• 10 Rekomendasi Sapu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sapu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sapu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sapu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sapu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sapu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Sapu adalah salah satu alat pembersih rumah yang digunakan sejak lama. Sebagian orang memang sudah beralih menggunakan alat pembersih yang lebih modern seperti mesin penyedot debu. Namun, nyatanya jenis sapu seperti sapu ijuk, sapu lidi, dan sapu plastik masih banyak dicari.

Agar Anda semakin mudah memilih, kami akan menjelaskan cara memilih sapu dan merekomendasikan sapu-sapu terbaik. Anda akan menemukan beragam sapu berkualitas, misalnya keluaran Clean-Matic, 3M, dan sebagainya dalam artikel ini. Temukanlah sapu terbaik untuk membuat kegiatan bersih-bersih semakin menyenangkan!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 4.867 Views
Daftar isi

Sapu, ekonomis untuk membersihkan ruangan

Sapu, ekonomis untuk membersihkan ruangan
Sapu terkadang dianggap lebih lambat membersihkan ruangan dibanding vacuum cleaner, tetapi nyatanya sapu mampu membersihkan lebih cepat, lho! Selain itu, sapu juga dapat digunakan untuk membersihkan sudut ruangan yang sulit dijangkau vacuum cleaner. Tanpa adanya suara yang mengganggu, Anda pun dapat menggunakan sapu untuk membersihkan ruangan saat malam hari. Seluruh keunggulan tersebut membuat sapu tetap populer, permintaan pasar akan sapu pun tetap tinggi.
Daya tarik lain dari sapu adalah harga terjangkau plus ketahanan yang tinggi. Bila dirawat dengan baik, sapu bahkan bisa digunakan selama 5-10 tahun ke depan. Dengan begitu, Anda pun tidak perlu membeli sapu terlalu sering. Tidak hanya itu, sapu juga tidak membutuhkan power supply sehingga kian ekonomis. Mungkin banyak keluarga yang tidak hanya menggunakan sapu untuk membersihkan ruangan. Namun, dengan memiliki sapu Anda bisa membersihkan kapan pun dibutuhkan bahkan hingga ke sudut ruangan.

Cara memilih sapu

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih sapu. Berikut akan kami jelaskan satu per satu.

Pilih panjang gagang yang sesuai dengan penggunaannya

Pilih panjang gagang yang sesuai dengan penggunaannya
Berdasarkan panjang gagangnya, sapu dapat dibagi menjadi tiga jenis. Ada sapu bergagang panjang, sapu bergagang sedang, serta sapu bergagang pendek.
Jenis sapu bergagang panjang biasanya memiliki panjang lebih dari 120 cm. Sapu ini digunakan dengan memegangnya pada kedua tangan saat Anda berdiri. Anda tidak akan mudah lelah saat menggunakannya karena Anda tidak perlu membungkukkan badan.
Jenis yang kedua adalah sapu dengan panjang gagang sedang, memiliki panjang antara 70–100 cm. Untuk menggunakannya Anda perlu sedikit membungkukkan badan. Meski begitu, produk ini tergolong mudah digunakan karena Anda bisa menggunakannya dengan satu tangan.
Terakhir adalah sapu dengan gagang pendek yang umumnya memiliki panjang sekitar 30 cm. Sapu jenis ini kami rekomendasikan untuk membersihkan area yang sempit, seperti sudut meja, bingkai jendela, dan lain sebagainya.
Penting untuk diingat, panjang gagang sapu akan memengaruhi postur tubuh Anda saat membersihkan ruangan. Jangan sampai Anda salah memilih dan malah membuat Anda cepat lelah atau pegal saat menyapu. Pilihlah produk dengan panjang gagang sesuai tujuan penggunaannya. Sebagai contoh, Anda bisa membersihkan area yang luas menggunakan sapu bergagang panjang. Di sisi lain, sapu gagang pendek tepat dipilih untuk membersihkan area sempit.

Pilih material dan kelenturan sapu sesuai area penggunaannya

Sapu terbuat dari berbagai bahan, karena itu area yang tepat untuk penggunaannya pun akan berbeda-beda. Secara umum, kami akan menjelaskan tiga jenis sapu berdasarkan kelenturan bahannya dan rekomendasi area yang pas untuk memakainya. Pilihlah jenis sapu sesuai area yang ingin Anda bersihkan agar kegiatan menyapu semakin cepat dan mudah!

Sapu ijuk untuk membersihkan dalam ruangan

Sapu ijuk untuk membersihkan dalam ruangan
Sapu berbahan ijuk dibuat dari serat pohon aren atau serabut kelapa yang dijalin menjadi satu. Sapu ini sangat tepat dipilih untuk membersihkan bagian dalam rumah. Sifatnya yang lentur memungkinkan Anda untuk memakainya membersihkan debu dan kotoran bahkan pada karpet. Selain itu, ujungnya yang tipis juga memudahkan Anda membersihkan sudut dan area berlekuk dalam ruangan.
Sapu ijuk ini dapat Anda gunakan tanpa menimbulkan suara berisik. Penggunaan sapu ijuk ini sangat pas untuk membersihkan bagian dalam rumah Anda dengan mudah dan cepat. Namun, saat menggunakannya pertama kali mungkin serabut ijuknya ada yang tercecer dan membuat kotor. Sapu ini juga tidak bisa dicuci sehingga ada baiknya Anda tidak menyapu lantai yang basah menggunakan sapu ini. Hal tersebut dapat membuat debu kotoran malah melekat pada sapu.

Sapu plastik / sintetis untuk membersihkan teras rumah

Sapu plastik / sintetis untuk membersihkan teras rumah
Bila Anda mencari sapu yang lentur, awet, sekaligus tahan air, sapu ijuk sintetis adalah pilihan tepat. Bahan ini dapat menyapu kerikil dan debu, cocok untuk membersihkan area teras dan beranda rumah Anda. Apabila Anda ingin menggunakannya di dalam ruangan, sapu ini juga bisa digunakan untuk membersihkan debu pada karpet.
Bila kotor, Anda dapat mencuci sapu ini dengan mudah agar kebersihannya tetap terjaga. Terkena air dan sabun juga tidak masalah untuk sapu jenis ini. Bagi Anda yang menginginkan kepraktisan dalam membersihkan teras atau beranda rumah, sapu ijuk sintetis ini bisa menjadi pilihan. Pilihlah desain dan harga yang sesuai dengan keinginan Anda. Untuk melengkapi alat pembersih di rumah Anda, ada baiknya untuk memiliki satu buah sapu ijuk sintetis ini.

Sapu lidi untuk membersihkan kebun dan pekarangan rumah

Sapu lidi untuk membersihkan kebun dan pekarangan rumah
Ketika Anda sedang membersihkan pekarangan rumah, tentu akan ada banyak kerikil serta guguran daun untuk disapu. Sapu lidi umumnya terbuat dari pelepah kelapa atau aren, cocok untuk membersihkan pekarangan rumah. Karakteristik dari sapu ini adalah memiliki kepadatan tidak begitu rapat. Selain tidak merusak halaman rumput Anda, kerikil pun dapat tersapu dengan baik. Beberapa produk sapu lidi di Indonesia juga tidak memiliki gagang sehingga membuatnya memiliki panjang sedang.
Sapu lidi dapat digunakan untuk waktu yang lama karena bahannya sendiri cukup kuat. Sapu jenis ini juga cocok untuk digunakan menyapu jalanan aspal yang permukaannya tidak rata dengan baik. Berhubung penggunaannya yang luas, Anda dapat memilih sapu lidi untuk membersihkan halaman dan pekarangan rumah Anda.

Pilih produk berdasarkan tempat penyimpanannya

Pilih produk berdasarkan tempat penyimpanannya
Penting untuk memilih sapu yang mudah diambil saat dibutuhkan dan bisa dengan cepat disimpan kembali. Dengan menyimpan sapu di dekat Anda, Anda pun akan semakin terbiasa untuk menyapu saat ruangan mulai kotor. Oleh karena itu, pilihlah sapu tidak hanya sesuai lokasi penggunaannya, tetapi juga tempat penyimpanannya.
Sapu bergagang panjang umumnya memiliki ukuran cukup besar. Bila Anda tidak mempertimbangkan tempat penyimpanannya terlebih dahulu, Anda tidak bisa langsung menyimpannya semisal saat hujan. Jadi, bila Anda berencana menggunakan sapu untuk jangka panjang, persiapkan juga tempat penyimpanannya, ya!

10 Rekomendasi sapu terbaik

Setelah ini, kami akan merekomendasikan sapu terbaik yang dapat Anda pilih. Jangan lupa untuk memperhatikan area yang akan Anda bersihkan agar pemilihan sapu menjadi tepat.
Jenis gagangPendek
TipeSapu ijuk
UkuranTidak disebutkan
Jenis gagangPendek
TipeSapu lidi
UkuranTidak disebutkan
Jenis gagangPanjang
TipeSapu sintetis
UkuranPanjang gagang : 110 cm
Jenis gagangPanjang
TipeSapu lidi
Ukuran140 cm × 50 cm × 6 cm
Jenis gagangPendek
TipeSapu plastik
UkuranSapu : 18 cm × 11 cm × 0,7 cm
Jenis gagangPanjang
TipeSapu sintetis
UkuranPanjang : 114 cm dan lebar : 24 cm
Jenis gagangSedang
TipeSapu ijuk
UkuranPanjang gagang : 90 cm
Jenis gagangPanjang
TipeSapu lidi
Ukuran132 cm × 28 cm × 11 cm
Jenis gagangPanjang
TipeSapu ijuk
UkuranTinggi : 117 cm dan lebar : 35 cm
Jenis gagangSedang
TipeSapu plastik
Ukuran47 cm × 98,5 cm × 16,8 cm

Baca juga rekomendasi peralatan pembersih lainnya di sini

Jika karpet Anda terasa sulit dibersihkan, Anda bisa menggunakan pembersih karpet atau vacuum cleaner. Vacuum cleaner tidak hanya bisa digunakan untuk membersihkan rumah, tetapi juga bisa untuk membersihkan mobil. Tertarik untuk mengetahui lebih detail? Anda bisa membacanya di sini.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda tentang berbagai jenis sapu yang telah kami rekomendasikan untuk Anda? Temukanlah yang sesuai dan mudah Anda gunakan, serta memiliki kelebihan yang dapat membantu pekerjaan Anda.
Setelah menemukan yang tepat dan menggunakannya, jangan lupa untuk selalu merawatnya. Dengan begitu, Anda pun dapat menggunakannya dalam waktu lama. Sediakanlah tempat khusus untuk menyimpan sapu tersebut dan bersihkanlah setelah digunakan, tentu sapu akan menjadi lebih awet.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memilih cat tembok bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti pemilihan warna, lokasi ruangan yang hendak dicat, kualitas cat, hingga penyesuaian dengan warna furnitur. Untuk itu Anda harus benar-benar jeli dalam memilih cat tembok.Saat ini, ada banyak jenis cat yang bisa dipilih seperti Nippon Paint, Jotun, Dulux Catylax, dan lain-lain. Supaya Anda tidak bingung dalam memilih, kami akan memberikan rekomendasi cat tembok terbaik beserta keunggulannya. Sebelum itu, kami juga berbagi tips mengenai hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih cat tembok. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    136.423 Views
  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vapor atau rokok elektronik, merupakan sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk orang yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan sebagainya. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    188.130 Views
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, perhatian terhadap bantal tidur berkualitas semakin meningkat. Dengan menggunakan bantal yang tepat, Anda dapat mengatasi bahu yang kaku dan mengurangi ketegangan pada leher. Namun, bantal memiliki beragam ketebalan, kepadatan, dan ukuran yang dapat membingungkan Anda saat memilihnya.Pertama-tama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang penting dalam memilih bantal. Kemudian, kami akan merekomendasikan merek bantal populer, seperti KING KOIL, RESTKING, Bestway, PillowPeople, Willow Pillow, dan lain-lain untuk Anda. Semoga artikel kami dapat membantu Anda.
    Kebutuhan rumah tangga
    38.407 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kompor adalah salah benda yang wajib ada di setiap rumah. Selain digunakan di dapur, ada juga kompor gas portabel yang dapat digunakan pada saat camping atau kegiatan outdoor lainnya. Saat ini sudah banyak produsen ternama seperti Rinnai, Kenmaster, Oxone dan sebagainya yang memproduksi berbagai jenis kompor gas portabel dengan berbagai varian, desain, dan harga yang beragam.Kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih kompor gas portabel dan produk-produk terbaik yang direkomendasikan untuk berbagai kegiatan memasak Anda baik di dalam maupun di luar ruangan. Simak pembahasannya berikut ini!
    Kebutuhan rumah tangga
    30.014 Views
  • 10 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu alat dapur yang sering digunakan saat memasak adalah pisau dapur. Ada beberapa jenis pisau seperti pisau santoku, pisau daging, pisau sashimi, dan pisau petty. Beberapa merek terkenal yang menjual pisau dapur adalah Jamie Oliver, Scanpan, dan Victorinox. Bahannya pun beragam, mulai dari stainless steel, keramik, hingga pisau dari baja.Banyaknya variasi produk membuat Anda bingung dalam memilih pisau dapur. Oleh karena itu, kami akan membahas dengan detail tentang pisau dapur mulai dari jenisnya, bahan pembuatnya, hingga cara merawatnya. Selain itu, kami akan merekomendasikan juga produk pisau dapur terbaik untuk Anda. Ayo baca sampai habis!
    Kebutuhan rumah tangga
    19.965 Views
  • 10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berada di ruangan yang harum tentunya bisa memperbaiki mood dan membuat Anda rileks. Ada banyak jenis pengharum ruangan dengan keunggulan yang berbeda, misalnya Glade, Stella, BayFresh, dan sebagainya sehingga bisa saja membuat Anda bingung saat hendak membelinya.Untuk itulah, kali ini kami akan memperkenalkan beberapa produk pengharum ruangan terbaik yang dapat dibeli melalui internet. Anda dapat memilih pengharum ruangan berdasarkan desain, efek, tipe, dan sebagainya sesuai selera serta kebutuhan Anda. Jadi, jangan sampai salah pilih ya!
    Kebutuhan rumah tangga
    35.025 Views
  • 10 Rekomendasi Pemutih Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pemutih Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pemutih pakaian atau bleach umumnya digunakan untuk menghilangkan noda membandel yang tidak bisa dibersihkan dengan detergen biasa. Produk tersebut juga efektif untuk memutihkan warna pakaian, membasmi kuman, jamur, serta menghilangkan bau tak sedap pada pakaian.Berbagai merek, seperti Bayclin, Vanish, dan So Klin Pemutih memiliki keunggulannya masing-masing dalam menghilangkan noda. Kali ini, kami akan merekomendasikan produk pemutih pakaian terbaik serta mengulas poin-poin yang harus Anda perhatikan saat memilihnya.
    Kebutuhan rumah tangga
    30.246 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori