• 10 Rekomendasi Matras Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Matras Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Matras Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Matras Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Matras Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Matras Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Matras menjadi barang yang harus dibawa saat Anda camping di pantai atau gunung. Selain sebagai alas agar tidak kotor, matras mencegah suhu dingin dari tanah naik ke atas. Istirahat Anda saat camping jadi lebih nyaman dengan matras. Namun, produknya bervariasi. Ada matras angin yang tebal hingga matras busa yang empuk. Manakah yang Anda butuhkan?


Kali ini kami akan berbagi tips cara memilih matras camping dengan membandingkan harga dan fiturnya. Kami juga akan merekomendasikan produk dari berbagai merek yang bagus, seperti Eiger dan Naturehike. Yuk, temukan matras camping terbaik untuk Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 10 Juni 2022
Daftar isi

Tidur di area outdoor makin nyaman dengan matras camping

Tidur di area outdoor makin nyaman dengan matras camping

Melakukan kegiatan outdoor, seperti berkemah dan mendaki gunung, dapat membuat pikiran dan jiwa Anda menjadi lebih segar. Ada yang berpikiran bahwa bersentuhan dengan alam akan menjadi penyembuhan dari penatnya suasana kota. Namun, beberapa orang mempunyai kendala saat sedang berkemah, seperti kesulitan beristirahat di dalam tenda.


Maka dari itu, dibutuhkan matras yang berfungsi baik sebagai alas untuk beristirahat di tenda. Matras jenis ini direkomendasikan untuk Anda yang suka camping, tetapi mengalami kesulitan untuk tidur dengan pulas. Matras berfungsi sebagai isolator sehingga penyebaran udara dingin yang berasal dari tanah dapat dicegah. Dengan begitu, beristirahat atau tidur di dalam tenda menjadi lebih hangat.


Saat ini ada banyak jenis matras camping yang bisa Anda temukan di pasaran, seperti matras busa, matras angin, dan matras inflator. Meski fungsinya serupa, setiap jenis matras punya karakteristik dan keunggulan masing-masing. Karena itu, penting untuk menggunakan matras yang sesuai dengan lokasi camping Anda. 

Cara memilih matras camping

Kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin yang harus Anda ketahui saat memilih matras camping. Bacalah dengan teliti setiap poinnya sehingga Anda dapat membawa pulang produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Periksa jenis dan cara pemakaian matras sesuai kebutuhan Anda

Ada berbagai jenis matras camping yang tersedia di pasaran. Berikut akan kami perkenalkan jenis-jenis yang bisa menjadi bahan pertimbangan saat Anda hendak melakukan kegiatan outdoor.

Matras busa, lebih praktis dan ekonomis

Matras busa, lebih praktis dan ekonomis
Matras busa cocok untuk Anda yang tidak ingin repot. Matras ini terbuat dari foaming agent (bahan busa), seperti urethane. Jenis ini merupakan matras yang praktis untuk camping. Saat akan digunakan, Anda cukup menggelarnya. Sementara itu, Anda hanya perlu melipat atau menggulungnya saat tidak digunakan. 

Keunggulan lainnya, harga matras camping ini lebih ekonomis dibandingkan dengan jenis yang lain. Selain itu, Anda dapat menggunakannya walau ada bagian yang robek karena tidak diperlukan udara di dalam matras.


Meski mampu menahan udara dingin, banyak produk yang bahannya tipis sehingga tidur Anda mungkin kurang nyaman. Jika Anda mempertimbangkan kenyamanan tidur, pilihlah matras busa dengan bahan yang lebih tebal. Anda juga bisa memilih matras yang menggunakan lapisan aluminium foil. Jenis ini biasanya lebih hangat dari matras dengan busa saja.

Matras udara, ketebalannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Matras udara, ketebalannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan
Jika Anda mengutamakan kenyamanan saat tidur, kami merekomendasikan matras udara. Matras ini dapat mengembang dan mengempis sesuai tekanan udara di dalamnya. Jadi, Anda dapat mengatur tingkat ketebalannya senyaman Anda. Apabila Anda mempunyai budget lebih, pilihlah matras yang memiliki ketebalan 10 cm atau lebih. Makin tebal ukuran matras camping, tingkat kenyamanannya pun makin baik.

Dari cara memompanya, ada dua jenis matras udara. Pertama, matras yang dipompa secara manual. Anda harus membawa pompa portabel atau meniupnya agar matras dapat dikembangkan. Ada juga matras yang sudah diberi pompa built-in. Anda cukup menginjaknya beberapa kali dan matras langsung terisi angin secara otomatis. Jenis matras ini biasanya lebih mahal. Jadi, sesuaikan dengan bujet Anda, ya.

Matras inflator, lebih nyaman dan dapat digunakan dengan mudah

Matras inflator, lebih nyaman dan dapat digunakan dengan mudah
Matras inflator merupakan perpaduan matras busa dan matras udara. Jenis Ini adalah matras camping yang nyaman dan dapat digunakan dengan mudah. Anda hanya perlu melonggarkan katupnya dan udara akan masuk secara otomatis, matras pun siap untuk Anda gunakan.

Ukuran tebal matras ini berkisar antara 3–4 cm seperti matras busa. Meskipun lebih tipis daripada matras udara, matras ini cukup empuk sebagai alas tidur. Dari sisi harga, matras ini relatif lebih mahal, sesuai dengan kenyamanan dan kepraktisannya. Jika Anda sering melakukan camping, ada baiknya untuk memiliki matras inflator.

Periksa performa insulasi untuk menghalau suhu dingin

Periksa performa insulasi untuk menghalau suhu dingin

Jika Anda berencana traveling dan camping di negeri empat musim, periksalah performa insulasi matras. Efek insulasi ini ditunjukkan dengan nilai resistansi panas atau nilai R. Makin tinggi nilai R produk, panas makin sulit keluar sehingga efek insulasi panasnya makin tinggi. Sebaliknya, nilai R yang rendah menunjukkan matras cepat mengeluarkan panas sehingga lebih cepat dingin.


Matras dengan nilai kurang dari R 2 sebaiknya digunakan saat musim panas. Jika Anda camping di musim semi atau gugur, gunakan matras dengan nilai R 2 hingga R 3,5. Untuk musim dingin, pilihlah matras dengan nilai R 3 hingga R 5. Sementara itu, matras dengan nilai R 4 atau lebih bisa digunakan bila Anda hendak menggunakannya pada semua musim.

Untuk camping yang lebih nyaman di berbagai musim, pilih matras yang waterproof

Untuk camping yang lebih nyaman di berbagai musim, pilih matras yang waterproof

Saat berada di dalam tenda, biasanya ada tetesan air akibat proses kondensasi embun dan hujan. Tetesan air ini dapat membuat matras basah dan menimbulkan genangan-genangan kecil. Perlengkapan lain pun akan basah, seperti sleeping bag.


Saat matras basah, suhunya akan menjadi dingin. Maka dari itu, pilihlah matras yang memiliki fitur waterproof. Ada juga beberapa bahan antiair yang bisa ditemukan pada matras, salah satunya adalah PVC.

Sesuaikan ukuran matras camping dengan tubuh dan tenda Anda

Sesuaikan ukuran matras camping dengan tubuh dan tenda Anda
Kami menyarankan untuk memilih matras yang lebih besar dari ukuran badan Anda. Jika bisa, pilihlah matras yang besar sehingga cukup untuk membalikkan badan, kaki, dan kepala. Dengan begitu, Anda dapat tidur dengan nyenyak tanpa khawatir anggota tubuh terasa dingin karena menyentuh tanah.

Periksa juga ukuran tempat matras akan dipasang. Jika Anda berkemah menggunakan tenda, pastikan ukuran matras tidak lebih besar dari tendanya. Begitu juga saat Anda menggunakan matras di dalam mobil atau campervan. Meski nyaman digunakan, ukuran matras yang terlalu besar akan merepotkan Anda nantinya.

Cek kemudahan matras saat dilipat dan disimpan

Cek kemudahan matras saat dilipat dan disimpan
Jika Anda sering mendaki gunung, pilihlah matras yang ringan dan dapat dilipat kecil. Hal ini karena Anda akan membawa banyak barang di dalam tas, seperti nesting dan sleeping bag.

Saat dikempiskan dan dilipat, matras udara serta matras inflator memiliki beragam ukuran. Untuk matras udara, pilihlah produk yang dapat dilipat hingga 30 cm x 13 cm. Sementara itu, ukuran ideal penyimpanan matras inflator adalah 60 cm x 20 cm atau di bawahnya


Jika Anda mencari matras ringan, jenis closed cell mat bisa menjadi pilihan. Berat matras ini hanya sekitar 1 kg atau kurang. Namun, ukurannya lebih tebal karena tidak bisa dilipat secara vertikal. Meskipun demikian, produknya tetap mudah untuk dibawa ke mana pun. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

NaturehikeEgg Crate Folding Mat

Mulai dari Rp 325.000,00

10 Rekomendasi matras camping terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh matras camping terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

DecathlonForclaz Trekking Insulated Foam Folding Mattress Trek 100

8543045

Mulai dari Rp 450.000,00

JenisMatras busa
MaterialBusa polietilena
Ukuran195 cm x 55 cm x 2 cm
Ukuran saat dilipat55 cm x 14 cm x 15 cm
Berat480 gram
WaterproofTidak disebutkan
9

Mobi Garden Sleeping Pad Ultralight

NXLQI63002

Mulai dari Rp 990.000,00

JenisMatras inflator
MaterialNilon, poliuretan
Ukuran180 cm x 52 cm x 3 cm
Ukuran saat dilipat32 cm x 12,5 cm x 12,5 cm
Berat700 gram
Waterproof
8
JenisMatras angin
MaterialNilon 40D, poliuretan termoplastik
Ukuran190 cm x 58 cm x 5 cm
Ukuran saat dilipat28 cm x 9 cm x 9 cm
Berat550 gram
Waterproof
7
JenisMatras angin
MaterialNilon 40D, poliuretan termoplastik
Ukuran194 cm x 64 cm x 6 cm
Ukuran saat dilipat15 cm x 15 cm x 29 cm
Berat874 gram
WaterproofTidak disebutkan
6

EigerDreampad Mattress

910003153

Mulai dari Rp 279.000,00

JenisMatras inflator
MaterialBusa memori, poliester
Ukuran185 cm x 60 cm x 2,5 cm
Ukuran saat dilipat15 cm x 15 cm x 60 cm
Berat1.000 gram
Waterproof
5
JenisMatras busa
MaterialBusa, aluminium foil
Ukuran186 cm x 65 cm x 0,5 cm
Ukuran saat dilipat60 cm x 13 cm x 13 cm
Berat400 gram
WaterproofTidak disebutkan
4

DecathlonQuechua Nature Hiking 2 People Inflatable Camping Air Mattress

8561145

Mulai dari Rp 490.000,00

JenisMatras angin
MaterialTidak disebutkan
Ukuran190 x 140 x 16 cm
Ukuran saat dilipatTidak disebutkan
Berat4.000 gram
WaterproofTidak disebutkan
3

NaturehikeFC-12 Diamond Thick Inflatable Mat With Pillow

NH19Z012-P

Mulai dari Rp 391.850,00

JenisMatras Inflator
MaterialNilon, poliuretan termoplastik
Ukuran59 cm x 198 cm x 6,5 cm
Ukuran saat dilipat30 cm x 10 cm x 10 cm
Berat530 gram
Waterproof
2
JenisMatras karet
MaterialKaret
Ukuran185 cm x 50 cm
Ukuran saat dilipatTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
Waterproof
1

SPEEDS Camping Outdoor Sleeping Pad

LX 018-37

Mulai dari Rp 250.000,00

JenisMatras angin
MaterialPVC
Ukuran190 cm x 60 cm x 3,5 cm
Ukuran saat dilipatTidak disebutkan
Berat1.149 gram
Waterproof

Tabel perbandingan produk matras camping terbaik

Gambar produk
1
SPEEDS  Camping Outdoor Sleeping Pad 1

SPEEDS

2
Cozmeed Matras Gulung 1

Cozmeed

3
Naturehike FC-12 Diamond Thick Inflatable Mat With Pillow 1

Naturehike

4
Decathlon Quechua Nature Hiking 2 People Inflatable Camping Air Mattress 1

Decathlon

5
Consina Sleep Warm 1

Consina

6
Eiger Dreampad Mattress  1

Eiger

7
Svarga  Single Sleeping Pad 1

Svarga

8
Hitorhike Sleeping Pad  1

Hitorhike

9
Mobi Garden  Sleeping Pad Ultralight  1

Mobi Garden

10
Decathlon Forclaz Trekking Insulated Foam Folding Mattress Trek 100 1

Decathlon

Nama produk

Camping Outdoor Sleeping Pad

Matras Gulung

FC-12 Diamond Thick Inflatable Mat With Pillow

Quechua Nature Hiking 2 People Inflatable Camping Air Mattress

Sleep Warm

Dreampad Mattress

Single Sleeping Pad

Sleeping Pad

Sleeping Pad Ultralight

Forclaz Trekking Insulated Foam Folding Mattress Trek 100

Keunggulan

Ada kancing khusus agar mudah digabungkan dengan matras lain!

Harga terjangkau untuk beragam aktivitas outdoor

Memasang dan membongkar matras lebih cepat dengan dua katupnya

Ukuran lebih luas untuk camping berdua

Berlapiskan aluminium foil yang menginsulasi panas

Lebih empuk dengan busa yang padat dan tebal

Tidur makin nyaman bagaimanapun posisinya

Tetap tenang berkat matras yang tidak berisik

Model mummy yang praktis untuk para solo hiker

Matras multifungsi yang bisa jadi tikar juga

Harga mulai dariRp 250.000,00Rp 45.000,00Rp 391.850,00Rp 490.000,00Rp 75.000,00Rp 279.000,00Rp 544.000,00Rp 585.200,00Rp 990.000,00Rp 450.000,00
JenisMatras anginMatras karetMatras InflatorMatras anginMatras busaMatras inflatorMatras anginMatras anginMatras inflatorMatras busa
MaterialPVCKaretNilon, poliuretan termoplastikTidak disebutkanBusa, aluminium foilBusa memori, poliesterNilon 40D, poliuretan termoplastikNilon 40D, poliuretan termoplastikNilon, poliuretanBusa polietilena
Ukuran190 cm x 60 cm x 3,5 cm185 cm x 50 cm59 cm x 198 cm x 6,5 cm 190 x 140 x 16 cm186 cm x 65 cm x 0,5 cm185 cm x 60 cm x 2,5 cm194 cm x 64 cm x 6 cm190 cm x 58 cm x 5 cm180 cm x 52 cm x 3 cm195 cm x 55 cm x 2 cm
Ukuran saat dilipatTidak disebutkanTidak disebutkan30 cm x 10 cm x 10 cmTidak disebutkan60 cm x 13 cm x 13 cm15 cm x 15 cm x 60 cm15 cm x 15 cm x 29 cm28 cm x 9 cm x 9 cm32 cm x 12,5 cm x 12,5 cm 55 cm x 14 cm x 15 cm
Berat1.149 gram Tidak disebutkan530 gram4.000 gram400 gram1.000 gram874 gram550 gram700 gram480 gram
WaterproofTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan outdoor lainnya di sini

Masih ada beberapa perlengkapan outdoor lainnya yang telah kami ulas, seperti sepatu hiking, tenda camping, dan sleeping bag. Perlengkapan tersebut akan mendukung aktivitas outdoor Anda. Jadi, simak dengan saksama artikel-artikel di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Sudahkah menemukan matras camping terbaik untuk Anda? Kebutuhan matras untuk camping memang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi jenis kegiatan, lokasi, dan kondisi aktivitas Anda.


Beragam matras camping bisa ditemukan di pasaran. Kualitas, harga, dan daya tahan produknya bervariasi. Perlu diingat, salah satu kenikmatan saat camping adalah waktu tidur. Jadi, jangan sampai Anda salah memilih matras camping, ya. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu barang yang wajib dimiliki pencinta kegiatan outdoor adalah tenda dome. Eiger, Consina, dan Naturehike adalah sederet merek yang menjual beragam jenis tenda dome yang bagus. Anda akan menemukan tenda pop up untuk satu orang hingga tenda dome 4 orang/8 orang. Bahkan, ada juga tenda dome double layer.Setiap tenda memiliki perbedaan dari segi daya tahan dan tingkat waterproof-nya. Di artikel ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih tenda dome. Kami juga akan merekomendasikan berbagai macam tenda dome berkualitas berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, ada banyak merek tenda camping yang bagus tersedia di pasaran, seperti Eiger, Arei, Consina, dan lainnya. Tenda camping ini memiliki kapasitas yang bervariasi. Ada tenda camping untuk 2 orang, 4 orang, 6 orang. Ada juga tenda berkapasitas besar untuk camping keluarga.Harga tenda camping juga beragam, ada tenda yang memiliki harga yang mahal, ada yang murah. Hal ini tergantung dari kapasitas, material, hingga fitur yang tersedia. Untuk Anda yang mencari rekomendasi tenda camping terbaik, Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai panduan. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2022)
    Jam tangan pendaki gunung menjadi alat penting dalam mendukung kegiatan outdoor Anda. Ada beberapa fitur penting dari jam tangan untuk mendaki gunung, seperti GPS, altimeter, barometer, dan termometer. Produknya pun kukuh dan kedap air sehingga aman untuk kegiatan outdoor.Ada banyak merek jam tangan gunung yang bagus, seperti Suunto dan Casio. Eiger, Arei, dan Consina yang merupakan merek lokal juga tak kalah berkualitas. Jika Anda mencari jam tangan outdoor terbaik, simaklah artikel ini karena kami akan membagikan cara memilihnya. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda seorang pemula yang sedang mencari sepatu trekking terbaik? Saat ini, ada banyak merek lokal dan internasional, seperti Eiger dan adidas, yang memproduksi sepatu trekking yang bagus. Bahan, desain, fitur, dan harga sepatu trekking ini beragam. Salah satu yang paling populer adalah sepatu waterproof yang tahan air.Ada juga sepatu jenis low cut yang didesain agar kaki leluasa bergerak. Kali ini kami akan membahas tips cara memilih sepatu trekking dan merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Saat melakukan kegiatan outdoor seperti trekking atau hiking, Anda membutuhkan sepatu hiking. Sepatu hiking adalah sepatu yang aman digunakan ketika Anda harus melalui medan pegunungan yang terjal dan curam. Ada banyak sepatu hiking dari berbagai merek di pasaran, seperti EIGER, Arei, dan lainnya.Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih sepatu hiking yang bagus untuk pemula. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk sepatu hiking yang bisa Anda pertimbangkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Temukan sepatu hiking yang Anda butuhkan di sini!
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar camping di alam terbuka, sleeping bag adalah salah satu perlengkapan yang tak boleh dilupakan. Sleeping bag dapat menjaga tubuh Anda agar tetap hangat. Tidur Anda akan lebih lelap bila menggunakan sleeping bag yang nyaman. Ada bermacam merek sleeping bag yang bagus, seperti Eiger, Consina, Naturehike, dan sebagainya.Karena itu, ketahuilah cara memilih sleeping bag untuk mendapatkan produk yang tepat. Di samping itu, kami juga memberikan rekomendasi sleeping bag terbaik dengan harga bervariasi. Ada sleeping bag ultralight, sleeping bag polar, sleeping bag untuk anak, dan masih banyak lagi.
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Gaiters Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gaiters Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain fisik yang tangguh, aktivitas mendaki gunung juga memerlukan perlengkapan tambahan, seperti gaiters. Gaiters ini berfungsi sebagai pelindung sepatu dan kaos kaki supaya tidak kotor terkena lumpur atau debu. Gaiters juga bisa melindungi sepatu dari masuknya kerikil, ranting kecil, hingga mencegah gigitan hewan.Saat ini banyak gaiters keluaran produsen outdoor gear ternama, seperti Consina, Kalibre, Eiger, dan Naturehike. Nah, kami akan memberikan tips dalam memilih gaiters serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Selamat membaca dan temukan gaiters yang cocok dengan kebutuhan!
    Camping & hiking
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori