10 Rekomendasi Sapu Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Sapu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Sapu adalah salah satu alat pembersih rumah yang sudah digunakan sejak lama. Meski sebagian orang sudah beralih menggunakan alat pembersih yang lebih modern seperti mesin penyedot debu, nyatanya jenis sapu seperti sapu ijuk, sapu lidi, dan sapu plastik masih banyak dicari. Namun, banyaknya pilihan di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung memilihnya.

Berikut ini kami akan menjelaskan cara memilih sapu dan merekomendasikan sapu-sapu terbaik yang dapat Anda gunakan di dalam dan di luar ruangan. Jadi, temukanlah sapu terbaik untuk membuat kegiatan membersihkan rumah Anda jadi lebih menyenangkan!

Daftar isi

Apakah Anda menggunakan sapu?

Apakah Anda menggunakan sapu?

Seiring berjalannya waktu, alat pembersih modern seperti penyedot debu, spray mop, clean robot, dan berbagai alat lainnya semakin populer. Bahkan, banyak orang yang tidak memiliki sapu karena sangat sibuk bekerja dan tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan rumah. Meski begitu, belakangan ini semakin banyak sapu menarik yang dibuat sehingga permintaan terhadap sapu pun perlahan meningkat kembali.

Anda akan menemukan berbagai jenis sapu dengan karakteristiknya masing-masing, seperti sapu yang dapat digunakan untuk luar ruangan, digunakan di dalam ruangan, atau sapu yang tahan air. Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi berbagai jenis sapu beserta cara memilih yang tepat. Jadikanlah artikel ini sebagai referensi untuk Anda menemukan sapu favorit Anda dalam membersihkan rumah.

Cara memilih sapu

Ada tiga hal utama yang perlu Anda perhatikan ketika memilih sapu, yaitu panjang gagang, tempat penyimpanan, serta area yang cocok untuk dibersihkan oleh sapu tersebut. Tentu saja, sapu berdesain menarik akan menjadi daya tarik tersendiri, tetapi jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan kepraktisan dalam penggunaannya.

Pilih panjang gagang yang sesuai dengan penggunaannya

Pilih panjang gagang yang sesuai dengan penggunaannya

Jika dilihat dari panjangnya gagang sapu, sapu dapat dibagi menjadi tiga jenis, yakni sapu bergagang panjang, sapu bergagang sedang, serta sapu bergagang pendek.

Jenis sapu bergagang panjang biasanya memiliki panjang lebih dari 120 cm. Sapu ini digunakan dengan memegangnya pada kedua tangan saat Anda berdiri. Anda tidak akan mudah lelah saat menggunakannya karena sapu ini dapat digunakan tanpa perlu membungkukkan badan Anda.

Jenis yang kedua adalah sapu dengan panjang gagang sedang, memiliki panjang antara 70–85 cm. Sapu ini dapat digunakan untuk membersihkan debu dan Anda dianjurkan untuk menggunakannya dalam waktu yang singkat saja karena Anda perlu sedikit membungkuk ketika menggunakannya.

Terakhir adalah sapu dengan gagang pendek, pada umumnya memiliki panjang sekitar 30 cm. Sapu jenis ini kami rekomendasikan untuk membersihkan area yang sempit, seperti meja, bingkai jendela, dan lain sebagainya.

Pilihlah sapu dengan panjang gagang yang sesuai untuk penggunaan yang Anda inginkan. Apakah itu untuk membersihkan taman, lorong pintu masuk, atau untuk membersihkan pajangan di rumah Anda. Perhatikan juga lama waktu penggunaannya, apakah akan Anda gunakan untuk menyapu dalam waktu lama atau hanya digunakan sebentar saja.

Pilih berdasarkan tempat penyimpanan sapu yang tepat

Pilih berdasarkan tempat penyimpanan sapu yang tepat

Ketika hendak memilih sapu, Anda juga harus memikirkan tempat penyimpanan sapu tersebut. Sebagai contoh, jika Anda akan sering menggunakan sapu tersebut, pilihlah sapu yang dapat disimpan di dekat Anda. Sapu kecil dapat dengan mudah Anda gunakan saat ingin membersihkan debu di meja Anda. Anda juga bisa menyimpan sapu di teras rumah agar Anda mudah membersihkan debu di ambang pintu rumah. Disarankan Anda juga menyimpan sapu di tempat-tempat yang biasanya mudah kotor agar dapat segera Anda bersihkan.

Pikirkan juga tempat penyimpanannya ketika Anda ingin membeli sapu berukuran besar, seperti sapu lidi yang digunakan untuk menyapu halaman rumah. Apabila Anda letakkan di ruang terbuka, sapu tersebut dapat terkena air hujan atau sinar matahari sehingga mempengaruhi ketahanan sapu tersebut. Di samping itu, jika Anda tidak dapat menemukan tempat untuk menggantung sapu tersebut, sapu dapat menjadi bengkok dan tidak bisa digunakan untuk menyapu dengan baik lagi.

Sapu yang disimpan pada tempat yang tepat tentunya dapat Anda gunakan lebih lama. Jadi, jangan sepelekan soal tempat penyimpanan sapu ini.

Pilih kelenturan sapu untuk area ingin dibersihkan

Sapu terbuat dari berbagai bahan, karena itu area yang tepat untuk penggunaannya juga agak berbeda. Secara umum, kami akan menjelaskan tiga jenis sapu berdasarkan kelenturan bahannya dan rekomendasi area yang pas untuk memakainya. Pilihlah jenis sapu sesuai dengan area yang ingin Anda bersihkan agar kegiatan menyapu Anda semakin cepat dan mudah!

Sapu ijuk untuk membersihkan dalam ruangan

Sapu ijuk untuk membersihkan dalam ruangan

Sapu berbahan ijuk dibuat dari serat pohon aren atau serabut kelapa yang dijalin menjadi satu. Sapu ini mudah ditemukan di pasaran dan memiliki harga yang relatif murah. Dengan sapu ini, Anda dapat membersihkan bagian sudut dan bagian yang berlekuk pada rumah Anda dengan mudah berkat sifat lentur dari ijuk. Anda juga bisa membersihkan seluruh bagian dalam rumah Anda menggunakan sapu jenis ini.

Sapu ijuk ini dapat Anda gunakan tanpa menimbulkan suara berisik. Penggunaan sapu ijuk ini sangat direkomendasikan untuk membersihkan bagian dalam rumah Anda dengan mudah dan cepat. Namun, saat menggunakannya pertama kali mungkin serabut ijuknya ada yang tercecer dan membuat kotor. Sapu ini juga tidak bisa dicuci sehingga ada baiknya Anda tidak menyapu lantai yang basah menggunakan sapu ini karena akan membuat kotorannya melekat pada sapu.

Sapu plastik / sintetis untuk membersihkan teras rumah

Sapu plastik / sintetis untuk membersihkan teras rumah

Sapu ijuk sintetis memiliki keunggulan tahan air, lentur, dan memiliki daya tahan yang lama. Bahan ini dapat menyapu kerikil dan debu, cocok untuk membersihkan area teras dan beranda rumah Anda. Apabila Anda ingin menggunakannya di dalam ruangan, sapu ini juga bisa digunakan untuk membersihkan debu yang menempel di karpet.

Bila kotor, Anda dapat mencuci sapu ini dengan mudah agar kebersihannya tetap terjaga. Terkena air dan sabun juga tidak akan menjadi masalah bagi sapu jenis ini. Bagi Anda yang menginginkan kepraktisan dalam membersihkan teras atau beranda rumah, sapu ijuk sintetis ini bisa menjadi pilihan. Pilihlah desain dan harga yang sesuai dengan keinginan Anda. Untuk melengkapi alat pembersih di rumah Anda, ada baiknya Anda memiliki satu buah sapu ijuk sintetis yang tahan air ini.

Sapu lidi untuk membersihkan kebun dan pekarangan rumah

Sapu lidi untuk membersihkan kebun dan pekarangan rumah

Ketika Anda sedang membersihkan pekarangan rumah, tentu akan ada banyak kerikil serta guguran daun untuk disapu. Sapu lidi pada umumnya terbuat dari pelepah kelapa atau aren, cocok untuk membersihkan pekarangan rumah. Karakteristik dari sapu lidi ini adalah memiliki kepadatan sapu yang tidak begitu rapat sehingga dapat digunakan untuk menyapu, tidak merusak halaman rumput Anda, dan kerikil pun dapat tersapu dengan baik. Pada beberapa produk sapu lidi di Indonesia juga tidak memiliki gagang sehingga membuatnya memiliki panjang sedang.

Sapu lidi dapat digunakan untuk waktu yang lama karena memiliki tingkat elastisitas yang baik. Sapu jenis ini juga cocok untuk digunakan menyapu jalanan aspal yang permukaannya tidak rata dengan baik. Berhubung penggunaannya yang luas, Anda dapat memilih sapu lidi untuk membersihkan halaman dan pekarangan rumah Anda.

10 Rekomendasi sapu terbaik

Setelah ini, kami akan merekomendasikan sapu terbaik yang dapat Anda pilih. Jangan lupa untuk memperhatikan area yang akan Anda bersihkan agar pemilihan sapu menjadi tepat.

10. Sapu Ijuk Gagang Pendek

10. Sapu Ijuk Gagang Pendek

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 10.500

Serat halusnya akan membersihkan sudut-sudut rumah yang sulit dijangkau

Sapu ijuk yang terbuat dari bahan rayung ini memiliki serat yang lebih halus dan lentur dibandingkan sapu ijuk sintetis. Oleh karena itu, sapu ini cocok untuk digunakan membersihkan bagian sudut-sudut rumah Anda yang sulit dijangkau. Bingkai jendela, pojokan dalam lemari, atau ukiran-ukiran yang ada di furnitur kayu dapat dibersihkan dengan mudah.

Untuk Anda yang memiliki waktu terbatas, sapu ijuk ini dapat membantu untuk membersihkan bagian dalam rumah Anda dengan lebih mudah dan cepat. Hanya saja, Anda harus lebih berhati-hati dalam merawat sapu ijuk ini. Sapu ijuk ini terbuat dari bahan yang tidak tahan air sehingga Anda perlu menjaga agar sapu ini tidak basah supaya lebih tahan lama.

9. Clean-Matic Short Garden Broom

9. Clean-Matic Short Garden Broom

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 13.200

Ringan dan mudah disimpan, lho!

Sapu lidi adalah salah satu kebutuhan utama bagi Anda yang memiliki kebun di rumah. Untuk membersihkan daun-daunan kering serta kotoran yang berada di kebun, tentu sapu lidi adalah jenis sapu yang tepat. Sapu lidi berukuran 90 cm atau tergolong sedang ini terbuat dari batang daun kelapa yang memiliki sifat lentur dan tidak mudah patah.

Tanpa adanya gagang, membuat sapu lidi ini menjadi ringan dan tidak memakan banyak tempat untuk menyimpannya. Sapu lidi tanpa gagang ini juga cocok digunakan oleh Anda yang memiliki kebun dalam ukuran kecil dan memiliki tempat penyimpanan terbatas. Kebun yang bersih dan indah tentu dapat diwujudkan dengan sapu ini!

8. Sapu Plastik Motif Jeruk

8. Sapu Plastik Motif Jeruk

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.000

Desain yang menarik untuk kegiatan membersihkan rumah lebih menyenangkan

Sebagai alat pembersih rumah yang digunakan sehari-hari, pada umumnya sapu memiliki desain yang monoton. Namun, hal itu tidak berlaku untuk sapu yang memiliki warna oranye cerah dan bernuansa buah jeruk ini. Untuk Anda yang menginginkan tampilan yang lebih menarik pada peralatan pembersih rumah Anda, pilihlah sapu dengan motif jeruk ini.

Sapu sintetis ini terbuat dari bahan yang ramah lingkungan dan berkualitas tinggi. Dapat digunakan di dalam rumah, termasuk untuk membersihkan karpet kesayangan Anda, dan dapat pula digunakan di teras rumah yang basah. Tidak perlu takut kotor ketika menggunakannya di luar ruangan karena sapu ini mudah untuk dibersihkan.

7. Clean-Matic Yard Broom

7. Clean-Matic Yard Broom

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 55.000

Bersihkan pekarangan Anda lebih cepat dengan sapu ini!

Anda memiliki halaman rumah yang luas, tetapi hanya memiliki sedikit waktu untuk membersihkannya? Anda harus memilih sapu lidi halaman yang tepat agar dapat membersihkan kebun dengan efisien. Pilihlah sapu lidi keluaran Clean-Matic yang memiliki desain melebar pada bagian bawahnya untuk mendukung pekerjaan Anda menjadi lebih cepat selesai.

Bagian atas sapu lidi ini telah dianyam dengan kuat untuk menambah kekuatannya agar tidak mudah terlepas ketika sapu sering digunakan. Kekuatan sapu lidi ini juga didukung dari bahan yang digunakannya, terbuat dari bahan daun kelapa berkualitas yang memiliki sifat fleksibel, tetapi tidak mudah patah.

6. Sapu Mini dan Serokan

6. Sapu Mini dan Serokan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.999

Mudah disimpan di mana saja berkat ukuran kecilnya

Ingin meja kerja Anda selalu bersih? Sediakan sapu mini yang dilengkapi dengan serokannya ini di dalam laci meja kerja Anda. Sapu ini juga dapat membersihkan bagian dalam mobil Anda, kemudian Anda cukup menyimpannya di bawah jok mobil Anda. Bagi Anda yang mencari sapu mini yang bisa digunakan dan diletakkan di mana saja, sapu ini adalah pilihan terbaik.

Selain multifungsi, harganya pun sangat terjangkau sehingga tidak ada salahnya untuk memiliki lebih dari satu pasang. Anda bisa menaruhnya di ruang bermain anak Anda. Ketika Anda ingin mengajari anak Anda untuk belajar membersihkan ruangan bermainnya, gunakanlah sapu yang berukuran pas di tangan anak Anda ini.

5. Scotch-Brite Sapu Nylon Set ID47

5. Scotch-Brite Sapu Nylon Set ID47

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 54.000

Bahan nilon yang fleksibel dan kuat untuk menjaga rumah Anda tetap bersih

Untuk meningkatkan keindahan rumah, tentu Anda harus menjaga agar teras depan rumah Anda selalu terlihat kinclong. Pakailah sapu yang tepat untuk mendapatkan hasil terbaik. Untuk itu, sapu Scotch Brite yang terbuat dari bahan nilon ini adalah salah satu pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan teras rumah senantiasa bersih.

Terbuat dari bahan nilon yang antiair, tentu tidak masalah ketika teras Anda basah terkena air hujan. Anda pun tetap dapat menggunakan sapu ini di dalam ruangan karena serat nilonnya yang fleksibel dan kuat. Bahkan, Anda akan mendapatkan satu set sapu beserta refill kepala sapunya saat membeli produk ini, lho!

4. Kleen Up Sapu Gagang Pendek

4. Kleen Up Sapu Gagang Pendek

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 39.000

Dapat digunakan di dalam dan di luar ruangan, pilih sesuai kebutuhan Anda!

Terbuat dari bahan ijuk sintetis, membuat sapu bergagang pendek ini menjadi fleksibel. Anda dapat menggunakannya di dalam dan di luar ruangan. Gagangnya yang pendek akan memudahkan Anda untuk membersihkan lemari dan meja kerja Anda hingga membersihkan meja teras beserta koleksi pot tanaman Anda.

Tidak membutuhkan tempat penyimpanan yang besar dan multifungsi, sapu ini dirasa sangat praktis. Cocok bagi Anda yang memiliki tempat penyimpanan terbatas dan mencari sapu bergagang pendek dengan warna dan desain menarik. Anda pun cukup membasahkan dan mencuci sapu ini dengan sabun agar sapu Anda terlihat bersih kembali.

3. Clean-Matic Round Garden Broom

3. Clean-Matic Round Garden Broom

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 49.500

Perlindungan lebih untuk membuat sapu Anda awet dan tahan lama!

Sapu lidi keluaran Clean-Matic ini terbuat dari lidi daun kelapa muda, memiliki tekstur yang kuat, lentur, dan tidak mudah patah. Lidi yang digunakan ini juga sudah diberi lapisan antihama, antikutu, dan antijamur untuk melindungi sapu ini dan menjadikannya tahan lama. Cocok untuk Anda yang mencari sapu lidi awet dan tahan lama.

Untuk Anda yang bermasalah dengan dedaunan kering di halaman rumah, sapu lidi ini juga dapat menjadi solusi. Lidi yang ada pada sapu ini kurang lebih memiliki panjang 60 cm dan panjang keseluruhan mencapai 132 cm. Gagang sapu ini terbuat dari bambu yang nyaman untuk Anda pegang dan dilengkapi gantungan untuk memudahkan penyimpanan.

2. Scotch-Brite Sapu Ijuk

2. Scotch-Brite Sapu Ijuk

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 60.000

Dapat membersihkan segala sudut ruangan dengan ijuk yang kuat

Anda menyenangi rumah yang bersih? Wujudkan kebersihan rumah Anda dengan menggunakan sapu ijuk ini. Sapu ijuk ini memiliki kualitas yang baik, tidak mudah rontok, kuat, serta tahan lama. Tentunya, sapu ijuk ini dapat membersihkan lantai rumah Anda dengan mudah dan menjadi salah satu alat pembersih paling berguna di rumah.

Tidak hanya untuk membersihkan lantai, dengan gagangnya yang cukup panjang, sapu ini cocok untuk Anda gunakan membersihkan langit-langit rumah dari sarang laba-laba atau debu yang menempel. Baik sudut ruangan yang sulit dijangkau, kolong tempat tidur, maupun bawah sofa kini dapat dengan mudah Anda bersihkan menggunakan sapu ini.

1. Krisbow Sapu dan Pengki

1. Krisbow Sapu dan Pengki

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 199.000

Desain 2-in-1 yang sangat praktis!

Sapu keluaran Krisbow ini dilengkapi dengan pengki yang ergonomis. Bulu sapu terbuat dari bahan material yang lembut dan berkualitas sehingga dapat menyapu debu dan kotoran yang ada di lantai dengan efektif. Keistimewaan lainnya berasal dari tutup pengki yang dapat diayun untuk mencegah kotoran keluar kembali dari pengki.

Selain penggunaannya yang sangat praktis, penyimpanannya pun praktis karena dapat ditumpuk sehingga mudah disimpan dan menghemat tempat penyimpanan. Sapu dan pengki berpenutup ini dirasa cocok untuk Anda yang tidak mau repot dan menyukai kepraktisan karena Anda mendapatkan produk 2-in-1 secara sekaligus dalam satu pembelian.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda tentang berbagai jenis sapu yang telah kami rekomendasikan untuk Anda? Temukanlah yang sesuai dan mudah Anda gunakan, serta memiliki kelebihan yang dapat membantu pekerjaan Anda.

Setelah menemukan yang tepat dan menggunakannya, jangan lupa untuk selalu merawatnya dengan baik agar dapat Anda gunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Sediakanlah tempat khusus untuk menyimpan sapu tersebut dan bersihkanlah setelah digunakan, tentu sapu akan menjadi lebih awet.