• 10 Rekomendasi Sapu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Sapu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Sapu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Sapu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Sapu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Sapu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sapu adalah salah satu alat pembersih rumah yang digunakan sejak lama. Sebagian orang memang sudah beralih menggunakan alat pembersih yang lebih modern seperti mesin penyedot debu. Namun, kenyataannya jenis sapu seperti sapu ijuk, sapu lidi, dan sapu plastik masih banyak dicari.

Supaya Anda makin mudah memilih, kami akan menjelaskan cara memilih sapu dan merekomendasikan sapu-sapu yang bagus. Anda akan menemukan beragam sapu berkualitas, misalnya produk dari merek Nagoya, Dragon, Lion Star, dan sebagainya dalam artikel ini. Temukanlah sapu terbaik untuk membuat kegiatan bersih-bersih makin menyenangkan!
  • Pembaharuan terakhir: 12 September 2021
  • 23.354 Views
Daftar isi

Sapu, ekonomis untuk membersihkan ruangan

Sapu, ekonomis untuk membersihkan ruangan
        Sapu dikenalkan pertama kali di Massachusetts, Amerika Serikat, oleh seorang petani pada tahun 1797. Sapu tersebut dibuat dari rumput berumbai (sorghum vulgare) yang diikat pada tongkat dan dijual kepada masyarakat sekitar.

Meskipun terkadang dianggap lebih lambat membersihkan ruangan dibandingkan vacuum cleaner, ternyata sapu mampu membersihkan lebih cepat, lho! Selain itu, sapu juga dapat digunakan untuk membersihkan sudut ruangan yang sulit dijangkau oleh vacuum cleaner


Tanpa adanya suara yang mengganggu, Anda pun dapat menggunakan sapu untuk membersihkan ruangan saat malam hari. Seluruh keunggulan tersebut membuat sapu tetap populer, permintaan pasar akan sapu pun tetap tinggi.


Daya tarik lain dari sapu adalah harganya yang terjangkau plus ketahanan yang tinggi. Apabila dirawat dengan baik, sapu bahkan bisa digunakan selama 5–10 tahun ke depan. Alhasil Anda pun tidak perlu membeli sapu terlalu sering. 


Tidak hanya itu, sapu juga tidak membutuhkan power supply sehingga kian ekonomis. Mungkin banyak keluarga yang tidak hanya menggunakan sapu untuk membersihkan ruangan. Namun, dengan memiliki sapu Anda bisa membersihkan kapan pun dibutuhkan bahkan hingga ke sudut ruangan.

Cara memilih sapu

Sebelum Anda memilih sapu pilihan, ada baiknya jika Anda menyimak cara memilihnya terlebih dahulu. Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih sapu. Berikut akan kami jelaskan satu per satu.

Sesuaikan panjang gagang dengan penggunaannya

Berdasarkan panjang gagangnya, sapu dapat dibagi menjadi tiga jenis. Ada sapu bergagang panjang, sapu bergagang sedang, serta sapu bergagang pendek. Pilihlah produk dengan panjang gagang sesuai tujuan penggunaannya. Sebagai contoh, Anda bisa membersihkan area yang luas menggunakan sapu bergagang panjang. Sementara itu, sapu gagang pendek tepat dipilih untuk membersihkan area sempit.


  • Sapu bergagang panjang biasanya memiliki panjang lebih dari 120 cm. Sapu ini digunakan dengan memegangnya pada kedua tangan saat Anda berdiri. Anda tidak akan mudah lelah saat menggunakannya karena Anda tidak perlu membungkukkan badan.

  • Sapu dengan panjang gagang sedang, memiliki panjang antara 70–100 cm. Untuk menggunakannya Anda perlu sedikit membungkukkan badan. Meskipun begitu, produk ini tergolong mudah digunakan karena Anda bisa menggunakannya dengan satu tangan.

  • Sapu dengan gagang pendek yang umumnya memiliki panjang sekitar 30 cm. Sapu jenis ini kami rekomendasikan untuk membersihkan area yang sempit, seperti sudut meja, bingkai jendela, dan lain sebagainya.

Penting untuk diingat, panjang gagang sapu akan memengaruhi postur tubuh Anda saat membersihkan ruangan. Jadi, jangan sampai Anda salah memilih dan malah membuat Anda cepat lelah atau pegal saat menyapu, ya!

Cek material, serta kelenturan sapu sesuai area penggunaannya

Sapu terbuat dari berbagai bahan, karena itu area yang tepat untuk penggunaannya pun akan berbeda-beda. Secara umum, kami akan menjelaskan tiga jenis sapu berdasarkan kelenturan bahannya dan rekomendasi area yang pas untuk memakainya. Pilihlah jenis sapu sesuai area yang ingin Anda bersihkan agar kegiatan menyapu makin cepat dan mudah!

Sapu ijuk untuk membersihkan dalam ruangan

Sapu berbahan ijuk dibuat dari serat pohon aren atau serabut kelapa yang dijalin menjadi satu. Sapu ini sangat tepat dipilih untuk membersihkan bagian dalam rumah Anda dengan mudah dan cepat. 

Sifatnya yang lentur memungkinkan Anda untuk memakainya membersihkan debu dan kotoran bahkan pada karpet. Selain itu, ujungnya yang tipis juga memudahkan Anda membersihkan sudut dan area berlekuk dalam ruangan. Sapu ijuk ini pun dapat digunakan tanpa menimbulkan suara berisik


Namun, saat menggunakannya pertama kali mungkin serabut ijuknya ada yang rontok dan membuat kotor. Untuk mengatasinya, kibaskan sapu tersebut agar helaian ijuk yang tidak terjalin dengan baik bisa terlepas. Sapu ini juga tidak bisa dicuci sehingga ada baiknya Anda tidak menyapu lantai yang basah menggunakan sapu ini. Hal tersebut dapat membuat debu kotoran malah melekat pada sapu.

Sapu plastik atau sintetis untuk membersihkan teras rumah

Apabila Anda mencari sapu yang awet sekaligus tahan air, sapu ijuk sintetis adalah pilihan tepat. Bahan ini dapat menyapu kerikil dan debu, cocok untuk membersihkan area teras dan beranda rumah Anda. Sapu ini juga bisa digunakan untuk membersihkan debu pada karpet jika Anda ingin menggunakannya di dalam ruangan.

Berbeda dengan sapu lidi, sapu plastik ini dapat dicuci dan dibersihkan dengan mudah. Selain itu. sapu plastik juga tidak mudah rontok seperti sapu ijuk. Sayangnya, dibandingkan sapu ijuk, sapu plastik terkesan lebih kaku dan tidak mudah melengkung.

Sapu lidi untuk membersihkan kebun dan pekarangan rumah

Ketika Anda sedang membersihkan pekarangan rumah, tentu akan ada banyak kerikil serta guguran daun untuk disapu. Sapu lidi umumnya terbuat dari pelepah kelapa atau aren, cocok untuk membersihkan pekarangan rumah. 

Karakteristik dari sapu ini adalah memiliki kepadatan tidak begitu rapat. Selain tidak merusak halaman rumput Anda, kerikil pun dapat tersapu dengan baik. Beberapa produk sapu lidi di Indonesia juga tidak memiliki gagang sehingga membuatnya memiliki panjang sedang.


Sapu lidi dapat digunakan untuk waktu yang lama karena bahannya sendiri cukup kuat. Sapu jenis ini juga cocok untuk digunakan menyapu jalanan aspal yang permukaannya tidak rata dengan baik. Berhubung penggunaannya yang luas, Anda dapat memilih sapu lidi untuk membersihkan halaman dan pekarangan rumah Anda.

Pilih produk berdasarkan tempat penyimpanannya

Pilih produk berdasarkan tempat penyimpanannya

Penting untuk memilih sapu yang mudah diambil saat dibutuhkan dan bisa dengan cepat disimpan kembali. Dengan menyimpan sapu di dekat Anda, Anda pun akan makin terbiasa untuk menyapu saat ruangan mulai kotor. Oleh karena itu, pilihlah sapu tidak hanya sesuai lokasi penggunaannya, tetapi juga tempat penyimpanannya.


Sapu bergagang panjang umumnya memiliki ukuran cukup besar. Apabila Anda tidak mempertimbangkan tempat penyimpanannya terlebih dahulu, Anda tidak bisa langsung menyimpannya, semisal saat hujan. Jadi, apabila Anda berencana menggunakan sapu untuk jangka panjang, persiapkan juga tempat penyimpanannya, ya!


10 Rekomendasi sapu terbaik

Saatnya kami akan merekomendasikan sapu terbaik yang dapat Anda pilih. Daftar rekomendasi produk di bawah ini kami susun berdasarkan popularitasnya. Jangan lupa untuk memperhatikan area yang akan Anda bersihkan agar pemilihan sapu menjadi tepat.


10

Sapu Barokah MuntilanSapu Rayung Benang

Mulai dari Rp 30.500,00

Jenis gagangSedang
TipeSapu ijuk
Ukuran99 cm x 44 cm
9

PT Indomop Multi MakmurClean-Matic Yard Broom

216758

Mulai dari Rp 51.500,00

Jenis gagangPanjang
TipeSapu lidi
Ukuran140 cm × 50 cm × 6 cm
8

KrisbowDustpan Upright with Broom (181384)

#10208586

Mulai dari Rp 174.900,00

Jenis gagangSedang
TipeSapu plastik
UkuranSapu: 32 cm x 94 cm・Pengki: 28 cm x 30 cm x 94 cm
7

PT Indomop Multi MakmurClean-Matic Round Garden Broom

980253

Mulai dari Rp 46.000,00

Jenis gagangPanjang
TipeSapu lidi
Ukuran132 cm × 28 cm × 11 cm
6

PT Indomop Multi MakmurClean-Matic Gunung Sewu Sapu Kebun Pendek

Mulai dari Rp 12.000,00

Jenis gagangTanpa gagang
TipeSapu lidi
Ukuran80 cm x 20 cm x 6 cm
5

PT Benli IndonesiaNagoya Sapu Nilon Bunga & Daun

Mulai dari Rp 37.000,00

Jenis gagangPanjang
TipeSapu sintetis
Ukuran110 cm x 2,1 cm
4
Jenis gagangPanjang
TipeSapu ijuk
Ukuran117 cm x 35 cm
3
Jenis gagangSedang
TipeSapu sintetis
Ukuran95 cm x 40,7 cm x 31,2 cm
2
Jenis gagangPendek
TipeSapu plastik
Ukuran21,5 cm x 6,5 cm x 4,7 cm
1

CoogerSapu Pembersih Lantai Otomatis

Mulai dari Rp 249.500,00

Jenis gagangPanjang
TipeSapu dorong
Ukuran110 cm x 34 cm x 17 cm

Tabel perbandingan produk sapu terbaik

Gambar produk
1
Cooger Sapu Pembersih Lantai Otomatis 1

Cooger

2
Lion Star Mini Dustpan Set 1

Lion Star

3
Dragon Sapu Manila Hitam 1

Dragon

4
3M Scotch-Brite™ Sapu Ijuk Set  1

3M

5
PT Benli Indonesia Nagoya Sapu Nilon Bunga & Daun 1

PT Benli Indonesia

6
PT Indomop Multi Makmur Clean-Matic Gunung Sewu Sapu Kebun Pendek 1

PT Indomop Multi Makmur

7
PT Indomop Multi Makmur Clean-Matic Round Garden Broom 1

PT Indomop Multi Makmur

8
Krisbow Dustpan Upright with Broom (181384) 1

Krisbow

9
PT Indomop Multi Makmur Clean-Matic Yard Broom 1

PT Indomop Multi Makmur

10
Sapu Barokah Muntilan Sapu Rayung Benang 1

Sapu Barokah Muntilan

Nama produk

Sapu Pembersih Lantai Otomatis

Mini Dustpan Set

Sapu Manila Hitam

Scotch-Brite™ Sapu Ijuk Set

Nagoya Sapu Nilon Bunga & Daun

Clean-Matic Gunung Sewu Sapu Kebun Pendek

Clean-Matic Round Garden Broom

Dustpan Upright with Broom (181384)

Clean-Matic Yard Broom

Sapu Rayung Benang

Keunggulan

Ingin menyapu dan mengepel sekaligus? Pakai saja produk ini!

Tak perlu serokan besar saat membersihkan area kecil, deh!

Nilon halusnya membuat kotoran tak mudah menggumpal

Bersihkan area dalam ruangan tanpa bikin punggung lelah

Desainnya menarik, membersihkan rumah pun lebih menyenangkan

Lidinya awet, sapunya pun tak makan tempat saat disimpan

Makin awet dan fleksibel dengan lidi daun kelapa muda

Produk 2-in-1 yang sangat praktis

Yuk, bersihkan pekarangan Anda lebih cepat dengan sapu ini!

Serat halusnya mampu menjangkau sudut-sudut rumah

Harga mulai dariRp 249.500,00Rp 25.900,00Rp 25.000,00Rp 60.300,00Rp 37.000,00Rp 12.000,00Rp 46.000,00Rp 174.900,00Rp 51.500,00Rp 30.500,00
Jenis gagangPanjangPendekSedangPanjangPanjangTanpa gagangPanjangSedangPanjangSedang
TipeSapu dorongSapu plastikSapu sintetisSapu ijukSapu sintetisSapu lidiSapu lidiSapu plastikSapu lidiSapu ijuk
Ukuran110 cm x 34 cm x 17 cm21,5 cm x 6,5 cm x 4,7 cm95 cm x 40,7 cm x 31,2 cm117 cm x 35 cm110 cm x 2,1 cm80 cm x 20 cm x 6 cm132 cm × 28 cm × 11 cmSapu: 32 cm x 94 cm・Pengki: 28 cm x 30 cm x 94 cm140 cm × 50 cm × 6 cm99 cm x 44 cm
Tautan produk

Tips menyapu lantai yang benar dan efektif

Tips menyapu lantai yang benar dan efektif
    Meskipun terlihat sederhana, memakai sapu untuk membersihkan lantai ternyata ada cara-caranya, lho. Dengan cara yang tepat, tentu aktivitas menyapu menjadi lebih efektif, serta lantai rumah pun makin bersih. Berikut akan kami berikan beberapa tips menyapu lantai yang benar dan efektif.

  • Tips pertama, Anda perlu menghindari bagian lantai yang basah. Jangan sampai Anda menyapu bagian tersebut karena akan membuat kotoran jadi menempel sehingga lebih ribet ketika membersihkannya.

  • Kemudian, agar kotoran tidak tercecer dan mengotori bagian yang sudah bersih, Anda bisa menyapu dari sudut yang paling dalam.

  • Anda juga bisa menyapu dengan gerakan yang pendek-pendek. Hal tersebut dimaksudkan supaya kotoran bisa terbuang dengan baik dan lantai pun bisa bersih.

  • Pastikanlah Anda menyapunya dengan pelan-pelan, lalu kumpulkan di satu bagian yang dekat dengan tempat sampah atau pintu keluar. Jika Anda melakukannya, tentu kotoran dan debu tidak akan beterbangan.

  • Setelah selesai menyapu, bersihkanlah sapu sebelum Anda menyimpannya. Anda bisa menggoyangkan atau menepuk sapu agar kotoran yang menempel bisa berguguran. 

  • Terakhir, cucilah kaki Anda sampai bersih, kemudian masuklah ke ruangan setelah kaki Anda kering.

Agar kotoran dan debu tidak menumpuk di lantai, idealnya Anda bisa menyapu lantai pada waktu pagi dan sore hari. Namun, jika tidak memiliki banyak waktu, Anda bisa menyapunya minimal satu hari sekali. 

Baca juga rekomendasi peralatan pembersih lainnya di sini

Selain sapu, masih banyak jenis peralatan pembersih lainnya yang bisa dibeli. Anda bisa membeli kain pel, pembersih karpet, kemoceng, ataupun vacuum cleaner. Tertarik untuk mengetahui lebih detail? Kalau begitu, langsung saja klik tautan berikut, ya!

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda tentang berbagai jenis sapu yang telah kami rekomendasikan untuk Anda? Temukanlah yang sesuai dan mudah Anda gunakan, serta memiliki kelebihan yang dapat membantu pekerjaan Anda.

Setelah menemukan yang tepat dan menggunakannya, jangan lupa untuk selalu merawatnya. Dengan begitu, Anda pun dapat menggunakannya dalam waktu lama. Sediakanlah tempat khusus untuk menyimpan sapu tersebut dan bersihkanlah setelah digunakan, tentu sapu akan menjadi lebih awet.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    Menyikat gigi dimulai ketika gigi atas dan bawah anak mulai tumbuh. Berbagai pilihan pasta gigi tersedia, mulai dari pasta gigi anak berfluoride, xylitol, dan sebagainya. Merek yang bisa Anda pilih sangat beragam, seperti Kodomo, Buds, Darlie, dan Jack n’Jill.  Pemilihan produk yang tepat tentu menunjang kesehatan gigi anak. Karena itu, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang pasta gigi anak sebelum menentukan produk yang tepat. Kami sudah menyiapkan tips memilih dan rekomendasi produk pasta gigi yang bagus untuk anak. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter gigi kami, drg. Endah Nur Aini.
    Peralatan kebersihan
    115.244 Views
  • 10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat mencuci baju, Anda membutuhkan deterjen yang bagus untuk membersihkan noda. Deterjen sebaiknya juga lembut di tangan dan aman untuk kulit sensitif. Bahkan, saat ini sudah banyak produsen yang membuat deterjen dengan formula anti bakteri hingga antiseptik, lho! Berbagai keunggulan ini dapat ditemukan pada merk terkenal, seperti Rinso, Attack, So Klin, dan sebagainya.Terkadang, banyaknya produk deterjen yang bagus dapat membuat Anda bingung memilih. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih deterjen terbaik beserta sepuluh rekomendasi produk yang dapat Anda pertimbangkan. Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan kami hingga tuntas!
    Peralatan kebersihan
    117.246 Views
  • 10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Supaya baju Anda selalu harum, mencuci baju dengan deterjen yang wanginya tahan lama adalah kuncinya. Saat ini, ada banyak jenis deterjen yang dijual di pasaran, salah satunya adalah deterjen bubuk. Selain bisa dipakai untuk mencuci dengan mesin cuci dua tabung, deterjen bubuk juga banyak dipakai untuk mesin cuci otomatis.Pada artikel ini kami akan mengulas beberapa merk deterjen yang bagus, seperti Rinso, Attack, hingga So Klin. Sebelumnya, bacalah dahulu tips memilih deterjen bubuk berikut ini. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan deterjen terbaik yang paling bersih dan paling wangi sesuai kebutuhan.
    Peralatan kebersihan
    33.149 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda sering terganggu oleh suara atau gigitan nyamuk saat sedang tidur? Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan produk pengusir nyamuk. Merek-merek terkenal seperti Baygon, Hit, dan X-mos sudah mengeluarkan berbagai jenis produk pengusir nyamuk, misalnya obat nyamuk bakar dan spray antinyamuk.Ada banyak jenis produk pengusir nyamuk dengan keunggulannya masing-masing. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk pengusir nyamuk dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Jadikanlah artikel ini sebagai acuan untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan kebersihan
    77.707 Views
  • 10 Rekomendasi Pelicin Pakaian Terbaik untuk Setrika (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pelicin Pakaian Terbaik untuk Setrika (Terbaru Tahun 2021)
    Pelicin pakaian adalah salah satu solusi untuk memudahkan kegiatan menyetrika. Kandungan pelicin pakaian yang relatif aman membuatnya banyak diminati. Variannya juga cukup beragam, misalnya pelicin pakaian antibakteri, pelicin pakaian serbaguna, dan pelicin pakaian untuk setrika laundry.Artikel ini akan membagikan tips memilih beserta rekomendasi pelicin pakaian yang bagus untuk setrika. Produk dari merek ternama, seperti So Klin, Kispray, dan Molto juga akan kami review. Banyak juga rekomendasi pelicin pakaian untuk setrika yang aromanya tahan lama. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
    2.879 Views
  • 10 Rekomendasi Tisu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tisu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tisu sudah menjadi barang yang umum digunakan sehari-hari, seperti untuk mengelap wajah, meja, hingga merapikan atau membersihkan makeup. Saat ini, tisu bertekstur halus dan lembut lebih disukai sehingga kualitas kadang dianggap lebih penting daripada efisiensi harga. Namun, adakah poin penting lain yang harus diperhatikan ketika memilih tisu terbaik?Kali ini, kami akan memberikan tips cara memilih tisu dan merekomendasikan produk tisu berdasarkan harga dan feel-nya ketika digunakan. Beberapa merek yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Paseo, Nice, dan Wateru. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Peralatan kebersihan
    51.469 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Terbaik untuk Membersihkan Toilet (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Terbaik untuk Membersihkan Toilet (Terbaru Tahun 2021)
    Pada toilet yang dipakai terus-menerus, lama-lama akan timbul noda kuning yang sulit dibersihkan. Solusinya, Anda dapat menggunakan sabun atau detergen khusus untuk toilet. Biasanya masing-masing noda membutuhkan kandungan yang berbeda, misalnya yang berbahan netral, asam, dan mengandung klorin.Di pasaran, ada beragam merek sabun toilet yang populer, seperti Vixal, Harpic, WPC, dan Porstex. Agar Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan tips memilih dan memberikan rekomendasi sabun terbaik untuk membersihkan toilet. Silakan simak penjelasan yang kami berikan dan ketahui jenis sabun yang cocok untuk masalah toilet Anda. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
    43.935 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori