• 10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)

Tempat makan bayi berguna untuk membawa makanan si kecil saat bepergian. Terdapat banyak jenis dan merek tempat makan bayi yang bagus dengan bahan hingga ukuran yang berbeda. Lalu, manakah tempat makan bayi yang cocok untuk Anda?

Agar tidak bingung memilih tempat makan si kecil, bacalah artikel ini! Kami akan membahas tips memilih tempat makan bayi. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek populer, seperti Nuby, Pigeon, Babysafe, dan Dr. Brown's. Jadi, jangan lupa untuk menjadikan artikel ini sebagai referensi Anda. Yuk, kita mulai!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 November 2022
Daftar isi

Manfaat menggunakan tempat makan bayi

Manfaat menggunakan tempat makan bayi

Organ tubuh bayi memiliki kepekaan yang tinggi. Ritme pola makan berubah sedikit saja bisa mengakibatkan si kecil sembelit hingga susah tidur. Oleh karena itu, orang tua harus menjaga ritme pola makan bayi, terutama saat makan di luar rumah.


Salah satu peralatan yang berguna untuk situasi tersebut adalah tempat makan bayi. Benda ini berguna untuk membawa makanan bayi saat bepergian tanpa mengganggu ritme makannya. Anda pun bisa tenang memberi makan si kecil di mana pun berada. Tempat makan juga berguna sebagai food container alias wadah makanan di rumah, tempat camilan, dan lain-lain.

Cara memilih tempat makan untuk bayi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih alat makan bayi terbaik seperti bahan dan fitur tambahan. Selanjutnya, kami akan memaparkan cara memilih tempat makan bayi secara rinci. Mari kita simak!

Pastikan keamanan bahan yang digunakan

Pastikan keamanan bahan yang digunakan

Sebelum membeli tempat makan untuk bayi, tentunya Anda perlu memperhatikan bahan yang digunakan. Untuk membantu memudahkan pencarian tempat makan bayi yang aman, Anda dapat mencari label "food grade" dan "BPA free" pada kemasannya. 


Namun, ada baiknya Anda dapat membedakan antara bahan yang baik dan buruk yang umumnya digunakan pada alat makan. Adapun bahan-bahan tempat makan bayi yang bisa Anda pilih, antara lain


  • Polypropylene
  • Silicon
  • Stainless steel


Selain itu, Anda juga perlu memastikan tempat makan bayi tidak memiliki kandungan zat berbahaya. Anda dapat memastikan bahwa tempat makan yang digunakan si kecil tidak memiliki label daur ulang "PC". Plastik dengan label tersebut berbahaya karena memiliki kandungan bisphenol-A atau yang lebih dikenal dengan BPA. Adapun bahan-bahan yang perlu Anda waspadai adalah sebagai berikut


  • Phthalates
  • PVC (Polyvinyl Chloride)

Cek kapasitas yang dapat ditampung

Cek kapasitas yang dapat ditampung

Tiap bayi bisa menyantap jumlah makanan yang berbeda, terutama saat makanan sudah bervariasi. Perkiraan jumlah makanan per porsi adalah sekitar 30 gram pada saat bayi mulai makan. Selanjutnya, jumlahnya menjadi 120 gram pada usia 8 bulan dan sekitar 180 gram saat berusia 10 bulan. Setelah itu, jumlahnya bertambah menjadi sekitar 200 gram pada tahap akhir bayi makan makanan bayi.


Berdasarkan perkiraan ini, tempat makan bayi dengan kapasitas 250 gram atau setara 250 ml sudah mencukupi. Dengan kapasitas yang cukup, Anda bisa menyertakan lauk-pauk dan nasi yang mencukupi porsi makan. Selain itu, beberapa makanan bayi memiliki tekstur yang padat. Jadi, Anda perlu memeriksa kedalaman tempat makannya agar mudah menyendok makanan padat.


Saat bepergian, Anda cukup membawa sekitar 80% dari porsi biasanya saja. Selain itu, jika Anda hendak membawa makanan untuk bekal si kecil di daycare atau tempat penitipan, disarankan untuk membawa porsi yang tidak terlalu banyak. Tujuannya untuk mencegah makanan tumpah atau bersisa.

Pilihlah tempat makan yang antitumpah

Pilihlah tempat makan yang antitumpah

Selain padat atau kental, makanan bayi biasanya berkuah sehingga Anda perlu memastikan produk yang dibeli memiliki fitur antitumpah. Tempat MPASI yang tertutup rapat merupakan poin yang harus Anda perhatikan. Beberapa produk akan memberikan informasi dengan mencantumkan fitur juice leak atau leakproof.


Selain itu, kini telah hadir produk yang dapat menutup dengan sempurna walaupun pembungkus bagian luarnya tidak terpasang. Tumpah atau bocornya kuah makanan pun bisa dihindari dengan tipe ini. Sebelumnya, periksalah label dan ulasan pembeli lainnya agar Anda bisa memilih tempat makan yang tepat.

Cek kemampuan produk mempertahankan suhu panas atau dingin

Cek kemampuan produk mempertahankan suhu panas atau dingin

Tempat makan yang bisa digunakan pada berbagai situasi memang sangat praktis. Jika Anda ingin makanan bayi tetap hangat, periksalah kemampuan wadah menahan suhu panas sesuai dengan yang Anda inginkan sebelum membelinya. Selain itu, perhatikan juga kemampuan produk dalam menjaga suhu dingin.


Lebih baik lagi apabila produk tersebut mampu menahan suhu dingin lebih lama. Jadi, Anda bisa memakainya untuk wadah makanan seperti biasa atau untuk menyimpan makanan di dalam freezer. Selain itu, jika Anda menggunakan diswasher atau mesin pencuci piring di rumah, pastikan produk tersebut aman dicuci menggunakan mesin. Jadi, pekerjaan Anda pun makin mudah.

Pilih tempat makan bayi yang dilengkapi sendok dan garpu

Pilih tempat makan bayi yang dilengkapi sendok dan garpu

Saat bepergian dengan bayi, tentu para ibu membawa banyak sekali barang. Apabila Anda ingin barang bawaan tetap rapi, pilihlah tempat makan bayi yang sudah dilengkapi dengan sendok dan garpu.


Kebanyakan produk yang dijual hanya terdiri dari tempat makan saja tanpa sendok dan garpu. Selain itu, bayi biasanya hanya mau makan dengan menggunakan peralatan makan yang biasa dipakai.


Bayi memang hanya mau makan jika suasana hati mereka bagus. Namun, jika Anda memiliki tempat makan yang sudah satu set dengan alat makan, barang bawaan jadi lebih ringkas dan Anda bisa menyiapkan makanan dengan leluasa.

Temukan produk yang memiliki suction

Temukan produk yang memiliki suction

Kini, terdapat inovasi terbaru dari tempat makanan bayi, yaitu berupa suction. Suction dapat membuat mangkuk MPASI menempel pada meja sehingga Anda bisa menyuapi si kecil dengan nyaman. Dengan tempat makan bayi yang dilengkapi suction, Anda tidak perlu khawatir MPASI tumpah atau berceceran karena tersenggol.

10 Rekomendasi tempat makan terbaik untuk bayi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tempat makan terbaik untuk bayi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 30 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Monee Baby Silicone Bowl menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa BenBen Premium Silicone Baby Suction Bowl memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
BenBen  Premium Silicone Baby Suction Bowl 1

BenBen

2
Sidmool Double Layer Training Bowl 1

Sidmool

3
Lusty Bunny Feeding Set Mangkok Bubur 1

Lusty Bunny

4
Dr. Brown's Travel Fresh Bowl and Snap In Spoon 1

Dr. Brown's

5
Nuby Garden Fresh Suction Bowl 1

Nuby

6
Pigeon  Feeding Dish 1

Pigeon

7
BabySafe Stainless Steel Lunch Box  1

BabySafe

8
Beaba  Isothermal 1

Beaba

9
BBET Snack Storage Bowl Tritan 1

BBET

10
Skip Hop  Easy-Grab Bowls 1

Skip Hop

Nama produk

Premium Silicone Baby Suction Bowl

Double Layer Training Bowl

Feeding Set Mangkok Bubur

Travel Fresh Bowl and Snap In Spoon

Garden Fresh Suction Bowl

Feeding Dish

Stainless Steel Lunch Box

Isothermal

Snack Storage Bowl Tritan

Easy-Grab Bowls

Keunggulan

Bahan lembut, makan tanpa takut terluka

Makanan berat, snack, dan buah dalam satu wadah!

Pilihan tempat makan bayi yang aman dan terjangkau

Berikan dua jenis MPASI dalam satu tempat

Antitumpah, sahabat balita yang aktif!

Dengan dasar bergerigi, dapat lumatkan makanan si kecil

Pastikan kebersihan tempat makan bayi dengan bahan stainless steel antibakteri

Sajikan makanan yang selalu hangat untuk sang buah hati

Berikan pengalaman makan camilan yang menyenangkan

Nyaman menggenggam mangkuk dengan pegangan ergonomis

Harga mulai dariRp 99.000,00Rp 59.800,00Rp 22.800,00Rp 186.000,00Rp 99.000,00Rp 97.700,00Rp 75.000,00Rp 379.000,00Rp 260.000,00Rp 199.000,00
BahanSiliconPlastikPlastikPlastikPlastikPlastikStainless steel, plastikStainless steelPlastikPlastik
Kapasitas 325 mlTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan400 mlTidak disebutkan480 ml300 mlTidak disebutkan 240 ml
UkuranTidak disebutkan18 cm x 5 cm15 cm x 10 cm x 4.5 cm.Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan16,4 cm x 16,5 6 cm x 6,5 cmTidak disebutkanTidak disebutkan 13 cm x 10 cm x 8 cm
Sendok tambahanTidak tersedia TersediaTersediaTersediaTersediaTersediaTidak tersediaTidak tersediaTidak tersediaTidak tersedia
Tautan produk
10
BahanPlastik
Kapasitas240 ml
Ukuran13 cm x 10 cm x 8 cm
Sendok tambahanTidak tersedia
9
BahanPlastik
KapasitasTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan
Sendok tambahanTidak tersedia
8
BahanStainless steel
Kapasitas300 ml
UkuranTidak disebutkan
Sendok tambahanTidak tersedia
7

BabySafeStainless Steel Lunch Box

S011

Mulai dari Rp 75.000,00

BahanStainless steel, plastik
Kapasitas480 ml
Ukuran16,4 cm x 16,5 6 cm x 6,5 cm
Sendok tambahanTidak tersedia
6
BahanPlastik
KapasitasTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan
Sendok tambahanTersedia
5
BahanPlastik
Kapasitas400 ml
UkuranTidak disebutkan
Sendok tambahanTersedia
4

Dr. Brown'sTravel Fresh Bowl and Snap In Spoon

Mulai dari Rp 186.000,00

BahanPlastik
KapasitasTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan
Sendok tambahanTersedia
3
BahanPlastik
KapasitasTidak disebutkan
Ukuran15 cm x 10 cm x 4.5 cm.
Sendok tambahanTersedia
2

SidmoolDouble Layer Training Bowl

Mulai dari Rp 59.800,00

BahanPlastik
KapasitasTidak disebutkan
Ukuran18 cm x 5 cm
Sendok tambahanTersedia
1

BenBen Premium Silicone Baby Suction Bowl

Mulai dari Rp 99.000,00

BahanSilicon
Kapasitas 325 ml
UkuranTidak disebutkan
Sendok tambahanTidak tersedia

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan makan untuk bayi di sini

Selain tempat makan, peralatan makan bayi yang bagus diperlukan untuk menunjang bayi saat proses belajar makan atau minum. Perlengkapan lain, seperti kursi makan, training cup, spoon fork, dan lainnya juga tak kalah penting. Artikel mengenai produk-produk perlengkapan bayi tersebut sudah kami ulas di kesempatan lain. Jika Anda tertarik untuk membacanya lebih lanjut, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kini, Anda sudah mengetahui merek-merek tempat makan bayi terbaik. Anda bisa menyimpan makanan yang dibutuhkan si kecil selama di perjalanan dengan menggunakan tempat makan.


Perlengkapan makan bayi akan terasa dibutuhkan apabila Anda harus bepergian secara mendadak. Anda tinggal bawa makanan menggunakan tempat makan yang sesuai dengan kebutuhan dan selera. Dengan begitu, Anda tidak akan kebingungan lagi apabila sulit menemukan makanan bayi saat bepergian.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.  Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Aveeno, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Krim Bayi / Baby Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Krim Bayi / Baby Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi / baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Artikel ini sudah ditinjau oleh bidan kami, Destry Permata Sari, STr. Keb. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby carrier jenis hipseat makin banyak digemari, khususnya bagi para pasangan yang tidak ingin repot menggendong bayi. Selain praktis, desain hipseat jauh lebih stylish dibanding gendongan bayi tipe kain. Nah, bagaimana cara memilih hipseat yang aman untuk bayi? Dalam artikel ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih gendongan hipseat bayi terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terlaris untuk dijadikan referensi. Merek hipseat yang bagus, seperti Dialogue Baby, Mooimom, dan Baby Safe akan Anda jumpai ulasannya. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Popok bayi sangatlah beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, mungkin membuat banyak ibu kebingungan memilih popok bayi.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu perawatan bayi yang tidak boleh dilewatkan adalah merawat rambut. Namun, merawat rambut bayi tidak cukup dengan keramas teratur saja. Untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambutnya, bayi perlu memakai hair lotion khusus bayi.Ada beberapa merek hair lotion bayi yang bisa Anda pilih, seperti Tropee Bebe, Beauty Barn, atau Zwitsal. Nah, agar mendapatkan hair lotion bayi yang bagus, simaklah rekomendasi dari kami dan tips memilihnya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh perawat kami, Maryami Y. Kosim. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Stroller Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stroller Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Stroller roda tiga belakangan ini menarik perhatian para ibu muda karena memiliki penampilan yang lebih stylish. Selain itu, jenis ini juga tidak pasaran karena orang lebih banyak menggunakan stroller roda empat ketimbang yang beroda tiga. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih stroller roda tiga yang bagus dan tepat. Kami juga akan merekomendasikan merek terbaik yang bisa Anda pilih, antara lain merek Cocolatte atau Baby Jogger. Simak baik-baik dan dapatkan stroller dengan model stylish ini! 
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori