10 Rekomendasi Tas Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tas Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Saat berlari atau joging, biasanya Anda ingin membawa smartphone dan botol minum, kan? Untuk itu Anda memerlukan running pouch atau tas lari yang bisa digunakan untuk membawa benda-benda tersebut. Tas lari sendiri terbagi menjadi beberapa jenis seperti armband yang dipasang di lengan, waist pouch atau tas pinggang, serta tas bahu atau shoulder bag.

Dalam artikel ini kami akan memberikan informasi tentang jenis-jenis tas lari yang bisa Anda dapatkan di toko maupun di online marketplace. Selain itu, kami juga akan memberikan cara memilih running pouch terbaik berdasarkan fitur yang dimilikinya. Jika Anda menggunakan artikel ini sebagai panduan, kami yakin olahraga berlari akan semakin menyenangkan.

Daftar isi

Benda apa yang biasanya ada dalam tas lari?

Benda apa yang biasanya ada dalam tas lari?

Pouch adalah sebuah istilah untuk tas dengan ukuran kecil. Running pouch atau tas lari adalah tas kecil yang biasa dibawa saat joging atau berlari. Berhubung tas ini ukurannya kecil, benda apa saja yang biasa dimasukkan ke dalam tas ini?

Benda pertama yang tidak akan terlewatkan tentu saja ponsel atau smartphone. Selain sebagai sarana komunikasi, banyak orang membawa ponsel saat berlari dengan tujuan mendengarkan musik hingga menggunakan aplikasi penghitung jarak. Di posisi selanjutnya tentu saja botol minum. Untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat berlari, direkomendasikan untuk minum air setiap 20 menit sekali. Jika Anda tidak membawa air minum, ada kemungkinan Anda akan berhenti sejenak untuk membeli air minum.

Sebagai tambahan, saat mengambil rute lari atau joging yang jauh dari rumah, jangan lupa membawa benda-benda penting seperti dompet, tiket commuter line, handuk, baju ganti, hingga deodorant. Siapa tahu benda-benda itu akan diperlukan. Jika Anda sudah mengetahui benda-benda apa saja yang dibutuhkan saat berlari, Anda bisa menentukan ukuran tas lari yang tepat.

Cara memilih tas lari

Setelah Anda tahu barang apa saja yang diperlukan selama berlari, kini saatnya mencari tas yang cocok untuk membawa benda-benda tersebut. Kami akan menjelaskan cara-cara memilih tas lari berdasarkan tipe dan fungsinya.

Memilih tas lari berdasarkan tipenya

Ada beberapa jenis tas lari yang secara umum bisa dikategorikan menjadi tiga bagian, yakni pouch yang terpasang di lengan (armband), tas pinggang (waist pouch), serta tas bahu (luc). Masing-masing tipe memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, pahamilah masing-masing tipe terlebih dulu sebelum memilihnya.

Pilih tas tipe armband untuk lari jarak pendek dan durasi singkat

Pilih tas tipe armband untuk lari jarak pendek dan durasi singkat

Armband merupakan pouch lari yang memiliki ukuran terkecil. Sesuai namanya, armband, pouch ini dipasang di lengan. Tas jenis ini hanya mampu memuat benda-benda kecil seperti ponsel dan pemutar MP3,  tetapi Anda tidak bisa memasukkan botol air ke dalamnya. Biasanya orang-orang akan menggunakan pouch terpisah untuk menyimpan air minum.

Berhubung tas ini menempel erat pada lengan, tas ini tidak mudah tergoncang meski dibawa berlari. Ponsel dan earphone pun tetap aman berada pada tempatnya. Karena tidak bisa digunakan menyimpan benda-benda lain, tas jenis ini hanya cocok digunakan untuk lari jarak pendek, digunakan saat olahraga di gym, atau untuk dikombinasikan dengan tas lari lainnya.

Pilih tas pinggang (waist pouch) untuk model dan kapasitas yang beragam

Tipe tas pinggang (waist pouch) untuk model dan kapasitas yang beragam

Akhir-akhir ini tas pinggang berkualitas tinggi yang didesain khusus untuk para pelari makin populer. Sesuai namanya, waist pouch, tas ini melingkar di pinggang sehingga dikenal dengan nama tas pinggang. Kapasitas tas pinggang beragam, ada yang sangat compact dan hanya bisa dimasuki sebuah smartphone hingga yang berukuran lebih besar di mana bisa untuk menyimpan botol minum dan handuk tipis.

Tas lari tipe ini adalah tas dengan pilihan bentuk dan ukuran yang paling banyak. Tantangan menggunakan tas ini hanyalah satu, Anda akan sedikit ribet saat berlari sambil memakai earphone dengan kabel. Selain itu, pastikan untuk memilih produk yang memiliki fitur waterproof karena tas ini rentan terhadap keringat di sekitar pinggang.

Pilih tas bahu (luc) untuk kapasitas yang besar

Pilih tas bahu (luc) untuk kapasitas yang besar

Tas lari tipe luc yang tersampir di bahu atau punggung adalah tas yang paling mampu memuat banyak barang. Tas bahu yang posisinya diselempangkan secara diagonal biasanya berukuran lebih compact daripada ransel, namun memiliki fungsi yang hampir sama.

Dikarenakan tas jenis ini mampu memuat banyak barang, tas ini sangat membantu kala dipakai untuk lari maraton atau lari di tempat yang jauh dari rumah. Di sisi lain, tas ini akan membuat punggung mudah lelah sehingga Anda harus benar-benar mencari produk yang nyaman di punggung.

Memilih tas lari berdasarkan fungsinya

Tas lari memiliki beragam fungsi. Fitur-fitur berikut ini sebaiknya dipertimbangkan dalam memilih sebuah tas yang akan digunakan saat berlari.

Kapasitas penyimpanan

Kapasitas penyimpanan

Anda harus memilih tas dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sangatlah tidak mungkin untuk memasukkan botol minuman ke dalam pouch jenis armband. Begitu juga saat Anda hanya ingin membawa smartphone, rasanya Anda tidak memerlukan sebuah tas jenis ransel. Pikirkanlah apa saja yang akan Anda bawa saat berlari, baru pilih tas yang ukurannya sesuai.

Kenyamanan dan tidak mudah tergoncang

Kenyamanan dan tidak mudah tergoncang

Orang yang terbiasa menggendong ransel akan paham hal ini. Saat berjalan atau berlari, ransel akan bergerak seirama dengan langkah kaki. Semakin cepat kaki melangkah, goncangan akan terasa semakin kuat.

Tas lari didesain supaya mampu menahan goncangan seminimal mungkin. Namun, yang paling penting adalah tas tersebut pas di tubuh Anda. Tas pinggang dan tas bahu yang khusus diciptakan untuk pelari biasanya memiliki desain melekat erat pada tubuh sehingga goncangan bisa tereduksi. Secara umum, tas lari jenis armband memiliki struktur yang paling tahan goncangan.

Waterproof / tidak mudah lembap

Waterproof / tidak mudah lembap

Saat berlari, bagian tubuh di mana tas berada akan terasa gerah dan jauh lebih berkeringat dibandingkan bagian tubuh yang lain. Untuk alasan inilah sangat diperlukan tas lari yang memiliki fitur tahan air supaya tidak mudah basah karena keringat. Pilihan lainnya adalah tas yang terbuat dari kain mesh sehingga kulit Anda bisa bernapas dengan mudah.

Namun, jika Anda akan berlari di luar ruangan, sebaiknya Anda memilih tas lari yang benar-benar memiliki fitur waterproof. Anda tak akan benar-benar tahu kapan hujan turun, kan? Tak ada salahnya berjaga-jaga.

Fitur-fitur lain yang berguna

Fitur-fitur lain yang berguna

Beberapa tas lari dilengkapi dengan aneka fitur yang berguna. Fitur-fitur tersebut antara lain: kemudahan dalam mengambil botol minum, dilengkapi lubang tempat kabel earphone, dengan cover trasparan sehingga bisa mengoperasikan smartphone tanpa mengeluarkannya dari tas, serta fungsi-fungsi lainnya. Pilihlah tas dengan fungsi yang benar-benar Anda butuhkan dan akan Anda pakai selama berlari.

10 Rekomendasi tas lari terbaik

Setelah mengetahui tips cara memilih tas lari terbaik, kini saatnya Anda menentukan tas seperti apa yang akan dibawa berlari. Di bawah ini kami sudah menyusun 10 rekomendari tas lari terbaik yang bisa Anda beli secara online.

10. Universal Sport Armband Case

10. Universal Sport Armband Case

Lihat produk di Tokopedia

Harga : Rp 18.500

Pouch yang Anda butuhkan saat joging jarak dekat

Saat joging di sekitar rumah, rasanya Anda tak perlu membawa banyak barang selain smartphone. Universal Sport Armband Case ini adalah pilihan yang tepat untuk menemani aktivitas joging Anda. Pouch ini memungkinkan Anda untuk bisa menyimpan smartphone di kantong utama dan kunci rumah pada slot yang tersedia. Karena ukurannya yang kecil, armband ini terasa ringan dan tidak akan membebani lengan Anda saat berlari.

Armband ini memiliki fitur waterproof, sekaligus bisa dicuci saat sudah kotor. Ukuran strap-nya pun bisa diatur dan disesuaikan dengan lingkar lengan Anda. Yang paling mengasyikkan, Anda tetap bisa mengoperasikan ponsel tanpa harus mengeluarkannya dari pouch. Keren, kan?

9. Avantree Multifunction Sport Armband Trackpouch

9. Avantree Multifunction Sport Armband Trackpouch

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 165.000

Armband dengan desain ergonomis dan kaya fitur

Terbuat dari kain neoprene yang lembut dan kuat, armband ini akan melingkar di lengan tanpa menimbulkan rasa lengket dan gatal. Desainnya yang ergonomis membuat lengan Anda tetap nyaman dan tidak merasa terbebani. Armband produksi Avantree ini merupakan pilihan cerdas untuk menyimpan smartphone Anda. Tak hanya itu, armband ini juga memiliki kantong tambahan untuk menyimpan kunci dan benda lain yang sekiranya diperlukan.

Armband ini cocok bagi Anda yang suka mendengarkan musik sambil berlari sebab dilengkapi dengan lubang kabel earphone. Berhubung memiliki cover transparan, Anda bisa membaca pesan atau mengganti playlist lagu tanpa harus mengeluarkan smartphone. Armband yang didesain untuk ponsel berukuran maksimal 6.3 inci ini juga memiliki fitur antiair, antiselip, dan antipasir. Benar-benar kaya fitur, kan?

8. Decathlon Kalenji Running 2-Position Bag

8. Decathlon Kalenji Running 2-Position Bag 

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 155.000

Tas punggung dua posisi yang nyaman di tubuh

Tas ini didesain untuk Anda yang ingin membawa ponsel dan barang kecil lainnya di punggung tapi tidak ingin memakai ransel dengan ukuran besar. Meski hanya memiliki satu selempang di bahu, posisi tas ini tetap stabil saat dipakai berlari sebab di bagian pinggang terdapat tali melingkar yang membentuk segitiga di dada. Beban di pundak Anda pun akan terbagi dengan tali pinggang.

Tas yang dilengkapi dengan lubang kabel earphone ini akan memudahkan Anda saat mendengarkan musik sambil berlari. Kompartemen di dalamnya menyerupai kompartemen dompet sehingga bisa digunakan untuk menyimpan ponsel, pemutar musik, atau uang untuk membeli snack saat selesai berlari. Kekurangan tas ini adalah bagian kantongnya tidak tahan air.

7. GO BELT with Two Expandable Pockets

7. GO BELT with Two Expandable Pockets

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 49.000

Tas elastis dengan 2 kantong yang bisa menyimpan banyak barang

Ada beberapa pekerjaan yang memaksa orang harus tetap menerima telepon, membalas chat klien, atau menjawab keluhan pelanggan meski mereka sedang libur atau sedang berolahraga. Jika Anda adalah salah satu dari mereka, maka waist bag ini bisa dijadikan teman berlari. Dengan fitur dua kantong terpisah, Anda bisa menyimpan dua ponsel; satu ponsel pribadi dan satu ponsel kantor.

Saat tidak digunakan untuk membawa ponsel, bentuk waist bag ini akan menyerupai ikat pinggang yang slim dan fit to body. Selain untuk membawa ponsel, Go Belt juga bisa untuk menyimpan dompet, pemutar musik, permen, hingga botol lotion berukuran kecil. Tas yang bisa dicuci saat kotor ini bisa digunakan oleh orang dengan ukuran lingkar pinggang 24 – 50 inci atau sekitar 50 – 127 cm.

6. Salzmann Reflective Running Waist Bag

6. Salzmann Reflective Running Waist Bag

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 99.000

Kawan berlari di malam hari

Tak hanya di waktu pagi, kini banyak juga orang yang memilih untuk lari di malam hari. Supaya keberadaan Anda bisa terdeteksi dengan mudah, sebaiknya Anda memakai waist bag produksi Zalsmann yang terbuat dari bahan reflektif. Saat ada seberkas sinar, tas ini akan memantulkan cahaya. Berlari di malam hari pun menjadi lebih aman karena kendaraan yang melintas bisa melihat Anda.

Bentuk tas ini sangat compact, nyaris menyerupai ikat pinggang. Di bagian tengah terdapat kantong yang bisa memuat benda-benda penting yang biasa dibawa saat berlari. Terbuat dari material premium dengan sabuk yang mampu disesuaikan ukurannya, waist bag ini dijamin awet.

5. Waterproof Waist Bag

5. Waterproof Waist Bag

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 54.000

Kontrol penuh navigasi ponsel Anda dengan kantong touch screen!

Waterproof Waist Bag ini dilengkapi dengan kantong transparan di depan yang bisa digunakan menyimpan smartphone. Tentu saja ini akan memudahkan Anda dalam mengontrol navigasi ponsel. Ditambah dengan keberadaan lubang kabel earphone, Anda bisa menerima telepon atau mengganti playlist lagu saat sedang berlari. Cocok untuk Anda yang gemar mendengarkan musik.

Di bagian belakang tas terdapat kantong tersembunyi, Anda bisa menyimpan barang penting lainnya dengan aman. Tas ini memiliki tali pinggang yang kuat dan elastis. Panjangnya bisa disesuaikan lingkar pinggang. Sebagai informasi tambahan, tas ini tersedia dalam beragam pilihan warna, lho!

4. Aonijie Arm Pack E845

4. Aonijie Arm Pack E845

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 140.000

Arm bag multifungsi yang mampu menyimpan dompet

Jika Anda adalah sosok yang gemar melakukan berbagai jenis olahraga, arm bag ini sebaiknya wajib Anda miliki. Tak hanya bisa dipasang di lengan kala berlari, Anda bisa menjadikan tas mungil ini sebagai sling bang, memasangnya di ikat pinggang, atau mengaitkannya di ransel besar Anda. Hal ini dikarenakan tas keluaran Aeonijie ini dilengkapi dengan selempang dan carabiner mungil yang bisa dibongkar pasang.

Saat sedang bertualang, tas yang tahan air ini bisa difungsikan sebagai tempat penyimpan dompet atau peralatan P3K. Tas yang terbuat dari bahan nilon ini cocok untuk ponsel dengan ukuran maksimal 5.5 inci. Jangan lupa, arm bag ini juga memiliki fitur lubang kabel earphone, lho!

3. Aeonijie Running Kettle Pocket Waist Bag

3. Aeonijie Running Kettle Pocket Waist Bag

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 220.000

Dilengkapi 2 botol minum yang menjaga Anda dari dehidrasi

Anda suka berlari jarak jauh namun malas membawa backpack? Waist bag keluaran AEONIJIE ini bisa Anda jadikan pilihan. Dilengkapi 2 botol air minum kapasitas 170 ml yang terletak di sebelah kanan dan kiri, Anda dijamin tidak akan dehidrasi. Bahkan, Anda bisa mengisinya dengan dua jenis minuman berbeda seperti air mineral dan isotonik, atau minuman penambah energi.

Kantong utama tas ini bisa menyimpan smartphone berukuran maksimal 6 inci dan benda-benda kecil lainnya. Terbuat dari material nilon dan poliester, tas ini mampu menahan air. Tali pada tas ini bisa diatur ukurannya, sesuai dengan lingkar pinggang pemakai.

2. Decathlon Kalenji Running Trail Bag Small

2. Decathlon Kalenji Running Trail Bag Small

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 480.000

Dilengkapi lubang selang yang memungkinkan Anda minum tanpa harus membuka tas

Mengambil botol di dalam tas, memasukkannya, lantas memasangnya lagi di punggung sepertinya hal yang sederhana. Namun, bagi pelari maraton atau pelari gunung yang dikejar waktu, hal itu bisa merepotkan. Sebagai solusi, Decathlon mengeluarkan tas punggung yang dilengkapi dengan lubang sebagai tempat sedotan atau selang air minum. Kini, Anda pun bisa minum dengan mudah tanpa harus mencopot tas.

Selain kantong besar di bagian belakang, di bagian depan terdapat beberapa kantong kecil yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang yang diperlukan selama berlari. Bahkan, jika Anda merasa minuman yang ada di kantong belakang kurang banyak, Anda bisa membawa botol air dan memasukkannya di kantong depan. Untuk Anda yang ingin membawa banyak barang dan tidak ingin kesulitan saat mengakses minum, tas ini adalah pilihan yang tepat.

1. Aonijie Air Wind Tracker Cross Country Backpack

1. Aonijie Air Wind Tracker Cross Country Backpack

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 450.000

Mampu menyimpan barang dalam jumlah banyak, cocok untuk trail running

Para penggemar trail running tidak hanya membutuhkan tas lari yang nyaman dipakai, tapi juga mampu membawa banyak barang. Tas keluaran AONIJIE menjawab semua kebutuhan tersebut. Tas berbobot ringan ini memiliki banyak kompartemen di bagian depan untuk menyimpan kartu-kartu penting, ponsel, botol minum, kunci, obat-obatan pribadi, hingga jas hujan yang tipis.

Bagian belakang tas bisa digunakan untuk menyimpan kantong air hingga 1,5 liter. Keuntungan dari menyimpan kantong air di belakang adalah punggung tetap terasa sejuk saat sedang berlari di cuaca terik. Tas ini terbuat dari bahan yang berpori lebar sehingga kulit tetap bisa bernapas. Oya, harga sudah termasuk 1 pcs bladder Aonijie 1L dan peluit, lho!

Kesimpulan

Tas lari tidak hanya berguna untuk membawa barang-barang yang diperlukan, tapi juga membantu Anda untuk tampil penuh gaya. Masing-masing produk memiliki keunggulannya masing-masing. Pilihlah yang benar-benar sesuai untuk Anda.

Semoga 10 rekomendasi tas lari terbaik ini bisa membantu Anda menemukan tas yang sesuai untuk menemani aktivitas lari Anda. Jika sudah menemukan tas yang pas, langsung saja dibeli dan mulailah berlari. Karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Selamat berlari!