• 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2021)

Meski jerawat terlihat kempis, ternyata bekas jerawat masih bisa menimbulkan masalah. Bekas jerawat sulit untuk ditutupi bahkan dengan concealer dan membuat makeup jadi terlihat kurang bagus. Ada makeup yang dapat menyamarkannya, tetapi lebih baik jika Anda menggunakan skincare untuk menghilangkan jerawat.


Salah satu caranya, Anda bisa memilih serum yang bagus untuk menghilangkan bekas jerawat. Kami akan menjabarkan tips memilih dan memberikan rekomendasi serum penghilang bekas jerawat, seperti produk The Ordinary, Kiehl’s, Wardah, dan lainnya. Simak juga komentar dan informasi tambahan dari dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, di artikel ini. 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dia Febrina
Cici Desri
Widya Lim
  • Pembaharuan terakhir: 19 Februari 2021
  • 434.002 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan Dermatovenereologist dr. Dia Febrina, Sp.KK

Berkolaborasi dengan Dermatovenereologist dr. Dia Febrina, Sp.KK

dr. Dia Febrina, Sp.KK adalah dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Pendidikan Dokter Umum dan Spesialis, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Pendiri klinik Medika Asyifa Jatiasih dan Dr. Derm Skin Care ini memiliki ketertarikan dalam bidang dermatologi kosmetik, estetik, dan tumor bedah kulit. Saat ini dr. Dia aktif melakukan edukasi seputar kesehatan kulit dan kelamin, salah satunya melalui akun Instagram-nya.

Sebelum memilih serum, kenali jenis bekas jerawat

Sebelum memilih serum, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu jenis bekas jerawat Anda. Serum yang Anda gunakan sebaiknya sesuai dengan jenis bekas jerawat Anda. Jadi, mari kenali lebih lanjut tentang jenis-jenis bekas jerawat!

Jenis kemerahan yang disebabkan oleh peradangan

Jenis kemerahan yang disebabkan oleh peradangan

Meskipun Anda merasa jerawat telah sembuh dan mereda, terkadang masih ada bekas jerawat berwarna merah pada kulit. Warna merah ini menandakan bahwa proses inflamasi atau radang pada jerawat masih berlangsung. Hal ini menunjukkan bahwa bakteri penyebab jerawat di kulit Anda masih berkembang dan belum berhenti.


Jika Anda membiarkan noda kemerahan ini begitu saja, noda ini kemudian akan mengalami pigmentasi dan menggelap. Jadi, Anda perlu berhati-hati agar bekas jerawat semacam ini tidak sampai mengakibatkan noda hitam di wajah.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Bekas jerawat yang rata dengan permukaan kulit terbagi atas tiga jenis. Tiga jenis tersebut adalah bekas jerawat merah (post-inflammatory erythema), bekas jerawat hitam (post-inflammatory hyperpigmentation), dan bekas jerawat putih (post-inflammatory hypopigmentation). 


Bekas jerawat merah terjadi setelah Anda mengalami jerawat yang meradang. Bekas jerawat ini lebih sering mengenai orang yang warna kulitnya putih atau terang. Bekas jerawat merah lebih sulit hilang apabila hanya menggunakan skincare atau obat oles saja. Selain itu, bekas ini juga membutuhkan waktu pemulihan yang tidak sebentar.

Jenis kawah di mana bekas jerawat terlihat tidak beraturan

Jenis kawah di mana bekas jerawat terlihat tidak beraturan

Ini adalah jenis bekas jerawat yang terlihat seperti kawah yang mengakibatkan tekstur kulit menjadi tidak rata akibat jerawat. Sel imun di dalam tubuh bekerja aktif untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat yang menyebabkan peradangan. Akan tetapi, pada saat yang sama kolagen juga diproduksi dalam jumlah besar untuk menekan peradangan.


Kolagen yang disekresikan pada saat itu berusaha memperbaiki kulit dengan membuat jaringan yang disebut jaringan parut. Namun, jaringan parut ini kemudian akan melebarkan pori-pori dan menciptakan rongga. Hal inilah yang menyebabkan bekas jerawat terlihat berlubang-lubang.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Bekas jerawat yang menyebabkan perubahan tekstur permukaan kulit menjadi melekuk ke bawah disebut bopeng jerawat atau skar atrofi pasca akne. Penyembuhan jerawat memang cenderung menimbulkan skar pada kulit. 


Bopeng jerawat atau skar akne umumnya terjadi pada jerawat dengan gambaran klinis nodul. Bekas ini juga bisa terjadi akibat peradangan jerawat yang cukup dalam dengan jangka waktu lama. 


Skar akne secara umum dibagi menjadi tiga tipe, yaitu ice pick, boxcar, dan rolling. Bopeng tipe ice pick menghasilkan lubang yang sempit dan dalam. Skar akne tipe boxcar berbentuk bulat atau oval, sedangkan tipe rolling berbentuk landai seperti berombak.

Jenis hiperpigmentasi yang kecokelatan

Jenis hiperpigmentasi yang kecokelatan

Jenis hiperpigmentasi merupakan bekas jerawat yang meninggalkan warna kecokelatan pada kulit. Penyebab bekas jerawat seperti ini adalah produksi melanin yang berlebihan sehingga menghasilkan warna kecokelatan pada kulit. Sinar ultraviolet dan stres merupakan salah satu penyebab peningkatan tajam produksi melanin.


Melanin berfungsi untuk melawan bakteri jerawat dan menekan peradangan akibat jerawat. Namun, melanin tidak hanya menyerang bakteri jerawat dan oksigen aktif, tetapi juga kulit yang sehat. Sebagai akibatnya, noda hitam dari melanin akan tertinggal pada kulit wajah Anda.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Jerawat dapat meninggalkan bekas berupa perubahan warna kulit menjadi cokelat atau hitam yang disebut hiperpigmentasi pasca inflamasi (HPI). HPI terjadi karena produksi melanin yang berlebih akibat proses peradangan seperti jerawat. 


Hiperpigmentasi biasanya lebih sering mengenai individu dengan warna kulit yang lebih gelap. Hiperpigmentasi juga dapat memburuk atau menjadi makin hitam akibat paparan sinar matahari dan peradangan jerawat yang berulang. 

Cara memilih serum wajah untuk menghilangkan bekas jerawat

Setelah memahami jenis-jenis bekas jerawat, sekarang waktunya untuk memilih serum yang dapat menghilangkan bekas jerawat Anda. Ada tiga poin penting yang harus Anda perhatikan saat memilih serum yang efektif untuk Anda gunakan. Ayo, kita simak!

Pilih kandungan serum yang sesuai dengan jenis bekas jerawat Anda

Pilih kandungan serum yang sesuai dengan jenis bekas jerawat Anda

Kandungan yang direkomendasikan untuk jenis bekas jerawat adalah vitamin C derivatif, glycyrrhizic acid, salicylic acid, dan hydroquinone. Vitamin C derivatif adalah komponen yang dapat menekan peradangan pada kulit. Kandungan ini juga memiliki efek tambahan seperti antioksidan, menghambat pigmen melanin, serta menaikkan produksi kolagen. 


Vitamin C murni juga bisa digunakan. Namun, vitamin C derivatif lebih direkomendasikan karena dapat diserap lebih cepat dibandingkan vitamin C murni. Glycyrrhizic acid efektif untuk jerawat yang masih merah karena mempunyai fungsi sebagai antiinflamasi. 


Sementara itu, salicylic acid memiliki kemampuan peeling untuk mengangkat keratin dari epidermis. Jadi, kandungan ini dapat menekan peradangan bekas jerawat dan mendorong regenerasi kulit Anda. 


Hidrokuinon berfungsi menekan kerja pigmen melanin, dapat memutihkan kulit, dan mampu menghilangkan pigmentasi. Kandungan ini sering digunakan di dalam obat-obatan. Jadi, periksalah dengan saksama sebelum membeli produk serum wajah untuk mengatasi bekas jerawat.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Langkah pertama untuk menghilangkan bekas jerawat hitam atau hiperpigmentasi adalah dengan sunscreen dan skincare yang dijual bebas (over the counter). Produk yang Anda pilih sebaiknya mengandung bahan pencerah, seperti kojic acid, arbutin, licorice extracts, vitamin C, hydroxy acid, niacinamide, retinol, mulberry extracts, dan soy


Sampai saat ini, hidrokuinon sebenarnya masih menjadi gold standard pengobatan hiperpigmentasi. Namun, perlu diketahui bahwa hidrokuinon termasuk obat keras yang penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter. Hidrokuinon juga tidak boleh dibeli sembarangan karena ada kaitannya dengan efek samping.


Untuk bekas jerawat merah, Anda dapat menggunakan skincare dengan kandungan aktif, seperti retinol, vitamin C, niacinamide, hydroxy acid, dan ceramide. Khusus untuk bopeng jerawat, hingga saat ini belum ada skincare atau obat oles yang efektif mengatasinya. Pengobatan bopeng jerawat dapat dilakukan dengan tindakan revisi skar yang dilakukan oleh dokter spesialis kulit.

Periksa tingkat keamanan produk tersebut

Jika Anda berjerawat dan memiliki bekas luka jerawat, itu berarti kondisi kulit Anda saat ini lebih sensitif. Oleh karena itu, pilihlah serum penghilang bekas jerawat yang aman untuk kulit sensitif Anda.

Pilih yang tidak mengandung zat aditif

Pilih yang tidak mengandung zat aditif

Saat Anda memilih serum untuk menghilangkan bekas jerawat, perhatikan kandungan zat aditif di dalamnya. Meskipun memiliki kandungan yang bagus, tidak ada artinya jika terdapat banyak kandungan zat aditif dalam produk tersebut.


Surfaktan berbasis minyak, mineral oil, parfum, pewarna, paraben, dan alkohol adalah bahan-bahan yang sering dicampurkan pada serum. Akan tetapi, bahan-bahan tersebut kurang baik untuk kulit Anda karena bisa jadi akan memperparah kondisi jerawat.


Terdapat beberapa kemasan produk dengan deskripsi kandungan zat aditif yang mudah dimengerti. Namun, ada juga kemasan produk yang tidak disertai dengan deskripsi semacam itu. Sebaiknya Anda memperhatikan dengan lebih teliti daftar kandungan zat aditif yang tertera di bagian belakang kemasan produk. Pilihlah produk dengan kandungan zat aditif seminimal mungkin.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Anda yang memiliki kulit sensitif atau yang kulitnya cenderung berjerawat harus memperhatikan kandungan yang ada pada skincare. Anda sebaiknya menghindari skincare yang mengandung parfum dan bahan preservative yang dapat membuat kulit menjadi iritasi. Gunakanlah produk yang bersifat non-comedogenic dan oil-free

Gunakan yang sudah lulus uji tes alergi

Gunakan yang sudah lulus uji tes alergi

Serum untuk menghilangkan bekas jerawat sering digunakan ketika kondisi kulit sedang sensitif. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati agar sebisa mungkin tidak memberikan rangsangan yang berlebihan pada kulit.


Secara spesifik, Anda dapat mengecek apakah suatu produk serum sudah melalui patch test, allergy test, dan hypoallergenic cosmetic test. Meskipun demikian, hal ini bukan jaminan bahwa semua orang tidak akan menunjukkan reaksi alergi. 


Adanya tes ini menunjukkan bahwa produk tersebut telah diakui keamanannya dengan standar tertentu. Agar tidak memberikan stimulasi yang berlebihan pada kulit, sebaiknya Anda pastikan produk yang Anda pilih telah melewati uji tes alergi.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Reaksi alergi terhadap kosmetik dapat terjadi dengan adanya gejala kulit kemerahan, melepuh, gatal, atau perih. Produk berlabel hypoallergenic tidak menjamin Anda akan 100% terhindar dari reaksi alergi karena setiap individu memiliki kerentanan yang berbeda. 


Sebelum menggunakan suatu produk, Anda dapat melakukan open application test terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mencoba mengoleskan produk pada lengan bawah atau belakang telinga dengan cakupan luas 5 cm x 5 cm. Oleskan pada bagian kulit yang sama dua kali sehari selama satu minggu dan lihat apakah ada reaksi alergi yang timbul.  

Pilih yang nyaman saat digunakan

Pilih yang nyaman saat digunakan

Berbeda dengan pelembap wajah biasa, serum terasa lebih lembap saat digunakan. Namun, beberapa orang khawatir bahwa serum yang dipakai dapat meninggalkan rasa lengket pada wajah setelah digunakan. Ada juga yang mencemaskan apakah kandungan serum mampu meresap dengan baik ke dalam kulit wajah atau tidak.


Setiap orang memiliki preferensi tekstur dan sensasi pemakaian masing-masing. Jadi, pilihlah produk dengan tekstur yang Anda sukai dan nyaman digunakan agar pemakaiannya bisa terus berlanjut. 


Ada baiknya juga jika Anda mencari referensi berdasarkan ulasan para pengguna. Ini karena sulit untuk mengetahui tekstur produk tersebut saat digunakan hanya dengan membaca keterangan pada kemasannya.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Anda pemilik kulit berminyak atau acne-prone skin sebaiknya menggunakan serum dengan tekstur atau konsistensi yang cair dan ringan. Sementara itu, untuk Anda pemilik kulit kering dapat menggunakan serum dengan tekstur yang lebih kental. 


Beberapa kandungan penghilang bekas jerawat bisa memberikan efek samping, seperti kulit kering, iritasi pada retinol, atau rasa tersengat terhadap vitamin C. Mulailah gunakan serum dengan konsentrasi yang rendah terlebih dahulu. Setelah itu, naikkan konsentrasi secara bertahap sampai kulit Anda dapat menerima dengan baik.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Serum Cream

Mulai dari Rp 28.500,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat

Berikut sepuluh rekomendasi serum wajah terbaik yang dapat Anda pilih berdasarkan kandungan serum dan jenis bekas jerawat. Pilihlah serum wajah terbaik yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat Anda.

10
Jenis bekas jerawatJenis hiperpigmentasi
KandunganHamamelis virginiana leaf water, cocamidopropyl dimethylamine, salicylic acid, dan lainnya
KeamananAlcohol free, oil free, silicone free, nut free, gluten free, dan cruelty free
Efek setelah digunakanKulit lembap
9
Jenis bekas jerawatJenis kawah
KandunganPanthenol, ulmus davidiana root extract, ceramide EOP, dan lainnya
KeamananParabens free, sulfates free, dan phthalates free
Efek setelah digunakanKulit lembap
8

Paula’s ChoiceSkin Perfecting 2% BHA Liquid Exfoliant

Mulai dari Rp 190.000,00

Jenis bekas jerawatJenis kemerahan
KandunganMethylpropanediol, butylene glycol, salicylic acid, dan lainnya
KeamananNon-irritating, fragance free, dan no animal tested
Efek setelah digunakanKulit lembap dan tidak lengket
7
Jenis bekas jerawatJenis hiperpigmentasi
KandunganHydroquinone USP 4%, propylene carbonate, propylene glycol, dan lainnya
KeamananTidak disebutkan
Efek setelah digunakanKulit lembap
6
Jenis bekas jerawatJenis kawah
KandunganPropylene glycol, ethyl ascorbic acid, salicylic acid, dan lainnya
KeamananTidak disebutkan
Efek setelah digunakanKulit lembap
5
Jenis bekas jerawatJenis kemerahan
KandunganVitamin C, Biosaccharide, Aloe Vera
KeamananTidak disebutkan
Efek setelah digunakanKulit lembap
4

Kiehl’s Powerful-Strength Line-Reducing Concentrate

Mulai dari Rp 310.000,00

Jenis bekas jerawatJenis kemerahan
KandunganVitamin C (l-ascorbic acid), fragmented hyaluronic acid, dan glycerin
KeamananTidak disebutkan
Efek setelah digunakanKulit lembap
3

Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Facial C-Serum

Mulai dari Rp 180.000,00

Jenis bekas jerawatJenis kemerahan
KandunganAloe barbadensis leaf juice, cetearyl glucoside & sorbitan olivate, simmondsia chinensis seed oil, dan lainnya
KeamananNo animal testing, paraben free, pregnancy safe, breastfeed safe, palm oil free, sulfate free, dan lainnya
Efek setelah digunakanKulit lembap
2
Jenis bekas jerawatJenis kemerahan
KandunganPropylen glycol, ascorbic Acid(5%), Hydroxyethylcellulose, Centella Asiatica Extract, Citrus Junos Fruit Extract,
KeamananTidak disebutkan
Efek setelah digunakanKulit lembap
1
Jenis bekas jerawatJenis kemerahan, kawah, hiperpegmentasi
KandunganPotent antioxidant complex, chronocyclin, pumpkin ferment and pomegranate extract, dan lainnya
Keamanan100% free of essential oils and fragrance
Efek setelah digunakanKulit lembap

Tabel perbandingan produk serum wajah terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat

Gambar produk
1
Drunk Elephant C-Firma Day Serum 1

Drunk Elephant

2
Klairs  Freshly Juiced Vitamin Drop 1

Klairs

3
Sensatia Botanicals  Unscented Sensitive Facial C-Serum 1

Sensatia Botanicals

4
Kiehl’s  Powerful-Strength Line-Reducing Concentrate 1

Kiehl’s

5
Wardah C-Defense Serum 1

Wardah

6
Maharis Beauty Votre Peau Vitamin C Serum 1

Maharis Beauty

7
Obagi-C RX System C-Clarifying Serum 1

Obagi-C RX System

8
Paula’s Choice Skin Perfecting 2% BHA Liquid Exfoliant 1

Paula’s Choice

9
Dr. Jart+ Ceramidin Liquid 1

Dr. Jart+

10
The Ordinary  Salicylic Acid 2% Solution 1

The Ordinary

Nama produk

C-Firma Day Serum

Freshly Juiced Vitamin Drop

Unscented Sensitive Facial C-Serum

Powerful-Strength Line-Reducing Concentrate

C-Defense Serum

Votre Peau Vitamin C Serum

C-Clarifying Serum

Skin Perfecting 2% BHA Liquid Exfoliant

Ceramidin Liquid

Salicylic Acid 2% Solution

Keunggulan

Satu produk untuk mengatasi semua jenis bekas jerawat!

Kandungan vitamin C yang tinggi dan lembut di kulit

Atasi bekas jerawat dengan produk lokal tanpa bahan kimia tambahan ini!

Penggunaan vitamin C murni untuk mengatasi bekas jerawat kemerahan

Serum konsentrat dengan segudang manfaat

Tingkatkan produksi kolagen pada kulit dengan serum ini!

Ampuh menghilangkan hiperpigmentasi kulit

Menyerap dengan cepat ke dalam lapisan kulit Anda

Ratakan tekstur kulit dengan ceramide dan ekstrak akar licorice!

Atasi semua penyebab utama munculnya jerawat

Harga mulai dariRp 189.000,00Rp 330.000,00Rp 180.000,00Rp 310.000,00Rp 82.500,00Rp 265.000,00Rp 2.020.000,00Rp 190.000,00Rp 290.000,00Rp 118.000,00
Jenis bekas jerawatJenis kemerahan, kawah, hiperpegmentasiJenis kemerahanJenis kemerahanJenis kemerahanJenis kemerahanJenis kawahJenis hiperpigmentasiJenis kemerahanJenis kawahJenis hiperpigmentasi
KandunganPotent antioxidant complex, chronocyclin, pumpkin ferment and pomegranate extract, dan lainnyaPropylen glycol, ascorbic Acid(5%), Hydroxyethylcellulose, Centella Asiatica Extract, Citrus Junos Fruit Extract,Aloe barbadensis leaf juice, cetearyl glucoside & sorbitan olivate, simmondsia chinensis seed oil, dan lainnyaVitamin C (l-ascorbic acid), fragmented hyaluronic acid, dan glycerinVitamin C, Biosaccharide, Aloe VeraPropylene glycol, ethyl ascorbic acid, salicylic acid, dan lainnyaHydroquinone USP 4%, propylene carbonate, propylene glycol, dan lainnyaMethylpropanediol, butylene glycol, salicylic acid, dan lainnyaPanthenol, ulmus davidiana root extract, ceramide EOP, dan lainnyaHamamelis virginiana leaf water, cocamidopropyl dimethylamine, salicylic acid, dan lainnya
Keamanan100% free of essential oils and fragranceTidak disebutkanNo animal testing, paraben free, pregnancy safe, breastfeed safe, palm oil free, sulfate free, dan lainnyaTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanNon-irritating, fragance free, dan no animal testedParabens free, sulfates free, dan phthalates freeAlcohol free, oil free, silicone free, nut free, gluten free, dan cruelty free
Efek setelah digunakanKulit lembapKulit lembapKulit lembapKulit lembapKulit lembapKulit lembapKulit lembapKulit lembap dan tidak lengketKulit lembapKulit lembap
Tautan produk

Poin yang perlu diingat saat menggunakan serum untuk menghilangkan bekas jerawat

Poin yang perlu diingat saat menggunakan serum untuk menghilangkan bekas jerawat

Tak akan ada gunanya jika Anda menggunakan serum kurang dari jumlah pengaplikasian yang disarankan. Terlebih lagi jika Anda telah memilih produk yang mengandung banyak bahan yang efektif untuk mengatasi bekas jerawat. 


Takaran jumlah serta urutan langkah penggunaan yang efektif bisa berbeda untuk setiap produk. Karena itu, mari periksa dengan teliti keterangan yang tertera dalam paket sebelum menggunakannya.


Selain itu, kulit yang berjerawat ataupun memiliki bekas jerawat berada dalam keadaan yang sangat sensitif. Jadi, sebelum menggunakan serum yang baru, pastikan untuk memeriksa kompatibilitas dengan kulit Anda dengan melakukan patch test


Jika muncul kemerahan pada kulit selama penggunaan serum atau merasa tidak nyaman, hentikanlah penggunaan serum tersebut. Kami sarankan juga agar Anda menemui dokter kulit sesegera mungkin.

Tips dari dokter spesialis kulit kami, dr. Dia Febrina

Tips dari dokter spesialis kulit kami, dr. Dia Febrina

Gunakanlah serum dengan kandungan aktif yang sesuai untuk tipe bekas jerawat. Pada fase pengobatan bekas jerawat, Anda juga perlu skincare yang dapat mengontrol agar jerawat tetap dalam keadaan stabil. 


Agar jerawat tidak muncul makin banyak, pilih skincare yang mengandung AHA, asam salisilat, niacinamide, sulfur, tea tree, dan retinol. Selain itu, penggunaan sunscreen selama tahap penghilangan bekas jerawat sangatlah penting. Dengan demikian, bekas hiperpigmentasi tidak bertambah hitam dan bekas PIE (post-inflammatory erythema) tidak makin merah.

Baca juga rekomendasi skincare lainnya untuk kulit berjerawat di sini

Merawat kulit dengan penggunaan serum merupakan hal yang penting. Jika Anda ingin mendapatkan kulit yang bersih tanpa bekas jerawat, langkah-langkah perawatan lainnya juga perlu dilakukan. Silakan cek artikel di bawah ini untuk tahu rekomendasi produk skincare lainnya yang mampu mengatasi kulit berjerawat!

Kesimpulan

Terkadang bekas jerawat bisa terlihat mencolok bahkan setelah Anda menggunakan makeup untuk menutupinya. Oleh karena itu, penting untuk merawat kulit wajah agar bebas dari bekas jerawat.


Selain bekas jerawat, beberapa serum di atas juga mampu mencerahkan dan mengurangi risiko munculnya jerawat. Apakah Anda cukup terbantu dengan penjelasan kami? Mari rawat bekas jerawat Anda dengan serum rekomendasi dari kami dan dapatkan kulit yang indah dan sehat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Kali ini kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat. Selain Cethapil, Garnier, Pond’s, dan Acnes, masih banyak produk facial wash untuk kulit berjerawat. Untuk membantu Anda memilih, dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. 
    Perawatan wajah
    804.339 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan dan dapat menurunkan kepercayaan diri. Karena itu, jangan biarkan noda tersebut berlama-lama di wajah Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan krim penghilang bekas jerawat agar kulit wajah kembali bersih.Ada begitu banyak produk krim penghilang bekas jerawat di pasaran. Namun, tidak perlu bingung, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk, mulai dari COSRX, Everwhite, Safi, hingga Zoya. Selamat membaca dan temukan produk yang paling pas untuk Anda!
    Perawatan wajah
    526.793 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan. Karena manfaatnya yang luar biasa, tidak heran apabila produk ini dijual dengan harga relatif mahal. Namun, beberapa merek seperti Pond's, SAFI, dan Wardah telah meluncurkan eye cream yang bagus dengan harga terjangkau.Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream terbaik dengan harga terjangkau serta formula premium. Kami juga akan menyertakan sepuluh rekomendasi produk sebagai bahan referensi Anda. Yuk, baca review-nya dan temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda dengan harga di bawah Rp150.000!
    Perawatan wajah
    616.232 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Noda di wajah atau flek hitam memang menggangu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih. Menggunakan skincare untuk menghilangkan flek hitam adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.Namun, memilih cream penghilang flek hitam harus dilakukan dengan saksama. Kami sudah menyiapkan tips memilih krim yang ampuh untuk menghilangkan flek hitam. Tidak lupa, rekomendasi merk terbaiknya, seperti Olay, L'Oreal Paris, Kojie San, dan Shiseido juga dapat Anda temukan di sini. Agar tidak salah pilih, dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga ikut memberikan komentarnya.
    Perawatan wajah
    556.915 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu momok bagi kulit adalah munculnya jerawat pada wajah. Untungnya, kini ada banyak brand yang memproduksi moisturizer untuk kulit berjerawat, baik dari lokal maupun internasional. Wardah, Sensatia Botanicals, dan Innisfree merupakan beberapa contohnya. Tiap-tiap produk memiliki karakteristik yang berbeda. Ada yang bersifat non-comedogenic, ada yang cocok untuk mengatasi jerawat pada remaja, dan lainnya. Namun, manakah yang paling tepat untuk digunakan? Kali ini dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, akan memberikan komentar mengenai pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Yuk, simak!
    Perawatan wajah
    566.835 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Skincare Olay Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Produk Skincare Olay Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Olay yang berawal dari nama Oil of Olay merupakan salah satu merek perawatan kulit sejak 1952. Wajar saja bila produk yang dikeluarkan Olay memiliki varian yang beragam sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Varian tersebut terdiri dari Total Effects, Regenerist, White Radiance, dan Natural White. Pada artikel ini kami akan memberikan rekomendasi produk Olay yang mungkin Anda butuhkan. Berbagai macam produknya, baik untuk masalah kulit kusam maupun tanda penuaan kulit dapat Anda temui di bawah ini. Namun, sebelum menyimak rekomendasi produknya, mari cermati cara memilihnya terlebih dahulu. 
    Perawatan wajah
    1.471 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori