10 Rekomendasi Matras Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Matras Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Apakah Anda termasuk pencinta kegiatan camping? Salah satu faktor yang harus diperhatikan saat camping adalah kenyamanan saat tidur. Meskipun demikian, kadang Anda melupakan pentingnya memiliki matras camping yang berkualitas baik sehingga kenyamanan tidur Anda pun dikorbankan.

Kali ini, kami akan menginformasikan kepada Anda hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih matras camping. Lalu, kami juga akan merekomendasikan produk-produk matras camping terbaik yang bagus untuk Anda. Jadikan artikel ini sebagai referensi dalam memilih matras camping ya!

Daftar isi

Cara memilih matras camping

Pertama-tama, kami akan menjelaskan poin apa saja yang harus Anda ketahui dalam memilih matras camping. Jika Anda mencari produk-produk matras camping setelah membaca poin cara memilih, Anda akan lebih mudah menemukan matras camping yang sesuai untuk Anda!

Pilih jenis matras sesuai dengan pemakaiannya saat camping

Matras camping secara umum dibedakan menjadi 3 jenis, yakni matras busa, matras angin dan matras inflator. Kami akan membahas kelebihan dan kekurangan dari ketiga jenis matras ini. Simak ya!

Matras busa, cocok untuk pemula

Matras busa, cocok untuk pemula

Matras busa atau closed cell mat adalah matras yang terbuat dari busa (foaming agent) seperti urethane. Matras berbahan dasar urethane ada yang berwarna silver (silver mat). Matras busa ini sangat umum digunakan oleh pencinta kegiatan camping karena harganya tidak mahal dan tahan lama. Sangat pas untuk pemula!

Karena memiliki kemampuan insulasi panas yang tinggi, produk ini aman digunakan saat kondisi cuaca yang dingin. Namun, karena bentuknya yang padat, matras ini sedikit kurang nyaman saat digunakan untuk tidur. Cara menyimpan matras ini adalah dilipat ataupun digulung. Pilihlah teknik mana yang lebih Anda kuasai dan lebih tidak merepotkan perjalanan Anda!

Matras udara yang mudah disimpan

Matras udara yang mudah disimpan

Seperti namanya, matras udara ini adalah matras yang akan mengembang jika dimasukkan udara ke dalamnya.  Konsepnya sama seperti pelampung yang dapat mengambang di lautan. Kenyamanan saat tidur sangat terjaga dengan memakan matras udara ini karena permukaannya empuk dan lebih nyaman saat bersentuhan dengan tubuh. Selain itu, matras ini juga bisa dikemas dengan compact sehingga tidak boros tempat. Produk ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang akan camping dengan jumlah anggota yang banyak, dan ingin mengurangi sedikit beban bawaan Anda.

Masalah terbesar matras jenis ini adalah jika terjadi kebocoran di salah satu permukaannya meskipun hanya satu lubang kecil. Kami menyarankan Anda membawa perban khusus untuk menutup lubang pada matras dan alat reparasi untuk berjaga-jaga jika matras bocor saat Anda camping. Perhatikan juga ukurannya, karena semakin besar ukurannya semakin besar usaha untuk membuat matras mengembang.

Inflator mat, kombinasi antara matras busa dan matras udara

Inflator mat, kombinasi antara matras busa dan matras udara

Inflator mat adalah jenis matras yang kualitasnya cukup seimbang di segala aspek, yakni kenyamanannya, mudah dibawa, kemampuan menahan panas dan merupakan kombinasi dari matras busa dan matras udara. Matras yang di dalamnya terdapat busa ini bisa Anda masukkan udara, lalu mengembang. Beberapa produk dapat memasukkan udara secara otomatis, hanya dengan cara membuka katup pada matras tersebut, udara otomatis masuk ke dalam matras.

Dengan begitu Anda bisa menyesuaikan ketebalan matras dengan kemauan Anda. Jika Anda mengeluarkan udaranya, matras tersebut bisa disimpan dalam ukuran lebih kecil. Seringkali matras yang baru Anda beli mengandung udara yang kotor, jadi sebaiknya Anda mengeluarkannya terlebih dahulu. Saat pemakaian, sebaiknya Anda langsung menggunakannya segera setelah memasukkan udara ke dalam matras.

Kekurangannya kurang lebih sama dengan matras udara, yakni jika ada lubang akan membuat matras tersebut tidak dapat digunakan secara optimal. Hal yang harus Anda perhatikan juga saat ingin membeli matras jenis ini adalah harganya karena matras inflator cukup mahal dibandingkan matras jenis lainnya.

Pilih ukuran matras yang sesuai dengan ukuran tenda, tubuh, serta sleeping bag Anda!

Pilih ukuran matras yang sesuai dengan ukuran tenda, tubuh, serta sleeping bag Anda!

Saat membeli matras, perhatikanlah ukuran matras tersebut. Sesuaikanlah dengan ukuran tenda, serta ukuran tubuh Anda. Kombinasikan ukuran tersebut dengan matras yang ukurannya pas dan sesuai dengan ukuran sleeping bag Anda.

Ukuran yang terlalu besar akan mengganggu di dalam tenda, sedangkan jika kekecilan akan menyulitkan Anda karena Anda harus menekuk tubuh Anda. Kenyamanan tidur Anda jadi terganggu karenanya. Untuk pemakaian single, sesuaikan dengan lebar tubuh Anda, atau kurang lebih 60 cm. Sedangkan untuk pemakaian berdua atau lebih, pilih yang lebarnya 270 cm hingga 300 cm.

Untuk kenyamanan tidur, pilihlah matras yang cukup tebal

Untuk kenyamanan tidur, pilihlah matras yang cukup tebal

Saat tidur di tempat camping, tidak jarang alasnya terdapat batu-batu berukuran besar ataupun tajam. Untuk kenyamanan saat tidur, sebaiknya Anda memilih matras dengan tebal lebih dari 4 cm.

Jika Anda memilih matras yang tipis, kenyamanan tidur Anda bisa saja terganggu. Selama tidur pasti Anda akan mengubah-ubah posisi tubuh Anda. Tanah yang tidak rata bisa membuat tubuh Anda sakit saat bangun keesokan harinya. Untuk kenyamanan tidur dan kesehatan tubuh Anda, sebaiknya pilihlah matras yang cukup tebal.

Pilih yang dapat dipakai di berbagai musim!

Pilih yang dapat dipakai di berbagai musim!

Bagi Anda yang menyukai kegiatan camping, pasti dalam satu tahun bisa meluangkan waktu 3-4 kali untuk camping. Sebaiknya Anda memiliki matras yang bisa digunakan di berbagai musim sehingga kapanpun Anda camping, kenyamanan tetap terjaga. Untuk di Indonesia, pilihlah yang bisa dipakai di musim kemarau atau hujan. Berbagai produsen luar negeri biasanya membuat matras yang bisa digunakan untuk 4 musim, yakni musim panas, gugur, semi dan dingin. Dengan memiliki matras seperti ini, Anda bisa camping kapanpun Anda suka!

Bagi Anda yang tidak hanya suka sekadar camping, melainkan mendaki gunung dan penjelajahan lainnya, sebaiknya pilih matras dengan kemampuan insulasi panas yang tinggi. Apalagi jika kegiatan outdoor tersebut Anda lakukan di musim dingin.

Pilihlah yang mudah dipakai

Pilihlah yang mudah dipakai

Jika ini merupakan pengalaman camping Anda yang pertama atau Anda sedang camping bersama anak kecil, pilihlah matras yang mudah dipersiapkan dan mudah dibersihkan setelah dipakai.

Saat Anda memilih matras yang susah untuk dipersiapkan, pasti rasanya mengganggu kenyamanan camping Anda. Memilih matras yang mudah digunakan adalah faktor yang sangat penting. Namun, selain itu, sebelum Anda pergi camping, sebaiknya Anda mencoba cara mempersiapkan dan cara membereskannya di rumah agar lebih aman lagi.

Perhatikan kemudahan menyimpan matras

Perhatikan kemudahan menyimpan matras

Jika tempat camping Anda dekat dengan akses mobil, maka tidak akan terlalu sulit menyimpan barang-barang Anda. Namun, jika Anda pergi camping ke tempat yang tidak bisa diakses mobil, Anda perlu mempelajari teknik packing yang baik sehingga Anda bisa menyimpan semua keperluan camping Anda dengan compact dan terstruktur.

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan cara penyimpanan matras Anda. Biasanya matras dilipat, digulung, atau bisa juga dikempiskan terlebih dahulu baru digulung. Selain itu, pilihlah matras yang ringan dan bisa disimpan dengan compact, baik saat camping maupun di rumah!

10 Rekomendasi matras camping terbaik

Berikut ini kami rekomedasikan produk-produk terbaik dan bisa diandalkan oleh Anda dan keluarga untuk menemani camping ceria Anda!

10. Eiger Matras Cacing

10. Eiger Matras Cacing  

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 109.000

Matras sejuta umat! Ekonomis dan bisa diandalkan!

Siapapun yang ingin camping atau naik gunung pasti familier dengan matras jenis ini. Matras berbahan busa tipis dan karet ini bisa Anda beli dengan harga terjangkau, dan mudah dipakai. Matras ini digunakan dari berbagai kalangan, mulai dari TNI, POLRI ataupun masyarakat biasa yang ingin camping.

Kekurangan matras ini adalah bentuknya yang compact membuatnya boros tempat penyimpanan. Untuk kegiatan camping ceria tidak masalah menggunakan matras ini. Matras ini cukup bisa diandalkan di tempat camping yang cukup datar, misalnya tanah lapang. Untuk Anda yang masih pemula bisa mencoba menggunakan matras ini.

9. Consina Matras Aluminium

9. Consina Matras Aluminium

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Matras aluminium foil, bisa untuk keadaan darurat juga!

Matras ini jenis matras busa tipis yang dilapisi dengan aluminium foil di bagian luarnya. Meskipun tipis, bahan aluminium foil ini mampu menginsulasi panas dengan baik sehingga kehangatan tetap terjaga. Tidak hanya itu, saat keadaan darurat seperti hipotermia, matras berbahan aluminium foil ini bisa Anda jadikan emergency blanket juga lho!

Harga matras aluminium foil ini juga sangat terjangkau, jadi Anda tidak perlu ragu untuk membelinya. Kekurangannya adalah jika sudah dipakai dalam jangka waktu tertentu, lapisan aluminium foilnya bisa saja terkelupas. Cocok untuk Anda yang ingin camping saat musim hujan.

8. BSWolf Automatic Inflatable Mattress

8. BSWolf Automatic Inflatable Mattress

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 770.000

Matras waterproof! Bisa digunakan di dalam dan luar tenda

Keunikan yang ada pada matras ini adalah terbuat dari bahan spons dengan kualitas rebound tinggi dan dilapisi kulit luar yang tahan air. Dengan begitu, matras ini bisa Anda gunakan di luar tenda, serta dapat juga untuk bersantai-santai sebelum tidur. Anda tidak perlu takut basah oleh embun ataupun rintik hujan!

Menariknya lagi, sebenarnya matras ini termasuk jenis matras single. Namun, jika Anda memiliki dua jenis matras yang sama, keduanya bisa disatukan dan menjadi matras couple. Motifnya yang berwarna kotak-kotak dengan warna cerah dapat menambah suasana gembira camping Anda pastinya.

7. Automatic Inflatable Mat Cushion

7. Automatic Inflatable Mat Cushion

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 486.000

Matras couple! Melengkapi romansa Anda dan pasangan Anda saat camping

Matras jenis inflator mat ini berbahan dasar PU foam sponge dengan tingkat rebound tinggi sehingga meskipun bentuknya tipis, tetapi tetap nyaman saat bersentuhan dengan kulit Anda, dan melindungi tubuh Anda dari permukaan tempat camping yang tidak rata.

Matras couple ini bisa Anda jadikan pilihan untuk Anda yang ingin merayakan momen romantis bersama pasangan dengan cara camping di alam. Anda juga bisa memberikan matras ini sebagai hadiah pernikahan pada kerabat Anda yang baru menikah. Tidak hanya ukurannya yang untuk berdua, bagian atas matras ini juga dilengkapi dengan bantal untuk Anda dan pasangan Anda.

6. Naturehike Egg Crate Style Anti Moisture Pads

6. Naturehike Egg Crate Style Anti Moisture Pads

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 700.000

Desainnya mudah disimpan, teksturnya bisa memijat tubuh! Paket komplit!

Matras ini memiliki desain yang sangat unik, yakni seperti ada sekat-sekat dalam satu matras yang memungkinkan tiap bagiannya untuk dilipat dan ditumpuk menjadi satu. Dengan begitu akan lebih menghemat tempat penyimpanan.

Tidak hanya itu saja, teksturnya yang berupa kotak-kotak menonjol bisa memberikan sensasi pijatan bagi tubuh Anda yang mungkin lelah setelah jalan-jalan seharian di alam. Matras ini bisa menjadikan kegiatan camping Anda menjadi lebih ceria dan sangat memanjakan! Siapa mau dipijat oleh matras ini?

5. Bluefield Inflatable Outdoor Camping Pad

5. Bluefield Inflatable Outdoor Camping Pad

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 509.000

Tak hanya di gunung, camping di pantai atau tanah lapang pun siap berangkat!

Camping tak hanya di gunung atau bukit perkemahan, pantai pun bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk camping. Namun, matras tidak semua bisa digunakan di pantai karena tekstur pasir dan kerikil tajamnya bisa merusak matras. Tenang saja! Matras ini terbuat dari material TPU berkualitas yang tahan goresan rumput tajam maupun pasir.

Dengan begitu, Anda lebih punya banyak pilihan tempat untuk camping, gunung bisa, tanah lapang bisa, pantai pun bisa. Apalagi matras ini bisa dikemas hingga ukuran yang kecil dan bisa dimasukkan ke dalam tas khusus. Untuk kualitas tidak perlu diragukan lagi, Anda pasti bisa tidur dengan nyenyak karena matras ini cukup empuk.

4. Naturehike Ultralight TPU Sleeping Pad

4. Naturehike Ultralight TPU Sleeping Pad

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 666.600

Matras dengan ketebalan 9 cm! Sangat aman dan nyaman untuk bersantai ria!

Dengan matras setebal 9 cm ini, Anda sudah pasti mendapatkan sensasi tidur yang empuk dan terasa seperti tidur di kasur rumah. Meskipun Anda tidur di camping ground yang terkadang tanahnya tidak rata, itu semua tidak terasa lagi karena matras udara ini melindungi Anda dengan sangat baik!

Selain itu, saat membeli produk ini Anda sudah mendapatkan pompanya juga lho. Jadi tidak perlu repot-repot membawa pompa lagi atau harus meniup matras ini. Dengan membeli matras yang tebal ini, Anda tak perlu khawatir mengajak anak Anda yang masih kecil untuk ikut camping, karena anak Anda akan tetap bisa beristirahat dengan nyaman di matras ini.

3. ChillaX Comfort Plus Sleeping Pad

3. ChillaX Comfort Plus Sleeping Pad

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 992.000

Matras yang empuk dan stabil! Dijamin tidak merosot saat tidur

Produk ChillaX Comfort Plus Sleeping Pad ini mengutamakan kenyamaan Anda saat tidur sehingga meningkatkan kualitas tidur Anda saat camping. Matras ini didesain seperti sel-sel berongga dan terbuat dari bahan nilon serta TPU berlapis yang dapat meningkatkan stabilitas dan keempukan matras tersebut saat ada yang memakainya.

Dengan menggunakan matras ini, Anda tidak akan merosot ke bawah saat tidur ataupun tidak akan terguncang-guncang tidak stabil karena permukaan tanah kurang rata. Produk ini menjamin kenyamanan tidur Anda saat camping. Untuk Anda yang ingin rileks sejenak dari hiruk pikuk kota dan ingin mendapatkan waktu istirahat yang optimal saat camping, produk ini cocok untuk Anda!

2. Naturehike Ultralight TPU Egg Crate Inflatable Cushion

2. Naturehike Ultralight TPU Egg Crate Inflatable Cushion

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 882.000

Bisa dikombinasikan dengan sleeping bag tipe mummy untuk kenyamanan maksimal

Naturehike mengeluarkan produk matras berbahan dasar nilon dengan ukuran yang bisa dikombinasikan dengan sleeping bag berjenis mummy. Matras berukuran 187 cm x 57 cm dengan ketebalan 3 cm ini sangat nyaman digunakan saat tidur. Selain menjaga tubuh Anda tetap hangat, alas tidur Anda juga tidak akan bergeser-geser karena masuk ke dalam sleeping bag.

Berbeda dengan matras yang tidak bisa masuk sleeping bag, ada kemungkinan saat tidur tubuh Anda bergerak-gerak dan akhirnya posisi tubuh tidak di atas matras. Dengan ketebalan 3 cm, Anda bisa tidur dengan nyaman dan empuk karena permukaan tanah yang tidak rata sekalipun tidak akan terasa. Pilihan tepat untuk Anda yang tidak tahan dingin.

1. Thermarest NeoAir Xlite

1. Thermarest NeoAir Xlite

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.400.000

Bisa dikemas hingga seukuran botol air ukuran 1 liter! Ultra packable!

Produk dari Thermarest ini memang ditujukan untuk pencinta camping tingkat profesional, seperti pendaki gunung di dalam maupun luar negeri. Keunggulan produk ini adalah ultra packable dan ultralight. Matras udara berbahan nilon ini bisa dikemas hingga seukuran botol 1 liter. Sangat membantu bagi pendaki gunung profesional karena akan menghemat tempat di dalam tas.

Secara kualitas, produk ini merupakan matras 3 musim yang paling ringan di antara produk sejenis. Anda tidak akan terbebani saat membawanya. Untuk di Indonesia, mungkin produk ini bisa Anda bawa jika ingin mendaki gunung tertinggi di Indonesia, yakni Cartenz Pyramid. Kenyamanan produk ini tidak perlu diragukan lagi, pasti hangat dan empuk!

Cobalah menggunakan barang-barang pengganti atau barang sewaan

Cobalah menggunakan barang-barang pengganti atau barang sewaan

Untuk Anda yang masih baru dalam kegiatan camping atau baru beberapa kali menggunakan matras camping, ada baiknya Anda mencoba menggunakan barang-barang pengganti atau menyewa matras camping. Gunakanlah barang-barang pengganti seperti selimut dan sarung, lalu nilailah kenyamanannya. Apakah sudah pas untuk Anda, terlalu dingin atau kurang nyaman? Dengan begitu, Anda bisa memilih matras camping sesuai kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin menyewa peralatan camping, khususnya matras, periksa terlebih dahulu harganya. Biasanya harganya disesuaikan dengan jenis matras dan lama waktu penggunaannya. Selain itu,  perhatikan juga tempatnya, jika Anda menyewa langsung dari tempat camping-nya, biasanya harganya lebih mahal daripada Anda menyewa alatnya di kota. Saat Anda menyewa matras camping, perhatikan cara perawatan dan penyimpanannya!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Apakah lebih mudah saat menentukan matras yang cocok untuk Anda? Sesuaikan dengan kebutuhan dan seberapa sering Anda pergi camping ya. Jika Anda penggemar camping tidak ada salahnya membeli produk yang lebih berkualitas dan tahan lama.

Salah satu kenikmatan saat camping adalah waktu tidur. Jangan sampai Anda salah memilih matras karena akan merusak indahnya camping Anda bersama orang-orang terkasih. Selamat memilih!