disertai inflamasi, seperti konjungtivitis. Inflamasi di sekitar mata mungkin menyebabkan mata gatal, sebaiknya Anda memilih obat tetes mata yang mengandung antiinflamasi.

Obat tetes mata yang mengandung bahan antiinflamasi seperti dipotassium glycyrrhizinate, epsilon-aminocaproic acid, pranoprofen dapat mengurangi inflamasi sehingga efektif dalam meredakan gatal pada mata yang disebabkan inflamasi.

Untuk mata gatal akibat infeksi bakteri, pilih obat tetes mata yang mengandung agen antibakteri

Untuk mata gatal akibat infeksi bakteri, pilih obat tetes mata yang mengandung agen antibakteri

Mata gatal yang disebabkan oleh infeksi bakteri bisa diobati dengan memberikan obat tetes mata yang mengandung campuran obat sulfa dan agen antibakteri. Contohnya adalah sulfamethoxazole yang efektif meredakan mata gatal akibat infeksi bakteri.

Namun, obat sulfa bisa mengakibatkan alergi sehingga Anda yang mempunyai alergi terhadap obat sebaiknya berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum membeli obat tetes mata jenis ini. Jangan beli produk ini sebelum berkonsultasi dengan dokter ya, agar Anda tidak khawatir.

Pemakaian obat tetes mata untuk mengatasi infeksi bakteri biasanya akan dihentikan segera setelah gejala infeksi sudah teratasi. Untuk itu Anda tidak perlu menggunakan obat tersebut sampai habis, seperlunya saja dan sesuai anjuran dokter.

Untuk mata gatal akibat mata kering, pilih obat tetes mata yang tidak mengandung bahan pengawet

Untuk mata gatal akibat mata kering, pilih obat tetes mata yang tidak mengandung bahan pengawet

Mata gatal bisa disebabkan karena mata kering, untuk itu Anda bisa menggunakan obat tetes mata yang dapat mengobati mata kering. Meskipun mata gatal dapat diobati dengan menggunakan antihistamin seperti yang sudah dijelaskan, Anda perlu berhati-hati terhadap bahan pengawet yang digunakan. Bahan pengawet adalah bahan-bahan yang terkandung dalam sebagian besar obat tetes mata dan tidak berbahaya bagi mata yang sehat.

Oleh karena mata kering akan sangat rentan bertambah parah jika terkena bahan pengawet, sebaiknya pilih obat tetes mata yang tidak mengandung bahan pengawet. Sebagian besar obat tetes mata untuk mata kering tidak mengandung bahan pengawet dan beberapa produk mengandung bahan untuk melembapkan mata serta bahan untuk menutrisi mata. Pilih obat tetes mata tanpa bahan pengawet ya!

Jika rasa gatal pada mata Anda cukup parah, hindari penggunaan obat tetes mata berbahan mentol

Jika rasa gatal pada mata Anda cukup parah, hindari penggunaan obat tetes mata berbahan mentol

Sensasi dingin dan menyegarkan dari bahan mentol tidak bisa digunakan untuk mengatasi rasa gatal yang cukup parah pada mata. Tingkat sensasi dingin mentol biasanya ditampilkan dalam beberapa tahap, 10 tahap, 7 tahap, 5 tahap, tergantung setiap perusahaan pembuatnya. Semakin tinggi angkanya maka sensasi dingin menyegarkan mentolnya makin terasa.

Namun, ternyata penggunaan mentol sangat stimulatif untuk mata dibandingkan obat tetes mata lainnya, menyebabkan aliran air mata tersumbat dan menjadi kontraproduktif dalam mengobati mata gatal. Obat tetes mata dengan kandungan mentol efektif untuk mata gatal sementara, tetapi jika mata gatal yang terjadi dalam jangka waktu lama, obat tetes mata berbahan mentol ini tidak efektif. Perhatikan penggunaan sesuai gejala yang muncul.

Untuk pengguna kontak lensa, cari tahu apakah bisa memberikan obat tetes mata saat menggunakan kontak lensa

Untuk pengguna kontak lensa, cari tahu apakah bisa memberikan obat tetes mata saat menggunakan kontak lensa

Beberapa obat tetes mata tidak bisa diteteskan ke mata saat Anda menggunakan kontak lensa. Maka dari itu, untuk Anda yang menggunakan kontak lensa perlu memperhatikan apakah obat tetes mata tersebut bisa digunakan saat menggunakan kontak lensa.

Meskipun pada kemasan tertera aman untuk digunakan pada saat Anda memakai kontak lensa, sebaiknya Anda gunakan kontak lensa tipe hard lens. Untuk Anda yang menggunakan soft lens, sebaiknya Anda cari tahu lebih lanjut mengenai obat tetes mata tersebut.

Hindari penggunaan berkelanjutan untuk obat tetes mata yang bisa mengakibatkan vasoconstrictor

Hindari penggunaan berkelanjutan untuk obat tetes mata yang bisa mengakibatkan vasoconstrictor

Mata gatal dapat menyebabkan congestion atau penyumbatan pada aliran mata. Tak jarang kondisi ini dapat menyebabkan vasoconstrictor atau pembuluh darah pada mata mengecil akibat tersumbat yang merupakan efek langsung dari congestion. Efek jangka panjangnya dapat mengakibatkan pembuluh darah mata menjadi lebih tebal dan akan mengakibatkan hiperemia. Jika memungkinkan, pilihlah obat tetes mata yang tidak mengandung vasoconstrictor atau tetrahydrozoline hydrochloride.

Penggunaan obat mata untuk mengatasi vasoconstrictor bisa dilakukan jika congestion yang terjadi cukup parah. Silakan pilih obat tetes mata sesuai gejala yang tepat atau bila memungkinkan konsultasi dengan dokter Anda.

10 Rekomendasi obat tetes mata terbaik untuk mengatasi mata gatal

Berikut ini kami berikan rekomendasi produk tetes mata terbaik untuk mengobati mata gatal akibat alergi, infeksi bakteri, dan mata kering.

10. Visine Tears

10. Visine Tears

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.000

Mengobati iritasi mata ringan dan sementara, polietilen glikol 400 jagonya

Paparan sinar matahari dan angin sering membuat mata Anda menjadi kering dan terasa gatal sehingga Anda menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi iritasi mata ringan yang menyebabkan mata gatal, Anda bisa menggunakan Visine Tears yang mengandung polietilen glikon 400 sebanyak 1% ini.

Selain meredakan iritasi ringan dan sementara, polietilen glikol juga berfungsi sebagai pelindung dan pelumas mata Anda. Produk ini cocok untuk Anda yang sering bepergian dengan motor. Anda bisa menggunakannya sebelum dan sesudah berkendara sehingga mata Anda tetap sehat.

9. FreshKon Clear

9. FreshKon Clear

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 17.000

Cegah mata kering dan gatal saat memakai soft lens dengan FreshKon!

Mata kering dan gatal bisa disebabkan karena pemakaian soft lens dalam jangka waktu lama. Jika Anda tidak memperhatikan kehigienisan soft lens Anda, bakteri dan kuman penyakit bisa mengendap pada soft lens dan menginfeksi mata. Selain itu, kotoran-kotoran lainnya seperti debu bisa menyebabkan mata Anda gatal seharian!

Bagi pengguna soft lens, Anda bisa menggunakan FreshKon Clear untuk membantu melembapkan kornea mata dari kekeringan sehingga terhindar dari rasa gatal. Selain itu, FreshKon mengandung cairan yang steril untuk membersihkan bakteri, bisa membersihkan debu dan sesuai dengan pH mata sehingga memberikan kenyamanan bagi Anda. Anda pengguna soft lens? Jangan lupa gunakan FreshKon Clear!

8. Combiphar Insto Regular

8. Combiphar Insto Regular

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 14.000

Mengandung antibakteri penyebab mata iritasi dan gatal, sudah teruji puluhan tahun

Tetes mata Insto Regular sudah dikenal baik oleh masyarakat umum karena kualitasnya yang bagus dan harganya cukup ekonomis. Insto Regular tersedia dalam kemasan 7,5 ml dan 15 ml sehingga Anda memiliki lebih banyak pilihan sesuai kebutuhan Anda.

Bahan aktifnya mampu membunuh bakteri yang bisa menyebabkan iritasi pada mata seperti staphylococcus. Produk ini ampuh mengobati mata gatal akibat iritasi dan infeksi bakteri dari berbagai sumber, mulai dari lingkungan ataupun tangan Anda. Insto Regular bisa Anda beli untuk persediaan di rumah jika ada anggota keluarga yang sakit mata.

7. Konimex Braito Original

7. Konimex Braito Original

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 16.900

Kemasan unik sekali pakai, lebih efektif dibawa saat berpetualang

Saat sedang berpetualang bersama teman-teman, tak jarang mata Anda atau teman Anda terasa gatal akibat iritasi ringan. Jika Anda meminjam obat tetes mata milik teman, tidak ada jaminan tetes mata tersebut masih steril. Agar lebih praktis dan terjamin kebersihannya, Anda bisa membawa produk Braito Original kemasan sekali pakai yang tersedia dalam satu boks.

Anda cukup membukanya, meneteskan ke mata hingga habis lalu membuangnya. Jika teman Anda mengalami masalah iritasi mata juga, Anda bisa memberikan kepadanya tanpa khawatir akan kesterilannya. Satu boks berisi 1o pcs obat tetes mata dengan volume isi 0,5 ml. Kandungan bahan aktifnya tetrahydrozoline hydrochloride sudah terbukti ampuh mengobati mata gatal akibat iritasi dengan cepat.

6. Combiphar Insto Dry Eyes

6. Combiphar Insto Dry Eyes

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 14.000

Menjaga mata tetap lembap dengan hc, dan terbebas dari mata kering

Untuk mengatasi mata kering, Insto mengeluarkan produk yang khusus menjaga kelembapan mata dengan baik karena adanya senyawa hypromellose. Kandungan alami ini berperan sebagai air mata buatan dan melumasi mata dengan baik. Senyawa ini bekerja dengan menarik air, membuat mata Anda tidak cepat kering sehingga tidak terasa gatal.

Mata kering biasanya menyerang Anda yang seharian bekerja di depan laptop seperti IT engineering ataupun anak Anda yang gemar bermain game di smartphone seharian. Bahan aktifnya juga dapat membunuh bakteri penyebab iritasi mata. Produk ini tersedia dalam kemasan botol 7,5 ml.

5. Cendo Xitrol

5. Cendo Xitrol

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 58.000

Spesialis mengobati sakit mata akibat infeksi bakteri!

Seperti diketahui, rasa gatal pada mata tak jarang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Cendo Xitrol adalah obat tetes mata yang tepat untuk mengobati mata gatal akibat infeksi bakteri. Produk ini mengandung senyawa-senyawa antibakteri seperti dexamethasone, neomycin sulphate dan polymyxin sulphate B.

Selain itu, kandungan aktif tersebut mampu mencegah infeksi bakteri pascaoperasi mata. Namun, pemakaian obat ini harus seizin dokter yang menangani Anda karena termasuk obat keras. Dari segi keampuhan, obat tetes dari Cendo ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Lawan bakteri yang membuat mata Anda gatal!

4. Kalbe Matafres

4. Kalbe Matafres

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 24.900

Mampu meredakan mata gatal akibat inflamasi tanpa bahan pengawet

Untuk keluarga pastinya Anda menginginkan obat tetes mata yang berkualitas baik dan aman. Matafres mengandung bahan aktif sodium hyaluronate atau disebut juga dipotassium glycyrrhizate yang mampu meredakan inflamasi mata sehingga sensasi gatal dan terbakar di mata dapat teratasi.

Matafres dibuat tanpa bahan pengawet sehingga aman digunakan dalam jangka panjang dan tidak mengakibatkan efek samping pada mata. Cocok untuk digunakan para pengguna lensa kontak pada jangka panjang. Keunggulan Matafres dibanding produk lainnya juga terletak pada kemasannya yang praktis dan sekali pakai.

3. Rohto Cool

3. Rohto Cool

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 16.300

Meredakan mata gatal akibat mata kering dengan cepat dan efeknya tahan lama

Mata gatal yang diakibatkan oleh mata kering biasanya terjadi di musim kemarau karena kondisi lingkungan yang berdebu atau bisa juga diakibatkan terlalu sering menatap gadget. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengandalkan Rohto Cool yang dapat memberikan sensasi dingin menyegarkan instan setelah Anda meneteskan obat tetes mata tersebut.

Efek yang ditimbulkan bertahan hingga 8 jam lho! Produk ini cocok untuk Anda yang sering bekerja di lapangan, seperti mandor atau kontraktor sipil. Rohto Cool mengandung senyama naphazoline yang berfungsi untuk meredakan mata gatal dan merah akibat iritasi atau penyumbatan pembuluh darah di mata. Namun, saat menetes mata dengan Rohto Cool, jangan lupa untuk lepas soft lens dulu ya!

2. Cendo Asthenof

2. Cendo Asthenof

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 30.100

Meredakan mata merah akibat inflamasi, mata kembali segar dan bebas gatal

Saat mata Anda merah akibat iritasi ringan atau inflamasi, tak jarang menimbulkan rasa gatal sehingga Anda ingin mengucek mata. Cendo Asthenof mengandung senyawa oxymetazoline hydrochloride yang mampu meredakan mata kemerahan akibat inflamasi.

Cara kerja oxymetazoline hydrochloride yakni sebagai vasoconstrictor sehingga dapat meredakan penyumbatan pembuluh darah yang mengakibatkan mata merah dan gatal. Oleh karena itu, tidak disarankan digunakan dalam jangka waktu lama karena bisa mengakibatkan hiperemia. Obat ini mengandung vitamin A yang baik untuk mata juga! Selain itu, untuk anak usia lebih dari 6 tahun sudah boleh menggunakan Cendo Asthenof.

1. Refresh Contacts

1. Refresh Contacts

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 55.000

Sahabatnya pengguna lensa kontak! Melembapkan dan menyegarkan mata

Penggunaan lensa kontak dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan mata lelah, kering, dan mata gatal. Bagi para pengguna lensa kontak, Anda bisa menggunakan obat tetes mata Refresh Contacts di pagi hari dan sore hari untuk menjaga kelembapan mata Anda sehingga tidak kering dan gatal.

Refresh Contacts mengandung larutan isotonis dan steril yang aman untuk digunakan berkali-kali dan tidak menyebabkan efek samping. Meskipun diciptakan untuk para pengguna lensa kontak, saat penggunaannya Anda tidak boleh menggunakan lensa kontak ya! Copot terlebih dahulu dan tunggu 5-10 menit setelah diteteskan ke mata, baru Anda pakai lagi lensa kontaknya.

Cara mengobati gatal pada mata

Rasa gatal pada mata sering membuat Anda ingin mengucek mata Anda. Namun, hal ini bisa mengakibatkan kelopak mata lecet dan merusak kornea mata. Berikut ini kami akan berikan informasi cara meredakan gatal pada mata tanpa obat tetes mata.

Gunakan cairan pembasuh mata (eye drain) atau kompres dengan handuk dingin

Gunakan cairan pembasuh mata (eye drain) atau kompres dengan handuk dingin

Mencuci mata dengan cairan pembasuh mata efektif untuk mengobati sakit mata akibat alergi. Produk cairan pembasuh mata sudah dijual di pasaran dan bisa dibilas dengan artificial tears sehingga aman untuk mata. Cairan tersebut juga akan membersihkan debu dan kotoran-kotoran di mata.

Selain itu, Anda juga bisa mengompres mata dengan handuk dingin. Sensasi dinginnya dapat menurunkan produksi histamin yang dapat menyebabkan gatal pada mata. Anda bisa menggunakan obat tetes mata dan teknik ini secara bersamaan untuk mengobati mata gatal dengan efektif.

Saat pergi ke luar rumah, gunakan kacamata untuk menghindari debu dan kotoran

Saat pergi ke luar rumah, gunakan kacamata untuk menghindari debu dan kotoran

Penggunaan kacamata tidak dapat mengobati mata gatal, tetapi bisa mencegah debu dan kotoran masuk ke mata sehingga tidak menyebabkan mata gatal. Kacamata yang fashionable ketika digunakan sudah banyak dijual di pasaran sehingga Anda tidak perlu khawatir menggunakan kacamata akan mempengaruhi penampilan Anda.

Kesimpulan

Anda sudah membaca penyebab mata gatal dan cara mengobatinya serta beberapa rekomendasi terbaik dari kami. Apakah Anda sudah menemukan obat tetes mata yang tepat untuk Anda?

Jika mata gatal Anda terasa sangat menyiksa dan sudah berlangsung dalam waktu lama, sebaiknya Anda konsultasi ke dokter mengenai kesehatan mata Anda. Jangan lupa juga menjaga kesehatan mata Anda dengan mengompres mata dan istirahat yang cukup.