10 Rekomendasi Paper Clip Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Paper Clip Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Paper clip dapat membuat kertas dokumen Anda lebih rapi dan teratur. Namun, saat ini paper clip tidak hanya dipakai sebagai peralatan tulis untuk keperluan kantor ataupun perkuliahan. Ada berbagai paper clip dengan bentuk dan warna menarik yang dapat memperindah dokumen dan menghiasi meja kerja Anda.

Kami akan mengulas cara memilih paper clip dan dilanjutkan dengan rekomendasi sepuluh paper clip terbaik dari Kokuyo, Sanrio, Deli, dan IKEA. Silakan bookmark artikel ini apabila Anda masih bingung atau membutuhkan inspirasi saat memilih paper clip. Selamat membaca!

Daftar isi

Pilih paper clip berdasarkan penggunaan

Paper clip digunakan untuk menyatukan dokumen secara efisien di kantor atau di rumah Anda. Selain gem clip yang populer, ada berbagai jenis paper clip seperti gem clip atau binder clip. Selain itu, ada juga power clip tanpa kenop yang berguna untuk menyatukan dokumen tebal. Kami akan mengulas satu per satu jenis paper clip yang akan bermanfaat untuk dipakai oleh Anda.

Pilih gem clip, mudah menyatukan dokumen tipis

Pilih gem clip, mudah menyatukan dokumen tipis

Gem clip biasa dikenal juga sebagai paper clip standar. Pada umumnya, gem clip memiliki berbagai variasi warna dengan harga yang murah. Gem clip berukuran lebih kecil dibandingkan jenis klip lainnya sehingga mudah hilang. Namun, Anda akan mudah menemukan gem clip yang hilang jika memilih klip yang berwarna mencolok. Anda juga tidak perlu khawatir jika kehilangan gem clip karena harganya yang terjangkau.

Kekurangan gem clip adalah Anda tidak bisa menyatukan dokumen yang berjumlah besar. Selain itu, gem clip dinilai kurang kuat untuk menyatukan kertas dokumen dan biasanya meninggalkan bekas jepitan. Pada umumnya, gem clip terbuat dari bahan logam, tetapi saat ini Anda bisa menemukan gem clip berbahan plastik dan kertas.

Pilih binder clip, kokoh dan kuat untuk menyatukan dokumen yang tebal

Pilih binder clip, kokoh dan kuat untuk menyatukan dokumen yang tebal

Binder clip atau klip yang memiliki lubang seperti mata ini bisa dipakai dengan baik untuk mengencangkan dokumen tebal yang tidak dapat disatukan oleh gem clip. Binder clip juga disebut sebagai double clip. Binder clip memiliki kenop yang dapat dilipat ke belakang setelah menjepit dokumen. Anda juga bisa menggunakannya untuk menyatukan banyak dokumen. Binder clip memiliki lubang di bagian kenop dan bisa diletakkan seperti pengait.

Kelemahan binder clip adalah mudah meninggalkan bekas jepitan karena memiliki kemampuan menjepit yang kuat.

Pilih power clip tanpa kenop, kuat, dan bisa diisi ulang

Pilih power clip tanpa kenop, kuat, dan bisa diisi ulang

Gachuck keluaran pabrik Ohto merupakan salah satu produk power clip yang dijual di pasaran. Apa saja bagian dari power clip ini? Mesin clipper dan klip khusus diperlukan saat Anda memakai power clip. Anda bisa mengatasi masalah dokumen yang mudah tercecer dengan menggunakan power clip. Namun, power clip akan meninggalkan goresan pada dokumen penting Anda.

Binder clip dan paper clip lainnya akan memerlukan banyak ruang saat ditumpuk sehingga tidak bisa disimpan dengan rapi. Apabila Anda ingin dokumen tidak terlalu tebal atau memakan tempat saat ditumpuk, gunakanlah power clip. Dokumen yang terikat menggunakan power clip akan terikat kuat sehingga dapat berguna untuk menyimpan dokumen untuk jangka panjang. Selain itu, Anda bisa mengisi ulang klip yang telah habis.

Cara memilih paper clip

Setelah memaparkan jenis-jenis paper clip, kami akan memaparkan cara memilih paper clip sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sesuaikan ukuran klip dengan kertas dan ketebalan dokumen

Sesuaikan ukuran klip dengan kertas dan ketebalan dokumen

Gem clip dari produsen yang sama bisa tersedia dengan ukuran bervariasi. Anda bisa menemukan gem clip ukuran kecil (sekitar 23 mm) hingga ukuran besar (sekitar 50 mm). Paper clip berukuran besar bisa Anda pakai sebagai penanda atau pembatas dokumen. Namun, Anda akan kesulitan untuk melepas dokumen dengan gem clip besar jika dokumen yang Anda satukan terlalu sedikit.

Pilihlah ukuran paper clip berdasarkan ukuran kertas. Anda juga bisa memilih paper clip berdasarkan ketebalan dokumen yang Anda inginkan saat ditumpuk.

Pilih klip dengan bahan yang mudah digunakan

Pilih klip dengan bahan yang mudah digunakan

Berdasarkan bahan yang digunakan, paper clip dibagi menjadi tiga jenis, yaitu logam, plastik, dan kertas. Logam memiliki daya tahan tinggi sehingga dapat digunakan untuk jangka waktu lama. Namun, karena logam merupakan material yang dimampatkan, bahan logam akan berkarat jika disimpan di tempat lembap. Jika Anda menyimpan paper clip logam di tempat terbuka dengan kondisi lembap, berhati-hatilah walaupun mudah diakses.

Paper clip bahan plastik bisa memiliki warna-warni yang indah, tahan air, serta ringan sehingga mudah untuk dibawa. Namun, bahan plastik mudah berubah bentuk jika terkena panas. Selain itu, bahan plastik juga sulit didaur ulang. Paper clip berbahan kertas mudah dibawa karena ringan. Bahan kertas cukup menarik karena ramah lingkungan serta bisa didaur ulang dengan mudah ke dalam tanah. Namun, bahan kertas memiliki daya tahan rendah sehingga tidak awet.

Saat ini telah tersedia paper clip dengan bahan kertas yang dibuat dengan silikon. Jika dilengkapi magnet, paper clip seperti ini bisa dipakai untuk berbagai tujuan. Karakteristik lainnya adalah bahan yang ringan, tahan lama, dan tidak meninggalkan bekas jepitan pada dokumen. Jika Anda memilih paper clip tipe yang dilengkapi magnet, Anda perlu berhati-hati, terutama di lingkungan kerja yang dipengaruhi oleh efek medan magnet.

Pilih desain dan warna yang dapat meningkatkan suasana hati

Pilih desain dan warna yang dapat meningkatkan suasana hati

Anda bisa memilih paper clip sesuai desain atau warna yang lucu. Hal ini akan memudahkan Anda saat memisahkan dokumen berdasarkan warna atau sekadar menambah koleksi. Bagi Anda yang menggunakan paper clip untuk keperluan resmi, pilihlah paper clip dengan desain yang mudah dipakai. Jika Anda menggunakan paper clip dengan kreatif, Anda bisa memakai paper clip untuk keperluan yang tidak terbatas.

Paper clip merupakan bagian dari ATK yang sering digunakan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menyediakan paper clip di tempat Anda bekerja atau di rumah. Paper clip tidak hanya berfungsi sebagai peralatan kantor biasa, tetapi bisa membawa kegembiraan di tempat kerja Anda.

10 Rekomendasi paper clip terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi paper clip terbaik berdasarkan fungsi maupun desain.

10. Joyko Paper Clip C-3100

10. Joyko Paper Clip C-3100

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.000

Satu paket berjumlah banyak dengan harga yang ekonomis

Joyko Paper Clip C-3100 adalah gem clip yang terbuat dari bahan plastik vinyl dengan dibalut PVC. Anda akan mendapatkan paket paper clip berwarna-warni yang terdiri dari seratus buah gem clip. Apabila Anda membutuhkan paper clip untuk memisahkan beberapa dokumen yang berbeda, pilihlah produk ini. Anda bisa memisahkan dokumen berdasarkan warna jika menggunakan paper clip ini.

Produk ini juga cocok dipakai bagi Anda yang membutuhkan penjepit kertas dalam jumlah banyak. Anda juga bisa menyediakan produk ini di meja kerja apabila sewaktu-waktu dibutuhkan karena paper clip ini cukup murah. Selain itu, Anda yang memiliki kantor yang cukup lembap bisa memilih paper clip ini karena tidak akan berkarat.

9. Klip Kertas Kayu Bentuk Bintang

9. Klip Kertas Kayu Bentuk Bintang

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.000

Jadi mudah memilah dokumen berdasarkan warna dan frasa

Produk ini terbuat dari bahan kayu sehingga cocok untuk Anda yang menginginkan paper clip ramah lingkungan. Anda bisa memilah dokumen berdasarkan frasa yang mengandung makna positif pada paper clip ini. Paper clip bertuliskan special thanks, cocok dipakai untuk menandai dokumen pribadi dari kerabat.

Bagi Anda yang ingin menandai dokumen dari pujaan hati bisa memakai produk ini yang bertuliskan I Love You. Anda juga bisa memilah kertas berdasarkan warna merah muda, hijau, biru, kuning, dan hitam jika menggunakan produk ini. Apabila Anda memiliki proyek scrapbook, produk ini bisa Anda pakai sebagai aksesori atau bookmark untuk halaman penting.

8. IKEA Fullfolja

8. IKEA Fullfolja

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 74.900

Warna gotik dengan bentuk yang tidak konvensional

IKEA Fullfolja adalah gem clip yang memiliki desain berbentuk kotak. Produk ini terbuat dari logam sehingga lebih kuat dan memberikan kesan mewah saat menyatukan dokumen penting Anda. Pilihlah produk ini apabila Anda membutuhkan paper clip dengan daya tahan tinggi. Bagi Anda yang bosan dengan paper clip berbentuk standar, namun ingin tetap elegan, bisa memilih produk ini.

Anda bisa memakai produk ini apabila menginginkan kesan kontras gabungan klip warna hitam dan kertas berwarna putih. Selain itu, apabila Anda tidak suka paper clip berwarna-warni karena dianggap terlalu mencolok, produk ini cocok untuk Anda. Bagi Anda yang senang dengan berbagai pernak-pernik gotik, paper clip ini bisa melengkapi koleksi.

7. Stainless Steel Money and Paper Clip

7. Stainless Steel Money and Paper Clip

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Hindari noda karat pada dokumen dengan paper clip berbahan stainless steel

Produk ini terbuat dari bahan logam stainless steel sehingga tidak mudah berkarat. Pilihlah paper clip ini apabila kantor atau rumah Anda lembap. Dengan demikian, dokumen penting Anda terhindar dari noda logam yang karatan. Anda juga bisa menyimpan dokumen dengan menggunakan paper clip ini di tempat terbuka dan mengakses dokumen pun menjadi lebih mudah.

Sebagaimana namanya, paper clip ini bisa dipakai untuk menyatukan dan merapikan uang kertas yang dilipat. Selain itu, paper clip ini memiliki panjang 5,7 cm. Produk ini lebih panjang daripada standar gem clip terbesar yang umumnya berukuran 5 cm (gem clip No.5). Apabila Anda ingin menyatukan dokumen lebih padu dibandingkan gem clip No.5, Anda bisa memilih produk ini.

6. Peaceminusone PMO Bulldog Clip #1

6. Peaceminusone PMO Bulldog Clip #1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.000

Membuat flicker book bisa, membuat clipboard juga tidak masalah

Peaceminusone PMO Bulldog Clip #1  berukuran 6,4 cm x 5,3 cm serta terbuat dari bahan 100 % logam besi. Anda yang membutuhkan clipboard (papan tulis) cocok menggunakan produk ini, tinggal menjepitkan tripleks di bagian bawah klip. Selain itu, produk ini bisa dipakai sebagai aksesori penjepit topi ala artis Korea Big Bang. Jadi, Anda yang tidak ingin ketinggalan gaya bisa memilih produk ini.

Paper clip ini bisa juga dipakai untuk membuat flicker book dengan cara menjepit kertas yang tidak permanen. Anda bisa merevisi flicker book dengan cara menambahkan, mencabut, atau mengganti kertas. Pilihlah produk ini jika Anda seniman yang senang membuat desain gambar gerak.

5. IKEA Oleby

5. IKEA Oleby

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.500

Ada magnet di bagian belakang, bisa ditempel di kulkas

IKEA Oleby dilengkapi dengan magnet neodymium di bagian belakang. Dengan demikian, Anda bisa menempelkan produk ini pada permukaan logam di rumah Anda. Apabila Anda sering lupa menaruh catatan atau kehabisan ruangan untuk menyimpan catatan, produk ini cocok untuk dipilih. Anda bisa menempelkan catatan di kulkas sehingga tidak akan kesulitan lagi menemukan catatan jika diperlukan.

Anda bisa memilih warna toska, merah muda, oranye, atau hijau sesuai dengan selera atau sesuai warna kulkas. Bahan cover plastik polypropylene dan kerangka baja membuat produk ini hanya memiliki berat 0,1 kg saja. Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila produk ini terjatuh dan mengenai bagian tubuh si kecil.

4. Deli 8486Smile Binder Clip

4. Deli 8486Smile Binder Clip

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 47.800

Sebarkan kegembiraan dengan paper clip yang selalu tersenyum

Binder clip ini berbentuk emoticon berwarna-warni dengan empat macam senyuman yang berbeda. Anda akan mendapatkan wadah penyimpanan sehingga produk ini bisa tersimpan rapi dan mudah ditemukan. Selain itu, Anda juga mendapatkan binder clip sebanyak 48 buah. Produk ini cocok untuk Anda yang membutuhkan binder clip berjumlah banyak.

Anda bisa memisahkan dokumen berdasarkan warna dengan memilih produk ini. Bentuk unik dengan warna yang mencolok pasti dapat membawa keceriaan di ruang kerja Anda. Oleh karena itu, produk ini cocok untuk Anda yang membutuhkan binder clip sekaligus item dekorasi dalam satu paketnya.

3. Sanrio Hello Kitty Clip Set: Cupcakes

3. Sanrio Hello Kitty Clip Set: Cupcakes

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Bentuk imut Hello Kitty, bisa dipakai sebagai klip snack!

Paper clip ini terbuat dari busa empuk yang nyaman untuk diremas-remas saat melepas kepenatan. Warna merah muda yang dominan dengan bentuk Hello Kitty membuat produk ini serasi dimiliki kaum hawa. Bagian belakangnya terbuat dari bahan plastik ABS resin sehingga ringan saat digunakan.

Produk ini juga cocok untuk melengkapi koleksi para kolektor Hello Kitty. Bagi penggemar makanan ringan, produk ini bisa Anda pakai sebagai penjepit kemasan snack yang telah Anda buka. Namun, produk ini bukanlah mainan walaupun berbentuk imut. Jadi, jauhkanlah produk ini dari jangkauan anak kecil!

2. Kokuyo Crocodile Clip with 15 Small Pieces Mouth Width Approximately 13 mm

2. Kokuyo Crocodile Clip with 15 Small Pieces Mouth Width Approximately 13 mm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 185.000

Praktis menyatukan kertas menjadi beberapa dokumen dalam jumlah banyak

Anda bisa kerepotan jika menggunakan paper clip konvensional karena harus membuka klip terlebih dahulu sebelum menyatukan dokumen. Produk ini bisa memasangkan klip khusus ke dokumen tanpa harus membuka klip secara manual. Anda akan mendapatkan mesin penjepit sekaligus klip yang berfungsi menyatukan lembaran kertas setelah keluar dari mesin penjepit. Klip penjepit bisa diisi ulang apabila diperlukan.

Bagi Anda yang terbiasa menyiapkan dokumen rapat atau handout seminar akan cocok memiliki produk ini. Anda bisa menyatukan hingga lima belas dokumen menggunakan klip yang disediakan dalam paket penjualan. Anda juga bisa memindahkan klip jika tidak digunakan dengan mudah karena desainnya yang antiselip.

1. Hollow Gold Metal Wire Binder Clips

1. Hollow Gold Metal Wire Binder Clips

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 19.500

Model badan yang transparan tidak akan menghalangi tulisan di dokumen!

Binder clip konvensional sering kali menutupi tulisan di tepian kertas Anda. Hollow Gold Metal Wire Binder Clips memiliki desain transparan di bagian badannya. Dengan demikian, dokumen Anda yang berisi tulisan di pinggirannya masih dapat terbaca ketika dijepit dengan produk ini.

Bahan logam besi akan memastikan dokumen Anda bisa disatukan dengan kuat saat menggunakan produk ini. Selain itu, klip ini memiliki warna gold sehingga memberikan kesan elegan. Produk ini juga cocok untuk diberikan sebagai suvenir saat rapat atau seminar selain notepad dan pulpen.

Kesimpulan

Bagaimana tanggapan Anda setelah membaca artikel di atas? Produk mana yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda? Paper clip bisa Anda pakai sebagai pengikat snack yang sudah dibuka, pembatas buku, atau sekadar koleksi barang-barang unik. Jika menggunakan paper clip sesuai kebutuhan dan selera desain, tumpukan dokumen Anda di kantor tidak akan tampak monoton lagi. Dengan demikian, Anda dapat bekerja lebih produktif.