10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2018)

Tempat makan bayi berguna untuk membawa makanan si kecil saat bepergian. Beberapa produsen, seperti Munchkin, Brother Max, Nuby, Tommee Tippe, dan Richell telah membuat tempat makan bayi yang lucu dan menarik. Namun, berbagai variasi produk bisa membuat bingung bagi sebagian orang tua.

Agar tidak bingung untuk memilih tempat makan si kecil mari baca dahulu artikel berikut ini. Kami akan membahas cara memilih tempat makan bayi serta merekomendasikan sepuluh tempat makan bayi terbaik. Jadi, jangan lupa untuk menjadikan artikel ini sebagai referensi Anda. Yuk kita mulai!

Daftar isi

Manfaat membawa makanan bayi saat di luar rumah

Manfaat membawa makanan bayi saat di luar rumah

Organ tubuh bayi memiliki kepekaan yang tinggi. Jika ritme pola makan berubah sedikit saja, sulit bagi bayi mengikuti pola makan baru dengan lancar. Saat memasuki tahap mengonsumsi makanan padat, bayi belum bisa mencerna dengan baik karena organ pencernaannya belum sempurna. Hal ini bisa mengakibatkan si kecil sembelit hingga kesulitan saat tidur. Oleh karena itu, orang tua harus menjaga ritme pola makan bayi terutama saat makan di luar rumah.

Saat Anda bepergian keluar rumah bersama si kecil, Anda bisa membawa makanan yang biasa dimakan di rumah. Dengan demikian, pola makan bayi tidak berubah drastis serta tidak akan merusak ritme pola makan si kecil. Anda mungkin khawatir ketika membeli makanan bayi saat berada di luar rumah. Jika Anda membawa makanan bayi dari rumah menggunakan tempat makan, kekhawatiran Anda akan hilang. Anda bisa memastikan keamanan dari makanan yang masuk ke tubuh si kecil jika Anda menyiapkan makanan sendiri. Dengan demikian, Anda bisa bersenang-senang dengan tenang bersama keluarga saat berada di luar rumah.

Cara memilih tempat makan untuk bayi

Selanjutnya, kami akan memaparkan cara memilih tempat makan bayi serta poin-poin penting yang harus Anda perhatikan.

Terbuat dari bahan apa tempat makan bayi tersebut? Pilih bahan yang tidak membuat alergi!

Terbuat dari bahan apa tempat makan bayi tersebut? Pilih bahan yang tidak membuat alergi!

Tempat makan bayi memiliki fitur yang berbeda tergantung dari produk yang Anda pilih. Beberapa tempat makan bayi bisa membuat makanan tetap hangat atau tetap segar. Namun, produk yang lain bisa memiliki fitur yang awet serta ringan. Bahan yang umum digunakan untuk tempat makan bayi di antaranya adalah polypropylenetritan, elastomer, silikon, dan lain sebagainya. Bahan stainless steel juga biasa digunakan untuk tempat makan yang bisa menjaga temperatur.

Kebanyakan tempat makan bayi termasuk tempat makan yang terbuat dari bahan plastik telah memenuhi standar keamanan. Namun, Anda juga perlu memperhatikan bahan karet alami (lateks) karena beberapa bayi mungkin alergi terhadap lateks. Jadi, lakukanlah pengecekan terhadap bahan yang mungkin membuat alergi pada bayi Anda.

Bahan elastomer yang umum digunakan biasa disebut juga TPE (Thermo Plastic Elastomer). Produk ini merupakan karet elastis yang berasal dari minyak bumi. Secara umum, bahan TPE tidak menimbulkan gejala alergi bahkan terhadap bayi yang memiliki alergi terhadap karet alam (lateks).

Seberapa banyak kapasitas yang dapat ditampung? 250 gram atau 250 ml sudah mencukupi

Seberapa banyak kapasitas yang dapat ditampung? 250 gram atau 250 ml sudah mencukupi

Pada umumnya, bayi akan berada dalam periode memakan makanan yang mudah dimakan dalam sekali gigitan. Namun, tiap bayi bisa memakan jumlah makanan yang berbeda terutama saat makanan sudah bervariasi. Saat bepergian Anda tidak mungkin hanya terfokus untuk mengurus makanan bayi saja. Anda bisa membawa makanan yang mudah disiapkan dalam rentang waktu delapan menit saja. Dengan demikian, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan jika Anda membawa makanan bayi.

Perkiraan jumlah makanan per porsi adalah sekitar 30 gram pada saat bayi mulai memakan makanan bayi. Selanjutnya, jumlahnya menjadi 120 gram pada usia delapan bulan dan sekitar 180 gram saat berusia sepuluh bulan. Setelah itu, jumlahnya bertambah menjadi sekitar 200 gram pada tahap akhir bayi memakan makanan bayi. Namun, tentu saja standar ini bisa berubah sesuai dengan keadaan. Berdasarkan perkiraan ini tempat makan bayi dengan kapasitas 250 gram atau setara 250 ml sudah mencukupi. Dengan kapasitas yang cukup, Anda bisa menyertakan lauk pauk dan nasi yang mencukupi porsi makan. Selain itu, beberapa makanan bayi memiliki sifat yang kental. Jadi, Anda perlu memeriksa kedalaman pada tempat makan yang memudahkan saat menyendok makanan kental.

Lakukan pengecekan! Jika membawa jus apakah bisa merembes?

Lakukan pengecekan! Jika membawa jus apakah bisa merembes?

Selain kental, makanan bayi biasanya berkuah. Oleh karena itu, makanan bayi yang dibawa saat bepergian mengandung lebih banyak air dibandingkan dengan makanan dewasa. Anda perlu memeriksa agar makanan kental seperti jus tidak mudah merembes keluar. Dengan demikian, bayi Anda bisa makan nasi yang berkuah dengan nikmat.

Tempat makan yang mampu tertutup dengan rapat merupakan poin yang harus Anda perhatikan. Penjelasan tentang kebocoran biasanya dapat ditemukan pada keterangan yang mencantumkan istilah juice leak pada informasi produk. Selain itu, kini telah hadir produk yang dapat menutup dengan sempurna walaupun pembungkus bagian luar tidak terpasang. Pilihlah beberapa produk yang dapat mencegah kebocoran saat menyimpan makanan seperti jus. Anda akan lebih mudah mencegah kebocoran jus jika memilih tempat makan dengan benar.

Apakah tempat makan bisa menahan dan menjaga panas sehingga makanan tetap hangat?

Apakah tempat makan bisa menahan dan menjaga panas sehingga makanan tetap hangat?

Bagi Anda yang membawa makanan dari rumah dengan tempat makan pasti menginginkan makanan tersebut tetap hangat. Apabila Anda menggunakan tempat makan dengan bahan plastik, biasanya tertera keterangan tentang kemampuan menahan panas dalam rentang tertentu. Anda bisa memeriksa apakah rentang panas sudah sesuai dengan yang Anda inginkan saat bepergian. Selain itu, disarankan juga untuk memeriksa kemudahan mencuci tempat makan, terutama bagi Anda yang terbiasa mencuci dengan mesin cuci piring.

Anda bisa memeriksa juga apakah tempat makan bisa merusak bahan-bahan yang ada di makanan. Selain itu, apakah Anda ingin membawa makanan dalam keadaan beku? Jika ingin membawa makanan beku, Anda perlu memeriksa suhu toleransi tempat makan. Periksalah suhu toleransi tidak hanya terhadap temperatur panas, tetapi juga terhadap temperatur dingin. Jadi, jangan lupakan poin penting ini ya!

Untuk kemudahan, pilih tempat makan bayi yang dilengkapi sendok dan garpu!

Untuk kemudahan, pilih tempat makan bayi yang dilengkapi sendok dan garpu!

Pada umumnya tempat makan bayi yang dijual hanya berupa wadah makanan saja, sedangkan produk yang dijual dengan sendok dan garpu tidaklah banyak. Hal ini terjadi karena tempat makan tidak dipakai setiap hari kecuali Anda membawa si kecil saat bepergian. Jadi, beberapa orang tua tidak terlalu membutuhkan sendok atau garpu dalam paket penjualan tempat makan bayi. Namun, jika Anda menyuapi si kecil di luar rumah, Anda akan membutuhkan peralatan yang komplet untuk makan. Memilih tempat makan yang dilengkapi sendok dan garpu tentu akan berguna saat bepergian.

Jika Anda membawa tempat makan ke dalam tas, Anda membutuhkan ruangan yang cukup untuk menyimpan barang lain. Oleh karena itu, Anda bisa memilih tempat makan yang dilengkapi dengan sendok dan garpu yang menyatu. Dengan demikian, Anda bisa menghemat ruang di dalam tas.

10 Rekomendasi tempat makan terbaik untuk bayi

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi sepuluh tempat makan bayi yang bisa Anda temukan di Tokopedia. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing. Silakan pilih tempat makan bayi yang sesuai kebutuhan dan keinginan Anda!

10. Oxo Tot Small & Large Bowl Set

10. Oxo Tot Small & Large Bowl Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 159.000

Bisa dipakai saat bepergian atau menyimpan makanan di rumah

Tempat makan ini terdiri dari dua set berukuran 207 ml dan 354 ml. Dengan demikian, Anda bisa memilih tempat makan dengan kapasitas yang sesuai ketika bepergian. Produk ini memiliki model yang tidak hanya bisa dipakai saat bepergian, tetapi juga bisa menyimpan makanan yang tersisa di rumah. Anda bisa memilih produk ini apabila tidak mau melihat kudapan si kecil berserakan di rumah.

Bagian bawah produk ini dibuat antiselip sehingga tidak mudah terbalik atau tumpah saat digunakan. Tempat makan ini juga bisa Anda pakai untuk menghangatkan makanan dengan menggunakan microwave. Anda juga tidak akan kerepotan saat membersihkan produk ini. Cukup bersihkan Oxo Tot Small & Large Bowl Set dengan menggunakan mesin cuci piring.

9. Babymoov Babybols

9. Babymoov Babybols

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 173.250

Ideal menyimpan frozen food dan makanan yang memerlukan microwave

Babymoov Babybols bisa digunakan untuk menyimpan frozen food. Anda juga bisa menghangatkan makanan dengan lebih mudah menggunakan microwave. Produk ini cocok untuk memperkenalkan variasi makanan berupa frozen food setelah fase bayi menyusui dengan ASI. Anda juga bisa menyiapkan makanan dari rumah agar tetap segar berkat penutup yang kedap udara.

Wadah penyimpanan makanan ini dibuat transparan. Hal ini memudahkan Anda mengidentifikasi makanan dengan cepat tanpa perlu membuka penutupnya. Selain itu, produk ini dilengkapi hingga tiga kapasitas penyimpanan. Anda bisa membawa tempat makan dengan kapasitas 120 ml, 180 ml, atau 250 ml sesuai kebutuhan. Jika tidak dipakai, Anda bisa menumpuk produk ini sedemikian rupa agar menghemat ruang.

8. Tommee Tippee Cool and Mash Bowl

8. Tommee Tippee Cool and Mash Bowl

Lihat produk ini Tokopedia

Harga : Rp 123.900

Bisa digunakan menggerus makanan yang masih kasar

Anda bisa menemukan makanan yang kurang halus saat menyuapi bayi. Jangan buang makanan si kecil yang kurang halus! Produk ini memiliki bagian yang memudahkan Anda dalam menghaluskan makanan bayi. Anda hanya perlu menaruh makanan yang masih kasar ke bagian penghalus, lalu dihaluskan dengan menggunakan sendok. Pilihlah produk ini apabila bayi sulit memakan makanan bertekstur kasar seperti hati ayam.

Bagian dasar tempat makan ini dibuat dengan desain triangular. Hal ini membuat makanan mudah untuk diangkut dengan sendok. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi rasa frustrasi karena kerepotan saat menyendok makanan. Bayi Anda pun bisa makan sampai habis karena tidak ada sisa makanan yang tertinggal di bagian dasar tempat makanannya.

7. Richell Baby Food Container with Spoon

7. Richell Baby Food Container with Spoon

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 97.500

Membagi makanan jadi mudah dengan tiga wadah yang terpisah

Produk ini terdiri dari tiga bagian wadah makanan yang dapat dipisahkan. Bagi Anda yang ingin memberikan variasi menu lebih dari satu jenis makanan, bisa memilih produk ini. Di bagian atas, produk ini dilengkapi dengan pegangan yang membuat Anda bisa membawa produk ini dengan cara dijinjing. Jadi, Anda tidak perlu repot lagi menyediakan tas jinjing saat membawa tempat makan bayi.

Produk ini terbuat dari bahan elastomer sehingga cocok untuk Anda yang khawatir bayi akan mengalami alergi. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan sendok yang bisa dibagi menjadi dua bagian. Sendoknya bisa Anda simpan di bagian khusus penyimpanan yang tertutup. Dengan demikian, seluruh bagian sendok akan terhindar dari debu dan kotoran.

6. Nuby Easy Go Suction Bowl & Spoon

6. Nuby Easy Go Suction Bowl & Spoon

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 89.000

Bisa dipegang dengan nyaman menggunakan tangan kanan atau tangan kiri

Nuby Easy Go Suction Bowl & Spoon terbuat dari bahan polypropylene yang tahan lama. Produk ini bisa dipilih untuk Anda yang membutuhkan tempat makan bayi yang awet. Selain itu, tempat makan ini dibuat agar mudah dipegang oleh tangan kanan atau tangan kiri. Bagi Anda yang kidal dan kesulitan mencari tempat makan bayi yang nyaman dipegang, Anda bisa memilih produk ini.

Di bagian dasar produk ini dilengkapi dengan fitur pengisap. Hal ini membuat tempat makan tidak mudah goyah saat disimpan di permukaan yang datar. Apabila lelah memegang tempat makan, Anda bisa menyimpan produk ini di meja tanpa mudah terjatuh. Tidak hanya itu, produk ini dilengkapi sebuah sendok makan yang bisa disimpan di bagian atas tempat makan.

5. Tum Tum Thermal Kids Food Flask, Bugs

5. Tum Tum Thermal Kids Food Flask, Bugs

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 289.000

Mampu menjaga makanan tetap hangat selama lima jam atau tetap segar hingga tujuh jam

Produk ini adalah tempat makan yang berupa termos dengan kapasitas 300 ml. Kapasitas yang cukup besar membuat Anda leluasa menyimpan porsi ekstra untuk si kecil. Dengan bahan yang terbuat dari sekat stainless steel, produk ini efektif menahan panas dengan baik. Anda bisa menjaga makanan buah hati Anda tetap hangat selama lima jam. Selain itu, produk ini mampu menjaga makanan tetap dingin selama tujuh jam.

Bagi Anda yang ingin membawa makanan yang direbus seperti semur atau sup hangat bisa memiliki produk ini. Apabila Anda ingin si kecil menyantap selada, Anda bisa memakai produk ini agar selada si kecil tetap segar. Jangan sampai nafsu makan hilang hanya karena makanan sudah tidak hangat atau tidak segar saat akan dimakan. Miliki produk ini yuk, Bunda!

4. Brother Max Weaning Bowl Set (Blue)

4. Brother Max Weaning Bowl Set (Blue)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 185.000

Desain pegangan unik, tidak susah memegang tempat makan saat menyuapi si kecil

Makanan bayi bisa tumpah hanya karena pegangan yang licin. Brother Max Weaning Bowl Set memiliki desain pegangan yang berlubang di ujung tempat makan. Anda bisa mengaitkan produk ini di antara jempol dan keempat jari untuk pegangan yang lebih kokoh. Produk ini cocok untuk Anda yang kesulitan memegang tempat makan pada situasi tertentu seperti di dalam kendaraan.

Di bagian atas, Anda bisa menyimpan dua buah sendok yang bisa Anda tutup. Oleh karena itu, sendok tetap bersih dan tersimpan secara padu dengan tempat makan tanpa perlu tempat penyimpanan khusus. Tempat makan ini juga dilengkapi dengan sekat yang membagi tempat makan menjadi dua ruang. Anda bisa membawa hingga dua jenis hidangan bayi sekaligus dalam satu tempat makan.

3. Oré Originals Sugarbooger Retro Robot Good Lunch Snack Containers Small Set-of-Two

3. Oré Originals Sugarbooger Retro Robot Good Lunch Snack Containers Small Set-of-Two

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 175.000

Desain gambar robot, lebih familier dengan bayi laki-laki

Produk ini terbuat dari perpaduan bahan tritan dan polypropylene dengan desain gambar robot klasik. Dengan corak tersebut, produk ini cocok untuk membawa makanan bayi laki-laki. Anda bisa menyandingkan produk ini dengan mainan robot kesayangan si kecil saat makan di luar. Dengan demikian, jagoan kecil Anda tidak akan sulit untuk makan.

Anda akan mendapatkan dua buah tempat makan dengan kapasitas yang berbeda. Kapasitas 250 ml cukup untuk membawa makanan utama si kecil. Apabila Anda bepergian tidak terlalu lama, Anda bisa membawa tempat makan kecil yang berukuran 120 ml. Anda tidak perlu khawatir saat membawa makanan kental selama di perjalanan karena produk ini memiliki fitur antibocor.

2. Munchkin Love-a-Bowls

2. Munchkin Love-a-Bowls

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 212.300

100% antitumpah dan antibocor

Tempat makan yang bocor bisa membuat tas Anda berantakan dan si kecil kehilangan asupan. Munchkin Love-a-Bowls terbuat dengan desain yang mampu menjamin makanan tidak tumpah dan tidak bocor. Produk ini cocok untuk membawa makanan bayi yang mudah bocor seperti sup atau jus. Produk ini terdiri dari tempat makan yang berwarna-warni dengan tutup yang bisa mix and match.

Bagi Anda yang mencari kepraktisan saat membawa makanan bayi saat keluar rumah bisa memiliki produk ini. Anda bisa menyiapkan makanan dari rumah, lalu menghangatkan dengan microwave saat tiba di tujuan. Untuk melengkapi kebutuhan bayi saat makan, Anda juga akan mendapatkan dua buah sendok dengan ujung yang lembut.

1. Jini Baby International Co. Ku-ku Ttemperator-400 ml

1. Jini Baby International Co. Ku-ku Ttemperator-400 ml

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 155.000

Dilengkapi sendok dan garpu dalam satu gagang yang bisa dilipat

Umumnya tempat makan bayi hanya dilengkapi dengan sendok dalam satu setnya. Tempat makan yang satu ini dilengkapi dengan sendok dan juga garpu! Desain sendok dan garpunya pun unik karena berada dalam satu tangkai yang bisa dilipat. Setelah dilipat, sendok dan garpu bisa Anda simpan di bagian atas tempat makan. Jadi, Anda bisa menghemat tempat penyimpanan serta menjaga alat makan tetap bersih.

Produk ini cocok untuk menyuapi bayi dengan makanan padat yang memerlukan garpu seperti bakso atau sosis. Bagian dalam tempat makanan ini memiliki kapasitas yang tergolong besar. Anda bisa menyimpan makanan bayi hingga 400 ml. Bagi Anda yang membutuhkan ruang tambahan untuk porsi makanan berlebih bagi si kecil, milikilah produk ini.

Kesimpulan

Jadi, bagaimana pendapat Anda mengenai artikel yang sudah kami ulas? Anda bisa menyimpan makanan yang dibutuhkan si kecil selama di perjalanan dengan menggunakan tempat makan. Tempat makan bayi akan terasa dibutuhkan apabila Anda harus bepergian secara mendadak. Apabila Anda sulit menemukan makanan bayi di tempat tujuan Anda tidak akan kebingungan lagi. Cukup bawa makanan menggunakan tempat makan yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.