10 Rekomendasi TV Terbaik Untuk Anda Yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi TV Terbaik Untuk Anda Yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2018)

Beberapa orang mengatakan bahwa mereka jarang atau bahkan sama sekali tidak menonton TV. Namun, bagi orang yang tinggal seorang diri, TV tentulah perangkat rumah yang tidak dapat dipisahkan dari hidup mereka. Berbagai merek TV terkenal beserta ukuran dan perfoma yang ditawarkan di pasaran mungkin membuat Anda bingung.

Jangan khawatir! Dengan membaca ulasan kami mengenai cara memilih TV dan produk-produk rekomendasi dari kami ini, mungkin bisa menjadi referensi Anda dalam memilih TV yang terbaik untuk menemani hari-hari Anda hidup seorang diri di rumah. Kami merekomendasikan merek terbaik, seperti Sharp, Sony, Panasonic, Toshiba, Samsung, dan LG. Berikut ulasan selengkapnya!

Daftar isi

Cara memilih TV untuk Anda yang tinggal sendiri

Pertama-tama, kami akan memberikan lima poin yang harus Anda perhatikan saat memilih TV yang cocok untuk Anda yang tinggal sendiri. Simak baik-baik ya!

Pilihlah ukuran yang pas sesuai dengan luas ruangan Anda

Pilihlah ukuran yang pas sesuai dengan luas ruangan Anda

Pertama, poin penting yang harus Anda perhatikan saat memilih TV adalah ukurannya. Bagi Anda yang tidak mempermasalahkan budget, mungkin Anda ingin menonton TV dari layar yang besar. Namun, kami tidak merekomendasikan layar yang terlalu besar. Pasalnya, jika tidak memperhitungkan jarak aman Anda, menonton TV layar besar dengan jarak yang terlalu dekat bisa membahayakan kesehatan Anda.

Banyak yang mengatakan bahwa untuk mengukur jarak maksimum agar aman menonton TV adalah Anda harus mengalikannya dengan tiga kali tinggi TV. Jika TV Anda adalah TV beresolusi 4K, Anda harus mengalikan satu setengah kali tinggi TV. Jadi, jika ukuran TV 32 inci yang memiliki tinggi 39 cm, jarak aman Anda menonton TV kira-kira 1,2 meter.

Banyak orang yang tinggal sendiri di apartemen atau kamar kost yang memiliki konsep ruangan dengan satu kamar tidur, dapur, dan ruang tamu. Untuk konsep ruangan seperti ini, umumnya TV diletakkan di ruangan yang memiliki luas 9 meter persegi sampai 13 meter persegi. Sesuaikan ukuran TV yang akan Anda beli dengan ukuran ruangan Anda meletakkan TV, seperti berikut ini :

  • Ukuran 26 inci                   : kurang dari 9 meter persegi
  • Ukuran 26 inci – 32 inci   : 9 meter persegi
  • Ukuran 32 inci – 46 inci   : 9 meter persegi sampai 12 meter persegi
  • Ukuran 46 inci – 52 inci   : 12 meter persegi sampai 15 meter persegi
  • Ukuran lebih dari 53 inci : lebih dari 19 meter persegi

Jadi, sesuaikan ukuran TV Anda dengan luas ruangan ya!

Pilih TV beresolusi 4K atau Full HD?

TV layar datar yang menggunakan media tampilan layar tipe liquid crystal memiliki variasi harga berbeda tergantung pada resolusi yang digunakan, yaitu TV dengan resolusi 4K atau Full High Definition (Full HD). Semakin tinggi resolusi TV, semakin jernih dan nyata kualitas dari gambar yang didapatkan.

Spesifikasi TV beresolusi Full HD: ideal dengan harga relatif terjangkau

Spesifikasi TV beresolusi Full High Definition : ideal dengan harga relatif terjangkau

Televisi yang beresolusi Full High Definition (Full HD) memang paling umum digunakan. TV jenis ini memiliki resolusi 1920 piksel x 1080 piksel. Jika dibandingkan dengan TV beresolusi 4K, gambar yang dihasilkan memang masih lebih rendah. Namun, TV Full HD memiliki harga yang relatif lebih murah. Jika ingin kualitas gambar yang dihasilkan sebanding dengan TV 4K, kami menyarankan Anda untuk memilih TV Full HD dengan ukuran 50 inci.

Bagi yang tinggal sendiri, kebanyakan waktu mereka menonton TV tidaklah lama. TV terkadang dibiarkan menyala hanya agar rumah tidak terasa sepi. Jadi, jika Anda jarang berlama-lama di depan televisi, Anda pun masih bisa menonton program TV favorit Anda dengan kualitas gambar yang bagus dengan TV beresolusi Full HD ini.

Spesifikasi TV beresolusi 4K: kualitas gambar lebih detail dan nyata

Spesifikasi TV beresolusi 4K : kualitas gambar lebih detail dan nyata

Resolusi dari TV 4K adalah 3840 piksel x 2160 piksel yang berarti kualitas gambarnya empat kali lebih tinggi dibandingkan dengan TV Full HD. Dengan menonton dari TV beresolusi 4K, Anda dapat menyaksikan gambar atau video dengan kualitas yang bahkan melebihi TV Full HD dengan ukuran yang besar.

Kualitas gambar yang ditampilkan TV 4K tidak akan berubah meski Anda menontonnya dari jarak yang dekat sekalipun. Jarak aman menonton TV beresolusi 4K adalah setengah dari jarak TV Full HD dengan ukuran yang sama. TV jenis ini sangat cocok untuk Anda yang mencari televisi dengan kualitas gambar yang terlihat detail dan nyata. Namun, bagi mereka yang tinggal sendiri di ruangan yang serbaterbatas, TV 4K mungkin sedikit memakan tempat karena umumnya TV ini berukuran 50 inci atau lebih.

Akan tetapi, TV 4K ini umumnya memiliki harga yang cukup tinggi. Anda dapat mempertimbangkan budget sebelum membelinya untuk Anda yang tinggal sendiri.

Perhatikan jenis LED backlight

Perhatikan jenis LED backlight

Light Emitting Diode (LED) merupakan susunan lampu yang berada di belakang layar sebagai sumber cahaya yang biasa disebut backlight. Terdapat dua tipe backlight LED pada TV yaitu tipe direct dan tipe edge. 

Backlight LED tipe direct adalah tipe yang menyebarkan backlight secara langsung dari belakang layar sehingga seluruh layar menjadi terang. Kelebihan tipe direct adalah gambar yang dihasilkan menjadi cerah dan warna yang diproduksi menjadi sangat tajam. Namun, kekurangan dari tipe direct adalah ukurannya yang sedikit tebal dan harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan tipe edge.

Berbeda dengan tipe direct, untuk tipe edge lampu-lampu LED diletakkan di seluruh pinggiran layar secara vertikal dan horizontal pada bagian dalam TV. Kelebihan tipe ini adalah ukurannya yang sangat tipis serta lebih hemat energi. Namun, jika cahaya tidak tersalurkan dengan baik, kualitas gambar terkadang akan menurun saat layar menampilkan gambar yang gelap.

Periksalah fitur-fitur televisi yang Anda butuhkan

Setelah mengetahui ukuran TV dan tipe liquid crystal yang Anda inginkan, selanjutnya Anda perlu memperhatikan fitur-fitur yang ada pada televisi. Adanya fitur-fitur ini memungkinkan harga TV menjadi lebih mahal. Namun, tidak semua fitur tersebut Anda butuhkan, bukan? Jadi, pilih fitur yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda! Berikut ini penjelasannya.

Jika tidak ingin melewatkan program favorit Anda, pilih TV dengan fitur perekam!

Jika tidak ingin melewatkan program favorit Anda, pilih TV dengan fitur perekam!

Jika Anda tinggal sendiri, mungkin fitur utama yang Anda perlukan adalah fitur perekam. Ada kalanya Anda tidak bisa menonton program TV favorit karena sedang sibuk atau ada hal lainnya. Agar Anda tidak melewatkan program tersebut, pilihlah TV yang sudah terpasang fitur perekam. Proses perekaman bisa dilakukan melalui fitur perekam atau melalui perangkat USB.

Televisi yang sudah didukung dengan fitur perekam memang memudahkan Anda dalam melakukan perekaman video untuk bisa ditonton nantinya. Saat ini juga sudah dijual perangkat HDD eksternal yang juga bisa digunakan untuk merekam. Sudah banyak orang yang menggunakan perangkat ini karena harganya yang cukup terjangkau.

Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan saat memeriksa fitur perekam adalah Anda harus memeriksa apakah fitur tersebut dapat merekam program TV yang tayang pada jam-jam bersaing. Kemungkinan Anda bisa merekam program tersebut bergantung pada jumlah tuner yang terpasang pada TV. Jika TV Anda hanya terpasang satu tuner, Anda tidak dapat merekam program-program TV pada jam bersaing. Jadi, perhatikan jumlah tuner yang terpasang ya!

Apa saja unit output yang terpasang?

Apa saja unit output yang terpasang?

Semakin canggihnya perkembangan teknologi saat ini, Anda pun bisa menikmati video, gambar, dan suara dari smartphone atau gadget Anda dengan menampilkannya ke layar TV. Selain itu, bermain game pun semakin asyik jika menggunakan layar TV yang besar. Untuk dapat menikmati hal tersebut, Anda membutuhkan unit output yang dapat menghubungkan perangkat mobile Anda ke terminal yang biasanya berada di belakang TV. Unit output yang umum terpasang antara lain HDMI output, ARC output, dan MHL output.

HDMI output berfungsi untuk mengirim digital video dan audio dengan satu kabel ke perangkat elektronik, seperti Blu-ray recorder, laptop, video game console, dan lain-lain. ARC output dibutuhkan untuk menghubungkan ke amplifier TV dan AV serta home theater. Satu lagi, MHL output berfungsi untuk menampilkan audio dan video dari smartphone atau tablet ke layar TV.

Namun, jika Anda tidak ingin menggunakan HDMI, Anda memerlukan perangkat lain yang disebut distributor. Jadi, sebelum membeli TV, periksalah berapa device yang Anda butuhkan sehingga bisa Anda sesuaikan dengan jumlah terminal unit output.

Jaringan internet melalui wired atau wireless?

Jaringan internet melalui wired atau wireless?

Bagi Anda yang ingin menikmati video melalui situs Youtube atau DAZN, maka TV Anda perlu terkoneksi dengan internet. Jika TV Anda bisa terkoneksi dengan internet, Anda tidak perlu lagi menonton video dari laptop. Selain itu, Anda juga bisa menonton film atau drama favorit Anda dengan mudah melalui streaming berkat adanya koneksi internet ini.

Jaringan internet dibagi menjadi dua jenis yaitu melalui wired dan wireless. Jika Anda mencari jaringan internet yang harganya murah, kami menyarankan untuk memilih jaringan wired atau kabel LAN. Jika memilih jaringan ini, Anda harus mau bersusah-susah untuk pemasangan kabelnya. Namun, bagi Anda yang ingin bebas meletakkan TV di dalam ruangan, sebaiknya memilih TV yang sudah tersedia fitur wireless LAN yang tidak perlu menggunakan kabel.

Periksa spesifikasi TV berdasarkan mereknya

Setiap produsen TV menawarkan keunggulannya masing-masing. Oleh karena itu, kami akan memfokuskan pada beberapa merek berikut ini.

Sharp : unggul dalam menghasilkan warna jernih dan cemerlang

Sharp : unggul dalam menghasilkan warna jernih dan cemerlang

Sharp merupakan salah satu merek TV yang terkenal di dunia. Walaupun popularitas dari Sharp sempat naik turun, tetapi saat ini Sharp sudah mulai melebarkan sayapnya kembali. Dengan spesifikasi yang sama, Sharp menawarkan harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan merek lain.

Sharp mengembangkan teknologi sendiri yang dinamakan dengan Quattron Technology yang merupakan teknologi yang dapat menghasilkan empat warna primer yang lebih jernih dan cemerlang. Banyak yang mengatakan bahwa meskipun sama-sama seri AQUOS, tetapi warna yang dihasilkan sedikit berbeda antara seri AQUOS yang memiliki spesifikasi tinggi dengan seri yang memiliki spesifikasi rendah.

Panasonic : memiliki fitur yang lengkap

Panasonic : memiliki fitur yang lengkap

Panasonic merupakan produsen yang memproduksi TV dengan seri nama VIERA. Panasonic juga merupakan merek TV yang sudah menerima sertifikasi Ultra HD Premium sebagai standar yang digunakan dunia dari Aliansi Ultra HD untuk pertama kalinya di Jepang. Merek TV ini juga dikatakan mampu memproduksi warna yang jernih pada TV tipe plasma.

Selain itu, Panasonic juga dikenal sebagai produsen yang menawarkan fitur-fitur yang lengkap dan memudahkan hidup Anda. Fitur-fitur yang dimiliki, antara lain memudahkan Anda streaming film melalui internet serta kemudahan untuk bermain game.

Toshiba : tingkat pengolahan gambar yang tinggi

Toshiba : tingkat pengolahan gambar yang tinggi

Meskipun mungkin diterpa dengan masalah manajemen di dalam perusahaan, Toshiba tetap bertahan dengan mengembangkan produk TV seri RAGZA yang populer di masyarakat. TV Toshiba memiliki fitur-fitur yang tentu berguna bagi Anda yang tinggal sendiri, salah satunya fitur time shift recording. Fitur ini merupakan fitur perekam yang memungkinkan pengguna mengejar ketertinggalan program-program favorit mereka. Selain itu, tingkat pengolahan gambar dari TV ini sangat tinggi, cocok untuk gamer yang menginginkan TV dengan gambar berkualitas tinggi.

Sony : TV dengan desain berkualitas tinggi

Sony : TV dengan desain berkualitas tinggi

Untuk merek Sony, TV produksi mereka yang terkenal adalah seri BRAVIA. Keunggulan dari Sony BRAVIA adalah terletak pada desainnya. Sony BRAVIA didesain dengan estetika sesuai dengan keinginan Anda yaitu ramping dan elegan. Audio yang dihasilkan pun beresolusi tinggi seperti detail suara bisikan hingga dentuman keras dapat didengar dengan baik. Sony BRAVIA ini kami rekomendasikan bagi Anda yang mencari produk yang memiliki desain dan audio yang berkualitas.

Merek-merek lain yang bisa Anda jadikan pilihan

Merek-merek lain yang bisa Anda jadikan pilihan

Selain produk-produk buatan Jepang, seperti Sharp, Panasonic, Toshiba, dan Sony, Anda juga bisa memilih produk dari negara lain yang juga tak kalah bagus. Salah satu negara pesaing Jepang yang juga patut diperhitungkan kualitas produknya adalah dari Korea Selatan. Merek-merek TV dari negara ini yang berkualitas antara lain adalah LG dan Samsung.

Dari empat merek TV yang sudah kami ulas di atas, Anda bisa membandingkan harga masing-masing produk dengan melihat spesifikasi yang ditawarkan. Setiap produk tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, kami menyarankan kepada Anda untuk membeli TV yang sesuai dengan kebutuhan.

10 Rekomendasi TV terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri

Jadi, setelah membaca ulasan kami mengenai poin-poin cara memilih, saatnya Anda menyimak produk-produk TV terbaik rekomendasi dari kami. Jangan sampai terlewatkan, berikut ini ulasan selengkapnya.

10. Toshiba LED TV 32L1600

10. Toshiba LED TV 32L1600

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.088.000

Rasakan sensasi menonton bola seakan berada dalam stadion dengan fitur Football Mode!

Bagi Anda penggemar sepak bola, rasanya wajib memiliki TV dari Toshiba ini. Jika biasanya detail gambar akan menjadi blur saat menayangkan pertandingan sepak bola yang penuh pencahayaan dengan gerakan yang berkecepatan tinggi, hal ini tidak akan terjadi apabila Anda membeli produk ini.

Produk ini memiliki fitur yang bernama Football Mode, yaitu fitur yang berfungsi untuk meminimalkan kehilangan detail akibat pencahayaan yang berlebihan atau menyilaukan. Dengan adanya fitur ini, warna-warna yang dihasilkan menjadi lebih detail dan tajam. Harganya pun cukup terjangkau.

9. Sony W66E LED Full HD HDR Smart TV

9. Sony W66E LED Full HD HDR Smart TV

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.850.000

Enggak perlu repot! Akses YouTube instan dengan sekali klik!

Mungkin Anda merasa kerepotan saat ingin menikmati video favorit melalui TV, Anda harus mengunjungi situs YouTube dengan browsing terlebih dahulu. Dengan menggunakan TV pintar ini, Anda tidak perlu repot lagi karena remote control-nya sudah dilengkapi tombol yang akan langsung bisa diakses ke situs YouTube.

Selain bisa menikmati video dengan lebih mudah, Anda pun bisa streaming film-film dari Netflix yang memiliki koleksi film terlengkap. Dengan sekali klik tanpa harus download ataupun menyewa DVD lagi, Anda bisa menonton ulang film jadul hingga film terbaru. Pilih produk ini dan buat hari Anda semakin seru!

8. Panasonic LED TV VIERA TH-32DS500G

8. Panasonic LED TV VIERA TH-32DS500G

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.039.200

Nikmati gambar yang terlihat lebih tajam dengan wide viewing angle dari fitur IPS LED Super Bright

Tahukah Anda bahwa jika ingin gambar terlihat tajam, tingkat kecerahan layar haruslah tinggi. Anda akan bisa menikmati tayangan dengan kualitas gambar yang lebih tajam jika membeli produk ini. Produk dari Panasonic ini dilengkapi dengan fitur IPS yang berfungsi untuk meningkatkan kecerahan dengan menempatkan lampu LED di belakang panel.

Anda juga tidak perlu khawatir resolusi akan berkurang saat layar menampilkan gambar yang bergerak. Lampu-lampu backlight akan dimatikan secara berurutan oleh fitur yang dinamakan backlight motion rate. Dengan adanya fitur ini, Anda pun bisa menonton TV dari sudut yang lebih lebar dengan gambar yang indah bahkan saat dilihat dari satu sudut pandang sekalipun.

7. Toshiba LED TV 40L3750

7. Toshiba LED TV 40L3750

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.699.000

Buat hidup menjadi lebih mudah dengan adanya MHL connection

Menikmati video dari layar smartphone Anda yang kecil pastilah rasanya kurang lega. Transfer saja video tersebut ke layar TV dari Toshiba ini dengan menghubungkannya melalui MHL output yang ada di samping TV. Setelah terkoneksi ke layar TV, menikmati konten dari smartphone Anda menjadi lebih leluasa tanpa perlu memicingkan mata ke layar HP yang kecil lagi.

Saat Anda sedang asyik di depan TV dan malas beranjak untuk mengisi daya baterai handphone yang sedang habis, cukuplah menyambungkannya ke MHL output ini dan perlahan daya baterai Anda akan terisi penuh. Selain itu, produk ini memiliki fitur personal video recording untuk merekam tayangan TV yang Anda lewatkan.

6. Sharp Aquos LED 32 LC-32LE185i-BK/WH

6. Sharp Aquos LED 32 LC-32LE185i-BK/WH

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.450.000

Dilengkapi dengan 7 perlindungan kualitas standar Jepang untuk TV Anda

Bagi Anda yang ingin membeli TV harga terjangkau, tetapi tetap berkualitas, kami menyarankan Anda agar membeli produk dari Sharp ini. Produk ini sudah dilengkapi dengan tujuh perlindungan ketat kualitas standar Jepang yang dinamakan 7 Shield Protection.

Tujuh perlindungan ini meliputi perlindungan terhadap getaran, jatuh, tegangan, temperatur dan kelembapan tinggi, beban berat, serta perlindungan terhadap stabilitas produk. Selain itu, produk ini pun tidak akan menyerap daya yang tinggi karena sudah dilengkapi dengan Super Eco Mode. Keren, bukan?

5. LG Smart TV-HD 32LJ550D

5. LG Smart TV-HD 32LJ550D

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.050.000

WebOS, bikin smart TV simpel dan fun!

Mungkin sebagian orang menganggap smart TV sulit dioperasikan karena terlalu rumit. Namun, LG mengatasi masalah ini dengan membuatnya lebih sederhana menggunakan sistem baru yang disebut webOS. Sistem ini beroperasi dengan cara mengurangi jumlah tahapan yang dibutuhkan saat menggunakan smart TV.

Bukan hanya itu, kemudahan lain yang bisa Anda dapatkan adalah dengan adanya Magic Remote. Tidak seperti remote kontrol biasa, remote ini beroperasi seperti Anda menggunakan mouse di layar komputer. Jika Anda memindahkan remote control ke arah yang Anda inginkan, pointer di layar akan mengikuti gerakan Anda.

4. Samsung 40″ Full HD Curved Smart TV K6300 Series 6

4. Samsung 40" Full HD Curved Smart TV K6300 Series 6

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.900.000

Temukan detail lebih tajam dengan Full HD dari layar yang melengkung

Apakah selama ini Anda menonton program favorit Anda dari TV beresolusi rendah dengan gambar kurang jernih? Segera ganti TV lama Anda dan buat pengalaman baru menonton TV dari Samsung ini. Produk ini memiliki resolusi Full HD yang lebih tinggi dari TV lama Anda yang dapat menampilkan detail-detail gambar seolah nyata dan pasti membuat Anda takjub.

Selain beresolusi tinggi, produk ini pun didesain melengkung yang optimal. Anda bisa menonton TV dengan nyaman dari sudut pandang mana pun tanpa mengubah kualitas gambar. Tahukah Anda bahwa layar yang melengkung atau curve dapat mengurangi pantulan cahaya? Jadi, Anda dapat menonton TV dengan sempurna tanpa adanya gangguan cahaya!

3. Panasonic LED TV VIERA TH-43DS630G

3. Panasonic LED TV VIERA TH-43DS630G

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.999.000

Nikmati program TV favorit Anda dengan warna lebih kaya dan alami melalui Hexa Chroma Drive

Menonton program favorit di layar TV yang buram rasanya membuat mata Anda sakit, bukan? Jagalah kesehatan mata Anda dengan menonton gambar yang lebih alami, akurat serta menyerupai gambar aslinya melalui TV rekomendasi kami ini. Panasonic melengkapi produk mereka dengan teknologi Hexa Chroma Drive.

Teknologi ini mampu memadukan enam warna dalam sekaligus. Bukan hanya warna merah, hijau, dan biru, tetapi juga warna lain, seperti cyan, magenta dan kuning. Dengan perpaduan ini warna yang dihasilkan sangat akurat mencapai satu miliar warna. Selain itu, desainnya sangat stylish dengan kaki penopang yang membuatnya seakan-akan melayang di udara.

2. LG LED TV 43LJ500T

2. LG LED TV 43LJ500T

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.999.000

Hubungkan perangkat elektronik Anda melalui satu kabel HDMI

Apakah Anda ingin bermain game dari video game console Anda di layar TV yang berukuran besar? Hubungkan saja video game console Anda ke HDMI output yang ada pada TV ini melalui kabel HDMI. Produk ini memiliki ukuran 43 inci yang cukup besar untuk kepuasan Anda bermain game dari layar yang lebar.

Selain untuk menghubungkan perangkat video game, melalui kabel HDMI ini Anda juga dapat menampilkan layar laptop tampil di layar TV yang besar dan mungkin dapat memudahkan Anda saat bekerja di rumah. Video dan suara dari game yang Anda mainkan pun semakin berkualitas dan berteknologi imersif berkat fitur Dolby Audio.

1. Samsung 40″ UHD 4K Flat Smart TV MU6100 Series 6

1. Samsung 40" UHD 4K Flat Smart TV MU6100 Series 6

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.575.000

TV beresolusi 4K harga 5 jutaan untuk Anda dengan budget terbatas

Memang TV beresolusi 4K di pasaran harganya relatif mahal hingga mencapai puluhan juta rupiah. Jangan khawatir! Bagi Anda dengan budget terbatas, tetapi tetap ingin menikmati tayangan dengan kualitas gambar menakjubkan dari TV beresolusi 4K, kami menyarankan Anda untuk membeli produk nomor satu ini.

Produk ini berukuran 40 inci, ukuran paling standar untuk TV beresolusi 4K. Jika Anda tinggal sendiri, pilihlah TV 4K yang berukuran tidak terlalu besar ini untuk diletakkan di ruangan Anda. Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah bisa menikmati tayangan beresolusi tinggi dengan warna natural juga desain TV yang slim dan elegan.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah selesai membaca semua ulasan dari kami? Bagi Anda yang tinggal sendiri, kami harap Anda sudah menemukan TV yang pas untuk menemani hari-hari Anda. Merek-merek TV dari Jepang & Korea Selatan, seperti Sharp, Panasonic, Toshiba, Sony, LG, dan Samsung merupakan merek yang populer di pasaran. Produk-produk dari mereka pun memiliki keunggulannya masing-masing serta harga yang bersaing. Anda bisa memilih produk dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat memilih!