10 Rekomendasi Panci Satu Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Panci Satu Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)10 Rekomendasi Panci Satu Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Panci satu tangan, termasuk di dalamnya panci saus dan panci susu, merupakan peralatan dapur yang sangat diperlukan untuk kegiatan masak-memasak setiap harinya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memilih panci yang mudah untuk digunakan serta dapat menghantarkan panas dengan cepat.

Sangat banyak panci satu tangan yang beredar di pasaran, seperti merek Maspion, IKEA, Oxone, dan sebagainya. Beragam desain, bahan baku, serta kemudahan dalam penggunaan mungkin membuat Anda bingung menentukan yang terbaik. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi produk pilihan kami untuk Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih panci satu tangan

Ada berbagai alasan ketika seseorang memutuskan untuk membeli panci satu tangan, seperti seorang pemula yang ingin mencoba memasak atau seorang ibu rumah tangga yang ingin mengganti panci lamanya yang sudah usang. Apa pun alasannya, berikut beberapa tips dari kami yang berguna untuk memilih panci satu tangan dengan baik.

Perhatikan ukuran dan kapasitas panci yang Anda butuhkan

Perhatikan ukuran dan kapasitas panci yang Anda butuhkan

Pemilihan ukuran dan kapasitas panci harus Anda sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga serta gaya hidup Anda. Namun, panci satu tangan yang memiliki ukuran ringkas dan bobot ringan akan tentu akan memudahkan dan membuat Anda nyaman saat memakainya.

Saat membuat masakan berkuah atau rebusan, seperti sup ayam atau sayur asam, gunakanlah panci satu tangan berdiameter 15–18 cm. Bila Anda belum memiliki panci satu tangan sebelumnya, sebaiknya Anda membeli panci dengan ukuran seperti ini. Selain itu, ada juga panci satu tangan berukuran 10–14 cm yang dikenal juga dengan sebutan panci susu, dapat digunakan untuk membuat makanan dalam jumlah sedikit atau untuk merebus beberapa butir telur. Dengan memiliki kedua ukuran panci ini, tentu kegiatan masak-memasak Anda akan menjadi lebih efisien.

Perhatikan apakah bisa digunakan pada kompor induksi atau tidak

Perhatikan apakah bisa digunakan pada kompor induksi atau tidak

Apabila Anda menggunakan kompor induksi di rumah Anda, tentu Anda harus memeriksa apakah panci pilihan Anda dapat digunakan pada kompor induksi tersebut. Contohnya, panci berbahan aluminium tidak dapat digunakan pada kompor induksi. Selain itu, meski dikatakan bahwa panci dapat digunakan pada kompor induksi, ada kasus panci tersebut tidak bisa digunakan secara maksimal pada kompor induksi karena diameter panci tidak pas pada sensor di kompor. Oleh karena itu, periksa kembali tentang spesifikasi produk sebelum membelinya, terutama ketika akan membeli panci satu tangan berukuran kecil.

Perhatikan bahan dari panci

Periksalah bahan panci sebelum membelinya. Tergantung pada tujuan serta gaya hidup Anda, pilihlah panci dengan bahan yang paling sesuai untuk Anda gunakan. Berikut akan kami jelaskan karakteristik dari berbagai bahan dasar yang biasa digunakan untuk membuat panci satu tangan.

Panci aluminium, ringan, dan mudah digunakan

Panci aluminium, ringan, dan mudah digunakan

Aluminium memiliki karakteristik berbobot ringan, mudah digunakan, serta merupakan konduktor panas yang baik. Karena itu, dapat dikatakan aluminium merupakan bahan yang paling cocok untuk digunakan membuat panci satu tangan serta sangat cocok untuk digunakan memasak air dan membuat sup. Namun, panci aluminium ini tidak cocok untuk digunakan memasak pada suhu yang sangat tinggi karena makanan dapat dengan mudah menjadi lengket pada panci. Bahan ini juga tidak tahan terhadap makanan yang bersifat asam atau basa serta tidak cocok untuk digunakan merebus makanan dalam waktu lama. Panci dari aluminium pun tidak dapat digunakan pada kompor induksi.

Di pasaran terdapat banyak panci aluminium berkualitas baik dengan harga terjangkau. Anda dapat memilihnya sesuai dengan tujuan penggunaan Anda, entah untuk merebus air, merebus telur, membuat sup, dan sebagainya.

Panci dengan lapisan teflon, masakan tidak lengket dan mudah dibersihkan

Panci dengan lapisan teflon, masakan tidak lengket dan mudah dibersihkan

Lapisan fluororesin atau yang biasa dikenal dengan lapisan teflon, digunakan untuk melapisi peralatan masak yang terbuat dari aluminium dan banyak digunakan pada wajan atau frying pan. Dengan bahan aluminium ini, panas dapat menyebar dengan cepat dan bobotnya ringan sehingga mudah dan nyaman untuk Anda gunakan. Penambahan lapisan teflon ini akan membuat makanan sulit menempel pada panci dan membuat panci mudah dibersihkan. Namun, Anda tetap tidak bisa menggunakannya pada suhu yang terlalu tinggi. Lapisan teflonnya pun akan semakin terkikis seiring penggunaan Anda.

Meski jenis panci seperti ini sangat cocok untuk digunakan menumis makanan, lapisan teflonnya akan semakin terkikis meski sudah digunakan secara hati-hati. Karena itu, Anda harus mengganti panci ini secara berkala. Panci dengan lapisan teflon seperti ini juga mungkin tidak cocok untuk Anda yang mencari peralatan masak untuk digunakan dalam waktu lama.

Panci stainless steel, dapat digunakan untuk waktu yang lama

Panci stainless steel, dapat digunakan untuk waktu yang lama

Stainless steel tidak mudah berkarat dan kuat terhadap suhu tinggi sehingga membuatnya menjadi material favorit untuk dijadikan peralatan memasak. Selain itu, panci dari bahan ini mudah digunakan dan dapat digunakan pada kompor induksi, sangat cocok untuk Anda yang menginginkan panci awet dan tahan lama. Stainless steel juga tahan terhadap kelembapan tinggi sehingga cocok untuk digunakan membuat rebusan. Namun, karena bahan stainless steel memiliki konduktivitas panas yang tidak terlalu baik, pada beberapa produk akan dilapis lagi dengan bahan aluminium atau bahan lain yang memiliki konduktivitas panas tinggi di antara lapisan stainless steel. Dengan begitu, panci tersebut dapat menyebarkan panas dengan lebih baik. Namun, tentu bobot panci akan menjadi lebih berat.

Apabila Anda gunakan panci ini untuk menumis, masakan Anda bisa menempel pada bagian bawah panci sehingga Anda harus menggunakan minyak dalam jumlah cukup setelah panci dipanaskan. Di sisi lain, panci dari bahan stainless steel tahan lama dan nyaman digunakan bila Anda sudah terbiasa menggunakannya.

Panci enamel, terlihat fashionable dan menarik

Panci enamel, terlihat fashionable dan menarik

Untuk Anda yang menyenangi tampilan penuh warna, tentu panci berbahan enamel ini cocok untuk Anda. Panci berbahan enamel menggunakan logam seperti besi atau aluminium yang dilapisi lagi dengan bubuk silika, kemudian diproses pada suhu yang sangat tinggi.

Bahan enamel tidak mudah berkarat dan mampu menahan panas dengan sangat baik. Panci ini juga dapat menyimpan panas di dalamnya dengan baik sehingga masakan Anda tidak mudah dingin. Oleh karena itu, panci ini cocok untuk membuat rebusan dan masakan berkuah lainnya. Panci ini juga tidak menyerap bau makanan dan lapisan enamelnya pun tidak mudah terkikis. Jadi, panci seperti ini sangat tepat untuk Anda yang menginginkan panci awet dan tahan lama.

Kekurangan dari panci enamel ini adalah bobotnya yang berat, tetapi penutup yang berat akan meningkatkan kerapatan penutupannya. Walaupun demikian, saat ini juga tersedia panci berbahan enamel dengan jenis yang lebih ringan. Namun, Anda harus berhati-hati saat menggunakannya agar terhindar dari keretakan apabila terjatuh atau terbentur secara tidak sengaja.

Panci besi, penghantar panas yang sangat baik

Panci besi, penghantar panas yang sangat baik

Panci satu tangan juga ada yang terbuat dari bahan dasar besi. Bahan ini memiliki sifat penghantar panas yang baik dan memiliki keunggulan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun, biasanya panci ini memiliki bobot yang berat sehingga dikatakan bahwa bahan ini kurang cocok untuk digunakan sebagai material pembuat panci satu tangan.

Perhatikan ada tidaknya penutup panci

Perhatikan ada tidaknya penutup panci

Ketika Anda memilih panci satu tangan, jangan lupa untuk memeriksa ketersediaan penutupnya. Dengan adanya penutup, kegiatan memasak Anda akan menjadi lebih efisien, terutama saat sedang mendidihkan air atau sup. Penutup ini juga akan menyimpan rasa masakan yang sedang dimasak di dalamnya. Di samping itu, tutup panci juga berfungsi untuk mencegah masuknya debu dan mencegah makanan Anda menjadi kering karena udara.

Sewaktu Anda sedang memasak air dalam jumlah sedikit, keberadaan tutup akan membuatnya lebih cepat matang. Jika Anda menggunakan panci satu tangan untuk memasak setiap hari, adanya penutup akan menambah ragam masakan yang dapat Anda buat. Bila memungkinkan, pilihlah penutup panci yang terbuat dari kaca bening agar Anda bisa melihat masakan Anda tanpa harus membuka tutupnya terlebih dahulu.

Perhatikan ketersediaan garansi produk

Perhatikan ketersediaan garansi produk

Apabila Anda ingin menggunakan panci dalam waktu lama, ada baiknya untuk memeriksa ketersediaan garansi dan berapa lama garansi tersebut berlaku. Ketersediaan garansi ini menjadi salah satu indikator lamanya produk dapat digunakan tanpa adanya masalah serta dapat meningkatkan kepercayaan kepada produsen.

Ketika ada pilihan produk yang memiliki harga serta bahan dasar yang sama, bandingkanlah dari ketersediaan garansi dan lamanya garansi yang ditawarkan. Hal ini akan menjadi salah satu pertimbangan Anda untuk menentukan panci keluaran produsen mana yang hendak Anda pilih.

10 Rekomendasi panci satu tangan terbaik

Berikut ini adalah 10 rekomendasi panci satu tangan terbaik yang dapat Anda pilih. Ada beragam pilihan ukuran, desain, serta bahan dasar yang digunakan. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan mulailah memasak makanan favorit Anda.

10. Maspion Evilus Set 2 Pcs

10. Maspion Evilus Set 2 Pcs

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 41.325

Dapat panci satu tangan sekaligus panci penggorengan dalam satu pembelian

Sebagai pemula dalam hal memasak, tentu Anda bingung panci apa yang harus Anda beli pertama kali. Nah, produk panci set dari Maspion ini akan menjadi jawaban untuk Anda. Anda akan mendapatkan panci susu berdiameter 14 cm dan sebuah wajan penggorengan berdiameter 20 cm, cocok untuk Anda gunakan berkreasi membuat masakan-masakan sederhana.

Harga yang ditawarkan termasuk terjangkau untuk memiliki dua jenis panci yang berbeda sekaligus. Terbuat dari bahan aluminium dan dilapisi oleh lapisan teflon di bagian dalamnya, membuat panas dapat menyebar dengan merata secara cepat. Set panci ini juga memiliki warna metalik cerah yang akan membuat suasana memasak Anda makin menyenangkan.

9. Jawa Aluminium Ware Panci Susu

9. Jawa Aluminium Ware Panci Susu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 36.500

Bobotnya ringan plus harganya sangat ekonomis!

Panci satu tangan pilihan kami berikutnya terbuat dari bahan aluminium yang ringan, akan memudahkan Anda ketika memindahkan panci beserta isinya. Selain itu, bahan aluminium ini membuat panci menjadi cepat panas. Adanya tutup panci pada pembelian panci ini juga akan membuat masakan Anda lebih cepat matang.

Tidak hanya itu, panci satu tangan ini akan sangat pas untuk Anda yang memiliki anggaran terbatas untuk membeli peralatan dapur berkat harganya yang sangat terjangkau. Dengan diameter 18 cm, panci ini juga tentunya masih cukup besar untuk Anda gunakan membuat masakan-masakan rebusan kesukaan Anda.

8. Briliant Sauce Pan Enamel Tsum-Tsum

8. Briliant Sauce Pan Enamel Tsum-Tsum

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 99.900

Panci masak dijadikan sekaligus panci saji? Mengapa tidak?

Memiliki desain yang menarik dan tidak membosankan memang salah satu keunggulan dari panci berbahan enamel. Salah satunya adalah panci satu tangan dengan gambar Tsum Tsum ini, sangat menarik untuk Anda penggemar karakter-karakter Disney. Desainnya yang cute tentu juga akan menambah semangat kegiatan memasak Anda.

Desain yang menarik dari panci ini membuatnya dapat Anda gunakan langsung sebagai wadah masakan yang telah Anda buat. Tidak ada salahnya untuk menaruh panci ini di meja makan untuk menyajikan masakan lezat Anda yang masih hangat ini. Panci ini juga dilengkapi penutup untuk membuat makanan Anda selalu dalam keadaan bersih.

7. IKEA Skanka Panci Saus

7. IKEA Skanka Panci Saus

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 219.900

Bebas menuang dari sisi kiri dan kanan

Panci satu tangan yang dikeluarkan oleh IKEA ini terbuat dari bahan aluminium yang dilapisi oleh lapisan Teflon Select sehingga panas pada panci dapat tersebar dengan merata, masakan tidak lengket, serta dapat dibersihkan dengan mudah. Bobotnya pun ringan sehingga dapat dengan mudah Anda pindahkan meski sedang terisi penuh oleh masakan.

Bagi Anda yang kidal, Anda akan diuntungkan dengan adanya dua mulut yang terdapat pada panci ini. Anda dapat dengan mudah menuangkan isi panci dengan menggunakan tangan kanan atau kiri Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan lapisan teflon pada panci ini, apabila sudah terkikis, itu saatnya untuk membeli panci yang baru.

6. Panci Susu Besi

6. Panci Susu Besi

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 657.100

Tutupnya berfungsi ganda sebagai wajan penggorengan juga, lho!

Terbuat dari besi, panci satu tangan ini dapat menghantarkan panas dengan baik dan awet untuk digunakan dalam waktu lama. Aneka jenis masakan dapat Anda buat dengan panci ini, apalagi tutupnya dapat berfungsi juga sebagai panci penggorengan. Anda yang ingin memiliki panci satu tangan serta panci penggorengan sekaligus pasti menyukai produk ini.

Tidak perlu khawatir akan kualitas panci satu tangan ini karena tersedia masa garansi untuk pengembalian produk apabila ada masalah dengan kualitasnya selama 150 hari. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan bobotnya yang lebih berat daripada panci lain, yaitu seberat 2,4 kg untuk pancinya dan 1,45 kg untuk penutupnya. Hati-hatilah saat memindahkan panci ini, ya!

5. Oxone Perfect Sauce Pan OX-12SP

5. Oxone Perfect Sauce Pan OX-12SP

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 95.000

Pas untuk porsi sendiri atau untuk membuat makanan si kecil

Bila Anda yang tinggal sendiri, tentu akan lebih sering memasak dalam porsi kecil. Panci yang Anda gunakan tentunya harus memiliki ukuran yang sesuai agar bahan masakan yang sedikit tidak cepat gosong atau terlalu matang. Pilihlah panci satu tangan keluaran Oxone berdiameter 12 cm ini agar sehingga Anda bisa memasak dalam takaran yang pas bagi Anda.

Bahan yang digunakannya adalah stainless steel berkualitas yang awet dan tahan lama. Dengan bahan berkualitas serta ukuran yang mini, panci ini juga aman dan cocok untuk membuat masakan bayi dalam porsi kecil. Gunakanlah api sedang dan kecil ketika memasaknya agar masakan tidak hangus dan pegangan plastiknya tidak terkena api.

4. Bima Chefs S/S Shallow Sauce Pan BP1900718

4. Bima Chefs S/S Shallow Sauce Pan BP1900718

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga :  Rp 214.999

Hadirkan tampilan mewah nan elegan di dapur Anda

Sebagai salah satu produsen peralatan dapur dalam negeri yang sudah berdiri lebih dari 65 tahun, Bima selalu mengeluarkan panci berkualitas. Salah satunya adalah panci satu tangan berdiameter 18 cm dengan kapasitas 2 liter ini. Terbuat dari bahan stainless steel berkualitas, tentu membuat panci satu tangan ini awet dan tahan lama.

Penggunaan dalam frekuensi yang sering juga tidak akan membuatnya cepat rusak. Oleh karena itu, panci ini cocok untuk Anda yang tidak suka bergonta-ganti panci terlalu sering. Tampilannya yang begitu cantik mengilap juga akan menghadirkan kesan berkelas dan elegan yang menarik di dapur Anda.

3. IKEA Kastrull Panci Saus

3. IKEA Kastrull Panci Saus

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 399.000

Mulut pancinya akan memudahkan Anda saat menuang

Selain untuk membuat makanan, tentu panci satu tangan juga berguna untuk membuat rebusan minuman hangat yang baik untuk kesehatan Anda. Untuk Anda yang menyukai minuman kesehatan seperti rebusan herbal, tidak ada salahnya memiliki panci ini. Terbuat dari bahan enamel, panci ini baik untuk merebus bahan herbal karena panasnya lebih merata.

Untuk menaruhnya ke dalam gelas, panci ini telah dilengkapi dengan mulut untuk memudahkan Anda menuangkan isinya ke dalam gelas. Panci ini pun dilengkapi dengan penutup sehingga proses perebusan akan lebih cepat dan meminimalkan adanya penguapan dari kandungan bahan yang direbus tersebut.

2. Neoflam Eela Panci Saus

2. Neoflam Eela Panci Saus

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 521.500

Lapisan Ecolon Pro membuat panci tidak lengket dan lebih aman

Selain memilih bahan masakan yang sehat, jangan sampai Anda salah memilih panci yang digunakan untuk memasak. Panci satu tangan yang dikeluarkan oleh Ecoflam ini dilapisi oleh lapisan Ecolon Pro yang tidak berbahaya untuk kesehatan dan lingkungan Anda. Panci ini dirasa cocok untuk Anda yang selalu ingin membuat masakan sehat dan aman untuk keluarga.

Lapisan antilengket ini juga memudahkan Anda sewaktu memasak. Bahan masakan tidak akan menempel pada panci dan tentunya akan memudahkan Anda sewaktu proses pencucian. Pegangan satu tangan pada panci ini terbuat dari bahan yang tahan panas sehingga Anda dapat memegang panci dengan nyaman selagi memasak.

1. Shuma Stainless Steel Saucepan Elena

1. Shuma Stainless Steel Saucepan Elena

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 338.000

Makin mudah membuang air sisa rebusan berkat saringan pada tutupnya

Keunggulan dari panci satu tangan ini adalah penutup yang dimilikinya. Selain terbuat dari bahan kaca, pinggiran tutup panci ini memiliki lubang saringan yang dapat disejajarkan dengan mulut panci sehingga Anda dapat menuang air tanpa perlu membuka tutupnya. Praktis, cocok untuk Anda yang ingin memisahkan masakan dari air rebusan dengan mudah.

Panci dengan penutup seperti ini sangat berguna untuk merebus mi, spageti, atau berbagai jenis sayuran sehat lainnya. Apabila Anda ingin memasak dengan kondisi penutup yang rapat, posisikan penutup panci agar moncong bibir panci tertutup rapat oleh pinggiran penutup. Masakan Anda akan lebih cepat matang dan uap masakan tetap berada di dalam panci.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda mengenai cara memilih panci satu tangan dan rekomendasi produk dari kami? Panci satu tangan adalah salah satu produk yang digunakan setiap hari, jadi tidak ada salahnya untuk memilih desain favorit Anda.

Selain desain yang menarik, pilihlah panci satu tangan dengan bahan yang berkualitas agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Pilihlah panci satu tangan dan mulailah memasak masakan favorit Anda dan keluarga.