• 10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Kipas angin lazim digunakan saat cuaca sedang panas. Kipas angin juga memiliki harga jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan AC serta lebih hemat lisrik. Berbagai model kipas angin ditawarkan di pasaran dari berbagai merek, seperti Miyako, Maspion, Regency, dan sebagainya dengan beragam harga dan fungsi.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kipas angin serta memperkenalkan produk-produk kipas angin terbaik untuk Anda. Dari model yang sederhana hingga yang praktis untuk disimpan. Simak terus artikel ini dan temukan kipas angin terbaik untuk ruangan Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 27 Januari 2020
  • 17.585 Views
Daftar isi

Cara memilih kipas angin

Meskipun banyak model kipas angin baru yang dijual setiap tahunnya, penting untuk memeriksa aspek fungsional saat memilihnya. Berikut kami akan menjelaskan poin-poin bagaimana cara memilih kipas angin.

Pilih kipas angin tipe mekanik atau tipe digital?

Pilih kipas angin tipe mekanik atau tipe digital?
Secara garis besar, kipas angin dibagi menjadi dua jenis, yaitu tipe mekanik dan tipe digital yang menggunakan microcomputer.
Tipe mekanik adalah jenis kipas angin kuno dengan tombol penyetel volume angin yang berada di bawah kipas dan pengatur waktunya menggunakan sistem pegas. Kebanyakan model hanya dilengkapi dengan fungsi penyetel volume angin dan pengatur waktu saja sehingga harganya murah. Kipas angin ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin menghemat anggaran dan tidak memerlukan fungsi tambahan lainnya.
Sementara itu, tipe digital memiliki fungsi rhythm mode dan remote control untuk mengubah volume angin secara otomatis. Meskipun lebih mahal daripada tipe mekanik, terdapat banyak fitur tambahan dan jangkauan penggunaan juga lebih luas.

Pilih mesin motor AC yang murah atau motor DC yang nyaman?

Ada dua jenis mesin penggerak pada kipas angin, yaitu motor AC (Alternating Current) yang telah digunakan sejak dulu dan motor DC (Direct Current) yang popularitasnya semakin meningkat sejak beberapa tahun belakangan. Ceklah masing-masing karakteristiknya dan pilih jenis mesin motor yang sesuai untuk Anda!

Mesin motor AC : pengoperasian sederhana, mudah digunakan, dan ekonomis

Mesin motor AC : pengoperasian sederhana, mudah digunakan, dan ekonomis
Mesin motor AC adalah jenis motor umum yang telah lama digunakan dan biasanya hanya memiliki 3 level penyetelan angin saja. Harganya murah karena sirkuitnya lebih sederhana, berkisar antara puluhan sampai ratusan ribu saja. Selain itu, karena penggunaannya sangat sederhana, bahkan orang tua yang kurang pandai mengoperasikan peralatan rumah tangga pun dapat menggunakannya dengan mudah.
Namun, motor AC tidak hemat energi karena menggunakan lebih banyak daya daripada motor DC. Selain itu, karena jenis kipas angin ini tidak dapat menyetel volume angin dengan halus, suara yang ditimbulkannya mungkin cukup keras.

Mesin motor DC : menyetel volume angin dengan mudah dan terasa nyaman

Mesin motor DC : menyetel volume angin dengan mudah dan terasa nyaman
Mesin motor DC adalah mesin terkini yang sering dipasang pada kipas angin high-end. Motor ini dapat langsung menyesuaikan kecepatan angin yang diinginkan, menghasilkan angin sepoi-sepoi alami, dan cenderung tidak berisik.
Ditambah lagi, konsumsi daya motor DC hanya sekitar separuh dari motor AC sehingga ideal untuk Anda yang ingin menghemat energi. Meskipun harga motor DC sendiri terbilang mahal, membeli kipas angin dengan motor DC dapat dikatakan sepadan karena lebih fungsional daripada motor AC.

Pilih ukuran dan tinggi kipas sesuai penempatannya

Pilih ukuran dan tinggi kipas sesuai penempatannya
Ukuran kipas angin tergantung pada ukuran baling-balingnya. Kipas standar memiliki baling-baling berukuran 30 cm, cocok untuk Anda gunakan pada ruangan yang cukup luas. Namun, jika Anda ingin meletakkannya pada meja atau dapur, pilihlah kipas berukuran compact dengan baling-baling sekitar 20 cm.
Penting pula menyesuaikan tinggi kipas dengan tempat penggunaannya. Sesuaikan tingginya dengan kursi yang biasa Anda duduki, seperti kursi ruang tamu, kursi makan, atau sofa agar anginnya bisa mengenai Anda. Dalam hal ini, pilihlah produk dengan tinggi yang sesuai untuk Anda, ya!

Pilih berdasarkan jumlah baling, kekuatan angin, dan kesenyapannya

Pilih berdasarkan jumlah baling, kekuatan angin, dan kesenyapannya
Mudah untuk melihat besar angin yang dihasilkan dengan memeriksa jumlah baling-balingnya. Kipas yang berharga murah biasanya memiliki sekitar 3-4 buah baling-baling dan menghasilkan angin yang kuat. Jika Anda lebih menyukai angin yang lembut dan terasa nyaman, pilihlah kipas dengan jumlah baling-baling lebih banyak.
Namun, kipas dengan baling-baling banyak mungkin akan lebih bising saat level kekencangan anginnya Anda naikkan. Sayangnya, tidak banyak produk kipas yang memberikan informasi mengenai tingkat kesenyapan saat digunakan. Karena itu, bila Anda memilih kipas dengan baling berjumlah 5-6 buah, pilihlah yang dapat berputar dengan pelan.

Pilih yang dilengkapi timer agar lebih praktis

Pilih yang dilengkapi timer agar lebih praktis
Pengatur waktu adalah fitur yang berguna untuk Anda yang cenderung tertidur dengan kipas masih menyala. Fitur ini memungkinkan kipas berhenti pada waktu yang telah ditetapkan sehingga Anda tidak perlu cemas akan masuk angin plus membantu Anda menghemat energi.
Bahkan, untuk model kipas yang memiliki fitur timer on/off, Anda tidak hanya dapat menyetel waktu kipas mati, tetapi juga waktu kipas menyala secara otomatis. Rasakan kesejukan dan kenyamanan lebih hanya dengan menyetel timer sesuai jam bangun atau jam Anda pulang ke rumah.

Pilih kipas tanpa kabel yang ringan dan mudah dipindahkan

Pilih kipas tanpa kabel yang ringan dan mudah dipindahkan
Kami menyarankan model kipas angin yang ringan jika Anda sering berpindah ruangan. Anda dapat dengan mudah memindahkannya ke dapur saat melakukan pekerjaan rumah, ke ruang keluarga saat bersantai, atau ke ruang lainnya saat beraktivitas.
Beberapa model kipas angin yang ringan juga tidak menggunakan kabel. Kipas angin model ini biasanya menggunakan baterai yang dapat diisi ulang sehingga dapat Anda gunakan di tempat yang tidak memiliki stopkontak. Tidak hanya terlihat lebih rapi, model ini juga sangat bermanfaat saat listrik padam.

Pilih kipas yang memiliki fitur pendukung lainnya

Agar dapat menggunakan kipas angin dengan nyaman, jangan lupa untuk memeriksa fitur-fitur yang terpasang pada masing-masing model. Kenyamanan Anda pasti akan meningkat jika produk dilengkapi dengan remote control, timer, atau fitur lain yang membuatnya lebih mudah digunakan.

Temukan angin yang nyaman dengan rhythm mode

Temukan angin yang nyaman dengan rhythm mode
Rhythm mode atau mode ritme berguna saat Anda akan tidur atau relaksasi. Gunanya adalah untuk menambahkan atau mengurangi kekuatan angin sehingga angin yang dihasilkan terasa lebih alami. Bahkan, sudah ada kipas yang mampu menghasilkan efek angin sepoi-sepoi alami sehingga Anda dapat merasa lebih rileks

Terdapat sensor suhu atau sensor kelembapan

Terdapat sensor suhu atau sensor kelembapan
Sensor suhu dapat mendeteksi suhu ruangan dan secara otomatis meningkatkan volume angin ketika suhu naik, serta otomatis mematikan daya ketika suhu turun. Kami merekomendasikan kipas angin dengan fitur ini jika Anda merasa kerepotan untuk mengoperasikan dan menyetel volume angin sendiri. Hal yang sama dengan sensor kelembapan yang dapat mendeteksi kadar kelembapan di dalam ruangan dan secara otomatis menyesuaikannya. Fitur ini sangat praktis, terutama jika ruangan yang Anda pakai sering lembap. Sayangnya, kipas dengan sensor kelembapan ini masih jarang ditemukan di Indonesia.

Remote control untuk pengoperasian yang praktis

Remote control untuk pengoperasian yang praktis
Periksalah ketersediaan remote control bila Anda ingin mengoperasikan kipas angin tanpa harus berpindah tempat. Berhubung kipas dapat dikendalikan dengan remote, Anda bisa mengoperasikan kipas sembari duduk atau berbaring.
Kami juga sangat menyarankan jenis kipas dengan remote control yang lengkap. Kipas angin dengan remote pada umumnya masih harus dipencet secara manual untuk fungsi swing-nya, tetapi pada remote control yang lengkap, fungsi tersebut sudah bisa dikendalikan dari jarak jauh. Karena itu, bila Anda ingin dapat menggunakan kipas dengan nyaman, pilihlah kipas yang fungsi remote-nya sudah lengkap.

Fungsi swing dan angle adjustment agar angin lebih merata

Fungsi swing dan angle adjustment agar angin lebih merata
Pilihlah kipas dengan fungsi swing untuk menyebarkan angin secara merata pada ruangan yang luas. Pada produk kipas yang sudutnya dapat diatur, Anda dapat dengan bebas mengatur sudut putaran kipas sehingga angin hanya bertiup ke tempat di mana orang-orang berada. Fungsi ini sangat kami rekomendasikan untuk kipas angin yang diletakkan di ruang keluarga atau untuk Anda yang ingin menggunakan kipas angin secara efisien.

10 Rekomendasi kipas angin terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan produk kipas angin terbaik. Anda bisa merujuk pada penjelasan poin-poin di atas dan produk-produk berikut untuk memilih kipas angin yang sesuai keinginan Anda.
10
9
8
7

RegencyKipas Angin Tornado Fan Deluxe DLX 16 inch

Rp 340.000,00

6
5
4
3
2
1

Tabel perbandingan produk kipas angin terbaik

Gambar produk
1
Midea DC Standing Fan FS40-12HR 1

Midea

2
Midea Standing Fan FS40-7ARB 1

Midea

3
Mitsubishi LV16-RS-P 1

Mitsubishi

4
Sekai HSN 2037 RI 1

Sekai

5
Mini Portable Fan Clip 1

6
Cosmos  16-SO33 ONY 1

Cosmos

7
Regency Kipas Angin Tornado Fan Deluxe DLX 16 inch 1

Regency

8
Turbo Wall Fan CFR 5889 1

Turbo

9
Miyako Desk Fan KAD-927 B/P 1

Miyako

10
Maspion Box Fan JF-1221 1

Maspion

Nama produk

DC Standing Fan FS40-12HR

Standing Fan FS40-7ARB

LV16-RS-P

HSN 2037 RI

Mini Portable Fan Clip

16-SO33 ONY

Kipas Angin Tornado Fan Deluxe DLX 16 inch

Wall Fan CFR 5889

Desk Fan KAD-927 B/P

Box Fan JF-1221

KeunggulanSmart fan antibising untuk ...Teknologi teranyar untuk ha...Buat rumah nyaman seperti d...Buat aula pertemuan Anda ja...Jepit di mana saja, charge ...Jadi sejuk iya, bebas nyamu...Angin powerful untuk menyej...Makin sejuk dengan adanya b...Kipas angin andalannya para...Kipas emergency penyelamat ...
HargaRp 1.249.000,00Rp 919.000,00Rp 1.534.700,00Rp 460.000,00Rp 115.600,00Rp 344.000,00Rp 340.000,00Rp 250.800,00Rp 149.000,00Rp 388.000,00
Tautan produk

Kesimpulan

Nah, kami telah menyajikan rekomendasi produk kipas angin terbaik. Bagaimana menurut Anda?
Kipas angin merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang sangat dibutuhkan. Ada banyak poin yang perlu diperhatikan sebelum membelinya seperti pengatur volume angin, adanya remote, timer, suara yang dihasilkan, dan lain sebagainya. Semoga dengan merujuk pada penjelasan kami di atas Anda bisa menemukan kipas angin yang keren, hemat, dan tidak berisik, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    74.483 Views
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bluetooth headset adalah headset nirkabel yang praktis digunakan bukan hanya dalam urusan pekerjaan, melainkan juga untuk keperluan pribadi. Namun, beberapa variasi fitur dan harga bluetooh headset dapat membuat bingung pengguna dalam memilih produk yang tepat.Artikel berikut ini membahas cara memilih bluetooth headset yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih produk. Selain itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi bluetooth headset terbaik dari Jabra, Bose, JBL, Samsung, dan Plantronics. Selamat menyimak!
    Elektronik rumah tangga
    35.391 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Siapa sih yang tidak ingin makan nasi putih pulen yang baru matang dengan nikmat? Produk rice cooker yang ada di pasaran saat ini sudah sangat bervariasi, mulai dari rice cooker keluaran merek ternama seperti Cosmos, Miyako, Yong Ma, Kirin, rice cooker yang juga memiliki fitur penghangat nasi, sampai rice cooker yang dilengkapi dengan teknologi induction heating (IH). Tidak hanya untuk memasak nasi putih, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, menggoreng telur, membuat agar-agar, dan berbagai jenis makanan lainnya.Kali ini kami akan memperkenalkan 10 produk rice cooker yang direkomendasikan dengan membandingkan harga dan keunggulan yang dimiliki masing-masing produk, kemudian mengurutkannya dalam format ranking. Kami juga akan memperkenalkan produk rice cooker yang bisa dibeli dengan harga murah namun memiliki kualitas yang tidak kalah dengan merek terkenal yang harganya lebih mahal! Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    32.025 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Elektronik rumah tangga
    38.058 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    30.438 Views
  • 10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda ingin dapat menonton program televisi favorit dengan kualitas gambar terlihat lebih detail dan nyata? Jika ya, pilihlah Smart TV dengan resolusi 4K atau biasa disebut juga ultra high definition (UHD). Saat ini sudah banyak dijual Smart TV 4K dengan harga yang bervariasi serta memiliki performa tinggi.Kami akan merekomendasikan berbagai produk terbaik Sony, Samsung, LG, dan sebagainya untuk Anda. Sebelumnya kami juga akan memberikan penjelasan cara memilihnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui lebih jelas TV 4K yang Anda butuhkan. Mari simak terus sampai habis!
    Elektronik rumah tangga
    26.346 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Permainan game seperti PS4, online game, dan sebagainya adalah hiburan yang banyak diminati saat ini. Saat sedang memainkan game kesukaan Anda, tentunya Anda ingin bisa fokus merasakan dunia game tanpa gangguan. Selain visual, suara juga merupakan faktor yang membuat Anda dapat merasakan dunia game dengan optimal.Agar dunia game terasa semakin nyata, Anda harus menggunakan earphone gaming yang berkualitas, misalnya keluaran Shure, SoundPEATS, Marshall, atau Razer. Kali ini, kami akan membahas cara memilih earphone gaming dan rekomendasi produk terbaik yang paling diminati. Pilihlah yang sesuai dengan gaya bermain Anda!
    Elektronik rumah tangga
    21.881 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori