mybest
Peralatan sapu

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kebutuhan rumah tangga
  3. Peralatan kebersihan
  4. 20 Rekomendasi Sapu Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

    20 Rekomendasi Sapu Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

    Sapu adalah salah satu alat pembersih rumah yang digunakan sejak lama. Sebagian orang memang sudah beralih menggunakan alat pembersih yang lebih modern seperti mesin penyedot debu. Namun, kenyataannya jenis sapu seperti sapu ijuk, sapu lidi, dan sapu plastik masih banyak dicari.

    Supaya bisa memilih dengan mudah, kami akan menjelaskan cara memilih sapu dan merekomendasikan sapu-sapu yang bagus. Anda akan menemukan beragam sapu berkualitas, seperti COOGER, Goto, dan sebagainya dalam artikel ini. Temukanlah sapu terbaik untuk membuat kegiatan bersih-bersih makin menyenangkan!
    Diperbaharui 29/11/2023
    Tim Editorial mybest
    Penyunting
    mybest, Inc.
    Tim Editorial mybest

    mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

    Profil Tim Editorial mybest
    Lanjut membaca

    Daftar isi

    Klik di sini untuk mencari Sapu berdasarkan tipenya

    Laman ini menampilkan urutan Sapu berdasarkan tipenya.

    Sapu, ekonomis untuk membersihkan ruangan

    Sapu, ekonomis untuk membersihkan ruangan
          Sapu dikenalkan pertama kali di Massachusetts, Amerika Serikat, oleh seorang petani pada 1797. Sapu tersebut dibuat dari rumput berumbai (sorghum vulgare) yang diikat pada tongkat dan dijual kepada masyarakat sekitar.

    Meskipun terkadang dianggap lebih lambat membersihkan ruangan dibandingkan vacuum cleaner, ternyata sapu mampu membersihkan lebih cepat, lho! Beberapa keunggulan lainnya dari sapu adalah:


    • Sapu dapat digunakan untuk membersihkan sudut ruangan yang sulit dijangkau oleh vacuum cleaner

    • Sapu manual tidak menimbulkan suara yang mengganggu. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan sapu untuk membersihkan ruangan saat malam hari.

    • Harganya terjangkau plus ketahanannya tinggi. Apabila dirawat dengan baik, sapu bahkan bisa digunakan selama 5–10 tahun ke depan. Alhasil Anda pun tidak perlu membeli sapu terlalu sering. 

    • Sapu manual tidak membutuhkan power supply sehingga kian ekonomis. 

    Mungkin banyak keluarga yang tidak hanya menggunakan sapu untuk membersihkan ruangan. Namun, dengan memiliki sapu, Anda bisa membersihkan rumah kapan saja, bahkan hingga ke sudut ruangan.

    Cara memilih sapu

    Sapu の選び方

    Sebelum Anda memilih sapu, ada baiknya Anda menyimak cara memilihnya terlebih dahulu. Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih sapu. Berikut akan kami jelaskan satu per satu.

    1

    Pilih berdasarkan jenisnya: Sapu otomatis atau sapu manual

    Dewasa ini, jenis sapu makin beragam. Produsen sapu mengeluarkan produk yang memudahkan Anda membersihkan ruangan. Tidak hanya sapu manual. Produsen juga berinovasi dengan menciptakan sapu otomatis. Namun, baik sapu manual maupun sapu otomatis, keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Berikut ini kami bahas keunggulan tiap-tiap jenis sapu.

    Sapu otomatis, praktis dan tidak memerlukan pengki terpisah

    Sapu otomatis, praktis dan tidak memerlukan pengki terpisah
    Sumber: shopee.co.id

    Bila Anda mengutamakan kepraktisan ketika menyapu, sapu otomatis merupakan produk yang cocok untuk Anda. Ketika menyapu tentunya Anda membutuhkan pengki untuk mengumpulkan debu dan kotoran. Nah, sapu otomatis memiliki tabung penampung debu yang berfungsi menyimpan kotoran. Jadi, Anda tidak perlu lagi repot menggunakan pengki.

    Sapu manual, dapat menjangkau hingga sudut ruangan

    Sapu manual, dapat menjangkau hingga sudut ruangan

    Bagi Anda yang akan membersihkan ruangan dengan banyak sudut, sebaiknya Anda memilih sapu manual. Sapu manual memiliki bentuk yang lebar dan pipih sehingga sangat efektif menjangkau sudut ruangan. 

    2

    Untuk sapu manual, cek material serta kelenturan sapu sesuai area penggunaannya

    Sapu terbuat dari berbagai bahan, karena itu area yang tepat untuk penggunaannya pun akan berbeda-beda. Secara umum, kami akan menjelaskan tiga jenis sapu berdasarkan kelenturan bahan dan rekomendasi area yang pas untuk memakainya. Pilihlah jenis sapu sesuai dengan area yang ingin Anda bersihkan agar kegiatan menyapu makin cepat dan mudah!

    Sapu ijuk: Untuk membersihkan dalam ruangan

    Sapu ijuk: Untuk membersihkan dalam ruangan
    Sapu berbahan ijuk dibuat dari serat pohon aren atau serabut kelapa yang dijalin menjadi satu. Sapu ini pas untuk membersihkan bagian dalam rumah dengan mudah dan cepat. Beberapa keunggulan sapu ijuk, yaitu:
    • Sifatnya yang lentur memungkinkan Anda memakainya untuk membersihkan debu dan kotoran, bahkan pada karpet.
    • Ujungnya yang tipis memudahkan Anda membersihkan sudut dan area berlekuk dalam ruangan.
    • Sapu ijuk dapat digunakan tanpa menimbulkan suara berisik

    Namun, saat menggunakannya pertama kali mungkin serabut ijuknya ada yang rontok dan membuat kotor. Untuk mengatasinya, kibaskan sapu tersebut agar helaian ijuk yang tidak terjalin dengan baik bisa terlepas. Sapu ini juga tidak bisa dicuci sehingga Anda sebaiknya tidak menyapu lantai yang basah menggunakan sapu ijuk. Hal tersebut dapat membuat debu kotoran malah melekat pada sapu.

    Sapu plastik atau sintetis: Untuk membersihkan teras rumah

    Sapu plastik atau sintetis: Untuk membersihkan teras rumah
    Apabila Anda mencari sapu yang awet sekaligus tahan air, sapu ijuk sintetis adalah pilihan tepat. Bahan ini dapat menyapu kerikil dan debu, cocok untuk membersihkan area teras dan beranda rumah Anda. Sapu ini juga bisa digunakan untuk membersihkan debu pada karpet jika Anda ingin menggunakannya di dalam ruangan.

    Berbeda dengan sapu ijuk, sapu plastik ini dapat dicuci dan dibersihkan dengan mudah. Selain itu. sapu plastik juga tidak mudah rontok seperti sapu ijuk. Sayangnya, dibandingkan sapu ijuk, sapu plastik terkesan lebih kaku dan tidak mudah melengkung.

    Sapu lidi: Untuk membersihkan kebun dan pekarangan rumah

    Sapu lidi: Untuk membersihkan kebun dan pekarangan rumah
    Pekarangan rumah biasanya banyak kerikil serta guguran daun untuk disapu. Untuk itu, Anda membutuhkan sapu lidi. Sapu lidi umumnya terbuat dari pelepah kelapa atau aren dan cocok untuk membersihkan pekarangan rumah. Sapu ini dapat digunakan untuk waktu yang lama karena bahannya cukup kuat. Karakteristik lainnya dari sapu ini adalah memiliki kepadatan yang tidak begitu rapat.


    Selain tidak merusak halaman rumput Anda, kerikil pun dapat tersapu dengan baik. Sapu jenis ini juga cocok untuk menyapu jalanan aspal dengan baik. Berhubung penggunaannya luas, Anda dapat memilih sapu lidi untuk membersihkan halaman dan pekarangan rumah Anda. Sebagai informasi, beberapa produk sapu lidi di Indonesia tidak memiliki gagang sehingga panjangnya tergolong sedang.

    3

    Sesuaikan panjang gagang dengan penggunaannya: Gagang panjang, sedang, atau pendek

    Sesuaikan panjang gagang dengan penggunaannya: Gagang panjang, sedang, atau pendek

    Berdasarkan panjang gagangnya, sapu dapat dibagi menjadi tiga jenis. Ada sapu bergagang panjang, sapu bergagang sedang, serta sapu bergagang pendek. Pilihlah produk dengan panjang gagang sesuai tujuan penggunaannya. Sebagai contoh, Anda bisa membersihkan area yang luas menggunakan sapu bergagang panjang. Sementara itu, sapu gagang pendek tepat dipilih untuk membersihkan area sempit.


    • Sapu bergagang panjang biasanya memiliki panjang lebih dari 120 cm. Sapu ini digunakan dengan memegangnya pada kedua tangan saat Anda berdiri. Anda tidak akan mudah lelah saat menggunakannya karena Anda tidak perlu membungkukkan badan.

    • Sapu dengan panjang gagang sedang, memiliki panjang antara 70–100 cm. Untuk menggunakannya, Anda perlu sedikit membungkukkan badan. Meskipun begitu, produk ini tergolong mudah digunakan karena Anda bisa menggunakannya dengan satu tangan.

    • Sapu dengan gagang pendek umumnya memiliki panjang sekitar 30 cm. Sapu jenis ini kami rekomendasikan untuk membersihkan area yang sempit, seperti sudut meja, bingkai jendela, dan lain sebagainya.

    Penting untuk diingat, panjang gagang sapu akan memengaruhi postur tubuh Anda saat membersihkan ruangan. Jadi, jangan sampai Anda salah memilih dan malah membuat Anda cepat lelah atau pegal saat menyapu, ya!

    Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

    10 Merk Sapu Lantai yang Bagus (Terbaru Tahun 2023)

    Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sapu lantai terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

    No.1

    CoogerSapu Otomatis Pembersih Lantai Ultra Automatic

    Sapu Otomatis Pembersih Lantai Ultra Automatic 1
    Sumber: shopee.co.id
    Sapu Otomatis Pembersih Lantai Ultra Automatic 2
    Sumber: shopee.co.id
    Sapu Otomatis Pembersih Lantai Ultra Automatic 3
    Sumber: shopee.co.id
    Sapu Otomatis Pembersih Lantai Ultra Automatic 4
    Sumber: shopee.co.id
    Sapu Otomatis Pembersih Lantai Ultra Automatic 5
    Sumber: shopee.co.id
    Harga referensi
    Rp249.500
    Harga referensi
    Rp249.500

    Ingin menyapu dan mengepel sekaligus? Pakai saja produk ini!

    Seiring berkembangnya zaman, tipe dari sapu pun makin unik, salah satunya adalah sapu dorong dari Cooger ini. Produk ini tidak hanya berguna untuk menyapu, tetapi bisa untuk mengepel sekaligus. Didesain menggunakan sikat rol yang bisa berputar 180 derajat, sapu ini mampu membersihkan secara lebih menyeluruh. 


    Selain itu, ada juga kuas sisi panjang dan bahan serat pengunci air yang dapat membuat lantai tidak licin. Anda juga tidak memerlukan serokan lagi karena produk ini sudah dilengkapi tempat sampah yang menyatu. Solusi terbaik jika Anda ingin mendapatkan sapu yang bisa membuat kegiatan bersih-bersih lantai jadi mudah.

    Jenis gagangSedang
    TipeSapu dorong
    Ukuran34 x 17 x 110 cm
    Jenis sapuOtomatis
    Bahan bulu sapuPoliester
    PenggunaanIndoor
    Gagang kayu
    Fungsi tambahan
    View all
    No.2

    GM Bear Sapu Lantai Pengki Set 1776

    Harga referensi
    Rp159.600

    Desainnya simpel, pas untuk rumah minimalis Anda

    Anda memiliki rumah dengan tampilan minimalis? Nah, pertimbangkan sapu lantai satu ini guna melengkapi perabotan kebersihan Anda. Desain sapu ini dibuat simpel dengan warna terang yang netral khas looks minimalis. Anda juga sudah dapat pengki sekaligus saat membelinya. Jadi, Anda tidak perlu repot mencari pasangan pengki yang sesuai dengan sapu untuk menyeragamkan tampilannya.

    Jenis gagangSedang
    TipeSapu plastik
    Ukuran90 x 27 x 8 cm
    Jenis sapuManual
    Bahan bulu sapuSintetis
    PenggunaanIndoor
    Gagang kayu
    Fungsi tambahan
    View all
    No.3

    Intan JayaSapu Lantai Rayung

    Harga referensi
    Rp10.900

    Sapu lantai yang terjangkau dan tetap nyaman digunakan

    Anda ingin mendapatkan sapu rumah yang bagus, tetapi budget yang dimiliki terbatas? Untuk menjawab permasalahan tersebut, kami merekomendasikan sapu ijuk yang bagus dari Intan Jaya. Produk ini terbuat dari rayung kualitas terbaik. 


    Tak heran jika sapu ini awet dan antirontok meskipun mempunyai harga jual yang ekonomis. Di sisi lain, rancangan sapunya pun dibuat sedemikian rupa supaya lebih nyaman saat digunakan. Jadi, Anda tetap bisa menjaga rumah bersih maksimal meski hanya dengan sapu berharga minimal.

    Jenis gagangSedang
    TipeSapu ijuk
    Ukuran105 x 35 cm
    Jenis sapuManual
    Bahan bulu sapuRayung
    PenggunaanIndoor, outdoor
    Gagang kayu
    Fungsi tambahan
    View all
    No.4

    3MScotch-Brite Sapu Ijuk Set ID-45

    Harga referensi
    Rp71.200

    Sapu yang ringan dan tidak bikin pegal

    Apakah tangan Anda sering merasa pegal setelah menyapu lantai? Selain karena ruangan yang besar, mungkin sapu Anda terlalu berat. Untuk mengatasinya, coba ganti sapu lama Anda dengan produk dari 3M. 


    Sapu lantai lebar Scotch-Brite ini diklaim berbobot ringan sehingga nyaman digunakan. Karena dibuat dari nilon, bulunya tak akan mudah rontok. Namun, jika bulu sapu dirasa sudah rusak, Anda bisa mengganti bulunya saja tanpa perlu membeli sapu baru.

    Jenis gagangSedang
    TipeSapu ijuk
    Ukuran88 cm (panjang gagang)
    Jenis sapuManual
    Bahan bulu sapuIjuk
    PenggunaanIndoor, outdoor
    Gagang kayu
    Fungsi tambahan
    View all
    No.5

    Goto LivingRamona Broom Sapu Pel

    Harga referensi
    Rp179.800

    Gagangnya bisa ditekuk, menyapu jadi lebih mudah dan praktis

    Bila Anda menginginkan sapu yang bisa menyedot semua debu dan kotoran secara otomatis, cobalah produk ini. Anda pun tidak perlu lagi menggunakan pengki karena kotoran akan langsung terkunci di kotak penyimpan debu.


    Selain tanpa listrik, sapu ini hadir dengan desain yang ergonomis. Gagangnya mudah dilipat sesuai kebutuhan atau saat membersihkan lantai. Jadi, Anda dapat membersihkan kotoran di bawah furnitur dengan lebih mudah, deh.

    Jenis gagangSedang
    TipeSapu dorong
    Ukuran33 cm x 16,3 cm x 113 cm
    Jenis sapuOtomatis
    Bahan bulu sapuTidak diketahui
    PenggunaanIndoor
    Gagang kayu
    Fungsi tambahan
    View all
    No.6

    DragonSapu CheetahSP-162

    Harga referensi
    Rp38.000

    Penggunaan dua warna bulu sapu untuk menambah keunikan

    Jika biasanya sapu lantai hanya memiliki satu warna pada bahan bulunya, tidak demikian dengan Dragon Sapu Cheetah. Produk ini mengombinasikan dua warna bulu sapu, yakni biru tua dan kuning, sehingga terlihat unik saat digunakan. Apabila Anda bosan dengan tampilan sapu pembersih lantai yang itu-itu saja, sudah saatnya untuk mempertimbangkan produk Dragon ini.

    Jenis gagangPanjang
    TipeSapu sintetis
    Ukuran110 cm
    Jenis sapuManual
    Bahan bulu sapuNylon
    PenggunaanIndoor
    Gagang kayu
    Fungsi tambahan
    View all
    No.7

    BagusSapu Lantai (Floor Broom)339

    Harga referensi
    Rp83.900

    Bulu sapu tebal dan tak mudah rontok

    Tragedi bulu sapu yang rontok tidak akan terjadi lagi jika Anda menggunakan produk ini. Sapu lantai dari Bagus ini memiliki bulu yang tebal sekaligus terjamin keawetannya. Anda pun dapat memakai sapu ini dalam jangka panjang. Gagangnya juga kokoh sehingga tidak akan mudah patah. Jadi, jika Anda mencari sapu yang tahan lama dan berkualitas, pilihlah produk ini.

    Jenis gagangPanjang
    TipeSapu sintetis
    Ukuran122 x 27 cm
    Jenis sapuManual
    Bahan bulu sapuNylon bristle
    PenggunaanIndoor
    Gagang kayuTidak diketahui
    Fungsi tambahan
    View all
    No.8

    AngolaSet Sapu Pengki Pembersih (Broom Set Dustpan)D63

    Harga referensi
    Rp150.000

    Praktis! Gagang sapu bisa diputar, pengkinya dilengkapi gerigi pembersih sapu

    Sapu ini sudah dilengkapi dengan pengki, Anda jadi tak perlu membeli pengki secara terpisah. Angola Broom Set Dustpan merupakan merek sapu lantai yang bagus jika Anda tinggal di apartemen atau rumah minimalis. Pengkinya juga dapat dilipat ketika tidak digunakan sehingga Anda dapat menghemat tempat penyimpanan. Selain untuk menampung kotoran, pengkinya juga dilengkapi gerigi seperti sisir yang berguna untuk membersihkan kotoran dari sapu.


    Membahas soal sapu, gagang sapu lantai ini juga dapat diputar ke arah kiri atau kanan untuk memudahkan pembersihan sudut rumah. Hal ini tentunya sangat berguna untuk membersihkan bagian bawah meja atau lemari tanpa harus menggesernya.

    Jenis gagangSedang
    TipeSapu sintetis
    Ukuran27,5 x 97 cm
    Jenis sapuManual
    Bahan bulu sapuSintetis
    PenggunaanIndoor
    Gagang kayu
    Fungsi tambahan
    View all
    Harga referensi
    Rp154.900

    Dilengkapi kain microfiber, sekali sapu langsung mengilap!

    BOLDë Super Broom X-tra merupakan sapu otomatis terbaik bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk bersih-bersih. Produk ini dilengkapi dengan kain microfiber di antara sikat bulat dan sikat rolnya. Jadi, Anda bisa menyapu baik lantai biasa maupun lantai keramik dengan mudah menggunakan sapu ini.


    Sapu lantai untuk keramik ini dapat Anda gunakan untuk menyapu sekaligus menangkap debu halus. Lantai pun akan langsung tampak bersih dan mengilap tanpa perlu dipel. Hemat waktu dan tenaga, bukan? Karena itu, produk ini layak dipilih jika Anda menginginkan lantai keramik yang senantiasa mengilap.

    Jenis gagangTidak diketahui
    TipeSapu dorong
    UkuranTidak diketahui
    Jenis sapuOtomatis
    Bahan bulu sapuPlastik daur ulang
    PenggunaanIndoor
    Gagang kayu
    Fungsi tambahan
    View all
    No.10

    BASSY Sapu Pengki HSB645

    Harga referensi
    Rp89.900

    Sapu mini yang lucu untuk media belajar si kecil menyapu

    Anda ingin mengajarkan si kecil kebersihan melalui cara menyapu? Jika iya, kami merekomendasikan set sapu pengki lucu dan menggemaskan ini. Desain bebek berwarna kuning membuat tampilannya cerah dan menyenangkan saat dipakai.


    Selain memiliki tampilan yang lucu, sapu ini memiliki ukuran yang mini sehingga pas untuk tinggi badan anak. Material plastiknya juga aman karena tidak melukai anak. Terlebih ada pengki dengan desain senada yang memudahkan kegiatan belajar menyapu si kecil.

    Jenis gagangPendek
    TipeSapu plastik
    Ukuran16 x 35 cm
    Jenis sapuManual
    Bahan bulu sapuPlastik PP
    PenggunaanIndoor
    Gagang kayu
    Fungsi tambahan
    View all

    10 Rekomendasi Sapu Lidi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

    Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sapu lidi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

    No.1

    Sapu Lidi Taman Gagang Jumbo

    Sapu Lidi Taman Gagang Jumbo 1
    Sumber: shopee.co.id
    Sapu Lidi Taman Gagang Jumbo 2
    Sumber: shopee.co.id
    Sapu Lidi Taman Gagang Jumbo 3
    Sumber: shopee.co.id
    Sapu Lidi Taman Gagang Jumbo 4
    Sumber: shopee.co.id
    Sapu Lidi Taman Gagang Jumbo 5
    Sumber: shopee.co.id
    Harga referensi
    Rp10.000
    Agak Murah
    Harga referensi
    Rp10.000
    Agak Murah

    Gagang sangat tebal dan kukuh untuk kenyamanan

    Kelebihan:

    • Gagang sapunya panjang, cocok digunakan menyapu halaman 

    Kekurangan:

    • Beberapa pembeli mendapatkan produk yang lidinya banyak patah, perlu mengingatkan seller untuk mengemasnya dengan lebih aman

    Ketika menyapu halaman dalam waktu yang lama, terkadang telapak tangan bisa menjadi lecet. Jika Anda sering mengalami hal tersebut, saatnya beralih ke sapu lidi outdoor ini. Dilengkapi dengan gagang bambu yang sangat tebal dan kukuh, produk ini nyaman untuk digenggam. Sapu lidi ini juga memiliki ujung handle yang tebal sehingga mampu meningkatkan kenyamanan saat satu tangan bertumpu.

    No.2

    Sapu Lidi Batang Aren

    Harga referensi
    Rp6.503
    Lebih Murah

    Penggunaan full aren untuk meningkatkan kenyamanan

    Kelebihan:

    • Lidinya dianyam sehingga lebih rekat dan tidak mudah lepas

    Kekurangan:
    • Tidak ada pengait untuk menggantungkan sapu

    Keunikan dari sapu ini terletak pada penggunaan batang aren muda sebagai lidinya. Alhasil, sapu lidi aren ini lebih kuat, serta tidak mudah patah atau rontok. Selain itu, bagian lidinya juga tampak lebih bersih sekaligus terasa lentur.


    Ditambah lagi, bagian pegangannya juga terbuat dari anyaman daun aren sehingga mantap dan nyaman saat digenggam. Pilihan tepat untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan saat bersih-bersih!

    No.3

    Gunung SewuLidi Tebah

    Harga referensi
    Rp24.500
    Menengah

    Lebih efektif berkat lidinya yang panjang dan lentur

    Kelebihan:

    • Lidinya diklaim lentur dan tidak mudah patah

    Kekurangan: 

    • Ada pembeli yang mengatakan bahwa isi lidinya kurang padat

    Bila akan mencari sapu lidi tebah untuk kasur, pastikan mencari sapu dengan lidi yang lentur dan panjang. Sapu lidi yang lentur telah melewati proses perendaman yang sempurna sehingga tidak akan mudah patah. Nah, sapu lidi dari Gunung Sewu ini merupakan pilihan yang cocok karena lidinya memiliki panjang 76 cm dan lentur. Lidinya pun mengggunakan lidi yang sudah diproses dengan pewarna sehingga terlihat lebih cerah dan menarik.

    No.4

    Ikoca Sapu Lidi Kasur PremiumIKO-205

    Harga referensi
    Rp25.000
    Menengah

    Sapu lidi kualitas premium untuk bersihkan tempat tidur dan sofa

    Kelebihan:

    • Dibuat dengan lidi kualitas terbaik sehingga tidak mudah patah

    Kekurangan:

    • Tidak dilengkapi pengait untuk menggantung sapu lidi

    Pilihan sapu lidi kasur di pasaran memang beragam. Namun, jangan memilih sapu lidi sembarangan, ya. Pastikan Anda memilih produk yang berkualitas. Jika tidak, sapu lidi akan mudah patah sehingga kurang optimal untuk membersihkan kasur dan sofa.


    Apabila Anda mencari sapu lidi yang berkualitas, Anda bisa memilih sapu lidi dari Ikoca. Sapu ini menggunakan lidi daun kelapa muda yang kelebihannya adalah lebih lentur dan tidak mudah patah. 

    No.5

    DragonSapu Lidi Kasur

    Harga referensi
    Rp18.000
    Menengah

    Pegangannya menahan lidi dengan sempurna

    Kelebihan:

    • Pegangannya dibuat menggunakan plastik bertekstur lembut sehingga nyaman digenggam

    Kekurangan:

    • Panjangnya hanya sekitar 60 cm, mungkin kurang pas untuk kasur berukuran besar

    Mungkin Anda pernah memiliki sapu lidi yang karet pengikatnya mudah lepas sehingga lidi jadi berceceran. Bila Anda menggunakan produk ini, Anda tidak perlu lagi cemas dengan hal tersebut. Bagian handle produk ini dipres sehingga lidi terikat kencang dan sempurna.


    Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan kasur hingga bedcover tanpa perlu khawatir lidi terlepas dari handle. Sapu lidi ini juga bisa digunakan untuk mengusir serangga yang mengganggu kenyamanan Anda.

    No.6

    CleanmaticSapu Lidi Kebun Pendek170098

    Harga referensi
    Rp30.800
    Agak Mahal

    Desainnya paling tradisional dan sederhana

    Kelebihan:

    • Lidi lebih awet dan bebas dari jamur dan hama karena sudah dilapisi pestisida

    Kekurangan:

    • Warna lidinya sedikit kusam sehingga tampilannya mungkin kurang menarik

    Apabila Anda menyukai peralatan rumah tangga dengan desain tradisional, sapu lidi ini sangat pas untuk dipilih. Penggunaan daun kelapa kering menjadikan produk ini mempunyai warna cokelat yang sangat eksotis. Desainnya pun simple karena lidi hanya diikat secara sederhana. Namun, jangan khawatir karena ikatannya sangat kencang!

    No.7

    Sapu Lidi Hello Kitty

    Harga referensi
    Rp35.000
    Agak Mahal

    Bentuk gagang lucu dengan motif Hello Kitty

    Kelebihan:

    • Boneka kepala Hello Kitty-nya lucu dan imut, pasti disukai anak-anak

    Kekurangan:

    • Jika dibandingkan sapu lidi dengan jenis serupa, harganya cenderung mahal

    Anda ingin mengajari si kecil untuk membereskan kamarnya sejak dini? Inilah saatnya memilih sapu lidi dengan handle bermotif karakter Hello Kitty. Desain lucu pada bagian gagangnya akan membuat si kecil makin tertarik untuk mengebas kasurnya sendiri. Anda hanya perlu mengawasi agar lidinya tidak mengarah ke wajah anak-anak.

    No.8

    IkocaSapu Lidi GagangIKO-128

    Harga referensi
    Rp11.500
    Agak Murah

    Bobotnya ringan, tangan jadi tak mudah lelah

    Kelebihan:

    • Sisi bawah sapu berbentuk melebar sehingga membuat proses menyapu lebih praktis
    • Lidi tidak mudah rontok karena dianyam dengan kuat

    Kekurangan:

    • Tidak dapat memilih variasi warna gagang

    Daun yang berceceran dan kotoran yang menyebar di pekarangan rumah mungkin membuat Anda perlu menyapu dalam waktu lama. Saat itu terjadi, sering kali rasa pegal tak terhindarkan. Untuk mempermudah pekerjaan, sebaiknya ganti sapu lidi Anda dengan sapu lidi dari Ikoca ini.


    Sapu lidi ini memiliki bobot yang ringan sehingga akan memudahkan gerak Anda dan membuat tangan tidak mudah lelah. Tak hanya itu, gagangnya yang panjang akan mengurangi rasa pegal karena Anda tidak perlu membungkuk saat menyapu.

    No.9

    CleanmaticSapu Lidi Kebun Gagang170081

    Sapu Lidi Kebun Gagang 1
    Sumber: shopee.co.id
    Sapu Lidi Kebun Gagang 2
    Sumber: shopee.co.id
    Harga referensi
    Rp44.300
    Lebih Mahal
    Harga referensi
    Rp44.300
    Lebih Mahal

    Lebih awet, bebas dari jamur dan hama

    Kelebihan:

    • Lidinya lentur sehingga nyaman saat digunakan
    • Lidi diikat dengan metode anyam sehingga tidak mudah lepas

    Kekurangan:

    • Warna lidinya sedikit kusam sehingga kurang estetik

    Bagi Anda yang selalu mengutamakan kualitas saat membeli barang, pastikan untuk memilih sapu lidi produksi Cleanmatic ini. Sapu lidi gagang ini telah dilapisi dengan anti-pestisida sehingga akan memiliki umur simpan yang lebih panjang.


    Lidinya pun tidak mudah rusak akibat serangan hama, serangga, atau jamur yang biasa menempel setelah membersihkan halaman. Bukan hanya itu, sapu lidi ini juga mempunyai ukuran lidi dan gagang yang terpanjang dibandingkan produk lainnya. Dengan begitu, Anda dapat lebih cepat membersihkan lebih banyak area.

    Bentuk sisinya melebar, cocok untuk menyapu halaman yang luas

    Kelebihan:

    • Lebih alami karena tidak menggunakan bahan pemutih

    Kekurangan:

    • Ada pembeli yang mengatakan bahwa gagang sapunya kurang panjang

    Menyapu pekarangan rumah yang luas tentunya membutuhkan waktu yang lama. Namun, jika Anda menggunakan sapu ini, kegiatan menyapu Anda akan lebih efektif sebab sapu ini memiliki sisi samping ke bawah berbentuk kotak dan lebar. Dengan sapu ini, kotoran akan cepat terangkat dan pekerjaan pun bisa selesai lebih cepat. Selain itu, dengan membeli produk ini, Anda turut mendukung bisnis lokal.

    Tips menyapu lantai yang benar dan efektif

    Tips menyapu lantai yang benar dan efektif
      Meskipun terlihat sederhana, memakai sapu untuk membersihkan lantai ternyata ada caranya, lho. Dengan cara yang tepat, aktivitas menyapu menjadi lebih efektif, lantai rumah pun makin bersih. Berikut ini kami berikan beberapa tips menyapu lantai yang benar dan efektif.

    • Pertama, Anda perlu menghindari bagian lantai yang basah. Jangan sampai Anda menyapu bagian tersebut karena akan membuat kotoran jadi menempel sehingga lebih ribet ketika membersihkannya.

    • Agar kotoran tidak tercecer dan mengotori bagian yang sudah bersih, Anda bisa menyapu dari sudut yang paling dalam.

    • Anda juga bisa menyapu dengan gerakan yang pendek-pendek. Hal tersebut dimaksudkan supaya kotoran bisa tersapu dengan baik dan lantai menjadi bersih.

    • Pastikan Anda menyapu dengan pelan agar kotoran dan debu tidak beterbangan. Lalu, kumpulkan di satu tempat yang dekat dengan tempat sampah atau pintu keluar.

    • Setelah selesai menyapu, bersihkan sapu sebelum disimpan. Anda bisa menggoyangkan atau menepuk sapu agar kotoran yang menempel berguguran. 

    Agar kotoran dan debu tidak menumpuk di lantai, idealnya Anda menyapu lantai pada waktu pagi dan sore hari. Namun, jika tidak memiliki banyak waktu, Anda bisa menyapunya minimal 1 hari sekali. 

    Baca juga rekomendasi peralatan pembersih lainnya di sini

    Selain sapu, masih banyak peralatan pembersih lainnya yang mungkin Anda perlukan. Tertarik untuk mengetahui lebih detail? Kalau begitu, langsung saja klik tautan berikut ini, ya!

    Kesimpulan

    Bagaimana menurut Anda tentang berbagai jenis sapu yang telah kami rekomendasikan untuk Anda? Temukanlah yang mudah Anda gunakan serta memiliki kelebihan yang dapat membantu pekerjaan Anda.

    Setelah menemukan produk yang tepat, jangan lupa untuk selalu merawatnya. Dengan begitu, Anda dapat menggunakannya dalam waktu lama. Sediakanlah tempat khusus untuk menyimpan sapu tersebut dan bersihkanlah setelah digunakan agar sapu lebih awet.

    1. TOP
    2. Kebutuhan rumah tangga
    3. Peralatan kebersihan
    4. 20 Rekomendasi Sapu Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

    mybest

    Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
    mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

    Copyright mybest All Rights Reserved.