mybest
Tempat payung

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Tempat penyimpanan
  4. 10 Rekomendasi Tempat Payung Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Tempat Payung Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Tempat Payung Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Tempat Payung Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Tempat Payung Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Tempat Payung Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Tempat Payung Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Tempat payung atau umbrella stand biasa digunakan untuk menyimpan payung agar lebih tertata. Terbuat dari berbagai bahan, seperti kayu, stainless steel, plastik, dan sebagainya, tempat payung juga sering kali berperan sebagai hiasan. Produsen terkenal seperti IKEA juga meluncurkan produk tempat payung berkualitas.

Terdapat banyak varian tempat payung ditilik dari segi fungsi, kapasitas, dan desain. Nah, mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Agar Anda tidak salah memilih, kami akan berikan tips memilih tempat payung beserta daftar produk rekomendasi kami. Simak terus, ya!
Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih tempat payung

Selain untuk meletakkan payung agar tersimpan rapi, tempat payung juga melengkapi interior rumah. Berikut kami berikan cara memilih tempat payung yang tepat.

1

Pastikan ukurannya sesuai jumlah payung Anda

Pastikan ukurannya sesuai jumlah payung Anda

Tempat payung bisanya ditempatkan di area terbatas, yaitu di dekat pintu masuk. Bila produk pilihan Anda berukuran terlalu besar, akses masuk akan menyempit. Oleh karena itu, penting untuk memilih produk yang ukurannya sesuai dengan jumlah payung yang akan disimpan.


Seller atau produsen tempat payung umumnya mencantumkan kapasitas payung yang bisa disimpan. Dengan mempertimbangkan payung cadangan, Anda bisa menggunakan rumus jumlah anggota keluarga x 2. Menggunakan rumusan tersebut, Anda akan makin mudah menentukan jumlah yang tepat. Bisa jadi Anda juga hendak menyimpan parasol. Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, tambahkan saja jumlah tersebut dengan satu atau dua payung lagi.

2

Ketahui material pembuatnya

Ketahui material pembuatnya

Ketika memilih tempat payung, ada baiknya Anda mempertimbangkan material yang digunakan. Selain memberikan kesan yang berbeda, material ini akan menentukan ketahanan dari tempat payung tersebut. Mari simak beberapa material yang umum digunakan untuk membuat tempat payung.


  • Plastik

Plastik sangat mudah dibentuk dan harganya ekonomis, karena itu banyak tempat payung yang terbuat dari bahan ini. Meski demikian, plastik tergolong mudah terbakar. Untuk itu, Anda bisa mencoba bahan wood plastic composite (WPC) yang dikombinasikan dengan kayu agar menjadi lebih tahan api.


  • Kayu

Banyak orang menyukai bahan kayu karena kesan natural dan warm yang ditimbulkannya. Namun, berhubung tempat payung akan sering basah, sebaiknya Anda memilih jenis kayu yang kuat. Kayu jati dan mahoni cukup kuat sehingga bisa dijadikan pertimbangan Anda.


  • Metal

Bahan ini tergolong sangat durable dan bisa digunakan dalam jangka panjang. Utamakan produk yang tahan karat karena tempat payung akan sering bersinggungan dengan air. Di pasaran, umumnya bahan metal yang digunakan adalah besi dan baja.


  • Keramik

Pembuatan tempat payung dari keramik memakan waktu lebih lama karena dibuat secara handmade. Oleh karena itu, wajar saja jika umumnya produk berbahan keramik memiliki harga lebih mahal. Namun, hal itu sebanding dengan kualitas dan tampilan eksklusif yang dihadirkan.

3

Sesuaikan tipe produk dengan cara menyimpan payung

Secara umum ada tiga tipe tempat payung, yaitu insert, hook, dan magnet. Berikut akan kami jelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe.

Tipe insert, desain dan bentuknya beragam

Tipe insert, desain dan bentuknya beragam

Bisa dibilang paling populer, tipe ini sangat banyak beredar serta memiliki desain dan bentuk bervariasi. Jenisnya ada banyak, mulai dari yang muat untuk satu payung, 3-4 payung, hingga mampu menampung banyak payung. Bagi Anda yang menyukai produk dengan desain sangat beragam agar makin bebas memilih, ini jawabannya!


Meski begitu, banyak produk tipe ini yang dimensinya cukup lebar dan tinggi. Tidak hanya itu, tergantung pada desain dan ukurannya, tempat payung tipe insert bisa makan tempat cukup banyak. Kekurangan lainnya adalah saat Anda meletakkan payung basah, air akan berkumpul di bagian bawah tempat payungnya. 


Untuk mengatasi hal tersebut, ada produk yang hanya bisa dimasukkan ujung payung saja. Ada juga produk yang bagian penampungan airnya mudah dikeluarkan. Jadi, jika Anda hendak membeli produk tipe insert, hal ini sebaiknya Anda cek juga.

Tipe hook, sangat ramping dan compact

Tipe hook, sangat ramping dan compact

Untuk diletakkan di area yang space-nya terbatas, produk tipe hook yang kebanyakan berdimensi compact tepat dipertimbangkan. Dilengkapi batang dan gantungan, Anda bisa menyimpan payung dengan menggantungkan gagang atau tali gantungan payung. Meski berdimensi ramping dan compact, kapasitas penyimpanannya besar dan bisa digunakan bahkan di area sempit sekalipun.


Payung yang disimpan dengan cara digantung akan membuat air cepat kering. Kemunculan jamur dan bau pun bisa dicegah. Penting untuk diingat, kestabilan penggunaan produk ini tergolong inferior. Bila digantungkan terlalu banyak payung, produk tipe ini bisa lebih mudah terjatuh. Selain itu, produk ini tidak bisa digunakan untuk payung tanpa gagang atau tali gantungan.

Tipe tempel, untuk keluarga dengan jumlah anggota sedikit

Tipe tempel, untuk keluarga dengan jumlah anggota sedikit

Apabila jumlah anggota keluarga Anda sedikit, produk tipe tempel bisa dijadikan pilihan. Produk model ini bisa menempel ke pintu depan atau dinding menggunakan magnet, lem, atau perekat lainnya.


Daya tampungnya memang lebih terbatas dibanding kedua tipe lainnya. Namun, tipe ini dipasang ke pintu atau dinding sehingga membuat area pintu masuk tampak rapi dan lega. Meski begitu, produk tipe ini bisa terlepas akibat bobot payung yang terlalu berat atau saat Anda mengambil payung. Berhati-hatilah saat menggunakan produk tipe ini.

4

Pilih produk yang tidak mudah berkarat

Pilih produk yang tidak mudah berkarat

Tempat payung tentu akan sering menampung payung yang basah. Mempertimbangkan hal tersebut, sangat baik bila Anda juga mengecek ketahanan tempat payungnya akan air. Bila materialnya tidak tahan air, lama-kelamaan tempat payungnya bisa berkarat. Produk berbahan tembikar, stainless steel, atau menggunakan material tahan karat lainnya bisa Anda jadikan opsi


Tidak hanya itu, ada juga produk yang dilapisi krom agar tahan karat. Tempat payung dengan material tahan karat juga pas dimiliki oleh Anda yang mengutamakan higienitas. Terlepas dari seberapa bagus tampilan tempat payungnya, adanya karat akan membuat tampilannya kurang apik, bukan?

5

Utamakan produk berdesain terbuka agar mudah mengenali payung

Utamakan produk berdesain terbuka agar mudah mengenali payung

Apakah jumlah anggota keluarga Anda banyak atau Anda sering didatangi banyak tamu? Dalam kondisi tersebut, payung yang tersimpan dan dikeluarkan dari tempat payung akan terus berganti secara rutin. Pada kondisi tersebut, produk berdesain terbuka adalah jawaban tepat. Produk seperti ini memudahkan Anda untuk melihat seluruh payung yang tersimpan dalam sekali lihat. Anda pun bisa lebih mudah mengenali payung Anda, risiko salah ambil payung pun makin minim.


Terlebih bila Anda sering didatangi tamu, Anda tentunya tidak ingin payung para tamu saling tertukar satu sama lain. Selain itu, produk berdesain terbuka memperlancar sirkulasi udara sehingga payung lebih cepat kering, sekali tepuk dua lalat.

6

Cek kesesuaian desain dengan interior ruangan

Cek kesesuaian desain dengan interior ruangan

Tempat payung yang compact bisa memberikan sentuhan tersendiri pada interior ruangan. Agar tidak terkesan salah tempat, pastikan desain tempat payungnya cocok dengan gaya desain ruangan. Jika warna atau material tempat payung senada dengan atmosfer ruangan, nuansa ruangan secara keseluruhan akan terkesan match


Bisa jadi Anda hendak membeli produk mengikuti selera personal, misalnya berdesain sangat antik. Pastikan saja produk pilihan Anda masih senada dengan aura di area pintu masuk. Selain itu, bila area pintu masuk masih kosong, produk dengan warna menyolok bisa Anda beli. Produk seperti itu akan memberikan aksen tersendiri dan mengubah impresi yang ditimbulkan di area tersebut.  

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi tempat payung terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tempat payung terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Kinbar

Umbrella OrganizerM527

Kinbar Umbrella Organizer 1

Rp37.000

Agak Murah

Berbahan WPC, antiair sekaligus mudah dibersihkan

2

Umbrella Holder Rack PP

 Umbrella Holder Rack PP 1

Rp9.900

Lebih Murah

Langsung tempel saja sesuka Anda!

3

Informa

Tempat Payung

Informa Tempat Payung 1

Rp119.000

Menengah

Tempat payung minimalis, pas untuk ruangan bernuansa monokrom

4

Tempat Payung Fleksibel

 Tempat Payung Fleksibel 1

Rp23.000

Agak Murah

Bisa memanjang dan memendek, sangat fleksibel

5

IKEA

RASSLIG Umbrella Stand

IKEA  RASSLIG Umbrella Stand 1

Rp219.000

Menengah

Praktis! Bisa untuk payung panjang dan lipat sekaligus

6

Tempat Payung Keramik Motif Sakura

 Tempat Payung Keramik Motif Sakura 1

Rp850.000

Agak Mahal

Tampak mewah dengan tempat payung keramik, pas juga dijadikan pajangan

7

Tempat Payung Kayu Jati Burung Merak

 Tempat Payung Kayu Jati Burung Merak 1

Rp245.000

Menengah

Tempat payung kayu jati, sangat durable!

8

Informa

Tempat Penyimpanan Payung

Informa Tempat Penyimpanan Payung 1

Rp200.000

Menengah

Maksimalkan sudut ruangan Anda dengan menaruh umbrella stand ini

9

Informa

Coat Hanger w/ Umbrella Stand Black

Informa Coat Hanger w/ Umbrella Stand Black 1

Rp380.000

Agak Mahal

Pemberat di sisi bawah tingkatkan kestabilannya

10

Toraya Living

Kezz Series UR-01

Toraya Living  Kezz Series  1

Rp1.400.000

Lebih Mahal

Tampil artistik dengan tempat payung unik dari kayu

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

KinbarUmbrella OrganizerM527

Umbrella Organizer 1
Sumber: shopee.co.id
Umbrella Organizer 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp37.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp37.000
Agak Murah

Berbahan WPC, antiair sekaligus mudah dibersihkan

Kelebihan:
  • Antiair sehingga lebih mudah dibersihkan
  • Tidak mudah terbakar
  • Harga ekonomis

Kekurangan:

  • Harus dirakit dahulu sehingga terasa merepotkan bagi sebagian orang
  • Mudah pecah
  • Lubang perakitan ada yang kekecilan dan tidak pas

Tempat payung ini terbuat dari WPC (wood plastic composite), yaitu material campuran kayu dan plastik. Bahan tersebut membuat produk ini antiair, tetapi memiliki tampilan ala kayu. Berkat material WPC, produk ini juga mudah dibersihkan. Opsi tepat jika Anda ingin tempat payung kayu yang perawatannya mudah.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Umbrella Holder Rack PP

Harga referensi
Rp9.900
Lebih Murah

Langsung tempel saja sesuka Anda!

Kelebihan:
  • Praktis tinggal tempel dan harga sangat ekonomis
  • Bisa ditempel di dinding, mobil, dan permukaan datar lainnya
  • Ukurannya kecil, tidak memakan tempat

Kekurangan:

  • Daya rekat lem kurang kuat

Bicara tentang hemat tempat, produk ini pas sekali untuk Anda yang space-nya amat terbatas. Tempat payung ini dapat ditempel di dinding, pintu, atau area mana pun yang Anda suka! Tentu cocok digunakan sebagai tempat payung pribadi di kantor atau oleh anak indekos. Selain itu, ukurannya juga sangat mini dan tidak makan tempat.

No.3

InformaTempat Payung

Harga referensi
Rp119.000
Menengah

Tempat payung minimalis, pas untuk ruangan bernuansa monokrom

Kelebihan:

  • Bisa memuat payung golf yang ukurannya besar
  • Kuat dan tahan lama berkat penggunaan bahan metal

Kekurangan:

  • Bisa penyok jika terbentur benda keras

Produk keluaran Informa ini memiliki desain minimalis, yakni berbentuk tabung dengan aksen jaring-jaring. Penggunaan warna hitam juga membuat produk ini cocok untuk ditempatkan di ruangan bernuansa monokrom, alias hitam putih. Jika Anda tambahkan dengan furnitur dan hiasan dinding lain yang berwarna senada, ruangan Anda akan terlihat makin apik.

No.4

Tempat Payung Fleksibel

Harga referensi
Rp23.000
Agak Murah

Bisa memanjang dan memendek, sangat fleksibel

Kelebihan:
  • Hemat tempat karena bisa dilipat

Kekurangan:

  • Desainnya kurang menarik

Tempat payung ini terbuat dari plastik dengan bentuk menyerupai pegas dan fleksibel digunakan. Anda dapat menekan dan melipatnya menjadi tabung kecil bila sedang tidak digunakan sehingga mudah disimpan.


Elastisitas tersebut membuat tipe payung biasa yang berukuran panjang atau payung lipat dapat Anda simpan di dalamnya. Salah satu jawaban terbaik bagi Anda yang menyukai fleksibilitas penggunaan.

No.5

IKEA RASSLIG Umbrella Stand

Harga referensi
Rp219.000
Menengah

Praktis! Bisa untuk payung panjang dan lipat sekaligus

Kelebihan:
  • Bisa menyimpan payung panjang ataupun payung lipat
  • Desain minimalis dan elegan

Kekurangan:

  • Tidak dapat menampung air rembesan dari payung

Tinggal bersama dengan tipe payung yang berbeda bukan lagi masalah! Produk ini begitu pas digunakan bila anggota keluarga Anda memiliki preferensi payung yang berbeda. Baik itu payung panjang maupun payung lipat, semua bisa masuk. Solusi smart inilah yang ditawarkan oleh tempat payung RASSLIG dari IKEA ini.


Tempat payung ini menyediakan dua kompartemen berbeda. Sisi kompartemen yang satu untuk menyimpan payung panjang dan kompartemen kedua untuk menyimpan payung lipat. Bentuknya yang ramping juga dapat memudahkan Anda menyimpannya di celah sempit. Selain itu, Anda juga bisa saja menggantungkan payung di mulut produk ini, lho!
No.6

Tempat Payung Keramik Motif Sakura

Harga referensi
Rp850.000
Agak Mahal

Tampak mewah dengan tempat payung keramik, pas juga dijadikan pajangan

Kelebihan:

  • Bisa dijadikan pajangan juga
  • Memberi kesan mewah dan eksklusif

Kekurangan:

  • Bobotnya berat
  • Mudah pecah jika sampai jatuh

Sedang mencari tempat payung yang juga bisa dijadikan aksen cantik dalam ruangan? Mungkin Anda akan menyukai produk yang terbuat dari tanah liat ini. Tidak hanya memberi kesan mewah, keramik ini juga diberi ukuran motif bunga sakura yang menawan. Oleh karena itu, produk ini cocok juga dijadikan pajangan dalam ruangan.

No.7

Tempat Payung Kayu Jati Burung Merak

Harga referensi
Rp245.000
Menengah

Tempat payung kayu jati, sangat durable!

Kelebihan:

  • Superawet karena terbuat dari kayu jati
  • Tampilan estetik untuk menghiasi ruangan

Kekurangan:

  • Bobotnya cukup berat

Anda yang berencana menggunakan tempat payung dalam waktu sangat panjang sebaiknya segera membeli produk ini. Dibuat menggunakan kayu jati berkualitas tinggi, produk ini menjadi sangat durable, siap Anda gunakan bertahun-tahun.


Secara desain pun produk ini sangat menarik, hiasan burung merak pada produk ini membuatnya terkesan elegan. Penggunaan warna cokelat membuatnya tidak terkesan norak, cocok Anda tempatkan di ruangan dengan furnitur penuh kekayuan.

No.8

InformaTempat Penyimpanan Payung

Harga referensi
Rp200.000
Menengah

Maksimalkan sudut ruangan Anda dengan menaruh umbrella stand ini

Kelebihan:

  • Terbuat dari steel tahan karat sehingga makin awet

Kekurangan:

  • Desainnya membuat cukup sulit dibersihkan

Sudut ruangan biasanya menjadi sudut mati karena areanya yang sempit. Nah, untuk memaksimalkan sudut mati di ruangan Anda, gunakanlah umbrella stand dari Informa ini. Desainnya yang berbentuk kotak membuatnya dapat di taruh di sudut-sudut ruangan. Mengusung tema minimalis modern, produk ini juga akan cocok dengan banyak tema ruangan.

No.9

InformaCoat Hanger w/ Umbrella Stand Black

Harga referensi
Rp380.000
Agak Mahal

Pemberat di sisi bawah tingkatkan kestabilannya

Kelebihan:

  • Didesain ramping sehingga hemat tempat
  • Ditambahkan pemberat di dasar agar lebih stabil
  • Bisa untuk menggantung baju dan coat juga

Kekurangan:

  • Harganya cukup mahal

Memiliki ukuran ramping dan meninggi, produk ini sangat hemat tempat. Di sisi bawahnya terdapat space khusus untuk menempatkan tiga payung. Saat dibutuhkan, gantungannya juga bisa Anda gunakan untuk menggantung enam payung lainnya.


Tenang saja, produk ini dibuat dari besi sehingga menjadi kokoh dan stabil. Tidak cukup sampai di situ, adanya pemberat di bagian bawah membuat produk ini makin minim kemungkinan terjatuh. Solusi terbaik untuk Anda yang mencari tempat payung ringkas dengan kestabilan mumpuni.

No.10

Toraya Living Kezz Series UR-01

Harga referensi
Rp1.400.000
Lebih Mahal

Tampil artistik dengan tempat payung unik dari kayu

Kelebihan:

  • Desain cantik dan estetik
  • Bisa dijadikan pajangan dalam ruangan
  • Kokoh karena terbuat dari kayu mahoni dan besi

Kekurangan:

  • Harganya tergolong mahal

Anda yang menyukai produk dengan tampilan artistik tidak perlu ragu memilih tempat payung ini. Dibuat dengan bentuk menyerupai biola, produk ini terlihat indah layaknya karya seni tingkat tinggi.


Setiap lekuk dan guratannya sangat mendetail, manjakan mata Anda dengan tampilannya yang memesona! Didesain terbuka, Anda dan para tamu bisa segera mengecek isi produk ini cukup dengan sekali lirik saja.

Baca juga rekomendasi berbagai produk payung di sini

Jika sudah memiliki tempat payung, kini saatnya mengisi tempat tersebut dengan payung yang sesuai. Di bawah ini kami sudah merangkum berbagai produk payung yang mungkin Anda sukai. Klik segera tautannya jika tertarik, ya!

Kesimpulan

Tergantung pada tipenya, keunggulan yang dimiliki tiap tempat payung bisa saja berbeda. Oleh karena itu, pastikan agar Anda mengenali dahulu tipe yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Mengecek mudah tidaknya tempat payung berkarat juga merupakan langkah tepat.


Bila dibutuhkan, produk berdesain terbuka bisa segera Anda miliki. Tidak kalah penting, pastikan juga desain tempat payungnya cocok dengan gaya interior ruangan. Saatnya menyimpan rapi payung sekaligus menghias ruangan dengan membeli tempat payung!

5 Rekomendasi Tempat Payung terbaik

No. 1: KinbarUmbrella OrganizerM527

No. 2: Umbrella Holder Rack PP

No. 3: InformaTempat Payung

No. 4: Tempat Payung Fleksibel

No. 5: IKEA RASSLIG Umbrella Stand

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Tempat penyimpanan
  4. 10 Rekomendasi Tempat Payung Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.