• 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020)

Meski jerawat terlihat kempis dan sudah sembuh, ternyata bekas jerawat yang tersisa masih menimbulkan masalah. Bekas jerawat sangat sulit untuk ditutupi bahkan dengan concealer dan bisa membuat makeup jadi terlihat kurang bagus. Ada produk makeup yang dapat menyamarkannya, tetapi akan lebih baik jika Anda merawat kulit bermasalah tersebut, bukan?


Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa memilih serum yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Nah, kami akan menjabarkan tips memilih serum yang mampu bekerja efektif dan tepat untuk kulit wajah Anda. Simak juga rekomendasi produk terbaik untuk mengatasi bekas jerawat seperti The Ordinary, Dr. Jart+, dan lainnya, ya!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Cici Desri
  • Pembaharuan terakhir: 03 Desember 2019
  • 217.244 Views
Daftar isi

Sebelum memilih serum, kenali jenis bekas jerawat

Sebelum memilih serum, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu jenis bekas jerawat Anda. Serum yang Anda gunakan sebaiknya sesuai dengan jenis bekas jerawat Anda. Jadi, mari kenali lebih lanjut tentang jenis-jenis bekas jerawat!

Jenis kemerahan yang disebabkan oleh peradangan

Jenis kemerahan yang disebabkan oleh peradangan

Meskipun Anda merasa jerawat telah sembuh dan mereda, terkadang masih ada bekas jerawat berwarna merah pada kulit. Warna merah ini menandakan bahwa proses inflamasi atau radang pada jerawat masih berlangsung. Hal ini menunjukkan bahwa bakteri penyebab jerawat di kulit Anda masih berkembang dan belum berhenti.


Jika Anda membiarkan noda kemerahan ini begitu saja, noda ini kemudian akan mengalami pigmentasi dan menggelap. Jadi, Anda perlu berhati-hati agar bekas jerawat semacam ini tidak sampai mengakibatkan noda hitam di wajah.

Jenis kawah di mana bekas jerawat terlihat tidak beraturan

Jenis kawah di mana bekas jerawat terlihat tidak beraturan

Ini adalah jenis bekas jerawat yang terlihat seperti kawah yang mengakibatkan tekstur kulit menjadi tidak rata akibat jerawat. Sel imun di dalam tubuh bekerja aktif untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat yang menyebabkan peradangan. Akan tetapi, pada saat yang sama kolagen juga diproduksi dalam jumlah besar untuk menekan peradangan.


Kolagen yang disekresikan pada saat itu berusaha memperbaiki kulit dengan membuat jaringan yang disebut jaringan parut, tetapi jaringan parut ini kemudian akan melebarkan pori-pori dan menciptakan rongga. Hal inilah yang menyebabkan bekas jerawat terlihat berlubang-lubang.

Jenis hiperpigmentasi yang kecokelatan

Jenis hiperpigmentasi yang kecokelatan

Jenis hiperpigmentasi merupakan bekas jerawat yang meninggalkan warna kecokelatan pada kulit. Penyebab bekas jerawat seperti ini adalah produksi melanin yang berlebihan sehingga menghasilkan warna kecokelatan pada kulit. Sinar ultraviolet dan stres merupakan salah satu penyebab peningkatan tajam produksi melanin.


Melanin berfungsi untuk melawan bakteri jerawat dan menekan peradangan akibat jerawat. Namun, melanin tidak hanya menyerang bakteri jerawat dan oksigen aktif, tetapi juga kulit yang sehat. Sebagai akibatnya, noda hitam dari melanin akan tertinggal pada kulit wajah Anda.

Cara memilih serum wajah untuk menghilangkan bekas jerawat

Setelah memahami jenis-jenis bekas jerawat, sekarang waktunya untuk memilih serum yang dapat menghilangkan bekas jerawat Anda. Ada tiga poin penting yang harus Anda perhatikan saat memilih serum yang efektif untuk Anda gunakan. Ayo, kita simak!

Pilih kandungan serum yang sesuai dengan jenis bekas jerawat Anda

Pilih kandungan serum yang sesuai dengan jenis bekas jerawat Anda

Kandungan yang direkomendasikan untuk jenis bekas jerawat adalah vitamin C derivatif, glycyrrhizic acid, salicylic acid, dan hydroquinone. Vitamin C derivatif adalah komponen yang dapat menekan peradangan pada kulit. Kandungan ini juga memiliki efek tambahan seperti antioksidan, menghambat pigmen melanin, serta menaikkan produksi kolagen. Vitamin C murni juga bisa digunakan, tetapi vitamin C derivatif lebih direkomendasikan karena dapat diserap lebih cepat dibandingkan vitamin C murni.


Glycyrrhizic acid efektif untuk jerawat yang masih merah karena mempunyai fungsi sebagai antiinflamasi. Sedangkan salicylic acid memiliki kemampuan peeling untuk mengangkat keratin dari epidermis. Jadi, kandungan ini dapat menekan peradangan bekas jerawat dan mendorong regenerasi kulit Anda.


Hydroquinone berfungsi menekan kerja pigmen melanin, dapat memutihkan kulit, dan mampu menghilangkan pigmentasi. Kandungan ini sering digunakan di dalam obat-obatan. Jadi, periksalah dengan saksama sebelum membeli produk serum wajah untuk mengatasi bekas jerawat.

Periksa tingkat keamanan produk tersebut

Jika Anda berjerawat dan memiliki bekas luka jerawat, itu berarti kondisi kulit Anda saat ini lebih sensitif. Oleh karena itu, pilihlah serum penghilang bekas jerawat yang aman untuk kulit sensitif Anda.

Pilih yang tidak mengandung zat aditif

Pilih yang tidak mengandung zat aditif

Saat Anda memilih serum untuk menghilangkan bekas jerawat, perhatikan kandungan zat aditif di dalamnya. Meskipun memiliki kandungan yang bagus, tidak ada artinya jika terdapat banyak kandungan zat aditif dalam produk tersebut.


Surfaktan berbasis minyak, mineral oil, parfum, pewarna, paraben, dan alkohol adalah bahan-bahan yang sering dicampurkan pada serum. Akan tetapi, bahan-bahan tersebut kurang baik untuk kulit Anda karena bisa jadi akan memperparah kondisi jerawat.


Terdapat beberapa kemasan produk dengan deskripsi kandungan zat aditif yang mudah dimengerti. Namun, ada juga kemasan produk yang tidak disertai dengan deskripsi semacam itu. Sebaiknya Anda memperhatikan dengan lebih teliti daftar kandungan zat aditif yang tertera di bagian belakang kemasan produk. Pilihlah produk dengan kandungan zat aditif seminimal mungkin.

Gunakan yang sudah lulus uji tes alergi

Gunakan yang sudah lulus uji tes alergi

Serum untuk menghilangkan bekas jerawat sering digunakan ketika kondisi kulit sedang sensitif. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati agar sebisa mungkin tidak memberikan rangsangan yang berlebihan pada kulit.


Secara spesifik, Anda dapat mengecek apakah suatu produk serum sudah melalui patch test, allergy test, dan hypoallergenic cosmetic test. Meskipun ini bukan jaminan bahwa semua orang tidak akan menunjukkan reaksi alergi. Adanya tes ini menunjukkan bahwa produk tersebut telah diakui keamanannya dengan standar tertentu. Agar tidak memberikan stimulasi yang berlebihan pada kulit, sebaiknya Anda pastikan produk yang Anda pilih telah melewati uji tes alergi.

Pilih yang nyaman saat digunakan

Pilih yang nyaman saat digunakan

Berbeda dengan pelembap wajah biasa, serum terasa lebih lembap saat digunakan. Namun, beberapa orang khawatir bahwa serum yang dipakai dapat meninggalkan rasa lengket pada wajah setelah digunakan. Ada juga yang mencemaskan apakah kandungan serum mampu meresap dengan baik ke dalam kulit wajah atau tidak.


Karena setiap orang memiliki preferensi tekstur dan sensasi pemakaian yang bisa jadi sangat berbeda tergantung selera masing-masing. Penting untuk memilih produk dengan tekstur yang Anda sukai dan nyaman digunakan agar pemakaiannya bisa terus berlanjut. Ada baiknya juga jika Anda mencari referensi berdasarkan ulasan para pengguna. Sebab, sulit untuk mengetahui tekstur produk tersebut saat digunakan hanya dengan membaca keterangan pada kemasannya.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Serum Cream

Rp 28.500,00

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat

Berikut sepuluh rekomendasi serum wajah terbaik yang dapat Anda pilih berdasarkan kandungan serum dan jenis bekas jerawat. Pilihlah serum wajah terbaik yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat Anda.

10
Jenis bekas jerawatJenis hiperpigmentasi
KandunganHamamelis virginiana leaf water, cocamidopropyl dimethylamine, salicylic acid, dan lainnya
KeamananAlcohol free, oil free, silicone free, nut free, gluten free, dan cruelty free
Efek setelah digunakanKulit lembap
9
Jenis bekas jerawatJenis kawah
KandunganPanthenol, ulmus davidiana root extract, ceramide EOP, dan lainnya
KeamananParabens free, sulfates free, dan phthalates free
Efek setelah digunakanKulit lembap
8

Paula’s ChoiceSkin Perfecting 2% BHA Liquid Exfoliant

Rp 190.000,00

Jenis bekas jerawatJenis kemerahan
KandunganMethylpropanediol, butylene glycol, salicylic acid, dan lainnya
KeamananNon-irritating, fragance free, dan no animal tested
Efek setelah digunakanKulit lembap dan tidak lengket
7
Jenis bekas jerawatJenis hiperpigmentasi
KandunganHydroquinone USP 4%, propylene carbonate, propylene glycol, dan lainnya
KeamananTidak disebutkan
Efek setelah digunakanKulit lembap
6
Jenis bekas jerawatJenis kawah
KandunganPropylene glycol, ethyl ascorbic acid, salicylic acid, dan lainnya
KeamananTidak disebutkan
Efek setelah digunakanKulit lembap
5
Jenis bekas jerawatJenis kemerahan
KandunganPentylene glycol, glycerin, ascorbyl glucoside, arginine dan lainnya
KeamananTidak disebutkan
Efek setelah digunakanKulit lembap
4

Kiehl’s Powerful-Strength Line-Reducing Concentrate

Rp 310.000,00

Jenis bekas jerawatJenis kemerahan
KandunganVitamin C (l-ascorbic acid), fragmented hyaluronic acid, dan glycerin
KeamananTidak disebutkan
Efek setelah digunakanKulit lembap
3

Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Facial C-Serum

Rp 180.000,00

Jenis bekas jerawatJenis kemerahan
KandunganAloe barbadensis leaf juice, cetearyl glucoside & sorbitan olivate, simmondsia chinensis seed oil, dan lainnya
KeamananNo animal testing, paraben free, pregnancy safe, breastfeed safe, palm oil free, sulfate free, dan lainnya
Efek setelah digunakanKulit lembap
2
Jenis bekas jerawatJenis kemerahan
KandunganPropylen glycol, ascorbic Acid(5%), Hydroxyethylcellulose, Centella Asiatica Extract, Citrus Junos Fruit Extract,
KeamananTidak disebutkan
Efek setelah digunakanKulit lembap
1
Jenis bekas jerawatJenis kemerahan, kawah, hiperpegmentasi
KandunganPotent antioxidant complex, chronocyclin, pumpkin ferment and pomegranate extract, dan lainnya
Keamanan100% free of essential oils and fragrance
Efek setelah digunakanKulit lembap

Tabel perbandingan produk serum wajah terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat

Gambar produk
1
Drunk Elephant C-Firma Day Serum 1

Drunk Elephant

2
Klairs  Freshly Juiced Vitamin Drop 1

Klairs

3
Sensatia Botanicals  Unscented Sensitive Facial C-Serum 1

Sensatia Botanicals

4
Kiehl’s  Powerful-Strength Line-Reducing Concentrate 1

Kiehl’s

5
Femmue Lumiere Vital C 1

Femmue

6
Maharis Beauty Votre Peau Vitamin C Serum 1

Maharis Beauty

7
Obagi-C RX System C-Clarifying Serum 1

Obagi-C RX System

8
Paula’s Choice Skin Perfecting 2% BHA Liquid Exfoliant 1

Paula’s Choice

9
Dr. Jart+ Ceramidin Liquid 1

Dr. Jart+

10
The Ordinary  Salicylic Acid 2% Solution 1

The Ordinary

Nama produk

C-Firma Day Serum

Freshly Juiced Vitamin Drop

Unscented Sensitive Facial C-Serum

Powerful-Strength Line-Reducing Concentrate

Lumiere Vital C

Votre Peau Vitamin C Serum

C-Clarifying Serum

Skin Perfecting 2% BHA Liquid Exfoliant

Ceramidin Liquid

Salicylic Acid 2% Solution

KeunggulanSatu produk untuk mengatasi...Kandungan vitamin C yang ti...Atasi bekas jerawat dengan ...Penggunaan vitamin C murni ...Perbaiki tekstur kulit tanp...Tingkatkan produksi kolagen...Ampuh menghilangkan hiperpi...Menyerap dengan cepat ke da...Ratakan tekstur kulit denga...Atasi semua penyebab utama ...
HargaRp 189.000,00Rp 330.000,00Rp 180.000,00Rp 310.000,00Rp 375.000,00Rp 265.000,00Rp 2.020.000,00Rp 190.000,00Rp 290.000,00Rp 118.000,00
Jenis bekas jerawatJenis kemerahan, kawah, hiperpegmentasiJenis kemerahanJenis kemerahanJenis kemerahanJenis kemerahanJenis kawahJenis hiperpigmentasiJenis kemerahanJenis kawahJenis hiperpigmentasi
KandunganPotent antioxidant complex, chronocyclin, pumpkin ferment and pomegranate extract, dan lainnyaPropylen glycol, ascorbic Acid(5%), Hydroxyethylcellulose, Centella Asiatica Extract, Citrus Junos Fruit Extract,Aloe barbadensis leaf juice, cetearyl glucoside & sorbitan olivate, simmondsia chinensis seed oil, dan lainnyaVitamin C (l-ascorbic acid), fragmented hyaluronic acid, dan glycerinPentylene glycol, glycerin, ascorbyl glucoside, arginine dan lainnyaPropylene glycol, ethyl ascorbic acid, salicylic acid, dan lainnyaHydroquinone USP 4%, propylene carbonate, propylene glycol, dan lainnyaMethylpropanediol, butylene glycol, salicylic acid, dan lainnyaPanthenol, ulmus davidiana root extract, ceramide EOP, dan lainnyaHamamelis virginiana leaf water, cocamidopropyl dimethylamine, salicylic acid, dan lainnya
Keamanan100% free of essential oils and fragranceTidak disebutkanNo animal testing, paraben free, pregnancy safe, breastfeed safe, palm oil free, sulfate free, dan lainnyaTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanNon-irritating, fragance free, dan no animal testedParabens free, sulfates free, dan phthalates freeAlcohol free, oil free, silicone free, nut free, gluten free, dan cruelty free
Efek setelah digunakanKulit lembapKulit lembapKulit lembapKulit lembapKulit lembapKulit lembapKulit lembapKulit lembap dan tidak lengketKulit lembapKulit lembap
Tautan produk

Poin yang perlu diingat saat menggunakan serum untuk menghilangkan bekas jerawat

Poin yang perlu diingat saat menggunakan serum untuk menghilangkan bekas jerawat

Tidak akan ada gunanya jika Anda menggunakan serum kurang dari jumlah pengaplikasian yang disarankan. Meskipun Anda telah memilih produk yang mengandung banyak bahan yang efektif untuk mengatasi bekas jerawat. Karena takaran jumlah serta urutan langkah penggunaan yang efektif bisa berbeda untuk setiap produk. Mari periksa dengan teliti keterangan yang tertera dalam paket sebelum menggunakannya.


Selain itu, kulit yang berjerawat ataupun memiliki bekas jerawat berada dalam keadaan yang sangat sensitif. Jadi, sebelum menggunakan serum yang baru, pastikan untuk memeriksa kompatibilitas dengan kulit Anda dengan melakukan patch test. Jika muncul kemerahan pada kulit selama penggunaan serum atau merasa tidak nyaman, hentikanlah penggunaan serum tersebut. Kami sarankan juga agar Anda menemui dokter kulit sesegera mungkin.

Baca juga rekomendasi suplemen untuk kesehatan kulit di sini!

Merawat kulit dari luar dengan penggunaan serum merupakan hal yang penting. Jika Anda ingin mendapatkan kulit yang bersih tanpa bekas jerawat, langkah-langkah perawatan dari dalam juga perlu dilakukan. Pada artikel berikut, kami membahas tentang suplemen perawatan kulit yang efektif memperbaiki kondisi kulit termasuk bekas jerawat. Silakan gunakan artikel ini sebagai referensi Anda dalam mendapatkan kulit yang sehat dari dalam!

Kesimpulan

Terkadang bekas jerawat bisa terlihat mencolok bahkan setelah Anda menggunakan makeup untuk menutupinya. Oleh karena itu, penting untuk merawat kulit wajah agar bebas dari bekas jerawat.


Anda perlu mengetahui penyebab bekas jerawat Anda dan menentukan serum yang tepat untuk mengatasi masalah jerawat Anda. Apakah Anda cukup terbantu dengan penjelasan kami? Mari rawat bekas jerawat Anda dengan serum rekomendasi dari kami dan dapatkan kulit yang indah dan sehat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    350.481 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    195.236 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    291.646 Views
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sinar ultraviolet (UV) tidak hanya muncul saat musim kemarau saja, lho! Pemakaian produk tabir surya perlu dilakukan sepanjang tahun untuk menjaga kulit senantiasa cantik dan sehat. Saat ini sudah banyak produk sunscreen dan sunblock yang dijual di pasaran, mulai dari produk keluaran merek Biore, Shiseido, Neutrogena, Kiehl’s, Skin Aqua, sampai produk tabir surya dalam bentuk spray yang praktis.Pada kesempatan kali ini, kami akan merekomendasikan produk tabir surya terbaik di pasaran. Ada produk tabir surya dengan kandungan SPF dan PA sangat tinggi, tabir surya yang bisa dipakai sebagai foundation, sampai yang tahan air sehingga dapat dipakai berenang. Nah, produk tabir surya seperti apa yang paling direkomendasikan, ya?!
    Kosmetik & kesehatan
    164.200 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk mengatasi flu, terdapat beberapa obat yang dapat Anda beli tanpa harus pergi berobat ke dokter. Namun, Anda mungkin bingung memilih yang paling tepat di antara banyaknya merek dan varian. Efek terbaik dari obat tersebut bisa diperoleh jika Anda memilih obat yang sesuai dengan simtom yang muncul.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak membeli obat flu, serta menjelaskan varian yang cocok dengan gejala yang Anda alami. Setelahnya, Anda juga dapat membaca rekomendasi obat flu terbaik, mulai dari Panadol, Bodrex, Rhinos SR, dan lain-lain. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    231.817 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    275.360 Views
  • 10 Rekomendasi Makeup Terbaik untuk Shading (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makeup Terbaik untuk Shading (Terbaru Tahun 2020)
    Shading merupakan teknik yang digunakan dalam berias. Jika digunakan bersamaan dengan highlight, shading dapat memberikan efek tiga dimensi pada wajah. Hasilnya akan sangat berbeda dengan teknik makeup biasa. Wajah bulat dan besar dapat terkesan lebih kecil dengan efek bayangan dari shading.Namun, banyak orang mengaku kesulitan dalam memilih shading yang tepat. Maka dari itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih shading yang tepat. Kami cantumkan pula sepuluh rekomendasi produk dari merek kosmetik terbaik, seperti NYX, Maybelline, Etude House, Catrice, dan lainnya!
    Kosmetik & kesehatan
    25.549 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori