• 10 Rekomendasi Matras Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Matras Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Matras Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Matras Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Matras Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Matras Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Apakah Anda termasuk penyuka kegiatan outdoor, seperti mendaki gunung dan camping? Salah satu perlengkapan camping yang tidak boleh dilupakan adalah matras. Sebagai alas tidur, ada berbagai jenis matras, seperti matras lipat, matras gulung, matras busa, hingga matras angin. 


Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih matras camping yang tepat untuk Anda. Ada juga berbagai rekomendasi produk matras yang bisa menjadi pertimbangan Anda, seperti EIGER, CONSINA, Naturhike, dan lainnya. Bacalah dengan teliti setiap poinnya sehingga Anda dapat menemukan matras camping yang tepat. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 26 April 2022
Daftar isi

Buat pengalaman tidur di dalam tenda menjadi lebih nyaman

Buat pengalaman tidur di dalam tenda menjadi lebih nyaman

Melakukan kegiatan outdoor, seperti berkemah dan mendaki gunung, dapat membuat pikiran dan jiwa kita menjadi lebih segar. Ada yang berpikiran bahwa bersentuhan dengan alam dapat menjadi penyembuhan dari penatnya suasana kota. Namun, beberapa orang mempunyai kendala saat sedang berkemah, seperti kesulitan beristirahat di dalam tenda. Maka dari itu, dibutuhkan matras yang berfungsi baik sebagai alas untuk beristirahat di tenda. Matras jenis ini direkomendasikan untuk Anda yang suka camping, tetapi mengalami kesulitan untuk tidur dengan pulas. 


Matras berfungsi sebagai isolator sehingga penyebaran udara dingin yang berasal dari tanah dapat dicegah. Anda pun hanya merasakan suhu hangat yang berasal oleh kantong tidur Anda. Perlu diingat, suhu udara dingin tidak hanya terjadi saat musim dingin, tetapi juga saat musim panas. Semua tergantung dari lokasi Anda melakukan camping. Jadi, pilihlah matras yang tepat agar Anda dapat tidur dengan nyaman saat berada di dalam tenda. 

Cara memilih matras camping

Kali ini, kami akan menjelaskan beberapa poin yang harus Anda ketahui saat memilih matras camping. Bacalah dengan teliti setiap poinnya sehingga Anda dapat menemukan matras yang sesuai dengan lebih mudah.

Periksa jenis dan cara pemakaian matras sesuai kebutuhan Anda

Ada berbagai jenis matras dengan cara pemasangan dan tingkat kenyamanan yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari produk matras itu sendiri. Di sini, kami akan memperkenalkan jenis matras yang bisa menjadi pertimbangan saat Anda hendak melakukan kegiatan outdoor.

Matras busa, mudah digunakan dengan harga terjangkau

Matras busa, mudah digunakan dengan harga terjangkau
Jenis matras busa atau closed cell mat direkomendasikan untuk Anda yang tidak ingin repot saat memakai matras. Sesuai dengan namanya, matras ini terbuat dari foaming agent (bahan busa), seperti urethane. Matras jenis ini praktis digunakan, Anda hanya perlu menggelarnya saja. Matras ini juga dapat disimpan dengan mudah, Anda hanya perlu melipat atau menggulungnya. 

Permukaan matras ini biasanya berwarna silver karena diproses menggunakan material aluminium. Keunggulan lainnya, matras busa memiliki harga yang lebih ekonomis dibanding dengan jenis lainnya.

Matras busa adalah jenis yang tidak memerlukan udara di dalamnya. Maka dari itu, Anda masih dapat menggunakannya meskipun matras robek sedikit. Ada beberapa produk yang dapat dipotong dengan gunting agar sesuai dengan ukuran tenda. Dengan begitu, matras bisa menutupi seluruh alas di tenda dengan pas tanpa berlebih.

Meskipun matras ini memiliki insulasi panas untuk menahan laju udara dingin, banyak produk yang bahannya tipis. Hal tersebut tentu mengurangi kenyamanan Anda saat tidur di dalam tenda. Jika Anda mencari matras dengan mempertimbangkan kenyamanan tidur, pilihlah jenis matras dengan bahan yang lebih tebal.

Matras udara, lapisan tebal dengan tingkat keras yang dapat disesuaikan

Matras udara, lapisan tebal dengan tingkat keras yang dapat disesuaikan
Nah, jika Anda menekankan kenyamanan tidur, kami merekomendasikan matras udara. Jenis matras ini dapat mengembang dan mengempis sesuai jumlah tekanan udara di dalamnya. Dengan begitu, Anda dapat mengatur ketebalan dan tingkat keras matras sesuai preferensi kenyamanan Anda. Jika Anda mempunyai budget yang berlebih, pilihlah matras yang memiliki ketebalan 10 cm atau lebih. Makin tebal matrasnya, tingkat kenyamanannya pun makin baik.

Ada dua cara untuk menginjeksi udara pada matras ini, yakni cara manual dan cara otomatis dengan pompa udara built-in. Matras dengan tipe injeksi otomatis lebih mudah digunakan. Namun, sistem injeksinya membutuhkan daya listrik agar matras dapat terpompa otomatis. Hal ini akan sedikit merepotkan untuk Anda yang melakukan kegiatan outdooor ekstrem, seperti mendaki gunung. Maka dari itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan poin ini juga, ya.


Ada banyak produk matras udara yang memiliki harga terjangkau. Fitur yang diberikan tiap-tiap matras juga bervariasi. Pilihlah matras yang mudah digunakan sesuai dengan aktivitas Anda.

Matras inflator, memberi kenyamanan ekstra dengan penggunaannya yang mudah

Matras inflator, memberi kenyamanan ekstra dengan penggunaannya yang mudah
Jika Anda ingin menyeimbangkan kenyamanan dan kemudahan, kami sarankan memilih matras inflator. Matras ini merupakan perpaduan dari matras busa dan matras udara. Pemakaiannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu melonggarkan katupnya dan udara akan masuk secara otomatis. Tebal matras ini sekitar 3 cm hingga 4 cm seperti matras busa. Meskipun lebih tipis daripada matras udara, matras jenis ini cukup empuk sebagai alas tidur.

Matras inflator relatif lebih mahal dibandingkan dengan dua jenis matras lainnya, tetapi penggunaannya lebih mudah. Jika Anda sering melakukan camping, ada baiknya untuk memiliki matras inflator ini.

Pilih ukuran matras sesuai dengan ukuran tubuh dan tenda Anda!

Pilih ukuran matras sesuai dengan ukuran tubuh dan tenda Anda!
Hal penting yang tidak boleh terlupakan saat memilih matras adalah mengecek ukuran matras itu sendiri. Kami menyarankan Anda memilih matras yang lebih besar dari ukuran badan Anda. Jika bisa, pilih matras yang besar sehingga cukup saat Anda membalikkan badan, kaki, dan kepala. Anda pun dapat tidur dengan nyenyak tanpa khawatir anggota tubuh merasa dingin karena menyentuh tanah.

Tidak hanya mempertimbangkan ukuran tubuh, periksa juga ukuran ruang pemasangan matras. Jika Anda berkemah menggunakan tenda, periksa ukuran dari tenda tersebut. Begitu juga jika Anda tinggal di dalam mobil atau campervan, lakukan hal yang sama. Jika Anda mengutamakan kenyamanan saat tidur, matras mungkin tidak muat di dalam tenda. 

Ukuran matras akan berpengaruh pada ukuran penyimpanannya. Jadi, telitilah saat memilih ukuran matras. Jangan pilih ukuran yang terlalu kecil atau terlalu besar, ya.

Periksa performa insulasi untuk menghalau suhu dingin

Periksa performa insulasi untuk menghalau suhu dingin

Apakah Anda berencana untuk berkemah di negeri empat musim? Jika iya, Anda perlu memeriksa efek insulasi panas pada matras. Efek insulasi panas ini ditunjukkan dengan nilai resistansi panas atau nilai R. Nilai resistansi panas menunjukkan berapa banyak panas yang tidak disalurkan. Makin tinggi nilai R-nya, makin sulit juga panas untuk keluar sehingga efek insulasi panasnya makin tinggi.

Matras dengan nilai R kurang dari dua sebaiknya digunakan berkemah pada musim panas. Kemudian, jika Anda melakukan camping pada musim semi atau gugur, gunakan matras dengan nilai R 2 hingga R 3,5. Sementara itu, untuk penggunaan matras di musim dingin, pilih matras dengan nilai R 3 hingga R 5. Jika Anda hendak menggunakan matras pada semua musim, gunakanlah matras dengan nilai R 4 atau lebih. Matras yang dingin membuat Anda selalu terbangun dan tidak bisa tidur. Jadi, pastikan juga Anda memeriksa hal ini juga. 

Pilih matras yang waterproof, camping di berbagai musim jadi lebih nyaman

Pilih matras yang waterproof, camping di berbagai musim jadi lebih nyaman

Saat berada di dalam tenda, biasanya terdapat tetesan air akibat dari proses kondensasi embun dan hujan. Tetesan air ini dapat membuat matras basah, dalam kasus terburuk dapat membuat genangan-genangan kecil. Maka dari itu, untuk mencegah matras basah, periksa tingkat ketahanan air pada matras. Ada beberapa bahan antiair yang bisa ditemukan pada matras, salah satunya adalah PVC.


Saat matras basah, suhu pada matras akan menjadi dingin. Tidak hanya itu, sleeping bag yang basah juga akan sulit untuk dibersihkan. Jadi, pilihlah matras dengan material waterproof, ya.

Cek portabilitas matras sehingga mudah disimpan

Cek portabilitas matras sehingga mudah disimpan
Jika Anda sering mendaki gunung, perhatikan portabilitas dari matras sehingga memudahkan untuk dibawa. Hal ini penting karena Anda akan membawa banyak barang dalam tas Anda. Maka dari itu, sebaiknya Anda memilih matras yang ringan dan dapat dilipat menjadi kecil. 

Saat dikempiskan, tekanan udara pada matras udara dan matras inflator bersifat relatif. Dengan begitu, kedua jenis matras ini memiliki ukuran penyimpanan yang bervariasi, tergantung dari mereknya. Kami menyarankan Anda memilih matras yang dapat dilipat hingga ukuran 30 cm x 13 cm untuk matras udara. Sementara itu, ukuran ideal penyimpanan matras inflator adalah 60 cm x 20 cm atau di bawahnya.

Bagi Anda yang mencari matras ringan, matras jenis closed cell mat bisa menjadi pilihan yang pas. Jenis matras ini memiliki bobot sekitar 1 kg atau kurang. Namun, matras menjadi lebih tebal karena tidak bisa dilipat secara vertikal. Meskipun demikian, matras tetap mudah untuk dibawa ke mana pun. 

10 Rekomendasi matras camping terbaik

Berikut ini, kami rekomedasikan produk-produk terbaik dan bisa diandalkan yang dapat Anda pilih. Periksa setiap keunggulan dan kekurangan produk dan pilih matras yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10
KetebalanTidak disebutkan
Ukuran200 cm X 60 cm
Ukuran saat dilipatTidak disebutkan
Berat800 gram
9
KetebalanTidak disebutkan
Ukuran178 cm x 60 cm
Ukuran saat dilipatTidak disebutkan
Berat1.000 gram
8
Ketebalan0,5 cm
Ukuran186 cm x 65 cm x 0,5 cm
Ukuran saat dilipatTidak disebutkan
Berat400 gram
7

EigerindoEIGER Dreampad Mattress

Mulai dari Rp 279.000,00

Ketebalan2,5 cm
Ukuran185 cm x 60 cm x 2,5 cm
Ukuran saat dilipatTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
6

Naturehike Outdoor Waterproof Lightweight Sleeping Pad Folding Ixpe Egg Crate

NH19QD008

Mulai dari Rp 350.000,00

Ketebalan1,8 cm
Ukuran185 cm x 56 cm x 1,8 cm
Ukuran saat dilipat56 cm x 13 cm x 15 cm
Berat460 gram
5

NaturehikeUltralight Sleeping Pad Matras Angin

NH17T023-T

Mulai dari Rp 671.000,00

Ketebalan3 cm
Ukuran187 cm x 57 x 3 cm
Ukuran saat dilipat24 cm x 10 cm
Berat380 gram
4

Bluefield Inflatable Outdoor Camping Pad

Mulai dari Rp 653.000,00

KetebalanTidak disebutkan
Ukuran185 cm x 60 cm
Ukuran saat dilipat33 cm x 15 cm
Berat1.000 gram
3

Naturehike Camping Inflatable Mattress Sleeping Pad Self-Inflating

NH19Q034-D

Mulai dari Rp 850.000,00

Ketebalan3 cm
UkuranStandar: 183 cm x 51 cm x 3 cm, large: 198 cm x 65 cm x 3 cm
Ukuran saat dilipatStandar: 26 x 18 cm, large: 33 cm x 20 cm
BeratStandar: 700 gram, large: 960 gram
2
Ketebalan 8 cm
Ukuran188 cm x 119 cm x 8 cm
Ukuran saat dilipat 23 cm x 13 cm
Berat 1.134 gram
1

Therm-a-Rest NeoAir® XLite™ Sleeping Pad

Mulai dari Rp 3.800.000,00

Ketebalan6,4 cm
Ukuran183 cm x 51 cm x 6,4 cm
Ukuran saat dilipat23 cm x 10 cm
Berat340 gram

Tabel perbandingan produk matras camping terbaik

Gambar produk
1
Therm-a-Rest  NeoAir® XLite™ Sleeping Pad 1

Therm-a-Rest

2
Klymit Double V 1

Klymit

3
Naturehike  Camping Inflatable Mattress Sleeping Pad Self-Inflating 1

Naturehike

4
Bluefield  Inflatable Outdoor Camping Pad 1

Bluefield

5
Naturehike Ultralight Sleeping Pad Matras Angin 1

Naturehike

6
Naturehike  Outdoor Waterproof Lightweight Sleeping Pad Folding Ixpe Egg Crate  1

Naturehike

7
Eigerindo EIGER Dreampad Mattress 1

Eigerindo

8
CONSINA Sleep Warm 1

CONSINA

9
Eigerindo EIGER Matras Cacing 1

Eigerindo

10
Arei Matras Corak 1

Arei

Nama produk

NeoAir® XLite™ Sleeping Pad

Double V

Camping Inflatable Mattress Sleeping Pad Self-Inflating

Inflatable Outdoor Camping Pad

Ultralight Sleeping Pad Matras Angin

Outdoor Waterproof Lightweight Sleeping Pad Folding Ixpe Egg Crate

EIGER Dreampad Mattress

Sleep Warm

EIGER Matras Cacing

Matras Corak

Keunggulan

Ultra packable! Tangguh hadapi berbagai kondisi alam

Matras couple! Ruang lebih luas untuk camping bersama

Perawatan mudah untuk penggunaan yang tahan lama

Material tangguh! Tahan goresan rumput tajam dan kerikil di pantai

Kombinasikan dengan sleeping bag agar kualitas tidur lebih baik

Berikan sensasi pijatan setelah seharian jalan-jalan dengan tekstur khasnya

Waterproof! Aman digunakan di dalam dan luar tenda

Dilapisi aluminium foil yang berguna untuk keadaan darurat!

Bentuk compact dan dapat diandalkan untuk pemula

Harga terjangkau, berguna untuk banyak kegiatan outdoor

Harga mulai dariRp 3.800.000,00Rp 2.500.000,00Rp 850.000,00Rp 653.000,00Rp 671.000,00Rp 350.000,00Rp 279.000,00Rp 75.000,00Rp 89.000,00Rp 75.000,00
Ketebalan6,4 cm 8 cm3 cmTidak disebutkan3 cm1,8 cm2,5 cm0,5 cmTidak disebutkanTidak disebutkan
Ukuran183 cm x 51 cm x 6,4 cm188 cm x 119 cm x 8 cmStandar: 183 cm x 51 cm x 3 cm, large: 198 cm x 65 cm x 3 cm185 cm x 60 cm187 cm x 57 x 3 cm185 cm x 56 cm x 1,8 cm185 cm x 60 cm x 2,5 cm186 cm x 65 cm x 0,5 cm178 cm x 60 cm200 cm X 60 cm
Ukuran saat dilipat23 cm x 10 cm 23 cm x 13 cmStandar: 26 x 18 cm, large: 33 cm x 20 cm33 cm x 15 cm24 cm x 10 cm56 cm x 13 cm x 15 cmTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Berat340 gram 1.134 gramStandar: 700 gram, large: 960 gram1.000 gram380 gram460 gramTidak disebutkan400 gram1.000 gram800 gram
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan outdoor lainnya di sini

Masih ada beberapa perlengkapan outdoor lainnya yang telah kami ulas, seperti sepatu, lentera, sleeping bag, dan lainnya. Jika Anda membutuhkannya ulasannya, silakan baca artikel lengkapnya pada tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Apakah Anda menemukan matras yang cocok untuk Anda? Kebutuhan matras untuk camping berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi jenis kegiatan, lokasi, dan kondisi aktivitas Anda.


Ada banyak matras yang bisa ditemukan di pasaran. Kualitas, harga, dan daya tahan matrasnya pun beragam. Perlu diingat, salah satu kenikmatan saat camping adalah waktu tidur. Maka dari itu, jangan sampai Anda salah memilih matras. Semoga ulasan ini membantu Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Sepatu jogging merupakan perlengkapan yang sangat dibutuhkan jika Anda menggemari olahraga lari. Merek ternama, seperti Nike, ASICS, dan adidas menyediakan sepatu jogging yang bervariasi. Namun, produk manakah yang tepat untuk dipilih?Banyaknya sepatu jogging yang ada di pasaran memang bisa membuat Anda bingung menentukan pilihan. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu jogging sekaligus memberikan rekomendasi produk yang bagus. Nah, selamat membaca dan dapatkan sepatu jogging terbaik yang Anda butuhkan!
    Running
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda lipat atau seli merupakan jenis sepeda yang cukup digemari karena desainnya yang menarik dan mudah dibawa bepergian. Di pasaran sendiri, Anda akan menemukan banyak merk sepeda lipat yang bagus, seperti Polygon, United Bike, hingga PACIFIC BIKE. Harga sepeda lipat sendiri bervariasi tergantung jenis bahan dan keunggulannya. Ada sepeda lipat dengan harga 2 jutaan, 3 jutaan, hingga puluhan juta. Nah, supaya Anda tidak kebingungan, kami akan mengulas tips memilih sepeda lipat yang bagus. Temukan rekomendasi produk sepeda lipat yang murah dan berkualitas dengan membaca artikel ini sampai tuntas.
    Sepeda
  • 10 Raket Bulu Tangkis Terbaik - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2022)
    10 Raket Bulu Tangkis Terbaik - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2022)
    Bulu tangkis atau badminton adalah olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, semua memainkannya. Raket menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.Kali ini kami akan menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih raket bulu tangkis, baik untuk pemula maupun profesional. Kami juga akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis terbaik, seperti Yonex, Adidas, dan Li-Ning. Tak ketinggalan, mantan atlet bulu tangkis, Debby Susanto dan Liliyana Natsir juga ikut memberikan rekomendasinya dalam artikel ini.
    Badminton
  • 10 Rekomendasi Raket Li-Ning Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Raket Li-Ning Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sejak menjadi sponsor banyak atlet bulu tangkis Indonesia, popularitas raket Li-Ning mulai meledak di tanah air. Merek ini menyediakan raket yang bagus untuk pemula hingga atlet profesional. Variasi serinya mampu memenuhi kebutuhan berbagai gaya permainan.Tergantung pada kebutuhan, Anda bisa memilih raket Li-Ning SS 2020, Windstorm 72, Windstorm 75, atau lainnya. Tenang saja, kami akan memandu Anda memilih produk original demi mendapat performa terbaik. Rekomendasi dan ulasan produknya pun sudah kami siapkan khusus untuk Anda. Silakan disimak pembahasan selengkapnya dari kami berikut ini!
    Badminton
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada pepatah mengatakan sedialah payung sebelum hujan. Namun, bagaimana jika Anda sedang mengendarai motor atau sepeda? Jas hujan tentu menjadi barang yang lebih Anda pilih dibandingkan payung. Baik mantel atau ponco maupun setelan, jas hujan dianggap lebih mampu menghalau air hujan dan mencegah pakaian Anda basah.Ada berbagai macam merek jas hujan yang bagus, seperti Yamaha, Respiro, Axio, Eiger, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk jas hujan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk berbagai aktivitas. Sebelum itu, kami akan menjelaskan juga cara memilihnya. Jangan dilewatkan, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Sepatu futsal merupakan elemen penting dalam olahraga futsal. Namun, terdapat perbedaan sepatu futsal menurut jenis lapangannya. Selain itu, jika Anda menginginkan sepatu yang nyaman dipakai, ada beberapa poin yang harus diperhatikan sebelum membelinya. Sering kali, hal ini membuat Anda bertanya-tanya tentang sepatu mana yang cocok untuk Anda pakai.Karena itu, kali ini kami akan mengulas artikel mengenai bagaimana cara memilih sepatu futsal yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk dari beragam merek, seperti Mizuno, Adidas, dan Specs. Pilihlah sepatu futsal terbaik yang sesuai dengan lapangan dan gaya bermain Anda!
    Sepak bola & futsal
  • 10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lari merupakan salah satu olahraga cardio yang banyak digemari. Apabila ingin menekuni olahraga ini, gunakanlah peralatan yang menunjang. Salah satu peralatan yang perlu dipertimbangkan adalah jam tangan lari atau running watch. Pastikan fitur-fitur yang ada pada running watch mendukung kegiatan berlari Anda, misalnya GPS yang akurat dan pemutar musik. Untuk membantu Anda, kali ini kami akan memberikan tips memilih running watch. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek running watch yang bagus, seperti Garmin, SUUNTO, dan Polar. Temukan produk yang paling sesuai untuk menemani kegiatan jogging rutin ataupun profesional Anda!
    Gym & fitness
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori