• 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)

Untuk melindungi kulit anak-anak yang masih rentan terhadap sinar UV (ultraviolet), diperlukan sunscreen atau sunblock khusus anak-anak. Berbagai merek sunscreen anak dan sunblock anak beredar di pasaran dengan keistimewaan masing-masing. Misalnya, merek Nivea, Banana Boat, Neutrogena, dan masih banyak lagi.

Simaklah dahulu tips memilih sunscreen untuk anak-anak di bawah ini sebelum membeli. Setelah itu, jangan lewatkan sepuluh rekomendasi sunscreen terbaik yang bagus untuk anak-anak. Sunscreen untuk balita hingga sunscreen untuk anak SD (sekolah dasar), ada di sini! Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Fitria Agustina
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina

dr. Fitria Agustina, SpKK, FINSDV adalah seorang dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan FKUI. Beliau sudah 11 tahun berkiprah di bidangnya dan aktif dalam dunia keprofesian serta organisasi.


dr. Fitria adalah owner dan founder FitSkinClinic dan Wakil Sekretaris Umum PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia). Saat ini, beliau sedang menempuh pendidikan S3 dalam bidang Anti-Aging Medicine. dr. Fitria selalu mengisi konten edukasi kesehatan di media sosial Instagram-nya.

Mengapa anak perlu memakai sunscreen/sunblock?

Mengapa anak perlu memakai sunscreen/sunblock?

Paparan sinar ultraviolet kronis dapat menyebabkan penuaan kulit dini (photoaging), dispigmentasi, perubahan tekstur, hilangnya elastisitas, dan keratosis aktinik pada kulit. Radiasi UVB terutama bertanggung jawab atas kerusakan akut, seperti terbakar sinar matahari dan kerusakan jangka panjang termasuk melanoma.


Saat ini kanker kulit yang diinduksi radiasi ultraviolet matahari adalah masalah utama di seluruh dunia. Riwayat paparan sinar matahari dan sunburn (kulit terbakar) adalah faktor risiko utama. Paparan sinar matahari pada masa kanak-kanak dianggap sebagai faktor risiko besar. 


Kulit anak memiliki stratum corneum yang lebih tipis dan tingkat melanin pelindung yang lebih rendah. Selain itu, anak memiliki luas permukaan tubuh yang lebih tinggi terhadap rasio massa tubuh. Dengan demikian, perlindungan terhadap paparan UV di masa kanak-kanak sangat penting. 


Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang pernah mengalami sunburn di masa kanak-kanak memiliki risiko lebih tinggi untuk terjadi kanker kulit. Berada di bawah sinar matahari tanpa perlindungan di masa kanak-kanak juga memiliki risiko yang sama.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sunscreen/sunblock untuk anak

Sangat penting untuk memilih sunscreen dengan formula yang ringan dan tidak membahayakan kulit anak-anak. Untuk lebih jelasnya, simaklah informasi berikut ini.

Pilih tipe yang sesuai dengan kondisi kulit anak

Dibandingkan kulit orang dewasa, kulit anak-anak masih terbilang rentan sehingga Anda perlu cemat memilih sunscreen untuk anak. Di pasaran tersedia physical dan chemical sunscreen yang dapat Anda pilih. Kenali karakteristik masing-masing sunscreen tersebut sebelum Anda menentukan produk tabir surya untuk si kecil.  

Physical sunscreen, ideal untuk pemakaian jangka panjang

Physical sunscreen, ideal untuk pemakaian jangka panjang

Karena bahan aktif utamanya yang berasal dari mineral, physical sunscreen dikenal juga dengan istilah mineral sunscreen. Titanium dioxide dan zinc oxide merupakan bahan mineral yang aman dan umum terdapat di dalam physical sunscreen. Meskipun begitu, ada pula produk yang memakai mineral lain sebagai bahan aktif. 


Sesuai namanya, physical sunscreen melindungi kulit dari sinar UV secara fisik. Jadi, bahan tabir surya ini tinggal di atas permukaan kulit dan tidak meresap. Karena itu, physical sunscreen kerap dianggap ideal untuk anak-anak ataupun pemilik kulit sensitif. Dengan demikian, tipe ini relatif aman untuk pemakaian jangka panjang. 


Biasanya, konsistensi physical sunscreen cenderung lebih kental dan terlihat lebih putih daripada chemical sunscreen. Sehubungan dengan itu, lebih mudah mengetahui bagian tubuh yang sudah dilapisi sunscreen dan yang belum.

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Pemakaian sunscreen disarankan pada anak usia di atas 6 bulan. Untuk anak-anak di bawah 6 bulan, sebaiknya lebih mengutamakan perlindungan dengan proteksi lainnya, seperti topi, pakaian, dan payung. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan waktu saat bermain ke luar ruangan.


Kelebihan lain dari physical sunscreen adalah efek proteksinya langsung bekerja setelah dioleskan. Physical sunscreen berbeda dengan chemical sunscreen yang perlu menunggu beberapa saat untuk dapat berfungsi sebagai proteksi terhadap paparan UV.

Chemical sunscreen, lebih mudah menyerap di kulit

Chemical sunscreen, lebih mudah menyerap di kulit
Kebanyakan produk yang tersedia di pasaran berupa chemical sunscreen sebab mengandung bahan aktif untuk memfilter sinar UV. Dengan begitu, kulit buah hati Anda terhindar dari efek buruk akibat paparan sinar UV.

Dalam kadar rendah, tipe sunscreen ini sudah mampu memberikan perlindungan yang memadai. Karena itu, tipe sunscreen yang satu ini dapat dibuat dalam bentuk formula yang sangat ringan. Jadi, chemical sunscreen relatif nyaman digunakan sehari-hari.


Sayangnya, pemakaian chemical sunscreen lebih berisiko memicu timbulnya reaksi alergi atau iritasi. Meskipun demikian, chemical sunscreen tetap aman digunakan sebagai sunscreen anak usia 12 tahun atau lebih. Pastikan buah hati Anda tidak memiliki keluhan hipersensitivitas kulit bila ingin memakai tipe sunscreen ini.

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Chemical sunscreen memerlukan waktu beberapa menit (15–30 menit) sebelum efek proteksi/perlindungan terhadap paparan UV-nya bekerja. Namun, sifat chemical sunscreen ini menyerap di kulit sehingga tidak mudah terhapus dibandingkan dengan physical sunscreen.

Hindari bahan yang memicu iritasi kulit

Hindari bahan yang memicu iritasi kulit
Sunscreen yang paling ideal untuk anak-anak ini kebanyakan tidak mengandung unsur petroleum maupun tambahan bahan sintetis. Bahan-bahannya pun umumnya berasal dari tumbuhan sehingga lebih ramah untuk kulit bayi dan anak-anak.

Selain itu, perhatikanlah kandungan pewangi dan pewarna pada produk tersebut. Kulit anak lebih sensitif sehingga apabila memungkinkan, pilihlah sunscreen yang tidak mengandung tambahan pewangi dan pewarna.

Sesuaikan SPF dan PA dengan tujuan penggunaan

Merupakan hal yang pasti bahwa sunscreen mengandung SPF (sun protection factor) dan PA. Namun, semakin tinggi SPF dan PA yang terkandung, semakin tinggi pula tingkat iritannya pada kulit. Jadi, harus pilih SPF dan PA tinggi atau rendah, ya? Berikut selengkapnya!

SPF untuk perlindungan yang lebih lama

SPF untuk perlindungan yang lebih lama

Memilih sunscreen untuk balita ataupun anak tentu tidak lepas dari pertimbangan jumlah SPF yang dikandungnya. SPF (sun protection factor) merupakan angka yang menunjukkan lamanya sunscreen melindungi kulit dari sunburn. Anda sebaiknya memakaikan sunscreen dengan SPF ≥30 bila si kecil melakukan aktivitas outdoor. 

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Sun Protection Factor (SPF) ditulis dengan bilangan bulat.


SPF = T1/T0


T0 adalah interval waktu seseorang dapat berada di bawah sinar matahari tanpa tabir surya sampai terjadi respons kemerahan atau eritema pada kulit. T1 adalah interval waktu seseorang dapat berada di bawah sinar matahari dengan mengaplikasikan tabir surya sampai terjadi respons kemerahan atau eritema pada kulit.


Jadi, jika memakai sunscreen SPF 30, akan didapatkan interval waktu 30 kali lipat lebih lama untuk terjadinya respons kemerahan pada kulit ketika terpapar sinar matahari.

PA untuk perlindungan yang lebih efektif

PA untuk perlindungan yang lebih efektif

Bila SPF berfungsi untuk memperlambat memerahnya kulit akibat sinar UVB, berbeda dengan PA (protective grade of UVA). PA akan melindungi buah hati Anda dari efek buruk UVA seperti munculnya risiko kanker kulit.


Penulisan PA juga sering diikuti dengan tanda "+" yang mengindikasikan tingkat perlindungan yang diberikan. Makin banyak jumlah "+" yang tertera, makin baik proteksinya terhadap dampak sinar UVA yang tidak diinginkan.


Berdasarkan penjelasan tersebut, carilah sunscreen untuk anak yang mengandung SPF dan PA. Dengan begitu, Anda telah memastikan perlindungan dari sinar UVA dan UVB bagi kulit si kecil.

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Tabir surya diberi label PA+, PA++, PA+++, dan PA++++, sesuai dengan tingkat perlindungan terhadap UVA (PA). Label tersebut diperoleh dari uji persistent pigment darkening (PPD). Tabir surya berlabel PA+ menunjukkan perlindungan rendah dan PA++++ paling tinggi.

Temukan bentuk produk yang mudah dan nyaman digunakan

Dilihat dari wujudnya, sunscreen memiliki beberapa bentuk yang masing-masing memiliki karakteristiknya sendiri. Nah, manakah yang sekiranya paling ideal digunakan oleh anak Anda?

Bentuk spray, mudah diaplikasikan pada berbagai bagian tubuh

Bentuk spray, mudah diaplikasikan pada berbagai bagian tubuh
Bentuk spray dapat diaplikasikan dengan mudah pada bagian tubuh mana pun. Namun, Anda perlu berhati-hati agar produk tidak sampai masuk ke mata atau mulut anak. Bila anak sangat aktif atau sulit diam, semprotkan saja produk ke tangan Anda terlebih dahulu untuk kemudian dioleskan ke kulitnya.

Bentuk lotion, mudah diratakan dan multifungsi

Bentuk lotion, mudah diratakan dan multifungsi
Sunscreen dalam bentuk losion melindungi dengan optimal karena Anda mengetahui jumlah yang sudah diaplikasikan di kulit anak. Karena bentuknya relatif cair, bentuk losion juga cukup mudah diratakan sehingga dapat melindungi dengan sempurna. Bahkan, sebagian produk juga dapat digunakan oleh orang dewasa sebelum penggunaan makeup.

Dilihat dari formulanya, bentuk losion mengandung cukup banyak air. Selain membuat teksturnya encer, hal ini juga menjadikan lotion sunscreen lebih mudah dibersihkan dengan air.

Bentuk krim, melembapkan serta lebih tahan air dan keringat

Bentuk krim, melembapkan serta lebih tahan air dan keringat
Bentuk krim memiliki daya pelembap dan keefektifan tertinggi di antara berbagai bentuk sunscreen lainnya. Teksturnya kental karena tinggi kandungan minyak sehingga sebagian anak mungkin merasa risih saat menggunakannya.

Namun, bentuk ini lebih tahan terhadap air maupun keringat dibandingkan dengan bentuk produk lain. Jadi, sangat cocok untuk kegiatan di luar ruangan, misalnya ketika si kecil akan berenang.


Berkat kandungan minyak yang tinggi, bentuk krim juga lebih melembapkan. Kelembapan ekstra memang dibutuhkan sebab kulit bisa menjadi sangat kering setelah terpapar sinar matahari. Selain bentuk krim, Anda juga dapat mencari produk dengan bahan pelembap tambahan supaya kulit anak lebih terhidrasi.

Pertimbangkan yang berdaya water resistant dan bug repellent

Pertimbangkan yang berdaya water resistant dan bug repellent

Jika anak Anda hendak berenang atau bermain di pantai, sebaiknya gunakan sunscreen yang water resistant. Produk yang water resistant tidak akan mudah hilang meski terkena air ataupun keringat. Sunscreen ini efektif menangkal sinar UV, tetapi relatif sulit dibersihkan hanya dengan air saja. 


Anda dapat mencari water resistant sunscreen yang mudah dibersihkan dengan melihat informasi produk atau review konsumen. Pilihan lainnya, Anda bisa membersihkan kulit anak dengan cleansing oil terlebih dahulu sebelum memakai air. Tentunya, pastikan Anda memilih cleansing oil yang berasal dari minyak alami agar lebih aman untuk anak.


Kemudian, jika anak senang bermain di alam terbuka, Anda dapat memilih sunscreen yang juga memiliki efek sebagai penolak serangga. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Hanya dengan satu produk, kulit anak dapat terlindung dari sinar UV sekaligus gigitan serangga.

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Jika dipakai untuk aktivitas di luar ruangan, misalnya berenang, tetap disarankan pemakaian ulang setiap 2 jam sekali. Meskipun tipe sunscreen yang dipilih adalah water resistant, reapply setiap 2 jam sekali tetap disarankan.

10 Rekomendasi sunscreen/sunblock terbaik untuk anak

Setelah membaca informasi di atas, pasti Anda telah dapat mengenali produk yang tepat untuk anak Anda, bukan? Agar lebih memudahkan Anda dalam memilih, kami telah merangkum sepuluh produk sunscreen terbaik untuk anak-anak. Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Fitria Agustina. Selamat memilih!

10

BeiersdorfNivea Kid’s Coloured Sun Spray

200 ml

Mulai dari Rp 210.000,00

BentukSpray
Kandungan SPF dan PASPF 50+
Bebas bahan iritan× (Ada tambahan pewangi)
Water resistant
9
BentukLotion
Kandungan SPF dan PASPF 50+
Bebas bahan iritan✔ (Bebas paraben dan pewangi)
Water resistant✔ (4 jam)
8

EdgewellBanana Boat Kids Tear Free Sunscreen Lotion

90 ml

Mulai dari Rp 156.500,00

BentukLotion
Kandungan SPF dan PASPF 50+ dan PA ++++
Bebas bahan iritan✔ (Bebas pewangi)
Water resistant
7

Johnson & JohnsonNeutrogena Wet Skin Kids Sunscreen Spray Broad Spectrum

141 gram

Mulai dari Rp 355.000,00

BentukSpray
Kandungan SPF dan PASPF 70+
Bebas bahan iritan✔ (PABA-free dan oil free)
Water resistant✔ (80 menit)
6

Beiersdorf Coppertone Kids Lotion

237 ml

Mulai dari Rp 235.000,00

BentukLotion
Kandungan SPF dan PASPF 70
Bebas bahan iritan× (Mengandung propylparaben)
Water resistant✔ (80 menit)
5

La Roche-PosayAnthelios Dermo-Pediatrics Wet Skin Gel Lotion

250 ml

Mulai dari Rp 450.000,00

BentukLotion
Kandungan SPF dan PASPF 50+
Bebas bahan iritan✔ (Bebas pewangi)
Water resistant
4

Beauty Barn IndonesiaBeauty Barn Kid - Sun Shield

60 ml

Mulai dari Rp 125.000,00

BentukKrim
Kandungan SPF dan PASPF 30
Bebas bahan iritan✔ (100% bahan alami)
Water resistant
3

Fabindo Sejahtera Bambi Baby Sunscreen Lotion

100 ml

Mulai dari Rp 166.600,00

BentukLotion
Kandungan SPF dan PASPF 25
Bebas bahan iritan✔ (Bebas pewarna, pewangi, paraben, dan pengawet)
Water resistant✔ (40 menit)
2

Alteya OrganicsOrganic Kids and Baby Sunscreen

90 ml

Mulai dari Rp 350.000,00

BentukKrim
Kandungan SPF dan PASPF 30
Bebas bahan iritan✔ (Bahan organik bersertifikat)
Water resistant✔ (40 menit)
1
BentukKrim
Kandungan SPF dan PASPF 34 dan PA+++
Bebas bahan iritan✔ (DEET-free, cruelty-free, gluten-free, non-GMO)
Water resistant✔ (40 menit)

Tabel perbandingan produk sunscreen/sunblock terbaik untuk anak

Gambar produk
1
Badger Sunscreen Bug Repellent 1

Badger

2
Alteya Organics Organic Kids and Baby Sunscreen 1

Alteya Organics

3
Fabindo Sejahtera  Bambi Baby Sunscreen Lotion  1

Fabindo Sejahtera

4
Beauty Barn Indonesia Beauty Barn Kid - Sun Shield 1

Beauty Barn Indonesia

5
La Roche-Posay Anthelios Dermo-Pediatrics Wet Skin Gel Lotion  1

La Roche-Posay

6
Beiersdorf  Coppertone Kids Lotion 1

Beiersdorf

7
Johnson & Johnson Neutrogena Wet Skin Kids Sunscreen Spray Broad Spectrum 1

Johnson & Johnson

8
Edgewell Banana Boat Kids Tear Free Sunscreen Lotion 1

Edgewell

9
Cancer Council Kids Sunscreen 1

Cancer Council

10
Beiersdorf Nivea Kid’s Coloured Sun Spray 1

Beiersdorf

Nama produk

Sunscreen Bug Repellent

Organic Kids and Baby Sunscreen

Bambi Baby Sunscreen Lotion

Beauty Barn Kid - Sun Shield

Anthelios Dermo-Pediatrics Wet Skin Gel Lotion

Coppertone Kids Lotion

Neutrogena Wet Skin Kids Sunscreen Spray Broad Spectrum

Banana Boat Kids Tear Free Sunscreen Lotion

Kids Sunscreen

Nivea Kid’s Coloured Sun Spray

Keunggulan

Produk 2-in-1, tabir surya sekaligus penolak serangga!

Bisa untuk kulit sensitif, bahkan aman untuk kulit bayi

Melindungi kulit buah hati dari sinar matahari sekaligus mencegah iritasi

Lebih yakin dengan produk berbahan alami 100%

Ampuh melindungi tanpa kesan greasy di kulit

Anda yang berkulit sensitif pun dapat turut menggunakannya

Diaplikasikan pada kulit yang basah pun tak masalah!

Makin mudah digunakan karena tidak pedih di mata

Perlindungan optimal ketika bermain di tempat basah

Tidak takut lagi kulit kering dengan sunblock spray yang melembapkan

Harga mulai dariRp 380.000,00Rp 350.000,00Rp 166.600,00Rp 125.000,00Rp 450.000,00Rp 235.000,00Rp 355.000,00Rp 156.500,00Rp 130.000,00Rp 210.000,00
BentukKrimKrimLotionKrimLotionLotionSprayLotionLotionSpray
Kandungan SPF dan PASPF 34 dan PA+++SPF 30SPF 25SPF 30SPF 50+SPF 70SPF 70+SPF 50+ dan PA ++++SPF 50+SPF 50+
Bebas bahan iritan✔ (DEET-free, cruelty-free, gluten-free, non-GMO)✔ (Bahan organik bersertifikat)✔ (Bebas pewarna, pewangi, paraben, dan pengawet)✔ (100% bahan alami)✔ (Bebas pewangi)× (Mengandung propylparaben)✔ (PABA-free dan oil free)✔ (Bebas pewangi)✔ (Bebas paraben dan pewangi)× (Ada tambahan pewangi)
Water resistant✔ (40 menit)✔ (40 menit)✔ (40 menit)✔ (80 menit)✔ (80 menit)✔ (4 jam)
Tautan produk

Cara mengaplikasikan sunscreen/sunblock pada anak dengan benar

Cara mengaplikasikan sunscreen/sunblock pada anak dengan benar
Agar penggunaan sunscreen lebih efektif, cara pengaplikasian pun penting untuk diperhatikan. Aplikasikan sedikit demi sedikit pada kulit anak dan ulangi beberapa kali. Cara tersebut membuat sunscreen lebih cepat merata dan menyatu dengan kulit sehingga dapat melindungi lebih baik. Jika diperlukan, ulangi pengaplikasian sunscreen setiap 2 hingga 3 jam sekali.

Untuk anak yang berkulit sensitif, lakukanlah testing terlebih dahulu dengan cara mengoleskannya pada paha sisi dalam dan biarkan selama 24 jam. Jika tidak terjadi iritasi atau kemerahan, berarti produk tersebut cocok untuk kulit anak Anda. Sunscreen pun sebaiknya dihabiskan dalam rentang waktu 3–6 bulan setelah kemasan dibuka untuk mencegah penurunan kualitas isi dan kontaminasi kuman.

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Memilih sediaan sunscreen yang efektif, aman, dan cocok untuk anak kadang lebih sulit. Sunscreen anak tidak boleh mengiritasi dan tidak menimbulkan sensitisasi pada kulit dan mata. Stabilitas sunscreen dan kemudahan penyebaran pada kulit adalah karakteristik utama yang perlu dipertimbangkan.


Produk sunscreen yang tidak mengiritasi mata juga penting untuk diperhatikan. Untuk anak yang berkulit sensitif, lakukanlah testing terlebih dahulu dengan cara mengoleskannya pada belakang telinga dan biarkan selama 24 jam. 

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina

Tetap perhatikan jumlah sunscreen yang dipakai untuk anak, yaitu 2 mg/cm² permukaan kulit yang tidak tertutup pakaian.


Tips lainnya:

  • Kurangi paparan terhadap matahari antara jam 10 pagi sampai jam 4 sore.
  • Gunakan pakaian yang tepat saat sinar matahari terik (topi lebar atau kacamata pelindung UV).
  • Penggunaan topi, pakaian, dan pelindung akan lebih baik dibandingkan dengan produk sunscreen untuk anak di bawah usia 6 bulan.
  • Selalu perhatikan UV index jika akan bermain outdoor.
  • Gunakan sunscreen broad spectrum (proteksi terhadap UVB dan UVA) dengan SPF 15 atau lebih (gunakan juga lip balm dengan SPF) dan diaplikasikan ulang setiap 2 jam.
  • Penggunaan jenis physical/mineral sunscreen akan lebih baik pada anak.

Baca juga rekomendasi sunscreen/sunblock terbaik lainnya di sini!

Setelah membaca artikel ini, mungkin Anda tertarik untuk mencari tahu lebih banyak lagi mengenai sunscreen. Tidak perlu khawatir karena kami juga telah mempersiapkan artikel-artikel terkait yang membahas tentang sunscreen terbaik lainnya. Simak selengkapnya di sini!

Kesimpulan

Anak-anak memerlukan sunsreen khusus untuk kulitnya yang masih tipis dan rapuh dibandingkan dengan orang dewasa. Pastikan sunscreen pilihan Anda memiliki SPF dan PA yang cukup. Tak hanya itu, sebisa mungkin pilih sunscreen berbahan organik, apalagi bagi anak yang memiliki kulit sensitif.

Pada artikel kali ini, kami telah mengulas sepuluh produk sunscreen terbaik. Anda dapat memilih sesuai kebutuhan dan kondisi kulit si kecil. Jenis aktivitas juga akan memengarungi pemilihan sunscreen yang tepat untuknya. Yuk, jadi ibu cerdas yang bisa memilih dengan bijak!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering beserta rekomendasi produk dari merek terbaik di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sinar matahari berlebihan berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali melindungi kulit dengan mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen secara rutin. Beragam sunscreen yang bagus untuk badan dan muka telah banyak beredar di pasaran. Merek produk luar, seperti Cetaphil dan Skin Aqua, maupun merek produk lokal seperti Wardah dan Somethinc, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Mulai dari produk dengan SPF 30 sampai SPF 50, akan kami bahas. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Simak sampai akhir, yuk!
    Perawatan badan
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body lotion merupakan salah satu produk skincare yang cukup populer. Tidak hanya merek luar negeri, body lotion lokal juga banyak beredar di pasar Indonesia, salah satunya Marina. Kualitas yang bagus, harga yang terjangkau, dan variasi produknya yang beragam membuat body lotion Marina dicintai oleh banyak orang.Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang varian body lotion Marina lengkap dengan manfaat dan cara memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh varian yang bagus, seperti Marina Healthy & Glow dan Marina Bright & Fresh. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sabun Pemutih Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sabun Pemutih Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa orang ingin tampil dengan kulit yang lebih cerah dan bebas kusam. Apakah Anda termasuk di antaranya? Salah satu cara praktis untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah adalah dengan menggunakan sabun pemutih badan. Tidak hanya itu, produknya juga dapat meratakan kulit yang kusam. Kali ini kami akan mengulas tentang cara memilih sabun pemutih badan terbaik untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi sabun pemutih badan yang bagus dari berbagai merek dan mengulasnya. Anda bisa menemukan produk Kojie San, Scarlett Whitening, dan lainnya. Baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sabun Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sabun Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Air beras sudah lama dikenal sebagai bahan yang bermanfaat bagi kulit. Tak heran, beras juga menjadi kandungan yang populer dalam produk perawatan tubuh. Saat ini, manfaat beras untuk kulit salah satunya bisa didapatkan dari produk sabun. Sabun beras banyak tersedia di pasaran dengan komposisi yang memikat.Kali ini, kami akan menjelaskan tips memilih sabun beras. Review sabun beras yang bagus dari berbagai merek, seperti Hanasui, Herborist, dan Ainie bisa Anda temukan di sini. Apakah Anda juga mencari sabun beras merek lain? Kalau begitu, mari simak ulasannya sampai habis, ya!
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori