10 Rekomendasi Sticky Notes Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Sticky notes adalah salah satu perlengkapan yang sangat sering digunakan. Anda dapat menggunakan sticky notes sebagai memo pada buku catatan Anda, pengganti pembatas buku, menyampaikan pesan, sampai sebagai penanda halaman atau indeks. Model klasik, yakni tipe blok, merupakan model yang banyak Anda temui di pasaran. Namun, belakangan ini ada banyak model sticky notes yang dapat Anda temui.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih sticky notes. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih sticky notes yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak terus artikel ini dan temukan sticky notes terbaik untuk Anda!

Daftar isi

Cara memilih sticky notes

Sebelum memberikan rekomendasi, kami akan menjabarkan tentang cara memilih sticky notes agar memudahkan Anda saat memilih.

Pilih tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Meski tujuan penggunaannya sama, tetapi bentuk dan tipe sticky notes berbeda satu sama lain. Kami akan menjelaskan kelebihannya masing-masing sehingga Anda dapat memilih produk yang paling tepat untuk Anda gunakan.

Tipe blok, mudah digunakan untuk pelajar dan pekerja kantoran

Tipe blok, mudah digunakan untuk pelajar dan pekerja kantoran

Model sticky notes berbentuk blok merupakan jenis yang paling sering dicari. Model blok memiliki bentuk persegi atau persegi panjang. Anda dapat menggunakannya untuk banyak hal, mulai dari belajar, bekerja, sampai menulis memo sehari-hari.

Dengan jumlah mencapai 100 lembar atau lebih dan dijual dalam berbagai variasi warna, tipe ini bisa dibilang merupakan sticky notes yang paling efektif dengan harga terjangkau. Namun, bentuk ini sering kali terkesan kaku dan kurang mencolok saat digunakan. Selain itu, saat Anda menggunakannya untuk mencatat informasi penting, Anda bisa saja melewatkannya karena tampilannya yang sama dengan memo Anda lainnya.

Tipe gulung, mudah dibawa dan diatur panjangnya sesuai kebutuhan

Tipe gulung, mudah dibawa dan diatur panjangnya sesuai kebutuhan

Sticky notes berbentuk gulungan dijual di dalam wadah khusus. Anda dapat menyesuaikan panjangnya sesuai kebutuhan Anda dan dapat digunakan sama seperti tipe blok. Tak hanya untuk menuliskan memo, Anda dapat menggunakannya juga untuk memberikan label pada barang-barang Anda. Wadah sticky notes ini terkadang berukuran agak besar, tetapi tipe sticky notes ini mudah dibawa-bawa karena wadahnya yang kokoh.

Namun, tidak mudah untuk menggunakannya jika Anda terbiasa dengan jenis blok karena Anda harus memotongnya terlebih dahulu. Terutama ketika bagian pemotong dari wadah tersebut tumpul, ujung potongannya akan menjadi tidak rapi. Jika Anda ingin potongan yang rapi, Anda harus menyiapkan gunting secara terpisah.

Tipe pop-up, sangat efisien untuk digunakan

Tipe pop-up, sangat efisien untuk digunakan

Tipe pop-up merupakan tipe sticky notes model blok yang dimasukkan ke dalam wadah, tentunya lebih mudah digunakan dan lebih nyaman untuk Anda. Berbeda dengan set sticky notes berbentuk blok umumnya, tipe pop-up tersusun secara zigzag sehingga Anda dapat mengambilnya seperti mengambil tissue.

Terkadang, model ini berukuran cukup besar sehingga lebih cocok untuk diletakkan di atas meja kerja sebagai pengganti memo dan tidak cocok dibawa berpergian. Berhubung Anda tidak perlu meletakkan kertas memo lain, Anda dapat menghemat tempat. Tidak hanya di meja kerja, Anda pun dapat meletakkannya di meja belajar atau meja dapur yang tempatnya terbatas.

Tipe berdesain unik, lebih fun dan dapat meningkatkan kreativitas

Tipe berdesain unik, lebih fun dan dapat meningkatkan kreativitas

Sticky notes dengan karakter dan motif warna-warni memang populer, tetapi kini ada produk sticky notes yang memiliki cara pemakaian unik sehingga Anda mungkin tidak menyadarinya saat pertama kali melihat. Namun, tipe ini tidak cocok digunakan untuk bekerja atau belajar. Meski demikian, tipe seperti ini akan membuat Anda semakin kreatif dengan berkreasi menggunakannya. Anda bisa memakainya saat membuat scrapbook atau membuat cerita bergambar.

Anda dapat menggunakan model-model yang unik dengan gambar tertentu tanpa harus menuliskan pesan di atasnya. Apakah Anda tertarik mencoba tipe yang unik seperti ini untuk meninggalkan pesan?

Pilih berdasarkan bahan dan cara penempelannya

Penggunaan sticky notes dapat berbeda tergantung pada bahan, cara penempelan, dan bentuknya. Berikut poin selanjutnya yang harus Anda perhatikan saat memilih sticky notes.

Atur cara penggunaan sticky notes yang transparan

Atur cara penggunaan sticky notes yang transparan

Sticky notes berbahan kertas merupakan sticky notes yang paling umum. Namun, ada juga sticky notes transparan berbahan plastik. Dengan begitu, saat Anda menempelkan sticky notes ini di atas catatan Anda, tulisan di bawahnya dapat tetap terbaca. Jadi, cara penggunaannya pun dapat lebih bebas, tidak seperti sticky notes berbahan kertas. Sticky notes berbahan ini biasanya juga memiliki warna yang cerah sehingga dapat digunakan sebagai pengganti Stabilo.

Semakin tipis bahannya, akan semakin mudah tulisan di bawah sticky notes terlihat. Namun, bahan yang cukup tebal bisa Anda gunakan sebagai penunjuk halaman. Produk yang lebih tebal akan lebih memudahkan Anda melihat tulisan Anda. Untuk Anda yang kurang menyukai tipe sticky notes berbahan kertas bisa mencoba produk seperti ini.

Sticky notes berdaya rekat kuat atau berperekat penuh untuk pesan-pesan penting

Sticky notes berdaya rekat kuat atau berperekat penuh untuk pesan-pesan penting

Terkadang yang menjadi masalah saat menggunakan sticky notes adalah daya rekatnya kurang kuat sehingga lepas saat sedang digunakan untuk menempelkan memo penting. Karena itu, bila Anda membutuhkan sticky notes yang sulit terlepas, Anda dapat memilih sticky notes dengan daya rekat kuat atau sticky notes dengan perekat pada seluruh bagiannya. Bergantung pada mereknya, sticky notes dengan daya adhesif kuat memiliki daya rekat dua kali lebih kuat daripada yang biasa.

Sticky notes yang memiliki perekat pada seluruh bagiannya memang memiliki penggunaan lebih terbatas jika dibandingkan dengan sticky notes berperekat sebagian. Namun, daya rekatnya akan membantu Anda agar memo-memo penting tidak hilang. Tenang saja, meski dibilang daya rekatnya kuat, Anda tetap bisa melepasnya dengan mudah, kok.

Sticky notes berteknologi elektrostatis yang mudah dipindah tanpa ada bekas lem

Sticky notes berteknologi elektrostatis yang mudah dipindah tanpa ada bekas lem

Meski jumlahnya belum banyak di pasaran, kini ada sticky notes yang direkatkan menggunakan listrik statis. Tanpa penggunaan lem sebagai perekatnya, sticky notes ini dapat Anda pindahkan dengan mudah. Anda pun tidak perlu khawatir lagi terhadap sisa lem setelah melepas sticky notes.

Namun, jika Anda menempelkannya pada permukaan yang berdebu atau sering memegang permukaan sticky notes ini, daya rekatnya dapat melemah. Tipe ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang tidak ingin meninggalkan bekas lem pada permukaan seperti komputer atau kaca.

Pilih ukuran yang pas berdasarkan tempat penggunaannya

Pilih ukuran yang pas berdasarkan tempat penggunaannya

Sticky notes hadir dalam berbagai ukuran. Meski begitu, perlu diingat bahwa sticky notes berukuran besar bukanlah hasil penggabungan dua atau lebih sticky notes berukuran kecil. Anda tidak bisa menggabungkan banyak sticky notes kecil dan menggunakannya seperti sebuah sticky notes berukuran besar.

Hal terpenting adalah memilih ukuran yang pas, karena itu Anda harus memikirkan tempat dan situasi penggunaannya terlebih dahulu sebelum membeli. Anda dapat memilih sticky notes berukuran besar untuk menulis pesan atau sticky notes berukuran kecil untuk menandai halaman dan menuliskan memo singkat.

Namun, ada juga sticky notes yang dapat dipotong agar sesuai kebutuhan Anda. Jadi, bila Anda bingung menentukan ukuran yang tepat untuk Anda, bagaimana bila Anda memilih sticky notes seperti ini saja?

Fitur lainnya yang juga harus diperhatikan

Fitur lainnya yang juga harus diperhatikan

Terlepas dari penjelasan kami di atas, ada sticky notes dengan berbagai fitur lainnya yang dijual di pasaran. Contohnya, ada sticky notes yang menggunakan kertas dengan tekstur berbeda seperti fine paper dan craft paper dalam satu set. Ada pula sticky notes yang memiliki aroma menarik.

Fitur ini tidak akan mempengaruhi kegunaan sticky notes, tetapi karena sticky notes merupakan barang yang akan digunakan sehari-hari, Anda harus memperhatikan fitur yang ada secara detail. Cara penggunaan masing-masing fitur pada sticky notes juga tentu berbeda satu sama lain, misalnya pada produk sticky notes yang memiliki kode QR (quick response), Anda dapat menghubungkan sticky notes tersebut dengan folder foto smartphone Anda. Dengan fitur ini, Anda tidak akan salah lagi mengingat catatan atau dapat Anda gunakan untuk menggabungkan catatan Anda dengan foto lainnya yang berhubungan.

Meskipun tidak semua produk rekomendasi pilihan kami memiliki fitur khusus seperti ini, Anda dapat memastikan kepada penjual bila Anda membutuhkan fitur-fitur khusus seperti ini.

10 Rekomendasi sticky notes terbaik

Kami akan memberikan rekomendasi sticky notes untuk Anda. Semoga Anda dapat menemukan sticky notes menarik ya!

10. Sticky Notes Berbentuk Balon Karakter

10. Sticky Notes Berbentuk Balon Karakter

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.100

Ekspresikan perasaan Anda lebih mudah dengan sticky notes ini

Saat menyampaikan pesan tertulis, terkadang dapat terjadi salah persepsi karena pembaca tidak dapat melihat ekspresi Anda. Dengan produk ini, Anda dapat mengekspresikan perasaan Anda lebih jelas melalui balon percakapan berkarakter imut ini. Pastinya sangat pas untuk Anda yang ekspresif dan tidak ingin terjadi kesalahpahaman lagi saat menulis pesan.

Sticky notes berbentuk balon percakapan dengan penanda arah di bagian bawah akan membantu Anda ketika ingin menempelkan catatan pada buku Anda. Harganya yang sangat ekonomis juga membuat Anda dapat menggunakannya sebagai suvenir pada acara-acara tertentu. Tentunya ada beberapa bentuk karakter yang dapat Anda pilih.

9. Pocketme Sticky Notes

9. Pocketme Sticky Notes

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.800

Pssst! Pesannya rahasia, ya!

Tentunya Anda akan merasa lebih nyaman ketika pesan yang akan Anda sampaikan hanya bisa dibaca oleh orang yang dituju. Namun, sticky notes yang biasa ditemui tidak memiliki amplop untuk menyimpan pesan. Untuk itu, Anda dapat menggunakan sticky notes berbentuk amplop ini untuk menyampaikan pesan Anda agar tidak terbaca oleh orang lain.

Anda dapat memasukkan kertas berisi pesan yang akan Anda sampaikan ke dalam sticky notes ini. Namun, bila Anda tidak ingin menggunakannya untuk mengirim pesan rahasia, Anda tetap dapat menggunakannya seperti sticky notes biasa. Terdapat 3 pilihan model gambar yang cantik untuk Anda pilih, yaitu Coffee, Eiffel, dan Utensils.

8. Warm Greetings Sticky Notes

8. Warm Greetings Sticky Notes

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 11.700

Bentuk dan warna yang cantik untuk dekorasi

Untuk Anda yang memiliki hobi membuat scrapbook, Anda pasti akan menyukai produk satu ini. Dengan sticky notes berwarna-warni dan memiliki bentuk menarik ini, Anda dapat melengkapi dekorasi scrapbook Anda agar terlihat lebih istimewa. Anda pun dapat menuliskan pesan singkat di atasnya.

Tidak hanya untuk melengkapi dekorasi scrapbook, Anda dapat menggunakannya untuk memberikan label nama pada suvenir atau barang yang mau Anda berikan kepada rekan Anda. Terdapat 3 jenis tema berwarna pastel lembut yang dapat Anda pilih, yaitu biru, merah muda, dan hijau.

7. Tesla Amazing Magnetic Notes

7. Tesla Amazing Magnetic Notes

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 79.000

Good bye bekas lem! Kini Anda bisa menempelkannya di mana saja dengan bebas

Bekas lem yang tertinggal saat melepaskan sticky notes memang sangat menyebalkan. Dengan produk ini, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut lagi, malah Anda bisa dengan bebas menempelkan sticky notes ini pada permukaan apa pun. Tentunya hal tersebut akan semakin memudahkan Anda untuk mengingat memo-memo penting di mana saja.

Sticky notes ini sangat menarik dan unik karena menggunakan listrik statis untuk penempelannya. Anda juga dapat menggunakan sticky notes ini berkali-kali karena tulisan yang sudah tidak terpakai dapat dihapus kembali. Tentunya sangat ramah lingkungan dan akan menghemat pengeluaran Anda!

6. KarlyKaela Roll Paper Sticky Note

6. KarlyKaela Roll Paper Sticky Note

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 35.000

Bawa ke mana saja sticky notes Anda dengan mudah

Untuk Anda yang bekerja di luar ruangan dan dituntut untuk bepergian, sticky notes yang mudah dibawa-bawa akan sangat dibutuhkan. Untuk itu, kami merekomendasikan sticky notes satu ini untuk Anda. Penggunaannya sangat praktis karena dapat Anda gunakan seperti selotip dengan perekat di seluruh permukaan belakangnya.

Dengan model seperti ini, Anda dapat menyesuaikan panjang sticky notes sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya digunakan sebagai sticky notes, Anda juga dapat menggunakannya untuk memberi label pada barang Anda lainnya. Terdapat 3 pilihan warna, yakni biru, kuning, hijau, dan merah muda yang dapat Anda pesan.

5. Post-it Fun Shaped Notes

5. Post-it Fun Shaped Notes

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.200

Tetap nyaman menulis dengan sticky notes berbentuk unik

Bentuk sticky notes persegi mungkin membuat Anda bosan memakainya. Namun, sticky notes yang berbentuk biasanya lebih sulit ditulisi karena adanya hiasan gambar atau motif yang kurang pas. Untuk Anda yang sedang mencari sticky notes berbentuk unik, tetapi ingin tetap nyaman untuk menulis, kami rekomendasikan produk ini.

Terdapat berbagai varian bentuk menarik seperti hati, wajah beruang, bintang, dan bunga yang dapat Anda pilih sesuai kegemaran Anda. Dalam 1 set terdapat 2 warna berbeda yang dapat Anda gunakan. Selain untuk menuliskan memo, Anda pun dapat menggunakannya sebagai dekorasi pada scrapbook Anda, lho.

4. Post-it Super Sticky Notes

4. Post-it Super Sticky Notes

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.000

Tidak perlu takut terlepas berkat daya rekatnya yang kuat

Ada beberapa sticky notes yang tidak dapat menempel dengan sempurna. Untuk Anda yang mencari sticky notes dengan daya rekat kuat, produk Post-it satu ini kami rekomendasikan untuk Anda. Sticky notes berbentuk persegi ini memiliki lem pada seluruh permukannya sehingga pesan penting Anda dapat menempel dengan sempurna.

Fungsi sticky notes tersebut membuatnya dapat dengan mudah ditempelkan pada permukaan yang melengkung atau tidak rata. Kelebihan lainnya, produk ini diklaim tidak meninggalkan jejak lem saat dilepas. Terdapat 4 warna terang seperti merah muda, oranye, biru, dan hijau yang menarik untuk Anda pilih.

3. Post-it Pop-Up Notes Dispenser

3. Post-it Pop-Up Rubber Dispenser

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 81.700

Praktis! Tinggal tarik dan tulis saja, lho!

Bagi Anda pekerja yang harus cekatan menulis memo saat menerima telepon, tentu akan menyulitkan bila harus mengambil sticky notes dengan kedua tangan. Pastikan Anda dapat lebih mudah mengambil sticky notes dengan produk satu ini! Di bawah wadahnya terdapat rubber grip untuk memudahkan Anda menarik sticky notes hanya dengan satu tangan.

Bentuknya cukup ramping dan tidak akan menghabiskan banyak tempat saat Anda letakkan di atas meja kerja Anda. Anda juga dapat mengisinya kembali ketika sticky notes Anda habis dengan model pop-up sticky notes. Pastinya kegiatan menulis memo penting Anda sekarang akan terasa semakin cepat dan praktis.

2. Joyko Index and Mark

2. Joyko Index and Mark

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.000

Belajar lebih seru dengan penanda halaman berwarna

Saat sedang belajar, Anda sering kali membutuhkan penanda bab-bab yang ada dalam textbookSticky notes yang terbuat dari plastik ini sangat pas untuk membuat indeks pada textbook atau untuk menandai dokumen penting Anda. Bentuk segitiga pada ujungnya juga membantu Anda ketika ingin menunjuk pada suatu kalimat yang penting.

Sticky notes ini memiliki 7 warna yang cerah sehingga dapat membantu Anda saat mencari dokumen penting. Set sticky notes tersebut memiliki bentuk yang tipis sehingga dapat Anda masukkan ke dalam tempat pensil dan dibawa ke mana saja. Agar tulisan Anda pada sticky notes tahan lama, gunakan spidol permanen saat menulis, ya!

1. Post-it Notes Cape Town Collection

1. Post-it Notes Cape Town Collection

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 59.400

Warna-warni ceria untuk mencerahkan hari Anda setiap hari

Sticky notes satu ini merupakan jenis produk yang paling banyak dibeli. Bagi Anda yang sering menggunakan sticky notes untuk kegiatan Anda sehari-hari, model yang satu ini kami rekomendasikan untuk Anda. Dalam 1 set, Anda akan mendapatkan 500 lembar sticky notes, cukup untuk menuliskan segala memo penting Anda setiap hari.

Anda juga akan mendapatkan 5 warna yang cerah untuk menemani kegiatan Anda setiap hari. Ukuran 75 x 75 mm sangat pas untuk menuliskan catatan, pesan, atau reminder. Karena jumlahnya yang cukup banyak, Anda dapat membagi sticky notes ini untuk di kantor, meja kerja di rumah, dan di dapur Anda.

Hal yang harus diingat saat menggunakan sticky notes

Hal yang harus diingat saat menggunakan sticky notes

Hal yang harus Anda perhatikan adalah kemungkinan hilangnya sticky notes karena dicabut atau terlepas. Tentu akan sangat merepotkan jika yang hilang adalah catatan penting Anda untuk rapat atau berhubungan dengan urusan bisnis Anda.

Dengan alasan itu, sebaiknya Anda tidak menempelkan sticky notes di banyak tempat. Pemilihan tempat penempelan sticky notes sangat penting, yaitu tempat di mana Anda menghabiskan banyak waktu atau tempat yang sering Anda lewati. Jika Anda ingin menempelkan sticky notes untuk orang lain, letakkan di tempat yang mudah dilihat. Opsi lainnya, Anda bisa meletakkan di tempat sticky notes tidak akan hilang meski terlepas, seperti di atas meja kerja Anda.

Kesimpulan

Mudah, bukan memilih sticky notes? Hal utama yang Anda perlu perhatikan adalah bentuknya, jenis bahan yang digunakan, serta ukurannya. Fitur-fitur lain mungkin Anda temukan saat mencari sticky notes di toko buku maupun secara online.

Apakah Anda merasa terbantu dengan artikel ini? Semoga Anda menemukan sticky notes yang sesuai dengan kebutuhan ya. Selamat beraktivitas!