10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2018)

Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?

Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!

Daftar isi

Cara memilih susu formula untuk bayi

Pertama-tama kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih susu formula untuk bayi. Apabila Anda sedang bimbang dalam memilih susu formula, informasi berikut ini tentu akan sangat membantu Anda!

Pilih berdasarkan kondisi dan tujuan penggunaan

Selain harga dan kandungan nutrisi susu formula, kemasan adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan agar membuat susu untuk bayi menjadi lebih mudah. Setiap bentuk kemasan memiliki karakteristiknya masing-masing. Selengkapnya, ada di bawah ini.

Tipe kemasan kaleng, lebih praktis dan ekonomis

Tipe kemasan kaleng, lebih praktis dan ekonomis

Bila Anda menitikberatkan pada kepraktisan, tipe kemasan kaleng bisa menjadi pilihan. Kebanyakan kemasan kaleng memilki kapasitas sekitar 800 gram, tetapi beberapa merek juga memiliki ukuran kemasan kaleng yang lebih kecil.

Apabila Anda sering memberikan susu formula untuk bayi Anda, susu berkemasan kaleng besar berukuran 800 gram adalah pilihan yang paling ekonomis. Namun, ukuran kaleng yang besar dan bobotnya yang berat membuatnya sulit untuk dibawa-bawa sehingga kurang cocok bila Anda sering bepergian bersama bayi Anda. Selain itu, ada resiko tumpah juga ketika Anda menuangkannya ke dalam botol dot.

Lain halnya bila Anda hanya bepergian sebentar bersama si kecil, memilih susu berkemasan kaleng besar pun tidak akan menjadi masalah. Buatlah beberapa porsi susu formula dan tampung di dalam termos. Bila tiba saatnya waktu minum susu, Anda tinggal memindahkan susu yang telah dibuat ke dalam botol dotnya.

Tipe kemasan kaleng ada yang memiliki tutup terbuka seluruhnya dan ada pula yang hanya bisa terbuka sebagian. Selain itu ada juga kaleng dengan penutup yang terintegrasi sehingga memudahkan Anda ketika menakar ukuran sajian dengan sendok susunya.

Tipe kemasan plastik, mudah untuk diisi ulang

Tipe kemasan plastik, mudah untuk diisi ulang

Tipe kemasan plastik adalah tipe yang belakangan ini diperkenalkan. Kemasan ini sangat praktis digunakan karena Anda tinggal memasukkan susu kemasan isi ulang ke dalamnya saja. Anda pun tak perlu repot-repot membersihkan kemasan plastiknya setiap kali mengisi ulang.

Namun, kadangkala plastik pada kemasan tipe ini cenderung tipis dan mungkin Anda harus menggantinya dengan yang baru setelah beberapa kali pemakaian. Bila Anda memilih kemasan ini, Anda juga harus menyiapkan sendok susu sendiri mengingat kemasan susu isi ulang umumnya tidak disertai dengan sendok susu.

Kemasan plastik juga umumnya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sehingga cenderung dangkal dan memudahkan Anda dalam menyendok susu. Tipe kemasan ini ideal untuk Anda yang memberikan susu formula pada bayi sebagai selingan ASI saja.

Tipe kemasan stik atau sachet, praktis untuk mobilitas

Tipe kemasan stik atau sachet, praktis untuk mobilitas

Saat bepergian bersama bayi, susu formula kemasan stik atau sachet yang ringan dan mudah diselipkan di dalam tas lebih tepat menjadi pilihan. Susu kemasan dalam kemasan tersebut memang sulit ditemukan di Indonesia. Anda dapat mengakalinya dengan memasukkan bubuk susu formula ke dalam kantong plastik kecil sebelum bepergian. Satu sajian untuk setiap plastik. Praktis dan tak perlu menakar tetapi, Anda akan menghasilkan sampah setiap kali membuat susu untuk si kecil sehingga Anda harus bolak-balik mencari tempat sampah.

Tipe kemasan ini juga ideal untuk bayi yang meminum ASI sebagai sumber nutrisi utama dan susu formula sebagai selingan. Bila bayi Anda hanya mengonsumsi ASI saja, tidak ada salahnya menyediakan kemasan tipe ini di rumah untuk berjaga-jaga saat produksi ASI Anda tidak mencukupi.

Tipe balok, lebih mudah saat menyeduh susu

Tipe balok, lebih mudah saat menyeduh susu

Susu formula berbentuk balok padat ini barangkali belum pernah Anda dengar sebelumnya karena memang masih sangat jarang ditemukan di Indonesia. Umumnya, Anda cukup melarutkan 1 balok untuk membuat 40 ml susu. Ada produk tipe balok yang memiliki pemisah di tengahnya sehingga mudah dipatahkan. Sangat berguna jika Anda hanya ingin membuat 20 ml susu saja.

Dengan susu formula berbentuk balok ini, Anda dapat membuat susu dengan lebih praktis diabndingkan dengan tipe bubuk karena tak perlu lagi menakar dengan sendok. Selain itu, bentuknya yang kecil membuatnya sangat mudah dibawa-bawa.

Periksa kemungkinan alergi yang dapat ditimbulkan produk

Periksa kemungkinan alergi yang dapat ditimbulkan produk

Bila bayi Anda rentan terhadap alergi susu atau barangkali Anda ingin mencegah terjadinya alergi, susu yang diformulasikan rendah alergen dapat dijadikan pilihan.

Bayi belum memiliki kemampuan mencerna protein susu dengan baik, khususnya protein jenis kasein karena sistem pencernaannya yang belum matang. Sementara itu, bayi yang baru lahir memiliki resiko tinggi mengalami alergi karena konsumsi susu sapi. Pastikan Anda memilih susu rendah alergen bila ingin memperkecil resiko alergi pada bayi. Bila tetap timbul gejala alergi, seperti diare atau muntah, segera konsultasikan pada dokter dan mintalah saran pada ahlinya mengenai pemilihan susu formula yang tepat.

Pilihlah produk dengan sertifikasi SNI atau BPOM

Pilihlah produk dengan sertifikasi SNI atau BPOM

Setiap merek susu formula pastinya memiliki kandungan yang berbeda, tetapi Anda tidak perlu khawatir selama produk tersebut telah mendapat izin edar dari pihak yang berwajib. Susu formula yang beredar resmi di Indonesia umumnya telah mengantongi sertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia) dan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Meskipun banyak merek dengan berbagai macam kandungan tambahan, selama telah memenuhi standar yang ditentukan pemerintah, hal tersebut niscaya tidak akan menjadi masalah. Namun, bila Anda memilih susu formula impor, Anda perlu memeriksa lebih lanjut tentang keamanannya.

10 Rekomendasi susu formula terbaik untuk bayi

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli susu formula untuk bayi, mulai dari tipe kemasan, alergi yang bisa ditimbulkan, sertifikasi, dan sebagainya. Berikut akan kami sampaikan rekomendasi susu bayi terbaik yang telah kami pilih dengan seksama.

10. Nutricia Bebelove 1

10. Nutricia Bebelove 1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 128.000

Membantu menjaga kesehatan pencernaan si kecil

Fungsi pencernaan bayi belum berkembang sempurna sehingga rawan terkena berbagai penyakit, seperti diare, flu, deman, dan lainnya, bila tidak dijaga dengan baik. Untuk membantu menjaga pencernaannya tetap sehat, kami merekomendasikan Bebelove 1 dengan FOS (frukto oligosakarida) dan GOS (galakto oligosakarida) yang membantu perkembangan bakteri baik di usus.

Kaya akan kandungan kalsium, susu formula dalam kemasan kaleng ini juga memperkuat tulang dan membantu tubuh mempersiapkan diri untuk pertumbuhan giginya. Bebas dari gula, bayi pun terhindar dari konsumsi zat-zat yang kurang diperlukan. Rasanya yang gurih pasti membuatnya minum susu dengan lahap.

9. Nestle Lactogen 1 Gold

9. Nestle Lactogen 1 Gold

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk di Bukalapak

Harga : Rp 97.000

Kaya kandungan vitamin dan mineral, memastikan kelengkapan nutrisi si kecil

Susu bayi dari Nestle ini memiliki nutrisi yang terbilang lengkap, mulai dari probiotik, asam lemak esensial LA dan ALA, prebiotik FOS dan GOS, zat besi, serta 12 vitamin dan 11 mineral. Kandungan yang lengkap dari susu formula berkemasan kardus dalam berbagai ukuran ini akan sangat membantu perkembangan bayi Anda menjadi lebih sehat dan cerdas.

Resmi dinyatakan bebas Enterobacter sakazakii oleh BPOM pada tahun 2011 lalu, susu formula ini dijamin aman untuk buah hati Anda. Diproduksi oleh Nestle yang distribusinya mencakup seluruh wilayah Indonesia, produk ini selalu ada di pasaran. Inilah pilihan ideal untuk Anda yang ingin menjamin terpenuhinya kebutuhan nutrisi bagi si kecil.

8. Nutricia Nutribaby Royal Pronutra Tahap 1

8. Nutricia Nutribaby Royal Pronutra Tahap 1

Lihat produk ini Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 97.720

Kombinasi formula Acti Duobio untuk ketahanan tubuh dan kemampuan berpikir

Nutribaby ini dibuat dengan formula khusus Acti Duobio untuk memberi manfaat optimal pada si kecil. Kombinasi ini mengandung prebiotik dan vitamin untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, serta asam linoleat dan zat besi yang mampu menstimulasi perkembangan otak. Teksturnya diklaim mirip dengan ASI sehingga mudah dicerna oleh lambung bayi.

Produk yang tersedia dalam berbagai variasi kemasan pantas dipilih bila Anda ingin memberikan pondasi ketahanan tubuh dan kecerdasan otak bagi anak. Susu ini juga dilengkapi dengan probiotik breve M16V yang berperan dalam menjaga kesehatan pencernaannya. Adanya 12 vitamin dan 9 mineral, kebutuhan gizinya sehari-hari pasti semakin tercukupi.

7. Wyeth S-26 Promil Gold Tahap 1

7. Wyeth S-26 Promil Gold Tahap 1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 285.000

Formula MultiExcel untuk tumbuh kembang otak yang maksimal

Susu bayi yang satu ini dibuat dengan formula khusus MultiExcel untuk tumbuh kembang otak yang maksimal. Sesuai tagline produk, yaitu ‘pintarnya beda’, susu formula ini ideal bagi Anda yang ingin memaksimalkan perkembangan otak anak. Kandungan makronutrien dan mikronutriennya juga bersinergi untuk pastikan tubuhnya tumbuh dengan kuat dan aktif berenergi.

Dilihat dari segi rasa, produk yang hadir dalam berbagai kemasan dan ukuran ini memiliki rasa plain yang menyerupai ASI. Si kecil yang terbiasa mengonsumsi ASI pun lebih mudah menyesuaikan diri. Diproduksi oleh produsen yang berpengalaman lebih dari 100 tahun, percayakanlah kebutuhan nutrisi tubuh dan otak buah hati pada produk yang satu ini.

6. Friso Frisolac Gold 1

6. Friso Frisolac Gold 1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 133.000

Mendukung perkembangan buah hati dengan kebaikan dari alam

Susu formula yang satu ini menggunakan teknologi Locknutri dalam proses produksinya. Dibuat dengan pemanasan pada suhu rendah, nutrisi alami yang tersimpan di dalam susu sapi, seperti protein pun tidak rusak. Protein alami dapat lebih mudah dicerna oleh pencernaan manusia sehingga perut bayi tetap nyaman setelah minum susu.

Perut bayi yang selalu nyaman mencegah bayi menjadi rewel sekaligus memperkecil resiko masalah pencernaan. Pencernaan yang sehat akan memperkuat daya tahan tubuhnya sehingga si kecil pun semakin jarang sakit. Susu formula berkemasan wadah plastik praktis ini ideal bagi Anda yang menginginkan nutrisi alami terbaik bagi pertumbuhan buah hati Anda.

5. Mead Johnson Enfamil A+ 1

5. Mead Johnson Enfamil A+ 1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 310.000

Formula DHA yang telah diperkaya untuk mendukung kecerdasan bayi

Otak bayi mengalami pertumbuhan paling pesat pada usia 0 hingga 1 tahun. Untuk itu, manfaatkanlah periode emas tersebut untuk mendukung perkembangan otak bayi secara optimal. Enfamil A+ memahami kebutuhan tersebut dengan menciptakan susu formula dengan kadar DHA melimpah agar kercerdasan anak dapat berkembang maksimal sejak dini.

Tidak berlebihan, secara klinis kadar DHA ini telah disesuaikan berdasarkan kandungan DHA seimbang pada ASI alami. Selain otak, susu ini juga mendukung sistem pencernaan anak dengan kandungan prebiotiknya. Mudah dicerna, produk yang hadir dalam kemasan wadah plastik ini cocok untuk memenuhi kebutuhan DHA harian buah hati Anda.

4. Morinaga BMT Soya

4. Morinaga BMT Soya

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 175.000

Alternatif tambahan nutrisi dari sumber nabati yang bebas alergen

Jika biasanya susu formula berbahan dasar susu sapi, produk yang satu ini berbahan dasar kedelai. Morinaga mengerti tidak semua bayi toleran terhadap laktosa. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka, Morinaga menciptakan susu dengan formulasi nabati terbaik dari kedelai. Intoleransi laktosa bukan lagi halangan baginya untuk minum susu formula.

Kombinasi Moricare+ mendukung perkembangan otak dan saluran cernanya. Memiliki kandungan serat lebih tinggi daripada susu sapi, susu yang hadir dengan beragam jenis kemasan ini juga diklaim tidak mengandung kolesterol jahat. Ketika ASI saja tak cukup penuhi kebutuhan nutrisi buah hati yang alergi susu sapi, Morinaga BMT Soya ini bisa jadi alternatif.

3. Mead Johson Pregestimil Formula Bayi Hipoalergenik

3. Mead Johson Pregestimil Formula Bayi Hipoalergenik

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 292.000

Solusi masalah malabsorbsi lemak dan intoleransi protein pada bayi

Malabsorsi lemak dan intoleransi protein susu pada bayi seringkali menjadi mimpi buruk bagi orang tua, apalagi bila produksi ASI tidak cukup banyak. Bagaimana tidak, keadaan tersebut bisa saja mengakibatkan tak terpenuhinya nutrisi penting bagi tumbuh kembang bayi. Namun, susu berkemasan kaleng ini akan mengakhiri kekhawatiran Anda.

Berbeda dari susu formula biasa, susu ini tidak mengandung laktosa, melainkan kasein yang telah dihidrolisis sehingga dapat diterima oleh tubuh bayi yang spesial kebutuhan nutrisinya. Lemak susunya bersumber dari minyak nabati yang lebih mudah diserap tubuh. Meski begitu, usahakan bayi tetap mengonsumsi ASI sebagai sumber nutrisi utamanya.

2. Nutricia Neocate LCP

2. Nutricia Neocate LCP

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 308.000

Berbasis asam amino, bayi bebas dari dampak alergi susu sapi

Diformulasikan hipoalergenik 100%, susu ini aman untuk bayi yang alergi susu sapi dan menderita intoleransi protein. Sebagai ganti protein susu sapi, produk ini menggunakan asam amino yang lebih mudah dicerna dan diserap tubuh, serta tidak menimbulkan alergi. Karena itulah, poduk ini juga aman bagi bayi penderita MFPI (multiple food protein intolerance).

Tak perlu panik bila si kecil sudah terlanjur terkena dampak alergi. Susu yang ideal untuk bayi rentan alergi ini teruji klinis mampu mengatasi masalah tersebut setelah 3-14 hari konsumsi. Meski susu berkemasan kaleng ini dijual bebas di pasaran, konsumsi berdasarkan saran dokter lebih dianjurkan agar kondisi alergi pada si kecil tidak bertambah parah.

1. Abott Similac Advance 1

1. Abott Similac Advance 1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 280.000

Kandungan nutrisi yang lengkap bagaikan air susu ibu

Susu bayi yang satu ini mungkin jarang Anda lihat di toko konvensional karena merupakan produk impor. Memiliki kandungan asam lemak esensial DHA, formula susu ini dibuat semirip mungkin dengan ASI agar kebutuhan nutrisinya semakin terpenuhi. Meski begitu, perlu Anda ingat bahwa susu formula ini bukanlah pengganti ASI, melainkan pendamping ASI.

Susu yang hadir dalam berbagai kemasan ini juga terbilang yang terbaik di kelasnya. Memiliki kadar nukleotida yang tinggi, imunitas bayi akan berkembang dengan baik sehingga dia tidak akan mudah sakit. Mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi, produk ini adalah pilihan tepat bila produksi ASI Anda tidak dapat memenuhi kuantitas minum harian si kecil.

Anjuran dalam membuat susu untuk bayi

Membuat susu bayi seringkali memakan waktu, hal ini tentu merepotkan terutama jika Anda mengurus bayi sambil mengerjakan hal lain. Agar kerepotan Anda sedikit berkurang, kami akan memberikan tips membuat susu bayi yang dapat Anda terapkan di rumah.

Gunakan air dalam kemasan untuk membuat susu bayi

Gunakan air dalam kemasan untuk membuat susu bayi

Apabila Anda masih menggunakan air tanah atau keran, merebus air hingga matang adalah kewajiban agar air yang dikonsumsi bayi Anda terbebas dari bakteri. Namun, air yang baru mendidih tentu akan terlalu panas untuk langsung digunakan dalam pembuatan susu. Akibatnya, Anda pun harus menunggu beberapa saat untuk meminumkan susu pada bayi. Jika menggunakan air kemasan, Anda tidak perlu merebusnya hingga mendidih, cukup dipanaskan secukupnya saja.

Penggunaan air kemasan akan memudahkan Anda dalam membuat susu dan tentunya lebih aman untuk bayi. Hal ini karena air kemasan sudah disterilisasi dan terjamin kualitasnya. Pastikan juga air kemasan yang Anda gunakan rendah kandungan mineral agar kandungan mineral pada susu formula tidak rusak.

Bila memang tidak memungkinkan untuk mendapatkan air dalam kemasan, Anda dapat memadukan air panas dan air dingin dengan komposisi yang tepat. Dengan begitu, bayi dapat langsung meminum susunya tanpa harus berlama-lama menunggu suhu susu sedikit menurun.

Gunakan dispenser air agar air panas selalu tersedia

Gunakan dispenser air agar air panas selalu tersedia

Untuk Anda yang tidak mau repot saat membuat susu bayi, kami rekomendasikan Anda menyediakan dispenser air panas di rumah. Air panas yang dihasilkan dispenser air umumnya bersuhu antara 80-90˚C sehingga Anda dapat langsung menggunakannya untuk membuat susu bayi. Dengan air panas yang terlalu tersedia setiap saat, membuat minuman hangat, seperti teh atau kopi sebagai mood booster untuk Anda pun jadi lebih praktis.

Namun, jangan lupa untuk menggunakan air rendah mineral agar tidak membebani sistem pencernaan bayi Anda. Biasanya air galon yang dijual di pasaran adalah air mineral sehingga Anda harus selektif dalam memilih. Agar lebih aman, Anda juga dapat memilih air RO (reverse osmosis) yang sudah jelas terbebas dari kandungan mineral.

Kesimpulan

Memilih susu formula adalah hal penting untuk membantu tumbuh kembang bayi Anda sehingga tidak boleh sembarangan dalam memilihnya. Semua produk yang kami rekomendasikan di atas sudah sesuai dengan standar di Indonesia sehingga Anda bisa merasa aman memilihnya. Anda hanya tinggal memilih yang kandungan nutrisinya sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

Kami harap artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih susu formula yang tepat bagi bayi Anda. Meski banyak produk berkualitas beredar di pasaran, tetaplah jadikan ASI eksklusif sebagai sumber nutrisi utama bagi bayi Anda.