• 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)

Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi, seperti Enfamil, SGM, dan Lactogen. Akan tetapi, bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?

Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 495.162 Views
Daftar isi

Keuntungan menggunakan susu formula

Keuntungan menggunakan susu formula

Keuntungan penggunaan susu formula yaitu bisa diberikan oleh orang lain selain ibu. Susu ini bisa dijadikan sebagai pengganti ASI ketika diperlukan. Jadi, ayah, kakek, ataupun nenek pun bisa ikut membantu mengasuh bayi. 


Susu formula juga dapat membantu ibu yang sedang tidak dapat memberikan ASI kepada bayinya, misalnya saat sakit, terkena bencana, dan lain-lain. Akhir-akhir ini, makin banyak ibu yang menambahkan susu formula di samping ASI sebagai selingan.

Cara memilih susu formula untuk bayi

Pertama-tama, kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih susu formula untuk bayi. Apabila Anda sedang bimbang dalam memilih susu formula, informasi berikut ini tentu akan sangat membantu Anda!

Pilih tipe kemasan berdasarkan frekuensi penggunaan

Selain tipe kemasan kaleng yang sudah umum, terdapat juga kemasan susu formula berbentuk cube dan sachet. Pilihlah tipe kemasan berdasarkan frekuensi Anda menggunakan susu formula.

Tipe kaleng, lebih ekonomis untuk sehari-hari

Tipe kaleng, lebih ekonomis untuk sehari-hari

Kemasan tipe kaleng kami rekomendasikan untuk Anda yang sering atau tiap hari meminumkan susu formula kepada si kecil. Dibandingkan tipe lain, tipe kaleng memiliki harga yang lebih murah dan lebih hemat dalam pembelian ulang.


Biasanya, susu formula tipe ini dijual dalam kemasan 300-800 gram. Anda bisa memilihnya sesuai jumlah pemakaian sehari-hari. Namun, susu ini perlu dituang secara manual menggunakan sendok takar. Saat Anda mengantuk dan harus memberi susu di malam hari, bisa saja Anda lupa dengan takarannya. Padahal, ada batas maksimal pemberian susu formula untuk bayi dalam sehari. Jadi, hati-hati dengan takaran, ya!


Selain itu, susu tipe kaleng harus dihabiskan dalam waktu satu bulan. Untuk Anda yang jarang memakai susu formula, tipe ini kurang cocok untuk Anda. 


Tipe ini memang tidak cocok dibawa saat bepergian jauh karena sifatnya yang tidak praktis. Namun, jika hanya bepergian sebentar seperti jalan-jalan ke mall atau rumah teman, Anda tetap bisa membawanya, kok. Masukkan saja beberapa sendok susu ke dalam botol. Lalu, Anda hanya perlu meminta air panas untuk melarutkannya.

Tipe sachet dan cube, untuk Anda yang jarang menggunakan susu formula

Tipe sachet dan cube, untuk Anda yang jarang menggunakan susu formula

Kemasan tipe sachet dan cube banyak disukai karena sangat ringan dan praktis. Tipe ini cocok bagi Anda yang ingin membawa susu formula saat bepergian. Karena praktis, kemasan ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang jarang meminumkan susu formula kepada buah hati.


Tidak hanya ringan, tipe sachet dan cube sangat mudah untuk dibawa ke mana pun. Anda bisa membawanya sesuai keperluan tanpa membebani tas. Sayangnya, tipe cube belum tersedia di toko online Indonesia.


Meski praktis, produk ini kurang ekonomis dibandingkan tipe kaleng. Tidak hanya itu, tipe susu formula sachet dan cube juga kurang ramah lingkungan karena sampah yang dihasilkan. Jadi, kurang cocok bagi Anda yang ingin memakai susu formula setiap hari. Bagilah penggunaannya sesuai situasi, kemasan kaleng untuk penggunaan di rumah dan kemasan sachet untuk dibawa pergi.

Cek kemudahan menyeduhnya

Cek kemudahan menyeduhnya

Bayi baru lahir perlu minum susu sekitar tiga jam sekali. Untuk mengurangi beban ibu yang belum terbiasa mengasuh bayi baru lahir, gunakan produk susu yang mudah diseduh. Pilihlah yang kemasannya simpel dan mudah larut dalam air panas.

Tidak perlu mengutamakan produk yang banyak menambahkan nutrisi

Tidak perlu mengutamakan produk yang banyak menambahkan nutrisi

Tak banyak perbedaan nutrisi yang terkandung dalam kebanyakan susu formula. Pemerintah sudah memberikan standar nutrisi yang harus dipenuhi. Jadi, Anda tak perlu khawatir mengenai hal ini. Anda tetap bisa memberikan si kecil produk formula merek apa pun selama telah mengantongi sertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia) dan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).


Banyak produsen yang melabeli produk dengan kandungan yang mirip ASI. Tak masalah jika produk yang Anda beli tidak ada label tersebut. Jika ingin memberikan si buah hati dengan banyak nutrisi, Anda bisa mencoba berbagai susu formula yang berbeda. Selain bermanfaat dalam penambahan nutrisi, Anda juga bisa menemukan produk yang paling cocok untuk bayi Anda.

Hindari produk yang terlalu manis

Hindari produk yang terlalu manis

Jika Anda memberi si kecil susu formula yang terlalu manis, kadar gula darahnya akan naik. Apabila hal itu sering terjadi, dikhawatirkan bayi Anda akan mengalami diabetes di masa depannya. Bagi Anda yang tergolong kerap memberikan susu formula, berhati-hatilah dengan poin ini. 


Bayi pasti menyukai susu formula karena rasanya yang manis. Ketika Anda merasa kerepotan untuk memberikan ASI tiap saat, Anda bisa mengandalkan susu formula sesekali. Namun, jangan terlalu sering, ya!

10 Rekomendasi susu formula terbaik untuk bayi

Berikut akan kami sampaikan rekomendasi susu bayi terbaik yang telah kami pilih dengan saksama sesuai cara memilih di atas. Semoga bisa jadi referensi Anda, ya.

10
Isi800 gram
Tipe kemasanKaleng
Target usia0-6 bulan
9

Kalbe Morinaga IndonesiaChil Kid Platinum Moricare+Madu

Rp 60.031,00

Isi12x16 gram
Tipe kemasanSachet
Target usia1-3 tahun
8
Isi50x9 gram
Tipe kemasanSachet
Target usiaBayi lahir prematur dan berat bayi lahir rendah (BBLR)
7
Isi800 gram
Tipe kemasanKardus
Target usia0-6 bulan
6
Isi400 gram
Tipe kemasanKaleng
Target usia6-12 bulan
5

Kalbe Morinaga IndonesiaBMT Soya Moricare+ Prodiges

Rp 92.000,00

Isi300 gram
Tipe kemasanKaleng
Target usia0-6 bulan
4
Isi900 gram
Tipe kemasanKaleng
Target usia6-12 bulan
3
Isi350 gram
Tipe kemasanKardus
Target usia0-6 bulan
2

Mead Johnson Enfamil A+ Lactofree Care Susu Formula Bebas Laktosa Tin

Rp 198.300,00

Isi400 gram
Tipe kemasanKaleng
Target usia0-12 bulan
1
Isi1.000 gram
Tipe kemasanKardus
Target usia6-12 bulan

Tabel perbandingan produk susu formula terbaik untuk bayi

Gambar produk
1
Sari Husada SGM Ananda 1

Sari Husada

2
Mead Johnson  Enfamil A+ Lactofree Care Susu Formula Bebas Laktosa Tin 1

Mead Johnson

3
Nestlé Lactogen 1 Susu Formula 1

Nestlé

4
Wyeth Nutrition Sduaenam S-26 Promil GOLD Tahap 2 1

Wyeth Nutrition Sduaenam

5
Kalbe Morinaga Indonesia BMT Soya Moricare+ Prodiges 1

Kalbe Morinaga Indonesia

6
Friso Frisolac Gold 2 1

Friso

7
Nutricia  Nutribaby Royal 1 Susu Formula 1

Nutricia

8
Similac Neosure HMF 1

Similac

9
Kalbe Morinaga Indonesia Chil Kid Platinum Moricare+Madu 1

Kalbe Morinaga Indonesia

10
Nutricia  Bebelove 1 Susu Formula 1

Nutricia

Nama produk

SGM Ananda

Enfamil A+ Lactofree Care Susu Formula Bebas Laktosa Tin

Lactogen 1 Susu Formula

S-26 Promil GOLD Tahap 2

BMT Soya Moricare+ Prodiges

Frisolac Gold 2

Nutribaby Royal 1 Susu Formula

Neosure HMF

Chil Kid Platinum Moricare+Madu

Bebelove 1 Susu Formula

Keunggulan

Produk lokal dengan 11 asam amino esensial

Susu bebas laktosa! Tak ada diare dan gangguan pencernaan lain

Kaya kandungan vitamin dan mineral, memastikan kelengkapan nutrisi si kecil

Formula MultiExcel untuk tumbuh kembang otak yang maksimal

Alternatif tambahan nutrisi dari sumber nabati yang bebas alergen

Mendukung perkembangan buah hati dengan kebaikan dari alam

Formula Acti Duobio untuk ketahanan tubuh dan kemampuan berpikir

Nutrisi tambahan untuk bayi prematur

Praktis dibawa bepergian!

Membantu menjaga kesehatan pencernaan si kecil

HargaRp 98.800,00Rp 198.300,00Rp 51.400,00Rp 293.500,00Rp 92.000,00Rp 150.000,00Rp 206.100,00Rp 637.000,00Rp 60.031,00Rp 136.100,00
Isi1.000 gram400 gram350 gram900 gram300 gram400 gram800 gram50x9 gram12x16 gram800 gram
Tipe kemasanKardusKalengKardusKalengKalengKalengKardusSachetSachetKaleng
Target usia6-12 bulan0-12 bulan0-6 bulan6-12 bulan0-6 bulan6-12 bulan0-6 bulanBayi lahir prematur dan berat bayi lahir rendah (BBLR)1-3 tahun0-6 bulan
Tautan produk

Cara menakar susu formula

Cara menakar susu formula

Susu formula dalam kemasan kaleng sudah dilengkapi dengan sendok takar 20 ml. Bayi berusia dua minggu biasanya membutuhkan 100 ml susu setiap kali minum. Jadi, Anda harus berkali-kali mengambil susu menggunakan sendok takar tersebut. Pasti ada kalanya Anda lupa berapa takaran susu yang sudah dimasukkan ke dalam botol. Di saat seperti itu, akan lebih praktis jika Anda bisa memasukkan susu sebanyak 100 ml dalam sekali takar.

Baca juga rekomendasi produk botol susu bayi di sini

Membuat susu formula tentu membutuhkan botol susu. Berbagai produk botol susu dijual di pasaran dengan bermacam kelebihannya. Kami telah mengulas produk-produk rekomendasi botol susu terbaik untuk bayi. Apabila Anda tertarik untuk mengetahuinya lebih jauh, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Memilih susu formula adalah hal penting untuk membantu tumbuh kembang bayi Anda. Jadi, jangan sembarangan memilihnya. Pilihlah yang kandungan nutrisinya sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

Kami harap artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih susu formula yang tepat bagi bayi Anda. Meski banyak produk berkualitas, tetaplah jadikan ASI eksklusif sebagai sumber nutrisi utama. Apakah Anda sudah menentukan produk yang tepat untuk buah hati Anda?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika makin besar, bayi Anda akan membutuhkan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). Bubur bayi merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan karena memiliki berbagai rasa, kandungan vitamin dan mineral, dan lain sebagainya. Namun, banyaknya produk yang beredar mungkin membuat Anda bingung untuk memilihnya.Karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang enak dan sehat, serta memberikan sepuluh rekomendasi bubur bayi terbaik untuk bayi Anda. Produk-produk ternama dari Milna, Promina, SUN, dan sebagainya pun tak ketinggalan untuk kami ulas. Yuk, simak ulasan kami!
    Makanan & susu bayi
    155.895 Views
  • 10 Rekomendasi Biskuit Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Biskuit Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Selepas usia 6 bulan, bayi sudah boleh mendapat MPASI alias Makanan Pendamping Air Susu Ibu. Selain aneka bubur dan puree, ibu juga boleh memberikan camilan berupa biskuit khusus bayi. Fungsi biskuit ini adalah untuk menambah asupan gizi, serta menjadi stimulan pertumbuhan gigi.Pada saat memilih biskuit bayi, Anda harus memperhatikan kandungan gizinya dengan saksama. Di artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih biskuit yang aman dan sehat untuk bayi. Tak lupa, ada juga rekomendasi biskuit bayi terbaik dari berbagai merek, seperti Milna, Yummy Bites, Promina, dan lain-lain. Selamat membaca!
    Makanan & susu bayi
    66.529 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Bayi Terbaik yang Rendah Laktosa (Terbaik Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Bayi Terbaik yang Rendah Laktosa (Terbaik Tahun 2020)
    Bayi Anda mengalami diare setelah minum susu formula? Bisa jadi, pencernaannya intoleran terhadap laktosa. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan susu bayi rendah laktosa atau yang tanpa laktosa. Kedua varian susu tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai merek, seperti SGM, Nestle, Morinaga, dan Bebelove.Jika Anda sedang mencari susu bayi yang rendah atau tanpa laktosa, Anda bisa membaca artikel ini. Di sini, kami akan mengulas tips memilih, serta memberi rekomendasi susu bayi terbaik yang rendah atau tanpa laktosa. Baca sampai habis untuk mendapatkan informasinya!
    Makanan & susu bayi
    2.099 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi yang Memiliki Alergi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi yang Memiliki Alergi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula sangat membantu para orang tua untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayinya, baik sebagai tambahan maupun asupan nutrisi utama. Namun, tidak sedikit bayi yang alergi terhadap susu formula. Jika anak Anda termasuk di antaranya, Anda harus berhati-hati dalam memilih produk yang tepat.Kali ini, kami akan membahas mengenai susu formula untuk bayi yang memiliki alergi. Ada banyak produk yang juga akan kami rekomendasikan untuk Anda dari merek-merek terkenal, seperti Nutribaby Royal, NAN, dan Nutramigen. Jadikan artikel ini referensi Anda dalam memilih susu formula untuk bayi yang memiliki alergi, ya!
    Makanan & susu bayi
    6.630 Views
  • 10 Rekomendasi Bubur Bayi Organik Terbaik yang Enak dan Aman untuk Dikonsumsi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bubur Bayi Organik Terbaik yang Enak dan Aman untuk Dikonsumsi (Terbaru Tahun 2020)
    Agar tumbuh kembang buah hati Anda lebih optimal, pastinya Anda akan memilih makanan pendamping ASI berupa bubur bayi organik yang bebas dari zat berbahaya seperti pestisida. Bubur bayi organik di pasaran tersedia dalam bermacam jenis, misalnya dalam bentuk bubuk, freeze-dried, dikemas dalam retort atau botol, dan sebagainya.Banyaknya merek bubur bayi organik di pasaran, seperti Milna, Nayz, dan yang lainnya mungkin akan membuat Anda bingung. Kali ini, kami akan memberi informasi bagaimana memilih bubur bayi organik sekaligus merekomendasikan produk terbaik berdasarkan rasa, kandungan, dan yang lainnya.
    Makanan & susu bayi
    25.795 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Asupan terbaik untuk bayi di bawah usia 1 tahun adalah ASI. Namun, bayi pada kondisi tertentu membutuhkan tambahan nutrisi lain berupa susu formula. Susu formula untuk bayi di bawah 1 tahun tentu berbeda dengan anak usia di atas 1 tahun. Tahapan tumbuh kembang mereka berbeda sehingga kebutuhan nutrisinya juga berbeda.Artikel ini akan membantu Anda mencari susu formula untuk menambah berat badan bayi. Anda akan menemukan beberapa merek terbaik, seperti Morinaga BMT, Lactogen, atau Bebelove. Tidak perlu bingung memilih karena kami akan mengulasnya di sini. Jadi, tetaplah membaca, ya!
    Makanan & susu bayi
    228 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori