10 Rekomendasi Sunblock Terbaik untuk Anak-Anak (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sunblock Terbaik untuk Anak-Anak (Terbaru Tahun 2018)

Kulit anak-anak masih sangat rapuh dan tipis sehingga untuk melindungi kulitnya dari sinar UV (ultraviolet), diperlukan sunblock khusus untuk anak-anak. Terdapat berbagai merek sunblock khusus anak-anak yang beredar di pasaran dengan keistimewaan masing-masing, seperti Nivea, Banana Boat, Neutrogena, dan masih banyak lagi.

Apakah Anda masih bingung memilihnya? Kalau begitu, simaklah dahulu tips memilih sunblock untuk anak-anak di bawah ini! Setelah itu, kami pun akan memberikan 10 rekomendasi produknya untuk memudahkan Anda dalam menyaring produk terbaik di antara yang terbaik. Sunblock untuk anak, tidak boleh dipilih sembarangan!

Daftar isi

Cara memilih sunblock untuk anak-anak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kulit anak-anak masih rapuh dan tipis. Untuk itu, sangat penting untuk memilih sunblock dengan formula yang ringan dan tidak membahayakan kulit. Meski begitu, penting untuk memilih produk dengan daya perlindungan sinar UV yang kuat. Untuk lebih jelasnya, simaklah informasi berikut ini.

Periksa komposisinya dan pilih yang rendah bahan iritannya

Sebenarnya, semakin tinggi daya perlindungan sinar UV sebuah produk, maka semakin tinggi pula  kandungan formula UV absorber di dalamnya. Meskipun termasuk sebagai bahan iritan, UV absorber tetap aman bagi kulit bila tidak digunakan secara berlebihan.

Non-chemical sunblock tanpa kandungan UV absorber untuk pemakaian sehari-hari

Non-chemical sunblock tanpa kandungan UV absorber untuk pemakaian sehari-hari

Sunblock non-chemical yang tidak mengandung UV absorber lebih rendah iritan dibandingkan dengan tipe sunblock chemical yang juga mengandung UV absorber. Sunblock non-chemical pun lebih ramah di kulit dan mudah dibersihkan menggunakan sabun mandi sehingga sangat direkomendasikan untuk anak-anak.

Perlu diperhatikan bahwa non-chemical bukan berarti tidak mengandung bahan tambahan yang berefek negatif bagi kulit. Untuk itu, Anda harus memeriksa baik-baik kandungan bahannya.

Sebisa mungkin pilihlah produk yang tidak mengandung bahan baku petroleum atau bahan sintetis lainnya. Sunblock chemical tentu masih dapat digunakan, tetapi gunakanlah pada waktu-waktu tertentu saja, seperti saat beraktivitas di luar ruangan. Sementara itu, pilihlah sunblock non-chemical untuk pemakaian sehari-hari.

Produk tanpa tambahan pewangi dan pewarna akan lebih aman

Produk tanpa tambahan pewangi dan pewarna akan lebih aman

Sunblock organik merupakan jenis yang paling tepat untuk anak-anak karena kebanyakan tidak mengandung unsur minyak bumi maupun tambahan bahan sintetis. Bahan-bahannya pun umumnya berasal dari tumbuhan sehingga lebih ramah untuk kulit bayi dan anak-anak.

Anda pun perlu memperhatikan kandungan pewangi dan pewarna pada produk tersebut. Kulit anak dapat lebih sensitif dengan tambahan zat aditif, seperti pewangi dan pewarna dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Jadi, bila memungkinkan, lebih baik pilih sunblock yang tidak mengandung tambahan pewangi dan pewarna.

Pilih yang ramah di kulit dan mudah dibersihkan dengan sabun

Pilih yang ramah di kulit dan mudah dibersihkan dengan sabun

Sunblock yang paling lembut di kulit sekalipun tetap tidak boleh tertinggal di kulit. Maka dari itu, sangatlah penting bagi Anda untuk memilih sunblock yang mudah luruh ketika dicuci dengan air atau sabun mandi.

Bila produk sulit luruh dengan cara dicuci saja, Anda akan memerlukan pembersih atau cleanser khusus. Hal tersebut akan menambah efek samping pada kulit anak. Memilih produk yang dapat dengan mudah dibersihkan dengan sabun akan lebih baik. Ada pula tipe sunblock yang dapat luruh dengan air hangat. Selain fungsinya, memeriksa kemudahan pembersihannya juga tidak kalah penting.

Pilih kandungan SPF dan PA sesuai tujuan penggunaan

Merupakan hal yang pasti bahwa sunblock mengandung SPF (sun protection factor) dan PA. Produk sunblock dengan kandungan SPF sekaligus PA dalam kadar tertentu umumnya dilabeli sebagai produk broad spectrum. Namun, semakin besar jumlah SPF dan PA yang terkandung, semaking tinggi pula tingkat iritannya pada kulit. Untuk itu, pilihlah produk dengan kandungan SPF dan PA yang sesuai dengan tujuan penggunaan.

Berbeda kegiatan, berbeda pula kandungan SPF yang diperlukan

Berbeda kegiatan, berbeda pula kandungan SPF yang diperlukan

Minimal SPF yang perlu digunakan untuk pemakaian sehari-hari adalah SPF 15. Namun, mengingat Indonesia merupakan negara tropis dengan sinar matahari yang lebih kuat, akan lebih baik bila produk mengandung SPF ≥15. Sedangkan untuk kegiatan outdoor, Anda pun dapat memilih SPF 30-50 atau lebih tinggi agar perlindungan kulit anak dari sinar UV lebih maksimal.

Selain kandungan SPF, Anda juga perlu mengetahui cara menggunakan sunblock dengan tepat agar manfaat yang didapat pun optimal. Simaklah terus artikel ini karena kami juga akan membahas mengenai tips pengaplikasian sunblock pada kulit anak.

SPF untuk perlindungan lebih lama dan PA untuk perlindungan lebih efektif

SPF untuk perlindungan lebih lama dan PA untuk perlindungan lebih efektif

Kandungan SPF dan PA pada sunblock berbeda-beda tergantung pada merek produk. Untuk membantu Anda memahami jumlah kandungan SPF dan PA yang tepat, Anda perlu memahami fungsi dari SPF dan PA terlebih dahulu.

SPF berfungsi untuk memperlambat memerahnya kulit akibat sinar matahari. Sedangkan PA berfungsi untuk mencegah kulit terbakar akibat paparan sinar matahari. Bila sekiranya tidak ada kesempatan untuk mengaplikasikan ulang sunblock, pilihlah produk dengan kandungan SPF yang lebih banyak. Sedangkan bila anak Anda hendak berkegiatan di tempat yang paparan sinar mataharinya cukup kuat, pilihlah produk dengan kandungan PA yang lebih banyak.

Apakah kandungan PA tidak tercantum jelas pada produk pilihan Anda? Tidak perlu bingung, sekarang ini telah banyak produk sunblock berlabel broad spectrum. Di dalam produk broad spectrum kandungan SPF dan PA-nya telah diformulasikan secara tepat sehingga mampu melindungi kulit secara menyeluruh dari sinar UVA maupun UVB

Pilih tekstur yang sesuai dengan kenyamanan dan kemudahan penggunaan

Dilihat dari wujudnya, sunblock memiliki beberapa tipe. Masing-masing tipe memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Untuk itu, pilihlah tipe yang paling nyaman di kulit dan mudah digunakan oleh anak Anda.

Tipe gel, lebih praktis dan nyaman digunakan

Tipe gel, lebih praktis dan nyaman digunakan

Tipe gel sangat mudah meresap ke kulit dan tidak menimbulkan white cast atau bekas putih saat diaplikasikan secara kurang merata. Namun, tipe ini lebih mudah terhapus dari kulit bila dibandingkan dengan tipe krim atau tipe emulsion.
Dengan karakteristiknya, tipe ini sangat cocok untuk anak-anak yang tidak melakukan aktivitas di bawah sinar matahari terlalu lama. Agar manfaat lebih optimal, jangan lupa untuk mengaplikasikannya kembali bila diperlukan.

Tipe spray, mudah untuk berbagai penggunaan

Tipe spray, mudah untuk berbagai penggunaan

Tipe spray dapat diaplikasikan dengan mudah pada bagian tubuh mana pun. Anda cukup menyemprotkannya saja bagian yang diperlukan, seperti punggung, kaki, dan lengan.

Namun, Anda perlu berhati-hati agar produk tidak sampai masuk ke mata atau mulut anak. Untuk anak-anak yang sangat aktif dan susah diam, lebih baik semprotkan saja produk ke tangan Anda sebelum dioleskan ke kulitnya.

Tipe emulsion, multifungsi dan awet manfaatnya

Tipe emulsion, multifungsi dan awet manfaatnya

Tipe emulsion tidak akan menimbulkan white cast dan cukup awet di kulit. Selain itu, tekstur yang halus membuatnya mudah diratakan di atas kulit. Karena itulah, tipe ini dapat melindungi dengan sempurna. Bahkan sebagian produk juga dapat digunakan oleh orang dewasa sebelum penggunaan makeup.

Tipe krim, melembapkan serta lebih tahan terhadap air dan keringat

Tipe krim, melembapkan serta lebih tahan terhadap air dan keringat

Tipe krim memiliki daya pelembap dan keefektifan tertinggi di antara berbagai tipe sunblock lainnya. Karena memiliki kandungan minyak yang cukup tinggi, teksturnya menjadi kental. Sebagian anak mungkin merasa risih saat menggunakannya. Namun, tipe ini lebih tahan terhadap air maupun keringat dibandingkan dengan tipe lainnya. Jadi, sangat cocok untuk kegiatan di luar ruangan, misalnya ketika si kecil akan berenang. Sebagian produk sunblock anak-anak tipe ini juga cocok digunakan oleh orang dewasa.

Fitur-fitur lain yang mungkin diperlukan

Selain menangkal sinar UV, terdapat banyak fungsi lain dari sunblock. Produk pilihan Anda tidak harus memiliki semua fitur ini. Pilihlah sesuai dengan tujuan penggunaannya saja.

Fitur waterproof untuk digunakan di tempat basah

Fitur waterproof untuk digunakan di tempat basah

Bila anak Anda hendak melakukan aktivitas yang melibatkan air, seperti berenang atau bermain di pantai, sebaiknya gunakan sunblock dengan fitur waterproof. Tidak akan mudah hilang bila terkena air maupun keringat, sunblock dengan fitur ini akan lebih efektif menangkal sinar UV. Kelemahannya adalah sulit dibersihkan bila hanya dicuci dengan air saja. Anda yang tak mau repot, dapat mencari waterproof sunblock yang mudah dibersihkan dengan melihat informasi produk atau review konsumen.

Memiliki kandungan pelembap untuk mencegah kulit kering akibat sunburn

Memiliki kandungan pelembap untuk mencegah kulit kering akibat sunburn

Setelah kulit terbakar sinar matahari atau mengalami sunburn, kulit menjadi lebih mudah kering. Untuk itu, pilihlah sunblock yang mengandung pelembap agar kulit anak Anda terhindar dari kekeringan. Produk berkandungan pelembap juga akan semakin melindungi kulitnya dari bahaya sinar UV.

Di samping itu, pilihlah produk yang mengandung bahan-bahan pelembap yang aman, seperti ekstrak tumbuh-tumbuhan, hyaluronic acid, asam amino, dan lainnya.

Bila menginginkan produk yang dapat melembapkan dengan baik, Anda dapat memilih tipe krim. Namun, untuk anak-anak yang merasa risih bila kulitnya agak lengket, Anda dapat memilih sunblock dengan tekstur agak cair seperti lotion atau susu.

Memiliki efek penolak serangga agar nyaman bermain di alam terbuka

Memiliki efek penolak serangga agar nyaman bermain di alam terbuka

Hal yang tidak kalah mengganggu kenyamanan kulit selain sinar UV adalah gigitan serangga. Bila anak Anda senang bermain di alam terbuka, Anda dapat memilih sunblock yang juga memiliki efek sebagai penolak serangga. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Hanya dengan 1 produk, kulit anak dapat terlindung dari sinar UV sekaligus gigitan serangga.

Dapat digunakan sebagai makeup base oleh bunda

Dapat digunakan sebagai makeup base oleh bunda

Meskipun jarang dijumpai di Indonesia, ada pula produk sunblock yang dapat digunakan oleh bunda dan si kecil. Sebagai pelindung dari sinar UV bagi si kecil dan sebagai makeup base bagi bunda. Dari sisi penggunaan, hal tersebut menguntungkan karena Anda tidak perlu membeli produk makeup base secara terpisah. Bila Anda ingin menggunakannya juga makeup base, pastikan produk tersebut memang aman digunakan pada wajah Anda, ya.

10 Rekomendasi sunblock terbaik untuk anak-anak

Setelah membaca informasi di atas, pasti Anda telah dapat mengenali produk yang tepat untuk anak Anda, bukan? Di bawah ini kami pun telah menyediakan berbagai pilihan produk rekomendasinya untuk Anda. Semuanya merupakan produk broad spectrum yang mampu melindungi kulit anak dengan aman dari sinar UVA dan UVB.

10. Nivea Kids Moisturising Sun Spray SPF 50+

10. Nivea Kids Moisturising Sun Spray SPF 50+

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 196.900

Tidak takut lagi kulit kering dengan sunblock spray yang melembapkan

Sunblock seringkali membuat kulit terasa lebih kering dan kaku. Namun, dengan sunblock dari Nivea ini, Anda tak perlu lagi takut kulit si kecil kering karena formulanya tidak hanya mampu melindungi, tetapi juga melembapkan kulit. Produk bertipe spray ini pun sangat cocok untuk kulit anak-anak yang mudah hilang kelembapannya.

Ber-SPF 50+ produk ini mampu membantu mengurangi risiko alergi matahari. Sekilas,  SPF-nya memang cukup tinggi, tetapi Anda tak perlu khawatir karena produk ini telah diformulasikan khusus untuk kulit anak yang masih tipis dan rapuh. Anak pun bebas beraktivitas di bawah sinar matahari yang terik dan tetap terlindungi.

9. Cancer Council Kids Sunscreen Range SPF50+

9. Cancer Council Kids Sunscreen Range SPF50+

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 299.000

Tahan air hingga 4 jam, perlindungan optimal ketika bemain di tempat basah

Berlibur ke pantai atau sekedar berenang di kolam, tidak lengkap rasanya sebelum pakai sunblock dari Cancer Council ini. Sunblock ini telah terbukti tahan air selama 4 jam sehingga cocok untuk aktivitas bermain air yang disukai anak-anak. Namun, untuk hasil optimal, usahakan selalu re-apply produk ini setiap 2 jam sekali, ya!

Bertekstur seperti lotion, produk berformula ringan ini cepat meresap dan tidak lengket di kulit. Dengan SPF 50+, sunblock ini sudah cukup ampuh untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Anda pun tak perlu khawatir karena produknya dibuat tanpa paraben maupun parfum sehingga sangat aman untuk kulit si kecil.

8. Banana Boat Tear Free Kids Sunscreen Lotion SPF 50+ PA++++

8. Banana Boat Tear Free Kids Sunscreen Lotion SPF 50+

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 143.000

Semakin mudah digunakan karena tidak pedih di mata

Dengan sunblock lotion dari Banana Boat ini, tak perlu lagi takut si kecil akan terkena iritasi mata ketika dia tidak sengaja mengusap matanya setelah pengaplikasian sunblock. Hal ini berkat formulanya yang ringan dan Tear Free. Bila Anda mencari sunblock dengan formula ringan, tetapi handal melindungi kulit, produk ini bisa diandalkan.

Memiliki SPF 50+ dan PA++++, sunblock ini mampu mengamankan kulit anak dari sinar UVA dan UVB ketika bermain di luar. Kulit pun akan terhindari dari kerusakan maupun terbakar akibat sinar matahari. Selain itu, sunblock yang tidak meninggalkan bekas di kulit setelah pengaplikasian iini juga tahan air hingga 80 menit!

7. Neutrogena Wet Skin Kids Sunscreen Spray Broad Spectrum SPF 70+

7. Neutrogena Wet Skin Kids Sunscreen Spray Broad Spectrum SPF 70+

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 230.000

Diaplikasikan pada kulit yang basah pun tak masalah!

Sering merasa kesulitan mengaplikasikan sunblock pada anak ketika pergi ke pantai atau kolam renang karena dia ingin cepat bermain air? Anda tak perlu lagi berusah payah karena sunblock bertipe spray ini dapat diaplikasikan pada kulit yang basah. Meskipun anak sudah terlanjur bermain air, produk tetap ampuh manfaatnya.

Karena karakteristiknya, sunblock dari Neutrogena yang tahan air selama 80 menit ini juga efektif digunakan pada anak yang mudah berkeringat. Kulit basah karena air atau keringat tak lagi jadi masalah. Apalagi, produk ini memiliki SPF 70+ yang mampu melindungi kulit anak meskipun beraktivitas di tempat yang terik mataharinya.

6. Coppertone® KIDS Sunscreen Lotion

6. Coppertone® KIDS Sunscreen Lotion

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 184.500

Anda yang berkulit sensitif pun dapat turut menggunakannya

Mencari sunblock yang tepat untuk kegiatan outdoor bersama-sama dengan keluarga Anda? Produk ini merupakan pilihan tepat. Kandungan SPF-nya cukup tinggi, yaitu 70+ sehingga mampu melindungi kulit dari sinar matahari saat berada di luar ruangan. Disamping itu, sunblock lotion yang tak pedih di mata ini pun antiair hingga 80 menit.

Kemudian, banyak review pengguna yang mengatakn bahwa produk ini tidak membuat kulit yang sensitif menjadi iritasi. Jadi, bukan lagi masalah bila anak Anda berkulit sensitif. Bahkan, produk ini juga ampuh dipakai oleh orang dewasa yang memiliki kulit sensitif sekalipun. Anda sekeluarga pun dapat menggunakannya bersama-sama.

5. La Roche-Posay Anthelios Dermo-pediatrics SPF 50+ Smooth Lotion

5. La Roche-Posay Anthelios Dermo-pediatrics SPF 50+ Smooth Lotion

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 375.000

Ampuh melindungi tanpa kesan greasy di kulit

Brand La Roche Posay merupakan brand yang sangat direkomendasikan untuk anak yang memiliki kulit sensitif. Tidak terkecuali dengan sunblock yang efektif melindungi kulit sensitif dari sinar UVA dan UVB tanpa iritasi ini. Selain aman karena diuji melalui laboratorium dermatologi, kulit si kecil juga tidak akan terbakar karena matahari.

Produk ini bertekstur lotion yang ringan sehingga tidak akan terasa greasy (berminyak) pada kulit si kecil. Anak Anda yang seringkali merasa risih ketika dipakaikan lotion, tentu bisa betah menggunakan sunblock lotion lembut ini. Selain itu, sunblock dengan SPF 50+ broad spectrum ini juga tidak mengandung paraben dan parfum.

4. Beauty Barn Kid – Sun Shield

4. Beauty Barn Kid - Sun Shield

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 90.000

Lebih yakin dengan produk berbahan alami 100%

Dapatkan perlindungan dari sinar matahari secara aman untuk anak Anda dengan Beauty Barn Sun Shield ini. Produk yang dapat digunakan pada kulit anak dan bayi mulai dari umur 6 bulan ke atas ini diformulasikan dengan menggunakan 100% bahan alami dan memiliki SPF 30 dari kandungan red raspberry seed dan zinc oxid.

Karena terbuat hanya dari bahan-bahan alami, tentunya sunblock yang water resistant ini tidak mengandung paraben maupun pewangi buatan. Jadi, Anda pun dapat lebih yakin menggunakannya pada anak yang berkulit sensitif. Diperkaya dengan shea butter, produk ini juga mampu melembapkan kulit anak.

3. Mambino Organics SPF 30 Pure Mineral Face + Body Sunscreen

3. Mambino Organics SPF 30 Pure Mineral Face + Body Sunscreen

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 280.000

Dari bahan organik, aman juga digunakan pada mata dan bibir

Dapatkan perlindungan maksimum untuk seluruh bagian tubuh dari sunblock ber-SPF 30 PA+++ dari bahan organik ini. Terbuat dari bahan-bahan yang aman, produk ini dapat digunakan pada daerah sensitif seperti mata dan bibir tanpa perlu takut iritasi. Produk ini pun sangat direkomendasikan untuk kulit yang sangat sensitif.

Sunblock ini merupakan sunblock organik tanpa UV absorber yang memiliki perlindungan SPF alami dari red raspberry seed oil. Dipadukan pula dengan formulasi bahan aktif non-nano zinc oxide, produk ini mampu melindungi kulit dari UVA dan UVB. Dengan bahan SPF paling aman, terlihatlah bahwa produk ini berkualitas.

2. Alteya Organic Kids and Baby Sunscreen

2. Alteya Organic Kids and Baby Sunscreen

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 425.000

Bisa untuk kulit sensitif bahkan aman untuk kulit bayi

Alteya Organic Kids and Baby Sunscreen juga merupakan produk yang dianjurkan untuk kulit sensitif. Sesuai namanya, sunblock tanpa UV absorber ini terbuat dari bahan organik dan diformulasikan tanpa bahan berbahaya, seperti paraben. Bila Anda juga memiliki anak yang masih bayi, Anda tak perlu membeli sunblock bayi secara terpisah.

Ber-SPF 30 dan memberikan Anda perlindungan penuh dari UVA dan UVB, sunblock ini mampu mencegah kerusakan kulit anak karena matahari. Tidak hanya itu, sunblock bertekstur krim lembut yang tahan air hingga 40 menit ini pun mampu memberikan kelembapan sekaligus menenangkan kulit yang terbakar matahari.

1. Badger SPF 34 Sunscreen & Bug Repellent

1. Badger SPF 34 Sunscreen & Bug Repellent

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 380.000

Produk 2-in-1, anti-UV sekaligus penolak serangga!

Ingin si kecil beraktivitas semakin bebas? Sepertinya produk ini wajib Anda pilih. Tidak hanya memberikan perlindungan dari sinar matahari saja, sunblock non-chemical tanpa UV absorber ini pun dapat melindungi kulit dari gigitan serangga. Tak perlu repot-repot mengaplikasikan lotion antiserangga lagi jika sudah memakai sunblock ini.

Tak hanya itu, sunblock ini cocok digunakan oleh seluruh anggota keluarga. Memiliki SPF 34 broad spectrum dan antiair selama 40 menit, sunblock ini pun cukup untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Selain itu, sunblock yang terbuat dari 94% bahan organik ini pun memiliki aroma yang lembut dari daun citronella dan kayu cedar.

Cara mengaplikasikan sunblock pada anak dengan benar

Cara mengaplikasikan sunblock pada anak dengan benar

Agar penggunaan sunblock lebih efektif, cara pengaplikasian pun penting untuk diperhatikan. Terutama saat menggunakannya pada wajah anak, jangan aplikasikan dalam jumlah banyak sekaligus. Aplikasikan sedikit demi sedikit dan ulangi beberapa kali. Cara tersebut membuat sunblock lebih cepat menyatu dengan kulit sehingga dapat melindungi dengan lebih baik dan merata. Bila diperlukan, pengaplikasian sunblock pun dapat dilakukan setiap 2 hingga 3 jam sekali.

Untuk anak yang berkulit sensitif, sebaiknya jangan langsung mengoleskan sunblock pada seluruh badannya. Lakukanlah testing terlebih dahulu dengan cara mengoleskannya pada paha sisi dalam atau bagian tubuh lain dan biarkan selama 24 jam. Bila tidak terjadi iritasi atau kemerahan, berarti produk tersebut cocok untuk kulit anak Anda.

Sunblock pun sebaiknya dihabiskan dalam rentang waktu 3-6 bulan setelah kemasan dibuka. Sunblock yang telah dibuka akan lebih mudah terkontaminasi bakteri yang tentu saja tidak baik bagi kulit anak-anak yang masih tipis dan rapuh.

Kesimpulan

Dikarenakan anak memiliki kulit yang masih tipis dan rapuh serta cenderung lebih sensitif dibandingkan orang dewasa, anak pun perlu sunblock khusus. Pastikan sunblock pilihan Anda memiliki SPF yang cukup dan sebisa mungkin pilih sunblock berbahan organik, apalagi bagi anak yang memiliki kulit sensitif.

Pada artikel kali ini, kami telah memberikan 10 produk sunblock terbaik. Anda dapat memilih sesuai kebutuhan dan kondisi kulit si kecil. Kegiatannya di luar ruangan juga akan mempengarungi pemilihan sunblock yang tepat untuknya. Nah, sudahkah Anda menentukan pilihan yang terbaik?