• 10 Rekomendasi Sticky Notes Kecil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sticky Notes Kecil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sticky Notes Kecil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sticky Notes Kecil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sticky Notes Kecil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sticky Notes Kecil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Sticky notes adalah salah satu perlengkapan yang sering dipakai. Fungsi sticky notes di antaranya dapat Anda gunakan sebagai memo pada buku catatan, pembatas buku, dan untuk menyampaikan pesan. Di pasaran, Anda biasanya banyak menjumpai sticky notes tipe klasik yang berbentuk persegi. Padahal, ada banyak varian lain yang juga menarik.


Agar bisa memilih produk yang sesuai kebutuhan, di artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih sticky notes kecil yang bagus. Tak lupa, ada juga rekomendasi dari beberapa merek kenamaan, seperti Post-it, Joyko, dan Tesla Amazing yang akan kami ulas. Tetap disimak, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 06 Juli 2022
Daftar isi

Cara memilih sticky notes kecil

Sebelum meluncur ke rekomendasi produk terbaik, pertama-tama kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih sticky notes. Ada empat poin penting yang tak boleh Anda lewatkan. Apa saja itu? Mari disimak!

Sesuaikan tipenya dengan kebutuhan Anda

Anda dapat menemukan cukup banyak tipe sticky notes di pasaran. Tentunya, setiap tipe memiliki manfaat yang berbeda. Untuk itu, pilihlah yang paling sesuai dengan pemakaian Anda.

Tipe blok: Bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan

Sticky notes berbentuk blok merupakan tipe yang paling sering dicari. Anda bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan, mulai dari bekerja, belajar, hingga menulis memo sehari-hari.


Setiap produk sticky notes tipe blok bisa berisi sekitar 100 lembar atau lebih, serta terdiri dari beragam variasi warna. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa tipe ini memiliki harga yang paling ekonomis


Namun, tipe ini memiliki model yang sering kali terkesan kaku dan kurang mencolok saat digunakan. Alhasil, jika Anda hendak menggunakannya untuk mencatat informasi penting, sticky notes ini berisiko tidak terlihat. Jadi, berhati-hatilah mengenai hal tersebut

Tipe gulung: Mudah dibawa dan diatur panjangnya

Tipe gulung: Mudah dibawa dan diatur panjangnya

Sticky notes berbentuk gulungan dijual di dalam wadah khusus. Anda dapat menyesuaikan panjangnya sesuai kebutuhan. Tak hanya untuk menulis memo, tipe ini juga dapat digunakan untuk memberikan label di barang-barang Anda. Wadah sticky notes ini terkadang memang agak besar, tetapi bentuknya solid dan mudah dibawa-bawa.


Namun, tidak seperti tipe blok yang hanya perlu dicabut dan ditempel, tipe ini mengharuskan Anda untuk memotongnya terlebih dahulu. Karena itu, tidak mudah untuk menggunakannya jika Anda telah terbiasa dengan tipe blok. Terlebih jika bagian pemotongnya sudah mulai tumpul. Untuk itu, jika Anda menginginkan potongan yang rapi, Anda sebaiknya juga menyiapkan gunting.

Tipe pop-up: Praktis jika Anda sering memakai sticky notes

Tipe pop-up: Praktis jika Anda sering memakai sticky notes
Tipe pop-up merupakan tipe sticky notes model blok yang dimasukkan ke dalam wadah. Berbeda dengan tipe blok, tipe pop-up tersusun secara zig-zag sehingga Anda dapat mengambilnya dengan mudah, seperti mengambil tisu. Dengan demikian, tipe ini cocok untuk Anda sering menggunakan sticky notes dalam jumlah besar.

Beberapa sticky notes tipe pop-up memiliki ukuran yang compact, beberapa lainnya cukup besar. Ukuran yang compact akan lebih mudah dimasukkan ke dalam tas dan dibawa pergi. Sementara itu, ukuran besar lebih pas diletakkan di atas meja kerja. 


Sticky notes tipe pop-up ini terasa praktis digunakan, baik di ruang kerja, meja belajar, dapur, maupun tempat lainnya. Anda bisa langsung mencabutnya dengan satu tangan secara cepat.

Tipe berdesain unik: Untuk penggunaan yang lebih personal

Sticky notes dengan desain yang unik biasanya digunakan sebagai media berkomunikasi. Namun, tipe ini kurang cocok untuk dipakai bekerja. Anda bisa menggunakannya hanya untuk menulis pesan yang singkat dan tidak resmi.

Tipe ini memiliki beragam desain yang tidak hanya lucu, tetapi ada juga yang unik dan tidak biasa. Anda bisa menemukan sticky notes untuk menulis pesan dengan gambar karakter binatang yang penuh warna. Beberapa produk juga bisa digunakan tanpa harus ditulis. Anda hanya perlu menempelkannya di tempat yang dituju.

Pilih berdasarkan bahan dan cara penempelannya

Penggunaan sticky notes dapat berbeda, tergantung pada bahan, cara penempelan, dan juga bentuknya. Nah, di bawah ini kami akan menjelaskannya lebih detail untuk Anda.

Lebih fleksibel dengan sticky notes yang transparan

Lebih fleksibel dengan sticky notes yang transparan
Biasanya, sticky notes terbuat dari kertas. Namun, ada juga sticky notes transparan yang dibuat dari plastik. Saat Anda menempelkan sticky notes ini di atas catatan, tulisan di bawahnya dapat tetap terbaca. Jadi, cara penggunaannya pun lebih fleksibel, tidak seperti sticky notes dari kertas. 


Di samping itu, varian warna yang digunakan biasanya cerah sehingga dapat dipakai sebagai pengganti highlighterSticky notes ini mungkin cocok untuk Anda yang membutuhkan produk yang manfaatnya lebih dari sekadar untuk menulis memo.


Beberapa produk sticky notes transparan terbuat dari bahan yang cukup tebal. Jadi, Anda bisa memakainya sebagai pembatas halaman. Sticky notes dari kertas mungkin akan mudah lecek atau melengkung saat digunakan sebagai pembatas halaman. Jadi, akan lebih nyaman jika Anda menggunakan produk yang terbuat dari plastik.

Agar tidak mudah lepas, gunakan sticky notes berdaya rekat kuat

Agar tidak mudah lepas, gunakan sticky notes berdaya rekat kuat
Pernahkan sticky notes Anda tiba-tiba terlepas, padahal ada pesan penting di atasnya? Untuk mencegahnya, Anda dapat menggunakan sticky notes berdaya rekat kuat atau yang memiliki perekat di seluruh halaman belakangnya. Beberapa produsen juga telah mengeluarkan produk yang daya rekatnya dua kali lebih kuat dibandingkan sticky notes biasa.

Pilihan lainnya adalah sticky notes yang seluruh halaman belakangnya dilapisi perekat. Tipe ini tentu lebih tidak mudah lepas dibandingkan produk yang memiliki perekat hanya di satu bagian tertentu. Tenang saja, meskipun daya rekatnya kuat, Anda tetap bisa melepasnya dengan mudah, kok.

Supaya tidak membekas, pilih sticky notes elektrostatis

Supaya tidak membekas, pilih sticky notes elektrostatis
Meskipun jumlahnya belum banyak di pasaran, kini ada sticky notes yang direkatkan menggunakan listrik statis. Tanpa penggunaan lem sebagai perekatnya, sticky notes ini dapat Anda pindahkan dengan mudah. Anda pun tidak perlu khawatir lagi terhadap sisa lem setelah melepas sticky notes.

Namun, jika Anda menempelkannya di atas permukaan yang berdebu atau sering memegang permukaan sticky notes ini, daya rekatnya dapat melemah. Tipe ini direkomendasikan untuk Anda yang tidak ingin meninggalkan bekas lem di permukaan seperti komputer atau gelas.

Periksalah ukurannya

Sticky notes hadir dalam berbagai macam ukuran. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk Anda memilih ukuran sticky notes yang pas, serta disesuaikan dengan kebutuhan. 

Lebar 9,5 cm dan 8,5 cm, cocok untuk menyampaikan pesan

Apakah Anda sering memanfaatkan sticky notes untuk menuliskan pesan yang cukup panjang? Jika iya, produk dengan lebar sekitar 8,5 cm atau 9,5 cm bisa dijadikan pilihan yang tepat. Ukuran tersebut tergolong cukup panjang dibanding dengan ukuran sticky notes lainnya. Dengan demikian, Anda bisa lebih leluasa menulis di sticky notes tersebut tanpa khawatir pesannya akan terpotong.

Lebar 6 cm hingga 7 cm, ideal untuk memo

Sticky notes dengan lebar 6 cm ataupun 7 cm merupakan ukuran yang paling banyak dijumpai di pasaran. Banyak yang memanfaatkan sticky notes ini untuk menuliskan catatan-catatan penting yang singkat. Ukurannya juga ideal sehingga pas untuk ditempelkan di laptop atau papan tulis. 

Lebar sekitar 1 cm, paling pas untuk pembatas buku

Jika Anda ingin menggunakan sticky notes untuk pembatas buku, produk dengan lebar sekitar 1 cm cocok dipilih. Sticky notes ini bisa Anda tempelkan di tepi kertas jika Anda memiliki satu buku untuk mencatat berbagai materi. Adanya pembatas ini akan membuat materi yang ada tidak tercampur menjadi satu. Anda pun bisa menuliskan keterangan di sticky notes tersebut agar tidak bingung ketika mencari materi tertentu.

Perhatikan juga kelebihan lain yang ditawarkan

Selain berbagai tipe sticky notes yang telah kami jelaskan di atas, ada juga produk dengan kelebihan lain yang patut untuk Anda pertimbangkan. Sebagai contoh, ada produsen yang membuat sticky notes yang bisa ditulisi di kedua sisinya. Bahkan, tulisan di sisi belakang sticky notes bisa dihapus apabila ditulis menggunakan spidol nonpermanen. Dengan begitu, Anda bisa menghemat penggunaan kertas, bukan?


Selain itu, saat ini tersedia pula produk sticky notes dengan fungsi dekoratif. Tak hanya sebagai media menulis catatan singkat, desainnya yang artistik dapat Anda gunakan untuk mempercantik buku catatan. Anda dapat menemukan produk dengan desain gambar yang cantik ataupun unik. Karena itu, ada baiknya Anda mempertimbangkan juga kelebihan yang ditawarkan agar sticky notes yang Anda beli dapat berfungsi maksimal.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Post-It Notes Notas

Mulai dari Rp 56.000,00

10 Rekomendasi sticky notes kecil terbaik

Di bawah ini, kami akan memberikan rekomendasi sticky notes terbaik bagi Anda. Daftar rekomendasi produk berikut sudah kami susun berdasarkan popularitasnya. Sebelum memilih, ingatlah untuk terlebih dahulu menentukan tujuan penggunaan Anda, ya!

10
TipeGulung
Daya rekatBerperekat penuh
BahanKertas
Ukuran5,8 cm x 8,5 cm
KelebihanMudah diisi ulang
9

Magnetic Notes IndonesiaTesla Amazing Magnetic Notes

Ukuran S

Mulai dari Rp 55.000,00

TipeBlok, elektrostatis
Daya rekatBerperekat penuh
BahanPolypropylene film
Ukuran5 cm x 7 cm
KelebihanDaya rekat magnetis/muatan statis, bagian belakang bisa dihapus jika menggunakan spidol nonpermanen
8
TipeBerdesain unik
Daya rekatSebagian
BahanKertas
Ukuran5 cm x 1 cm
KelebihanSebagai pembatas buku
7
TipeBlok
Daya rekatSebagian
BahanKertas
Ukuran6 cm x 6 cm
Kelebihan1 paket isi 3 pak dengan desain yang berbeda
6
TipeBlok
Daya rekatSebagian
BahanKertas
Ukuran7,5 cm x 9,5 cm
KelebihanBerbentuk saku atau amplop
5

3M Post-itPop-up Notes Dispenser

OL-330-PD

Mulai dari Rp 71.400,00

TipePop-up
Daya rekatSebagian
BahanKertas
Ukuran7,6 cm x 7,6 cm
Kelebihanx
4

3M Post-itSticky Notes 654-5PK, Capetown

3M ID 7100048125

Mulai dari Rp 77.286,00

TipeBlok
Daya rekatSebagian
BahanKertas
Ukuran7,6 cm x 7,6 cm
KelebihanTetap menempel di permukaan kertas yang melengkung
3

3M Post-itSuper Sticky Notes, Marrakesh Collection

654-6SSAN

Mulai dari Rp 53.700,00

TipeBlok
Daya rekatKuat
BahanKertas
Ukuran7,6 cm x 7,6 cm
KelebihanDaya rekat dua kali lebih kuat
2
TipeBlok
Daya rekatSebagian
BahanPlastik
Ukuran4,2 cm x 1,1 cm
KelebihanSebagai penanda halaman dan pembatas buku
1
TipeBerdesain unik
Daya rekatSebagian
BahanKertas
Ukuran5 cm x 6 cm
Kelebihanx

Tabel perbandingan produk sticky notes kecil terbaik

Gambar produk
1
Fussen Collection Animal Sticky Notes 1

Fussen Collection

2
Joyko Index 1

Joyko

3
3M Post-it Super Sticky Notes, Marrakesh Collection 1

3M Post-it

4
3M Post-it Sticky Notes 654-5PK, Capetown 1

3M Post-it

5
3M Post-it Pop-up Notes Dispenser 1

3M Post-it

6
Pocketme Post-its Sticky Notes 1

Pocketme

7
Warm Sun Promise Sticky Notes Set 1

8
Thehaki Finger-it  1

Thehaki

9
Magnetic Notes Indonesia Tesla Amazing Magnetic Notes 1

Magnetic Notes Indonesia

10
Sticky Note Post It Roll 1

Nama produk

Animal Sticky Notes

Index

Super Sticky Notes, Marrakesh Collection

Sticky Notes 654-5PK, Capetown

Pop-up Notes Dispenser

Post-its Sticky Notes

Warm Sun Promise Sticky Notes Set

Finger-it

Tesla Amazing Magnetic Notes

Sticky Note Post It Roll

Keunggulan

Menawarkan karakter binatang yang unik dan warna-warni

Belajar jadi lebih seru dengan bookmark yang berwarna

Tidak takut terlepas berkat daya rekatnya yang kuat

Sticky notes andalan yang paling banyak dipakai orang

Praktis! Hanya tinggal tarik dan tulis saja

Pssst! Pesannya rahasia, lho!

Si cantik yang siap mendekorasi buku-buku Anda

Kini, lebih mudah untuk menunjukkan perasaan Anda

Bye bye, bekas lem! Anda bisa menempelnya di mana saja dengan bebas

Lebih mudah untuk dibawa-bawa

Harga mulai dariRp 700,00Rp 3.900,00Rp 53.700,00Rp 77.286,00Rp 71.400,00Rp 8.500,00Rp 14.500,00Rp 6.300,00Rp 55.000,00Rp 25.000,00
TipeBerdesain unikBlokBlokBlokPop-upBlokBlokBerdesain unikBlok, elektrostatisGulung
Daya rekatSebagianSebagianKuatSebagianSebagianSebagianSebagianSebagianBerperekat penuhBerperekat penuh
BahanKertasPlastikKertasKertasKertasKertasKertasKertasPolypropylene filmKertas
Ukuran5 cm x 6 cm4,2 cm x 1,1 cm7,6 cm x 7,6 cm7,6 cm x 7,6 cm7,6 cm x 7,6 cm7,5 cm x 9,5 cm 6 cm x 6 cm5 cm x 1 cm5 cm x 7 cm5,8 cm x 8,5 cm
KelebihanxSebagai penanda halaman dan pembatas bukuDaya rekat dua kali lebih kuatTetap menempel di permukaan kertas yang melengkungxBerbentuk saku atau amplop1 paket isi 3 pak dengan desain yang berbedaSebagai pembatas bukuDaya rekat magnetis/muatan statis, bagian belakang bisa dihapus jika menggunakan spidol nonpermanenMudah diisi ulang
Tautan produk

Manfaat lain dari sticky notes

Manfaat lain dari sticky notes
Umumnya, sticky notes digunakan untuk menulis catatan atau pesan ke seseorang. Namun, sebenarnya ada banyak fungsi lain dari sticky notes. Berikut akan kami jabarkan beberapa contohnya.

  • Anda bisa menggunakannya untuk menulis jadwal yang masih tentatif di dalam agenda. Jadi, apabila terdapat perubahan jadwal, Anda bisa memindahkannya tanpa perlu mencoret-coret agenda.

  • Sticky notes juga bisa dipakai untuk menulis label pada kotak makanan yang Anda simpan. Anda bisa menuliskan tanggal kedaluwarsa di atasnya. Jika Anda langsung menulis tanggal kedaluwarsa di atas kotak makanan, nantinya Anda akan kesulitan untuk menghapus tulisan tersebut. Akan tetapi, tidak demikian dengan sticky notes. Anda tinggal mencabut dan menempel yang baru.

  • Beberapa orang juga menempelkan sticky notes di pintu atau jendela kaca untuk memberi informasi kepada anak-anak agar tidak memukulnya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa sticky notes Anda berisiko hilang jika ditempel di tempat yang mudah lepas. Karena itu, perhatikan juga lokasi penempelan dan jumlah sticky notes yang Anda tempel di tempat yang sama. 

Baca juga rekomendasi berbagai jenis pulpen di sini

Kami telah memperkenalkan berbagai model sticky notes. Supaya Anda bisa membuat catatan dan pesan yang lebih menarik, kami telah menyediakan beberapa artikel mengenai berbagai jenis pulpen. Anda bisa membacanya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda sudah menemukan sticky notes favorit Anda? Dengan sticky notes yang tepat, pesan dan catatan yang Anda tulis akan terlihat lebih berwarna dan seru. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan cara pemakaian Anda sehari-hari. Jangan lupa untuk turut memperhatikan bahan dan kelebihan yang ditawarkan, ya! Selamat memilih dan beraktivitas!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Loose leaf binder adalah salah satu alat tulis yang cukup terkenal karena dapat digunakan untuk belajar maupun bekerja. Alasan utama loose leaf binder banyak diminati adalah kepraktisannya. Sayangnya, tidak semua binder nyaman digunakan. Tidak sedikit pula loose leaf binder yang ringnya sulit dibuka atau bahkan mudah rusak.Banyaknya merk binder yang bagus, seperti Kokuyo, Joyko, dan Bantex mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi loose leaf binder terbaik untuk Anda. Selamat membaca!
    Document organizer
  • 10 Rekomendasi Stapler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stapler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Stapler banyak digunakan untuk keperluan pekerjaan, sekolah, dan kuliah. Max, Joyko, dan Deli adalah beberapa merek stapler terbaik di Indonesia. Brand tersebut menawarkan beragam stapler yang bagus. Ada stapler heavy duty yang besar hingga stapler tembak. Untuk menemukan produk yang cocok, sebaiknya Anda pahami lebih dahulu karakteristiknya.  Sebab itu, kali ini kami akan memberikan tips cara memilih stapler terbaik untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi stapler yang bagus. Stapler Max HD-10 dan Joyko GT-700 ada dalam daftar kami. Simak artikel ini dan temukan stapler yang sesuai kebutuhan Anda!
    Document organizer
  • 10 Rekomendasi Paper Clip Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Paper Clip Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Paper clip atau penjepit kertas adalah pilihan yang tepat untuk menyatukan dokumen Anda tanpa melubanginya. Produknya bisa dilepaskan dari dokumen Anda sewaktu-waktu. Jadi, Anda dapat merapikan dokumen secara lebih fleksibel. Selain untuk merapikan, beberapa produknya bahkan dapat mempercantik meja kerja Anda.Untuk mendapatkan paper clip terbaik, Anda bisa menyimak cara memilihnya dari kami dalam artikel ini. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari merek yang bagus, seperti Joyko, Kokuyo, dan lainnya. Ulasannya pun sudah tersedia untuk Anda. Yuk, dimulai saja!
    Document organizer
  • 10 Rekomendasi Pembolong Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pembolong Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pembolong kertas biasa digunakan untuk melubangi kertas agar dapat dimasukkan ke dalam satu file. Meski fungsinya sama, alat ini ternyata memiliki banyak sekali variasi, mulai dari yang ukurannya kecil hingga besar. Ada juga produk dengan jumlah lubang yang bisa diatur sesuai kebutuhan.Ketika sedang mencari di marketplace, Anda mungkin penasaran dengan nama lain pembolong kertas. Pembolong atau pelubang kertas disebut juga perforator. Anda bisa menjumpai perforator terbaik dari merek populer, seperti Deli dan Joyko. Agar Anda mendapatkan pembolong kertas yang bagus, simak tips memilih dan rekomendasi produk berikut ini.
    Document organizer
  • 10 Rekomendasi Ordner Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Ordner Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ordner adalah perlengkapan yang berperan penting dalam hal penyimpanan dokumen. Tidak heran jika benda yang satu ini sering dijumpai di kantor atau sekolah. Saat ini, ordner tersedia dalam berbagai tipe, seperti ordner folio, ordner kuitansi, dan ordner A4. Harga ordner yang cukup terjangkau membuatnya banyak diminati. Artikel kali ini akan membagikan cara memilih dan merekomendasikan ordner terbaik. Produk dari merek Bantex, Bambi Files, dan Deli yang populer juga akan kami bahas secara lengkap. Untuk mendapatkan produk ordner yang bagus, pastikan baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Document organizer
  • 10 Rekomendasi Laminating Film Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Laminating Film Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ingin menjaga dokumen penting tetap awet? Laminating film bisa menjadi solusinya. Tersedia dalam bentuk lembaran dan roll, Anda bisa melindungi dokumen dengan ukuran A3, A4, dan sebagainya. Ada pula laminating film dengan ketebalan di atas 250 mikron untuk penggunaan di luar ruangan.Pada artikel ini, kami akan mengulas cara memilih laminating film. Kami juga akan mengulas beberapa produk laminating film yang dapat digunakan dengan dan tanpa bantuan mesin. Ada produk dari Joyko, Blueprint, dan TOHO, lho. Yuk, disimak sampai selesai!
    Document organizer
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori