mybest
Aksesori kesehatan lainnya

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Aksesori & alat kesehatan
  4. 10 Rekomendasi Stocking Varises yang Bagus (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Stocking Varises yang Bagus (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Stocking Varises yang Bagus (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Stocking Varises yang Bagus (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Stocking Varises yang Bagus (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Stocking Varises yang Bagus (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Stocking Varises yang Bagus (Terbaru Tahun 2024)

Selain dapat meredakan nyeri varises pada kaki, stocking varises juga bisa mengurangi pembengkakan karena adanya tekanan. Produk yang sering disebut stocking compression ini banyak digunakan oleh pria ataupun wanita yang mengalami pembengkakan pada kaki. Namun, dengan banyaknya jenis compression stocking yang tersedia di pasaran, produk mana yang sebaiknya dipilih?

Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih stocking compression yang bagus dan sesuai kebutuhan Anda. Kami juga memberi rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Dr. Ortho, Variteks, dan Jobst. Silakan baca dengan saksama agar Anda mendapatkan stoking kaki varises terbaik, ya. 
Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa manfaat stocking varises?

Apa manfaat stocking varises?

Stocking varises adalah stoking terapeutik elastis yang dirancang khusus untuk menekan kaki guna melancarkan sirkulasi darah akibat varises. Dengan kata lain, stocking varises atau disebut juga compression stocking berbeda dengan stoking biasa yang dipakai untuk menunjang penampilan.

 
Stocking varises dibuat lebih ketat, terutama di pergelangan kaki, lalu melonggar secara bertahap hingga ke atas kaki. Tekanan pada kaki tersebut dapat melancarkan pembuluh darah dalam mengembalikan darah ke jantung. Karena dapat melancarkan sirkulasi darah, compression stocking bagus untuk varises, kaki bengkak, dan tekanan darah rendah


Apabila Anda bertanya apakah stocking varises bisa menghilangkan varises? Jawabannya adalah tidak! Stocking varises memang mampu mengurangi pembengkakan pembuluh darah serta mencegah penyebaran varises. Akan tetapi, stocking varises tidak bisa menghilangkan varises yang sudah ada sebelumnya. Berikut adalah beberapa manfaat dari stocking varises atau disebut juga stoking kompresi.

  1. Mencegah varises (pelebaran pembuluh darah vena) agar tidak makin melebar
  2. Mengurangi nyeri dan pembengkakan pada kaki dan tungkai, terutama bagi ibu hamil
  3. Meredakan pembengkakan akibat trombosis vena dalam atau deep vein thrombosis (DVT)
  4. Mengatasi spider vein
  5. Mencegah edema pada kaki pascaoperasi
  6. Mengurangi nyeri sendi, serta menekan otot agar bekerja lebih optimal
  7. Meredakan lelah pada kaki akibat aktivitas sehari-hari
  8. Mencegah kaki bengkak saat duduk lama di pesawat, kereta api, dan mobil.


Selain hal-hal di atas, ada beberapa manfaat dan kondisi lain yang memerlukan pemakaian stocking varises. Dalam hal ini, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan apakah perlu menggunakan stocking kesehatan atau tidak. Pada artikel ini kami hanya mengulas tentang stocking khusus varises. Namun, jika Anda mencari stocking untuk penampilan, klik tautan di bawah ini, ya. 

Cara memilih stocking varises

Mari cermati poin-poin di bawah ini saat memilih stocking varises. Dengan begitu, produk yang Anda pilih akan lebih tepat dan nyaman dipakai.
1

Untuk dipakai harian, pilih stocking varises dengan level kompresi ringan, sekitar 15–20 mmHg

Untuk dipakai harian, pilih stocking varises dengan level kompresi ringan, sekitar 15–20 mmHg
Jenis stoking dengan tekanan 15–20 mmHg bagus untuk pemakaian sehari-hari, perjalanan, dan olahraga. Tekanan tersebut tidak terlalu ketat sehingga pemakaian stoking kompresi ini bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah Anda. Selain itu, stoking bertekanan 15–20 mmHg dapat menjadi pilihan awal untuk Anda yang baru pertama kali mencoba stoking varises.
2

Untuk pemulihan atau masalah varises yang serius, pilih kompresi sedang hingga tinggi, sekitar 20–40 mmHg

Untuk pemulihan atau masalah varises yang serius, pilih kompresi sedang hingga tinggi, sekitar 20–40 mmHg
Sementara itu, untuk Anda yang memiliki masalah varises yang cukup serius disarankan memilih stocking dengan kompresi sedang hingga tinggi. Ada dua macam level kompresi stoking ini:

  • 20–30 mmHg 

Stocking berkompresi 20–30 mmHg atau disebut juga kompresi sedang bagus untuk pemulihan saat olahraga, pemakaian sehari-hari, serta pemulihan medis. Stoking jenis ini bisa meredakan gejala ringan varises dan spider veins. Selain itu, stocking ini ideal juga untuk pasien yang mencari lebih banyak dukungan untuk kesehatan kaki.


  • 3040 mmHg 
Stoking kompresi 30–40 mmHg disebut juga kompresi tinggi ini yangdirekomendasikan untuk kondisi serius. Contoh kondisi tersebut adalah pembekuan darah di pembuluh darah vena dalam (DVT), pembengkakan parah (edema), dan varises parah.

Makin tinggi nilai tekanan, makin besar pula manfaat yang bisa didapatkan. Namun, tekanan yang terlalu tinggi dapat menimbulkan kesulitan saat pemakaian karena stoking akan sangat ketat saat dikenakan. Jadi, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan ukuran tekanan kompresi stoking, ya!
3

Jika ingin menutup keseluruhan kaki, pertimbangkan model thigh high dan pantyhose

Jika ingin menutup keseluruhan kaki, pertimbangkan model thigh high dan pantyhose

Ada tiga model stocking kompresi yang umumnya akan dijumpai. Ketiga model tersebut adalah sebagai berikut.


  • Knee high socks 
Model ini sering disebut kaus kaki kompresi karena memiliki panjang hingga di bawah lekukan lutut. Stocking compression ini ideal untuk Anda yang mengalami pembengkakan di pergelangan kaki. Untuk penggunaan sehari-hari, model ini juga cocok karena tidak terlalu panjang.
 
  • Thigh high (setinggi paha) 
Stoking kompresi model ini menutupi seluruh kaki. Ujung stoking berakhir di bagian atas paha. Bagi Anda yang menderita bengkak dan nyeri di betis, model ini cocok untuk digunakan. Stoking kesehatan ini juga bagus untuk melancarkan sirkulasi darah dari pergelangan kaki hingga paha.
 
  • Pantyhose (setinggi pinggang) 
Seperti namanya, stoking kompresi ini membalut bagian kaki hingga pinggang. Compression stocking model ini memberikan tekanan yang optimal pada seluruh bagian kaki dan pinggul. Selain itu, model ini mampu mengencangkan kaki Anda. Jadi, selain sirkulasi darah lancar, kaki Anda bisa terjaga tetap ramping.

Bila Anda mencari stoking yang menutupi keseluruhan kaki, pilih model thigh high atau pantyhose. Namun, pantyhose dan stocking sebenarnya berbeda, lho. Pantyhose adalah gabungan antara celana dalam (panty) dengan stocking, sedangkan stocking adalah kaos kaki yang panjang. Untuk Anda yang mencari pantyhose khusus untuk menunjang penampilan, klik tautan di bawah ini!

4

Kenakan open toe compression stocking agar jari kaki leluasa dan nyaman dipakai seharian

Kenakan open toe compression stocking agar jari kaki leluasa dan nyaman dipakai seharian

Saat memilih stoking varises, Anda mungkin akan menemukan stoking varises berbentuk closed toe dan open toe. Closed toe adalah bentuk stoking tertutup di bagian ujung jari kaki, sedangkan open toe terbuka pada bagian jari-jari kaki.


Jika Anda suka mengenakan kaus kaki, stocking closed toe mungkin akan lebih nyaman. Stoking kompresi desain closed toe juga mampu menghangatkan kaki ketika cuaca sedang dingin. Namun, jika Anda tidak betah memakai kaus kaki dalam waktu yang lama, desain open toe akan lebih cocok. Desain open toe dapat memudahkan Anda saat hendak wudu atau mencuci jari kaki.

5

Pastikan bahannya nyaman dipakai, antibakteri, dan lembut supaya tidak melukai kulit

Pastikan bahannya nyaman dipakai, antibakteri, dan lembut supaya tidak melukai kulit

Hal lain yang tak boleh luput dari perhatian adalah bahan stoking, terutama untuk Anda pemilik kulit sensitif. Carilah stoking yang terbuat dari benang khusus dan bersifat antibakteri supaya kaki tidak gatal-gatal atau ruam kemerahan. Salah satunya adalah stocking compression merek Oppo yang terbuat dari benang silver sehingga antibakteri dan antibau. 


Karena stocking dipakai dalam jangka waktu lama, pilih pula yang bahannya lembut dan ringan dipakai. Akan lebih baik kalau stoking tersebut terasa tipis, tetapi kuat atau tidak mudah sobek. Dengan demikian, sirkulasi udara lebih lancar dan kaki pun terasa nyaman.

6

Utamakan merek stocking varises yang bagus, seperti Sigvaris dan Variteks, serta yang terdaftar di KEMENKES

Utamakan merek stocking varises yang bagus, seperti Sigvaris dan Variteks, serta yang terdaftar di KEMENKES

Stocking varises termasuk dalam produk alat kesehatan. Demi keamanan Anda, pilihlah stocking yang sudah terdaftar di Kementerian Kesehatan RI. Beberapa merek stocking varises yang aman dan sudah terdaftar di Kemenkes adalah Sigvaris, Variteks, Dr. Ortho, dan Jobst. Kode AKL Kemenkes ini sudah tertera dalam setiap kemasan produk stoking. Bila Anda ragu, bisa tanyakan pada seller.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi stocking varises terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk stocking varises terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Ukuran
Tingkat kompresi
Model

Miracle Socks

Anti-Fatigue Compression Socks

Miracle Socks Anti-Fatigue Compression Socks 1

Rp14.500

Lebih Murah

Bisa digunakan dalam jangka waktu panjang dan membuat kaki lebih ramping pula!

S/M, L/XL

Tidak ada keterangan

Knee high socks

Eco Silver

Varicose Stocking

Eco Silver Varicose Stocking 1

Rp346.500

Menengah

99,9% bebas virus, bakteri, dan jamur

1, 2, 3, 4, 5, 6, 7

Ccl I: 18–21 mmHg・Ccl II: 23–32 mmHg・Ccl III: 34–46 mmHg

Knee high socks (closed and open toe)

Dr. Dean

Stocking Varises Pantyhose Open Toe

Dr. Dean Stocking Varises Pantyhose Open Toe 1

Rp309.000

Menengah

Tekanannya berjenjang dari atas ke bawah agar peredaran darah lancar

S, M, L, XL, XXL, 3XL

20–30 mmHg

Pantyhose (open toe)

Sigvaris

Essential Thermoregulating AG Open Toes CCL 2

Sigvaris Essential Thermoregulating AG Open Toes CCL 2 1

Rp1.220.000

Agak Mahal

Mudah menyerap keringat dan memberi kenyamanan maksimal

XXS, XXS Plus, XS, XS Plus, S, S Plus, M, M Plus, L, L Plus, XL, XL Plus

23–32 mmHg

Thigh high (open toe)

Dr. Ortho

Medical Compression StockingA-8002

Dr. Ortho  Medical Compression Stocking 1

Rp399.656

Menengah

Memberi sensasi pijatan untuk mencegah penyumbatan darah

S, M, L, XL, XXL, XXXL

15–20 mmHg

Under knee (open toes)

Variteks

Varicose Socks For Men

Variteks Varicose Socks For Men 1

Rp405.000

Menengah

Stocking varises pria yang nyaman dipakai kemana saja

S, M, L, XL, XXL

20–30 mmHg

Knee high socks (closed toe)

Life Resources

Varicose Vein Stocking Calf

Life Resources Varicose Vein Stocking Calf 1

Rp100.000

Agak Murah

Tidur lebih nyaman tanpa kram dan kaki pegal

M, L, XL

Tidak ada keterangan

Knee high socks (open toe)

Essity

JOBST UltraSheer Medical Compression Stockings

Essity  JOBST UltraSheer Medical  Compression Stockings  1

Rp1.150.614

Agak Mahal

Efek berkilau pada stocking buat kaki Anda terlihat cantik

S, M, L, XL

Kelas 1: 15–20 mmHg・Kelas 2: 20–30 mmHg・Kelas 3: 30–40 mmHg

Knee high socks (closed toe)

Variteks

Pregnancy Pantyhose Varicose Stocking (Closed Toe)

Variteks Pregnancy Pantyhose Varicose Stocking (Closed Toe) 1

Rp790.000

Agak Mahal

Sensasi dinginnya membuat kaki ibu hamil terasa lebih nyaman

S, M, L, XL, XXL, XXXL, 4XL

20–30 mmHg

Pantyhose (closed toe)

Oppo

Varises Stocking

Oppo Varises Stocking  1

Rp227.000

Agak Murah

Baik untuk otot kaki yang lemah akibat operasi atau kurang olahraga

S, M, L, XL

Tidak ada keterangan

Knee high socks (open toe)

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.

Miracle SocksAnti-Fatigue Compression Socks

Anti-Fatigue Compression Socks 1
Sumber: shopee.co.id
Anti-Fatigue Compression Socks 2
Sumber: shopee.co.id
Anti-Fatigue Compression Socks 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp14.500
Lebih Murah
Harga referensi
Rp14.500
Lebih Murah

Bisa digunakan dalam jangka waktu panjang dan membuat kaki lebih ramping pula!

Kelebihan:

  • Bisa digunakan pria dan wanita
  • Bisa digunakan untuk terapi rematik, varises, dan kaki pegal
  • Tidak mudah berbau

Kekurangan:

  • Karena varian warnanya hanya hitam, padu padan dengan outfit-nya lebih terbatas

Bila pekerjaan menuntut Anda untuk berdiri lama, cobalah pakai kaus kaki kompresi ini. Miracle Socks cocok sekali untuk kaki kelelahan, pegal-pegal, bahkan kaki dengan varises. Tingkat kompresinya bisa memijat otot dan melancarkan sirkulasi darah. Hal menarik lainnya adalah kaus kaki ini bisa membentuk kontur kaki jika digunakan secara rutin. Jadi, kaki bisa terlihat lebih langsing. 

UkuranS/M, L/XL
Tingkat kompresiTidak ada keterangan
ModelKnee high socks
Apakah pemilihan produk ini berguna sebagai referensi?

Eco SilverVaricose Stocking

Harga referensi
Rp346.500
Menengah

99,9% bebas virus, bakteri, dan jamur

Kelebihan:

  • Terbuat dari benang silver yang antibau dan antibakteri
  • Bisa digunakan pada kaki luka terbuka untuk membatasi risiko infeksi

 

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam warna beige

Apakah kulit Anda tergolong sensitif dan mudah alergi bila menggunakan stoking yang ketat? Produk dari Eco Silver ini sepertinya bisa menjadi jawaban yang tepat. Dirancang dengan bahan Termodynamic, stoking cocok digunakan saat cuaca dingin atau panas. Selain itu, stoking ini memiliki kandungan benang silver sehingga formulanya 99,9% antibau dan antibakteri. 


Kaki Anda tidak mudah gatal saat menggunakannya, bahkan oleh kaki dengan luka terbuka sekali. Tambahan pula, stoking ini cocok sekali digunakan untuk kaki yang lelah, varises kecil, atau pembengkakan kecil pada kaki.

Ukuran1, 2, 3, 4, 5, 6, 7
Tingkat kompresiCcl I: 18–21 mmHg・Ccl II: 23–32 mmHg・Ccl III: 34–46 mmHg
ModelKnee high socks (closed and open toe)

Dr. DeanStocking Varises Pantyhose Open Toe

Harga referensi
Rp309.000
Menengah

Tekanannya berjenjang dari atas ke bawah agar peredaran darah lancar

Kelebihan:

  • Model jari terbuka (open toe) sehingga memudahkan saat akan wudu 
  • Bisa digunakan pria dan wanita
  • Bahan lembut dan nyaman

Kekurangan:

  • Cukup repot jika akan buang air kecil, meskipun sudah dilengkapi lubang di bagian bawah

Jika Anda mencari stoking pantyhose, produk dari Dr. Dean ini wajib dipertimbangkan. Stocking ini memberi tekanan yang berjenjang untuk melancarkan aliran darah di kaki. Dimulai dengan tekanan paling besar pada ankle, lalu ke atas makin mengecil. Jadi, selain bisa mengobati varises juga bisa mengurangi bengkak pada kaki.


Memakainya saat tidur pun tidak masalah karena bahannya 70% nilon dan 30% spandek yang nyaman. Jika setelah beraktivitas seharian kaki Anda terasa bengkak dan pegal-pegal, tak ada salahnya tidur malam menggunakan stocking ini.

UkuranS, M, L, XL, XXL, 3XL
Tingkat kompresi20–30 mmHg
ModelPantyhose (open toe)

SigvarisEssential Thermoregulating AG Open Toes CCL 2

Harga referensi
Rp1.220.000
Agak Mahal

Mudah menyerap keringat dan memberi kenyamanan maksimal

Kelebihan:

  • Model open toe sehingga bisa memberi sirkulasi udara yang maksimal
  • Dapat digunakan pria ataupun wanita

Kekurangan:

  • Perawatannya agak merepotkan, seperti tidak boleh menggunakan pelembut pakaian dan tidak boleh dijemur di bawah sinar matahari langsung 

Untuk Anda yang kakinya mudah berkeringat, kami rekomendasikan stocking varises dari Sigvaris. Bahan yang digunakan adalah serat katun yang tidak panas dan bisa menyerap keringat sekaligus melepaskan kelembapan. Pas sekali digunakan oleh pemilik kulit sensitif karena bisa memberi kenyamanan yang maksimal.


Bagian karetnya pun terbuat dari quadrinova knobbed grip top atau silicon dot untuk menahan stocking supaya tidak melorot. Tenang! Anda tidak perlu khawatir karena hal ini tidak memengaruhi tingkat kompresi dan juga tidak gatal di kulit.

UkuranXXS, XXS Plus, XS, XS Plus, S, S Plus, M, M Plus, L, L Plus, XL, XL Plus
Tingkat kompresi23–32 mmHg
ModelThigh high (open toe)

Dr. Ortho Medical Compression StockingA-8002

Harga referensi
Rp399.656
Menengah

Memberi sensasi pijatan untuk mencegah penyumbatan darah

Kelebihan:

  • Jumlah tekanan berjenjang mulai dari pergelangan kaki, betis, hingga paha
  • Menurut konsumen, bahannya tebal

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu varian warna

Memakai stocking compression ini bisa memberi sensasi pijatan pada kaki Anda. Komposisi tekanannya berjenjang mulai dari 100% pada pergelangan kaki, 70% pada betis, dan 40% pada paha. Jadi, setelah beraktivitas seharian atau pegal karena duduk terlalu lama, kaki Anda akan lebih relaks jika mengenakan stocking ini. Peredaran darah lancar, kaki Anda pun nyaman.

UkuranS, M, L, XL, XXL, XXXL
Tingkat kompresi15–20 mmHg
ModelUnder knee (open toes)

VariteksVaricose Socks For Men

Harga referensi
Rp405.000
Menengah

Stocking varises pria yang nyaman dipakai kemana saja

Kelebihan:

  • Bahan halus dan lembut
  • Terbuat dari kain microfiber yang diklaim memungkinkan udara mengalir dengan baik
  • Di sisi lain, kain microfiber-nya juga diklaim mampu menghilangkan kelembapan

Kekurangan:

  • Model closed toe sehingga sirkulasi udara di jari kaki tertutup dan membuat kaki mudah berkeringat

Para pria bisa juga mengenakan stocking, lho. Anda bisa memakai stocking pria dari Variteks ini. Modelnya menyerupai kaus kaki dengan pilihan warna dark grey dan black yang cocok dipakai pria. Jadi, Anda bisa memakainya kapan saja selayaknya kaus kaki. Dipakai bekerja ke kantor bisa, digunakan ketika bepergian jauh pun tetap nyaman. Karena mengandung microcapsule Aloe vera, bau tidak sedap yang biasa muncul pada kaki juga bisa berkurang.

UkuranS, M, L, XL, XXL
Tingkat kompresi20–30 mmHg
ModelKnee high socks (closed toe)

Life ResourcesVaricose Vein Stocking Calf

Varicose Vein Stocking Calf 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp100.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp100.000
Agak Murah

Tidur lebih nyaman tanpa kram dan kaki pegal

Kelebihan:

  • Bisa untuk mengatasi kaki kram saat tidur, kaki pegal, atau bengkak

Kekurangan:

  • Pilihan ukuran terbatas pada M, L, dan XL saja

Posisi kaki yang salah saat tidur dan dalam waktu yang lama bisa membuat ototnya kram. Bila Anda termasuk orang yang sering merasakan kaki kram, lelah, nyeri, pegal, atau bengkak, stocking ini bisa dipilih. Anda bisa menggunakannya untuk melancarkan peredaran darah di kaki. Alhasil, kaki akan terasa lebih ringan berkat tidur malam yang nyaman, deh.

UkuranM, L, XL
Tingkat kompresiTidak ada keterangan
ModelKnee high socks (open toe)

Essity JOBST UltraSheer Medical Compression Stockings

Harga referensi
Rp1.150.614
Agak Mahal

Efek berkilau pada stocking buat kaki Anda terlihat cantik

Kelebihan:

  • Bahannya tipis dan berkilau, tetapi tetap kuat
  • Dijahit dengan teknologi Soft Fit sehingga tidak mudah melorot, tetapi tidak menyebabkan stoking terasa sempit

Kekurangan:

  • Lebih cocok dipakai wanita
  • Harga cukup pricey dibandingkan produk lainnya

JOBST stocking varises dari Essity ini dirancang tak hanya untuk kesehatan kaki Anda, tetapi sekaligus untuk menunjang fashion. Bahannya dibuat dengan teknologi Soft Fit yang menggunakan benang silikon halus, tipis, dan berkilau. Meskipun tipis, stoking ini kuat, lho. Kaki Anda juga bisa terlihat lebih bergaya karena efek kilaunya yang cantik. Tambahan lagi, produk ini juga tersedia dalam sembilan varian warna. Kira-kira Anda mau pilih warna yang mana, nih?

UkuranS, M, L, XL
Tingkat kompresiKelas 1: 15–20 mmHg・Kelas 2: 20–30 mmHg・Kelas 3: 30–40 mmHg
ModelKnee high socks (closed toe)

VariteksPregnancy Pantyhose Varicose Stocking (Closed Toe)

Harga referensi
Rp790.000
Agak Mahal

Sensasi dinginnya membuat kaki ibu hamil terasa lebih nyaman

Kelebihan:

  • Bisa digunakan saat hamil ataupun setelah melahirkan 
  • Lingkar perut adjustable

Kekurangan:

  • Model pantyhose closed toe sehingga mungkin akan terasa gerah jika dipakai seharian

Kondisi hamil tidak hanya membuat pinggang Anda tidak nyaman, tetapi kaki dan betis pun sering terasa pegal. Seiring dengan pertambahan usia kehamilan, ketidaknyamanan ini makin bertambah. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan stocking varises dari Variteks yang dirancang khusus ibu hamil.


Modelnya pantyhose yang bisa melancarkan sirkulasi darah di area kaki sekaligus menyangga perut. Selain digunakan pada saat hamil, stoking ini juga bisa dipakai paska operasi caesar atau paska melahirkan.

UkuranS, M, L, XL, XXL, XXXL, 4XL
Tingkat kompresi20–30 mmHg
ModelPantyhose (closed toe)

OppoVarises Stocking

Harga referensi
Rp227.000
Agak Murah

Baik untuk otot kaki yang lemah akibat operasi atau kurang olahraga

Kelebihan:

  • Bisa digunakan pria dan wanita

Kekurangan:

  • Hanya ada satu varian warna saja

Otot yang lemah akibat operasi atau kurang gerak dan olahraga bisa diatasi dengan stocking varises dari Oppo ini. Stoking yang terbuat dari 35% katun, 35% nilon, 20% rubber, dan 10% spandeks ini dapat membantu menghilangkan nyeri varises. Selain itu, sirkulasi darah yang tidak lancar paska operasi atau ketika kehamilan juga bisa diatasi.

UkuranS, M, L, XL
Tingkat kompresiTidak ada keterangan
ModelKnee high socks (open toe)

Bagaimana cara menggunakan stocking varises yang benar?

Bagaimana cara menggunakan stocking varises yang benar?

Compression stocking berhubungan erat dengan perubahan tekanan pada kaki. Oleh karena itu, penggunaan yang salah akan membuat tubuh tegang.

Saat memakai medical stocking, pastikan produknya pas membalut kaki Anda dengan urutan jari kaki ke tumit. Setelah itu, tarik stocking ke atas paha secara perlahan-lahan. Jangan sampai Anda memelintirnya, ya. Selanjutnya, Anda dapat meregangkan pergelangan kaki, lutut, dan paha. Terakhir, pastikan bagian pinggang dan inseam juga pas dibalut compression stocking.

Perlu diingat bahwa compression stocking hanya dikenakan selama beraktivitas pada siang hari. Anda tak perlu khawatir terjadi pembengkakan saat tidur malam. Di luar itu, terdapat produk kaus kaki dan stocking bertekanan rendah yang dapat digunakan pada malam hari. Jadi, Anda sebaiknya memilih produk seperti ini untuk tidur malam.

Adakah efek samping menggunakan compression stockings?

Adakah efek samping menggunakan compression stockings?

Umumnya, penggunaan stoking kompresi tidak menimbulkan efek samping, kecuali Anda memilih ukuran yang salah. Ukuran stoking yang terlalu ketat bisa menghambat pasokan darah serta oksigen pada kaki. Selain itu, bahan stoking yang tidak cocok juga bisa memicu alergi pada kulit, seperti gatal-gatal atau ruam kemerahan.


Supaya tidak menimbulkan masalah penyakit baru lainnya, compression stocking sebaiknya dihindari oleh penderita beberapa jenis penyakit berikut ini

  1. Peradangan pembuluh darah
  2. Radang atau infeksi kulit
  3. Penyakit arteri
  4. Gagal jantung


Pastikan juga Anda selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan compression stocking tertentu.

Berapa lama efek pemakaian compression stockings dapat terlihat?

Berapa lama efek pemakaian compression stockings dapat terlihat?
Untuk mengurangi pembengkakan, diperlukan pemakaian compression stocking secara teratur selama beberapa hari. Pakai compression stocking pada pagi hari untuk hasil terbaik karena pada waktu inilah anggota tubuh tidak begitu bengkak. Untuk melihat hasil perbaikan rupa pembuluh darah, setidaknya diperlukan pemakaian compression stocking selama enam minggu.

Berapa jam maksimal boleh menggunakan compression stockings?

Berapa jam maksimal boleh menggunakan compression stockings?

Sebenarnya tidak ada batasan waktu maksimal per harinya untuk memakai compression stocking. Namun, Anda tak perlu memakainya selama 24 jam per hari, kecuali dokter Anda menyarankan demikian.


Sirkulasi darah lebih lancar pada saat Anda berbaring di tempat tidur ketika malam hari sehingga compression stocking tidak begitu efisien. Selain itu, ada baiknya Anda memberi waktu bagi kulit untuk bernapas setelah seharian memakai stoking kesehatan ini.

Baca juga rekomendasi alat kesehatan lainnya di sini

Selain compression stocking, ada berbagai produk alat kesehatan lainnya yang bisa mendukung pemulihan kesehatan Anda. Melalui tautan di bawah ini, kami menjelaskan secara lengkap tentang produk-produk tersebut. Silakan cek satu per satu, ya!

Kesimpulan

Stoking varises atau compression stocking bermanfaat untuk kesehatan kaki. Namun, perlu diperhatikan bahwa pemilihan produk yang kurang pas tidak akan memberi efek yang maksimal. Jadi, pastikan Anda memperhatikan pemilihan bahan, ukuran, dan tekanannya, ya!


Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi Anda untuk mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan stocking varises. Selamat memilih dan menjaga kesehatan kaki!

Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Aksesori & alat kesehatan
  4. 10 Rekomendasi Stocking Varises yang Bagus (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.