• Review: 10 Rekomendasi Cushion Foundation Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • Review: 10 Rekomendasi Cushion Foundation Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • Review: 10 Rekomendasi Cushion Foundation Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • Review: 10 Rekomendasi Cushion Foundation Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • Review: 10 Rekomendasi Cushion Foundation Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

Review: 10 Rekomendasi Cushion Foundation Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Cushion foundation merupakan produk kecantikan dengan coverage yang baik dan bisa diaplikasikan tanpa alas makeup lainnya. Karena itu, produk ini cocok digunakan pada pagi yang sibuk. Dalam beberapa tahun terakhir, makin banyak cushion foundation yang tersedia di pasaran. Tak hanya brand Korea Selatan, merk ternama, seperti Lancôme, NARS, Maybelline, dan lainnya pun turut memproduksi cushion foundation. Namun, banyaknya pilihan mungkin membuat Anda kebingungan saat memilih.

Kali ini, tim editorial mybest di Jepang akan mengulas berbagai cushion foundation dengan bantuan makeup artist profesional. Saat memverifikasi, kami menilai produk berdasarkan dua poin berikut ini.

   1. Hasil akhir

   2. Keawetan


Penasaran cushion foundation mana yang bagus? Baca artikel mybest original review ini untuk mendapatkan cushion foundation terbaik!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Noni Khairani
Mindy Teja
  • Pembaharuan terakhir: 04 Maret 2021
  • 162.262 Views
Daftar isi

Kerja sama penilaian bersama hair and makeup artist profesional

Kerja sama penilaian bersama hair and makeup artist profesional

Dalam mybest original review kali ini, tim kami bekerja sama dengan seorang makeup artist (MUA) dan penata rambut profesional, Fujiwara Rika. Ia telah menangani makeup serta riasan rambut bagi sejumlah model dan talent terkenal. Selain itu, ia juga aktif sebagai aroma advisor, penulis, dan penyelia di bidang kecantikan.

Cushion foundation, aplikasi cepat dengan coverage luar biasa!

Cushion foundation, aplikasi cepat dengan coverage luar biasa!

Cushion foundation, atau akrab disebut "cushion", umumnya berupa sponge yang direndam dengan foundation cair, lalu dikemas seperti compact powder. Produk ini banyak digemari berkat daya coverage-nya yang tinggi meskipun tanpa alas makeup ataupun concealer. Dengan memakai cushion foundation, base makeup Anda akan rampung dalam sekejap! Selain itu, cushion foundation juga bisa diaplikasikan tanpa mengotori tangan Anda.


Hasil akhir pemakaian cushion, mulai dari matte sampai dewy, juga bervariasi tergantung produknya. Berbagai kelebihan yang ditawarkan membuat banyak brand berlomba-lomba memproduksinya.


Satu kekurangan dari cushion foundation adalah isinya yang lebih sedikit dibandingkan tipe foundation lain. Jika Anda menggunakan cushion foundation setiap hari, isinya mungkin akan cepat habis tanpa disadari. Oleh karena itu, pemakaian cushion sebagai foundation cadangan juga bisa Anda jadikan pertimbangan.

Cara memilih cushion foundation

Kali ini, kami akan memperkenalkan empat poin yang sebaiknya Anda perhatikan saat membeli cushion foundation.

① Pilihlah tekstur finishing yang Anda sukai

Umumnya, cushion foundation memiliki dua jenis hasil akhir, yaitu dewy dan matte. Pilihlah berdasarkan finishing yang Anda sukai.

Hasil akhir dewy atau semimatte, untuk kesan wajah lembap

Hasil akhir dewy atau semimatte, untuk kesan wajah lembap
Bagi Anda yang berkulit kering atau tidak menyukai looks yang kaku, kami merekomendasikan hasil akhir dewy atau semimatte. Dengan finishing seperti ini, kulit akan terlihat lembut serta berkilau, bebas dari rasa kering dan kaku.

Selain itu, cushion foundation dengan dewy finish juga tidak mudah kering. Setelah dipakai seharian hingga malam hari pun, kulit wajah Anda akan tetap terlihat lembap dengan cushion foundation tipe ini.

Hasil akhir matte, untuk mencegah kesan berminyak

Hasil akhir matte, untuk mencegah kesan berminyak
Saat memakai makeup dalam waktu lama, kulit kemungkinan akan mulai terlihat berminyak. Jika Anda ingin menghindari hal tersebut, pilihlah cushion dengan hasil akhir matte yang lembut. Produk dengan matte finish juga memiliki kemampuan coverage yang optimal dan cocok untuk menutupi pori-pori wajah.

Namun, daya coverage yang tinggi menyebabkan hasil akhir matte mudah memberi kesan makeup tebal. Karena itu, seimbangkanlah jumlah pemakaiannya dengan baik.

② Cushion dengan toleransi keringat dan sebum yang tinggi akan lebih awet

② Cushion dengan toleransi keringat dan sebum yang tinggi akan lebih awet

Ketahanan makeup terhadap keringat dan sebum sangat berpengaruh pada keawetan riasan Anda. Cushion dengan keterangan "waterproof" atau "tahan keringat dan sebum" menunjukkan bahwa produk tersebut tidak mudah luntur. Namun, hal ini tentunya sulit untuk diketahui apabila tidak dicoba langsung. Oleh karena itu, jadikanlah hasil verifikasi kami sebagai bahan pertimbangan Anda.

③ Pastikan warna foundation selaras dengan tone leher Anda

③ Pastikan warna foundation selaras dengan tone leher Anda

Dalam pemilihan foundation, sangat penting untuk mencari produk yang warnanya hampir sama dengan ketika dipulaskan pada wajah. Warna yang terlalu cerah akan membuat wajah jadi putih dan terlihat lebih besar. Sebaliknya, warna yang terlalu gelap cenderung membuat kulit terlihat kusam. Kecocokan warna sangat memengaruhi impresi terhadap Anda. Oleh karena itu, pilihlah dengan sangat hati-hati.


Saat menilai warna yang paling pas, cocokkanlah warna foundation dengan tone kulit pada bagian batas antara wajah dan leher Anda. Hindari mencocokkan warna pada lengan ataupun punggung tangan. Pulaskan foundation pada bagian leher, lalu perhatikan dari jauh. Apabila Anda tidak menyadari perbedaan antara kulit leher asli dengan bagian yang dipoles foundation, itulah warna yang paling cocok.

④ Sesuaikan SPF/PA cushion dengan gaya hidup Anda

④ Sesuaikan SPF/PA cushion dengan gaya hidup Anda

Memilih base makeup dengan fungsi anti-UV adalah suatu keharusan. Sesuaikan angka SPF/PA pada cushion dengan lifestyle Anda. Pilihlah produk dengan SPF/PA yang tinggi apabila Anda banyak beraktivitas di luar ruangan. Sebaliknya, jika Anda lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan, SPF/PA yang rendah saja mungkin sudah mencukupi.


Apabila cushion pilihan Anda tidak dilengkapi SPF/PA, akali dengan memakai sunscreen secara terpisah. Sangat penting untuk melindungi wajah dari sinar ultraviolet demi mencegah keriput dan noda wajah di kemudian hari.

Review cushion foundation terpopuler

Review cushion foundation terpopuler

Kali ini, tim mybest telah me-review sejumlah cushion foundation terpopuler yang tersedia di pasaran. Produk manakah yang paling sesuai dengan Anda?


Sesuai dengan cara memilih di atas, kami memverifikasi produk berdasarkan poin-poin berikut ini.

Verifikasi ①:Hasil akhir/finishing

Verifikasi ②:Keawetan

Verifikasi ①:Hasil akhir / finishing

Verifikasi ①:Hasil akhir / finishing

Hal pertama yang kami verifikasi adalah hasil akhir atau finishing. Fujiwara Rika memakaikan cushion foundation pada model, lalu menilai hasilnya berdasarkan coverage serta kemampuannya dalam membuat kulit terlihat lebih cerah.

[Highlight] Finishing dinilai dari kualitas coverage dalam usapan tipis

[Highlight] Finishing dinilai dari kualitas coverage dalam usapan tipis

Secara umum, cushion foundation memiliki kemampuan coverage pada level tertentu. Jadi, poin penting dalam memilih cushion adalah memperhatikan seberapa baik kemampuan coverage-nya ketika hanya dipoleskan tipis pada wajah.


Dari segi finishing, Fujiwara Rika dan tim mybest dibuat kagum dengan cushion yang dapat sedikit meng-cover setelah diaplikasikan tipis pada kulit. Kami sangat merekomendasikan cushion dengan daya coverage memuaskan, tetapi tetap membuat kulit terlihat bening seperti tidak memakai makeup.


Sebaliknya, kami tidak bisa memberikan nilai tinggi untuk cushion dengan finishing yang membuat kulit terlihat kelabu. Cushion dengan hasil finishing terlalu matte dan kelabu bisa membuat Anda terlihat lebih tua dan tidak memberikan efek bening pada kulit. Sebaiknya hindari cushion foundation dengan hasil akhir seperti itu.

Verifikasi ② Keawetan

Verifikasi ② Keawetan

Selanjutnya kami melakukan verifikasi pada keawetan cushion. Pertama, kami mengoleskan tipis cushion foundation pada kulit buatan. Setelah itu, kami menyemprotkan keringat buatan yang terbuat dari campuran air suam dan minyak kuda. Terakhir, kami mengecek seberapa kuat ketahanan foundation terhadap semprotan cairan tersebut.

[Highlight] Sebagian besar cushion yang diverifikasi mendapatkan skor tinggi dan cenderung tidak mudah luntur

[Highlight] Sebagian besar cushion yang diverifikasi mendapatkan skor tinggi dan cenderung tidak mudah luntur

Dari puluhan cushion yang kami review, sebagian besar di antaranya terbukti tahan terhadap keringat dan mendapatkan nilai tertinggi! Produk-produk ini memiliki toleransi yang baik terhadap keringat sehingga tidak mudah luntur meskipun dipakai saat berolahraga.


Cushion dengan hasil akhir dewy tampak sedikit luntur, tetapi secara keseluruhan masih terlihat baik. Dari hasil ini, kami menyimpulkan bahwa cushion dengan dewy finish sedikit lebih mudah luntur daripada cushion dengan hasil akhir matte.


Namun, ada kemungkinan foundation akan luntur apabila tidak dialasi dengan skincare yang solid. Karena itu, pakailah skincare dengan cermat sebelum memoleskan cushion foundation!

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

Tabel perbandingan produk cushion foundation terbaik mybest original review

Gambar produk
1
NARS Cosmetics Natural Radiant Longwear Cushion Foundation 1

NARS Cosmetics

2
Amorepacific Corporation IOPE Air Cushion® Cover 1

Amorepacific Corporation

3
Bobbi Brown Skin Long-Wear Weightless Foundation SPF 50 PA+++ Full Cover Cushion Compact 1

Bobbi Brown

4
L'Oreal Indonesia Lancôme Teint Idole Ultra Wear Cushion 1

L'Oreal Indonesia

5
Bekeikorea Klavuu Blue Pearlsation High Coverage Marine Collagen Aqua Cushion 1

Bekeikorea

6
L'Oreal Indonesia Maybelline New York Super Cushion Ultra Cover Cushion 1

L'Oreal Indonesia

7
Shiseido Synchro Skin Self-Refreshing Cushion Compact 1

Shiseido

8
L'Oreal Indonesia Yves Saint Laurent Le Cushion Encre de Peau 1

L'Oreal Indonesia

9
Innisfree Light Fit Cushion 1

Innisfree

10
Etude House Double Lasting Cushion 1

Etude House

Nama produk

Natural Radiant Longwear Cushion Foundation

IOPE Air Cushion® Cover

Skin Long-Wear Weightless Foundation SPF 50 PA+++ Full Cover Cushion Compact

Lancôme Teint Idole Ultra Wear Cushion

Klavuu Blue Pearlsation High Coverage Marine Collagen Aqua Cushion

Maybelline New York Super Cushion Ultra Cover Cushion

Synchro Skin Self-Refreshing Cushion Compact

Yves Saint Laurent Le Cushion Encre de Peau

Light Fit Cushion

Double Lasting Cushion

Keunggulan

Best item! Tampil cerah natural seperti tanpa makeup

Hasil dewy look dengan coverage yang baik, siapa pun bisa menggunakannya

Meratakan warna wajah dan membuat kulit terkesan sehat berkilau!

Dapatkan kilau yang pas hanya dengan polesan tipis

Kulit glowing seperti setelah memakai skincare. Awet serta meng-cover dengan baik!

Coverage baik dan finishing dewy yang pas tanpa kesan berlebihan

Kulit wajah terlihat mulus bak porselen!

Memberikan kelembapan yang mewah! Cocokkan warna untuk finishing yang lebih natural

Kualitas coverage dan keawetan yang bisa diandalkan

Hasil akhir kulit wajah lembap dengan coverage yang baik

Harga mulai dariRp 700.000,00Rp 450.000,00Rp 630.000,00Rp 795.000,00Rp 220.000,00Rp 269.000,00Rp 730.000,00Rp 780.000,00Rp 375.000,00Rp 195.000,00
Isi12 gram15 gram13 gram14 gram12 gram-13 gram14 gram14 gram15 gram
Varian warna6 warna4 warna6 warna6 warna2 warna2 warna8 warna7 warna3 warna7 warna
SPF5050+502350+5035233334
PAPA+++PA++PA+++PA++PA+++PA+++PA++++PA++PA++PA++
Hasil akhir/finishing5.05.05.05.04.54.54.54.03.53.5
Keawetan5.05.05.05.05.05.05.05.05.04.5
Total penilaian5.05.05.05.04.74.74.74.44.13.9
Tautan produk

10 Rekomendasi cushion foundation terbaik mybest original review

Setelah me-review dengan saksama, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik yang bisa Anda beli secara daring di Indonesia. Pilihlah sesuai dengan kondisi kulit dan finishing yang Anda inginkan.
1

NARS CosmeticsNatural Radiant Longwear Cushion Foundation

Mulai dari Rp 700.000,00

Isi12 gram
Varian warna6 warna
SPF50
PAPA+++
Hasil akhir/finishing5.0
Keawetan5.0
Total penilaian5.0
2

Amorepacific CorporationIOPE Air Cushion® Cover

Mulai dari Rp 450.000,00

Isi15 gram
Varian warna4 warna
SPF50+
PAPA++
Hasil akhir/finishing5.0
Keawetan5.0
Total penilaian5.0
3

Bobbi BrownSkin Long-Wear Weightless Foundation SPF 50 PA+++ Full Cover Cushion Compact

Mulai dari Rp 630.000,00

Isi13 gram
Varian warna6 warna
SPF50
PAPA+++
Hasil akhir/finishing5.0
Keawetan5.0
Total penilaian5.0
4

L'Oreal IndonesiaLancôme Teint Idole Ultra Wear Cushion

Mulai dari Rp 795.000,00

Isi14 gram
Varian warna6 warna
SPF23
PAPA++
Hasil akhir/finishing5.0
Keawetan5.0
Total penilaian5.0
5

BekeikoreaKlavuu Blue Pearlsation High Coverage Marine Collagen Aqua Cushion

Mulai dari Rp 220.000,00

Isi12 gram
Varian warna2 warna
SPF50+
PAPA+++
Hasil akhir/finishing4.5
Keawetan5.0
Total penilaian4.7
6

L'Oreal IndonesiaMaybelline New York Super Cushion Ultra Cover Cushion

Mulai dari Rp 269.000,00

Isi-
Varian warna2 warna
SPF50
PAPA+++
Hasil akhir/finishing4.5
Keawetan5.0
Total penilaian4.7
7

ShiseidoSynchro Skin Self-Refreshing Cushion Compact

Mulai dari Rp 730.000,00

Isi13 gram
Varian warna8 warna
SPF35
PAPA++++
Hasil akhir/finishing4.5
Keawetan5.0
Total penilaian4.7
8

L'Oreal IndonesiaYves Saint Laurent Le Cushion Encre de Peau

Mulai dari Rp 780.000,00

Isi14 gram
Varian warna7 warna
SPF23
PAPA++
Hasil akhir/finishing4.0
Keawetan5.0
Total penilaian4.4
9
Isi14 gram
Varian warna3 warna
SPF33
PAPA++
Hasil akhir/finishing3.5
Keawetan5.0
Total penilaian4.1
10

Etude HouseDouble Lasting Cushion

Mulai dari Rp 195.000,00

Isi15 gram
Varian warna7 warna
SPF34
PAPA++
Hasil akhir/finishing3.5
Keawetan4.5
Total penilaian3.9

Cara memakai cushion foundation

Cara memakai cushion foundation

Pada dasarnya, Anda bisa menggunakan cushion foundation secara langsung tanpa memakai alas makeup lain sebelumnya. Namun, mungkin banyak dari Anda yang mengkhawatirkan kondisi wajah berminyak atau kering.


Untuk menjaga kondisi kulit, gunakanlah skincare sebelum mengaplikasikan cushion foundation. Memakai skincare dasar seperti toner dan losion wajah akan membuat foundation lebih awet menempel di kulit.


Setelah mempersiapkan kulit wajah, ambillah puff dan tekan lembut cushion foundation Anda. Gunakan snap pada puff untuk memosisikan tangan Anda, lalu tepuk-tepuk halus puff ke wajah. Cara ini akan membuat foundation menempel lebih baik pada kulit sehingga base makeup menjadi lebih awet.


Selanjutnya, Anda bisa memoles tipis face powder sebagai salah satu strategi untuk mengurangi waktu touch up. Gunakan kuas wajah besar dan ambil bedak secukupnya. Lalu, pulaskan kuas di area T-zone dan keseluruhan wajah secara. Anda pun siap beraktivitas!

Cara menjaga kebersihan puff dan spons makeup

Cara menjaga kebersihan puff dan spons makeup

Sebisa mungkin, ganti spons dan puff wajah yang Anda gunakan untuk mengaplikasikan foundation secara rutin. Kandungan air dari foundation akan meresap sampai ke dalam puff dan spons. Jika terus dibiarkan, bakteri akan berkembang biak di dalamnya.


Apabila sedang tidak bisa membeli spons atau puff baru, pastikan untuk selalu menjaga kebersihannya. Bersihkan spons dan puff seminggu sekali, lalu keringkan dengan sempurna. Spons dan puff akan siap dipakai kembali!

Baca juga rekomendasi foundation lainnya di sini

Kali ini kami telah mengulas tuntas serta merekomendasikan cushion foundation terbaik yang beredar di pasaran. Selain tipe cushion, Anda juga bisa membaca artikel tentang foundation varian lainnya di bawah ini.

Kesimpulan

Kali ini, tim mybest bersama MUA dan hairstylist profesional Fujiwara Rika telah me-review cushion foundation populer yang beredar di pasaran. Di antara sekian banyak produk yang kami verifikasi, bisa dikatakan bahwa cushion dari NARS adalah yang paling berkesan!


Bagi Anda yang baru ingin mencoba cushion foundation, kami juga menyertakan review produk dengan harga bersahabat serta mudah didapatkan. Kami harap artikel ini bisa menjadi referensi saat Anda mencari cushion foundation terbaik.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Makeup Primer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Makeup Primer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda juga dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi produk terbaik dari berbagai merk, seperti Benefit, Make Over, dan Tarte. Langsung saja, ya!
    Makeup wajah
    105.442 Views
  • 10 Rekomendasi Concealer Murah dan Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Concealer Murah dan Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    Concealer bisa menjadi solusi instan untuk menyembunyikan masalah kulit, seperti bercak hitam, bekas jerawat, atau kantong mata. Cukup pulaskan concealer di bagian yang ingin disamarkan, wajah Anda pun menjadi mulus seketika. Masalahnya, jika Anda salah memilih concealer, bercak bukannya menjadi samar justru tampilan bisa terlihat aneh.Pada artikel ini, kami akan membagikan informasi mengenai concealer murah dan bagus. Selain membagikan tips memilih, kami juga akan merekomendasikan produk berkualitas tinggi, seperti concealer Maybelline, Wardah, L.A Girl, dan sebagainya. Yuk, gunakan concealer berkualitas agar Anda bisa tampil cantik setiap hari!
    Makeup wajah
    175.176 Views
  • 10 Rekomendasi Setting Spray Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Setting Spray Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah makeup Anda cepat luntur? Jika ya, Anda wajib tahu tentang setting spray. Setting spray berguna untuk mencegah lunturnya makeup karena keringat ataupun minyak di wajah. Saat ini sudah tersedia berbagai setting spray untuk berbagai jenis kulit, seperti kulit berminyak, berjerawat, kombinasi, dan kering.Di artikel ini Anda akan menemukan berbagai rekomendasi setting spray dari merk yang bagus, seperti PIXY, Wardah, dan Studio Tropik. Baca juga tips memilih tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Yuk, temukan setting spray terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulit Anda di sini!
    Makeup wajah
    152.593 Views
  • 10 Rekomendasi Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki kulit wajah yang tampak segar sepanjang hari akan sulit dicapai jika kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasinya, Anda perlu berhati-hati memilih kosmetik, termasuk dalam memilih cushion. Pastikan Anda memilih cushion yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak.Di artikel ini Anda akan menemukan rekomendasi produk cushion yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga akan mengulas cushion dari berbagai merk, seperti Make Over, Maybelline, Laneige, hingga Wardah. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan cushion terbaik untuk Anda dan nikmati tampilan flawless setiap harinya! 
    Makeup wajah
    63.170 Views
  • 10 Rekomendasi Bedak Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bedak Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai merek kosmetik lokal yang sangat populer di Indonesia, Wardah telah mengeluarkan berbagai produk berkualitas. Salah satu produk yang digandrungi adalah bedak. Bedak Wardah memiliki kualitas yang mampu bersaing dengan produk luar negeri. Dengan kualitas yang baik, bedak Wardah dijual dengan harga yang terjangkau. Tidak hanya satu jenis, Wardah sudah mengeluarkan beberapa jenis bedak yang memiliki kegunaan masing-masing. Tidak sedikit orang yang salah pilih bedak sehingga hasilnya tidak maksimal pada wajah. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan bedak Wardah yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Makeup wajah
    56.644 Views
  • 10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi pemilik kulit berminyak, menemukan foundation dengan hasil yang halus dan tahan lama tentu menjadi idaman. Namun, memilih foundation yang tepat untuk kulit berminyak membutuhkan tips tersendiri. Anda dapat memilih produk yang memiliki beberapa keunggulan, seperti mampu menutup pori-pori, tahan lama, hasil akhirnya smooth, dan lainnya.Supaya Anda tidak bingung, kali ini kami akan memberikan informasi cara memilih foundation yang bagus bagi kulit berminyak. Setelahnya, kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi foundation terbaik dari merk terkenal, seperti Revlon, Maybelline, Make Over, dan sebagainya. Mari simak ulasan berikut ini sampai akhir!
    Makeup wajah
    142.301 Views
  • 10 Rekomendasi Blush On Terbaik untuk Usia 20-an (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Blush On Terbaik untuk Usia 20-an (Terbaru Tahun 2021)
    Blush on atau blusher merupakan salah satu produk makeup penting bagi Anda yang sudah berusia 20-an. Dengan menggunakan blush, wajah Anda akan tampak lebih berseri. Penggunaan blush on yang tepat juga dapat membuat Anda terlihat cantik natural dengan rona wajah cerah.Kali ini kami merekomendasikan blush yang cocok untuk para wanita usia 20-an. Temukan tips memilih blush on terbagus dari makeup artist, Renata Aprianti. Anda juga akan menemukan berbagai rekomendasi produk dari merk yang bagus, seperti Maybelline, NYX, dan Laneige di artikel ini. Silakan disimak!
    Makeup wajah
    35.979 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori