10 Rekomendasi Gaiters Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Gaiters Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Selain memerlukan fisik yang tangguh, aktivitas mendaki gunung juga memerlukan peralatan yang memadai, salah satunya adalah gaiters. Perlengkapan pribadi ini berfungsi sebagai pelindung sepatu dan kaos kaki supaya tidak kotor terkena lumpur dan debu. Gaiters juga bisa melindungi sepatu dari masuknya pasir, kerikil, ranting kecil, hingga mencegah gigitan hewan.

Saat ini ada banyak gaiters keluaran produsen outdoor gear ternama seperti Kalibre, AVTECH, Naturehike, dan masih banyak lagi. Melalui artikel ini kami akan memberikan informasi tentang bagaimana cara memilih gaiters serta rekomendasi gaiters dari berbagai jenama. Selamat membaca dan temukan gaiters terbaik untuk menemani petualangan Anda!

Daftar isi

Apakah yang dimaksud dengan gaiters?

Apakah yang dimaksud dengan gaiters?


Gaiters
merupakan lapisan pelindung yang dikenakan di luar celana dan sepatu tatkala mendaki. Ada dua tipe gaiters, yang pertama adalah gaiters pendek yang hanya menutupi betis bawah hingga sepatu, sedangkan yang kedua adalah gaiters panjang yang menutupi lutut hingga sepatu. Gaiters pendek biasa dipakai untuk trekking singkat atau mendaki gunung pada musim panas. Gaiters panjang biasanya digunakan untuk mendaki gunung dengan medan berat serta gunung bersalju di musim dingin. Ada tiga tujuan utama pemakaian gaiters :

1. Mencegah masuknya air hujan maupun butiran salju ke dalam sepatu yang bisa menyebabkan penurunan suhu tubuh ;
2. Menjaga celana supaya tidak kotor terkena lumpur ;
3. Secara khusus mencegah masuknya pasir dan kerikil ke dalam sepatu yang bisa melukai kaki.

Setelah mengetahui fungsi dan kegunaan gaiters, diharapkan Anda bisa memiliki gambaran tentang gaiters seperti apa yang diperlukan untuk mendaki gunung.

Cara memilih gaiters

Setelah mengenalkan fungsi dan tujuan pemakaian gaiters, selanjutnya kami akan memberikan informasi tentang poin-poin apa saja yang harus Anda perhatikan saat hendak membelinya. Ada 4 tips memilih gaiters yang sebaiknya dicermati supaya Anda bisa menemukan gaiters yang paling sesuai untuk menemani pendakian Anda.

Pilihlah gaiters yang kuat dan tahan air

Pilihlah gaiters yang kuat dan tahan air

Hal utama dan terpenting yang harus diperhatikan saat membeli gaiters adalah material atau bahannya. Bahan gaiters harus kuat dan waterproof.

Salah satu tujuan pemakaian gaiters adalah untuk mencegah masuknya air hujan dan salju ke dalam sepatu yang bisa menyebabkan menurunnya suhu tubuh. Terlebih saat mendaki gunung bersalju yang suhunya sudah sangat rendah. Jika kaki Anda basah, suhu tubuh akan menurun drastis dan bisa menyebabkan hipotermia. Pada musim kemarau sekalipun, cuaca di gunung dapat berubah dengan cepat. Hujan mendadak turun meski sebelumnya cuaca cerah, suhu pun ikut berubah. Karena itu, sangatlah penting untuk membeli gaiters yang tahan air sehingga saat menghadapi cuaca yang berubah-ubah pendakian tetap dapat dilanjutkan.

Saran kami kami belilah gaiters yang terbuat dari bahan gore-tex. Bahan ini terkenal kuat dan antiair sehingga mampu melindungi kaki Anda dari hujan lebat atau pun saat berjalan di gunung bersalju.

Selain itu, saat berjalan di setapak rimba, bisa saja gaiters tertusuk duri, akar, atau ranting pohon yang tumbang. Jika gaiters robek, tidak hanya material padat seperti debu dan butiran kerikil yang bisa menembus sepatu, air pun pasti merembes masuk. Untuk gaiters yang kuat dan tahan lama, bahan cordura yang tidak mudah robek juga pilihan yang bagus. Sekali lagi ingatlah bahwa material gaiters adalah yang poin penting dan harus diperhatikan sebelum memutuskan membelinya!

Agar pendakian panjang Anda tetap menyenangkan, pilihlah gaiters yang ringan dan tidak membebani kaki

Agar pendakian panjang Anda tetap menyenangkan, pilihlah gaiters yang ringan dan tidak membebani kaki

Melakukan ekspedisi atau pendakian dalam durasi yang panjang hingga berhari-hari tentunya akan membuat tubuh sangat lelah. Karena itu, pilihlah gaiters yang ringan dan tidak memberikan banyak beban maupun tekanan pada kaki.

Di sisi lain, gaiters yang ringan biasanya terbuat dari bahan tipis dan mudah robek. Jadi, pilihlah gaiters seringan mungkin dengan tetap mempertimbangkan kualitas dari produk tersebut.

Pilihlah gaiters dengan ritsleting atau perekat yang mudah dipakai dan dilepas

Pilihlah gaiters dengan ritsleting atau perekat yang mudah dipakai dan dilepas

Gaiters yang beredar di pasaran ada yang memakai karet dan ada juga yang memakai ritsleting serta velcro sebagai penguncinya. Posisi zipper pada gaiters biasanya terletak di bagian depan dan di bagian belakang.

Meskipun gaiters akan dikenakan sebagai lapisan terluar setelah memakai sepatu, kami menyarankan Anda memakai gaiters yang bisa melekat sempurna pada kaki Anda. Untuk pemula, sebaiknya Anda memilih gaiters dengan ritsleting. Hal ini akan memudahkan saat pemakaian sekaligus gampang dilepas ketika Anda beristirahat. Selain itu, Anda bisa membuka gaiters dengan cepat jika sewaktu-waktu tali sepatu Anda terlepas.

Pilihlah gaiters yang pas dengan ukuran kaki!

Pilihlah gaiters yang pas dengan ukuran kaki!

Berbeda dengan sepatu yang memiliki nomor, ukuran gaiters hanya ada L, M, dan S. Supaya Anda merasa nyaman, pilihlah gaiters yang ukurannya pas. Jika ukurannya kekecilan, gaiters tidak akan muat. Begitu juga sebaliknya, gaiters yang kebesaran akan mudah lepas dan bisa melorot.

Jika Anda pendaki pemula dan tidak tahu ukuran apa yang tepat untuk kaki Anda, kami menyarankan untuk membawa sepatu gunung Anda ke toko dan mencoba memakai gaiters dengan sepatu di kaki Anda. Rata-rata penjaga toko outdoor gears sudah berpengalaman dalam dunia pendakian sehingga mereka bisa memberikan rekomendasi yang tepat untuk Anda.

10 Rekomendasi gaiters terbaik

Dalam paparan di atas, kami telah memberitahukan poin-poin penting cara memilih gaiters. Sekarang, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gaiters terbaik untuk Anda. Silakan Anda simak!

10. Salomon Trail Gaiters High

10. Salomon Trail Gaiters High

 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 450.000

Nyaman di kaki dan tidak membebani

Aslinya gaiters ini diciptakan untuk para pelari gunung atau mereka yang suka mendaki singkat tanpa menginap. Bobot gaiters ini sangatlah ringan dan tidak ada tambahan aksesori maupun strap yang memberatkan. Hal ini menjadikan kaki terasa bebas dan nyaman tanpa ada apa pun yang membebani. Anda bisa berjalan maupun berlari dengan kencang.

Fitur yang ada pada gaiters ini hanyalah tali pengencang di bagian bawah yang membuat sepatu tak mungkin terlepas saat berlari kencang serta velcro di bagian samping yang berfungsi sebagai pengunci. Gaiters Salomon terbuat dari bahan jersey yang elastis sehingga mampu menjaga kaki dengan baik. Saat menggunakan gaiters ini, pergelangan kaki Anda akan aman dari goncangan.

9. Outdoor System Trail Running Gaiters

9. Outdoor System Trail Running Gaiters

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Gaiters pendek super ringan dan tidak memakan tempat saat di-packing

Dengan berat 64 gram, gaiters ini tentu saja sangat ringan. Ketika di-packing pun tidak memakan banyak tempat sehingga cocok bagi Anda yang tidak ingin membawa ransel besar saat mendaki. Cukup lipat menjadi kecil dan selipkan di dalam kompartemen ransel. Gaiters ini ringan karena hanya memiliki satu strap yang terletak di bawah untuk mengunci sol sepatu. Strap-nya pun berukuran kecil.

Sebagai penahan di bagian atas terdapat tali dengan stopper yang mencegah gaiters tidak melorot. Gaiters ini lebih cocok dipasangkan dengan sepatu gunung middle dan high cut. Kekurangan produk ini adalah tidak adanya zipper di depan maupun di belakang. Anda akan memerlukan sedikit waktu saat memakai atau melepasnya.

 8. Kalibre Shoes Cover Gaiter

8. Kalibre Waterproof Original Gaiters

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 119.000

Melindungi seluruh permukaan sepatu dengan sempurna

Meskipun mengenakan gaiters, jika sepatu Anda sudah tua atau tidak memiliki fitur waterproof, hujan lebat tetap bisa merembes ke dalam masuk ke bagian depan sepatu. Namun jika Anda mengenakan produk ini, dijamin sepatu Anda tetap kering. Hal ini dikarenakan desainnya yang menutupi seluruh permukaan sepatu hingga bagian samping.

Gaiters ini serupa kaos kaki besar minus bagian telapak. Sebagai gantinya terdapat tiga tali yang menjadi pengaman sepatu bagian bawah. Secara fungsi, gaiters waterproof keluaran Kalibre ini bekerja sangat maksimal. Sedangkan secara desain, gaiters ini kurang modis. Untuk pendakian di musim hujan, gaiters ini akan sangat membantu.

7. Salewa Waterproof Gaiters

7. Salewa Waterproof Gaiters

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 45.000

Tak hanya waterproof, gaiters ini juga mampu menahan serangan pacet!

Saat mendaki gunung dan masuk hutan rimba, kerapkali para pendaki mendapatkan serangan pacet. Hewan penghisap darah itu masuk melalui celah sepatu dan terus menempel di kaki. Di kondisi seperti inilah gaiters benar-benar dibutuhkan. Gaiters keluaran Salewa ini mengklaim mampu melindungi kaki dari serangan pacet dan hewan kecil lainnya. Meskipun tidak 100% aman, namun produk ini akan cukup membantu melindungi kaki Anda.

Terbuat dari bahan taslan, gaiters ini tentu saja antiair, kuat, dan tidak mudah robek saat terkena ranting. Bahannya pun ringan sehingga tidak membebani saat dipakai maupun saat di-packing. Gaiters ini dilengkapi karet dan strap di bagian atas untuk mengunci supaya tidak mudah melorot jatuh. Gaiters ini cocok untuk Anda yang mendaki di gunung dengan kondisi medan berupa hutan hujan tropis yang lembap.

6. XABA Kluet-02 Gaiters

6. XABA Kluet-02 Gaiters

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 110.000

Waterproof, ringan, dan tidak mudah robek. Paket lengkap, kan?

Semak berduri dan ranting patah akan mudah merobek gaiters yang dipakai para pendaki. Jika medan pendakian Anda didominasi semak belukar, maka Anda memerlukan gaiters yang kuat dan tidak mudah robek. Untuk kondisi tersebut, jatuhkanlah pilihan pada gaiters keluaran XABA ini. Bahan gaiters XABA teruji 5-10 kali lebih kuat dibandingkan dengan kain biasa.

Selain tidak mudah robek, gaiters ini juga memiliki fitur waterproof. Permukaan gaiters yang halus membuat air yang menempel akan langsung luruh serupa air yang jatuh ke atas daun keladi. Satu hal lagi, gaiters dengan karet di bagian bawah ini ukurannya tidak bulky sehingga ringan saat dipakai.

5. Naturehike Short Ultraligh Silicone Snow Boot Gaiters

5. Naturehike Short Ultraligh Silicone Snow Boot Gaiters

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp. 154.000

Ringan dan mudah dikenakan

Jika Anda termasuk pegiat olahraga mountain runner, Anda memerlukan gaiters yang benar-benar ringan dan tidak membebani kaki supaya bisa berlari dengan cepat. Tak perlu bingung, jatuhkanlah pilihan pada Ultralight Gaiters produksi Naturehike. Sesuai dengan namanya, ultralight, gaiters pendek ini sangatlah ringan. Bobotnya tak mencapai 100 gram.

Meski ringan dan tipis, gaiters yang tersedia dalam beragam pilihan warna terbuat dari kain yang kuat. Dengan mengenakan gaiters ini, sepatu Anda akan terlindungi dari lumpur dan tanah becek yang mengganggu. Selain itu, gaiters waterproof ini juga mudah dipakai karena dilengkapi perekat velcro di bagian depan.

4. Kalibre Gaiters Medium

4. Kalibre Gaiters Medium

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 59.000

Bongkar pasang gaiters semakin mudah karena ada ristleting di samping

Meski kelihatannya sepele, memakai gaiters kadang memakan banyak waktu. Apalagi jika gaiters dilengkapi dengan banyak strap maupun stopper sebagai pengaman. Kalibre berusaha memberikan solusi dengan mengeluarkan produk gaiters yang dilengkapi ritsleting di bagian samping. Cukup dengan sekali tarikan, gaiters sudah terpasang rapi, cocok untuk Anda yang tidak mau ribet!

Gaiters pendek ini terbuat dari bahan waterproof yang menjadikan kaos kaki Anda tetap kering. Supaya gaiters tidak melorot saat dipakai berjalan, di bagian atas dilengkapi dengan karet yang akan mencengkeram betis. Sebagai pengaman tambahan ada penutup velcro di bagian atas.

3. AVTECH Gaiters

3. AVTECH Gaiters

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 90.000

Mudah dipasang di kaki, cocok untuk pemula!

Sebagai produk asli Indonesia, gaiters produksi AVTECH ini cukup mumpuni dan mampu bersaing dengan outdoor gear produksi luar negeri. Dengan warna oranye cerah berpadu hitam di bagian bawah, gaiters ini mampu menjaga kaki Anda tetap kering meski hujan mendera atau melangkah di tanah becek. Saat berjalan untuk summit attack, Anda tak perlu khawatir akan ada pasir atau kerikil yang masuk ke dalam sepatu.

Kelebihan dari gaiters ini adalah tidak memakai strap sebagai penguncinya, melainkan memakai perekat velcro yang gampang dipasang maupun dilepas. Untuk mengencangkan bagian betis atas, terdapat sebuah tali yang bisa ditarik dengan mudah. Tali bawah pengencang sepatu tidak terbuat dari kawat sehingga sol tetap aman. Gaiters ini cocok dipakai para pemula dalam dunia pendakian.

2. Naturehike Trekking Snow Gaiter

2. Naturehike Trekking Snow Gaiter

 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 260.000

Saatnya tampil penuh gaya dengan gaiters aneka warna

Mendaki gunung bukan berarti selalu terlihat dekil dan tidak fashionable. Kini saatnya tampil penuh gaya dengan gaiters panjang keluaran Naturehike. Berhubung gaiters ini tersedia dalam beragam warna, Anda bisa mencocokkannya dengan warna carrier atau jaket yang Anda kenakan. Untuk Anda yang dan gemar foto outfit of the day dan selalu ingin tampil modis di segala medan, gaiters ini hadir sebagai jawaban.

Tak hanya desain dan pilihan warnanya yang apik, gaiters ini juga mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Produk ini terbuat dari kain nilon yang teruji mampu mencegah rembesan air hujan, salju, bahkan masuknya hewan kecil pengganggu seperti nyamuk. Sebagai pengunci, di bagian depan terdapat velcro memanjang serta strap di bagian atas yang lingkarnya bisa disesuaikan dengan ukuran betis.

1. Outdoor Research Men’s Rocky Mountain High Gaiters

1. Outdoor Research Men's Rocky Mountain High Gaiters

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Bisa diandalkan di segala medan, dari gunung berbatu hingga dataran bersalju

Anda ingin mencari gaiters yang bisa diandalkan untuk segala medan pendakian dan dipakai sepanjang musim? Produk keluaran Outdoor Research seri Men’s Rocky Mountain High Gaiters ini bisa menjadi solusi yang pas. Meski tujuan utama didesain untuk medan kering dan berbatu, pengalaman membuktikan bahwa gaiters panjang ini cukup bisa diandalkan saat harus melewati medan basah dan bersalju.

Gaiters waterproof yang terbuat dari 100% nilon ini bobotnya cukup ringan sehingga tidak akan membebani langkah Anda. Supaya melekat dengan sempurna, gaiters dilengkapi dengan strap di bagian atas dan bagian bawah (untuk mengencangkan bagian sol sepatu), serta pengait di bagian depan untuk dikaitkan dengan ujung atau tali sepatu. Untuk pengaman bagian depan, gaiters dilengkapi dengan perekat velcro dari ujung bawah hingga ujung atas.

Kesimpulan

Meski kelihatannya sederhana, gaiters merupakan salah satu perlengkapan pribadi yang penting dan sebaiknya dikenakan saat mendaki gunung. Masing-masing gaiters memiliki fitur khusus sesuai dengan tujuan penggunaan dan medan pendakian.

Pastikan Anda membaca dengan saksama poin cara memilih sebelum membelinya. Semoga Anda menemukan gaiters yang cocok. Selamat mendaki gunung!