• 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2022)

Ada banyak merek AC yang bagus, seperti SHARP, LG, dan Panasonic. Produk-produk tersebut tentunya memiliki spesifikasi yang beragam. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari 2 jutaan hingga 3 jutaan. AC seperti apa yang tepat untuk Anda?


Agar tidak bingung, kami akan menjelaskan hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli AC. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan referensi. Jika sedang mencari AC untuk rumah Anda, silakan baca artikel ini. Selamat menemukan AC yang cocok!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih AC (pendingin ruangan) seharga 2-3 jutaan

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih AC dengan harga dua hingga tiga jutaan. Simak dengan saksama tips berikut ini agar Anda bisa menemukan AC yang tepat, ya!

Sesuaikan besaran PK pada AC dengan luas ruangan Anda

Sesuaikan besaran PK pada AC dengan luas ruangan Anda
Sebelum membeli AC, ketahuilah terlebih dahulu besaran ruangan Anda untuk mendapatkan AC dengan ukuran PK yang tepat. Paard Kracht (PK) adalah besaran tenaga pada AC untuk mendinginkan ruangan. Makin tinggi angka PK-nya, makin baik pula kemampuan AC mendinginkan ruangan

Namun, apabila Anda memilih AC dengan PK yang tidak sesuai luas ruangan, Anda justru akan rugi. Hal ini karena kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan jadi kurang optimal sehingga biaya listrik pun menjadi mahal. Sebagai gambaran, simak informasi dari kami berikut ini.


  • Untuk ruang tamu, Anda dapat menggunakan AC berukuran 1 PK. Hal tersebut disebabkan aliran udara di ruang tamu mudah berubah akibat banyaknya orang yang keluar masuk.

  • Untuk penggunaan di kamar tidur, Anda bisa menggunakan AC berukuran 1/2 PK saja. Alasannya karena rata-rata tidak banyak orang yang masuk ke kamar tidur sehingga aliran udara lebih stabil.

Produk AC seharga 23 jutaan yang ada di pasaran saat ini didominasi oleh AC berukuran 1/2 PK. Akan tetapi, jika kebutuhan Anda adalah AC 1 PK, silakan disesuaikan kembali dengan bujet karena harganya yang lebih tinggi.

Periksa kebutuhan daya AC di tiap-tiap ruangan

Periksa kebutuhan daya AC di tiap-tiap ruangan

Anda juga perlu memastikan kebutuhan daya pada AC yang biasanya tercantum pada tabel spesifikasinya. Satuan daya dilambangkan dengan kW yang menunjukkan keluaran daya maksimum pada AC saat dioperasikan. Makin besar angkanya, makin tinggi juga kapasitas pendinginannya. Namun, Anda juga perlu menyesuaikan jenis AC dengan luas ruangan yang akan dipasang AC. 


Jika Anda memasang AC dengan daya yang terlalu besar, tentu biaya listrik yang dikeluarkan akan besar juga. Selain itu, proses pendinginan AC pada ruangan tersebut akan menjadi kurang efisien. Berikut ini kami akan memberikan informasi penting yang dapat Anda jadikan sebagai acuan.


  • Untuk ruang tamu atau ruang keluarga, AC dengan daya 2,8 kW atau lebih sudah cukup. Sebagai informasi, saat memasang AC di ruang tamu, aliran udara cenderung berubah, tergantung mobilitas penghuninya.

  • Jika Anda hendak memasang AC di kamar tidur, Anda bisa menggunakan AC dengan daya lebih kecil. Sebagai contoh, AC dengan kapasitas pendinginan 2,5 kW.

Perhatikan tingkat kebisingannya

Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan tingkat kebisingan dari AC yang akan dipilih. Tentu saja, makin senyap suara yang dihasilkan oleh AC, tidur Anda pun makin berkualitas.


Pada umumnya, tingkat kebisingan AC diukur dengan satuan desibel (dB). Rata-rata, tingkat kebisingan AC di dalam ruangan pada pengaturan kipas terendah berkisar antara 20–30 dB. Kemudian, pada kecepatan tertinggi, kipas mempunyai tingkat kebisingan antara 40–50 dB.


Sementara itu, tingkat kebisingan di area outdoor umumnya sekitar 45–65 dB. Sayangnya, tidak banyak produk yang memberikan informasi terkait dengan angka tingkat kebisingan ini.

Sesuaikan besar tegangan antara stopkontak dan AC

Sesuaikan besar tegangan antara stopkontak dan AC

Pada umumnya, AC memiliki bentuk steker khusus. Di Indonesia sendiri, jenis steker yang digunakan pada AC adalah steker tiga lubang. Selain itu, tegangan listrik AC juga bervariasi, tergantung pada bentuk stopkontaknya. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa jenis stopkontak dan kapasitas tegangan yang ada di rumah Anda.

Pilih AC dengan fitur hemat energi

Salah satu poin penting yang harus Anda periksa ketika membeli AC adalah adanya fitur penghemat listrik. Tenang saja, fitur ini pun bisa Anda dapatkan di AC seharga dua hingga tiga jutaan. Simak penjelasannya berikut ini.

Rating hemat energi, makin banyak bintangnya, makin hemat energi

Rating hemat energi, makin banyak bintangnya, makin hemat energi
Ketika Anda memeriksa fitur penghemat energi, perhatikan seberapa optimal kemampuan menghemat listriknya. Hal tersebut ditunjukkan dengan jumlah bintang yang dimiliki AC. Bintang tersebut adalah indikator standar minimal yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai syarat AC dapat dijual

Rating AC bintang satu hingga bintang empat menjadi indikator bahwa AC tersebut ramah energi atau tidak. Makin tinggi bintangnya, makin hemat juga energi yang digunakan oleh AC tersebut. Selain itu, makin banyak bintangnya, harga AC juga biasanya makin tinggi. 


Sekarang ini, sudah banyak AC dengan rentang harga 2–3 jutaan yang masuk klasifikasi bintang empat. AC dengan bintang empat memiliki tingkat pencapaian standar penghematan energi hingga 114% atau lebih tinggi. Jadi, harap perhatikan poin ini juga, ya.

Nilai EER, menunjukkan jumlah energi yang dapat dihemat oleh AC

Nilai EER, menunjukkan jumlah energi yang dapat dihemat oleh AC
Coefficient of performance (COP) adalah indikator efisiensi sebuah AC dalam menghemat energi. Makin tinggi nilai COP, makin tinggi juga efisiensi energinya. Namun, di Indonesia masih jarang digunakan perhitungan COP. Karena itu, Anda bisa melihat kemampuan penghemat energinya dari nilai energy efficiency ratio (EER). Biasanya, besaran EER dihitung menggunakan satuan Btu/Wh.

Angka EER merupakan perbandingan antara kapasitas pendinginan dalam satuan Btu/h dan konsumsi daya dalam satuan watt (W). Makin tinggi nilai EER-nya, kemampuan AC menghemat energi juga makin baik. AC dengan angka EER mulai dari 10,41 sudah termasuk hemat energi dan dikategorikan sebagai produk dengan bintang empat.

Pertimbangkan untuk memilih AC tanpa fitur autoclean

Pertimbangkan untuk memilih AC tanpa fitur autoclean
Akhir-akhir ini, sudah banyak AC yang memiliki fitur autoclean. Namun, sebenarnya fitur ini hanya melakukan pembersihan sederhana, tidak secara menyeluruh. Ada komponen lainnya yang tidak bisa dijangkau oleh fitur ini sehingga tetap perlu dibersihkan secara berkala. 

Tidak hanya itu, AC dengan fitur autoclean memiliki struktur yang lebih rumit dan sulit untuk dibongkar. Harganya pun lebih tinggi daripada AC yang tidak memiliki fitur tersebut. Apabila Anda biasa menggunakan jasa cleaning AC, membeli AC tanpa fitur autoclean adalah pilihan tepat. Dengan begitu, Anda dapat membeli AC dengan harga yang lebih terjangkau.

Perhitungkan biaya pemasangan dan pembongkaran AC

Perhitungkan biaya pemasangan dan pembongkaran AC
Ketika Anda membeli AC, perhitungkan juga biaya tambahan untuk membongkar AC lama serta memasang AC baru Anda. Tarif untuk bongkar pasang AC di Indonesia adalah sekitar Rp350.000–Rp500.000. Lalu, apabila Anda tidak mempunyai stopkontak khusus AC, jangan lupa untuk menghitung biaya tambahan pemasangan stopkontak.

Jika Anda membeli AC baru yang termasuk biaya pemasangan, Anda perlu mengeluarkan anggaran lebih dari 2–3 jutaan. Akan tetapi, setiap toko memiliki harga bongkar pasang AC yang berbeda-beda. Sebaiknya, Anda bertanya terlebih dahulu kepada staf toko agar mendapat informasi yang lebih jelas.

10 Rekomendasi AC (pendingin ruangan) terbaik seharga 2-3 jutaan

Di bawah ini, kami akan merekomendasikan sepuluh produk AC (pendingin ruangan) terbaik seharga 2–3 jutaan terbaik. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
Hisense AC Split 1

Hisense

2
Changhong CSC-05RDX3 1

Changhong

3
LG DUALCOOL with Watt Control-Eco 1

LG

4
Panasonic Standard Non Inverter 1

Panasonic

5
Polytron AC Deluxe 2 1

Polytron

6
Polytron Neuva Pro 1

Polytron

7
Toshiba AC Fixed Speed 1

Toshiba

8
SHARP AH-A5UCY 1

SHARP

9
AKARI AC - 0,5 - 1 PK  1

AKARI

10
Sanken ESA-05D/L 1

Sanken

Nama produk

AC Split

CSC-05RDX3

DUALCOOL with Watt Control-Eco

Standard Non Inverter

AC Deluxe 2

Neuva Pro

AC Fixed Speed

AH-A5UCY

AC - 0,5 - 1 PK

ESA-05D/L

Keunggulan

Bekerja menjadi lebih fokus dengan AC yang tidak berisik

Nyaman tidur saat malam hari karena fitur mode sleep

Lebih praktis dengan fitur watt control!

AC mini low watt dengan fitur turbo

Adanya leakage detector yang mampu mendeteksi kebocoran

Sekring antiturun! Tidak perlu cemas listrik padam

Proses instalasi yang mudah berkat 2 ways draining connection

Dilengkapi R32 Freon yang ramah lingkungan

Dingin lebih merata dengan lima arah embusan angin

Hadirkan udara bersih dengan antioksidan yang menangkal radikal bebas!

Harga mulai dariRp 2.849.000,00Rp 3.299.000,00Rp 5.313.000,00Rp 2.725.000,00Rp 2.949.000,00Rp 3.090.000,00Rp 3.549.000,00Rp 2.848.000,00Rp 2.599.000,00Rp 2.699.000,00
Rating hemat energiBintang empatTidak disebutkanBintang empatBintang empatBintang empatBintang empatBintang empatBintang empatBintang empatBintang empat
EERTidak disebutkanTidak disebutkan12,82 Btu/Wh13,80 Btu/Wh13,54 Btu/Wh12,25 Btu/WhTidak disebutkan13,33 Btu/WhTidak disebutkan11,60 Btu/Wh
Konsumsi daya393 watt330 watt495 (150–560) watt350 watt390 Watt450 watt340 watt350 watt360 watt480 watt
Tegangan165–264 V220 V / 50 Hz220 V–240 VTidak disebutkanUp to 180 V150 V–240 V / 50 Hz 220 V / 5Hz220 V / 50 Hz220 V / 50 Hz220 V / 50 Hz
Dimensi indoor790 mm x 255 mm x 203 mm800 mm x 330 mm x 265 mm 756 mm x 256 mm x 184 mm 715 mm x 285 mm x 194 mm 790 mm x 260 mm x 200 mm 880 mm x 272 mm x 207 mm 715 mm x 285 mm x 194 mm 698 mm x 250 mm x 185 mm764 mm x 325 mm x 257 mm715 mm x 285 mm x 194 mm
Dimensi outdoor660 mm x 482 mm x 240 mm785 mm x 600 mm x 340 mm720 mm x 500 mm x 230 mm 681 mm x 434 mm x 285 mm 660 mm x 480 mm x 240 mm 660 mm x 482 mm x 240 mm681 mm x 434 mm x 285 mm 720 mm x 428 mm x 310 mm700 mm x 545mm x 300 mm 681 mm x 434 mm x 285 mm
Tautan produk
10
Rating hemat energiBintang empat
EER11,60 Btu/Wh
Konsumsi daya480 watt
Tegangan220 V / 50 Hz
Dimensi indoor715 mm x 285 mm x 194 mm
Dimensi outdoor681 mm x 434 mm x 285 mm
9
Rating hemat energiBintang empat
EERTidak disebutkan
Konsumsi daya360 watt
Tegangan220 V / 50 Hz
Dimensi indoor764 mm x 325 mm x 257 mm
Dimensi outdoor700 mm x 545mm x 300 mm
8
Rating hemat energiBintang empat
EER13,33 Btu/Wh
Konsumsi daya350 watt
Tegangan220 V / 50 Hz
Dimensi indoor698 mm x 250 mm x 185 mm
Dimensi outdoor720 mm x 428 mm x 310 mm
7

ToshibaAC Fixed Speed

RAS-05J2KG-ID

Mulai dari Rp 3.549.000,00

Rating hemat energiBintang empat
EERTidak disebutkan
Konsumsi daya340 watt
Tegangan220 V / 5Hz
Dimensi indoor715 mm x 285 mm x 194 mm
Dimensi outdoor681 mm x 434 mm x 285 mm
6
Rating hemat energiBintang empat
EER12,25 Btu/Wh
Konsumsi daya450 watt
Tegangan150 V–240 V / 50 Hz
Dimensi indoor880 mm x 272 mm x 207 mm
Dimensi outdoor660 mm x 482 mm x 240 mm
5
Rating hemat energiBintang empat
EER13,54 Btu/Wh
Konsumsi daya390 Watt
TeganganUp to 180 V
Dimensi indoor790 mm x 260 mm x 200 mm
Dimensi outdoor660 mm x 480 mm x 240 mm
4

PanasonicStandard Non Inverter

CS/CU-ZN5WKP

Mulai dari Rp 2.725.000,00

Rating hemat energiBintang empat
EER13,80 Btu/Wh
Konsumsi daya350 watt
TeganganTidak disebutkan
Dimensi indoor715 mm x 285 mm x 194 mm
Dimensi outdoor681 mm x 434 mm x 285 mm
3

LGDUALCOOL with Watt Control-Eco

T06EV4

Mulai dari Rp 5.313.000,00

Rating hemat energiBintang empat
EER12,82 Btu/Wh
Konsumsi daya495 (150–560) watt
Tegangan220 V–240 V
Dimensi indoor756 mm x 256 mm x 184 mm
Dimensi outdoor720 mm x 500 mm x 230 mm
2
Rating hemat energiTidak disebutkan
EERTidak disebutkan
Konsumsi daya330 watt
Tegangan220 V / 50 Hz
Dimensi indoor800 mm x 330 mm x 265 mm
Dimensi outdoor785 mm x 600 mm x 340 mm
1
Rating hemat energiBintang empat
EERTidak disebutkan
Konsumsi daya393 watt
Tegangan165–264 V
Dimensi indoor790 mm x 255 mm x 203 mm
Dimensi outdoor660 mm x 482 mm x 240 mm

Tips membersihkan AC yang mengeluarkan bau tidak sedap

Tips membersihkan AC yang mengeluarkan bau tidak sedap
Ketika AC mulai mengeluarkan aroma tidak sedap, akan lebih baik jika Anda segera membersihkannya. Anda bisa saja menggunakan semprotan pembersih AC untuk membersihkannya. Namun, Anda tetap perlu melepas dan membersihkan berbagai komponen yang ada agar makin bersih. Simak langkah-langkah berikut ini agar Anda makin mantap membersihkan AC pilihan.

  • Pertama, lepaskan bagian AC yang bisa dilepas sesuai instruksi buku petunjuk.

  • Kemudian, bersihkan debu yang menempel dengan vacuum cleaner. 

  • Jika masih ada bagian yang kotor, Anda bisa membersihkannya menggunakan campuran detergen dan air

  • Setelah itu, Anda bisa mengeringkan dan memasangnya kembali

  • Pastikan Anda memasang komponen tersebut dalam keadaan kering agar tidak tumbuh jamur, ya!

Baca juga rekomendasi barang elektronik rumah tangga lainnya di sini

Jika ruangan sudah dingin, akan lebih nyaman lagi jika ruangan tersebut juga harum dan bersih. Anda dapat memasang dehumidifier, air purifier, atau aroma diffuser di ruangan Anda. Mari temukan produk terbaiknya di artikel berikut ini!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan AC yang cocok dengan kebutuhan? Ada banyak produk dengan berbagai spesifikasi dan harga yang bervariasi tersedia di pasaran. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda, ya.

Ketika akan membeli AC, pastikan untuk mengecek besaran PK, daya listrik yang dibutuhkan, serta keberadaan fitur penghemat energi. Lalu, Anda juga bisa memperhitungkan biaya instalasi agar total biaya tidak melebihi bujet Anda. Semoga ulasan ini membantu Anda. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, air purifier menjadi pembersih udara ruangan yang sering dicari di pasaran. Jenis yang dicari pun beragam. Ada air purifier kecil untuk mobil dan ada air purifier besar untuk diletakkan di ruangan. Ada pula produk air purifier yang dilengkapi berbagai fitur, salah satunya filter HEPA.Anda akan menemukan banyak merek air purifier terbaik yang bagus, seperti Samsung, Xiaomi, hingga Phillips. Ada pula merek lain, seperti Daikin, Panasonic, Sharp yang khas karakteristiknya. Kami telah mengulas semuanya itu di sini untuk Anda. Selamat membaca!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kipas Angin Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kipas angin dinding sering dipasang di ruangan kelas, kamar tidur, atau warung makan. Seperti namanya, kipas ini dipasang di dinding sehingga ideal untuk ruangan kecil. Selain hemat tempat, daya tarik kipas ini adalah harganya yang terjangkau. Kipas ini identik dengan tali yang menjulur ke bawah untuk menyalakannya. Namun, kini ada kipas dinding tipe remote juga, lho.Kali ini, kami akan mengulas keunggulan, tips memilih, hingga rekomendasi kipas angin dinding terbaik. Merek kipas ternama yang bagus, seperti Cosmos, Panasonic, Maspion, Miyako, dan Sanex juga ada dalam rekomendasi kami. Yuk, simak pembahasannya!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Air cooler adalah penyejuk ruangan yang fleksibel dan bisa melembapkan udara. Dibandingkan dengan AC, air cooler lebih ramah lingkungan. Udara yang dihasilkan air cooler juga lebih sejuk daripada kipas angin. Karena digemari masyarakat, merek seperti SHARP, Midea, dan Krisbow berlomba-lomba menawarkan air cooler yang bagus.Dengan banyaknya air cooler di pasaran, Anda mungkin jadi bingung dalam memilih. Tenang saja. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih air cooler. Review produk air cooler terbaik juga akan kami ulas setelahnya. Simak pembahasannya dan temukan air cooler terbaik untuk menyejukkan kamar Anda!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tinggal di negara tropis membuat Anda harus bersahabat dengan cuaca panas sepanjang hari. AC tentu bisa menyejukkan rumah Anda, tetapi bagaimana jika listrik rumah Anda terbatas? Kipas angin adalah alternatif yang bisa Anda coba.Harga yang terjangkau dan hemat listrik menjadi kelebihan dari kipas angin. Anda bisa memilih merek lokal yang bagus, seperti Cosmos, Maspion, Miyako, atau bahkan merek luar negeri. Kini, kami akan membantu Anda memilih kipas angin terbaik. Baca sampai habis dan temukan rekomendasi produk terbaik dari kami!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kipas Angin Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kipas angin portabel sangat berguna saat berada di kantor maupun di luar ruangan ketika cuaca panas. Ada banyak kipas mini portabel dengan keunikan masing-masing, mulai dari yang bisa dicas menggunakan USB, suaranya tenang, hingga mengeluarkan mist. Lantas, produk seperti apa yang Anda perlukan?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kipas angin portabel dan merekomendasikan produk-produk populer, seperti kipas merek ROBOT, Krisbow, MINISO, dan lainnya. Kami juga akan mengulas kipas angin mini dengan suara tenang dan dapat digunakan di mana saja. Baca artikel ini hingga tuntas, ya!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Alat Pelembap Udara / Humidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Alat Pelembap Udara / Humidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Humidifier merupakan alat yang berfungsi untuk menjaga kelembapan udara pada musim kemarau yang kering. Selain untuk melembapkan ruangan, humidifier juga berguna untuk menjaga kelembapan kulit. Humidifier memiliki berbagai bentuk dan fitur sehingga mungkin menyulitkan Anda dalam memilih produk yang tepat.Kali ini, kami akan membagikan tips cara memilih humidifier terbaik. Kami juga merekomendasikan beberapa merek, seperti SHARP, Baseus, hingga Xiaomi lengkap dengan kelebihan dan harganya. Mari temukan humidifier yang bagus dan nyaman untuk menjaga kelembapan ruangan, serta sesuai dengan gaya hidup Anda.
    Penyejuk & pembersih udara
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori