• 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat, seperti flek hitam dan kulit kemerahan, mungkin masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.


Ada rekomendasi beragam merek serum penghilang bekas jerawat yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Scarlett. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Jangan lewatkan juga komentar dari dermatovenereologist, dr. Dia Febrina, Sp.KK!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dia Febrina
Grace Mulyani
  • Pembaharuan terakhir: 22 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dia Febrina, Sp.KK

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dia Febrina, Sp.KK
dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

dr. Dia Febrina, Sp.KK adalah dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Pendidikan Dokter Umum dan Spesialis, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Pendiri klinik Medika Asyifa Jatiasih dan Dr. Derm Skin Care ini memiliki ketertarikan dalam bidang dermatologi kosmetik, estetik, dan tumor bedah kulit. Saat ini dr. Dia aktif melakukan edukasi seputar kesehatan kulit dan kelamin, salah satunya melalui akun Instagram-nya.

Kenali jenis-jenis bekas jerawat

Demi menemukan serum yang bagus untuk menghilangkan bekas jerawat, ketahui dahulu jenis bekas jerawat Anda. Kami akan menjelaskan tiga jenis bekas jerawat yang bisa muncul. Simak baik-baik penjelasan kami berikut ini, ya.

PIE, noda kemerahan akibat peradangan

PIE, noda kemerahan akibat peradangan

PIE atau post-inflammatory erythema adalah bekas jerawat dengan warna kemerahan atau keunguan. Warna kemerahan ini diakibatkan oleh membesarnya pembuluh darah yang berada dekat permukaan kulit karena inflamasi.


Inflamasi dapat disebabkan oleh jerawat yang tengah meradang, kebiasaan memencet jerawat, dan paparan sinar matahari. PIE banyak dialami oleh pemilik kulit terang. Akan tetapi, bukan berarti PIE tidak dialami kulit yang kecokelatan. Jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, noda kemerahan ini berpotensi menjadi hitam.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Bekas jerawat yang rata dengan permukaan kulit terbagi atas tiga jenis. Tiga jenis tersebut adalah bekas jerawat merah (post-inflammatory erythema), bekas jerawat hitam (post-inflammatory hyperpigmentation), dan bekas jerawat putih (post-inflammatory hypopigmentation).


Bekas jerawat merah terjadi setelah Anda mengalami jerawat yang meradang. Bekas jerawat ini lebih sering mengenai orang yang warna kulitnya putih atau terang. Bekas jerawat merah lebih sulit hilang apabila hanya menggunakan skincare atau obat oles saja. Selain itu, bekas ini juga membutuhkan waktu pemulihan yang tidak sebentar.

PIH, noda hitam akibat hiperpigmentasi

PIH, noda hitam akibat hiperpigmentasi

PIH atau post-inflammatory hyperpigmentation merupakan bekas jerawat berwarna kecokelatan atau kehitaman. Bekas jerawat ini disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan sehingga menghasilkan noda gelap.


Saat terjadi inflamasi, kulit mengalami stres dan merespons dengan meningkatkan produksi melanin. Melanin akan menyerang bakteri jerawat dan mengurangi peradangannya. Namun, melanin meninggalkan efek samping noda hitam pada kulit wajah Anda.


PIH sering dialami oleh pemilik kulit yang cenderung kecokelatan karena melanocytes (sel pemroduksi melanin) yang overactive. Selain karena inflamasi, produksi melanin juga dipengaruhi oleh sinar ultraviolet. Oleh karena itu, PIH sangat erat dikaitkan dengan bekas jerawat dan sunspot.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Jerawat dapat meninggalkan bekas berupa perubahan warna kulit menjadi cokelat atau hitam yang disebut hiperpigmentasi pascainflamasi (HPI). HPI terjadi karena produksi melanin yang berlebih akibat proses peradangan seperti jerawat.


Hiperpigmentasi biasanya lebih sering mengenai individu dengan warna kulit yang lebih gelap. Hiperpigmentasi juga dapat memburuk atau menjadi makin hitam akibat paparan sinar matahari dan peradangan jerawat yang berulang.

Atrophic scars, tekstur kasar yang tak beraturan

Atrophic scars, tekstur kasar yang tak beraturan

Atrophic scars merupakan bekas jerawat yang meninggalkan tekstur seperti kawah dan menyebabkan kulit tidak merata. Umumnya scars ditimbulkan akibat tindakan mengeluarkan isi jerawat secara paksa.


Saat kulit berjerawat, sel imun dalam tubuh bekerja aktif untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Pada saat bersamaan kolagen diproduksi secara besar-besaran untuk menekan peradangan. Kolagen tersebut berusaha memperbaiki kulit dengan membentuk jaringan parut yang melebarkan pori-pori. Nah, hal inilah yang menyebabkan bekas jerawat terlihat berlubang.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Bekas jerawat yang menyebabkan perubahan tekstur permukaan kulit menjadi melekuk ke bawah disebut bopeng jerawat atau skar atrofi pasca-akne. Penyembuhan jerawat memang cenderung menimbulkan skar pada kulit.


Bopeng jerawat atau skar akne umumnya terjadi pada jerawat dengan gambaran klinis nodul. Bekas ini juga bisa terjadi akibat peradangan jerawat yang cukup dalam dengan jangka waktu lama.


Skar akne secara umum dibagi menjadi tiga tipe, yaitu ice pick, box scar, dan rolling. Bopeng tipe ice pick menghasilkan lubang yang sempit dan dalam. Skar akne tipe box scar berbentuk bulat atau oval, sedangkan tipe rolling berbentuk landai seperti berombak.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum wajah untuk menghilangkan bekas jerawat

Jadi, jenis bekas jerawat apa yang Anda alami? Berikut ini kami sajikan cara memilih serum untuk menghilangkan bekas jerawat. Cermati satu per satu, ya!

Ketahui kandungan bahan aktif serum penghilang bekas jerawat

Ketahui kandungan bahan aktif serum penghilang bekas jerawat

Tiap bekas jerawat membutuhkan penanganan yang berbeda-beda. Jadi, penting untuk memahami kandungan bahan aktif dalam serum untuk bekas jerawat Anda.


  • Bekas jerawat kemerahan (PIE)

Tindakan eksfoliasi, baik physical exfoliation maupun chemical exfoliation, tidak bisa memudarkan kemerahan. Sebaliknya, pengelupasan malah berpotensi menambah iritasi dan membuat kulit makin sensitif. Skincare untuk menghilangkan bekas jerawat kemerahan sebaiknya memiliki sifat menenangkan, seperti Centella asiatica, Aloe vera, tea tree, dan allantoin.


  • Bekas jerawat kehitaman (PIH)
Berbeda dengan PIE, bekas jerawat PIH dapat dipudarkan dengan eksfoliasi rutin. Lakukan eksfoliasi dengan skincare yang mengandung AHA (glycolic acid, lactic acid, dan citric acid). Selain serum eksfoliasi, Anda membutuhkan serum yang mencerahkan noda hitam. Kandungan untuk mencerahkan noda hitam adalah azelaic acid, kojic acid, niacinamide, vitamin C dan alpha arbutin.

  • Bekas jerawat bopeng atau scars

Bekas jerawat bopeng cukup sulit untuk dihilangkan. Selain Anda membutuhkan kandungan serum yang kaya collagen atau ginseng, penanganan scars perlu dipadukan dengan treatment khusus. Treatment khusus ini hanya bisa Anda dapatkan di klinik kecantikan dengan pengawasan dokter, ya.


Selain active ingredients yang telah disebutkan, masih ada beberapa bahan aktif yang ada di dalam serum penghilang bekas jerawat. Salicylic acid, bakuchiol, dan retinol menjadi bahan aktif yang sering ada di dalam serum penghilang bekas jerawat.


Salicylic acid memiliki kemampuan membantu mengangkat sel kulit mati. Sementara itu, bakuchiol dan retinol dikenal sebagai antiaging yang berfungsi meningkatkan produksi kolagen sehingga membantu mengembalikan tekstur kulit.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Langkah pertama untuk menghilangkan bekas jerawat hitam atau hiperpigmentasi adalah dengan sunscreen. Anda juga dapat menggunakan skincare yang dijual bebas (over the counter). Produk yang dipilih sebaiknya mengandung bahan pencerah, seperti kojic acid, arbutin, licorice extracts, dan vitamin C. Selain itu, hydroxy acid, niacinamide, retinol, mulberry extracts, dan soy juga dapat mencerahkan bekas jerawat.


Sampai saat ini hidrokuinon sebenarnya masih menjadi gold standard pengobatan hiperpigmentasi. Namun, perlu diketahui bahwa hidrokuinon termasuk obat keras yang penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter. Hidrokuinon juga tidak boleh dibeli sembarangan karena ada kaitannya dengan efek samping.


Untuk bekas jerawat merah, Anda dapat menggunakan skincare dengan kandungan aktif retinol, vitamin C, niacinamide, hydroxy acid, dan ceramide. Khusus untuk bopeng jerawat, hingga saat ini belum ada skincare atau obat oles yang efektif mengatasinya. Pengobatan bopeng jerawat dapat dilakukan dengan tindakan revisi skar yang dilakukan oleh dokter spesialis kulit.

Perhatikan cara pemakaian skincare

Perhatikan cara pemakaian skincare

Menggunakan serum dengan benar adalah salah satu cara untuk mendapatkan hasil yang optimal. Serum yang mengandung pencerah biasanya disarankan untuk dipakai pada malam hari, contohnya vitamin C dan retinol. Namun, ada pula serum dengan pencerah boleh dipakai siang dan malam hari, misalnya niacinamide.


Berbeda dengan krim, serum memiliki daya pelembap yang lebih tinggi. Hal ini menyebabkan beberapa serum membutuhkan waktu dalam penyerapan dan terkadang meninggalkan sensasi lengket.


Agar tetap nyaman, gunakanlah serum bertekstur ringan pada siang hari dan serum bertekstur kental pada malam hari. Untuk mengetahui konsistensi serum, Anda bisa menyimak review pengguna sebelumnya, ya.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Anda pemilik kulit berminyak atau acne-prone skin sebaiknya menggunakan serum dengan tekstur atau konsistensi yang cair dan ringan. Sementara itu, untuk Anda pemilik kulit kering dapat menggunakan serum dengan tekstur yang lebih kental.


Beberapa kandungan penghilang bekas jerawat bisa memberikan efek samping. Efek samping tersebut dapat berupa kulit kering, iritasi saat menggunakan retinol, atau rasa tersengat terhadap vitamin C. Mulailah gunakan serum dengan konsentrasi yang rendah terlebih dahulu. Setelah itu, naikkan konsentrasi secara bertahap sampai kulit Anda dapat menerima dengan baik.

Cermati kandungan yang berpotensi mengiritasi

Selain mengecek bahan aktif, berhati-hatilah dengan kandungan yang berisiko menimbulkan iritasi, ya. Apa saja bahan tersebut? Berikut ini kami jelaskan beberapa bahan yang berpotensi mengiritasi kulit.

Waspadai zat yang dapat menimbulkan efek samping

Waspadai zat yang dapat menimbulkan efek samping

Meski terlihat bagus, jangan lupa untuk selalu mengecek keseluruhan ingredients serum Anda, ya. Hal ini karena tiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda.


  • Beberapa orang mungkin memiliki sensitivitas terhadap vitamin C. Untuk itu, Anda bisa menghindari serum dengan bahan aktif vitamin C.

  • Niacinamide juga berpotensi untuk menyebabkan iritasi pada kulit, terutama bagi Anda yang baru pertama kali menggunakannya. Gunakan serum dengan kandungan niacinamide yang lebih rendah terlebih dahulu sampai kulit Anda terbiasa.

  • Retinol, AHA, dan BHA menjadi beberapa bahan yang dapat menyebabkan iritasi. Penggunaan skincare dengan kandungan eksfoliator juga tidak boleh dilakukan setiap hari. Biasanya skincare ini hanya boleh dipakai 3–4 kali per minggu.

  • Bagi pemilik kulit sensitif, hindari serum dengan tambahan alkohol, fragrance, dan kandungan pengawet. Bahan-bahan ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Selain itu, ibu hamil dan menyusui juga tidak disarankan menggunakan skincare dengan kandungan tersebut.
dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Anda yang memiliki kulit sensitif atau yang kulitnya cenderung berjerawat harus memperhatikan kandungan yang ada pada skincare. Anda sebaiknya menghindari skincare yang mengandung parfum dan bahan preservative yang dapat membuat kulit menjadi iritasi. Gunakanlah produk yang bersifat non-comedogenic dan oil-free.

Lakukan tes alergi untuk mengetahui reaksi kulit Anda

Lakukan tes alergi untuk mengetahui reaksi kulit Anda

Setelah mengetahui komposisi serum penghilang bekas jerawat, lakukanlah tes alergi pada area kecil kulit Anda. Tes ini dapat mencegah risiko alergi pada seluruh wajah Anda.


Saat ragu untuk mencoba serum baru, carilah brand yang menyediakan produk dalam ukuran kecil. Cara lainnya, Anda juga bisa memilih serum dengan kadar bahan aktif yang rendah terlebih dahulu. Kedua cara ini adalah solusi jika Anda masih mencari kecocokan kandungan serum untuk menghilangkan bekas jerawat Anda.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Reaksi alergi terhadap kosmetik dapat terjadi dengan adanya gejala kulit kemerahan, melepuh, gatal, atau perih. Produk berlabel hypoallergenic tidak menjamin Anda akan 100% terhindar dari reaksi alergi karena setiap individu memiliki kerentanan yang berbeda.


Sebelum menggunakan suatu produk, Anda dapat melakukan open application test terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mencoba mengoleskan produk pada lengan bawah atau belakang telinga dengan cakupan luas 5 cm x 5 cm. Oleskan pada bagian kulit yang sama dua kali sehari selama satu minggu dan lihat apakah ada reaksi alergi yang timbul.

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum wajah terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 21 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Scarlett Serum - Acne memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Avoskin Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 5 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dia Febrina, Sp.KK.

Gambar produk
1
Scarlett Serum - Acne 1

Scarlett

2
Whitelab  Brightening Face Serum 1

Whitelab

3
Somethinc Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum 1

Somethinc

4
Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial C-Serum 1

Sensatia Botanicals

5
Avoskin Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root 1

Avoskin

6
SKINTIFIC Anti Acne Serum 1

SKINTIFIC

7
Some By Mi Snail Truecica Miracle Repair Serum 1

Some By Mi

8
Erha Acneact Post Acne Spot Serum 1

Erha

9
Dear Me Beauty Single Activator Facec Serum 2% Salicylic Acid (BHA) + Lemon Extract 1

Dear Me Beauty

10
Implora Luminous Brightening Serum 1

Implora

Nama produk

Serum - Acne

Brightening Face Serum

Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum

Tea Tree & Lemon Facial C-Serum

Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root

Anti Acne Serum

Snail Truecica Miracle Repair Serum

Acneact Post Acne Spot Serum

Single Activator Facec Serum 2% Salicylic Acid (BHA) + Lemon Extract

Luminous Brightening Serum

Keunggulan

Skincare lokal yang best seller untuk mengatasi acne prone skin

Mengandung 10% niacinamide, ampuh mengatasi bekas jerawat PIH

Serum niacinamide khusus Anda yang masih pemula

Mengatasi kulit berjerawat dan bekas jerawat, aman untuk bumil dan busui

Membantu mengurangi tampilan bekas jerawat bopeng

Mengatasi kulit berjerawat, beruntusan, dan bekas jerawat

Snail Truecica untuk mengatasi bekas jerawat kemerahan

Skincare untuk mengatasi bekas jerawat kemerahan dan hitam

Serum eksfoliasi untuk mengatasi bekas jerawat sampai mengecilkan pori

Serum untuk mengatasi bekas jerawat dengan harga murah

Harga mulai dariRp 75.000,00Rp 760.000,00Rp 89.000,00Rp 180.000,00Rp 139.000,00Rp 169.000,00Rp 494.643,00Rp 146.720,00Rp 99.000,00Rp 35.000,00
Bahan aktifTea tree leaf water, salicylic acid, Jeju Centella asiatica, liquorice extract, citric acid10% niacinamide, HyaluComplex-10, collagen5% Niacinamide, beet root, Centella asiatica, allantoin, algae extractKakadu plum extract, Aloe vera, tea tree oil, citric acid10% marine collagen, ginseng root ferment filtrateSalicylic acid, pionin, Centella asiatica, ceramide, peptide, hyaluronic acidLicorice root extract, niacinamide, snail mucin, Centella asiatica, collagen, elastin, allantoin, glycolic acidNiacinamide, tranexamic acid, PAD (potassium azeloyl diglycinate), salicylic acid, glycolic acid, allantoin, calamine2% salicylic acid (BHA), lemon extract, citric acid (AHA)Niacinamide, kakadu plum extract, lactic acid, black pearl, caviar collagen
Cocok untuk bekas jerawatPIE dan PIHPIE dan PIHPIE dan PIHPIE dan PIHAtrophic scarsPIE dan PIHPIEPIE dan PIHPIHPIH
Waktu pemakaianPagi dan malamPagi dan malamPagi dan malamPagi dan malamPagi dan malamPagi dan malamPagi dan malamPagi dan malamPagi atau malam (3–4 kali saja per minggu)Pagi dan malam
Isi15 ml20 ml5 ml, 20 ml, 40 ml60 ml30 ml20 ml50 ml30 ml12 ml, 32 ml20 ml
Tautan produk
10
Bahan aktifNiacinamide, kakadu plum extract, lactic acid, black pearl, caviar collagen
Cocok untuk bekas jerawatPIH
Waktu pemakaianPagi dan malam
Isi20 ml
9

Dear Me BeautySingle Activator Facec Serum 2% Salicylic Acid (BHA) + Lemon Extract

Mulai dari Rp 99.000,00

Bahan aktif2% salicylic acid (BHA), lemon extract, citric acid (AHA)
Cocok untuk bekas jerawatPIH
Waktu pemakaianPagi atau malam (3–4 kali saja per minggu)
Isi12 ml, 32 ml
8
Bahan aktifNiacinamide, tranexamic acid, PAD (potassium azeloyl diglycinate), salicylic acid, glycolic acid, allantoin, calamine
Cocok untuk bekas jerawatPIE dan PIH
Waktu pemakaianPagi dan malam
Isi30 ml
7

Some By MiSnail Truecica Miracle Repair Serum

Mulai dari Rp 494.643,00

Bahan aktifLicorice root extract, niacinamide, snail mucin, Centella asiatica, collagen, elastin, allantoin, glycolic acid
Cocok untuk bekas jerawatPIE
Waktu pemakaianPagi dan malam
Isi50 ml
6
Bahan aktifSalicylic acid, pionin, Centella asiatica, ceramide, peptide, hyaluronic acid
Cocok untuk bekas jerawatPIE dan PIH
Waktu pemakaianPagi dan malam
Isi20 ml
5

AvoskinYour Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root

Mulai dari Rp 139.000,00

Bahan aktif10% marine collagen, ginseng root ferment filtrate
Cocok untuk bekas jerawatAtrophic scars
Waktu pemakaianPagi dan malam
Isi30 ml
4

Sensatia BotanicalsTea Tree & Lemon Facial C-Serum

Mulai dari Rp 180.000,00

Bahan aktifKakadu plum extract, Aloe vera, tea tree oil, citric acid
Cocok untuk bekas jerawatPIE dan PIH
Waktu pemakaianPagi dan malam
Isi60 ml
3

SomethincNiacinamide + Moisture Sabi Beet Serum

Mulai dari Rp 89.000,00

Bahan aktif5% Niacinamide, beet root, Centella asiatica, allantoin, algae extract
Cocok untuk bekas jerawatPIE dan PIH
Waktu pemakaianPagi dan malam
Isi5 ml, 20 ml, 40 ml
2
Bahan aktif10% niacinamide, HyaluComplex-10, collagen
Cocok untuk bekas jerawatPIE dan PIH
Waktu pemakaianPagi dan malam
Isi20 ml
1
Bahan aktifTea tree leaf water, salicylic acid, Jeju Centella asiatica, liquorice extract, citric acid
Cocok untuk bekas jerawatPIE dan PIH
Waktu pemakaianPagi dan malam
Isi15 ml

Tips dari dokter spesialis kulit kami, dr. Dia Febrina

Tips dari dokter spesialis kulit kami, dr. Dia Febrina

Gunakanlah serum dengan kandungan aktif yang sesuai untuk tipe bekas jerawat. Pada fase pengobatan bekas jerawat, Anda juga perlu skincare yang dapat mengontrol agar jerawat tetap dalam keadaan stabil.


Agar jerawat tidak muncul makin banyak, pilih skincare yang mengandung AHA, asam salisilat, niacinamide, sulfur, tea tree, dan retinol. Selain itu, penggunaan sunscreen selama tahap penghilangan bekas jerawat sangatlah penting. Dengan demikian, bekas hiperpigmentasi tidak bertambah hitam dan bekas PIE (post-inflammatory erythema) tidak makin merah.

Baca juga rekomendasi skincare lainnya untuk mengatasi bekas jerawat di sini

Rawatlah bekas jerawat dengan baik agar tidak membuat kulit makin teriritasi. Masih ada rangkaian produk skincare lainnya yang dapat membantu Anda mengatasi bekas jerawat. Cari tahu lebih lengkapnya dalam artikel kami yang lainnya, ya!

Kesimpulan

Bekas jerawat terkadang lebih sulit dihadapi daripada jerawat itu sendiri. Namun, untuk mengatasinya kini sudah hadir beragam serum dengan manfaat memudarkan bekas jerawat. Tak cuma itu, beberapa serum bahkan berfungsi ganda untuk mengatasi jerawat aktif dan bekasnya.


Untuk menemukan serum yang tepat, selalu gunakan tips memilih dari kami, ya. Temukan beragam serum terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat dan dapatkan hanya dari seller tepercaya. Semoga artikel ini membantu dan selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus, seperti merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop.Kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, kulit kering, dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Shaving Gel (Gel Cukur) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shaving Gel (Gel Cukur) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Shaving gel atau gel cukur berfungsi sebagai pelumas bercukur dan meminimalkan kemungkinan terluka. Shaving gel cocok untuk Anda yang ingin mencukur jenggot ataupun kumis.Saat ini ada banyak merek shaving gel yang bagus, seperti Gillette dan The Body Shop. Produknya pun bervariasi, ada shaving gel untuk pria maupun wanita. Agar Anda tidak salah pilih, kami akan membagikan sepuluh rekomendasi shaving gel terbaik. Namun, kami akan menjelaskan lebih dahulu tips cara memilihnya. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Galih Manggala. Simak sampai akhir, ya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori