mybest
Peralatan makan

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan bayi
  4. 10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2024)

Tempat makan bayi berguna untuk membawa makanan si kecil saat bepergian. Terdapat banyak jenis dan merek tempat makan bayi yang bagus dengan bahan hingga ukuran yang berbeda. Lalu, manakah tempat makan bayi yang cocok untuk Anda?

Agar tidak bingung memilih tempat makan si kecil, bacalah artikel ini! Kami akan membahas tips memilih tempat makan bayi. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek populer, seperti Nuby, Pigeon, Babysafe, dan Dr. Brown's. Jadi, jangan lupa untuk menjadikan artikel ini sebagai referensi Anda. Yuk, kita mulai!
Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Manfaat menggunakan tempat makan bayi

Manfaat menggunakan tempat makan bayi

Organ tubuh bayi memiliki kepekaan yang tinggi. Ritme pola makan berubah sedikit saja bisa mengakibatkan si kecil sembelit hingga susah tidur. Oleh karena itu, orang tua harus menjaga ritme pola makan bayi, terutama saat makan di luar rumah.


Salah satu peralatan yang berguna untuk situasi tersebut adalah tempat makan bayi. Benda ini berguna untuk membawa makanan bayi saat bepergian tanpa mengganggu ritme makannya. Anda pun bisa tenang memberi makan si kecil di mana pun berada. Tempat makan juga berguna sebagai food container alias wadah makanan di rumah, tempat camilan, dan lain-lain.

Cara memilih tempat makan untuk bayi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih alat makan bayi terbaik seperti bahan dan fitur tambahan. Selanjutnya, kami akan memaparkan cara memilih tempat makan bayi secara rinci. Mari kita simak!

1

Pastikan keamanan bahan yang digunakan

Pastikan keamanan bahan yang digunakan

Sebelum membeli tempat makan untuk bayi, tentunya Anda perlu memperhatikan bahan yang digunakan. Untuk membantu memudahkan pencarian tempat makan bayi yang aman, Anda dapat mencari label "food grade" dan "BPA free" pada kemasannya. 


Namun, ada baiknya Anda dapat membedakan antara bahan yang baik dan buruk yang umumnya digunakan pada alat makan. Adapun bahan-bahan tempat makan bayi yang bisa Anda pilih, antara lain


  • Polypropylene
  • Silicon
  • Stainless steel


Selain itu, Anda juga perlu memastikan tempat makan bayi tidak memiliki kandungan zat berbahaya. Anda dapat memastikan bahwa tempat makan yang digunakan si kecil tidak memiliki label daur ulang "PC". Plastik dengan label tersebut berbahaya karena memiliki kandungan bisphenol-A atau yang lebih dikenal dengan BPA. Adapun bahan-bahan yang perlu Anda waspadai adalah sebagai berikut


  • Phthalates
  • PVC (Polyvinyl Chloride)
2

Cek kapasitas yang dapat ditampung

Cek kapasitas yang dapat ditampung

Tiap bayi bisa menyantap jumlah makanan yang berbeda, terutama saat makanan sudah bervariasi. Perkiraan jumlah makanan per porsi adalah sekitar 30 gram pada saat bayi mulai makan. Selanjutnya, jumlahnya menjadi 120 gram pada usia 8 bulan dan sekitar 180 gram saat berusia 10 bulan. Setelah itu, jumlahnya bertambah menjadi sekitar 200 gram pada tahap akhir bayi makan makanan bayi.


Berdasarkan perkiraan ini, tempat makan bayi dengan kapasitas 250 gram atau setara 250 ml sudah mencukupi. Dengan kapasitas yang cukup, Anda bisa menyertakan lauk-pauk dan nasi yang mencukupi porsi makan. Selain itu, beberapa makanan bayi memiliki tekstur yang padat. Jadi, Anda perlu memeriksa kedalaman tempat makannya agar mudah menyendok makanan padat.


Saat bepergian, Anda cukup membawa sekitar 80% dari porsi biasanya saja. Selain itu, jika Anda hendak membawa makanan untuk bekal si kecil di daycare atau tempat penitipan, disarankan untuk membawa porsi yang tidak terlalu banyak. Tujuannya untuk mencegah makanan tumpah atau bersisa.

3

Pilihlah tempat makan yang antitumpah

Pilihlah tempat makan yang antitumpah

Selain padat atau kental, makanan bayi biasanya berkuah sehingga Anda perlu memastikan produk yang dibeli memiliki fitur antitumpah. Tempat MPASI yang tertutup rapat merupakan poin yang harus Anda perhatikan. Beberapa produk akan memberikan informasi dengan mencantumkan fitur juice leak atau leakproof.


Selain itu, kini telah hadir produk yang dapat menutup dengan sempurna walaupun pembungkus bagian luarnya tidak terpasang. Tumpah atau bocornya kuah makanan pun bisa dihindari dengan tipe ini. Sebelumnya, periksalah label dan ulasan pembeli lainnya agar Anda bisa memilih tempat makan yang tepat.

4

Cek kemampuan produk mempertahankan suhu panas atau dingin

Cek kemampuan produk mempertahankan suhu panas atau dingin

Tempat makan yang bisa digunakan pada berbagai situasi memang sangat praktis. Jika Anda ingin makanan bayi tetap hangat, periksalah kemampuan wadah menahan suhu panas sesuai dengan yang Anda inginkan sebelum membelinya. Selain itu, perhatikan juga kemampuan produk dalam menjaga suhu dingin.


Lebih baik lagi apabila produk tersebut mampu menahan suhu dingin lebih lama. Jadi, Anda bisa memakainya untuk wadah makanan seperti biasa atau untuk menyimpan makanan di dalam freezer. Selain itu, jika Anda menggunakan diswasher atau mesin pencuci piring di rumah, pastikan produk tersebut aman dicuci menggunakan mesin. Jadi, pekerjaan Anda pun makin mudah.

5

Pilih tempat makan bayi yang dilengkapi sendok dan garpu

Pilih tempat makan bayi yang dilengkapi sendok dan garpu

Saat bepergian dengan bayi, tentu para ibu membawa banyak sekali barang. Apabila Anda ingin barang bawaan tetap rapi, pilihlah tempat makan bayi yang sudah dilengkapi dengan sendok dan garpu.


Kebanyakan produk yang dijual hanya terdiri dari tempat makan saja tanpa sendok dan garpu. Selain itu, bayi biasanya hanya mau makan dengan menggunakan peralatan makan yang biasa dipakai.


Bayi memang hanya mau makan jika suasana hati mereka bagus. Namun, jika Anda memiliki tempat makan yang sudah satu set dengan alat makan, barang bawaan jadi lebih ringkas dan Anda bisa menyiapkan makanan dengan leluasa.

6

Temukan produk yang memiliki suction

Temukan produk yang memiliki suction

Kini, terdapat inovasi terbaru dari tempat makanan bayi, yaitu berupa suction. Suction dapat membuat mangkuk MPASI menempel pada meja sehingga Anda bisa menyuapi si kecil dengan nyaman. Dengan tempat makan bayi yang dilengkapi suction, Anda tidak perlu khawatir MPASI tumpah atau berceceran karena tersenggol.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi tempat makan terbaik untuk bayi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tempat makan terbaik untuk bayi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

BenBen

Premium Silicone Baby Suction Bowl

BenBen  Premium Silicone Baby Suction Bowl 1

Mulai dari Rp99.000,00

Menengah

Bahan lembut, makan tanpa takut terluka

2

Sidmool

Double Layer Training Bowl

Sidmool Double Layer Training Bowl 1

Mulai dari Rp59.800,00

Agak Murah

Makanan berat, snack, dan buah dalam satu wadah!

3

Lusty Bunny

Feeding Set Mangkok Bubur

Lusty Bunny Feeding Set Mangkok Bubur 1

Mulai dari Rp22.800,00

Lebih Murah

Pilihan tempat makan bayi yang aman dan terjangkau

4

Dr. Brown's

Travel Fresh Bowl and Snap In Spoon

Dr. Brown's Travel Fresh Bowl and Snap In Spoon 1

Mulai dari Rp186.000,00

Agak Mahal

Berikan dua jenis MPASI dalam satu tempat

5

Nuby

Garden Fresh Suction Bowl

Nuby Garden Fresh Suction Bowl 1

Mulai dari Rp99.000,00

Menengah

Antitumpah, sahabat balita yang aktif!

6

Pigeon

Feeding Dish

Pigeon  Feeding Dish 1

Mulai dari Rp97.700,00

Menengah

Dengan dasar bergerigi, dapat lumatkan makanan si kecil

7

BabySafe

Stainless Steel Lunch Box S011

BabySafe Stainless Steel Lunch Box  1

Mulai dari Rp75.000,00

Agak Murah

Pastikan kebersihan tempat makan bayi dengan bahan stainless steel antibakteri

8

Beaba

Isothermal

Beaba  Isothermal 1

Mulai dari Rp379.000,00

Lebih Mahal

Sajikan makanan yang selalu hangat untuk sang buah hati

9

BBET

Snack Storage Bowl Tritan

BBET Snack Storage Bowl Tritan 1

Mulai dari Rp260.000,00

Agak Mahal

Berikan pengalaman makan camilan yang menyenangkan

10

Skip Hop

Easy-Grab Bowls

Skip Hop  Easy-Grab Bowls 1

Mulai dari Rp199.000,00

Agak Mahal

Nyaman menggenggam mangkuk dengan pegangan ergonomis

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

BenBen Premium Silicone Baby Suction Bowl

Premium Silicone Baby Suction Bowl 1
Sumber: shopee.co.id
Premium Silicone Baby Suction Bowl 2
Sumber: shopee.co.id
Premium Silicone Baby Suction Bowl 3
Sumber: shopee.co.id
Premium Silicone Baby Suction Bowl 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp99.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp99.000,00
Menengah

Bahan lembut, makan tanpa takut terluka

Kelebihan:

  • Berbahan silicon lembut
  • Dilengkapi dengan suction antitumpah

Kekurangan: 

  • Tutupnya tidak antibocor

Permukaan lembut dari silicon ini cocok untuk Anda yang memiliki buah hati yang senang bermain di sela-sela waktu makan. Suction antitumpahnya dapat menjaga agar mangkuk tidak bergeser ketika dimainkan.


Tak hanya aman, tetapi rekomendasi suction bowl yang satu ini juga mudah dirawat. Produk ini dapat dibersihkan menggunakan dishwasher dan disterilkan dengan sterilizer.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SidmoolDouble Layer Training Bowl

Double Layer Training Bowl 1
Sumber: shopee.co.id
Double Layer Training Bowl 2
Sumber: shopee.co.id
Double Layer Training Bowl 3
Sumber: shopee.co.id
Double Layer Training Bowl 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp59.800,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp59.800,00
Agak Murah

Makanan berat, snack, dan buah dalam satu wadah!

Kelebihan:

  • Memiliki banyak sekat untuk berbagai jenis makanan

Kekurangan:

  • Tidak ada pegangan khusus untuk mengangkat layer bagian atas

Khawatir dengan kebersihan tempat makan bayi? Jika iya, Anda akan menyukai tempat makan bayi dari Sidmool ini. Tempat makan bayi ini tahan terhadap suhu 100℃ sehingga dapat Anda sterilkan menggunakan steamer, UV sterilizer, atau air mendidih.


Selain itu, tempat makan ini memiliki banyak sekat yang dapat membantu Anda membawa berbagai macam makanan. Dengan tempat makan bayi ini, si kecil pasti tidak akan bosan dengan makanan yang dibawa saat bepergian.

No.3

Lusty BunnyFeeding Set Mangkok Bubur

Feeding Set Mangkok Bubur 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp22.800,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp22.800,00
Lebih Murah

Pilihan tempat makan bayi yang aman dan terjangkau

Kelebihan:

  • Harganya terjangkau
  • Memiliki dasar yang bergelombang untuk menghancurkan makanan

Kekurangan:

  • Tidak memiliki pegangan yang nyaman

Jika Anda mencari tempat makan bayi dengan harga yang murah, inilah produk yang sesuai untuk Anda. Tak selalu mahal, tempat makan bayi yang bagus juga ada yang memiliki harga terjangkau.


Satu paket dengan sendok berbahan plastik, Anda akan mendapatkan tempat makan bayi yang travel-friendly dengan warna cantik. Tak hanya itu, Anda juga dapat menghaluskan makanan pada dasar wadah yang bergelombang.

No.4

Dr. Brown'sTravel Fresh Bowl and Snap In Spoon

Travel Fresh Bowl and Snap In Spoon 1
Sumber: shopee.co.id
Travel Fresh Bowl and Snap In Spoon 2
Sumber: shopee.co.id
Travel Fresh Bowl and Snap In Spoon 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp186.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp186.000,00
Agak Mahal

Berikan dua jenis MPASI dalam satu tempat

Kelebihan:

  • Memiliki pegangan yang nyaman
  • Memiliki dua wadah dengan penutup terpisah

Kekurangan:
  • Tutup hanya dapat dibuka, tidak dapat dilepas

Tempat makan bayi ini cocok untuk Anda yang ingin memberikan variasi rasa atau tekstur kepada si kecil. Anda dapat mengemas dua makanan sekaligus tanpa khawatir rasanya tercampur karena tempat makan bayi ini memiliki dua tutup terpisah. Dilengkapi dengan pegangan, Anda dapat menyuapi si kecil dengan nyaman meski ia aktif bergerak.

No.5

NubyGarden Fresh Suction Bowl

Garden Fresh Suction Bowl 1
Sumber: shopee.co.id
Garden Fresh Suction Bowl 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp99.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp99.000,00
Menengah

Antitumpah, sahabat balita yang aktif!

Kelebihan:

  • Memiliki suction antitumpah

Kekurangan:
  • Tidak dapat dimasukkan ke dalam microwave

Jika Anda memiliki bayi yang aktif bergerak meski sedang makan, mungkin Anda akan menyukai tempat makan bayi yang satu ini. Tempat makan bayi ini memiliki alas suction yang menjaganya tidak terbalik atau bergeser saat tersentuh oleh bayi. Selain nyaman diletakkan di meja, mangkuk bayi ini nyaman untuk dibawa karena memiliki genggaman di pinggir mangkuk.

No.6

Pigeon Feeding Dish

Feeding Dish 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp97.700,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp97.700,00
Menengah

Dengan dasar bergerigi, dapat lumatkan makanan si kecil

Kelebihan:

  • Memiliki dasar bergerigi
  • Terdapat sendok

Kekurangan:

  • Hanya memiliki satu tutup untuk dua kompartemen

Rekomendasi tempat makan bayi kali ini datang dari salah satu produsen peralatan makan bayi terbaik. Produk dari Pigeon ini memiliki keunikan pada bentuk dasar mangkuknya.


Dengan tekstur bergerigi, tempat makan ini cocok untuk Anda yang ingin menyuapkan buah-buahan atau jenis makanan lain yang perlu dihaluskan terlebih dahulu. Alat makan bayi ini juga cocok untuk dibawa bepergian karena dilengkapi sendok yang menempel pada tutupnya.

No.7

BabySafeStainless Steel Lunch Box S011

Stainless Steel Lunch Box  1
Sumber: shopee.co.id
Stainless Steel Lunch Box  2
Sumber: shopee.co.id
Stainless Steel Lunch Box  3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp75.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp75.000,00
Agak Murah

Pastikan kebersihan tempat makan bayi dengan bahan stainless steel antibakteri

Kelebihan:

  • Berbahan stainless steel padat yang antibakteri

Kekurangan:

  • Tidak memiliki pegangan
  • Tidak dilengkapi suction antitumpah

Khawatir dengan kehigienisan tempat makan si kecil? Dengan produk ini, Anda tidak perlu memusingkan hal itu lagi. Tempat makan bayi dari BabySafe ini berbahan stainless steel food grade yang tidak berpori sehingga bakteri tidak akan terserap ke permukaan. Selain itu, setiap bagian dari produk ini juga dapat dilepaskan sehingga dapat dicuci dengan baik.

No.8

Beaba Isothermal

Isothermal 1
Sumber: shopee.co.id
Isothermal 2
Sumber: shopee.co.id
Isothermal 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp379.000,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp379.000,00
Lebih Mahal

Sajikan makanan yang selalu hangat untuk sang buah hati

Kelebihan:

  • Dapat mempertahankan suhu makanan

Kekurangan:

  • Bahan stainless steel perlu dijauhkan dari jangkauan bayi

Jika bayi Anda lebih menyukai makanan yang hangat, Anda perlu mempertimbangkan produk yang satu ini. Dengan bahan stainless steel, tempat makan MPASI ini dapat menjaga makanan bayi agar tetap hangat hingga enam jam. Namun, Anda perlu berhati-hati apabila menggunakannya saat berada di dekat bayi. Ujung tempat makan yang berbahan stainless steel berisiko melukai bayi.

No.9

BBETSnack Storage Bowl Tritan

Snack Storage Bowl Tritan 1
Sumber: shopee.co.id
Snack Storage Bowl Tritan 2
Sumber: shopee.co.id
Snack Storage Bowl Tritan 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp260.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp260.000,00
Agak Mahal

Berikan pengalaman makan camilan yang menyenangkan

Kelebihan:

  • Memiliki lapisan pencegah makanan tumpah
  • Desain unik

Kekurangan:

  • Hanya cocok digunakan untuk camilan

Camilan menjadi tipe makanan yang juga perlu diperkenalkan pada bayi. Namun, membawa snack dalam tempat penyimpanan biasa lebih mudah tumpah, apalagi jika si kecil sedang senang melakukan eksplorasi. Apabila Anda mengalami masalah serupa, pertimbangkanlah rekomendasi food container MPASI yang satu ini.


Dilengkapi dengan lapisan plastik tambahan, Anda dan bayi akan lebih mudah mengambil makanan tanpa berserakan. Desain dari tempat snack bayi ini juga menggemaskan sehingga bisa menambah semangat si kecil untuk makan!

No.10

Skip Hop Easy-Grab Bowls

Easy-Grab Bowls 1
Sumber: skiphop.com
Easy-Grab Bowls 2
Sumber: skiphop.com
Easy-Grab Bowls 3
Sumber: skiphop.com
Easy-Grab Bowls 4
Sumber: skiphop.com
Harga referensi
Mulai dari Rp199.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp199.000,00
Agak Mahal

Nyaman menggenggam mangkuk dengan pegangan ergonomis

Kelebihan:

  • Memiliki pegangan ergonomis
  • Aman untuk dimasukkan ke microwave

Kekurangan:

  • Tutup tidak dapat dimasukkan ke dalam microwave

Apakah Anda mencari tempat makan bayi yang aman untuk dimasukkan ke dalam microwave? Jika iya, produk ini adalah jawabannya! Dengan tempat makan bayi dari Skip Hop, Anda dapat menghangatkan makanan bayi dengan mudah. Selain itu, wadah MPASI tahan panas yang satu ini juga memiliki pegangan unik sehingga mempermudah Anda selama menyuapi bayi.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan makan untuk bayi di sini

Selain tempat makan, peralatan makan bayi yang bagus diperlukan untuk menunjang bayi saat proses belajar makan atau minum. Perlengkapan lain, seperti kursi makan, training cup, spoon fork, dan lainnya juga tak kalah penting. Artikel mengenai produk-produk perlengkapan bayi tersebut sudah kami ulas di kesempatan lain. Jika Anda tertarik untuk membacanya lebih lanjut, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kini, Anda sudah mengetahui merek-merek tempat makan bayi terbaik. Anda bisa menyimpan makanan yang dibutuhkan si kecil selama di perjalanan dengan menggunakan tempat makan.


Perlengkapan makan bayi akan terasa dibutuhkan apabila Anda harus bepergian secara mendadak. Anda tinggal bawa makanan menggunakan tempat makan yang sesuai dengan kebutuhan dan selera. Dengan begitu, Anda tidak akan kebingungan lagi apabila sulit menemukan makanan bayi saat bepergian.

5 Rekomendasi Tempat Makan untuk Bayi terbaik

No. 1: BenBen Premium Silicone Baby Suction Bowl

No. 2: SidmoolDouble Layer Training Bowl

No. 3: Lusty BunnyFeeding Set Mangkok Bubur

No. 4: Dr. Brown'sTravel Fresh Bowl and Snap In Spoon

No. 5: NubyGarden Fresh Suction Bowl

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan bayi
  4. 10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.