10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Naik Gunung (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Naik Gunung (Terbaru Tahun 2018)

Bagi pencinta alam, tenda untuk mendaki gunung atau mountaineering adalah salah satu peralatan yang harus dimiliki. Tenda yang ringan, ringkas, kokoh, tahan semua cuaca, dengan ukuran yang tepat, cocok untuk pendakian gunung. Terlebih lagi, tenda tersebut harus nyaman digunakan saat pendakian.

Sebut saja Mountain Hardwear, MSR, Boreas, Alps Mountaineering, Merapi Mountain, dan banyak lagi yang memberi banyak pilihan untuk tenda naik gunung Anda. Namun, bagaimana cara memilih tenda terbaik untuk naik gunung? Berikut kami paparkan cara memilih dan rekomendasi tenda terbaik untuk naik gunung, selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih tenda untuk naik gunung

Saat hendak mendaki gunung, Anda harus mempertimbangkan poin kenyamanan tenda, kemudahan untuk dibawa, serta berbagai hal lainnya yang akan kami jelaskan sekarang. Kemudian, berdasarkan dinding tenda, ada dua jenis tenda untuk naik gunung, yaitu tenda berdinding tunggal dan tenda berdinding ganda. Mari kenali karakteristik dari kedua jenis tenda tersebut.

Tenda berdinding ganda untuk Anda yang menginginkan keamanan dan kenyamanan lebih

Tenda berdinding ganda terdiri dari tenda bersirkulasi udara baik yang dilapisi lagi dengan flysheet tahan air. Adanya flysheet akan memberikan keuntungan lebih pada tenda seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

Memiliki ruang depan atau vestibula

Memiliki ruang depan atau vestibula

Dengan adanya flysheet, akan terbentuk ruang kecil atau biasa disebut vestibula di depan tenda yang bisa digunakan untuk memisahkan area tidur dengan barang-barang bawaan Anda. Dengan begitu, Anda bisa meletakkan sepatu kotor atau carrier Anda yang biasanya memakan cukup banyak tempat pada vestibula sehingga area tidur Anda tidak akan sempit.

Memiliki ketahanan terhadap kondensasi embun

Memiliki ketahanan terhadap kondensasi embun

Munculnya embun saat berkemah, terutama di ketinggian tertentu, tidak mungkin dihindari. Jika Anda memilih tenda berdinding ganda, embun akan tertahan di flysheet.

Untuk Anda yang tidak terbiasa tidur di dalam tenda, rembesan embun akan terasa sangat mengganggu. Karena itu, Anda bisa memasang flysheet meski lebih merepotkan dan menambah beban bawaan Anda. Keberadaan flysheet akan sangat menguntungkan sehingga Anda bisa memilih tipe tenda berdinding ganda bila ingin merasa lebih nyaman saat tidur.

Tenda berdinding tunggal untuk Anda yang menyukai kepraktisan

Tenda berdinding tunggal untuk Anda yang menyukai kepraktisan

Tenda berdinding tunggal biasanya terbuat dari bahan yang antiair dan memiliki permeabilitas yang baik. Tidak seperti tenda berdinding ganda, tenda jenis ini dikatakan cocok untuk para pendaki berpengalaman. Namun, jika Anda sudah terbiasa menangani tenda saat naik gunung, Anda akan bisa menggunakan tenda berdinding tunggal tanpa kesulitan. Berikut adalah kelebihan tenda berdinding tunggal.

Mudah didirikan

Mudah didirikan

Tenda berdinding tunggal memiliki keunggulan mudah dan cepat saat didirikan atau dibereskan. Tenda jenis ini tidak memiliki lapisan flysheet di luarnya sehingga tidak cocok didirikan di daerah berangin kencang. Pastinya tenda ini juga lebih mudah dipasang daripada tenda berdinding ganda.

Saat Anda mendaki gunung atau bepergian yang membutuhkan bongkar-pasang tenda setiap hari, tenda berdinding tunggal akan mempermudah perjalanan Anda.

Mudah dibawa karena ringan dan ringkas

Mudah dibawa karena ringan dan ringkas

Tenda berdinding tunggal juga biasanya ringan dan ringkas sehingga memudahkan Anda saat mendaki gunung. Bila Anda berencana untuk mendaki gunung bersalju, tenda yang bisa digunakan dengan optimal di daerah bersalju merupakan pilihan yang tepat. Terutama untuk perjalanan ski jarak jauh yang membutuhkan kenyamanan dan kecepatan dalam membangun tenda.

Meskipun tidak ada flysheet seperti pada tenda berdinding ganda, tenda berdinding tunggal tidak selalu mengalami kondensasi embun. Baru-baru ini sudah ada tenda berdinding tunggal yang dibuat dari bahan yang tahan terhadap kondensasi. Jadi, periksalah fungsi dari bahan tenda yang hendak Anda beli.

Namun, bila Anda sudah terbiasa mendaki gunung dan tidak masalah bila mengalami sedikit ketidaknyamanan saat mendaki, Anda tidak perlu risau soal pengembunan yang muncul pada tenda Anda.

Pilih tipe self-supporting tent atau non-self-supporting tent?

Pilih tipe self-supporting tent atau non-self-supporting tent?

Selain dibagi berdasarkan lapisan dindingnya, tenda juga dibagi berdasarkan caranya didirikan, yaitu self-supporting tent dan non-self-supporting tent. Dengan kata lain, ada empat jenis tenda yang kami jelaskan.

Self-supporting tent memiliki rangka yang dipasang di dalamnya sehingga mudah dipasang dan bisa didirikan di mana saja.

Sementara, non-self-supporting tent adalah tenda yang membutuhkan pasak dan didirikan dengan mengikatkan talinya pada tiang atau pohon. Tenda ini biasanya lebih ringan daripada jenis self-supporting tent karena hanya memiliki sedikit rangka.

Pilih tenda sesuai jumlah orang yang menggunakannya

Pilih tenda sesuai jumlah orang yang menggunakannya

Jika Anda hendak menggunakan tenda berkapasitas 1–2 orang, Anda akan mudah menemukan tenda yang sesuai dengan membaca spesifikasi produk. Namun, jika Anda pergi beramai-ramai, Anda mungkin akan kesulitan memilih tenda yang sesuai.

Saat mendaki gunung dalam kelompok besar, menggunakan tenda besar yang muat untuk semua orang terdengar menyenangkan. Namun, tenda besar akan sulit dibawa saat pendakian dan berbobot berat. Maka, akan lebih bijak untuk memilih tenda yang berkapasitas 2–3 orang saja karena mudah dibawa dan bobotnya pun ringan.

Menurut standar JIS (Japanese Industrial Standard), tenda yang pas untuk satu orang berukuran 55 x 180 cm. Meski terlihat sempit, tetapi saat digunakan ukuran tersebut nyatanya terasa pas. Jika Anda hendak menggunakannya untuk lebih dari satu orang, tentu Anda harus memastikan kapasitas dan ukuran tenda yang sesuai dengan membaca spesifikasi produknya.

Pilih jenis tenda sesuai dengan musim penggunaannya

Pilih jenis tenda sesuai dengan musim penggunaannya

Biasanya, kebanyakan tenda untuk naik gunung dapat digunakan di 3 musim. Meski di Indonesia sendiri hanya terdapat 2 musim, tetapi Anda bisa memilih tenda ini bila Anda berencana untuk menggunakannya saat mendaki gunung di luar negeri. Dengan begitu, musim apa pun yang Anda hadapi, tenda milik Anda akan cocok untuk dipakai. Ada juga tenda yang bisa digunakan di lingkungan bersalju. Saat memilih tenda untuk naik gunung, pertimbangkanlah pilihan Anda berdasarkan waktu dan lokasi perjalanan Anda.

10 Rekomendasi tenda terbaik untuk naik gunung

Berikut kami berikan 10 rekomendasi tenda terbaik untuk naik gunung. Pastikan Anda memilih tenda yang sesuai dengan pendakian Anda, jumlah pendaki, lokasi, waktu, dan cuaca gunung yang akan Anda daki. Selamat memilih!

10. 3F UL Ultralight Tent 1 Person

10. 3F UL Ultralight Tent 1 Person

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.336.000

Tenda super ringan dengan harga sangat terjangkau

Tenda non-self supporting ini merupakan tenda solo untuk mendaki gunung yang berbobot sangat ringan, hanya 650 gram dan harganya sangat terjangkau. Tenda ini menggunakan tiang rangka dan pancang pada setiap sudutnya, mudah didirikan dalam hitungan menit saja. Namun, Anda memerlukan tempat datar yang cukup lebar untuk mendirikan tenda ini.

Tenda ini juga memiliki dinding tunggal sehingga tidak bisa digunakan dalam cuaca yang sangat dingin. Penggunaan tenda ini di daerah lembap juga akan menimbulkan kondensasi, tetapi tenda ini memiliki beberapa ventilasi sehingga akan meminimalisir kondensasi. Jika Anda menginginkan tenda ultralight dengan harga terjangkau, tenda ini cocok untuk Anda.

9. Boreas Tiago Lightweight Double Pole Tent

9. Boreas Tiago Lightweight Double Pole Tent

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.000.000

Tali dan tepian pintunya dapat memantulkan cahaya, tak akan ada lagi cerita barang terselip

Tenda berwarna putih ini sangat ringan dengan dua rangka aluminium yang kokoh berdesain ribcage untuk memberikan ketahanan dan kekuatan lebih pada tenda. Selain ukurannya cukup luas untuk dua orang, tenda ini juga memiliki vestibula yang lebar untuk tempat menaruh tas dan barang-barang Anda lainnya.

Hal yang menarik dari tenda ini adalah tali-tali dan bagian tepian pintunya terbuat dari bahan yang dapat memantulkan cahaya sehingga mudah ditemukan di kegelapan. Dengan begitu, pada kondisi gelap pun Anda bisa meraih barang di vestibula dengan mudah, cocok untuk Anda yang tidak mau repot menyalakan lampu lagi di dalam tenda.

8. Alps Mountaineering Lynx 1-Person

8. Alps Mountaineering Lynx 1-Person

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.769.000

Dengan dinding mesh, sirkulasi udara lancar, tidur pun lebih nyenyak

Bila Anda mencari tenda untuk satu orang yang memiliki sirkulasi udara sangat baik, kami merekomendasikan tenda ini untuk Anda. Hampir seluruh dinding tenda ini terbuat dari bahan mesh sehingga sirkulasi udara dalam tenda sangat baik. Tenda ini juga dapat Anda andalkan pada tiga musim berbeda.

Flysheet tenda ini bisa dilepas-pasang sesuai kebutuhan Anda serta memiliki sifat antiair dan anti-UV. Vestibulanya pun cukup luas untuk menyimpan tas dan sepatu Anda serta menjaganya tetap kering. Selain ringan dan kuat, tenda yang bisa berdiri sendiri ini juga mudah didirikan dengan rangka aluminium yang dipasangkan dengan klip.

7. Terra Nova Quasar Tent

7. Terra Nova Quasar Tent

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.500.000

Pede hadapi cuaca ekstrem dengan tenda ini!

Bila Anda berencana untuk mendaki gunung bersalju, tenda ini dapat menjadi pilihan Anda. Tenda ini dapat digunakan pada empat musim, termasuk musim salju, serta dapat memuat 2 orang dewasa berkat ruangnya yang luas. Tenda ini merupakan tipe self-supporting tent dengan tiang rangka yang ringan, tetapi kokoh.

Produk ini sendiri memiliki ketahanan air mencapai 6000 mm yang berarti Anda dapat dengan percaya diri membawanya bahkan ke gunung yang memiliki cuaca ekstrem. Bahan kainnya yang berkualitas juga dapat menahan sinar matahari dengan baik sehingga Anda akan terlindung dari risiko heat stroke dan terpaan angin gunung.

6. Merapi Mountain Armadillo

6. Merapi Mountain Armadillo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.222.000

Tenda sekaligus shelter sementara dalam satu produk

Tenda untuk naik gunung ini merupakan tenda buatan dalam negeri. Tidak kalah dengan tenda-tenda impor lainnya, tenda ini pun memiliki banyak keunggulan. Tenda ini berdinding ganda yang bersifat tahan air, cukup luas untuk digunakan dua orang, serta bisa digunakan untuk mendaki gunung dalam tiga musim.

Terdapat jarak antara tenda dan flysheet sehingga kondensasi embun tidak langsung mengenai inner tenda. Hal yang menarik lainnya, Anda bisa menggunakan flysheet-nya tersendiri untuk dijadikan shelter sementara, lho. Jadi, untuk Anda yang mencari tenda multifungsi, tenda ini akan sesuai untuk Anda.

5. Big Agnes Battle Mountain 2

5. Big Agnes Battle Mountain 2

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.000.000

Sistem clip yang mudah, Anda bisa mendirikan tenda dengan cepat

Tenda untuk naik gunung ini memiliki 2 pintu dan 2 vestibula yang luas, Anda bisa menggunakan tenda ini bersama 1 teman perjalanan dengan nyaman. Tenda untuk empat musim ini kuat menahan angin yang kencang dan dinginnya cuaca karena berdinding ganda dengan bahan nilon ripstop sebagai inner dan cordura ripstop sebagai bahan flysheet-nya.

Saat mendaki gunung, bukan tidak mungkin Anda mengalami cuaca buruk dan Anda harus mendirikan tenda dengan cepat agar bisa segera terlindung. Produk ini memiliki rangka yang berada di luar, di antara tenda dan flysheet, dan dipasang dengan sistem clip yang mudah. Sangat cocok bila Anda menginginkan tenda yang cepat dan mudah didirikan!

4. 3F UL LanShan2 Ultralight Tent

4. 3F UL LanShan2 Ultralight Tent

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.499.000

Kuat dan tangguh, tetapi ringan? Ya, tenda ini memiliki semuanya!

Tenda ini memiliki kapasitas 2 orang bertipe non-self supporting yang dilengkapi dua tiang dan pancang-pancang. Pastinya, Anda perlu memperhatikan area untuk mendirikan tenda agar bisa terpasang dengan baik. Tenda ini juga memiliki  dinding yang berlapis silikon dengan ketahanan terhadap air hujan mencapai 5000 mm. Sangat kuat!

Saat didirikan, tenda ini memiliki 2 puncak yang membuatnya bisa menahan angin dengan cukup baik. Pada kedua sudut puncaknya terdapat jendela dari bahan mesh yang membantu sirkulasi udara dan menjaga kondensasi tetap rendah. Bila Anda mencari tenda tanpa rangka yang tangguh, kuat, sekaligus ringan, produk inilah jawabannya.

3. Naturehike P Series Aluminum Poles Tent

3. Naturehike P Series Aluminum Poles Tent

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.400.000

Muat banyak tidak selalu berat!

Anda mencari tenda yang dapat memuat 3 orang di dalamnya dan memiliki harga terjangkau? Jika jawabannya ya, Anda pasti akan cocok dengan tenda pilihan kami satu ini. Selain dapat menampung hingga 3 orang, tenda ini juga memiliki bobot yang tergolong ringan, yakni hanya 2 kg saja sehingga tidak akan terlalu membebani tas carrier Anda.

Tenda yang memiliki lapisan dinding ganda ini juga memiliki inner dari bahan mesh dengan kerapatan tinggi untuk mencegah serangga masuk ke dalam tenda. Dengan begitu, sirkulasi udara dalam tenda akan baik, dan bagian dalam tenda juga akan terhindar dari kondensasi. Selain itu, flysheet-nya juga dilapisi silikon untuk membuat tenda ini tahan terhadap air dan angin.

2. Mountain Hardwear Trango 2 Tent

2. Mountain Hardwear Trango 2 Tent

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.750.000

Luas dan nyaman, pilihan tenda untuk mendaki gunung empat musim

Bila Anda menyukai tenda yang terdapat banyak tempat penyimpanan barang, produk ini akan sangat tepat untuk Anda. Tenda berkapasitas 2 orang ini dilengkapi 5 tali gantungan untuk menyimpan berbagai peralatan seperti senter, pisau, dan sebagainya. Selain itu, ada lagi tambahan kantung penyimpanan barang di bagian dinding dan atap tenda.

Dengan banyaknya tempat penyimpanan dan vestibula yang luas, ruangan dalam tenda ini akan terasa lega dan membuat istirahat Anda lebih nyaman. Vestibula pada tenda ini juga tertutup dengan baik sehingga barang yang Anda letakkan akan tetap kering dan terlindungi dari hujan atau cipratan air.

1. Hilleberg Jannu

1. Hilleberg Jannu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.500.000

Cocok di 4 musim dan sangat ringan, mendaki gunung menjadi lebih nyaman

Tenda yang dapat digunakan di 4 musim biasanya memiliki bobot cukup berat. Namun, tenda bertipe self-supporting pilihan kami ini justru tergolong ringan dan kuat untuk digunakan di segala musim. Jadi, tenda ini siap menemani Anda ke segala medan pegunungan, bahkan ke gunung bersalju sekalipun!

Dengan dinding ganda, tenda ini bisa menghalau udara dingin dan menyimpan udara panas di dalamnya saat Anda gunakan di cuaca dingin. Pada bagian atas tenda juga terdapat ventilasi untuk mencegah kondensasi. Bagian inner dan flysheet tenda ini juga bisa digunakan terpisah sesuai kebutuhan Anda.

Cara memilih tempat mendirikan tenda saat naik gunung

Camping ground biasanya terletak di sekitar pondokan sehingga Anda bisa menggunakan toilet atau sumber air dengan membayarnya. Tempat yang nyaman untuk mendirikan tenda biasanya populer sehingga Anda harus datang lebih awal untuk bisa mendapatkannya.

Pastikan Anda telah berlatih untuk mendirikan tenda terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian dan berkemah. Dengan begitu, Anda akan mengetahui hal-hal penting yang dibutuhkan untuk mendirikan tenda dan apa saja yang perlu diperhatikan. Berikut tips kami mengenai cara memilih lokasi pendirian tenda.

Periksa apakah tanah dapat menyerap air dengan baik

Periksa apakah tanah dapat menyerap air dengan baik

Tanah dengan kemampuan penyerapan air yang buruk akan membentuk genangan air sehingga membuat Anda tidak nyaman untuk bermalam. Selain itu, hindari tanah dengan bebatuan atau akar pohon agar tidak akan terasa mengganjal di alas tenda pada saat tidur. Pilihlah tempat untuk memasang tenda dengan hati-hati.

Hindari tanah yang miring

Hindari tanah yang miring

Jika Anda mendirikan tenda di tanah yang miring meski hanya sedikit, selalu ada kemungkinan tanah menjadi basah secara tiba-tiba karena adanya air yang mengalir. Selain itu, tentu Anda akan merasa tidak nyaman bila tidur dalam kondisi miring. Tergantung kemiringannya, hal ini dapat menyebabkan edema pada tubuh Anda dan akan mempengaruhi kondisi Anda di hari berikutnya. Jadi, sebaiknya hindari berkemah di tanah yang miring, ya!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah siap untuk ekspedisi naik gunung Anda? Pastikan Anda membawa tenda yang tepat untuk perjalanan Anda. Tenda yang kuat, tahan semua cuaca dan mudah didirikan adalah hal yang utama. Ditambah dengan keunggulan-keunggulan lain dari tenda, Anda akan mendapatkan tenda yang aman dan nyaman untuk naik gunung. Tetap perhatikan cuaca dan tempat Anda berkemah, and be safe!