10 Rekomendasi Sikat Botol Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Sikat Botol Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Salah satu peralatan yang penting untuk membersihkan botol bayi adalah sikat botol. Pigeon, Richell, Dr. Brown’s, Philips Avent, dan Nuby adalah beberapa produsen ternama yang telah membuat sikat botol bayi. Namun, tidak semua botol bayi memiliki bahan dan keunggulan yang sama.

Apakah Anda bingung ingin membeli sikat botol bayi yang seperti apa? Kami akan membantu Anda agar bisa memilih sikat botol bayi yang tepat. Selanjutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi sikat botol bayi terbaik. Silakan baca hingga selesai dan jadikan artikel ini sebagai referensi. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih sikat botol bayi

Kami akan membahas cara memilih sikat botol bayi berdasarkan bahan serta aspek higienis. Jangan lupa untuk menandai bagian yang menurut Anda penting!

Pilih sikat botol bayi berdasarkan bahan

Bahan yang dipakai untuk membuat botol bayi merupakan hal penting yang harus diperhatikan sebelum memilih sikat botol. Botol bayi pada umumnya terbuat dari bahan plastik atau kaca. Sedangkan sikat botol bayi terbuat dari bahan spons, nilon, dan silikon.

Anda bisa memilih sikat botol sesuai dengan bahan yang digunakan pada botol bayi. Artikel di bawah ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai karakteristik sikat botol bayi berdasarkan bahan pembuatnya. Berikutnya, kami akan menjelaskan kesesuaian antara sikat botol dan botol bayi berdasarkan bahan.

Sikat spons, bisa dipakai untuk membersihkan botol kaca dan botol plastik

Sikat spons, bisa dipakai untuk membersihkan botol kaca dan botol plastik

Sikat botol bayi yang terbuat dari bahan spons merupakan sikat dengan bahan paling populer. Bahan spons dapat digunakan untuk membersihkan botol bayi yang terbuat dari bahan plastik atau bahan kaca. Sikat dari bahan spons umumnya memiliki ukuran yang panjang dan tipis serta tersambung dengan batang pegangan. Hal ini membuat sikat spons mampu membersihkan hingga ke bagian bawah botol dengan baik.

Sikat spons yang tebal dapat mencuci lebih kuat dan lebih bersih dibandingkan dengan sikat spons yang tipis. Jangan tinggalkan gelembung di bagian spons agar sikat botol tetap bersih setelah dicuci.

Sikat nilon untuk membersihkan botol kaca

Sikat nilon untuk membersihkan botol kaca

Sikat dari bahan nilon dapat digunakan untuk membersihkan botol bayi yang terbuat dari kaca. Sikat nilon tidak bisa digunakan untuk membersihkan botol plastik karena dapat menimbulkan goresan. Tekstur rambut nilon yang padat akan memudahkan Anda untuk mencuci setiap sudut pada botol kaca.

Sikat nilon memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan sikat spons. Hal ini membuat sikat nilon masih bisa berfungsi dengan baik walaupun bayi sudah tidak minum dari botol. Selain itu, sikat nilon mudah untuk mengalirkan air sehingga dapat dibersihkan dengan lebih mudah.

Sikat silikon, tahan lama dan mudah dibersihkan

Sikat silikon, tahan lama dan mudah dibersihkan

Anda bisa membersihkan botol bayi yang terbuat dari bahan plastik ataupun bahan kaca dengan menggunakan sikat silikon. Selain itu, sikat dengan bahan silikon bisa membersihkan botol bayi dengan mudah dan cepat. Hal inilah yang membuat sikat silikon begitu menarik.

Seperti sikat nilon, sikat dari bahan silikon tergolong awet sehingga dapat digunakan untuk waktu yang lama. Selain itu, sikat botol dari bahan silikon dapat dicuci dengan air mendidih atau menggunakan disinfektan. Anda juga bisa membersihkan sikat silikon dengan menggunakan mesin pencuci piring. Jadi, sikat silikon adalah alat yang paling mudah dibersihkan melalui berbagai cara yang nyaman menurut Anda.

Pilih sikat yang dapat disimpan secara higienis

Pilih sikat yang dapat disimpan secara higienis

Sanitasi merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan saat memilih sikat botol bayi. Anda harus menjaga sikat botol tetap bersih dan tetap kering setelah digunakan. Oleh karena itu, Anda bisa memilih sikat botol bayi yang dapat disimpan dan dikeringkan dengan baik.

Anda bisa memilih sikat botol bayi yang memiliki lubang pengait atau tali pengikat di bagian gagang. Dengan demikian, Anda bisa mengeringkan sikat botol dengan cara digantungkan di tempat penyimpanan dengan rapi. Selain itu, perhatikan bahwa bakteri bisa berkembang biak di tempat yang lembap. Pilihlah sikat botol yang dapat disimpan dengan baik sesuai dengan kondisi kelembapan rumah Anda.

10 Rekomendasi sikat botol bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh sikat botol bayi terbaik. Silakan pilih dan gunakan sikat botol yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Naoki Bottle Brush Set

10. Naoki Bottle Brush Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.500

Praktis dan ekonomis dengan empat buah sikat dalam satu paket

Naoki Bottle Brush Set terdiri dari empat buah sikat dalam satu set penjualan. Anda akan memperoleh sikat busa, sikat bulu nilon, sikat dot, dan sikat sedotan. Hal ini jarang ditemukan dari produk lain yang umumnya hanya menjual satu produk atau dua produk dalam satu setnya. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot mencari berbagai jenis sikat botol bayi.

Anda juga bisa mendapatkan satu paket produk dengan harga relatif murah jika dibandingkan dengan sikat botol bayi yang dijual terpisah. Bagi Anda yang menginginkan kepraktisan tanpa harus membeli sikat botol bayi secara terpisah bisa memilih produk ini. Selain itu, semua produk yang terdapat dalam satu setnya terbebas dari kandungan BPA sehingga aman untuk digunakan.

9. US Baby Bottle Brush & Sponge and Teat Brush

9. US Baby Bottle Brush & Sponge and Teat Brush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 89.900

Membersihkan botol jadi lebih mudah dengan desain spons berbentuk bunga

Sikat botol bayi ini terbuat dari bahan nilon dengan bahan spons di bagian ujung sikat. Ujung spons yang berbentuk bunga akan memudahkan Anda untuk membersihkan botol bayi dengan berbagai bentuk leher botol. Anda bisa membersihkan standard bottle neck dan wide neck sama baiknya jika menggunakan produk ini.

Anda bisa memilih produk ini apabila Anda memiliki botol bayi dengan leher botol yang beragam. Bagian spons dari produk ini dilengkapi dengan klip khusus guna menjaga spons agar tidak mudah terlepas. Spons yang tidak mudah terlepas akan membuat sikatnya lebih awet. Pilihlah produk ini apabila Anda kesulitan mencari sikat botol bayi yang tahan lama.

8. Nuby Bottle and Teat Brush

8. Nuby Bottle and Teat Brush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 79.000

Sikat botolnya bisa digabungkan dengan teat brush,lho!

Beberapa sikat botol bayi hanya dirancang untuk membersihkan bagian dalam botol saja. Nuby Bottle and Teat Brush dilengkapi dengan teat brush yang berfungsi khusus untuk membersihkan dot. Selain itu, bentuk teat brush yang mengerucut membuat Anda bisa membersihkan komponen kecil seperti botol bayi model spout ataupun empeng.

Teat brush umumnya berukuran kecil sehingga mudah hilang. Namun, produk ini memiliki desain teat brush yang bisa dimasukkan ke bagian bawah sikat botol sehingga tidak mudah hilang. Anda juga bisa menghemat ruang penyimpanan dengan desain teat brush yang dapat bersatu padu dengan sikat botol bayi. Dengan demikian, produk ini cocok untuk Anda yang memiliki tempat penyimpanan terbatas.

7. Simba Rotary Silicone Bottle Brush

7. Simba Rotary Silicone Bottle Brush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 125.000

Putar sikatnya, hilangkan kotoran di semua sudut botol!

Desain pegangan sikat yang standar bisa membuat pembersihan botol tidak berjalan optimal. Produk ini dibuat dengan desain yang bisa berputar hingga 360o. Dengan demikian, semua sudut di bagian dalam botol bisa Anda bersihkan tanpa meninggalkan noda kotoran. Pilihlah produk ini apabila Anda kesulitan membersihkan botol dengan menggerakkan sikat secara naik turun.

Ujung pegangan produk ini dilengkapi dengan desain gantungan. Anda bisa menggantungkan produk ini dengan mudah dan rapi di dekat wastafel. Produk ini akan mudah dikeringkan setelah dicuci. Selain itu, Anda akan mendapatkan sikat pembersih dot dalam paket penjualan dengan bulu antibakteri. Jadi, Anda bisa membersihkan lebih aman dan lebih higienis.

6. Puku P10413 Silicone Biru Sikat Botol

6. Puku P10413 Silicone Biru Sikat Botol

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 99.000

Hati-hati dengan sikat botol yang berkarat! Pilih bahan baja antikarat!

Bahan baja bisa berkarat seiring berjalannya waktu sehingga tidak aman dan tidak tahan lama. Sedangkan bahan plastik bisa mengandung bahan BPA yang tidak aman. Produk ini menggunakan baja antikarat dan sikat botol bayinya terbebas dari kandungan BPA. Anda pun bisa membersihkan botol si kecil dengan lebih tenang.

Milikilah produk ini apabila Anda membutuhkan sikat botol yang aman dan tahan karat. Selain itu, sikat botol bayi ini dibuat dengan menggunakan bahan nilon DuPont. Bahan nilon DuPont dikenal memiliki ketahanan abrasi yang tinggi sehingga lebih awet. Produk ini juga tahan hingga temperatur 100o. Anda bisa menjaga produk ini tetap bersih dengan cara dididihkan.

5. BabySafe Silicone Brush

5. BabySafe Silicone Brush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 47.500

Yuk jaga sikat bayi tetap higienis dengan bahan antibakteri!

Bahan silikon pada produk ini memiliki kemampuan antibakteri. Anda yang memiliki rumah relatif lembap dan khawatir akan tumbuhnya bakteri bisa memilih produk ini. Bahan yang dipilih bebas dari BPA sehingga aman untuk dipakai membersihkan botol si kecil.

Bagi Anda yang ingin botol si kecil terbebas dari goresan saat dicuci, produk ini cocok untuk Anda.Anda bisa menghindari goresan pada botol saat dicuci karena produk ini terbuat dari bahan food grade yang lembut. Tidak hanya itu, pegangan produk ini didesain dengan putaran 360o. Dengan demikian, Anda bisa mencuci botol bayi di setiap sudut yang tidak terjangkau oleh pencucian vertikal.

4. Dr. Brown’s Bottle Brushes

4. Dr. Brown’s Bottle Brushes

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 89.000

Sekali beli semua botol Dr. Brown’s jadi bersih!

Sikat botol bayi ini terbuat dari spons di bagian kepala sikat dengan bentuk berupa bulu-bulu. Kombinasi tekstur berbulu ini dibuat agar Anda bisa membersihkan botol bayi Dr. Brown’s dengan baik. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan klip penyimpanan di bagian pangkalnya. Klip ini memudahkan Anda untuk menyimpan Dr. Brown’s Bottle Brushes dengan rapi di dekat wastafel.

Anda bisa memakai produk ini untuk semua jenis botol bayi dengan merek Dr. Brown’s. Bagi Anda pengguna setia produk Dr. Brown’s, lengkapilah peralatan si kecil dengan memiliki produk ini. Selain itu, di bagian pangkal produknya Anda akan menemukan sikat khusus untuk membersihkan dot. Jadi, semua bagian botol Dr. Brown’s si kecil akan senantiasa bersih.

3. Philips Avent Sikat Botol dan Dot

3. Philips Avent Sikat Botol dan Dot

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 71.000

Tidak masalah untuk membersihkan botol, dot, dan alat makan sekaligus

Produk ini dibuat untuk membersihkan botol, dot, dan alat makan sekaligus. Anda bisa membersihkan peralatan makan dan minum si kecil karena produk ini dirancang dengan bentuk melengkung. Desain melengkung dibuat agar Anda bisa membersihkan semua sudut. Pilihlah produk ini apabila Anda tidak mau repot membeli berbagai jenis sikat untuk botol, dot, dan alat makan.

Anda tidak perlu khawatir akan timbul goresan pada peralatan yang Anda bersihkan berkat bulu sikatnya yang memiliki densitas tinggi. Selain itu, bulu dengan densitas tinggi ini memiliki sifat yang lebih awet. Sikat botol bayi ini juga menawarkan kemudahan untuk dibersihkan dengan menggunakan mesin pencuci. Anda yang malas mencuci sikat botol di wastafel bisa memilih produk ini!

2. Richell Twister Sponge Bottle Brush / Soft Nipple Brush

2. Richell Twister Sponge Bottle Brush / Soft Nipple Brush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 68.900

Bahan spons berpori, lebih tahan lama dan lebih cepat kering

Richell Twister Sponge Bottle Brush terbuat dari spons yang sudah melalui proses untuk dapat menghasilkan pori-pori. Hal tersebut membuat bahan spons lebih tahan lama, mudah kering, dan bisa membersihkan dengan baik. Milikilah sikat botol bayi ini apabila si kecil memiliki berbagai botol dengan bahan kaca dan plastik.

Jika sponsnya sudah rusak atau terlalu kotor, Anda tidak perlu membeli sikat botol yang baru. Anda hanya perlu mengganti kepala spons saja karena bagian ini bisa dilepaskan untuk diganti dengan yang baru. Tidak hanya itu, bagian kepala spons didesain dengan bentuk melengkung. Desain seperti ini akan memastikan setiap ruangan pada botol bisa dibersihkan dengan baik.

1. Pigeon Bottle & Nipple Brush

1. Pigeon Bottle & Nipple Brush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 61.800

Jadi lebih mudah membersihkan kotoran membandel dengan bahan nilon yang tebal

Pegangan dari sikat botol bisa merusak mulut botol jika terjadi gesekan saat dicuci. Produk ini memiliki pegangan yang dibuat khusus agar tidak merusak mulut botol. Selain itu, Anda akan lebih mudah membersihkan kotoran karena produk ini terbuat dari bahan nilon yang tebal. Dengan demikian, produk ini cocok untuk Anda yang kesulitan untuk membersihkan kotoran yang bandel.

Anda bisa membersihkan botol bayi dengan dua cara jika menggunakan produk ini. Pencucian vertikal dilakukan dengan cara menggerakkan sikat ke atas dan ke bawah. Pencucian dengan cara memutar dilakukan dengan cara memegang bagian pegangan dengan kencang. Selanjutnya, putar sikat yang sudah berada di dalam botol. Dengan menggabungkan kedua teknik pencucian, botol si kecil akan senantiasa bersih!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, sikat botol bayi manakah yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Sikat botol bayi bisa digunakan beberapa kali dalam sehari guna menjaga botol bayi tetap bersih. Jadi, menemukan sikat botol bayi yang mudah dipakai dan mudah dibersihkan bisa menghemat waktu Anda. Jadikan botol bayi dan sikat botol yang Anda pakai tetap bersih agar si kecil senantiasa sehat. Selamat memilih ya Bunda!