1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Camping & hiking
  6. >
  7. 10 Matras Camping Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Matras Camping Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Matras Camping Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Matras Camping Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Matras Camping Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Matras Camping Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Matras Camping Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)

Matras menjadi barang yang harus dibawa saat Anda camping. Selain sebagai alas agar tidak kotor, matras mencegah suhu dingin dari tanah naik ke atas. Istirahat Anda saat camping jadi lebih nyaman dengan matras. Namun, produknya bervariasi. Ada matras angin yang tebal hingga matras busa yang empuk. Manakah yang Anda butuhkan?


Sekarang kami akan berbagi cara memilih matras camping dengan membandingkan harga dan fiturnya. Kami juga akan merekomendasikan produk dari berbagai merek yang bagus, seperti Eiger dan Naturehike. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!

Diperbaharui 10-22-2022
Pakar
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo). Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Profil Adlai Yulianus
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 27 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Tidur di area outdoor makin nyaman dengan matras camping

Tidur di area outdoor makin nyaman dengan matras camping

Melakukan kegiatan outdoor, seperti berkemah dan mendaki gunung, dapat membuat pikiran dan jiwa Anda menjadi lebih segar. Ada yang berpikiran bahwa bersentuhan dengan alam akan menjadi penyembuhan dari penatnya suasana kota. Namun, beberapa orang mempunyai kendala saat sedang berkemah, contohnya kesulitan beristirahat di dalam tenda.


Untuk itu, dibutuhkan matras yang berfungsi baik sebagai alas untuk beristirahat di tenda. Matras jenis ini direkomendasikan untuk Anda yang suka camping, tetapi mengalami kesulitan untuk tidur dengan pulas. Matras berfungsi sebagai isolator sehingga penyebaran udara dingin yang berasal dari tanah dapat dicegah. Dengan begitu, beristirahat atau tidur di dalam tenda menjadi lebih hangat. Hasilnya, Anda bisa tetap bugar selama perjalanan.


Saat ini ada banyak jenis matras camping yang bisa Anda temukan di pasaran, seperti matras busa, matras angin, dan matras inflator. Meski fungsinya serupa, setiap jenis matras punya karakteristik dan keunggulan masing-masing. Karena itu, penting untuk menggunakan matras yang sesuai dengan lokasi camping Anda. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih matras camping

Kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin yang harus Anda ketahui saat memilih matras camping. Bacalah dengan teliti setiap poinnya sehingga Anda dapat membawa pulang produk yang sesuai dengan kebutuhan.

① Pastikan jenis dan cara pemakaian matras sesuai kebutuhan Anda

Ada berbagai jenis matras camping yang tersedia di pasaran. Berikut akan kami perkenalkan jenis-jenis yang bisa menjadi bahan pertimbangan saat Anda hendak melakukan kegiatan outdoor.

Matras busa, lebih praktis dan ekonomis

Matras busa, lebih praktis dan ekonomis
Matras busa cocok untuk Anda yang tidak ingin repot. Matras ini terbuat dari foaming agent (bahan busa) seperti urethane. Jenis ini merupakan matras yang praktis untuk camping. Saat akan digunakan, Anda cukup menggelarnya. Sebaliknya, Anda hanya perlu melipat atau menggulungnya saat tidak digunakan. 

Keunggulan lainnya, harga matras camping ini lebih ekonomis dibandingkan jenis yang lain. Selain itu, Anda dapat menggunakannya walau ada bagian yang robek karena tidak diperlukan udara di dalam matras.


Meski mampu menahan udara dingin, banyak produk yang bahannya tipis sehingga tidur Anda mungkin kurang nyaman. Jika Anda mempertimbangkan kenyamanan tidur, pilihlah matras busa dengan bahan yang lebih tebal. Solusi lainnya, Anda bisa menumpuk lebih dari satu matras agar terasa lebih tebal


Anda juga bisa memilih matras yang menggunakan lapisan aluminium foil. Jenis ini biasanya lebih hangat dari matras dengan busa saja.

Matras udara, ketebalannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Matras udara, ketebalannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan
Jika Anda mengutamakan kenyamanan saat tidur, kami merekomendasikan matras udara. Matras ini dapat mengembang dan mengempis sesuai tekanan udara di dalamnya. Jadi, Anda dapat mengatur tingkat ketebalannya senyaman Anda. Apabila Anda mempunyai budget lebih, pilihlah matras yang memiliki ketebalan 10 cm atau lebih. Makin tebal ukuran matras camping, tingkat kenyamanannya pun makin baik.

Dari cara memompanya, ada dua jenis matras udara. Pertama, matras yang dipompa secara manual. Anda harus membawa pompa portabel atau meniupnya agar matras dapat dikembangkan. Ada juga matras yang sudah diberi pompa built-in. Anda cukup menginjaknya beberapa kali dan matras langsung terisi angin secara otomatis. Jenis matras ini biasanya lebih mahal. Jadi, sesuaikan dengan bujet Anda, ya.


Sebagai informasi, matras udara memiliki bobot yang lebih berat daripada matras busa. Jadi, matras ini lebih cocok untuk dibawa saat Anda melakukan kegiatan yang tidak berpindah-pindah tempat.

Matras inflator, lebih nyaman dan dapat digunakan dengan mudah

Matras inflator, lebih nyaman dan dapat digunakan dengan mudah
Matras inflator merupakan perpaduan matras busa dan matras udara. Jenis Ini adalah matras camping yang nyaman dan dapat digunakan dengan mudah. Anda hanya perlu melonggarkan katupnya dan udara akan masuk secara otomatis. Setelah itu, matras pun siap untuk Anda gunakan.

Ukuran tebal matras ini berkisar antara 3–4 cm seperti matras busa. Meskipun lebih tipis daripada matras udara, matras ini cukup empuk sebagai alas tidur. Bobotnya pun tidak seberat matras udara. Dari sisi harga, matras ini relatif lebih mahal, sesuai dengan kenyamanan dan kepraktisannya. Jika Anda sering melakukan camping, ada baiknya Anda memiliki matras inflator.

② Periksa performa insulasi untuk menghalau suhu dingin

Periksa performa insulasi untuk menghalau suhu dingin

Jika Anda berencana traveling dan camping di negeri empat musim, periksalah performa insulasi matras. Efek insulasi ini ditunjukkan dengan nilai resistansi panas atau nilai R. Makin tinggi nilai R produk, panas makin sulit keluar sehingga efek insulasi panasnya makin tinggi. Sebaliknya, nilai R yang rendah menunjukkan matras cepat mengeluarkan panas sehingga lebih cepat dingin.


  • Matras dengan nilai kurang dari R 2 sebaiknya digunakan saat musim panas. 
  • Jika Anda camping saat musim semi atau gugur, gunakan matras dengan nilai R 2 hingga R 3,5. 
  • Untuk musim dingin, pilihlah matras dengan nilai R 3 hingga R 5. 
  • Matras dengan nilai R 4 atau lebih bisa digunakan bila Anda hendak menggunakannya pada semua musim.

Di Indonesia, performa insulasi ini tidak terlalu banyak diperhatikan karena suhu di negara ini memang tidak terlampau ekstrem.

③ Untuk camping yang lebih nyaman pada berbagai musim, pilih matras yang waterproof

Untuk camping yang lebih nyaman pada berbagai musim, pilih matras yang waterproof

Saat berada di dalam tenda, biasanya ada tetesan air akibat proses kondensasi embun dan hujan. Tetesan air ini dapat membuat matras basah dan menimbulkan genangan-genangan kecil. Perlengkapan lain pun akan basah, seperti sleeping bag.


Saat matras basah, suhunya akan menjadi dingin. Oleh sebab itu, pilihlah matras yang memiliki fitur waterproof. Ada juga beberapa bahan antiair yang bisa ditemukan pada matras, salah satunya adalah PVC.

④ Sesuaikan ukuran matras camping dengan tubuh dan tenda Anda

Sesuaikan ukuran matras camping dengan tubuh dan tenda Anda
Kami menyarankan Anda untuk memilih matras yang lebih besar dari ukuran badan Anda. Jika bisa, pilihlah matras yang besar sehingga cukup untuk membalikkan badan, kaki, dan kepala. Dengan begitu, Anda dapat tidur nyenyak tanpa khawatir anggota tubuh terasa dingin karena menyentuh tanah. 

Matras yang terlalu pendek juga akan membuat kaki Anda seperti menggantung sehingga tidak baik untuk sirkulasi darah. Dampak terburuknya adalah bisa mengakibatkan tubuh kejang atau kram.


Periksa juga ukuran tempat matras akan dipasang. Jika Anda berkemah menggunakan tenda, pastikan ukuran matras tidak lebih besar dari tendanya. Begitu juga saat Anda menggunakan matras di dalam mobil atau campervan. Meski nyaman digunakan, ukuran matras yang terlalu besar akan merepotkan Anda nantinya.

⑤ Cek kemudahan matras saat dilipat dan disimpan

Cek kemudahan matras saat dilipat dan disimpan
Jika Anda sering mendaki gunung, pilihlah matras yang ringan dan dapat dilipat kecil. Hal ini karena Anda akan membawa banyak barang di dalam tas, seperti nesting dan sleeping bag.

Saat dikempiskan dan dilipat, matras udara serta matras inflator memiliki beragam ukuran. Untuk matras udara, pilihlah produk yang dapat dilipat hingga 30 cm x 13 cm. Sementara itu, ukuran ideal penyimpanan matras inflator adalah 60 cm x 20 cm atau di bawahnya. 


Jika Anda mencari matras ringan, jenis closed cell mat bisa menjadi pilihan. Berat matras ini hanya sekitar 1 kg atau kurang. Namun, ukurannya lebih tebal karena tidak bisa dilipat secara vertikal. Meskipun demikian, produknya tetap mudah untuk dibawa ke mana pun. 

Peringkat Matras Camping Terbaik

Berikut ini adalah Matras Camping terpopuler. Produk atau layanan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

SPEEDS

Camping Outdoor Sleeping Pad

SPEEDS  Camping Outdoor Sleeping Pad 1枚目

Ada kancing khusus agar mudah digabungkan dengan matras lain!

2

Cozmeed

Matras Gulung

Cozmeed Matras Gulung 1枚目

Harga terjangkau untuk beragam aktivitas outdoor

3

Naturehike

FC-12 Diamond Thick Inflatable Mat With Pillow

Naturehike FC-12 Diamond Thick Inflatable Mat With Pillow 1枚目

Memasang dan membongkar matras lebih cepat dengan dua katupnya

4

Decathlon

Quechua Nature Hiking 2 People Inflatable Camping Air Mattress

Decathlon Quechua Nature Hiking 2 People Inflatable Camping Air Mattress 1枚目

Ukurannya lebih luas untuk camping berdua

5

Consina

Sleep Warm

Consina Sleep Warm 1枚目

Berlapiskan aluminium foil yang menginsulasi panas

6

Eiger

Dreampad Mattress

Eiger Dreampad Mattress  1枚目

Lebih empuk dengan busa yang padat dan tebal

7

Svarga

Single Sleeping Pad

Svarga  Single Sleeping Pad 1枚目

Tidur makin nyaman bagaimanapun posisinya

8

Hitorhike

Sleeping Pad

Hitorhike Sleeping Pad  1枚目

Tetap tenang berkat matras yang tidak berisik

9

Mobi Garden

Sleeping Pad Ultralight

Mobi Garden  Sleeping Pad Ultralight  1枚目

Model mummy yang praktis untuk para solo hiker

10

Decathlon

Forclaz Trekking Insulated Foam Folding Mattress Trek 100

Decathlon Forclaz Trekking Insulated Foam Folding Mattress Trek 100 1枚目

Matras multifungsi yang bisa jadi tikar juga

Perincian produk
Close
No.1

SPEEDS Camping Outdoor Sleeping PadLX 018-37

Mulai dari Rp250.000,00

Ada kancing khusus agar mudah digabungkan dengan matras lain!

Umumnya, ukuran matras camping disesuaikan dengan tujuan penggunaan. Ada matras single untuk satu orang dan matras double untuk dua orang. Jika Anda menyatukan dua matras single agar jadi luas, biasanya batas di antara matras tidak rapi. Namun, tidak demikian halnya dengan matras camping tiup ini. 


Di sisi kiri dan kanan produk ini diberi kancing pengait sehingga matras dapat digabungkan dengan rapi. Saat pergi berdua, Anda bisa menyambungkan dua matras ini dengan mudah. Produk ini tentunya merupakan salah satu matras camping terbaik untuk pasangan.

No.2

Harga terjangkau untuk beragam aktivitas outdoor

Bagi Anda yang mencari matras dengan harga yang ramah di kantong, kami menyarankan untuk memilih produk ini. Harga matras camping keluaran Cozmeed ini terbilang ekonomis. Dengan begitu, Anda tidak perlu menyiapkan budget yang besar untuk mendapatkan matras camping. Tak heran bila matras ini termasuk produk favorit banyak orang.


Terbuat dari karet pilihan, produk ini tidak tembus air dan mampu menjaga permukaannya tetap hangat. Keunggulan lainnya, matras ini memiliki bobot yang cukup ringan sehingga dapat digunakan untuk beragam kegiatan outdoor. Produk ini cocok Anda bawa saat camping, hiking, memancing, atau untuk bersantai di pantai.

No.3

NaturehikeFC-12 Diamond Thick Inflatable Mat With Pillow NH19Z012-P

Mulai dari Rp378.020,00

Memasang dan membongkar matras lebih cepat dengan dua katupnya

Mengembangkan dan mengempiskan matras angin biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika Anda tidak ingin menunggu lama, kami menyarankan Anda untuk menggunakan matras camping dengan dua katup ini.

Katup pertama produk ini berfungsi untuk mengisi angin agar matras mengembang. Sementara itu, katup kedua digunakan untuk mempercepat pembuangan angin sehingga matras dapat mengempis dengan cepat. Jarak antara bagian bawah dan bagian atas matras ini pun cukup lebar. Dengan begitu, udara dingin dari bawah tidak dapat menjangkau bagian atas.

No.4

DecathlonQuechua Nature Hiking 2 People Inflatable Camping Air Mattress8561145

Mulai dari Rp490.000,00

Ukurannya lebih luas untuk camping berdua

Apakah Anda sering camping bersama keluarga? Jika iya, produk ini akan cocok untuk Anda. Ukuran matras camping tebal ini lebih besar sehingga cukup untuk dua orang dan anak-anak. Jadi, Anda hanya perlu membawa satu matras demi pemasangan yang lebih praktis. Perlu diingat, produk ini direkomendasikan untuk camping ceria karena ukurannya yang besar.

No.5

Berlapiskan aluminium foil yang menginsulasi panas

Salah satu hal yang harus dihadapi saat mendaki gunung adalah suhu dinginnya. Jika Anda ingin mencari matras busa yang hangat, pertimbangkan produk ini. Matras camping ini dilapisi dengan aluminium foil pada bagian luarnya yang berfungsi menginsulasi panas dengan baik. 


Berkat produk ini, tubuh Anda tetap hangat saat sedang beristirahat di dalam tenda. Bahkan, matras ini juga dapat digunakan sebagai emergency blanket saat keadaan darurat. Bila Anda mengalami hipotermia, selimutkan tubuh Anda dengan matras ini agar hangat kembali. Jadi, jika Anda hendak melakukan perjalanan ke daerah yang dingin, jadikanlah produk ini sebagai salah satu perlengkapan utama.

No.6

EigerDreampad Mattress 910003153

Mulai dari Rp279.000,00

Lebih empuk dengan busa yang padat dan tebal

Setelah lelah melakukan aktivitas outdoor seharian, tentu Anda ingin beristirahat dengan nyaman. Nah, Anda bisa beristirahat dengan tenang pada matras camping Eiger ini. 


Hal tersebut karena busa memori yang digunakannya memiliki kepadatan yang tinggi dan empuk sehingga tidak mudah kempis. Selain itu, matras camping empuk ini bisa mengembang sendiri. Jadi, Anda tidak perlu repot meniup atau memompanya.

No.7

Svarga Single Sleeping Pad

Mulai dari Rp544.000,00

Tidur makin nyaman bagaimanapun posisinya

Saat camping, Anda mungkin mendambakan kasur di rumah yang nyaman di badan. Anda bisa mendapatkan pengalaman yang sama dengan produk ini, lho. Permukaan matras ini berbentuk kubus yang bisa beradaptasi dengan kontur tubuh Anda. Dengan pola pada permukaannya, produk ini membuat Anda dapat tidur dengan tenang apa pun posisinya. 


Baik itu tidur telentang, menyamping, maupun tengkurap, kenyamanan tidur Anda akan terjamin dengan matras camping angin ini. Selain itu, ukuran matras ini lebih lebar dari biasanya sehingga pas untuk Anda yang tubuhnya besar. Ada juga bantal bawaan sehingga Anda tidak perlu membawa bantal tambahan.

No.8

HitorhikeSleeping Pad

Mulai dari Rp415.000,00

Tetap tenang berkat matras yang tidak berisik

Jika Anda tidak bisa tidur dengan suasana yang berisik, produk ini sepertinya akan cocok untuk Anda. Matras camping dari Hitorgike ini menggunakan bahan yang diklaim mampu mencegah suara berisik saat Anda berganti posisi tidur. Dengan demikian, istirahat Anda bisa makin tenang dan kualitas tidur Anda tetap terjaga. Selain itu, bagian bantalnya lebih besar sehingga kepala lebih nyaman saat tidur.
No.9

Mobi Garden Sleeping Pad Ultralight NXLQI63002

Mulai dari Rp609.000,00

Model mummy yang praktis untuk para solo hiker

Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang sering camping atau hiking seorang diri. Mobi Garden menawarkan matras ultralight yang berbentuk oval (mummy). Tidak hanya ringan, desainnya menyesuaikan bentuk tubuh manusia sehingga lebih compact.


Ukuran matras camping ini bahkan jauh lebih kecil saat dikemas. Dengan begitu, salah satu sleeping pad terbaik untuk solo hiker ini tidak butuh banyak tempat di dalam tas. Varian warnanya pun menarik sehingga Anda bakal tetap trendi di dalam tenda.

No.10

DecathlonForclaz Trekking Insulated Foam Folding Mattress Trek 1008543045

Mulai dari Rp450.000,00

Matras multifungsi yang bisa jadi tikar juga

Karena digunakan untuk tidur, ada kalanya ukuran matras terlalu panjang untuk jadi tikar. Nah, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan matras camping R 2,2 ini. 


Karena menggunakan sistem lipat, Anda bisa mengatur ukurannya sesuai kebutuhan. Dengan begitu, matras camping lipat ini bisa menjadi tikar yang ukurannya pas. Anda bisa menggunakannya untuk beristirahat atau tempat meletakkan barang. Bahkan, produk ini sedang digemari oleh para pegiat alam bebas karena bisa dimasukkan ke dalam carrier setelah dilipat.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan outdoor lainnya di sini

Masih ada beberapa perlengkapan outdoor lainnya yang telah kami ulas, seperti sepatu hiking, tenda camping, dan sleeping bag. Perlengkapan tersebut akan mendukung aktivitas outdoor Anda. Jadi, simak dengan saksama artikel-artikel di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Sudahkah menemukan matras camping terbaik untuk Anda? Kebutuhan matras untuk camping memang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh jenis kegiatan, lokasi, dan kondisi aktivitas Anda.


Beragam matras camping bisa ditemukan di pasaran. Kualitas, harga, dan daya tahan produknya bervariasi. Perlu diingat, salah satu kenikmatan saat camping adalah ketika tidur. Jadi, jangan sampai Anda salah memilih matras camping, ya. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer