10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kipas angin lazim digunakan saat cuaca sedang panas. Kipas angin juga memiliki harga jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan AC serta lebih hemat lisrik. Berbagai model kipas angin ditawarkan di pasaran dari berbagai merek, seperti Miyako, Maspion, Regency, dan sebagainya dengan beragam harga dan fungsi.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kipas angin serta memperkenalkan produk-produk kipas angin terbaik untuk Anda. Dari model yang sederhana hingga yang praktis untuk disimpan. Simak terus artikel ini dan temukan kipas angin terbaik untuk ruangan Anda!

Daftar isi

Cara memilih kipas angin

Meskipun banyak model kipas angin baru yang dijual setiap tahunnya, penting untuk memeriksa aspek fungsional saat memilihnya. Berikut kami akan menjelaskan poin-poin bagaimana cara memilih kipas angin.

Pilih kipas angin tipe mekanik atau tipe digital?

Pilih kipas angin tipe mekanik atau tipe digital?

Secara garis besar, kipas angin dibagi menjadi dua jenis, yaitu tipe mekanik dan tipe digital yang menggunakan microcomputer.

Tipe mekanik adalah jenis kipas angin kuno dengan tombol penyetel volume angin yang berada di bawah kipas dan pengatur waktunya menggunakan sistem pegas. Kebanyakan model hanya dilengkapi dengan fungsi penyetel volume angin dan pengatur waktu saja sehingga harganya murah. Kipas angin ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin menghemat anggaran dan tidak memerlukan fungsi tambahan lainnya.

Sementara itu, tipe digital memiliki fungsi rhythm mode dan remote control untuk mengubah volume angin secara otomatis. Meskipun lebih mahal daripada tipe mekanik, terdapat banyak fitur tambahan dan jangkauan penggunaan juga lebih luas.

Pilih mesin motor AC yang murah atau motor DC yang nyaman?

Ada dua jenis mesin penggerak pada kipas angin, yaitu motor AC (Alternating Current) yang telah digunakan sejak dulu dan motor DC (Direct Current) yang popularitasnya semakin meningkat sejak beberapa tahun belakangan. Ceklah masing-masing karakteristiknya dan pilih jenis mesin motor yang sesuai untuk Anda!

Mesin motor AC : pengoperasian sederhana, mudah digunakan, dan ekonomis

Mesin motor AC : pengoperasian sederhana, mudah digunakan, dan ekonomis

Mesin motor AC adalah jenis motor umum yang telah lama digunakan dan biasanya hanya memiliki 3 level penyetelan angin saja. Harganya murah karena sirkuitnya lebih sederhana, berkisar antara puluhan sampai ratusan ribu saja. Selain itu, karena penggunaannya sangat sederhana, bahkan orang tua yang kurang pandai mengoperasikan peralatan rumah tangga pun dapat menggunakannya dengan mudah.

Namun, motor AC tidak hemat energi karena menggunakan lebih banyak daya daripada motor DC. Selain itu, karena jenis kipas angin ini tidak dapat menyetel volume angin dengan halus, suara yang ditimbulkannya mungkin cukup keras.

Mesin motor DC : menyetel volume angin dengan mudah dan terasa nyaman

Mesin motor DC : menyetel volume angin dengan mudah dan terasa nyaman

Mesin motor DC adalah mesin terkini yang sering dipasang pada kipas angin high-end. Motor ini dapat langsung menyesuaikan kecepatan angin yang diinginkan, menghasilkan angin sepoi-sepoi alami, dan cenderung tidak berisik.

Ditambah lagi, konsumsi daya motor DC hanya sekitar separuh dari motor AC sehingga ideal untuk Anda yang ingin menghemat energi. Meskipun harga motor DC sendiri terbilang mahal, membeli kipas angin dengan motor DC dapat dikatakan sepadan karena lebih fungsional daripada motor AC.

Pilih ukuran dan tinggi kipas sesuai penempatannya

Pilih ukuran dan tinggi kipas sesuai tempat penggunaannya 

Ukuran kipas angin tergantung pada ukuran baling-balingnya. Kipas standar memiliki baling-baling berukuran 30 cm, cocok untuk Anda gunakan pada ruangan yang cukup luas. Namun, jika Anda ingin meletakkannya pada meja atau dapur, pilihlah kipas berukuran compact dengan baling-baling sekitar 20 cm.

Penting pula menyesuaikan tinggi kipas dengan tempat penggunaannya. Sesuaikan tingginya dengan kursi yang biasa Anda duduki, seperti kursi ruang tamu, kursi makan, atau sofa agar anginnya bisa mengenai Anda. Dalam hal ini, pilihlah produk dengan tinggi yang sesuai untuk Anda, ya!

Pilih berdasarkan jumlah baling, kekuatan angin, dan kesenyapannya

Pilih berdasarkan jumlah baling, kekuatan angin, dan kesenyapannya

Mudah untuk melihat besar angin yang dihasilkan dengan memeriksa jumlah baling-balingnya. Kipas yang berharga murah biasanya memiliki sekitar 3-4 buah baling-baling dan menghasilkan angin yang kuat. Jika Anda lebih menyukai angin yang lembut dan terasa nyaman, pilihlah kipas dengan jumlah baling-baling lebih banyak.

Namun, kipas dengan baling-baling banyak mungkin akan lebih bising saat level kekencangan anginnya Anda naikkan. Sayangnya, tidak banyak produk kipas yang memberikan informasi mengenai tingkat kesenyapan saat digunakan. Karena itu, bila Anda memilih kipas dengan baling berjumlah 5-6 buah, pilihlah yang dapat berputar dengan pelan.

Pilih yang dilengkapi timer agar lebih praktis

Pilih yang dilengkapi timer agar lebih praktis

Pengatur waktu adalah fitur yang berguna untuk Anda yang cenderung tertidur dengan kipas masih menyala. Fitur ini memungkinkan kipas berhenti pada waktu yang telah ditetapkan sehingga Anda tidak perlu cemas akan masuk angin plus membantu Anda menghemat energi.

Bahkan, untuk model kipas yang memiliki fitur timer on/off, Anda tidak hanya dapat menyetel waktu kipas mati, tetapi juga waktu kipas menyala secara otomatis. Rasakan kesejukan dan kenyamanan lebih hanya dengan menyetel timer sesuai jam bangun atau jam Anda pulang ke rumah.

Pilih kipas tanpa kabel yang ringan dan mudah dipindahkan

Pilih kipas tanpa kabel bila ingin yang ringan dan mudah dipindahkan

Kami menyarankan model kipas angin yang ringan jika Anda sering berpindah ruangan. Anda dapat dengan mudah memindahkannya ke dapur saat melakukan pekerjaan rumah, ke ruang keluarga saat bersantai, atau ke ruang lainnya saat beraktivitas.

Beberapa model kipas angin yang ringan juga tidak menggunakan kabel. Kipas angin model ini biasanya menggunakan baterai yang dapat diisi ulang sehingga dapat Anda gunakan di tempat yang tidak memiliki stopkontak. Tidak hanya terlihat lebih rapi, model ini juga sangat bermanfaat saat listrik padam.

Pilih kipas yang memiliki fitur pendukung lainnya

Agar dapat menggunakan kipas angin dengan nyaman, jangan lupa untuk memeriksa fitur-fitur yang terpasang pada masing-masing model. Kenyamanan Anda pasti akan meningkat jika produk dilengkapi dengan remote control, timer, atau fitur lain yang membuatnya lebih mudah digunakan.

Temukan angin yang nyaman dengan rhythm mode

Temukan angin yang nyaman dengan rhythm mode

Rhythm mode atau mode ritme berguna saat Anda akan tidur atau relaksasi. Gunanya adalah untuk menambahkan atau mengurangi kekuatan angin sehingga angin yang dihasilkan terasa lebih alami. Bahkan, sudah ada kipas yang mampu menghasilkan efek angin sepoi-sepoi alami sehingga Anda dapat merasa lebih rileks

Terdapat sensor suhu atau sensor kelembapan

Terdapat sensor suhu atau sensor kelembapan

Sensor suhu dapat mendeteksi suhu ruangan dan secara otomatis meningkatkan volume angin ketika suhu naik, serta otomatis mematikan daya ketika suhu turun. Kami merekomendasikan kipas angin dengan fitur ini jika Anda merasa kerepotan untuk mengoperasikan dan menyetel volume angin sendiri. Hal yang sama dengan sensor kelembapan yang dapat mendeteksi kadar kelembapan di dalam ruangan dan secara otomatis menyesuaikannya. Fitur ini sangat praktis, terutama jika ruangan yang Anda pakai sering lembap. Sayangnya, kipas dengan sensor kelembapan ini masih jarang ditemukan di Indonesia.

Remote control untuk pengoperasian yang praktis

Remote control untuk pengoperasian yang praktis

Periksalah ketersediaan remote control bila Anda ingin mengoperasikan kipas angin tanpa harus berpindah tempat. Berhubung kipas dapat dikendalikan dengan remote, Anda bisa mengoperasikan kipas sembari duduk atau berbaring.

Kami juga sangat menyarankan jenis kipas dengan remote control yang lengkap. Kipas angin dengan remote pada umumnya masih harus dipencet secara manual untuk fungsi swing-nya, tetapi pada remote control yang lengkap, fungsi tersebut sudah bisa dikendalikan dari jarak jauh. Karena itu, bila Anda ingin dapat menggunakan kipas dengan nyaman, pilihlah kipas yang fungsi remote-nya sudah lengkap.

Fungsi swing dan angle adjustment agar angin lebih merata

Fungsi swing dan angle adjustment agar angin lebih merata

Pilihlah kipas dengan fungsi swing untuk menyebarkan angin secara merata pada ruangan yang luas. Pada produk kipas yang sudutnya dapat diatur, Anda dapat dengan bebas mengatur sudut putaran kipas sehingga angin hanya bertiup ke tempat di mana orang-orang berada. Fungsi ini sangat kami rekomendasikan untuk kipas angin yang diletakkan di ruang keluarga atau untuk Anda yang ingin menggunakan kipas angin secara efisien.

10 Rekomendasi kipas angin terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan produk kipas angin terbaik. Anda bisa merujuk pada penjelasan poin-poin di atas dan produk-produk berikut untuk memilih kipas angin yang sesuai keinginan Anda.

10. Maspion Box Fan JF-1221

10. Maspion Box Fan JF-1221

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 388.000

Kipas emergency penyelamat dari panas saat listrik padam

Untuk Anda yang sering kesal karena kepanasan saat listrik padam, kipas angin Maspion JF-1221 merupakan produk yang tepat untuk Anda. Kipas angin ini dilengkapi dengan baterai isi ulang yang membuatnya bisa tahan menyala hingga 5 jam walau tidak ada listrik. Tidak perlu lagi takut kepanasan meski listrik di rumah Anda padam.

Fungsi kipas dengan 3 tombol volume angin dan penggerak putaran cover bekerja dengan baik. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa ukuran kipas ini agak kecil, sekitar 25 cm sehingga tidak cocok untuk ruangan yang terlalu luas. Namun, dengan adanya pegangan di bagian atas, kipas ini bisa Anda pindahkan dengan mudah saat diperlukan.

9. Miyako Desk Fan KAD-927 B/P

9. Miyako Desk Fan KAD-927 B/P

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 149.000

Kipas angin andalannya para anak kos

Kipas angin Miyako seri KAD-927 hanya berdiameter 22 cm dengan 2 pengaturan volume angin. Kipas ini tepat sekali jika Anda berencana menggunakannya sendirian. Meski beberapa review yang mengatakan suara kipas ini agak berisik, tidak diragukan lagi angin yang dihasilkannya cukup besar untuk menghilangkan hawa panas.

Ukuran kipas yang compact sangat pas untuk diletakkan di atas meja, bahkan Anda bisa meletakkannya di dinding. Anak kos dengan kamar yang sempit pasti akan menyukainya karena tidak banyak memakan tempat. Ditambah lagi, harganya yang sangat terjangkau juga menjadikan kipas ini pilihan terbaik untuk para anak kos.

8. Turbo Wall Fan CFR 5889

8. Turbo Wall Fan CFR 5889

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.800

Makin sejuk dengan adanya baling-baling ganda

Turbo CFR 5889 merupakan kipas angin dinding yang berukuran cukup besar. Turbo memasang baling-baling ganda atau double blade berukuran ±40 cm, sementara mesin motornya terbuat dari kawat tembaga. Perpaduan tersebut membuat Turbo CFR 5889 mampu menghasilkan angin yang lebih kencang dan lebih optimal penyebarannya.

Dengan mesin powerful dan teknologi double blade-nya, kipas ini sangat cocok jika Anda mencari kipas angin dinding untuk ruangan yang cukup luas. Kipas ini juga dilengkapi dengan tombol putar untuk mengatur volume angin dalam 3 kecepatan. Jadi, Anda dapat menyesuaikan kecepatan angin sesuai kebutuhan.

7. Regency Kipas Angin Tornado Fan Deluxe DLX 16 inch

7. Regency Kipas Angin Tornado Fan Deluxe DLX 16 inch

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 340.000

Angin powerful untuk menyejukkan seisi ruangan Anda

Kipas ini merupakan produk unggulan dari Regency yang terbukti mampu memperbaiki sirkulasi udara kamar yang ramai sekalipun. Kerangka dan baling-baling besinya dirancang sedemikian rupa agar anginnya kencang, tetapi suaranya tetap halus. Kipas ini juga pilihan yang tepat jika Anda mencari kipas powerful dengan budget terbatas.

Gagang besi belakangnya sangat kokoh dan membuatnya mudah untuk dipindahkan. Kipas ini juga cocok digunakan di luar ruangan karena anginnya kuat dan kencang sehingga bisa Anda gunakan saat berkumpul dan bersantai bersama keluarga Anda di halaman rumah. Pastinya kipas ini sangat awet dan tahan lama!

6. Cosmos 16-SO33 ONY

6. Cosmos 16-SO33 ONY

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 344.000

Jadi sejuk iya, bebas nyamuk juga iya!

Selain panas, nyamuk juga merupakan masalah yang cukup mengganggu saat istirahat. Untuk itu, produk ini dihadirkan untuk Anda yang ingin ruangan bebas nyamuk dan bebas panas sekaligus! Kipas ini memiliki wadah pengusir nyamuk elektrik yang terpasang di bagian belakang untuk kemudian disebarkan ke ke seluruh penjuru ruangan.

Selain itu, Anda juga bisa memasukkan aromaterapi dan menjadikan ruangan Anda harum seketika. Untuk fungsi multifungsi seperti ini, penggunaan listriknya hanya 45 watt, lho! Kipas ini juga merupakan kipas 3-in-1 yang bisa diatur sebagai desk fan, wall fan, dan stand fan sehingga Anda bisa menggunakannya di mana saja sesuka Anda!

5. Mini Portable Fan Clip

5. Mini Portable Fan Clip

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 115.600

Jepit di mana saja, charge di mana saja!

Seperti namanya, kipas ini berukuran mini dengan diameter hanya 13 cm. Pada bagian bawah terdapat klip besar yang bisa Anda gunakan untuk menjepit kipas di pinggiran meja, lemari, atau bahkan stroller bayi Anda. Selain itu, kepala kipas didesain agar bisa berputar 360° sehingga Anda bisa menyesuaikan sudut dan arah angin dengan mudah.

Ukuran yang kecil juga membuat kipas ini lebih portable. Ditambah lagi, dengan pilihan daya kipas yang menggunakan baterai isi ulang, Anda bisa mengisi dayanya dengan mudah menggunakan charger smartphone atau power bank di mana saja. Kipas ini sangat sempurna untuk Anda yang menginginkan kipas ringan dan mudah dibawa-bawa ke mana saja!

4. Sekai HSN 2037 RI

4. Sekai HSN 2037 RI

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 460.000

Buat aula pertemuan Anda jadi sejuk dengan kipas ini!

Rangka kipas yang berdiameter sekitar 50 cm ini terbuat dari besi sehingga bersifat kuat, awet, dan tahan lama. Lalu, baling-balingnya terbuat dari bahan aluminium dan mampu menghasilkan angin yang kuat, tetapi tidak bising. Jangkauan putarannya pun cukup luas untuk menyejukkan suasana ruang berkumpul Anda.

Kipas ini didesain dengan model 3-in-1 yang mudah diubah sesuai keinginan Anda dan telah dilengkapi remote. Kini Anda dapat mengoperasikannya dari jarak yang jauh. Kipas angin bergaya industrial ini kami rekomendasikan bila Anda mencari kipas angin untuk ditempatkan di aula pertemuan atau ruang kantor yang luas.

3. Mitsubishi LV16-RS-P

3. Mitsubishi LV16-RS-P

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.534.700

Buat rumah nyaman seperti di taman dengan mode ritme

Mitsubishi melengkapi kipas ini dengan mode ritme yang mampu menghasilkan angin sepoi-sepoi alami secara otomatis. Fitur ini akan membuat suasana rumah Anda nyaman seperti sedang berada di taman. Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang ingin relaks atau melepas penat setelah seharian bekerja.

Selain itu, kipas ini juga memiliki fitur yang cukup lengkap seperti mode swing dan pengaturan on/off timer hingga 8 jam yang bisa Anda kendalikan dengan mudah menggunakan remote control. Ini sangat cocok untuk Anda yang sering tidur menggunakan kipas angin. Tidak perlu lagi khawatir kipas terus menyala saat Anda tertidur pulas!

2. Midea Standing Fan FS40-7ARB

2. Midea Standing Fan FS40-7ARB

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 919.000

Teknologi teranyar untuk hasilkan angin yang terasa lebih alami

Bila kipas angin biasa hanya berputar ke kiri dan ke kanan, kipas pintar dari Midea ini memiliki sistem osilasi angka 8. Hal ini akan membuat baling-baling kipas berputar membentuk pola angka 8 dan menghasilkan gerakan aliran angin yang terasa nyata. Kipas ini memiliki daya tarik tersendiri untuk Anda yang menyukai teknologi teranyar.

Fungsi termometer elektronik yang ditanamkan turut menambah kemampuan kipas menyesuaikan volume angin terhadap suhu ruangan. Anda tidak perlu lagi repot menyetel kipas saat cuaca bertambah dingin atau panas karena kipas ini akan otomatis melakukannya untuk Anda. Kipas angin pintar ini sempurna sekali untuk Anda yang tidak mau repot!

1. Midea DC Standing Fan FS40-12HR

1. Midea DC Standing Fan FS40-12HR

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.249.000

Smart fan antibising untuk keluarga tercinta

Kipas angin Midea ini ditanami mesin motor DC yang terbukti ramah lingkungan, juga lebih efisien dan sejuk daripada motor kipas tradisional. Kipas angin ini sangat cocok digunakan untuk Anda sekeluarga karena ada 26 pilihan kecepatan angin yang mudah operasikan dengan remote. Aman bahkan untuk lansia dan bayi kesayangan Anda.

Kelebihan lainnya adalah fitur senyap yang diklaim hanya menghasilkan suara 17 dB, bahkan lebih senyap daripada suara daun jatuh! Sensor suhu ruang juga sudah melengkapi smart fan ini. Fitur ini otomatis menyesuaikan kecepatan angin saat suhu ruang naik atau turun. Cocok sekali sebagai pelengkap di ruang keluarga atau tempat tidur Anda.

Kesimpulan

Nah, kami telah menyajikan rekomendasi produk kipas angin terbaik. Bagaimana menurut Anda?

Kipas angin merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang sangat dibutuhkan. Ada banyak poin yang perlu diperhatikan sebelum membelinya seperti pengatur volume angin, adanya remote, timer, suara yang dihasilkan, dan lain sebagainya. Semoga dengan merujuk pada penjelasan kami di atas Anda bisa menemukan kipas angin yang keren, hemat, dan tidak berisik, ya!