• 10 Rekomendasi Penjepit Bulu Mata Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Penjepit Bulu Mata Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Penjepit Bulu Mata Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Penjepit Bulu Mata Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Penjepit Bulu Mata Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Penjepit Bulu Mata Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Penjepit bulu mata merupakan produk yang penting dimiliki jika Anda menginginkan bulu mata lentik. Akan tetapi, banyak yang kebingungan saat memilih produk penjepit bulu mata yang bagus di pasaran. Beberapa merek populer, seperti Masami Shouko, Tammia, dan Miniso, menyediakan berbagai tipe pelentik bulu mata yang mungkin Anda inginkan. Namun, tipe apa yang paling sesuai untuk Anda?


Kami akan memperkenalkan beberapa merek penjepit bulu mata yang bagus dan menjelaskan cara memilih produk yang tepat. Setelah ini, Anda tidak perlu kebingungan lagi memilih pelentik bulu mata. Riasan mata Anda akan lebih memesona.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Nisa Destiana
  • Pembaharuan terakhir: 29 September 2022
Daftar isi

Cara memilih penjepit bulu mata

Bulu mata lentik dapat dibuat dengan menggunakan produk penjepit bulu mata yang bisa dibeli secara online. Namun, sebelum menentukan pilihan, setidaknya ada tiga poin penting yang perlu Anda perhatikan baik-baik. Mari kita simak!

Temukan design yang cocok dengan bentuk mata Anda

Memilih design yang sesuai dengan bentuk mata adalah prioritas utama dalam pemilihan penjepit bulu mata. Periksalah lengkungan dari alat pelentik bulu mata karena bentuk setiap produk bervariasiPengecekan lengkungan ditujukan agar produk penjepit dapat menjangkau hingga ke bagian sudut bulu mata

Penjepit dengan lengkungan cekung: Pilihan tepat untuk bentuk mata double lid

Penjepit dengan lengkungan cekung: Pilihan tepat untuk bentuk mata double lid

Jika Anda memiliki bentuk mata double lid, penjepit bulu mata dengan lengkungan yang cekung akan cocok dengan mata Anda. Selain cekungan bulu mata, perhatikan juga panjang bagian yang menjepit bulu mata. Pemilik mata double lid disarankan untuk memilih eyelash curler dengan panjang jepitan lebih dari 3 cm.

Penjepit dengan lengkungan landai: Direkomendasikan untuk pemilik mata monolid atau hooded

Penjepit dengan lengkungan landai: Direkomendasikan untuk pemilik mata monolid atau hooded

Pemilik mata monolid umumnya tidak memiliki cekungan mata yang dalam. Bila Anda memiliki tipe mata monolid, lebih cocok gunakan penjepit bulu mata dengan lengkungan yang bentuknya agak landai. untuk mendapatkan hasil yang maksimal, panjang bagian jepitan yang direkomendasikan untuk pemilik mata monolid adalah kurang dari 3 cm.


Sayangnya, ukuran penjepit bulu mata jarang dicantumkan pada deskripsi produk. Karena itu, Anda dapat menghubungi seller terlebih dahulu untuk memastikan ukurannya sebelum membeli.

Pilih tipe yang mudah digunakan

Berdasarkan lingkup jangkauan dan kemudahan penggunaannya, penjepit bulu mata dapat dibagi menjadi beberapa tipe. Temukan produk yang paling mudah Anda gunakan sembari menyimak tipe-tipe alat pelentik bulu mata berikut ini.

Tipe klasik, hasil dapat diatur sesuai tenaga yang diberikan

Tipe klasik, hasil dapat diatur sesuai tenaga yang diberikan

Tipe klasik adalah tipe yang biasanya akan terbayang saat Anda mendengar kata pelentik bulu mata. Tipe ini dapat menjangkau seluruh bulu mata dan memberi efek curl sesuai besarnya tenaga yang Anda berikan.


Tipe ini memiliki beragam ukuran lebar dan lengkungan. Tentunya, Anda akan mudah menemukan produk yang cocok, baik bagi Anda yang matanya berbentuk monolid maupun double lid.

Tipe pegas, dapat melentikkan lebih mudah hanya dengan sedikit tenaga

Tipe pegas, dapat melentikkan lebih mudah hanya dengan sedikit tenaga

Beberapa produk pelentik bulu mata yang memiliki per disebut sebagai tipe pegas. Dengan bantuan pegas, bulu mata Anda akan menjadi lentik meski hanya dijepit menggunakan sedikit tenaga.


Tipe ini cocok digunakan oleh orang yang kesulitan mengontrol tenaga saat menggunakan pelentik bulu mata. Dengan keunggulan seperti ini, tidak heran jika tipe pegas dapat menghasilkan efek curl seperti yang Anda inginkan.

Tipe penjepit mini, dapat digunakan untuk semua bentuk mata

Tipe penjepit mini, dapat digunakan untuk semua bentuk mata

Jika Anda sulit menemukan penjepit bulu mata yang sesuai dengan bentuk mata, Anda bisa mencoba tipe mini. Tipe penjepit mini dapat menjepit bulu mata bagian per bagian sehingga cocok untuk bentuk mata apa pun. Termasuk untuk jenis kelopak mata monolid atau tidak memiliki lipatan pada kelopak mata.


Dengan tipe mini, Anda bisa melentikkan bagian bulu mata yang mungkin tidak bisa dijangkau oleh tipe lainnya. Tipe ini juga berguna untuk melentikkan bulu mata bawah yang sulit dilakukan oleh tipe klasik dan pegas. Sayangnya, tipe ini masih sulit ditemukan di pasaran Indonesia.

Tipe lipat, ringan dan travel friendly

Tipe lipat, ringan dan travel friendly

Tak hanya berbentuk seperti pegangan gunting, kini pelentik bulu mata juga memiliki bentuk yang dapat dilipat. Umumnya bahan penjepit bulu mata ini berbahan dasar plastik yang ringan. 


Eyelash curler yang dapat dilipat tidak memakan banyak tempat sehingga cocok untuk Anda bawa ke mana pun. Pertimbangkanlah tipe ini jika Anda ingin selalu memiliki bulu mata yang lentik saat berlibur atau melakukan perjalanan bisnis ke luar kota.

Tipe heated, memberikan efek lentik yang tahan lama

Tipe heated, memberikan efek lentik yang tahan lama

Tipe selanjutnya adalah tipe heated yang dapat melentikkan bulu mata menggunakan panas. Panas membuat efek curl yang dihasilkan menjadi tahan lebih lama. Tipe ini direkomendasikan bila Anda kurang puas dengan hasil yang diberikan oleh pelentik bulu mata biasa.

Pastikan ketersediaan bantalan karet cadangan

Pastikan ketersediaan bantalan karet cadangan

Ketika memilih penjepit bulu mata, sebaiknya Anda tidak hanya mempertimbangkan harga produk, tetapi juga biaya-biaya lainnya. Misalnya saja biaya untuk membeli bantalan karet baru. Untuk itu, lebih baik Anda memilih produk yang sudah dilengkapi dengan bantalan karet cadangan.


Kualitas bantalan karet pada pelentik bulu mata yang dipakai setiap hari pasti akan menurun. Oleh karena itu, periksalah ketersediaan bantalan karet cadangan saat membeli produk agar Anda bisa mengganti bantalan karet secara berkala.


Bila produk yang Anda pilih tidak memiliki bantalan karet cadangan, Anda dapat membelinya dari produsen lain. Akan tetapi, bantalan karet dengan merek berbeda tidak selalu pas ukurannya dengan produk yang Anda miliki. Jika demikian, ada kemungkinan Anda terpaksa harus membeli pelentik bulu mata yang baru.

10 Rekomendasi penjepit bulu mata terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk penjepit bulu mata terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 28 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, LA Girl Lash Curler menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa OUR "Kok Lentik?" Secret Comb Curler memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Mad For Makeup OUR "Kok Lentik?" Secret Comb Curler 1

Mad For Makeup

2
Miniso Candy Time Stretch Eyelash Curler 1

Miniso

3
O.TWO.O Makeup Eyelash Curler Beauty Tools 1

O.TWO.O

4
Tammia Eyelash Curler  1

Tammia

5
Luxcrime Double Duty Eyelashes Curler 1

Luxcrime

6
Masami Shouko Classic Eyelash Curler 1

Masami Shouko

7
Miniso Eyelash Curler 2in1 1

Miniso

8
Magefy  Klip Penjepit Bulu Mata 3D 1

Magefy

9
Haluu  Essentials Eyelash Curler 1

Haluu

10
Just Miss Power Stylish Eyelash Curler 1

Just Miss

Nama produk

OUR "Kok Lentik?" Secret Comb Curler

Candy Time Stretch Eyelash Curler

Makeup Eyelash Curler Beauty Tools

Eyelash Curler

Double Duty Eyelashes Curler

Classic Eyelash Curler

Eyelash Curler 2in1

Klip Penjepit Bulu Mata 3D

Essentials Eyelash Curler

Power Stylish Eyelash Curler

Keunggulan

Bantalan berbentuk sisir untuk bulu mata yang lentik dan rapi

Terasa ringan saat digenggam tangan

Handle yang unik untuk bulu mata lentik

Pilih sesuai dengan warna favorit Anda!

Kombinasi mata cantik sempurna dengan maskara

Mampu melentikkan bulu mata di tiap helaiannya

Lentikkan bulu mata di mana pun!

Pasangan tepat pemilik mata monolid

Bebas dari maskara yang menggumpal berkat bantalan sisir

Pilihan penjepit bulu mata ekonomis

Harga mulai dariRp 69.000,00Rp 39.900,00Rp 14.500,00Rp 68.900,00Rp 66.930,00Rp 88.900,00Rp 99.900,00Rp 23.000,00Rp 35.000,00Rp 19.000,00
Tipe KlasikPegasPegasKlasikPegasKlasikLipatLipatKlasikPegas
Bentuk mataMonolid, double lidDouble lidMonolid, double lid, hoodedMonolid, double lidMonolid, double lid, hoodedMonolid, double lidDouble lidMonolid, hoodedMonolid, double lidTidak disebutkan
Panjang penjepitTidak disebutkan5 cmTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan3,7 cm3 cmTidak disebutkanTidak disebutkan
Bantalan karet cadangan1Tidak tersediaTidak tersedia1Tidak tersedia1Tidak tersedia1Tidak tersedia1
Bentuk bantalan silikonSisirBantalan polosBantalan polosBantalan polosBantalan polosBantalan polosBantalan polosBantalan polosSisirBantalan polos
Tautan produk
10

Just MissPower Stylish Eyelash Curler

Mulai dari Rp 19.000,00

Tipe Pegas
Bentuk mataTidak disebutkan
Panjang penjepitTidak disebutkan
Bantalan karet cadangan1
Bentuk bantalan silikonBantalan polos
9
Tipe Klasik
Bentuk mataMonolid, double lid
Panjang penjepitTidak disebutkan
Bantalan karet cadanganTidak tersedia
Bentuk bantalan silikonSisir
8

Magefy Klip Penjepit Bulu Mata 3D

Mulai dari Rp 23.000,00

Tipe Lipat
Bentuk mataMonolid, hooded
Panjang penjepit3 cm
Bantalan karet cadangan1
Bentuk bantalan silikonBantalan polos
7
Tipe Lipat
Bentuk mataDouble lid
Panjang penjepit3,7 cm
Bantalan karet cadanganTidak tersedia
Bentuk bantalan silikonBantalan polos
6

Masami ShoukoClassic Eyelash Curler

Mulai dari Rp 88.900,00

Tipe Klasik
Bentuk mataMonolid, double lid
Panjang penjepitTidak disebutkan
Bantalan karet cadangan1
Bentuk bantalan silikonBantalan polos
5

LuxcrimeDouble Duty Eyelashes Curler

Mulai dari Rp 66.930,00

Tipe Pegas
Bentuk mataMonolid, double lid, hooded
Panjang penjepitTidak disebutkan
Bantalan karet cadanganTidak tersedia
Bentuk bantalan silikonBantalan polos
4
Tipe Klasik
Bentuk mataMonolid, double lid
Panjang penjepitTidak disebutkan
Bantalan karet cadangan1
Bentuk bantalan silikonBantalan polos
3

O.TWO.OMakeup Eyelash Curler Beauty Tools

Mulai dari Rp 14.500,00

Tipe Pegas
Bentuk mataMonolid, double lid, hooded
Panjang penjepitTidak disebutkan
Bantalan karet cadanganTidak tersedia
Bentuk bantalan silikonBantalan polos
2

MinisoCandy Time Stretch Eyelash Curler

Mulai dari Rp 39.900,00

Tipe Pegas
Bentuk mataDouble lid
Panjang penjepit5 cm
Bantalan karet cadanganTidak tersedia
Bentuk bantalan silikonBantalan polos
1

Mad For MakeupOUR "Kok Lentik?" Secret Comb Curler

Mulai dari Rp 69.000,00

Tipe Klasik
Bentuk mataMonolid, double lid
Panjang penjepitTidak disebutkan
Bantalan karet cadangan1
Bentuk bantalan silikonSisir

Tips penggunaan dan pemeliharaan penjepit bulu mata

Pastikan Anda mengetahui cara penggunaan dan pemeliharaan penjepit bulu mata yang benar agar dapat memakai produk secara lebih efektif. Penggunaan dan perawatan yang salah dapat membuat hasil pelentik tidak maksimal. Berikut adalah tips dalam penggunaan eyelash curler yang benar.

Tips menggunakan penjepit bulu mata

Simak beberapa tips menggunakan pelentik bulu mata berikut ini. Bila perlu, catat poin-poin yang diberikan agar mata Anda selalu tampak lentik dan cantik.

Digunakan sebelum atau sesudah memakai maskara?

Digunakan sebelum atau sesudah memakai maskara?

Mana yang dipakai terlebih dahulu, pelentik bulu mata atau maskara? Pada prinsipnya, gunakan pelentik bulu mata sebelum memakai maskara.


Jika Anda melakukan sebaliknya, maskara yang Anda pakai bisa terhapus atau bahkan membentuk gumpalan-gumpalan. Selain itu, kelopak mata akan menjadi kotor akibat terkena maskara sehingga Anda harus memperbaiki riasan mata Anda.

Jepit bulu mata dengan urutan pangkal - tengah - ujung

Jepit bulu mata dengan urutan pangkal - tengah -  ujung

Pertama-tama, gunakan tangan dominan Anda lalu letakkan ibu jari, jari tengah, serta telunjuk pada gagang pelentik. Bila cara memegang Anda salah, alat akan menjadi tidak stabil dan tidak dapat menghasilkan curl yang indah.


Selanjutnya, hilangkan anggapan bahwa Anda bisa melentikkan seluruh bagian bulu mata dengan sekali jepit. Sekalipun Anda menjepitnya dengan kuat, hasilnya tidak akan bagus dan hanya akan membuat bulu mata menjadi rontok. Hal yang seharusnya dilakukan adalah menggeser alat secara bertahap mulai dari bagian pangkal, tengah, hingga ke ujung bulu mata.


Pertama, tempatkan pelentik pada bagian pangkal bulu mata, lalu jepit dengan kuat. Lakukan dengan hati-hati agar kelopak mata tidak ikut terjepit. Setelah itu, geser pelentik bulu mata ke bagian tengah dan jepit dengan setengah tenaga. Terakhir, geser lagi pelentik ke bagian ujung bulu mata dan jepit menggunakan sedikit tenaga. Dengan cara ini bulu mata Anda akan tampak sempurna.


Tips tambahan, gunakan siku Anda saat menggeser pelentik bulu mata. Ini akan memberikan hasil yang lebih baik daripada menggeser dengan menggerakkan pergelangan tangan.

Cara menjaga kebersihan penjepit bulu mata

Dibutuhkan pemeliharaan rutin agar pelentik bulu mata favorit Anda tetap bersih dan awet dipakai. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

Segera bersihkan setelah dipakai

Segera bersihkan setelah dipakai

Pelentik bulu mata pada akhirnya akan kotor oleh riasan mata dan alas bedak. Untuk itu, segera lap dengan tisu setelah selesai digunakan. Jika noda sulit dibersihkan, Anda bisa menggunakan pembersih makeup untuk menghilangkannya.


Cara sederhana ini akan membuat pelentik bulu mata tetap dalam kondisi baik untuk jangka waktu yang lama. Di samping tidak higienis, pelentik bulu mata yang kotor tidak akan bisa memberikan hasil maksimal. Oleh karena itu, buatlah aktivitas bersih-bersih ini menjadi suatu kebiasaan.

Kapan bantalan karet perlu diganti?

Kapan bantalan karet perlu diganti?

Idealnya, bantalan karet diganti setelah 1–2 bulan pemakaian. Bantalan karet yang mengambang atau elastisitasnya berkurang menandakan bahwa batas waktu penggantiannya sudah lama terlewat.


Perlu diketahui, memakai pelentik bulu mata setiap hari akan membuat kualitas bantalan karet menurun. Kualitas yang menurun ini tentu akan memengaruhi hasil pada bulu mata Anda. Oleh karena itu, pastikan selalu mengganti bantalan karet secara berkala, ya!

Baca juga rekomendasi produk lain untuk mempercantik bulu mata di sini

Anda telah membaca rekomendasi penjepit bulu mata terbaik dari kami. Nah, mungkin Anda juga ingin mengetahui produk lainnya yang dapat mempercantik bulu mata Anda. Di bawah ini, kami telah menyajikan beberapa artikel rekomendasi terbaik kami. Ingat hanya pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Kesimpulan

Kali ini kami telah memberikan poin-poin dalam memilih penjepit bulu mata dan merekomendasikan sepuluh produk terbaik. Bagaimana menurut Anda? Memilih pelentik bulu mata yang tepat tidak sulit, bukan?


Cukup gunakan artikel ini sebagai panduan saat ingin membeli penjepit bulu mata. Periksa dengan baik hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan agar mendapatkan produk terbaik dan sesuai kebutuhan Anda. Terima kasih telah menyimak sampai akhir dan selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Makeup Brush Set Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Makeup Brush Set Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memakai foundation, blush, hingga eyeshadow tentu memerlukan kuas makeup set. Makeup brush dalam bentuk bundle atau kit banyak dicari karena biasanya cocok untuk pemula. Brush set yang lengkap akan membantu Anda mengaplikasikan makeup dengan baik. Namun, apakah Anda tahu makeup brush set yang terbaik? Merek apa saja yang recommended dan adakah produk yang bagus sekaligus terjangkau?Banyaknya brand, seperti MINISO, Focallure, Jacquelle, dan berbagai merek lokal bisa membuat Anda bingung saat memilih. Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih serta merekomendasikan brush set terpopuler di pasaran. Selamat membaca!
    Peralatan makeup
  • 10 Rekomendasi Kapas Wajah yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kapas Wajah yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Kapas makeup umumnya diperlukan oleh wanita, terutama yang gemar menggunakan makeup. Produk ini esensial dalam perawatan kulit karena lembut dan dapat menyerap cairan dengan baik. Mungkin Anda sudah familier dengan kapas wajah merek Selection, Sariayu, dan The Body Shop.Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kapas makeup yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kapas wajah terbaik yang dapat Anda jadikan pilihan. Kapas wajah yang tipis, bulat, bahkan kapas Silcot akan Anda temukan dalam artikel ini.
    Peralatan makeup
  • 10 Makeup Sponges/Beauty Blender Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makeup Sponges/Beauty Blender Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Makeup sponge atau beauty blender adalah alat yang dirancang khusus untuk mengaplikasikan foundation, bedak, atau concealer. Produk ini memiliki bentuk, bahan, dan kegunaan yang berbeda-beda. Ada beragam merek makeup sponge dan beauty blender yang tersedia di pasaran, seperti Fanbo, Miniso, dan Focallure.Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih beauty blender yang bagus untuk Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk-produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty content creator sekaligus makeup artist kami, Luella Artistry. So, jangan lewatkan informasinya!
    Peralatan makeup
  • 10 Lem Bulu Mata Palsu Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lem Bulu Mata Palsu Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi sebagian orang, memasang bulu mata palsu mungkin menjadi bagian tersulit saat menggunakan makeup. Sering kali penyebabnya adalah pemilihan lem bulu mata yang tidak tepat. Hasilnya, bulu mata jadi mudah bergeser atau tidak dapat bertahan lama.Karena itu, melalui artikel ini, kami akan jabarkan cara memilih lem bulu mata yang bagus dan tahan lama. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi lem bulu mata terbaik dari berbagai merek, seperti Mehron, Elise, dan Blink Charm. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Miss Insan. Yuk, langsung saja simak pembahasannya!
    Peralatan makeup
  • 10 Kuas Makeup Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kuas Makeup Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Kuas adalah senjata rahasia para makeup artist (MUA) dalam menghasilkan riasan sempurna. Wajar jika beberapa brush makeup dari merek Real Techniques, LAMICA Beauty, MUAQ, dan Sigma Beauty sering menjadi rekomendasi berbagai MUA. Namun, kuas makeup manakah yang terbaik?Kali ini kami sudah memilih sepuluh rekomendasi kuas make up yang bagus untuk Anda. Kami juga telah mengulas tips memilih kuas mana yang cocok untuk bedak tabur, blush, atau lainnya. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator kami, Citta Farenty. Yuk, siapkan diri Anda untuk mendapat hasil riasan yang flawless!
    Peralatan makeup
  • 10 Eyeliner Brush Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eyeliner Brush Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang menggunakan kuas bawaan yang melekat di produk eyeliner saat mengaplikasikan eyeliner gel atau cair. Namun, menggunakan kuas eyeliner yang dijual terpisah ternyata dapat memberikan perbedaan signifikan pada hasil riasan mata, lho!Ada banyak produsen kosmetik yang berlomba-lomba mengeluarkan kuas eyeliner atau eyeliner brush. Holika Holika, Masami Shouko, dan Focallure merupakan beberapa di antaranya. Lalu, eyeliner brush merek manakah yang bagus untuk dipilih? Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kuas eyeliner serta memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti.
    Peralatan makeup
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori