mybest
Serum

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Terbaik [Ditinjau oleh Dokter Estetik]
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter Estetik] 1
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter Estetik] 2
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter Estetik] 3
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter Estetik] 4
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter Estetik] 5

10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Terbaik [Ditinjau oleh Dokter Estetik]

Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat, seperti flek hitam dan kulit kemerahan, mungkin masih menghantui Anda. Daripada menggunakan makeup tebal, Anda bisa mengoptimalkan perawatannya dengan serum penghilang bekas jerawat. Ternyata, selain brigthening agent, Anda perlu memerhatikan ada tidaknya soothing agent atau pelembap di dalam serum agar tak mengiritasi.


Nah, bahan aktif apa saja yang perlu ada pada serum? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak cara memilih serum penghilang jerawat yang kami susun bersama dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami, M.Biomed (AAM) di artikel ini. Jangan lupa juga untuk mengecek rekomendasi serum penghilang bekas jerawat terbaik, seperti dari merek Garnier, SKINTIFIC, dan Scarlett Whitening.

Diperbaharui 05/09/2023
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Pakar
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami, M.Biomed (AAM) adalah dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha, yang mempunyai ketertarikan di bidang estetik dan kecantikan. Dokter Mutia juga telah menyelesaikan pendidikan magister jurusan Anti Aging & Aesthetic Medicine, Universitas Udhayana dan sampai saat ini telah bekerja di klinik kecantikan sejak 2018.

Profil dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Lanjut membaca
Grace Mulyani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Grace Mulyani

Grace Mulyani adalah lulusan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya yang melanjutkan kembali studinya dalam bidang yang sama di Institut Teknologi Bandung. Semasa menjalani studi lanjut, Grace yang juga adalah content creator di Lemon8 menemukan passion-nya dalam dunia menulis dan menjadi writer di mybest Indonesia. Melalui pekerjaan ini, Grace telah banyak meriset dan berhubungan dengan pakar untuk berbagai topik terkait kesehatan, elektronik rumah tangga, perawatan tubuh, makanan, serta tren fashion terkini.

Profil Grace Mulyani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah serum bisa menghilangkan bekas jerawat?

Apakah serum bisa menghilangkan bekas jerawat?

Bekas jerawat menjadi salah satu permasalahan bagi pemilik kulit berjerawat. Bekas jerawat sebetulnya wajar saja karena merupakan respons kulit terhadap iritasi atau peradangan. Ada dua jenis bekas jerawat, yaitu berdasarkan warna dan tekstur kulit.


  • Bekas jerawat berdasarkan warna

Berdasarkan warna, bekas jerawat dibagi lagi menjadi dua, yaitu PIE (post-inflammatory erythema) dan PIH (post-inflammatory hyperpigmentation). PIE adalah bekas jerawat yang cenderung kemerahan atau keunguan akibat pembesaran pembuluh darah saat terjadi peradangan. PIH adalah bekas jerawat hiperpigmentasi atau kehitaman karena produksi melanin yang menumpuk saat peradangan.


  • Bekas jerawat berdasarkan tekstur

Bekas jerawat berupa tekstur kulit yang tidak merata biasanya disebut acne scar, bopeng, atau atrophic scar. Umumnya, scars ditimbulkan akibat tindakan mengeluarkan isi jerawat secara paksa. Saat kulit berjerawat, kolagen diproduksi secara besar-besaran untuk menekan peradangan. Kolagen tersebut berusaha memperbaiki kulit dengan membentuk jaringan parut yang melebarkan pori-pori.


Serum adalah produk skincare yang memiliki kandungan bahan aktif yang tinggi. Karena itu, pemakaian serum bisa membantu menghilangkan bekas jerawat, tetapi hanya bekas jerawat PIE dan PIH. Anda bisa menggunakan serum yang mengandung brightening agent untuk mencerahkan kulit. Anda juga bisa melakukan eksfoliasi secara rutin guna mengangkat sel kulit mati untuk mengurangi tampilan bekas jerawat.
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Bekas jerawat bisa dihilangkan. Langkah paling tepat adalah segera tangani jika Anda memiliki bekas jerawat. Makin cepat Anda melakukan perawatan bekas jerawat, makin cepat pula hilangnya. Jika bekas jerawat baru ditangani, misal di atas 4 bulan, Anda akan kesulitan mengatasinya.


Untuk bekas jerawat jenis atrophic scar sebenarnya agak sulit dihilangkan bila hanya menggunakan skincare. Jika Anda memiliki bekas jerawat seperti ini, tambahkan treatment klinik di samping penggunaan skincare. Pemilik bekas jerawat PIE dan PIH juga disarankan menambahkan treatment klinik. Hal ini dibutuhkan apabila memiliki jenis kulit yang mudah timbul bekas jerawat atau yang daya sembuhnya tergolong lama.

Cara memilih serum wajah untuk menghilangkan bekas jerawat

Nah, sebelum memberikan rekomendasi serum terbaik untuk mengatasi bekas jerawat, simak dahulu poin berikut ini. Bersama dengan dr. Mutia, kami sudah menyusun cara memilihnya di bawah ini. Pastikan Anda tahu kandungan aktif yang penting sebelum memutuskan memilih produknya. 

1

Pertama, pastikan serum mengandung bahan pencerah, seperti kojic acid, alpha arbutin, atau vitamin C agar dapat menyamarkan bekas jerawat sekaligus meratakan warna kulit

Pertama, pastikan serum mengandung bahan pencerah, seperti kojic acid, alpha arbutin, atau vitamin C agar dapat menyamarkan bekas jerawat sekaligus meratakan warna kulit
Bahan pencerah dalam serum umumnya bekerja dengan menghambat pembentukan enzim tyrosinase yang memproduksi melanin (pigmen gelap). Enzim tersebut adalah enzim yang biasanya membuat bekas jerawat menghitam. Karena itu, serum dengan bahan pencerah bisa dipilih untuk menghilangkan bekas jerawat.

Serum dengan bahan aktif pencerah biasanya juga lebih nyaman digunakan sehari-hari karena dapat menyamarkan bekas jerawat tanpa mengikis kulit. Produk seperti ini biasanya dikenal dengan brightening serum. Tak heran serum dengan kandungan bahan aktif pencerah lebih jarang memberikan reaksi iritasi seperti tingling sensation (cekit-cekit) di wajah. Beberapa kandungan brightening agent yang bisa dipilih:

  • Kojic acid dengan kadar maksimal 2%
  • Niacinamide dengan kadar maksimal 5%-10%
  • Alpha arbutin dengan kadar 3-4%
  • Vitamin C dengan konsentrasi 5-15%
  • Symwhite yang merupakan bahan pencerah baru yang sedang tren

Menggunakan brightening serum dengan kandungan bahan aktif yang cukup tinggi berpotensi menyebabkan iritasi, misalnya vitamin C dan niacinamideApabila baru pertama kali mencoba serum dengan kandungan bahan aktif pencerah, Anda bisa memulai dari dosis yang paling rendah. Hal ini membuat kulit Anda lebih terbiasa dengan kandungan pencerah tersebut. Jika Anda memiliki kulit yang tergolong sensitif, sebaiknya lakukan test patch di lengan sebelum mengaplikasikan serum dengan bahan aktif tersebut ke area wajah.

dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Penggunaan sunscreen juga tak boleh dilupakan apabila Anda ingin menyamarkan bekas jerawat. Pasalnya, sunscreen bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV. Sinar UV sendiri berpotensi merangsang produksi melanin yang bisa membuat bekas jerawat menghitam.

2

Untuk meredam efek bahan aktif pada serum, cek keberadaan bahan pelembap seperti hyaluronic acid dan ceramide

Untuk meredam efek bahan aktif pada serum, cek keberadaan bahan pelembap seperti hyaluronic acid dan ceramide
Serum dengan kandungan pelembap sangat penting untuk diperhatikan. Serum dengan kandungan pelembap bisa meredam efek-efek dari bahan aktif lainnya, seperti brightening agent dan exfoliator. Jadi, Anda cukup menggunakan satu serum saja untuk efek ganda.

Kandungan pelembap yang netral bisa Anda pertimbangkan dalam sebuah serum. Kandungan pelembap yang netral contohnya adalah hyaluronic acid dan ceramide. Kemampuan hyaluronic acid dan ceramide dalam melembapkan kulit dapat membantu mengurangi efek iritasi akibat bahan aktif lainnya.

dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Cara termudah untuk mengetahui banyaknya kandungan bahan aktif dalam serum terletak pada tabel komposisinya. Bahan kandungan yang tertulis di awal biasanya memiliki konsentrasi terbanyak dalam suatu produk.

3

Jika Anda memiliki bekas jerawat yang masih meradang, pilih produk yang mengandung soothing agent, misalnya Centella asiatica, Aloe vera, dan green tea

Jika Anda memiliki bekas jerawat yang masih meradang, pilih produk yang mengandung soothing agent, misalnya Centella asiatica, Aloe vera, dan green tea

Soothing agent berfungsi untuk meredakan (calming) area kulit yang meradang akibat jerawat. Dengan efek menenangkan kulit, peradangan yang terjadi tidak akan terlalu lama menetap di kulit. Hasilnya, bekas jerawat akibat peradangan akan makin cepat sembuh.


Jika radang akibat jerawat dibiarkan, maka kulit tidak akan segera sembuh. Akibatnya, bekas jerawat akan makin dalam. Beberapa kandungan soothing agent yang bisa dipertimbangkan dalam serum adalah Centella asiatica, Aloe vera, green tea, dan allantoin.

4

Agar efeknya maksimal, tambahkan exfoliating serum yang diperkaya exfoliating agent seperti AHA dan BHA untuk merangsang regenerasi sel kulit baru; 1-2 kali seminggu

Solusi lainnya untuk mengatasi bekas jerawat adalah dengan menggunakan exfoliating serum. Penggunaan exfoliating serum bertujuan untuk membantu regenerasi kulit. Dengan adanya sel-sel kulit baru, bekas jerawat pun akan sembuh dan memudar. Kemudian, exfoliating serum juga direkomendasikan untuk pemilik bekas jerawat dengan tampilan pori-pori besar. Kandungan exfoliator yang bisa Anda pertimbangkan adalah AHA, BHA, dan PHA.

Semua tipe kulit: Pilih yang mengandung AHA dan BHA

Semua tipe kulit: Pilih yang mengandung AHA dan BHA
AHA dan BHA adalah adalah agen eksfoliator yang berguna untuk membantu regenerasi kulit. Jika kulit Anda tidak sensitif, AHA dan BHA cenderung aman untuk dipilih.


  • AHA (alpha-hydroxy acid)

AHA adalah asam larut air untuk mengeksfoliasi permukaan kulit. Selain mengeksfoliasi kulit, AHA juga bermanfaat untuk melembapkan kulit. Salah satu AHA yang banyak digunakan dalam serum adalah glycolic acid. Penggunaan AHA maksimal dalam dosis 10% saja.


  • BHA (beta-hydroxy acid)

Berbeda dengan AHA, BHA adalah asam yang larut lemak sehingga dapat masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam. Selain mengeksfoliasi, BHA dapat mengurangi komedo. Contoh BHA yang banyak ditemukan di dalam serum adalah salicylic acid. Gunakan BHA dalam konsentrasi maksimal 2% saja.

Untuk kulit sensitif: Gunakan eksfoliator PHA yang lebih mild

Untuk kulit sensitif: Gunakan eksfoliator PHA yang lebih mild
PHA (polyhydroxy acid) adalah turunan dari AHA yang sifatnya cukup ramah untuk kulit. Molekul PHA yang cenderung besar membuatnya tidak langsung menyerap ke dalam kulit. Alhasil, penyerapannya berlangsung secara bertahap. Sifat PHA yang cenderung mild membuat zat ini direkomendasikan bagi pemilik kulit kering dan sensitif. Contoh PHA yang bisa Anda gunakan adalah gluconolactone dan galactose.
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Serum dengan kandungan bahan aktif exfoliator tidak dianjurkan untuk dipakai setiap hari


  • Untuk kulit kering, cukup gunakan 1 x per minggu. 
  • Pemilik kulit berminyak dan normal bisa menggunakannya sampai 2 x minggu.

Selain brigthening serum yang bisa dipakai setiap hari, exfoliating serum bisa dijadikan tambahan ke regimen skincare. Dengan hal ini, Anda bisa mengoptimalkan efek penghilang jerawat dari pencerah dan regenerasi kulit baru.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat

Berikut ini adalah rekomendasi Serum Wajah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 05 September 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
BPOM
Nomor BPOM
Isi/varian isi
Bahan aktif
Tekstur
Bentuk kemasan
Rekomendasi jenis kulit
Fungsi/manfaat
Kandungan pencerah
Kandungan pelembap
Kandungan anti-inflamasi
Kandungan antiaging
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaian
Alkohol
Pewangi
1

Garnier

Bright Complete Vitamin C 30X Booster Serum

Garnier Bright Complete Vitamin C 30X Booster Serum 1

Mulai dari Rp85.000,00

Agak Murah

Serum dengan 30 kali vitamin C, efektif mencerahkan setelah tiga hari penggunaan!

NA18201900843

15 ml, 30 ml, 50 ml

Niacinamide, salicylic acid, citric acid, Citrus junos fruit extract

Cair

Botol pipet

Semua jenis kulit

Menyamarkan noda hitam, mencerahkan kulit

Niacinamide, citric acid

Sodium Hyaluronate

Niacinamide

Tocopherol

Pagi dan malam hari

2

Wardah

Crystal Secret Dark Spot & Brightening Serum

Wardah Crystal Secret Dark Spot & Brightening Serum 1

Mulai dari Rp92.500,00

Agak Murah

Brightening serum lokal untuk mengatasi noda bekas jerawat dengan harga terjangkau

NA18211900126

20 ml

3% Tranexamic acid, ekstrak edelweiss, alpha arbutin, dan niacinamide

Gel

Botol pump

Semua jenis kulit

Menyamarkan noda hitam, mencerahkan kulit

Niacinamide, tranexamic acid, ekstrak edelweiss, alpha arbutin

Glycerin

Niacinamide

Tranexamic acid

Pagi dan malam

3

SKINTIFIC

SymWhite 377 Dark Spot Serum

SKINTIFIC SymWhite 377 Dark Spot Serum 1

Mulai dari Rp169.000,00

Menengah

Perpaduan tiga brightening agent untuk mengatasi flek hitam dan tanda-tanda penuaan

NA11220100182

20 ml

Symwhite 3777, niacinamide, tranexamic acid

Cair

Botol pump

Semua jenis kulit

Menyamarkan noda hitam

Symwhite 3777, niacinamide, tranexamic acid, arbutin

Glycerin, ceramide, squalene, Centella asiatica

Ceramide, Centella asiatica, tranexamic acid

Ceramide, tocopherol, tranexamic acid

Pagi dan malam hari

4

SOMETHINC

Dark Spot Reducer Ampoule

SOMETHINC Dark Spot Reducer Ampoule 1

Mulai dari Rp153.000,00

Menengah

Membantu mengatasi bekas jerawat PIE dan PIH

NA18211902372

20 ml

Tranexamoyl dipeptide-23, d-panthenol. oligopeptide 2, sodium hyaluronate

Cair

Botol pump

Semua jenis kulit

Menyamarkan bekas jerawat, mencerahkan kulit, meremajakan kulit, menjaga elastisitas kulit

Tranexamoyl dipeptide-23, oligopeptide 2

Sodium hyaluronate, tocopherol, d-panthenol

Tocopherol, sodium hyaluronate

Sodium hyaluronate, oligopeptide-2, tocopherol

Pagi, malam

5

Scarlett Whitening

Brightly Ever After Serum

Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum 1

Mulai dari Rp75.000,00

Lebih Murah

Brightening serum lokal dengan empat brightening agent tanpa alkohol dan parfum

NA18201901367

15 ml

Glutathione, niacinamide, vitamin C, lavender water

Gel

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan kulit

Niacinamide, glutathione, vitamin C, lavender water

Niacinamide, tocopherol

Tidak ada

Vitamin C, tocopherol

Pagi dan malam

6

TRUEVE

Luminous Dark Spot Brightening Serum

TRUEVE Luminous Dark Spot Brightening Serum  1

Mulai dari Rp174.200,00

Menengah

Atasi noda hitam bekas jerawat hanya dalam 7 hari!

NA18211902923

15 ml, 30 ml

Niacinamide, ceramide, marine collagen, hyalu-10, NMF

Cair

Botol pipet

Semua jenis kulit

Menyamarkan noda hitam, mencerahkan kulit, memperkuat skin barrier

Niacinamide

Niacinamide, ceramide, marine collagen, hyalu-10, NMF

Ceramide, hyalu-10

Ceramide, marine collagen, hyalu-10, NMF

Pagi dan malam

7

Lacoco

Dark Spot Essence

Lacoco  Dark Spot Essence 1

Mulai dari Rp220.000,00

Agak Mahal

Face serum dengan kandungan exfoliator dan brightening agent untuk kulit cerah, sehat, serta kencang

NA18191906202

12 ml

Niacinamide, AHA, BHA, mulberry extract, licorice extract, carrot extract

Gel

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan kulit, eksfoliasi

Glycolic acid, niacinamide, gluconolactone, tranexamic acid, mulberry extract, licorice extract

Niacinamide, glycerine

Niacinamide, Aloe vera

NIiacinamide

Malam hari

8

ERHA

Acneact Post Acne Spot Serum

ERHA Acneact Post Acne Spot Serum 1

Mulai dari Rp156.600,00

Menengah

Mengatas bekas jerawat secara maksimal dengan brightening agent sekaligus soothing agent

NA18210104891

30 ml

Niacinamide, tranexamic acid, PAD (potassium azeloyl giglycinate), salicylic acid, glycolic acid

Gel krim

Botol pump

Semua jenis kulit

Mengatasi noda bekas jerawat, merawat kulit yang rentan berjerawat

Niacinamide, tranexamic acid, PAD, licorice extract

Niacinamide, glycerine, squalene, shea butter, Centella asiatica

Calamine, Centella asiatica, allantoin, Camellia sinensis leaf extract, rosemary leaf extract, chamomile extract

Tranexamic acid

Pagi dan malam hari

9

True To Skin

Niacinamide TXA Brightening Serum

True To Skin Niacinamide TXA Brightening Serum 1

Mulai dari Rp109.000,00

Menengah

Kulit terlihat kasar dan sering iritasi? Gunakan saja produk ini!

NA18221902259

20 ml

Rose water, niacinamide, tranexamic acid, vitamin B12

Cair

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan kulit, memudarkan bekas jerawat dan flek, mengontrol minyak, mengatasi jerawat

Niacinamide, tranexamic acid, vitamin B12

Glycerin, niacinamide

Rose water, tranexamic acid

Tranexamic acid

Pagi, malam

10

Kiehl's

Clearly Corrective Dark Spot Solution with Activated- C

Kiehl's Clearly Corrective Dark Spot Solution with Activated- C 1

Mulai dari Rp935.000,00

Lebih Mahal

Serum pencerah premium dengan Activated C

NE51181900940

30 ml

Activated C, salicylic acid

Cair

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan kulit, mengatasi flek hitam

Activated C, peony extract, white birch extract

Glycerine, lavender oil

Activated C

Adenosine

Pagi dan malam hari

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

GarnierBright Complete Vitamin C 30X Booster Serum

Bright Complete Vitamin C 30X Booster Serum 1
Sumber: garnier.co.id
Bright Complete Vitamin C 30X Booster Serum 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp85.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp85.000,00
Agak Murah

Serum dengan 30 kali vitamin C, efektif mencerahkan setelah tiga hari penggunaan!

Memiliki kulit kusam disertai dengan noda hitam yang membandel sering kali mengganggu penampilan. Sekarang Anda tidak perlu bingung. Garnier punya serum yang bisa mencerahkan wajah kusam, hiperpigmentasi, dan memudarkan noda hitam bekas jerawat. Serum ini mengandung 30X vitamin C dari lemon yuzu asal Jepang.


Formula vitamin C-nya secara intensif mencerahkan kulit sehingga bisa memberikan hasil nyata sejak hari ke-3 pemakaian. Pilihan kemasannya juga banyak, teksturnya ringan, dan mudah meresap ke dalam kulit. Tambahan lagi, serum ini cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit yang berminyak, lho.

BPOM
Nomor BPOMNA18201900843
Isi/varian isi15 ml, 30 ml, 50 ml
Bahan aktifNiacinamide, salicylic acid, citric acid, Citrus junos fruit extract
TeksturCair
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMenyamarkan noda hitam, mencerahkan kulit
Kandungan pencerahNiacinamide, citric acid
Kandungan pelembapSodium Hyaluronate
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide
Kandungan antiagingTocopherol
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam hari
Alkohol
Pewangi
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

WardahCrystal Secret Dark Spot & Brightening Serum

Harga referensi
Mulai dari Rp92.500,00
Agak Murah

Brightening serum lokal untuk mengatasi noda bekas jerawat dengan harga terjangkau

Skincare lokal berikutnya yang cocok untuk mengatasi bekas jerawat adalah serum dari Wardah. Wardah Crystal Secret Dark Spot & Brightening Serum mengandung tranexamic acid yang berkhasiat memudarkan noda hitam dan bekas jerawat. Dipadukan pula dengan edelweiss extract, alpha arbutin, dan niacinamide untuk membuat kulit wajah Anda tampak lebih cerah dan flawless. Harganya juga cukup terjangkau.

BPOM
Nomor BPOMNA18211900126
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktif3% Tranexamic acid, ekstrak edelweiss, alpha arbutin, dan niacinamide
TeksturGel
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMenyamarkan noda hitam, mencerahkan kulit
Kandungan pencerahNiacinamide, tranexamic acid, ekstrak edelweiss, alpha arbutin
Kandungan pelembapGlycerin
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide
Kandungan antiagingTranexamic acid
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.3

SKINTIFICSymWhite 377 Dark Spot Serum

SymWhite 377 Dark Spot Serum 1
Sumber: shopee.co.id
SymWhite 377 Dark Spot Serum 2
Sumber: shopee.co.id
SymWhite 377 Dark Spot Serum 3
Sumber: shopee.co.id
SymWhite 377 Dark Spot Serum 4
Sumber: shopee.co.id
SymWhite 377 Dark Spot Serum 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp169.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp169.000,00
Menengah

Perpaduan tiga brightening agent untuk mengatasi flek hitam dan tanda-tanda penuaan

Di usia yang tidak lagi muda, noda hitam perlahan mulai bermunculan. Skincare untuk flek hitam yang satu ini bisa menjadi holy grail Anda. Serum SKINTIFIC memadukan tiga hero ingredients, yaitu Symwhite 377, niacinamide, dan tranexamic acid.


Perpaduan tiga bahan ini berfungsi untuk meratakan warna kulit, memudarkan noda hitam, dan membantu menyamarkan PIE dan PIH. Di samping mencerahkan, serum ini juga sudah dilengkapi dengan pelembap.

BPOM
Nomor BPOMNA11220100182
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifSymwhite 3777, niacinamide, tranexamic acid
TeksturCair
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMenyamarkan noda hitam
Kandungan pencerahSymwhite 3777, niacinamide, tranexamic acid, arbutin
Kandungan pelembapGlycerin, ceramide, squalene, Centella asiatica
Kandungan anti-inflamasiCeramide, Centella asiatica, tranexamic acid
Kandungan antiagingCeramide, tocopherol, tranexamic acid
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam hari
Alkohol
Pewangi
View all
No.4

SOMETHINCDark Spot Reducer Ampoule

Harga referensi
Mulai dari Rp153.000,00
Menengah

Membantu mengatasi bekas jerawat PIE dan PIH

Dark Spot Reducer Ampoule ini mengandung tranexamoyl dipeptide-23. Ini merupakan kombinasi dari tranexamic acid dan peptide yang memiliki kemampuan double brightening tanpa mengiritasi kulit. Serum ini dapat mengatasi bekas jerawat PIH dan PIH, flek, dan hiperpigmentasi pada kulit.


Tambahan d-panthenol dan oligopeptide-2 di dalamnya akan melembapkan dan membantu meregenerasi sel-sel kulit. Produk ini juga dapat meratakan warna kulit, terutama di area sekitar mata. Untuk hasil brightening yang maksimal, Anda bisa menggabungkan serum ini dengan serum SOMETHINC lainnya, lho.

BPOM
Nomor BPOMNA18211902372
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifTranexamoyl dipeptide-23, d-panthenol. oligopeptide 2, sodium hyaluronate
TeksturCair
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMenyamarkan bekas jerawat, mencerahkan kulit, meremajakan kulit, menjaga elastisitas kulit
Kandungan pencerahTranexamoyl dipeptide-23, oligopeptide 2
Kandungan pelembapSodium hyaluronate, tocopherol, d-panthenol
Kandungan anti-inflamasiTocopherol, sodium hyaluronate
Kandungan antiagingSodium hyaluronate, oligopeptide-2, tocopherol
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.5

Scarlett WhiteningBrightly Ever After Serum

Harga referensi
Mulai dari Rp75.000,00
Lebih Murah

Brightening serum lokal dengan empat brightening agent tanpa alkohol dan parfum

Untuk membantu mencerahkan kulit dan mengatasi bekas jerawat, cobalah serum dari Scarlett ini. Scarlett Brightly Ever After mengandung niacinamide, glutathione, vitamin C, dan lavender water. Keempatnya dapat membantu mencerahkan warna kulit. 


Menariknya lagi adalah serum lokal ini tidak mengandung parfum dan alkohol. Banyak reviewers menyukai serum ini karena teksturnya yang cepat menyerap ke dalam kulit tanpa terasa lengket.

BPOM
Nomor BPOMNA18201901367
Isi/varian isi15 ml
Bahan aktifGlutathione, niacinamide, vitamin C, lavender water
TeksturGel
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan kulit
Kandungan pencerahNiacinamide, glutathione, vitamin C, lavender water
Kandungan pelembapNiacinamide, tocopherol
Kandungan anti-inflamasiTidak ada
Kandungan antiagingVitamin C, tocopherol
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.6

TRUEVELuminous Dark Spot Brightening Serum

Harga referensi
Mulai dari Rp174.200,00
Menengah

Atasi noda hitam bekas jerawat hanya dalam 7 hari!

Brightening serum dari TRUEVE ini mengandung 10% niacinamide yang membantu menyamarkan bekas jerawat. Berkat itu, serum ini diklaim dapat membantu menyamarkan noda hitam dalam waktu 7 hari saja.


Selain itu, serum ini diperkaya dengan marine collagen, enam jenis ceramide, dan hyalu-10. Kombinasi kandungan tersebut membantu memperkuat skin barrier Anda sehingga kulit menjadi lebih lembap dan sehat. Jadi, serum ini juga cocok bagi Anda yang memiliki permasalahan skin barrier.

BPOM
Nomor BPOMNA18211902923
Isi/varian isi15 ml, 30 ml
Bahan aktifNiacinamide, ceramide, marine collagen, hyalu-10, NMF
TeksturCair
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMenyamarkan noda hitam, mencerahkan kulit, memperkuat skin barrier
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan pelembapNiacinamide, ceramide, marine collagen, hyalu-10, NMF
Kandungan anti-inflamasiCeramide, hyalu-10
Kandungan antiagingCeramide, marine collagen, hyalu-10, NMF
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.7

Lacoco Dark Spot Essence

Dark Spot Essence 1
Sumber: lacoco.co.id
Dark Spot Essence 2
Sumber: shopee.co.id
Dark Spot Essence 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp220.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp220.000,00
Agak Mahal

Face serum dengan kandungan exfoliator dan brightening agent untuk kulit cerah, sehat, serta kencang

Serum dari Lacoco mengandung brightening agent dan exfoliator. Exfoliator-nya berupa AHA, BHA, dan PHA yang cukup komplet. Serum ini direkomendasikan untuk digunakan saat malam hari.


Selain exfoliator, di dalamnya juga terkandung brightening agent, seperti niacinamide, mulberry extract, dan licorice extract. Jadi, noda bekas jerawat d bisa ditangani dengan serum ini. Kemudian, kulit jadi lebih ternutrisi dan kencang berkat carrot extract yang kaya vitamin A dan E.

BPOM
Nomor BPOMNA18191906202
Isi/varian isi12 ml
Bahan aktifNiacinamide, AHA, BHA, mulberry extract, licorice extract, carrot extract
TeksturGel
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan kulit, eksfoliasi
Kandungan pencerahGlycolic acid, niacinamide, gluconolactone, tranexamic acid, mulberry extract, licorice extract
Kandungan pelembapNiacinamide, glycerine
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide, Aloe vera
Kandungan antiagingNIiacinamide
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianMalam hari
Alkohol
Pewangi
View all
No.8

ERHAAcneact Post Acne Spot Serum

Harga referensi
Mulai dari Rp156.600,00
Menengah

Mengatas bekas jerawat secara maksimal dengan brightening agent sekaligus soothing agent

ERHA memiliki seri skincare Acneact yang dapat mengatasi jerawat sekaligus bekas jerawat. Acneact Post Acne Spot Serum diformulasikan khusus untuk mengatasi bekas jerawat. Di dalamnya terdapat tiga bahan aktif yang dapat memudarkan bekas jerawat, yaitu niacinamide, tranexamic acid, dan potassium azeloyl diglycinate.


Kandungan glycolic acid berperan sebagai exfoliator AHA untuk memperbaiki tekstur kulit. Kandungan penting lainnya adalah allantoin, tujuh ekstrak tanaman, dan calamine untuk menenangkan kulit yang teriritasi akibat jerawat. Serum ini sangat cocok mengatasi bekas jerawat PIH dan PIE dengan maksimal.

BPOM
Nomor BPOMNA18210104891
Isi/varian isi30 ml
Bahan aktifNiacinamide, tranexamic acid, PAD (potassium azeloyl giglycinate), salicylic acid, glycolic acid
TeksturGel krim
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMengatasi noda bekas jerawat, merawat kulit yang rentan berjerawat
Kandungan pencerahNiacinamide, tranexamic acid, PAD, licorice extract
Kandungan pelembapNiacinamide, glycerine, squalene, shea butter, Centella asiatica
Kandungan anti-inflamasiCalamine, Centella asiatica, allantoin, Camellia sinensis leaf extract, rosemary leaf extract, chamomile extract
Kandungan antiagingTranexamic acid
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam hari
Alkohol
Pewangi
View all
No.9

True To SkinNiacinamide TXA Brightening Serum

Harga referensi
Mulai dari Rp109.000,00
Menengah

Kulit terlihat kasar dan sering iritasi? Gunakan saja produk ini!

Sering tidak percaya diri karena warna kulit tidak cerah merata? Ini saatnya Anda menggunakan serum dari True To Skin ini. Serum ini mengandung 10% niacinamide, 2% tranexamic acid, serta vitamin B12 yang diklaim mampu membantu mencerahkan kulit secara merata. Selain itu, brightening agent-nya bisa mengatasi noda bekas jerawat.


Uniknya lagi, serum dengan kandungan rose water ini dapat meredakan iritasi kulit dan menyamarkan pori-pori besar. Hal ini tentunya akan membuat kulit Anda tampak lebih halus dan tampak flawless. Jadi, serum ini sangat worth it untuk Anda miliki!

BPOM
Nomor BPOMNA18221902259
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifRose water, niacinamide, tranexamic acid, vitamin B12
TeksturCair
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan kulit, memudarkan bekas jerawat dan flek, mengontrol minyak, mengatasi jerawat
Kandungan pencerahNiacinamide, tranexamic acid, vitamin B12
Kandungan pelembapGlycerin, niacinamide
Kandungan anti-inflamasiRose water, tranexamic acid
Kandungan antiagingTranexamic acid
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.10

Kiehl'sClearly Corrective Dark Spot Solution with Activated- C

Clearly Corrective Dark Spot Solution with Activated- C 1
Sumber: kiehls.co.id
Clearly Corrective Dark Spot Solution with Activated- C 2
Sumber: kiehls.co.id
Clearly Corrective Dark Spot Solution with Activated- C 3
Sumber: kiehls.co.id
Clearly Corrective Dark Spot Solution with Activated- C 4
Sumber: kiehls.co.id
Clearly Corrective Dark Spot Solution with Activated- C 5
Sumber: kiehls.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp935.000,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp935.000,00
Lebih Mahal

Serum pencerah premium dengan Activated C

Berikutnya, kami merekomendasikan brightening serum dari salah satu merek skincare premium. Brightening serum dari Kiehl's mengandung tiga bahan dasar utama, yaitu activated C, white birch extract, dan peony extract. Kandungan utama ini bermanfaat untuk mengatasi noda hitam pada kulit. Sudah banyak reviewers yang puas dengan hasil yang ditawarkan Kiehl's. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya!

BPOM
Nomor BPOMNE51181900940
Isi/varian isi30 ml
Bahan aktifActivated C, salicylic acid
TeksturCair
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan kulit, mengatasi flek hitam
Kandungan pencerahActivated C, peony extract, white birch extract
Kandungan pelembapGlycerine, lavender oil
Kandungan anti-inflamasiActivated C
Kandungan antiagingAdenosine
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam hari
Alkohol
Pewangi
View all

5 Rekomendasi Serum Wajah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat terbaik

No. 1: GarnierBright Complete Vitamin C 30X Booster Serum

No. 2: WardahCrystal Secret Dark Spot & Brightening Serum

No. 3: SKINTIFICSymWhite 377 Dark Spot Serum

No. 4: SOMETHINCDark Spot Reducer Ampoule

No. 5: Scarlett WhiteningBrightly Ever After Serum

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Terbaik [Ditinjau oleh Dokter Estetik]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.