• 10 Tenda Terbaik untuk Naik Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Tenda Terbaik untuk Naik Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Tenda Terbaik untuk Naik Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Tenda Terbaik untuk Naik Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Tenda Terbaik untuk Naik Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Tenda Terbaik untuk Naik Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021)

Saat melakukan pendakian, Anda memerlukan tenda untuk naik gunung. Terdapat berbagai tipe tenda, mulai dari yang ringan, ringkas, hingga yang kokoh digunakan bahkan pada cuaca berangin. Namun, Anda yang baru pertama kali menggunakan tenda mungkin belum tahu cara memilih produk yang bagus.


Untuk itu, kali ini kami akan membahas cara memilih tenda terbaik untuk naik gunung. Kami juga akan merekomendasikan produk yang dapat dibeli secara online. Beberapa di antaranya adalah produk merek Naturehike, Merapi Mountain, dan Big Agnes. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Adlai Yulianus
  • Pembaharuan terakhir: 09 November 2021
  • 15.411 Views
Daftar isi

Profil pakar: Aktivis kegiatan alam bebas, Adlai Yulianus

Profil pakar: Aktivis kegiatan alam bebas, Adlai Yulianus
Adlai Yulianus
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo).


Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tenda untuk naik gunung

Sebelum masuk ke daftar rekomendasi, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih tenda untuk naik gunung. Pilihlah produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

Dinding ganda atau tunggal? Pilih tipe dinding sesuai kebutuhan

Terdapat dua tipe dinding pada tenda, yaitu ganda dan tunggal. Tenda berdinding ganda memiliki tambahan flysheet, sedangkan dinding tunggal tidak ada tambahan apa pun. Mari kita lihat perbedaan dari masing-masing tipe.

Tenda berdinding ganda: Nyaman digunakan dan tahan segala cuaca untuk pendaki pemula

Tenda berdinding ganda: Nyaman digunakan dan tahan segala cuaca untuk pendaki pemula

Tipe ini menggunakan flysheet yang tahan air di bagian atas, lalu bagian dalamnya adalah dinding yang antigerah. Karena kerangkanya masih standar, tenda ini patut dipertimbangkan oleh para pemula. Tipe ini sangat cocok digunakan di gunung-gunung Indonesia yang cenderung basah, terutama di bagian barat.


Adanya jarak antara lapisan flysheet dan tenda dapat menghindari munculnya embun dan udara panas di dalam tenda. Meskipun sedang hujan, flysheet mampu mencegah rembesan air. Selain itu, jarak antara lapisan luar dan dalam tenda dapat dimanfaatkan sebagai ruang tambahan, misalnya untuk menaruh sepatu. Lalu, lapisan dalam dipakai sebagai ruang tidur yang lebih luas dan nyaman.


Sayangnya, tenda ini memiliki bobot 1–2 kg lebih berat daripada tenda berdinding tunggal. Cara pemasangannya pun cenderung lebih memakan waktu. Namun, hal tersebut tak akan menjadi masalah jika Anda sudah terbiasa. Secara keseluruhan, tenda ini memiliki lebih banyak keunggulan.

Tenda berdinding tunggal: Mudah didirikan, ringan, dan ringkas dibawa

Tenda berdinding tunggal: Mudah didirikan, ringan, dan ringkas dibawa

Tenda berdinding tunggal hanya menggunakan satu lapis kain yang tahan air dan antigerah. Bobotnya hanya sekitar 1–1,5 kg yang berarti lebih ringan dari tenda berdinding ganda. Tenda tipe ini dapat dibawa dengan ringkas dan tidak akan memberatkan backpack Anda.


Kelebihan lain dari tenda berdinding tunggal adalah mudah didirikan. Meskipun terjadi angin kencang atau hujan deras, tenda ini akan terpasang dengan cepat. Jadi, Anda juga tidak akan kelelahan saat memasang tenda.


Namun, jika dibandingkan dengan dinding ganda, tenda ini lebih mudah menyerap embun dan udara panas. Selain itu, tidak tersedia ruang tambahan untuk meletakkan barang bawaan. Tenda ini direkomendasikan untuk pendaki menengah dan profesional yang mengutamakan keringkasan dan kecepatan bongkar pasang tenda.


Selain itu, tenda ini tidak direkomendasikan untuk digunakan di daerah bersuhu dingin. Hal ini disebabkan oleh embun yang biasanya akan langsung membuat bagian dalam tenda basah apalagi jika turun hujan.

Pilih berdasarkan tipe pemasangan

Pilih berdasarkan tipe pemasangan

Terdapat dua tipe pemasangan tenda, yakni self-supporting dan non-self-supporting. Tipe self-supporting dapat berdiri tanpa ditambahkan pasak. Sebaliknya, tipe non-self-supporting membutuhkan pasak agar tenda dapat berdiri.


Tipe self-supporting lebih mudah dipasang, bahkan pada tempat yang tidak bisa ditancapkan pasak seperti permukaan bebatuan. Tipe ini direkomendasikan untuk para pemula yang baru pertama kali mendirikan tenda. Pada tipe non-self-supporting, pasak harus ditancapkan pada tanah guna mendirikan tenda. Walaupun membutuhkan waktu lebih lama, stabilitas tenda dapat diandalkan.


Namun, tidak banyak tersedia tenda yang tidak membutuhkan pasak meskipun bertipe self-supporting. Pasak sangat diperlukan untuk menopang bagian depan tenda. Untuk keamanan, pastikan Anda menggunakan pasak saat cuaca sedang berangin.

Perhatikan kemudahan cara mendirikan tenda

Perhatikan kemudahan cara mendirikan tenda

Tipe pendirian tenda juga ada dua, yaitu hanging type dan sleeve type. Hanging type ialah mendirikan tenda dengan cara menggantungnya pada tiang yang sudah berdiri. Tenda tipe ini memiliki cara pemasangan yang mudah.


Sementara itu, sleeve type dipasang dengan cara memasukkan tiang-tiang ke lengan tenda terlebih dahulu. Meskipun diterpa angin kencang, tenda akan tetap kokoh karena tiang dan kain tenda menyatu. Jika Anda sudah terbiasa dengan kedua tipe tersebut, Anda bisa mendirikan tenda dengan cepat.


Terdapat pendapat yang berbeda-beda mengenai tipe yang lebih unggul. Para pemula mungkin akan menyukai hanging type yang lebih mudah dipasang. Namun, jika Anda sudah sering mendaki gunung, akan lebih nyaman menggunakan sleeve type yang tahan angin. Meskipun demikian, sleeve type memerlukan waktu lebih lama baik saat pemasangan maupun pembongkaran.

Tingkatkan kenyamanan dengan memperhatikan kapasitas tenda

Tingkatkan kenyamanan dengan memperhatikan kapasitas tenda

Ketika memilih ukuran tenda, hitunglah berdasarkan jumlah pengguna beserta satu orang tambahan. Menurut JIS (Japanese Industrial Standards), ukuran tenda untuk satu orang ialah 55 cm x 180 cm. Meski terkesan cukup luas, ternyata ukuran tersebut terasa sempit saat dicoba untuk tidur sendirian.


Sebaiknya, Anda menggunakan tenda yang berukuran lebih besar. Misalnya, tenda berkapasitas 2 orang untuk dipakai 1 orang, tenda berkapasitas 3 orang untuk dipakai 2 orang, dan seterusnya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan ruang gerak yang lebih nyaman.


Namun, untuk penggunaan lebih dari 4 orang, pakailah beberapa tenda berkapasitas 2–3 orang daripada membawa tenda yang sangat besar. Jadi, kapasitas barang bawaan dapat dibagi dengan pendaki lain sehingga mendaki gunung menjadi lebih mudah.


Dengan menggunakan tenda berkapasitas 2–3 orang oleh lebih dari 4 orang tentunya akan terasa lebih hangat di dalamnya. Namun, penggunaan tersebut tidak sehat dan tidak nyaman. Selain itu, ada kemungkinan tenda akan rusak pada saat tidur karena terdorong. Tempat menyimpan perlengkapan di dalam tenda bersama juga harus dipertimbangkan.

Cek ketebalan dan material kain, hindari tenda yang bobotnya terlalu ringan

Cek ketebalan dan material kain, hindari tenda yang bobotnya terlalu ringan

Pada umumnya, produk tenda menggunakan material nilon dan poliester. Namun, bahan nilon lebih direkomendasikan untuk kegiatan naik gunung. Sebab, bahan nilon lebih ringan dan tahan terhadap api dibandingkan poliester.


Terlebih lagi saat berada di gunung, biasanya Anda akan menggunakan kompor di sekitar tenda. Jika memakai produk berbahan nilon, Anda tidak perlu khawatir tenda akan terbakar meskipun terdapat percikan api.


Bahan yang tipis memang lebih ringan, tetapi kurang unggul dalam ketahanan. Ketahanan tenda ditandai dengan simbol “D (denier)” untuk ketebalan kain dan “T (taffeta)” untuk kepadatan kain. 


Kebanyakan tenda untuk naik gunung memiliki inner dan flysheet yang tipis, yaitu 20–30D. Akan tetapi, kepadatan kainnya mencapai 190–210T. Panduan ini tentunya akan membantu Anda menemukan tenda terbaik untuk kegiatan pendakian.


Bahan tenda tentunya berbanding terbalik dengan bobot tenda. Anda harus mencermati kedua hal tersebut. Selain itu, sesuaikan penggunaan tenda dengan jumlah peserta perjalanan dan tujuan, medan, atau daerah yang akan dikunjungi.

Jika akan digunakan pada musim hujan, pastikan tenda memiliki ketahanan tekanan air

Jika akan digunakan pada musim hujan, pastikan tenda memiliki ketahanan tekanan air

Saat Anda melakukan pendakian gunung di musim hujan, membawa tenda yang kuat tentu menjadi keharusan. Untuk itu, agar tetap merasa aman dan nyaman, cobalah untuk memeriksa tingkat water pressure resistant pada tenda


Water pressure resistant adalah ukuran ketahanan flysheet untuk menahan tekanan air hujan. Makin tinggi ketahanannya, makin kuat pula kemampuan tenda menahan hujan.


Di pasaran sendiri, terdapat cukup banyak berbagai merek tenda yang menawarkan fitur water pressure resistant. Umumnya, flysheet tenda memiliki ketahanan air hujan sebesar 1000–3000 mm. 


Jika curah hujan tidak intens, memilih tenda dengan ketahanan air sekitar 1000–1500 mm sudah sangat cukup. Namun, sebaiknya Anda memilih produk yang memiliki ketahanan air minimal 1500 mm.


Fungsi utama tenda adalah melindungi Anda dari air hujan. Penting untuk Anda mengetahui karakter tenda baik dari segi bahan maupun konstruksinya. Air tidak akan mudah rembes jika bagian tenda tidak menjadi kantong untuk air menggenang dan tembus ke dalam tenda.

10 Rekomendasi tenda terbaik untuk naik gunung

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tenda terbaik untuk naik gunung yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.

10
Tipe dindingGanda
Tipe pemasanganNon-self-supporting
Cara mendirikanKombinasi (sleeve type dan hanging type)
Ukuran (kapasitas)244 cm x 170 cm x 111 cm (3 orang)
Material inner210T polyester ripstop breathable
Material flysheet40D nylon ripstop both side silicon coated sewing with COATS thread
Musim yang sesuai4 musim
Bobot4,5 kg (tanpa foot print)
9
Tipe dindingGanda
Tipe pemasanganNon-self-supporting
Cara mendirikanSleeve type
Ukuran (kapasitas)208 cm x 180 cm x 130 cm (4 orang)
Material innerPU coated nylon with mesh
Material flysheet210T polyester PU coated
Musim yang sesuaiTidak disebutkan
BobotTidak disebutkan
8
Tipe dindingGanda
Tipe pemasanganNon-self-supporting
Cara mendirikanHanging type
Ukuran (kapasitas)240 cm x 210 cm x 115 cm (tidak disebutkan)
Material inner190T polyester + mesh + PE
Material flysheet190T polyester PU 2500 mm
Musim yang sesuaiTidak disebutkan
Bobot4,5 kg
7

3F UL GEARLanshan 1 PRO Ultralight Tent 1 Person 20D

4000303876219

Mulai dari Rp 4.282.000,00

Tipe dindingTunggal
Tipe pemasanganNon-self-supporting
Cara mendirikanHanging type
Ukuran (kapasitas)230 cm x 110/90 cm x 125 cm (1 orang)
Material inner20D double silicon fabric (waterproof index 2000 mm) + 20D nylon breathable gauze
Material flysheet-
Musim yang sesuai3 musim
Bobot0,69 kg
6
Tipe dindingGanda
Tipe pemasanganNon-self-supporting
Cara mendirikanHanging type
Ukuran (kapasitas)200 cm x 120 cm x 120 cm (2 orang)
Material inner190T breathable polyester + mesh
Material flysheet210T PU 2000 mm coating ripstop
Musim yang sesuaiTidak disebutkan
Bobot4,5 kg
5
Tipe dindingGanda
Tipe pemasanganNon-self-supporting
Cara mendirikanSleeve type
Ukuran (kapasitas)200 cm x 192 cm x 130 cm (3 orang)
Material inner210T polyester ripstop breathable
Material flysheet210T polyester ripstop
Musim yang sesuai3 musim
Bobot3,5 kg
4
Tipe dindingGanda
Tipe pemasanganNon-self-supporting
Cara mendirikanKombinasi (sleeve type dan hanging type)
Ukuran (kapasitas)365 cm x 225 cm x 137 cm (3 orang)
Material inner190T polyester breathable
Material flysheet190T polyester PU 2000 mm seam taped
Musim yang sesuai3 musim
Bobot3,5 kg
3

Big Agnes Battle Mountain 2

Mulai dari Rp 11.200.000,00

Tipe dindingGanda
Tipe pemasanganNon-self-supporting
Cara mendirikanHanging type
Ukuran (kapasitas)213 cm x 147 cm x 107 cm (2 orang)
Material innerNylon ripstop breathable and polyester mesh
Material flysheetDominico undyed polyester ripstop
Musim yang sesuai4 musim
Bobot3,41 kg
2

ALPSMountaineering Chaos 2-Person

Mulai dari Rp 3.690.000,00

Tipe dindingGanda
Tipe pemasanganNon-self-supporting
Cara mendirikanHanging type
Ukuran (kapasitas)142,2 cm x 218,4 cm (2 orang)
Material inner75D 185T poly taffeta floor with 3000 mm coating
Material flysheet75D 185T polyester fly with 1500 mm coating resists UV damage and stays taut
Musim yang sesuai3 musim
Bobot2,9 kg
1

NaturehikeUltralight 20D Camping Backpack Tagar Tent for 1 Person-J NH17T140-J

Mulai dari Rp 1.575.000,00

Tipe dindingGanda
Tipe pemasanganNon-self-supporting
Cara mendirikanSleeve type
Ukuran (kapasitas)245 cm x 210 cm x 105 cm (1–2 orang)
Material inner20D nylon coated silicone
Material flysheet20D nylon coated silicone
Musim yang sesuaiTidak disebutkan
Bobot1,37 kg

Tabel perbandingan produk tenda terbaik untuk naik gunung

Gambar produk
1
Naturehike Ultralight 20D Camping Backpack Tagar Tent for 1 Person-J NH17T140-J 1

Naturehike

2
ALPS Mountaineering Chaos 2-Person 1

ALPS

3
Big Agnes  Battle Mountain 2 1

Big Agnes

4
Merapi Mountain Half Moon 3 1

Merapi Mountain

5
Merapi Mountain Storm Bunker 1

Merapi Mountain

6
Arei Tenda Papandayan A 2 Person 1

Arei

7
3F UL GEAR Lanshan 1 PRO Ultralight Tent 1 Person 20D 1

3F UL GEAR

8
Dhaulagiri DH Terra 45 1

Dhaulagiri

9
CONSINA Kathmandu 4 1

CONSINA

10
Merapi Mountain Expedition 1

Merapi Mountain

Nama produk

Ultralight 20D Camping Backpack Tagar Tent for 1 Person-J NH17T140-J

Mountaineering Chaos 2-Person

Battle Mountain 2

Half Moon 3

Storm Bunker

Tenda Papandayan A 2 Person

Lanshan 1 PRO Ultralight Tent 1 Person 20D

DH Terra 45

Kathmandu 4

Expedition

Keunggulan

Kemampuan water pressure resistant-nya mencapai 4000 mm!

Ajak pasangan menikmati suasana camping yang hangat

Memakai sistem clip yang mudah sehingga tenda bisa didirikan dengan cepat

Tersedia dua teras yang luas di bagian depan dan belakang

Konstruksinya kokoh dan bisa dijadikan shelter

Tenda kamuflase untuk melakukan fotografi wildlife

Solo camping terasa lebih menyenangkan dengan tenda ini

Banyak kelebihannya, terjangkau harganya!

Tersedia dua pintu teras yang membuat Anda mudah keluar masuk tenda

Lebih tahan menghadapi angin berkat konstruksi Geodesic Dome

Harga mulai dariRp 1.575.000,00Rp 3.690.000,00Rp 11.200.000,00Rp 1.585.000,00Rp 2.130.000,00Rp 850.000,00Rp 4.282.000,00Rp 900.000,00Rp 1.275.000,00Rp 3.730.000,00
Tipe dindingGandaGandaGandaGandaGandaGandaTunggalGandaGandaGanda
Tipe pemasanganNon-self-supportingNon-self-supportingNon-self-supportingNon-self-supportingNon-self-supportingNon-self-supportingNon-self-supportingNon-self-supportingNon-self-supportingNon-self-supporting
Cara mendirikanSleeve typeHanging typeHanging typeKombinasi (sleeve type dan hanging type)Sleeve typeHanging typeHanging typeHanging typeSleeve typeKombinasi (sleeve type dan hanging type)
Ukuran (kapasitas)245 cm x 210 cm x 105 cm (1–2 orang)142,2 cm x 218,4 cm (2 orang)213 cm x 147 cm x 107 cm (2 orang)365 cm x 225 cm x 137 cm (3 orang)200 cm x 192 cm x 130 cm (3 orang)200 cm x 120 cm x 120 cm (2 orang)230 cm x 110/90 cm x 125 cm (1 orang)240 cm x 210 cm x 115 cm (tidak disebutkan)208 cm x 180 cm x 130 cm (4 orang)244 cm x 170 cm x 111 cm (3 orang)
Material inner20D nylon coated silicone75D 185T poly taffeta floor with 3000 mm coatingNylon ripstop breathable and polyester mesh190T polyester breathable210T polyester ripstop breathable190T breathable polyester + mesh20D double silicon fabric (waterproof index 2000 mm) + 20D nylon breathable gauze190T polyester + mesh + PEPU coated nylon with mesh210T polyester ripstop breathable
Material flysheet20D nylon coated silicone75D 185T polyester fly with 1500 mm coating resists UV damage and stays tautDominico undyed polyester ripstop190T polyester PU 2000 mm seam taped210T polyester ripstop210T PU 2000 mm coating ripstop-190T polyester PU 2500 mm210T polyester PU coated40D nylon ripstop both side silicon coated sewing with COATS thread
Musim yang sesuaiTidak disebutkan3 musim4 musim3 musim3 musimTidak disebutkan3 musimTidak disebutkanTidak disebutkan4 musim
Bobot1,37 kg2,9 kg3,41 kg3,5 kg3,5 kg4,5 kg0,69 kg4,5 kgTidak disebutkan4,5 kg (tanpa foot print)
Tautan produk

Cara memilih tempat untuk mendirikan tenda

Tempat yang nyaman untuk mendirikan tenda biasanya cukup ramai sehingga Anda harus datang lebih awal untuk bisa mendapatkannya. Di bawah ini adalah poin-poin yang tidak boleh Anda lewatkan ketika memilih tempat mendirikan tenda di gunung.

Jika ingin menggunakan alas tenda, periksa kualitas drainase dan kondisi tanah

Jika ingin menggunakan alas tenda, periksa kualitas drainase dan kondisi tanah

Tanah dengan drainase buruk akan membentuk genangan air. Selain itu, area yang terdapat bebatuan dan akar pohon akan memengaruhi kenyamanan tidur Anda. Anda dapat mengatasi ketidaknyamanan tersebut dengan menggunakan alas tenda.


Kenali dan sesuaikan tipe atau bentuk tenda yang Anda bawa dengan tempat pemasangan tenda. Terutama luas daerah (tanah) tempat tenda akan didirikan patut diperhatikan. Usahakan daerah tempat tenda akan didirikan rata, tidak berbatu, dan tidak berlubang.

Hindari tanah miring dan sebisa mungkin pilihlah tempat yang datar

Hindari tanah miring dan sebisa mungkin pilihlah tempat yang datar

Anda mungkin tidak bermasalah dengan permukaan yang sedikit miring. Namun, bisa saja ada air mengalir sehingga tenda menjadi basah secara tiba-tiba. Hal tersebut juga akan membuat tidur tidak nyaman karena Anda dan teman satu tenda dapat terguling.


Selain itu, bisa saja terjadi pembengkakan pada tubuh dan akan berpengaruh pada kondisi Anda di hari berikutnya. Karena itu, ingatlah untuk selalu berhati-hati dalam memilih lokasi saat mendirikan tenda.


Jika kondisi tempat tidak rata atau miring secara vertikal, usahakan agar tempat yang lebih rendah akan menjadi posisi pintu atau kaki. Dengan demikian, saat kita berbaring di dalam tenda, posisi kepala lebih tinggi dari kaki. Usahakan juga agar posisi tempat tidak miring ke salah satu sisi secara horizontal. Anda bisa berguling saat tidur atau terhimpit rekan satu tenda karena bergeser.

Baca juga rekomendasi produk tenda lainnya di sini

Selain tenda untuk naik gunung, kami juga telah mengulas rekomendasi tenda lainnya. Sebut saja tenda untuk camping, touring, dan lain-lain. Kami juga membahas cara memilihnya agar Anda tidak bingung menentukan pilihan. Baca selengkapnya dengan mengeklik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kami telah memberikan rekomendasi tenda terbaik untuk naik gunung. Apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat? Pastikan untuk memperhatikan poin-poin cara memilih yang telah kami sampaikan, ya.


Saat mendaki gunung, tenda menjadi perlengkapan yang penting sebagai tempat beristirahat. Temukan tenda yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan nikmati pendakian yang lebih nyaman dan menyenangkan!

Artikel terkait

  • 10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda seorang pemula yang sedang mencari sepatu trekking terbaik? Saat ini, ada banyak merek lokal dan internasional, seperti Eiger dan adidas, yang memproduksi sepatu trekking yang bagus. Bahan, desain, fitur, dan harga sepatu trekking ini beragam. Salah satu yang paling populer adalah sepatu waterproof yang tahan air.Ada juga sepatu jenis low cut yang didesain agar kaki leluasa bergerak. Kali ini kami akan membahas tips cara memilih sepatu trekking dan merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    75.850 Views
  • 10 Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021)
    Saat melakukan kegiatan outdoor seperti trekking atau hiking, Anda membutuhkan sepatu hiking. Dengan begitu, kaki Anda menjadi lebih aman ketika harus melalui medan khas pegunungan yang terjal dan curam. Ada banyak sepatu hiking yang bisa Anda temukan di pasaran dari berbagai merek, seperti EIGER, Consina, Arei, dan lainnya.Kami akan mengulas poin-poin yang perlu diperhatikan saat memilih sepatu hiking yang bagus untuk pemula. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pertimbangkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Temukan sepatu hiking sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Camping & hiking
    15.647 Views
  • 10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Touring (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Touring (Terbaru Tahun 2021)
    Tenda merupakan perlengkapan wajib dalam berkegiatan outdoor seperti camping atau touring. Ada tenda merek lokal seperti Eiger atau Consina hingga merek luar negeri seperti Naturehike dan Marmot di pasaran! Kira-kira, manakah yang terbaik, ya?Tahukah Anda bahwa tenda untuk touring berbeda dengan tenda yang digunakan untuk camping? Pemilihan tenda sesuai kegiatan sangat penting agar aktivitas jadi lebih lancar. Agar lebih jelas, kami akan membahas tips memilih beserta sepuluh rekomendasi tenda terbaik untuk touring. Yuk, disimak agar tidak salah pilih!
    Camping & hiking
    7.255 Views
  • 10 Tas Hiking Terbaik dengan Kapasitas 20-30 liter - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Tas Hiking Terbaik dengan Kapasitas 20-30 liter - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021)
    Backpack bisa dikatakan merupakan salah satu perlengkapan wajib saat naik gunung. Jenisnya pun beragam dan dapat disesuaikan untuk kenyamanan pemakaian. Namun, banyaknya merek tas hiking terkenal mungkin membuat Anda kesulitan untuk menentukan yang bagus.Kali ini kami akan berbagi tips mengenai cara memilih tas hiking kapasitas 20–30 liter dari merek terpopuler, seperti EIGER, Cozmeed, Avtech, Consina, atau Vaude. Mulai dari produk yang durable hingga yang waterproof, Anda dapat memilih dan membandingkan sendiri mana yang cocok dengan kebutuhan dan kepribadian Anda! Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.
    Camping & hiking
    21.824 Views
  • 10 Rekomendasi Gaiters Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gaiters Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain fisik yang tangguh, aktivitas mendaki gunung juga memerlukan perlengkapan tambahan, seperti gaiters. Perlengkapan pribadi ini berfungsi sebagai pelindung sepatu dan kaos kaki supaya tidak kotor terkena lumpur atau debu. Gaiters juga bisa melindungi sepatu dari masuknya kerikil, ranting kecil, hingga mencegah gigitan hewan.Saat ini banyak gaiters keluaran produsen outdoor gear ternama, seperti Consina, Kalibre, dan Naturehike. Nah, kami akan memberikan tips dalam memilih gaiters serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Selamat membaca dan temukan gaiters yang cocok dengan kebutuhan!
    Camping & hiking
    4.683 Views
  • 10 Rekomendasi Backpack Terbaik untuk Trekking (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Backpack Terbaik untuk Trekking (Terbaru Tahun 2021)
    Berbagai jenis backpack untuk trekking banyak dijual oleh merek spesialis outdoor seperti Osprey dan EIGER. Namun, setiap produk memiliki ukuran dan fungsi yang berbeda. Begitu pula dengan kapasitas yang tersedia, mulai dari 20–30 liter hingga yang berukuran besar, yaitu 60 liter. Desainnya juga bermacam-macam, baik untuk pria maupun wanita.Artikel ini kami tujukan untuk Anda yang sedang mencari produk backpack untuk trekking. Pertama, kami akan mengulas cara memilih, kemudian merekomendasikan produk terbaiknya untuk Anda. Temukan produk impian Anda dan nikmati perjalanan trekking secara maksimal!
    Camping & hiking
    5.748 Views
  • 10 Rekomendasi Lampu Lentera Terbaik Tipe LED (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lampu Lentera Terbaik Tipe LED (Terbaru Tahun 2021)
    Mau camping, tetapi takut gelap-gelapan? Tidak perlu khawatir, Anda bisa membawa lampu lentera LED untuk camping. Tidak hanya untuk camping, lentera LED ini juga sangat berguna dalam keadaan darurat, lho! Sekarang lampu LED sudah banyak dijual, baik merek lokal seperti Eiger maupun internasional seperti Sunrei dan Naturehike.Di artikel ini, kami akan memberikan beberapa poin penting bisa jadi pertimbangan Anda saat memilih lentera LED. Berbagai produk rekomendasi akan kami berikan, mulai dari yang memiliki desain unik sampai yang praktis untuk dibawa. Yuk cari tahu selengkapnya tentang lentera LED!
    Camping & hiking
    4.715 Views
  • 10 Rekomendasi Jaket Consina Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jaket Consina Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat berkegiatan outdoor seperti riding, berolahraga, hingga mendaki gunung, jaket menjadi perlengkapan yang tidak boleh dilupakan. Jika Anda mencari produsen jaket lokal yang bagus dan berkualitas dengan harga terjangkau, jaket Consina bisa menjadi pilihan. Merk Consina sendiri sudah populer di kalangan para pencinta aktivitas outdoor.Ada banyak jenis jaket yang diproduksi oleh Consina, seperti Spectra, Lite Speed, Annapurna, Walden, Summit Attack, dan lainnya. Setiap jenis tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Agar Anda tidak kebingungan, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan dan rekomendasi produk yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    6.834 Views
  • 10 Rekomendasi Jaket The North Face Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jaket The North Face Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    The North Face merupakan brand asal Amerika yang terkenal akan produk outdoor-nya. Mulai dari sepatu, tas, sampai jaket telah diproduksi oleh brand ini. Dalam artikel kali ini, kami bakal membahas tentang jaket dari The North Face. Tidak hanya untuk pendakian saja, The North Face memiliki model jaket lainnya untuk berbagai aktivitas.Kami akan memberikan tips memilih jaket The North Face yang sesuai kebutuhan Anda. Simak juga rekomendasi produk terbaik dari kami, seperti Arrowood Triclimate Jacket, Flight Futurelight Jacket, dan Apex Flex GTX Down Jacket. Silakan membaca artikel ini sampai habis.
    Camping & hiking
    3.945 Views
  • 10 Topi Rimba Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Topi Rimba Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021)
    Saat sedang melakukan kegiatan outdoor, seperti hiking, caving, dan trekking, kurang lengkap rasanya jika Anda tidak memakai topi rimba. Selain melindungi dari teriknya sinar matahari, topi rimba juga berguna untuk melindungi telinga Anda dari ranting dan duri.Karena jenis dari topi rimba cukup banyak macamnya, kami akan memberikan tips memilih agar Anda tidak salah pilih. Sepuluh rekomendasi produk dari merek yang bagus, seperti EIGER, Consina, dan CARTENZ TACTICAL pun kami ulas di artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Untuk itu, bacalah hingga akhir, ya!
    Camping & hiking
    1.234 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu barang yang wajib dimiliki para pencinta kegiatan outdoor adalah tenda dome. Coleman, Eiger, Consina, dan Great Outdoor adalah sederet merek yang menjual beragam jenis tenda dome, dari mulai tenda pop up untuk satu orang hingga tenda berkapasitas besar. Tentunya, setiap tenda memiliki perbedaan dari segi daya tahan dan tingkat waterproof-nya.Di artikel ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika memilih tenda. Setelahnya, kami juga akan merekomendasikan berbagai macam tenda dome berkualitas berdasarkan fungsi dan kegunaanya. Selamat membaca! 
    Camping & hiking
    96.473 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)
    Jam tangan pendaki gunung merupakan alat penting untuk mendukung kegiatan mendaki gunung atau trekking. Beberapa fungsi penting dari jam tangan ini adalah sebagai kompas, pengukur ketinggian, barometer, dan GPS. Saat ini, terdapat banyak merek jam tangan untuk naik gunung, mulai dari SUUNTO, Casio, hingga Garmin.Pada artikel ini, kami akan mengulas cara memilih jam tangan pendaki gunung serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Silakan baca artikel ini hingga selesai dan temukanlah jam tangan terbaik untuk mendaki gunung sebagai teman pendakian selanjutnya.
    Camping & hiking
    76.319 Views
  • 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, ada banyak merek tenda camping yang bagus tersedia di pasaran, seperti Eiger, Arei, Consina, dan lainnya. Tenda camping ini memiliki kapasitas yang bervariasi. Ada tenda camping untuk 2 orang, 4 orang, 6 orang. Ada juga tenda berkapasitas besar untuk camping keluarga.Harga tenda camping juga beragam, ada tenda yang memiliki harga yang mahal, ada yang murah. Hal ini tergantung dari kapasitas, material, hingga fitur yang tersedia. Untuk Anda yang mencari rekomendasi tenda camping terbaik, Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai panduan. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    48.960 Views
  • 10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda seorang pemula yang sedang mencari sepatu trekking terbaik? Saat ini, ada banyak merek lokal dan internasional, seperti Eiger dan adidas, yang memproduksi sepatu trekking yang bagus. Bahan, desain, fitur, dan harga sepatu trekking ini beragam. Salah satu yang paling populer adalah sepatu waterproof yang tahan air.Ada juga sepatu jenis low cut yang didesain agar kaki leluasa bergerak. Kali ini kami akan membahas tips cara memilih sepatu trekking dan merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    75.850 Views
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda akan menjelajah alam selama lebih dari sehari, sleeping bag adalah salah satu perlengkapan yang tak boleh dilupakan. Baik saat Anda ke gunung maupun pantai, tidur Anda akan lebih nyaman bila menggunakan sleeping bag. Ada bermacam-macam produk sleeping bag yang dijual dengan beragam jenis dan fungsi. Mulai dari Eiger, Deuter, dan Consina turut memproduksi sleeping bag.Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung dalam memilih sleeping bag. Kali ini, kami akan memberikan tips dan rekomendasi sleeping bag untuk berbagai medan perjalanan. Tips menggunakannya juga akan kami bagikan. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    36.376 Views
  • 10 Rekomendasi Teropong Binokular Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teropong Binokular Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teropong binokular merupakan perangkat untuk melihat objek jauh agar menjadi lebih jelas. Peralatan ini dapat mendukung berbagai aktivitas, seperti saat menonton konser, mengamati burung di hutan, dan lainnya. Maka dari itu, ada berbagai jenis teropong dengan bentuk, berat, dan bidang pandang yang berbeda-beda. Jika Anda kebingungan mencari teropong binokular, artikel ini tepat untuk Anda. Kami akan memperkenalkan poin-poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli teropong binokular. Kemudian, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang tersedia di pasaran, seperti Bushnell, Nikon, dan lainnya. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    35.445 Views
  • 10 Rekomendasi Jaket The North Face Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jaket The North Face Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    The North Face merupakan brand asal Amerika yang terkenal akan produk outdoor-nya. Mulai dari sepatu, tas, sampai jaket telah diproduksi oleh brand ini. Dalam artikel kali ini, kami bakal membahas tentang jaket dari The North Face. Tidak hanya untuk pendakian saja, The North Face memiliki model jaket lainnya untuk berbagai aktivitas.Kami akan memberikan tips memilih jaket The North Face yang sesuai kebutuhan Anda. Simak juga rekomendasi produk terbaik dari kami, seperti Arrowood Triclimate Jacket, Flight Futurelight Jacket, dan Apex Flex GTX Down Jacket. Silakan membaca artikel ini sampai habis.
    Camping & hiking
    3.945 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori