1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Sepatu wanita
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Flat Shoes Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Flat Shoes Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Flat Shoes Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Flat Shoes Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Flat Shoes Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Flat Shoes Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Flat Shoes Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)

Flat shoes atau sepatu balet merupakan fashion item yang wajib dimiliki oleh setiap wanita. Selain nyaman, sepatu flat juga disukai karena membawa kesan praktis tanpa mengesampingkan gaya. Berbagai merek flat shoes yang bagus dapat Anda pilih mulai dari brand lokal hingga impor.


Simak terus artikel kami dan temukan tips memilih flat shoes terbaik yang akan kami ulas tuntas. Anda bisa memilih sepatu flat wanita yang awet, empuk, kekinian, atau sesuai preferensi lainnya. Anda juga dapat mengintip rekomendasi flat shoes terbaik dari merek Hush Puppies, URBAN&CO dan Buccheri. Yuk, langsung simak tipsnya!

Diperbaharui 11-29-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Dona Handayani

Dona Handayani merupakan lulusan dari Universitas Multimedia Nusantara jurusan jurnalistik. Kecintaannya terhadap menulis sudah melekat sejak masih duduk di bangku SMA. Setelah lulus kuliah, Dona sempat bekerja di perhotelan dan perusahaan startup fashion. Namun, sekarang ibu satu anak ini fokus menjaga sang buah hati sambil terus melakukan hobi menulisnya. Di waktu senggang, Dona senang melakukan wisata kuliner. Mencoba makanan atau mendatangi tempat yang sedang hype dan populer adalah kegiatan favoritnya.

Profil Dona Handayani
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih flat shoes untuk wanita

Model dan harga biasanya merupakan dua hal utama yang wanita lihat saat memilih sepatu flat. Namun, untuk menemukan flat shoes yang pas, masih ada beberapa faktor lain yang harus Anda perhatikan. Berikut ini ulasannya!

① Tentukan berdasarkan bahannya

Bahan sepatu adalah hal yang kerap diperhatikan pertama kali dalam memilih sepatu. Beda bahan, beda kesan yang ditimbulkan oleh sepatu tersebut. Tak hanya itu, setiap bahan yang dipakai pada komponen sepatu juga memiliki keunggulannya masing-masing. Mari cek penjelasannya di bawah ini!

Bahan kulit, ideal untuk acara formal

Bahan kulit, ideal untuk acara formal

Kulit adalah bahan yang banyak digunakan sebagai bahan sepatu. Bahan kulit umumnya didapatkan dari kulit hewan, seperti sapi, kambing, domba, dan lain sebagainya. Sepatu balet yang berbahan utama kulit akan memberikan kesan formal dan profesional.


Bahan kulit asli mempunyai karakteristik kuat, fleksibel, dan elastis. Karena karakteristiknya tersebut, sepatu kulit cenderung awet dan tahan gores. Sayangnya, bahan ini cukup mahal, berat, dan tidak tahan air. Namun, selain kulit yang berasal dari hewan asli, ada juga kulit yang terbuat dari bahan sintetis.


Kulit dari bahan sintetis umumnya berasal dari polyurethane, biasa disebut sebagai kulit sintetis atau PU leather. Kulit sintetis merupakan pilihan yang terjangkau jika menginginkan flat shoes kulit. Sepatu dengan bahan utama kulit sintetis cenderung lebih ringan dan tahan air.

Bahan tekstil, bahan andalan untuk sepatu yang lebih kasual

Bahan tekstil, bahan andalan untuk sepatu yang lebih kasual

Di samping bahan kulit, bahan tekstil juga merupakan bahan yang sering digunakan. Bahan tekstil tersedia banyak variasi warna, tenunan, serat, dan denier (berat benang). Jenis tekstil yang sering digunakan sebagai bahan sepatu juga beragam, ada katun, wol, polyester, nilon, dan sebagainya.


Setiap jenis tekstil mempunyai tampilan dan karakteristik yang berbeda. Namun, umumnya bahan tekstil bersifat ringan, kuat, elastis, dan breathable. Salah satu jenis tekstil yang kerap digunakan adalah kanvas. Kanvas umumnya terbuat dari serat katun, tetapi ada juga yang terbuat dari serat linen atau polyester. Karena sifatnya breathable, bahan ini cocok digunakan di iklim tropis.

Bahan karet, pas dipakai saat musim hujan

Bahan karet, pas dipakai saat musim hujan

Flat shoes berbahan karet paling pas dipakai saat musim hujan. Bahannya tidak akan menyerap air dan lebih mudah dikeringkan saat basah. Anda cukup mengelapnya menggunakan tisu dan sepatu sudah kering seperti sediakala. Selain untuk sepatu, bahan karet juga sering digunakan untuk membuat sol.


Sebagai bahan sol, karet mempunyai keunggulan karena elastis, tahan air, dan tahan aus. Ia juga cenderung berat dan tampak tebal. Namun, karena sifatnya tersebut, sol dari karet akan membuat pemakainya nyaman berjalan. Terutama pada flat shoes dan sepatu formal dengan hak cukup tinggi, sol karet akan membantu pemakainya berjalan lebih seimbang.

② Sesuaikan dengan bentuk telapak kaki Anda

Sesuaikan dengan bentuk telapak kaki Anda

Sebagian besar orang mungkin membeli flat shoes berdasarkan ukuran atau lebar telapak kaki saja. Inilah yang menyebabkan sepatu terkadang tidak pas di kaki. Padahal, bentuk telapak kaki manusia umumnya dibagi menjadi tiga tipe, yaitu tipe kotak, tipe Yunani, dan tipe Mesir. Berikut ini penjelasannya.


  • Tipe kotak

Tipe kotak adalah jenis jari kaki yang panjang keseluruhan jarinya terlihat sejajar. Telapak kaki orang dengan tipe jari seperti ini umumnya terlihat lebar. Meski sepatu pointed toe bisa membuat kaki terlihat ramping, memakainya terlalu lama bisa membuat jari sakit dan lecet. Maka dari itu, kaki jenis ini lebih disarankan untuk memakai sepatu model square toe.


  • Tipe Yunani

Bila Anda memiliki jari telunjuk kaki lebih panjang dibandingkan jari lainnya, Anda memiliki kaki tipe Yunani. Bentuk kaki ini lebih cocok mengenakan sepatu model pointed toe. Jari telunjuk tidak akan terasa sempit karena pointed toe memiliki ruang cukup panjang di bagian ujung tengah.


  • Tipe Mesir

Sepertinya kebanyakan orang di Indonesia memiliki model kaki tipe ini. Tipe ini adalah tipe jari kaki dengan posisi ibu jari paling menonjol. Bentuk kaki ini ideal memakai sepatu model round toe. Namun, memakai sepatu model square toe pun tidak masalah.

③ Pastikan sepatu yang dipilih tampak bagus di depan cermin

Pastikan sepatu yang dipilih tampak bagus di depan cermin

Saat memilih sepatu balet, jangan hanya melihat dari desainnya saja. Akan tetapi, pastikan juga sepatu tersebut tampak indah di kaki ketika dikenakan. Jika sepatu jenis lainnya hanya perlu menyesuaikan keserasian dengan busana, berbeda dengan flat shoes.


Anda perlu menyesuaikan desain flat shoes dengan bentuk tubuh dan pakaian yang Anda kenakan. Ketika bercermin, pastikan flat shoes yang Anda pilih tampak indah dan serasi di kaki Anda!

10 Rekomendasi flat shoes terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk flat shoes terbaik untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Blow

Edna Flats Shoes

Blow  Edna Flats Shoes  1枚目

Insole-nya empuk, kaki jadi tidak mudah pegal

2

PVN

Yara Balet Women Shoes

PVN Yara Balet Women Shoes  1枚目

Tersedia hingga ukuran besar sekalipun!

3

Be-Bob

Shoes Wenda

Be-Bob Shoes Wenda 1枚目

Produk lokal yang kualitasnya tak kalah dengan produk luar

4

Viditi

Flat Shoes Popy Flat

Viditi Flat Shoes Popy Flat 1枚目

Terlihat mewah berkat aksen jewelry-nya

5

URBAN&CO

Flat Shoes Noreen

URBAN&CO Flat Shoes Noreen 1枚目

Warnanya yang polos bikin jadi mudah di-mix and match

6

Gio Saverino

Flat Shoes Mellisa

Gio Saverino  Flat Shoes Mellisa  1枚目

Bahannya lentur dan fleksibel, sampai bisa dilipat dua!

7

Lace Lynelle

Flatshoes Thami

Lace Lynelle Flatshoes Thami 1枚目

Detail pitanya buat penampilan jadi makin manis, pas untuk ke pesta

8

Hush Puppies

Sepatu Slip On Wanita Valerina

Hush Puppies Sepatu Slip On Wanita Valerina  1枚目

Bagian upper-nya antiair dan mudah dibersihkan

9

Vera Nevada

FlyKnit Flat Slip On

Vera Nevada FlyKnit Flat Slip On  1枚目

Sepatu antilecet yang nyaman dipakai seharian

10

Buccheri

Byca Flats

Buccheri  Byca Flats  1枚目

Bahannya awet, tampilannya pun elegan

Perincian produk
Close
No.1

Blow Edna Flats Shoes BLNW 0003

Mulai dari Rp377.000,00

Insole-nya empuk, kaki jadi tidak mudah pegal

Kelebihan:

  • Bukan hanya insole, upper-nya pun empuk dan nyaman saat digunakan

Kekurangan:

  • Quality control kurang, beberapa customer mendapat produk yang sedikit rusak atau ukurannya tidak sesuai

Sepatu balet atau flat shoes memang tidak diperuntukkan untuk dipakai berjalan kaki terlalu lama. Terkadang, bagian insole-nya tidak dirancang untuk memberi kenyamanan pada kaki. Hasilnya, jika terlalu lama dipakai kaki bisa sakit atau terasa cepat pegal.


Berbeda dengan produk ini, insole-nya dirancang sedemikian rupa sehingga terasa empuk dan membuat kaki tidak mudah pegal. Dipakai lama atau berjalan kaki cukup jauh, kaki akan terasa lebih nyaman. Ditambah lagi, outsole-nya yang terbuat dari karet membuat sepatu ini jadi tidak licin. Pas dipakai untuk Anda yang senang memakai flat shoes untuk pergi ke mana pun. 

No.2

PVNYara Balet Women Shoes 030

Mulai dari Rp319.900,00

Tersedia hingga ukuran besar sekalipun!

Kelebihan:

  • Memiliki ukuran sepatu yang besar hingga 42 cm

Kekurangan:

  • Bahannya kaku sehingga cukup sakit dipakai saat awal pemakaian

Kebanyakan sepatu wanita hanya tersedia sampai ukuran 40 atau 41. Namun, sepatu dari PVN memiliki ukuran besar hingga 42 cm. Bagi Anda yang berkaki besar, Anda tak perlu pusing mencari sepatu merek luar lagi untuk dibeli.


Dengan harga yang lumayan terjangkau, kini Anda bisa memiliki flat shoes wanita dengan model yang cantik dan manis. Salah satu produk yang kami rekomendasikan adalah Yara Balet Women Shoes. Warnanya netral dengan aksen pita dan pelat berwarna senada. Dipadukan dengan pakaian warna apa pun, pasti keren!

No.3

Be-BobShoes WendaX19041

Mulai dari Rp599.000,00

Produk lokal yang kualitasnya tak kalah dengan produk luar

Kelebihan:

  • Insole-nya empuk sehingga tidak membuat kaki cepat pegal

Kekurangan:

  • Bahannya sedikit kaku sehingga bisa menyebabkan sakit dan lecet di awal pemakaian

Produk asal Bandung ini bisa Anda jadikan pilihan bagi yang sedang mencari sepatu produk lokal. Kualitas sepatunya tak kalah dengan sepatu-sepatu buatan luar, nyaman dipakai, dan tahan lama. Ditambah dengan sol sepatu yang terbuat dari karet, sepatu ini jadi makin awet.


Dengan warna nude yang lembut, sepatu ini cocok dipadukan dengan pakaian apa pun. Anda bisa mengenakan kaus dan celana jeans, dress, atau rok. Warnanya juga cocok untuk Anda yang berkulit putih atau kuning. Pasti kulit Anda akan terlihat lebih cerah!

No.4

ViditiFlat Shoes Popy Flat

Mulai dari Rp699.000,00

Terlihat mewah berkat aksen jewelry-nya

Kelebihan:

  • Bahannya lembut dan lentur, nyaman dipakai seharian dan tidak akan membuat kaki lecet
  • Bagian outsole-nya didesain antiselip

Kekurangan:

  • Karena modelnya pointed, untuk pemilik jari kaki lebar mungkin akan tidak nyaman dan lecet

Untuk tampil mewah dan elegan, Anda tak perlu repot memakai high heels ke pesta. Dengan model flat shoes yang tepat, Anda bisa memakainya ke acara formal seperti pesta pernikahan atau sebagainya.


Anda bisa memilih flat shoes dari Viditi yang memiliki aksen pita dengan tambahan jewelry ini. Model sepatunya yang berbentuk pointed juga akan menambah kesan langsing pada kaki Anda. Pakai baju pesta yang simpel sekalipun, penampilan Anda akan jadi stand out berkat sepatu ini!

No.5

URBAN&COFlat Shoes Noreen

Mulai dari Rp229.900,00

Warnanya yang polos bikin jadi mudah di-mix and match

Kelebihan:

  • Nyaman dipakai untuk Anda yang memiliki jari kaki yang lebar

Kekurangan:

  • Heel cap-nya terlalu tinggi sehingga mungkin membuat tumit sakit saat dipakai berjalan

Jika Anda hobi me-mix and match pakaian, Anda bisa membeli sepatu berdesain polos. Sepatu tanpa motif seperti ini lebih mudah untuk di-mix and match dengan pakaian warna dan model apa pun.


Anda bebas memilih pakaian polos ataupun pakaian bermotif. Ada beberapa warna netral yang bisa Anda pilih, seperti hitam, oranye, hijau, atau gold. Langsung check out sekarang sebelum kehabisan!

No.6

Gio Saverino Flat Shoes Mellisa

Mulai dari Rp610.000,00

Bahannya lentur dan fleksibel, sampai bisa dilipat dua!

Kelebihan:

  • Bobotnya ringan, tidak membebani kaki meski dipakai lama
  • Modelnya lentur dan fleksibel sehingga mengikuti kontur kaki saat dipakai berjalan

Kekurangan:

  • Bagian outsole sepatunya agak licin

Bahan sepatu yang kaku sering kali membuat kaki jadi mudah lelah dan pegal. Bila Anda sering merasa begitu, carilah sepatu yang lentur dan fleksibel seperti produk ini.


Karena fleksibel, sepatu ini bahkan bisa dilipat menjadi dua! Dengan demikian, Anda bisa membuktikan sendiri jika sepatu ini nyaman dikenakan harian. Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang mencari sepatu berdesain tipis dan mengikuti kontur kaki.

No.7

Lace LynelleFlatshoes Thami

Mulai dari Rp389.000,00

Detail pitanya buat penampilan jadi makin manis, pas untuk ke pesta

Kelebihan:

  • Insole-nya empuk sehingga tidak membuat kaki cepat pegal

Kekurangan:

  • Beberapa stok tidak ready sehingga harus pre-order dan memakan waktu lama untuk pengiriman

Bagi Anda wanita feminin yang suka memakai rok girly, kami sarankan untuk memadukannya dengan flats dari Lace Lynelle ini. Dengan tambahan aksen pita besar dan warna pink yang feminin, baju simpel sekalipun jadi terlihat lebih anggun dan cantik.


Ditambah lagi, bahan sepatu yang terbuat dari lace brokat menjadikan sepatu ini terlihat makin indah dan memesona. Anda bisa memakainya untuk dipadukan dengan gaun pesta atau dress formal lainnya. Selain warna nude, ada juga warna black yang tak kalah cantik, lho!

No.8

Hush PuppiesSepatu Slip On Wanita Valerina

Mulai dari Rp799.000,00

Bagian upper-nya antiair dan mudah dibersihkan

Kelebihan:

  • Bagian upper-nya yang terbuat dari PVC mudah dibersihkan saat kotor atau terkena percikan air
  • Bagian insole-nya empuk dan dapat menyerap keringat

Kekurangan:

  • Bahan insole-nya terbuat dari tekstil sehingga tidak bisa dipakai saat hujan atau menginjak area yang becek

Untuk Anda wanita dengan aktivitas tinggi, baik di luar maupun di dalam ruangan, sepatu ini bisa jadi pilihan tepat. Terbuat dari bahan PVC berkualitas, sepatu ini akan awet karena tahan air dan panas. Bahan PVC juga mudah dibersihkan dari debu dan percikan air.


Dipakai di dalam ruangan sekalipun, tampilan sepatu ini tetap terlihat menarik dan cantik. Di bagian ujung sepatunya terdapat lubang kecil untuk pertukaran udara supaya kaki tidak terasa pengap.

No.9

Vera NevadaFlyKnit Flat Slip On A07

Mulai dari Rp200.000,00

Sepatu antilecet yang nyaman dipakai seharian

Kelebihan:

  • Bahannya lembut dan lentur sehingga terasa nyaman saat dipakai
  • Insole-nya empuk, membuat kaki tidak mudah pegal

Kekurangan:

  • Insole-nya tidak di lem atau tidak menempel ke sepatu sehingga mudah lepas

Salah satu kekurangan sepatu flat wanita adalah sering membuat lecet saat pertama kali dipakai. Namun, dengan sepatu ini, hal itu tak akan terjadi pada Anda. Sepatu ini terbuat dari bahan kanvas elastis yang lentur menyerupai bahan rajutan.


Bahannya lembut dan tidak akan membuat kaki lecet meski baru dipakai. Tak hanya itu, bahan ini juga menyerap keringat serta memiliki sirkulasi udara yang sangat baik. Jadi, buat Anda yang mudah berkeringat, sepatu ini wajib Anda lirik!

No.10

Bahannya awet, tampilannya pun elegan

Kelebihan:

  • Bahannya awet dan jahitannya kuat

Kekurangan:

  • Modelnya mungkin kurang modern dan terkesan oldies bagi sebagian orang

Jika Anda mencari sepatu flat yang awet dan tahan lama, kami merekomendasikan produk ini. Berbahan kulit sapi asli, kualitas sepatu Buccheri tak perlu diragukan lagi. Jahitannya kuat, bahannya pun pasti tahan lama.


Buccheri memang terkesan oldies, tetapi ada beberapa model sepatunya yang timeless dan bisa dipakai anak muda sekalipun. Anda bisa memilih Byca Flats yang cocok untuk tampilan formal ke kantor. Namun, jika Anda menyukai kesan rapi dan elegan, sepatu ini juga bisa digunakan untuk tampilan kasual. Padukan dengan casual shirt dan jeans untuk dipakai sehari-hari.

Tips memilih ukuran sepatu yang tepat saat belanja online

Tips memilih ukuran sepatu yang tepat saat belanja online

Jika hendak membeli sepatu secara online, ukur terlebih dahulu kaki Anda untuk mendapatkan sepatu yang pas. Cara mengukurnya adalah dengan menggambar kaki Anda di kertas, lalu ukur mulai dari ujung jari kaki hingga ujung tumit. Sebagai panduan, berikut adalah daftar ukuran sepatu wanita yang umum digunakan.


  • Size 36 = 23 cm
  • Size 37 = 23,5 cm
  • Size 38 = 23,8 cm
  • Size 39 = 24,5 cm
  • Size 40 = 25,1 cm
  • Size 41 = 25,4 cm
  • Size 42 = 26,5 cm
  • Size 43 = 27,5 cm


Setelah Anda mengukur dan mengetahui ukuran sepatu yang tepat, perhatikan merek atau brand sepatu yang Anda beli. Ada tiga standar ukuran sepatu yang berbeda, yaitu UK, US, dan EU. Sepatu di Indonesia umumnya menggunakan standar ukuran EU, seperti size yang kami tuliskan di atas. Anda bisa mengecek di Google bila ada merek sepatu yang menggunakan standar berbeda dari EU.

 
Kemudian, bila Anda memilih sepatu berujung pointed toe, kami menyarankan untuk memilih satu ukuran lebih besar dibandingkan ukuran sepatu Anda seharusnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari lecet pada jari kaki dan mencegah jari kaki terimpit karena ujung yang terlalu lancip.

Baca juga rekomendasi outfit yang cocok dipadukan dengan flat shoes di sini

Flat shoes sangat cocok dipakai bersamaan dengan dress atau rok untuk menunjang penampilan feminin Anda. Untuk itu, kami juga mau merekomendasikan beberapa outfit yang cocok dipadukan dengan flat shoes. Bila Anda penasaran, langsung klik tautan di bawah ini untuk membaca artikel selengkapnya.

Kesimpulan

Kami berharap ulasan di atas dapat membantu Anda menemukan flat shoes cantik yang pas untuk dikenakan. Sesuaikanlah sepatu flat yang Anda pilih dengan gaya dan aktivitas sehingga sepatu tersebut dapat mendukung performa Anda.

Untuk penampilan yang lebih modis, jangan takut mencoba nuansa baru dengan memilih warna-warna cerah yang sedang tren. Jadi, apakah Anda sudah memutuskan akan membeli sepatu yang mana?

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer