10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2018)

Ada banyak merek AC terkenal seperti Sharp, Daikin, Polytron, Panasonic, LG, dan sebagainya yang dijual di pasaran dengan harga 2-3 jutaan. Akan tetapi, penjelasan spesifikasi yang sulit dimengerti seperti jumlah COP (Coefficient of Performance) atau EER (Energy Efficiency Ratio) membuat memilih AC menjadi tidak mudah.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih AC dan memberikan rekomendasi produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Tidak lupa kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan di rumah. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda menemukan AC yang sempurna untuk ruangan Anda!

Daftar isi

Cara memilih AC (pendingin ruangan) seharga 2-3 jutaan

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih AC seharga 2-3 juta. Silakan temukan AC yang tepat untuk Anda dengan memperhatikan poin-poin di bawah ini.

Pilih berdasarkan PK-nya

Pilih berdasarkan PK-nya

Di Indonesia, kemampuan mendinginkan AC diukur dengan satuan yang disebut PK (Paard Kracht). Semakin tinggi PK-nya, semakin baik pula kemampuan mendinginkannya. Akan tetapi, bila Anda memilih AC dengan PK yang tidak sesuai luas ruangan, Anda justru akan dirugikan. Hal tersebut disebabkan kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan akan menjadi kurang optimal sehingga biaya listrik pun menjadi lebih mahal.

Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk menggunakan AC berukuran 1 PK di ruang tamu. Hal tersebut disebabkan aliran udara atau suhu di ruang tamu mudah berubah sebagai akibat banyaknya orang yang keluar masuk. Sementara itu, untuk penggunaan di kamar tidur Anda bisa menggunakan AC berukuran ½ PK saja.

Pilih stopkontak yang sesuai

Pilih stopkontak yang sesuai

Bentuk stopkontak yang umum di Indonesia dibagi menjadi dua jenis, yakni stopkontak dua lubang dan stopkontak tiga lubang. Stopkontak yang cocok untuk AC sendiri merupakan jenis stopkontak tiga lubang. Maka dari itu, saat hendak membeli AC, Anda harus memastikan sudah terdapat stopkontak yang tepat di lokasi pemasangan AC tersebut. Bila belum ada, Anda bisa memasangnya terlebih dahulu dengan bantuan petugas perusahaan listrik setempat.

Pilih berdasarkan kemampuan AC dalam menghemat energi

Salah satu poin penting yang harus Anda periksa ketika membeli AC adalah adanya fitur penghemat listrik. Tenang saja, fitur ini pun bisa Anda dapatkan di AC seharga 2-3 jutaan. Simak penjelasannya berikut ini.

Sesuaikan kemampuan penghemat energinya dengan biaya yang akan dikeluarkan

Sesuaikan kemampuan penghemat energinya dengan biaya yang akan dikeluarkan

Ketika Anda memeriksa fitur penghemat energi pada AC, hal pertama yang perlu Anda lihat adalah seberapa optimal kemampuannya dalam menghemat penggunaan listrik. Hal tersebut ditunjukkan dengan jumlah bintang yang dimiliki AC. Bintang tersebut adalah indikator standar minimum yang harus dipenuhi agar AC bisa dijual di suatu negara, dalam hal ini khususnya Indonesia. Bintang 1 menunjukkan bahwa produk AC tersebut tidak mampu memenuhi standar minimum sampai 100% sehingga tidak dijual. Karena itu, produk yang dapat dijual adalah produk dengan bintang 2 hingga bintang 5. Semakin tinggi bintangnya, semakin hemat energi pula AC tersebut.

Meski begitu, bukan berarti kemampuan menghemat energi tersebut meningkat secara merata per level bintang. Saat ini, performa dan konsumsi listrik AC bintang 2 dengan bintang 3 tidak jauh berbeda. Sementara itu, AC dengan bintang 4 ke atas memiliki performa yang jauh meningkat sekaligus hemat listrik, tetapi cenderung memiliki harga cukup mahal. Untuk AC bintang 5, harganya lebih mahal lagi dan tidak dijual di rentang harga 2-3 jutaan.

Jika Anda mementingkan biaya operasional AC, pilihlah produk dengan bintang 3 ke atas, tetapi jika dana Anda terbatas, Anda bisa memilih AC bintang 2.

Semakin hemat energi bila AC memiliki EER mulai dari 10,41 BTU/h

Semakin hemat energi bila AC memiliki EER mulai dari 10,41 BTU/h

COP adalah nilai perbandingan antara kapasitas pendinginan atau pemanasan per 1 kW listrik. Semakin tinggi nilai COP, semakin tinggi pula efisiensi energinya. Namun, COP hanyalah perhitungan secara teoritis, bukan hasil pengukuran aktual. Karena itu, dikembangkanlah perhitungan APF (Annual Performance Factor) yang dapat menghitung perbandingan efisiensi penggunaan energi pada AC.

Di Jepang sendiri, sebuah AC dikatakan hemat energi bila memiliki nilai minimal APF 5,8. Semakin tinggi nilai APF-nya, semakin baik juga kemampuan AC untuk menghemat energi. Meski demikian, di Indonesia masih jarang menggunakan perhitungan APF seperti ini. Namun, Anda bisa melihat kemampuan penghemat energinya dari rasio EER AC tersebut. Dikatakan bahwa EER mulai dari 10,41 BTU/h sudah termasuk hemat energi dan dikategorikan sebagai produk dengan bintang 4.

Pilih AC yang tidak memiliki fitur auto clean

Pilih AC yang tidak memiliki fitur auto clean

Akhir-akhir ini, sudah banyak AC yang memiliki fitur auto clean. Namun, sebenarnya fitur ini tidak dapat membersihkan keseluruhan AC sehingga Anda tetap perlu membersihkan sendiri berbagai komponen lainnya. Tidak hanya itu, AC yang memiliki fitur ini memiliki struktur lebih rumit dan sulit untuk dibongkar, bahkan oleh seorang ahli reparasi AC. Harganya pun lebih mahal dibandingkan dengan AC yang tidak memiliki fitur tersebut.

Karena itu, bila Anda berencana meminta teknisi AC untuk membersihkan AC Anda secara rutin, Anda bisa memilih produk yang tidak dilengkapi fitur auto clean. Toh, dengan memilih produk tanpa fitur tersebut Anda juga akan hemat biaya lebih banyak, bukan?

Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya instalasi AC

Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya instalasi AC

Ketika Anda akan membeli AC, perhitungkan juga biaya tambahan untuk memasang AC atau membongkar AC lama Anda. Adapun harga pasaran untuk bongkar pasang AC yaitu sekitar Rp 350.000–500.000. Lalu, bila Anda tidak mempunyai stopkontak khusus AC, jangan lupa untuk menghitung biaya tambahan pemasangan stopkontak juga, ya!

Biaya bongkar pasang AC ditambah harga AC, biaya yang Anda keluarkan kemungkinan lebih dari 2-3 jutaan. Akan tetapi, setiap toko memiliki harga bongkar pasang AC yang berbeda-beda sehingga akan lebih baik jika Anda bertanya dulu ke penjualnya langsung.

10 Rekomendasi AC (pendingin ruangan) terbaik seharga 2-3 jutaan

Sekarang, kami akan memberikan daftar rekomendasi AC seharga 2-3 jutaan yang dapat Anda gunakan di ruang tamu dan ruang-ruang lainnya. Temukanlah AC yang sesuai dengan bujet anda!

10. Daikin Lite FTV15BXV14

10. Daikin Lite FTV15BXV14

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.000.000

Sangat hemat listrik, lho!

Untuk Anda yang ingin mengeluarkan biaya listrik seminim mungkin, AC ½ PK ini wajib dimasukkan dalam daftar belanja Anda. Dengan daya listrik hanya 380 watt saja, produk keluaran Daikin ini memungkinkan Anda untuk bisa menikmati udara dingin di dalam ruangan tanpa perlu mengeluarkan banyak dana untuk membayar listrik.

Apalagi, dengan daya listrik serendah itu produk ini tetap bisa mendinginkan ruangan Anda dengan cepat ketika Anda mengaktifkan power mode-nya. Tidak hanya itu, produk ini juga sudah dilengkapi dengan filter SARATNET sehingga mampu menyingkirkan debu dan membuat udara di dalam ruangan Anda menjadi semakin bersih.

9. Sharp Turbo Cool Series AH-A9UCY

9. Sharp Turbo Cool Series AH-A9UCY

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.625.000

Cegah kerusakan bertambah parah dengan self diagnosis dan X-Fan

AC ini memiliki fitur self diagnosis yang memungkinkan Anda untuk mengetahui kejanggalan pada AC 1 PK ini dan segera memperbaikinya sebelum bertambah parah. Lalu, rasio EER pada produk AC berdaya listrik 750 watt ini adalah 12 BTU/h sehingga Anda bisa merasa tenang karena AC ini sudah termasuk hemat energi.

Apalagi, fitur X-Fan-nya berfungsi untuk mengeluarkan sisa air dalam saluran udara saat AC ini Anda matikan sehingga risiko timbulnya kerusakan semakin berkurang. Bila Anda tak ingin mengeluarkan banyak dana untuk melakukan perbaikan besar-besaran pada AC atau membeli AC baru, produk ini layak dipertimbangkan.

8. Aqua AQA-KC105AG6

8. Aqua AQA-KC105AG6

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.200.000

Filter vitamin C dan antioksidannya bikin Anda makin awet muda!

Dilengkapi dengan fitur I Feel Function, sensor pada AC ½ PK ini mampu menghasilkan udara dingin sesuai kondisi dan temperatur ruangan Anda. Selain itu, konsumsi listriknya saat Anda nyalakan pun cukup ideal, 547 watt saja. Anda juga akan semakin tenang menggunakannya dengan garansi kompresor selama 5 tahun.

Selain itu, AC ini juga semakin fungsional karena dilengkapi dengan filter vitamin C dan filter antioksidan yang tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga membantu menjaga agar Anda tetap awet muda. Untuk Anda yang ingin menikmati udara sejuk di dalam ruangan sambil meremajakan tubuh, produk ini adalah pilihan tepat.

7. Coocaa VELA Series SMFC07A-1AA1NA

7. Coocaa VELA Series SMFC07A-1AA1NA

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.550.000

Sejuk hingga ke sudut ruangan dengan sudut swing 120°

Bila Anda membutuhkan AC yang mampu mendinginkan bahkan hingga ke sudut ruangan Anda, produk ini wajib dimasukkan dalam daftar belanja. AC ¾ PK ini memiliki sudut kemiringan mencapai 120° sehingga udara dinginnya dapat dengan mudah Anda arahkan ke sudut ruangan atau area lainnya dalam ruangan Anda.

Selain itu, AC dengan daya listrik sebesar 720 watt ini pun hanya menghasilkan suara sebesar 21 dB sehingga sangat hening saat dinyalakan dan cocok Anda gunakan di kamar tidur atau ruang belajar anak Anda. Lalu, adanya fitur self diagnosis juga memungkinkan Anda untuk memperbaiki AC ini sebelum kerusakannya bertambah parah.

6. Sanken ESA-09D/L

6. Sanken ESA-09D/L

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.700.000

Cross Flow Fannya hasikan udara dingin lebih banyak

Adanya filter vitamin C membuat AC ini dapat membantu menjaga kebugaran tubuh sekaligus baik untuk kulit Anda. Selain itu, AC 1 PK berbintang 4 ini juga sudah memiliki Blue Fin Evaporator yang berfungsi untuk mempercepat proses pendinginan tanpa membuat biaya listrik Anda menjadi membengkak.

Lalu, produk ini juga dilengkapi  dengan Low Noise Cross Flow Fan yang tidak hanya hening, tetapi juga berukuran besar dan mampu menghembuskan udara dingin lebih banyak. Sangat cocok untuk Anda yang mencari AC mumpuni untuk mengalirkan udara dingin dengan kencang tanpa menimbulkan suara mengganggu.

5. Akari AC-0568GLWi

5. Akari AC-0568GLWi

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.790.000

Performa optimal, konsumsi listrik sangat minimal!

Menggunakan freon R410, AC ini menjadi semakin ramah lingkungan dan aman untuk Anda gunakan. Lalu, dengan PK sebesar ½ AC ini pun sangat cocok Anda tempatkan di ruang tidur. Apalagi, ketika Anda nyalakan AC bintang 4 ini juga mampu menghasilkan udara dingin yang bersih karena sudah dilengkapi Healthy Nano Silver Filter.

Produk ini mampu mendinginkan ruangan dengan cepat melalui fitur turbo cooling-nya dan hanya membutuhkan daya listrik sebesar 409 watt saja untuk bisa Anda gunakan, sangat rendah! Bila Anda mencari AC dengan performa bintang 4 yang sangat hemat listrik, tidak perlu ragu untuk membeli produk ini.

4. Aux ASW-09A4/FOR1

4. Aux ASW-09A4/FOR1

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.690.000

Fitur Double Mute-nya bikin Anda tidur makin nyenyak

AC bintang 4 dengan rasio EER mencapai 13 BTU/h ini menjanjikan efisiensi energi listrik yang maksimal untuk penggunaan di rumah Anda. Selain itu, untuk ukuran AC 1 PK daya listriknya pun cukup rendah, hanya 680 watt saja. Adanya fitur auto restart dan deep sleep juga membuat produk ini menjadi semakin fungsional untuk Anda gunakan.

Tidak hanya itu, ketika Anda mengaktifkan fitur Double Mute-nya pendingin udara ini akan menjadi semakin hening. Dengan begitu, Anda dapat tidur dengan nyenyak sambil tetap menyalakan AC. Bila Anda tidak ingin saat-saat tidur berkualitas Anda terganggu karena suara AC, tentu produk ini wajib Anda pertimbangkan.

3. Panasonic Single Split CS/CU-YN7SKJ

3. Panasonic Single Split CS/CU-YN7SKJ

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.885.000

Sangat kuat dan tahan lama dengan material Eco Tough

Bila Anda membutuhkan AC yang sangat awet dan durable, produk ini wajib Anda miliki. Dirancang secara khusus menggunakan material terbaik Eco Tough, AC keluaran Panasonic ini menjadi tidak mudah rusak dan sangat tahan karat bahkan ketika Anda tempatkan di lingkungan yang tidak bersahabat sekalipun.

Tidak hanya itu, saat dinyalakan AC ¾ PK ini juga hanya menghasilkan suara sebesar 29-35 dB sehingga tidak akan membuat istirahat Anda terganggu. Lalu, AC berbintang 4 ini juga menggunakan freon R32 sehingga tidak akan menghasilkan CFC (chlorofluorocarbon) dan HCFC (hydrochlorofluorocarbon) yang dapat merusak ozon.

2. Polytron Neuva Ice Series PAC09VXM

2. Polytron Neuva Ice Series PAC09VXM

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.575.000

Ampuh memurnikan udara dari berbagai partikulat berbahaya

Dirancang secara khusus, AC ini diklaim mampu mendinginkan dengan sangat cepat. Meski begitu, AC 1 PK ini hanya menghasilkan suara <30 dB sehingga tidak akan membuat Anda kebisingan. Selain itu, AC berbintang 4 ini juga dilengkapi filter khusus menyaring debu dan carbon filter untuk menghilangkan bau tak sedap di ruangan Anda.

AC ini juga memiliki filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) sehingga mampu membersihkan udara di dalam ruangan Anda dari berbagai bakteri, kuman, virus, dan partikulat berbahaya lainnya. Bila Anda butuh AC yang mampu mendinginkan sekaligus memurnikan udara agar Anda semakin sehat, produk ini adalah solusi terbaik.

1. LG Split Air Conditioner T10EMV

1. LG Split Air Conditioner T10EMV

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.888.000

Atur daya listriknya sesuai kebutuhan Anda!

AC bintang 4 ini sudah dilengkapi dengan inverter sehingga butuh daya listrik sebesar 920 watt saat Anda nyalakan. Meski begitu, produk ini sudah dilengkapi fitur multiwatt option dengan 4 opsi daya agar Anda bisa mengatur daya listriknya sesuai kebutuhan. Untuk Anda yang ingin mengontrol biaya listrik, produk inilah jawabannya.

Apalagi, produk ini tetap mampu mendinginkan ruangan Anda 30% lebih cepat dengan adanya fitur Jet Cool. Selain itu, Anda juga tidak akan merasa kebisingan karena AC 1 PK ini hanya mengeluarkan suara 18 dB saja. Tenang saja, produk ini juga tidak mudah berkarat karena sudah dilengkapi dengan lapisan antikarat berwarna emas.

Tips membersihkan AC yang bau

Tips membersihkan AC yang bau

Ketika AC Anda sudah mulai mengeluarkan aroma tidak sedap, akan lebih baik jika Anda segera membersihkannya. Anda bisa saja menggunakan semprotan pembersih AC untuk membersihkannya, tetapi Anda tetap perlu melepas dan membersihkan berbagai komponen yang ada agar semakin bersih.

Lepaskan bagian AC yang bisa dilepas dengan mengikuti instruksi buku petunjuk, kemudian bersihkan debu yang menempel dengan vacuum cleaner. Jika masih ada bagian yang kotor, Anda bisa membersihkannya menggunakan campuran deterjen dan air. Setelah itu, Anda bisa mengeringkan dan memasangnya kembali. Pastikan Anda memasang komponen tersebut dalam keadaan kering agar jamur tidak dapat bertumbuh, ya!

Kesimpulan

Anda bisa menggunakan AC yang harganya 2-3 jutaan untuk mendinginkan ruangan Anda. Ketika hendak membeli AC, pastikan untuk mengecek PK, daya listrik yang dibutuhkan, serta keberadaan fitur penghemat energi. Tidak perlu terfokus dengan fitur auto clean karena fitur tersebut tidaklah krusial. Lalu, Anda juga bisa memperhitungkan biaya instalasi agar perkiraan biaya yang Anda buat tidak melenceng.