10 Rekomendasi Tempat Payung Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Tempat Payung Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Tempat payung atau umbrella stand biasa digunakan untuk menyimpan payung agar lebih tertata. Terbuat dari berbagai bahan, seperti kayu, stainless, plastik, dan sebagainya, tempat payung juga seringkali berperan sebagai hiasan di rumah. Produsen terkenal seperti IKEA dan Krishome juga meluncurkan produk tempat payung mereka sendiri.

Terdapat banyak varian tempat payung ditilik dari segi fungsi, kapasitas, dan desain. Nah, mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Agar Anda tidak salah memilih, kami akan berikan tips memilih tempat payung beserta list 10 produk rekomendasi kami. Simak terus, ya!

Daftar isi

Cara memilih tempat payung

Selain sebagai tempat meletakkan payung agar tidak terlihat berantakan, tempat payung juga melengkapi interior rumah Anda. Sekarang kami akan menunjukkan pada Anda bagaimana cara memilih tempat payung yang tepat!

Pilih sesuai dengan ukuran dan jumlah payung Anda

Pilih sesuai dengan ukuran dan jumlah payung Anda

Biasanya setiap anggota keluarga akan memiliki payung masing-masing. Untuk itu, pemilihan tempat payung sebaiknya disesuaikan dengan jumlah payung yang ada di rumah Anda. Anda juga dapat memilih tempat payung dengan kapasitas penyimpanan yang melebihi jumlah payung di rumah Anda.

Hal yang mungkin terjadi ketika musim penghujan adalah Anda lupa membawa payung dan cenderung untuk membeli payung lagi di jalan. Akibatnya, jumlah payung akan bertambah. Dengan tempat payung berkapasitas lebih, selain Anda dapat mengantisipasi kelebihan payung ini, Anda juga dapat menyimpan payung milik tamu yang berkunjung.

Tentu saja dalam pemilihan tempat payung, Anda juga harus memperhatikan ruang penyimpanan yang tersedia. Agar lebih menghemat tempat, terutama bila keluarga Anda memiliki jenis payung panjang dan lipat, Anda dapat memilih tempat payung yang dapat menyimpan kedua jenis payung tersebut.

Pilih tempat payung tipe tempel untuk space yang terbatas

Pilih tempat payung tipe tempel untuk space yang terbatas

Tempat payung dapat Anda letakkan di dalam atau di luar rumah. Biasanya, tempat payung akan diletakkan di area dekat pintu masuk. Karena itu, pastikan Anda memiliki space yang cukup di area tersebut.

Bila Anda tidak memiliki banyak space untuk meletakkan tempat payung, Anda dapat memilih tempat payung bertipe tempel. Model tempat payung seperti itu dapat dipasang dengan ditempel di pintu atau dinding sehingga Anda tidak membutuhkan space khusus untuk meletakkannya. Meskipun minimalis, fungsinya tetap optimal.

Keunggulan lainnya adalah tampilannya yang sederhana. Tampilannya ini tidak akan membuat Anda kerepotan untuk menyesuaikannya dengan desain interior rumah Anda. Namun, bila Anda menginginkan produk yang juga sebagai pajangan, tempat payung tipe ini mungkin akan sulit memenuhi keinginan Anda.

Pilih material antikarat agar awet digunakan

Pilih material antikarat agar awet digunakan

Material dari tempat payung juga salah satu hal yang perlu diperhatikan. Seringkali payung yang basah langsung disimpan tanpa dikeringkan terlebih dahulu. Karena itu, sebaiknya Anda memilih tempat payung dari material antikarat agar lebih awet dan tahan lama.

Anda dapat memilih tempat payung dari gerabah atau stainless steel. Beberapa tempat payung juga dilapisi bahan krom agar lebih tahan karat. Selain itu, ada baiknya juga Anda memilih tempat payung dengan alas sehingga air dari payung dapat tertampung dan tidak menetes ke lantai. Bila memungkinkan, pilihlah tempat payung dengan material yang cepat kering ketika terkena air dan mudah dibersihkan. Genangan air yang terlalu lama dapat menimbulkan jamur dan kotoran pada bagian alas tempat payung.

Sesuaikan dengan desain ruangan agar serasi

Sesuaikan dengan desain ruangan agar serasi

Agar tidak terkesan salah tempat, pilihlah tempat payung yang serasi dengan desain interior di tempat Anda hendak meletakkan tempat payung. Anda bisa mulai dengan memilih warna dan material yang sesuai. Selain itu, banyak tempat payung yang memiliki desain tertentu yang unik, seperti bergaya antik. Meski tampak cantik, apabila tidak serasi dengan interior ruangan Anda, malah jadi kurang sedap dipandang.

Sebaliknya, bila area di sekitar pintu masuk rumah Anda cenderung kosong dan polos, Anda dapat memilih tempat payung dengan desain atau warna yang mencolok. Perbedaan style ini akan menimbulkan kesan unik pada interior rumah Anda.

Desain khusus untuk menyimpan banyak payung

Desain khusus untuk menyimpan banyak payung

Apakah Anda tipe orang yang sering mengadakan acara di rumah atau sering menerima banyak tamu hampir setiap hari? Bila iya, salah satu masalah yang dapat terjadi adalah payung yang tertukar. Saat banyak tamu datang ke rumah Anda pada musim hujan, payung akan menumpuk di sekitar pintu masuk. Terlebih lagi bila payung memiliki warna, model, atau bagian gagang yang mirip.

Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda memilih tempat payung dengan desain sederhana yang menampilkan keseluruhan bagian payung. Hal ini bertujuan agar tamu dapat melihat dan membedakan payung miliknya dengan jelas. Tempat payung seperti ini juga tepat digunakan di tempat yang sering dikunjungi banyak orang, seperti perkantoran atau bila Anda memiliki tempat usaha, seperti restoran atau toko.

10 Rekomendasi tempat payung terbaik

Setelah memberikan ulasan cara memilih tempat payung, kami akan membantu Anda menemukan pilihan dengan menghadirkan daftar 10 produk rekomendasi kami. Temukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

10. Toraya Living Tempat Payung UR-01

10. Toraya Living Tempat Payung UR-01

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.280.000

Desain unik dengan material kayu mahoni yang berikan kesan elegan

Area di sekitar pintu masuk rumah bisa dikatakan sebagai “wajah” dari rumah Anda. Apalagi area tersebut pasti dilewati oleh tamu Anda. Karena itu, tidak ada salahnya untuk memberikan kesan baik pada tamu dengan menghias area tersebut. Anda bisa menggunakan tempat payung dengan desain unik sebagai pajangan yang fungsional.

Dengan desain unik berupa bentuk alat musik biola, produk ini tepat untuk lengkapi interior rumah Anda. Kerangka biolanya dan bagian penahan payung terbuat dari besi. Sementara itu, bagian lainnya terbuat dari kayu mahoni. Pilihan tepat untuk Anda yang ingin memberikan sentuhan elegan pada interior rumah Anda.

9. Tempat Payung Vertikal

9. Tempat Payung Vertikal

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 139.000

Material yang kuat dan tahan karat untuk penyimpanan di luar ruangan

Produk ini sangat pas untuk Anda yang tidak ingin menyimpan payung di dalam rumah. Bila Anda lebih memilih untuk menyimpan payung di teras, tentunya Anda membutuhkan tempat payung yang kuat agar lebih tahan lama. Dibuat dari material besi yang tahan karat produk ini tangguh meski diletakkan di luar ruangan.

Selain keunggulan materialnya, desain produk pun dibuat sederhana tanpa motif rumit agar memudahkan perawatannya. Anda cukup mencucinya dengan air dan mengelapnya hingga kering untuk membersihkannya. Warnanya yang hitam membuatnya tidak mudah terlihat kusam dan pasti matching dengan nuansa teras Anda.

8. Tempat Payung Fleksibel

8. Tempat Payung Fleksibel

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.000

Desain unik dan portabel yang serbaguna

Tempat payung ini terbuat dari plastik dengan bentuk menyerupai pegas dan fleksibel digunakan. Anda dapat menekan dan melipatnya menjadi tabung kecil bila sedang tidak digunakan sehingga mudah disimpan. Apapun tipe payung Anda, baik tipe payung biasa yang berukuran panjang atau payung lipat, dapat Anda simpan di dalamnya.

Tempat payung berbentuk tabung ini memiliki alas kedap air sehingga dapat menampung air dari payung yang basah. Dilengkapi cantelan, Anda bisa menggantungnya di mana saja dan dengan mudah membawanya. Produk ini begitu pas sebagai teman traveling, terutama ketika cuaca sedang cepat berubah dan Anda malas menenteng payung basah.

7. Tempat Payung Kayu Jati

7. Tempat Payung Kayu Jati

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 704.000

Ukuran lebih besar untuk menyimpan lebih banyak

Apakah Anda mencari tempat payung dengan ukuran pas untuk menampung payung keluarga besar Anda? Bila keluarga Anda terdiri lebih dari 4 orang, produk ini dapat Anda jadikan pertimbangan. Dengan diameter mulut wadah yang lebih besar, tempat payung ini memiliki kapasitas yang lebih besar pula.

Bila tempat payung dengan ukuran diameter 20 cm dapat memuat hingga 5 payung, produk ini memiliki diameter 26 cm sehingga cukup untuk 6 payung. Lebih praktis, rapi, dan ekonomis. Keunggulan lainnya adalah desainnya yang artistik yang menarik perhatian. Tamu Anda pastinya akan mengagumi keindahan lukisannya.

6. IKEA NÄRLIG Stand Payung

6. IKEA NÄRLIG Stand Payung

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 361.900

Desainnya simple mempermudah proses pembersihan

IKEA merupakan salah satu produsen alat dan perlengkapan rumah tangga dari Swedia yang dikenal karena keunikan produknya. Tempat payung berbahan baja berlapis epoksi ini pun datang dari produsen tersebut. Desain rumit memang memberi kesan cantik dan artistik, tetapi desain simpel juga memiliki nilai plus tersendiri.

Karena desainnya yang sederhana dan tidak banyak lekukan, produk ini begitu praktis dibersihkan. Cocok untuk Anda yang tidak mau buang waktu hanya untuk mengurusi tempat payung. Anda tinggal buang airnya lalu mengelapnya dengan kain basah. Tersedia dalam 2 pilihan warna, yang dapat dipilih sesuai dengan style Anda.

5. Kinbar Tempat Payung DIY A527

5. Kinbar Tempat Payung DIY A527

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Perpaduan kayu dan plastik yang natural, tetapi tetap awet

Terkadang tempat payung tidak hanya disimpan di dalam rumah tetapi di bagian teras luar rumah. Untuk itu, Anda akan memerlukan tempat payung dengan material yang kuat. Nah, produk ini dapat memenuhi kebutuhan Anda. Selain karena materialnya yang awet, desain produknya juga akan mempercantik tampilan teras rumah Anda.

Terbuat dari WPC (wood plastic composite), yaitu material campuran kayu dan plastik, menjadikan produk ini memiliki kesan natural kayu dengan karakter material menyerupai produk plastik. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir produk jadi lapuk ketika disimpan di luar rumah. Apalagi material WPC dikenal mudah dibersihkan. Semakin praktis!

4. Tempat Payung Stainless Steel

4. Tempat Payung Stainless Steel

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 275.000

Dilengkapi ember portabel untuk menampung tetesan air dari payung

Bila Anda lebih suka tempat payung yang tertutup, apa Anda berminat pada tempat payung dengan sleek finishing ini? Biasanya, salah satu masalah pada tempat payung model seperti ini adalah sulit untuk membuang genangan air. Genangan air dapat memicu pertumbuhan jamur, menyebabkan bau tak sedap, bahkan menjadi sarang nyamuk!

Tidak perlu menunggu payung kering untuk menyimpannya karena terdapat ember portabel di bagian dasar produk. Air tetesan akan tertampung di dalam ember. Anda tinggal mengeluarkan embernya untuk membuang airnya. Dengan tempat payung ini, Anda bisa lebih hemat waktu dan lebih effortless dalam membersihkannya!

3. Tempat Payung Rak untuk Payung Lipat

3. Tempat Payung Rak untuk Payung Lipat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.500

Desain hemat tempat, bisa ditempel di mana saja

Berbicara tentang menghemat tempat, produk berikut ini pas sekali buat Anda yang benar-benar tidak punya tempat lebih untuk meletakkan tempat payung. Tempat payung berbentuk lingkaran ini dapat ditempel di dinding, pintu, bahkan samping meja! Cocok digunakan sebagai tempat payung pribadi di kantor atau oleh Anda yang anak kos.

Terdiri dari 2 parts, Anda dapat memasangnya dengan menyesuaikan panjang payung Anda. Parts bagian bawahnya berperan sebagai penampung air agar lantai tidak becek. Tempat payung ini memang hanya muat untuk menyimpan 1 buah payung lipat. Namun, karena terjangkau, membeli 2-3 sekaligus tentu tidak akan menguras isi dompet Anda.

2. Tempat Payung Minimalis

2. Tempat Payung Minimalis

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 245.000

Lebarnya pas, payung pun tertata dengan lebih rapi

Rongga penyimpanan yang terlalu lebar membuat payung tidak dapat disimpan dengan tegak sehingga kadang menumpuk di satu sisi saja. Tumpukan ini kadang membuat jengkel karena Anda menjadi kesulitan ketika hendak mengambil payung. Produk ini dapat menjadi solusi masalah tersebut dengan menjadikan payung tertata lebih rapi.

Produk dengan kapasitas 5 payung dan berbahan besi ini, memiliki rongga di mana setiap sekatnya dibuat untuk menyimpan satu payung saja. Karena ukurannya yang pas, payung dapat disimpan dengan tegak dan Anda jadi lebih mudah mengambil payung. Memiliki alas berbentuk cekungan, air yang menetes pun tidak akan bikin becek.

1. IKEA RASSLIG Stand Payung, Baja Putih

1. IKEA RASSLIG Stand Payung, Baja Putih

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 229.000

Praktis! Bisa untuk payung panjang dan lipat sekaligus

Tinggal bersama dengan tipe payung yang berbeda bukan lagi masalah! Produk ini begitu pas digunakan bila anggota keluarga Anda memiliki preferensi payung yang berbeda. Baik itu payung panjang maupun payung lipat, semua bisa masuk. Solusi smart inilah yang ditawarkan oleh tempat payung Rasslig dari Ikea ini.

Tempat payung ini memiliki 2 celah di mana celah pertama dapat digunakan untuk menyimpan payung berukuran panjang dan celah kedua untuk menyimpan payung lipat. Bentuknya yang ramping juga dapat memudahkan Anda menyimpannya di celah sempit. Berbahan plastik polipropilena, produk ini awet meski harus sering basah.

Kesimpulan

Pada artikel ini, kami sudah memberikan tips untuk memilih tempat payung yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berbagai jenis tempat payung yang tersedia menawarkan kelebihan dan memiliki kekurangannya masing-masing. Semakin cantik desain tempat payung atau semakin banyak kapasitasnya, tidak menjamin tempat payung tersebut cocok untuk Anda.

Setelah memaparkan tips, kami juga telah memberikan list 10 produk yang kami rekomendasikan. Apakah salah satunya adalah produk yang sedang Anda cari? Kami harap artikel ini dapat Anda jadikan referensi untuk memilih tempat payung yang sesuai dengan kebutuhan Anda.