1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Running
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tas Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tas Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tas Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tas Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tas Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tas Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tas Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Mulai dari jogging santai hingga maraton, banyak pelari yang menggunakan tas lari. Tas khusus untuk lari sangat berguna untuk membawa peralatan pendukung Anda saat lari, misalnya obat-obatan dan handphone. Karena itu, kami akan membedah jenis-jenis tas lari dan merekomendasikan sepuluh tas lari yang bagus untuk Anda.

Ada tas lari berjenis running backpack, hydration vest, arm band, dan tas pinggang yang bisa Anda pilih. Tas lari dari merek terbaik, seperti Consina, EIGER, Decathlon, dan Aonijie pun akan kami rekomendasikan. Yuk, simak informasinya!

Diperbaharui 06-21-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Mengapa perlu membawa tas lari saat berlari?

Mengapa perlu membawa tas lari saat berlari?
Sumber: aonijie.com
Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan olahraga lari sangat beragam. Untuk jogging diperlukan 10–30 menit, maraton sekitar 4 jam, sedangkan trail run umumnya lebih dari 4 jam. Karena durasinya berbeda, perlengkapan yang harus dibawa pun tentunya berbeda. Itu sebabnya Anda memerlukan tas lari dengan tipe yang tepat.

Dengan tas ini, Anda bisa menyimpan barang esensial yang diperlukan selama berlari. Mulai dari protein bar, obat P3K, handuk kecil, dompet, hingga botol minum, semua bisa Anda bawa sesuai keperluan. Kami akan membahas hal ini dengan lebih detail di subbab selanjutnya agar Anda lebih mudah memilih.

Cara memilih tas lari

Anda sudah mengetahui alasan perlunya membawa tas lari saat berlari. Kini, saatnya kami akan menjelaskan cara-cara memilih tas lari berdasarkan tipe dan karakteristiknya.

① Pilihlah tas lari berdasarkan tipe agar lebih tepat guna

Ada beberapa jenis tas lari yang secara umum bisa dikategorikan menjadi empat tipe. Setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang perlu Anda ketahui. Simak penjelasannya berikut ini.

Tas pinggang dan crossbody bag: Untuk lari jarak pendek dan waktu yang singkat

Tas pinggang dan crossbody bag: Untuk lari jarak pendek dan waktu yang singkat
Tas pinggang dan crossbody bag adalah pilihan paling praktis untuk dibawa jogging atau jalan-jalan santai di sekitar kompleks. Anda bisa membawa handphone, uang, botol minum di bawah 300 ml, dan handuk kecil. Idealnya, kedua tas ini cocok untuk lari jarak dekat atau di bawah 30 menit. Namun, jika Anda perlu membawa minum lebih banyak, tipe ini kurang cocok.

Kemudian, jika Anda memilih tas pinggang, pastikan ukurannya bisa disesuaikan dengan pinggang Anda sehingga tidak melorot ketika lari. Sekarang sudah banyak tas pinggang yang didesain khusus untuk lari, misalnya dari Aonijie atau EIGER. Begitu juga dengan crossbody bag.

Hydration vest: Tidak mudah berguncang karena ukurannya fit di badan

Hydration vest: Tidak mudah berguncang karena ukurannya fit di badan
Sumber: aonijie.com

Hydration vest adalah tas punggung dengan bentuk menyerupai vest sehingga lebih fit di badan. Ukuran yang fit di badan membuatnya tidak banyak bergerak saat Anda berlari. Selain itu, tas jenis ini berbobot ringan dan dilengkapi tempat menyimpan botol minum di bagian samping atau belakang. 


Hydration vest sering dipakai saat trail running atau maraton. Tergantung produsennya, terkadang hydration vest juga dilengkapi dengan kantong-kantong kecil untuk menyimpan barang berharga. Saat memilih hydration vest, pastikan Anda memahami kenyamanan bahan serta ukurannya tidak longgar.

Running backpack: Untuk menampung lebih banyak barang

Running backpack: Untuk menampung lebih banyak barang
Running backpack terlihat mirip dengan hydration vest, tetapi sebenarnya berbeda. Perbedaan yang paling menonjol terletak pada ukurannya. Running backpack berukuran lebih besar sehingga bisa digunakan untuk membawa lebih banyak barang. Barang-barang, seperti kamera, emergency blanket, atau baju ganti pun bisa Anda bawa menggunakan tas ini. 

Oleh karena itu, running backpack umumnya digunakan untuk lari jarak jauh dalam waktu yang lama. Anda bisa memakainya ketika trail run, cross country, dan olahraga endurance lainnya. Saat membeli running backpack, pastikan bahannya nyaman di punggung, kapasitasnya sesuai kebutuhan Anda, dan jahitannya kuat agar awet.

Tas lengan: Dilengkapi mika transparan, lebih leluasa menyentuh layar HP

Dibandingkan tipe lainnya, tas lengan atau juga disebut arm band ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Umumnya, ukuran dari arm band cukup untuk meletakkan handphone ataupun pemutar musik. Meskipun begitu, ada juga produk yang dilengkapi dengan kantong-kantong kecil lainnya untuk meletakkan kunci ataupun vitamin. 


Selain memiliki lubang earphone, tas ini didesain dengan model transparan yang memudahkan Anda menyentuh layar handphone. Tas tipe ini cocok dipakai untuk lari jarak dekat, dipakai di gym, ataupun dipadukan dengan tas lari tipe lainnya.

② Sesuaikan kapasitas tas lari dengan tujuan Anda

Sesuaikan kapasitas tas lari dengan tujuan Anda
Sumber: aonijie.com

Agar tepat guna, Anda perlu memilih tas lari yang kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan. Nah, kebutuhan ini berkaitan erat dengan durasi Anda berlari. Kami akan memberikan gambarannya untuk Anda.


  • Untuk lari di bawah 1 jam, gunakanlah tas pinggang atau running backpack berkapasitas 2 liter

  • Untuk lari selama 1–2 jam, hydration vest atau running backpack berkapasitas 2–6 liter bisa jadi pilihan tepat

  • Untuk lomba ultra running, sebaiknya bawa running backpack berkapasitas 10–15 liter.

Gambaran di atas tentunya tidak bisa disamaratakan untuk semua orang. Jadi, silakan sesuaikan lagi dengan kebutuhan Anda masing-masing, ya.

③ Pastikan bahannya breathable dan ringan

Pastikan bahannya breathable dan ringan

Kenyamanan adalah faktor utama yang perlu Anda perhatikan saat memilih tas lari, entah itu tipe tas pinggang atau backpack. Umumnya, tas lari dikenakan selama lebih dari 30 menit. Namun, jika bahannya tidak nyaman, hal ini akan mengganggu performa lari Anda.


Jadi, pilihlah tas lari dengan bahan yang ringan (sekitar 300 g), memiliki sirkulasi udara baik, dan cepat kering. Usahakan bahannya tidak menyerap air karena akan membuat bobotnya bertambah berat. Sebisa mungkin, gunakan tas lari yang terbuat dari poliester, nylon, dan mesh sehingga memiliki breathability yang baik.

④ Periksa kelebihan lain yang ditawarkan

Periksa kelebihan lain yang ditawarkan
Setiap merek tas lari tentunya memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Dengan mengetahui kelebihan yang ditawarkan, tentu Anda pun dapat menggunakannya secara maksimal. Berikut ini beberapa kelebihan yang cukup umum ditemukan pada produk tas lari.

  • Dilengkapi dengan botol minum

Botol minum merupakan salah satu barang penting saat Anda berlari, terutama yang jaraknya jauh. Saat ini beberapa produsen menawarkan tas lari yang sudah sepaket dengan botol minumnya. Jadi, Anda bisa lebih hemat karena tidak perlu membeli botol minum atau water bladder lagi.


  • Extra pocket

Kantong yang banyak tentu akan memberikan Anda lebih banyak ruang untuk membawa barang. Posisi kantong yang strategis pun akan membuat gerakan Anda lebih efisien. Cukup banyak tas lari di pasaran yang menyediakan kantong khusus untuk handphone, botol minum, dan water bladder. Alhasil, barang bawaan Anda pun akan terorganisasi dengan baik.


  • Adjustable strap

Tas yang tidak pas di pinggang atau di bahu pastinya akan membuat tidak nyaman ketika dipakai untuk berlari. Untuk itu, produk dengan adjustable strap disarankan agar Anda bisa mengatur kekencangannya sesuai dengan bentuk atau ukuran tubuh.


  • Earphone hole

Jika Anda ingin menikmati aktivitas lari santai atau jogging dengan mendengarkan musik, produk dengan lubang earphone cocok dipilih. Ukuran lubang tersebut disesuaikan dengan besar kabel earphone pada umumnya. Adanya lubang earphone membuat kabel tidak mudah terlilit sehingga aktivitas lari pun tidak terganggu.


  • Reflector

Untuk Anda yang sering berlari santai saat subuh atau malam hari, pilihlah tas lari yang dilengkapi dengan reflector. Detail reflector tersebut akan menyala dalam gelap sehingga akan memberi tanda keberadaan Anda kepada pengendara yang sedang melaju.


  • Tahan air

Cuaca memang tidak bisa ditebak. Ada kondisi ketika Anda tidak mungkin berhenti lari meskipun sedang hujan, misalnya saat lomba. Agar barang bawaan tidak basah, pilihlah tas lari yang memiliki kelebihan water-resistant atau waterproof. Jadi, Anda bisa lebih tenang karena barang-barang di dalamnya tidak akan rusak terkena air.

10 Rekomendasi tas lari terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tas lari terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Heylook

Running Waist Bag

Heylook Running Waist Bag 1枚目

Tawarkan delapan pilihan warna yang kece

2

Freeknight

Tas Pinggang Jogging

Freeknight Tas Pinggang Jogging  1枚目

Tampilannya trendi, harganya ramah di kantong!

3

ID RUN

Regan - Waistbag Pria Wanita

ID RUN Regan - Waistbag Pria Wanita 1枚目

Tas lari pria dan wanita yang cocok dipakai hang out!

4

Decathlon

Kalenji Smartphone Armband Big

Decathlon Kalenji Smartphone Armband Big 1枚目

Tas lengan untuk lari, muat untuk HP 6 inci

5

EIGER

Pacer Belt Running 1F Waist Bag

EIGER Pacer Belt Running 1F Waist Bag 1枚目

Bobotnya ringan, desainnya pun praktis!

6

Decathlon

Kalenji 2-Position Running Bag

Decathlon Kalenji 2-Position Running Bag 1枚目

Beban lebih terdistribusi di pundak dan dada

7

Reuma

Hydrationpack Eufrath Series

Reuma Hydrationpack Eufrath Series 1枚目

Multifungsi! Tas untuk lari dan bersepeda

8

Aonijie

Waist Bag

Aonijie  Waist Bag  1枚目

Dilengkapi dua botol minum berukuran 170 ml untuk jogging

9

Consina

Running Vest

Consina Running Vest 1枚目

Pas di badan, serasa tak memakai tas!

10

Aonijie

Foldable Backpack Vest

Aonijie  Foldable Backpack Vest  1枚目

Tas untuk marathon yang bisa dilipat!

Perincian produk
Close
No.1

HeylookRunning Waist Bag

Mulai dari Rp62.500,00

Tawarkan delapan pilihan warna yang kece

Anda yang sedang mencari tas lari dengan banyak pilihan warna tak boleh melewatkan produk yang satu ini. Heylook menawarkan delapan pilihan warna menarik, seperti black, pink, navy, blue, dan grey.


Ada pilihan warna yang girly dan ada warna yang netral. Tinggal disesuaikan saja dengan warna favorit Anda, ya. Kapasitasnya juga cukup luas sehingga Anda bisa meletakkan kartu, dompet, handphone, kacamata, dan energy bar sekaligus.

No.2

FreeknightTas Pinggang Jogging TPL01

Mulai dari Rp50.000,00

Tampilannya trendi, harganya ramah di kantong!

Pilihlah tas lari keluaran Freeknight ini jika Anda mencari produk dengan harga yang ramah di kantong. Meskipun harga tas pinggang ini terjangkau, desain dan detail yang ditawarkan tak kalah dengan produk-produk lainnya. 


Produk ini tahan terhadap air, memiliki lubang earphone, bahkan sweatproof, lho. Anda tak akan rugi jika membelinya, deh. Mau dijadikan sebagai hadiah untuk orang terkasih yang hobi jogging juga cocok, kok.

No.3

ID RUNRegan - Waistbag Pria Wanita

Mulai dari Rp140.000,00

Tas lari pria dan wanita yang cocok dipakai hang out!

Apabila Anda ingin mempunyai tas lari yang juga cocok dijadikan sebagai tas untuk hang out, ID RUN punya jawabannya. Tas pinggang ini didesain dengan balutan warna navy dan sentuhan warna oranye. Tampilan dan desain yang netral ini membuatnya cocok dipakai oleh pria atau wanita. 


Logo di bagian depannya juga akan memberikan kesan eksklusif karena dapat menyala dalam gelap! Selain itu, produk ini memiliki cukup banyak kantong sehingga barang bawaan Anda akan tertata dengan rapi.

No.4

DecathlonKalenji Smartphone Armband Big

Mulai dari Rp170.000,00

Tas lengan untuk lari, muat untuk HP 6 inci

Selain tas pinggang dan backpack, ada satu tipe tas lari yang tak kalah banyak digemari, yakni arm band. Tipe ini sangat cocok untuk Anda yang mencari kepraktisan. Tas ini juga mudah dipakai, bisa dikencangkan sesuai keinginan, dan tidak mengganggu pergerakan kaki.


Produk ini muat untuk menyimpan handphone berukuran 16 cm x 8 cm atau setara dengan 6 inci. Karena dilengkapi dengan lubang earphone, Anda pun bisa menikmati musik sambil jogging atau racewalking pada pagi hari. Anda bisa memilihnya jika ingin lari tanpa membawa banyak barang.

No.5

EIGERPacer Belt Running 1F Waist Bag

Mulai dari Rp209.000,00

Bobotnya ringan, desainnya pun praktis!

Tas keluaran merek lokal EIGER ini memiliki desain yang praktis, yakni dilengkapi dua kompartemen di belakang dan depan. Anda bisa menyimpan barang-barang penting, seperti gadget, makanan, dan vitamin.


Pilihan warnanya ada dua, yakni merah dan biru. Bahannya pun reflektif terhadap cahaya. Ditambah lagi, bobotnya cukup ringan, yakni hanya 200 gram. Produk ini cocok untuk pelari trail run pemula yang ingin mencoba tas lari berkualitas dari produk lokal.

No.6

DecathlonKalenji 2-Position Running Bag

Mulai dari Rp140.000,00

Beban lebih terdistribusi di pundak dan dada

Tas keluaran Decathlon ini bukan tas pinggang, bukan pula ransel, melainkan tas selempang. Bentuknya yang unik ini cocok untuk Anda yang tidak suka membawa ransel besar. 

Tas lari ini memiliki tali di bagian bahu dan dada sehingga lebih stabil dan bebannya terdistribusi dengan baik. Selain itu, produk ini memiliki kompartemen transparan yang digunakan khusus untuk menyimpan HP. Jadi, Anda bisa mendengarkan lagu sambil berlari sehingga tidak bosan. 

No.7

ReumaHydrationpack Eufrath SeriesR2042

Mulai dari Rp225.000,00

Multifungsi! Tas untuk lari dan bersepeda

Anda gemar melakukan olahraga running sekaligus bersepeda? Kalau begitu, produk dari Reuma ini wajib menjadi tas pilihan Anda saat melakukan kedua hobi tersebut. Tidak hanya memiliki kantong water bladder, tas ini juga dilengkapi dengan kantong helm beserta cover jaringnya. 


Dengan demikian, helm sepeda Anda akan lebih aman dibawa menggunakan tas ini. Produk ini juga memiliki tali di bagian dada dan sabuk untuk pinggang. Kedua detail tersebut membuat tas tidak mudah bergoyang saat Anda bersepeda di jalan yang tidak rata.

No.8

Dilengkapi dua botol minum berukuran 170 ml untuk jogging

Kekurangan tas pinggang untuk lari adalah tiadanya tempat untuk menyimpan botol minum. Namun, produk yang satu ini berbeda! Aonijie Waist Bag dilengkapi dua botol air minum kapasitas 170 ml yang terletak di sebelah kanan dan kiri. Anda bisa membawa dua jenis minuman, misalnya larutan isotonik dan air.

Tali tasnya pun dapat diatur sesuai dengan lingkar pinggang sehingga pas di tubuh Anda. Botol minum jadi tidak mudah berguncang-guncang saat lari, deh! Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang mudah haus saat jogging
No.9

Pas di badan, serasa tak memakai tas!

Consina adalah produsen perlengkapan outdoor yang berasal dari dalam negeri. Produk-produknya sudah teruji dan kualitasnya tak kalah dengan produk dari luar negeri. Selain bisa dikencangkan dengan cepat, ukuran tas ini juga pas di badan. Rasanya seperti tidak memakai tas!


Nah, jika Anda merasa kerepotan saat memakai arm band atau tas pinggang, pilih saja produk ini! Anda penyuka warna yang mencolok pun bisa memilihnya karena variasi warna yang tersedia cukup standout.

No.10

Aonijie Foldable Backpack Vest H951

Mulai dari Rp285.000,00

Tas untuk marathon yang bisa dilipat!

Seperti namanya, Foldable Backpack Vest keluaran Aonijie ini dapat dilipat menjadi kecil. Tak perlu khawatir akan memakan tempat karena ukurannya hanya segenggaman tangan setelah dilipat. Anda yang ingin memiliki tas lari yang mudah dibawa dan disimpan, produk ini tentu cocok dipilih.


Kemudian, karena sangat ringan dan didesain dengan mesh shoulder straps, produk ini pun sangat nyaman dipakai untuk maraton. Pundak Anda juga tak akan cepat pegal berkat roll top closure-nya. Siap berlari maraton lebih kencang saat mengenakannya?

Baca juga rekomendasi perlengkapan pendukung olahraga lainnya di sini

Olahraga lari dan berbagai olahraga lainnya pasti akan makin nyaman dilakukan apabila ditunjang dengan perlengkapan pendukung yang tepat. Dapatkan informasi menarik mengenai perlengkapan pendukung olahraga favorit Anda di bawah ini. Anda dapat menemukan earphone, sunglasses, dan sport wristband terbaik. Selamat membaca!

Kesimpulan

Tas lari sangat berguna untuk meningkatkan performa lari Anda, terutama lari jarak jauh. Adanya tas lari membuat Anda bisa membawa barang-barang penting, seperti makanan, air, HP, bahkan obat.

Semoga rekomendasi dari kami bisa membantu Anda menemukan tas yang sesuai untuk menemani aktivitas lari. Jika sudah menentukan pilihan, jangan ragu untuk langsung membelinya, ya. Ingatlah pepatah yang mengatakan bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Selamat berlari!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer