• 10 Rekomendasi Paper Clip Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Paper Clip Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Paper Clip Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Paper Clip Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Paper Clip Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Paper Clip Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Paper clip atau penjepit kertas adalah pilihan yang tepat untuk menyatukan dokumen Anda tanpa melubanginya. Produknya bisa dilepaskan dari dokumen Anda sewaktu-waktu. Jadi, Anda dapat merapikan dokumen secara lebih fleksibel. Selain untuk merapikan, beberapa produknya bahkan dapat mempercantik meja kerja Anda.

Untuk mendapatkan paper clip terbaik, Anda bisa menyimak cara memilihnya dari kami dalam artikel ini. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari merek yang bagus, seperti Joyko, Kokuyo, dan lainnya. Ulasannya pun sudah tersedia untuk Anda. Yuk, dimulai saja!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih paper clip

Tidak hanya jenis dan ukuran yang harus Anda periksa saat akan membeli paper clip, lho. Bahan dan jumlah isinya dalam satu set juga perlu dipertimbangkan agar Anda mendapat produk terbaik. Simak penjelasan selengkapnya dari kami di bawah ini.

Sesuaikan jenis paper clip dengan jumlah dan ukuran kertas

Berikut ini kami akan memerinci macam-macam jenis penjepit kertas untuk Anda. Tiap-tiap jenis akan menyatukan kertas dalam jumlah berbeda. Ukuran paper clip pun memengaruhi ukuran kertas yang cocok disatukan. Disimak baik-baik agar Anda tak salah pilih, ya!

Gem clip, untuk menyatukan dokumen tipis

Gem clip, untuk menyatukan dokumen tipis

Gem clip umumnya dapat menyatukan hingga 25 lembar kertas. Namun, karena sangat ringan, stabilitas paper clip ini tergolong paling rendah di antara yang lainnya.


Stabilitas gem clip tidak hanya bergantung pada jumlah kertas, tetapi juga ukurannya. Selain itu, ukuran gem clip dapat memengaruhi kemudahan dalam membalik-balik lembar dokumen Anda.


Kali ini kami menggunakan berat kertas yang umum, yaitu 70–80 g, sebagai tolok ukur. Produk yang berukuran 2,3 cm cocok untuk kertas berukuran A5 atau yang lebih kecil. Untuk kertas berukuran A4 dan F4, Anda membutuhkan produk yang berukuran 3 cm.


Perlu diingat, gem clip cenderung meninggalkan bekas jepitan pada kertas. Jenis klip kertas ini pun tidak sekuat yang lain dalam menjepit dokumen. Keuntungannya, paper clip ini lebih mudah dilepaskan jepitannya saat Anda perlu menyusun ulang dokumen.

Binder clip, untuk menyatukan dokumen tebal

Binder clip, untuk menyatukan dokumen tebal
Binder clip memiliki kenop yang dapat dilipat ke belakang setelah menjepit dokumen. Paper clip ini memiliki lubang di bagian kenop yang membuat Anda dapat menggantungnya.

Anda dapat mengandalkan binder clip untuk menyatukan dokumen yang tebal. Binder clip lebih stabil dibandingkan gem clip karena menjepit dengan lebih kencang. Ukurannya pun memanjang sehingga membuat Anda lebih mudah dalam membalik halaman dokumen.


Karena lebih berat dari gem clip, sebaiknya Anda memperhitungkan ukuran produknya dengan jumlah kertas yang akan disatukan. Bila jumlah kertasnya terlalu sedikit, tetapi produknya berukuran besar, dokumen Anda justru akan menjadi berat di klip.


Binder clip berukuran 1,5–2 cm dapat menjepit hingga 35 lembar kertas A5, A4, atau F4. Bila Anda ingin menyatukan lebih banyak kertas, seperti makalah atau skripsi, pilihlah yang berukuran lebih besar. Produk yang berukuran 4–5 cm memang cocok untuk menjepit kertas ukuran A3. Namun, jumlah kertasnya juga perlu dipertimbangkan.


Anda masih dapat menggunakan produk berukuran 1,5–2 cm untuk beberapa lembar kertas ukuran A3. Namun, gunakanlah beberapa binder clip sekaligus untuk menjaga keseimbangan dan kestabilan dokumen Anda. Akan tetapi, ingatlah bahwa produknya menjepit dengan kuat sehingga bisa meninggalkan bekas jepitan pada dokumen Anda.

Bulldog clip, untuk membuat dokumen terlihat lebih estetis

Bulldog clip, untuk membuat dokumen terlihat lebih estetis

Cara kerja bulldog clip mirip dengan binder clip. Produknya dilengkapi handle untuk menjepit kertas dan membukanya jepitannya kembali. Jenis paper clip ini umumnya juga dilengkapi lubang pada handle-nya agar dokumen Anda dapat digantungkan. Variasi ukuran produknya juga serupa dengan binder clip. Jadi, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Namun, tidak seperti binder clip, Anda tidak dapat mengubah posisi handle dari bulldog clip


Tipe ini juga bisa Anda temui pada penjepit kertas dari clipboard. Meski cara kerjanya mirip, bulldog clip lebih kencang daripada binder clip.  


Karena ragam desainnya yang lebih estetis, bulldog clip cocok digunakan untuk karya seni. Menjepit flip book atau menggantung foto terlihat lebih artistik dengan produknya. Melakukan rapat atau presentasi menggunakan hard copy pun lebih pas dengan klip ini.

Power clip, untuk kemudahan menyatukan dokumen

Power clip, untuk kemudahan menyatukan dokumen
Berbeda dengan jenis klip kertas yang lain, power clip dilengkapi clipper atau alat khusus untuk menjepit dokumen. Dengan begitu, Anda dapat menjepit kertas dengan lebih mudah. Hal ini membuat produknya cenderung memiliki harga yang lebih tinggi dari yang lain. 

Cara menggunakan power clip mirip stapler. Namun, jenis penjepit kertas ini tidak meninggalkan bekas atau berpotensi merobek dokumen Anda. Jadi, Anda bisa memanfaatkannya untuk menyatukan dokumen yang dianggap sangat penting. Kapasitas kertas yang dapat dijepit klip ini bervariasi, tergantung pada merek produknya.


Tidak seperti jenis penjepit kertas lainnya, tumpukan dokumen Anda dapat tersimpan rapi dengan power clip. Produknya tidak menghasilkan rongga antar dokumen. Hal tersebut membuat power clip juga bisa diandalkan untuk menyatukan dokumen untuk jangka panjang.

Pilih produk berdasarkan materialnya

Pilih produk berdasarkan materialnya
Paper clip yang beredar di pasaran umumnya terbuat dari logam. Daya tahannya tinggi sehingga dapat digunakan untuk jangka panjang. Namun, logam bisa meninggalkan bekas karat pada dokumen, terutama bila disimpan di tempat yang lembap. Jika Anda tidak ingin berkompromi dengan karat, pilihlah paper clip yang bahannya stainless steel.

Selain itu, Anda bisa menemukan gem clip dari plastik atau vinyl. Produknya tahan air, tidak meninggalkan noda, serta memiliki warna yang beragam. Bobotnya pun lebih ringan dari yang berbahan logam. Namun, produknya bisa patah jika kapasitasnya tidak sesuai. 


Binder clip umumnya terbuat dari plastik dan logam. Saat tidak sengaja tertimpa benda berat, bagian plastiknya bisa retak atau patah. Apabila Anda ingin yang lebih kukuh, pilihlah yang dari logam sepenuhnya. Jenis paper clip lainnya, yaitu bulldog clip dan power clip, umumnya berbahan logam.

Periksa isinya dalam satu set

Periksa isinya dalam satu set

Anda akan lebih jarang menemukan paper clip yang dijual satuan ketimbang yang satu set. Oleh sebab itu, perhatikanlah jumlah klip yang terdapat dalam set yang dijual. Tergantung pada jenis dan ukuran klip, serta produsennya, jumlah isinya berbeda-beda. Pilihlah produk yang isinya sesuai dengan kebutuhan Anda.


Beberapa produk dapat berisi hingga 100 paper clip dalam satu set. Produknya cocok untuk Anda yang pekerjaannya banyak mengelola dokumen. Sementara itu, produk dengan isi sekitar 20 klip ke bawah cocok untuk Anda yang tidak terlalu sering menggunakannya.

10 Rekomendasi paper clip terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk paper clip terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10
TipeBinder clip
Ukuran clipTidak tercantum
Ukuran kertasTidak tercantum
Jumlah kertas maksimum60 lembar
MaterialLogam
Isi18
9
TipePower clip
Ukuran clipTidak tercantum
Ukuran kertasTidak tercantum
Jumlah kertas maksimum15 lembar
MaterialLogam
Isi15
8

BazicBinder Clips

269

Mulai dari Rp 10.000,00

TipeBinder clip
Ukuran clipPanjang 1,9 cm (5 pcs), 3,2 cm (2 pcs), 5,1 cm (1 pc)
Ukuran kertasA7, A6, A5, A4, F4, A3
Jumlah kertas maksimum>35 lembar
MaterialPlastik, baja
Isi8
7
TipePower clip
Ukuran clipTidak tercantum
Ukuran kertasTidak tercantum
Jumlah kertas maksimum40 dan 55 lembar
MaterialLogam
Isi16
6
TipeGem clip
Ukuran clip3,2 cm x 5,8 cm
Ukuran kertasTidak tercantum
Jumlah kertas maksimum30 lembar
MaterialTidak tercantum
Isi24
5
TipeGem clip
Ukuran clipLebar 5 cm
Ukuran kertasA3
Jumlah kertas maksimum>25 lembar
MaterialBesi
Isi15
4
TipeBulldog clip
Ukuran clip4,5 cm x 5,5 cm
Ukuran kertasA6, A5, A4, A3
Jumlah kertas maksimum>35 lembar
MaterialStainless steel
Isi1
3
TipeBulldog clip
Ukuran clipPanjang 10 cm
Ukuran kertasA6, A5, A4, A3
Jumlah kertas maksimum>35 lembar
MaterialLogam
Isi1
2
TipeGem clip
Ukuran clipLebar 2,9 cm
Ukuran kertasA4, F4
Jumlah kertas maksimum25 lembar
MaterialBesi
Isi100
1
TipeGem clip
Ukuran clip0,9 cm x 2,4 cm
Ukuran kertasA7, A6, A5
Jumlah kertas maksimum25 lembar
MaterialTidak tercantum
Isi60

Tabel perbandingan produk paper clip terbaik

Gambar produk
1
Joyko Triagonal Clips No.3 1

Joyko

2
Deli Paper Clips 1

Deli

3
V-Tec Bulldog Clips 1

V-Tec

4
SDI Magnetic Clip 1

SDI

5
Maped Jumbo Paper Clip 1

Maped

6
Pronto Clip-Tabs 1

Pronto

7
Max Dual Clip 1

Max

8
Bazic Binder Clips 1

Bazic

9
Kokuyo  Wani Clipper (S) 1

Kokuyo

10
Carl Mori Clips 1

Carl

Nama produk

Triagonal Clips No.3

Paper Clips

Bulldog Clips

Magnetic Clip

Jumbo Paper Clip

Clip-Tabs

Dual Clip

Binder Clips

Wani Clipper (S)

Mori Clips

Keunggulan

Mudah digunakan, ekonomis pula!

Sudah ada wadahnya, paper clip tidak mudah hilang lagi!

Bulldog clip serbaguna yang harganya terjangkau

Tidak perlu khawatir berkarat berkat kualitas bahannya

Gem clip yang ukurannya lebih besar

Dilengkapi note untuk melabeli dokumen Anda

Power clip dengan dua ukuran penjepit berbeda

Ukurannya bermacam, tidak bingung lagi pilih klip yang mana!

Merapikan dokumen Anda dengan lebih cepat

Binder clip unik dengan cara kerja yang praktis

Harga mulai dariRp 2.000,00Rp 9.000,00Rp 4.750,00Rp 55.000,00Rp 10.000,00Rp 35.200,00Rp 66.000,00Rp 10.000,00Rp 121.000,00Rp 115.000,00
TipeGem clipGem clipBulldog clipBulldog clipGem clipGem clipPower clipBinder clipPower clipBinder clip
Ukuran clip0,9 cm x 2,4 cmLebar 2,9 cmPanjang 10 cm4,5 cm x 5,5 cmLebar 5 cm3,2 cm x 5,8 cmTidak tercantumPanjang 1,9 cm (5 pcs), 3,2 cm (2 pcs), 5,1 cm (1 pc)Tidak tercantumTidak tercantum
Ukuran kertasA7, A6, A5A4, F4A6, A5, A4, A3A6, A5, A4, A3A3Tidak tercantumTidak tercantumA7, A6, A5, A4, F4, A3Tidak tercantumTidak tercantum
Jumlah kertas maksimum25 lembar25 lembar>35 lembar>35 lembar>25 lembar30 lembar40 dan 55 lembar>35 lembar15 lembar60 lembar
MaterialTidak tercantumBesiLogamStainless steelBesiTidak tercantumLogamPlastik, bajaLogamLogam
Isi601001115241681518
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk document organizer lainnya di sini

Selain paper clipstapler bisa dimanfaatkan untuk menyatukan dokumen. Sementara itu, tempat penyimpanan file akan membuat meja kerja Anda makin rapi. Nah, kami sudah menyiapkan rekomendasi berbagai produk yang memudahkan Anda dalam melakukan pekerjaan. Simak ulasannya dalam tautan di bawah ini, yuk!

Kesimpulan

Sudah menemukan paper clip yang sesuai kebutuhan Anda? Pastikan jenis dan ukurannya sesuai dengan jumlah dan ukuran kertas yang ingin disatukan, ya. Dengan produk yang tepat, Anda bahkan bisa memanfaatkannya untuk hal lain.


Selain itu, ketahui bahannya agar Anda mendapatkan produk yang awet. Periksa juga jumlah isinya dalam satu boks jika Anda butuh dalam jumlah banyak. Jika poin-poinnya sudah tepat, Anda akan mendapatkan paper clip terbaik yang bisa meringankan pekerjaan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Loose leaf binder adalah salah satu alat tulis yang cukup terkenal karena dapat digunakan untuk belajar maupun bekerja. Alasan utama loose leaf binder banyak diminati adalah kepraktisannya. Sayangnya, tidak semua binder nyaman digunakan. Tidak sedikit pula loose leaf binder yang ringnya sulit dibuka atau bahkan mudah rusak.Banyaknya merk binder yang bagus, seperti Kokuyo, Joyko, dan Bantex mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi loose leaf binder terbaik untuk Anda. Selamat membaca!
    Document organizer
  • 10 Rekomendasi Stapler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stapler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Stapler banyak digunakan untuk keperluan pekerjaan, sekolah, dan kuliah. Max, Joyko, dan Deli adalah beberapa merek stapler terbaik di Indonesia. Brand tersebut menawarkan beragam stapler yang bagus. Ada stapler heavy duty yang besar hingga stapler tembak. Untuk menemukan produk yang cocok, sebaiknya Anda pahami lebih dahulu karakteristiknya.  Sebab itu, kali ini kami akan memberikan tips cara memilih stapler terbaik untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi stapler yang bagus. Stapler Max HD-10 dan Joyko GT-700 ada dalam daftar kami. Simak artikel ini dan temukan stapler yang sesuai kebutuhan Anda!
    Document organizer
  • 10 Rekomendasi Pembolong Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pembolong Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pembolong kertas biasa digunakan untuk melubangi kertas agar dapat dimasukkan ke dalam satu file. Meski fungsinya sama, alat ini ternyata memiliki banyak sekali variasi, mulai dari yang ukurannya kecil hingga besar. Ada juga produk dengan jumlah lubang yang bisa diatur sesuai kebutuhan.Ketika sedang mencari di marketplace, Anda mungkin penasaran dengan nama lain pembolong kertas. Pembolong atau pelubang kertas disebut juga perforator. Anda bisa menjumpai perforator terbaik dari merek populer, seperti Deli dan Joyko. Agar Anda mendapatkan pembolong kertas yang bagus, simak tips memilih dan rekomendasi produk berikut ini.
    Document organizer
  • 10 Rekomendasi Sticky Notes Kecil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sticky Notes Kecil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sticky notes adalah salah satu perlengkapan yang sering dipakai. Fungsi sticky notes di antaranya dapat Anda gunakan sebagai memo pada buku catatan, pembatas buku, dan untuk menyampaikan pesan. Di pasaran, Anda biasanya banyak menjumpai sticky notes tipe klasik yang berbentuk persegi. Padahal, ada banyak varian lain yang juga menarik.Agar bisa memilih produk yang sesuai kebutuhan, di artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih sticky notes kecil yang bagus. Tak lupa, ada juga rekomendasi dari beberapa merek kenamaan, seperti Post-it, Joyko, dan Tesla Amazing yang akan kami ulas. Tetap disimak, ya!
    Document organizer
  • 10 Rekomendasi Ordner Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Ordner Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ordner adalah perlengkapan yang berperan penting dalam hal penyimpanan dokumen. Tidak heran jika benda yang satu ini sering dijumpai di kantor atau sekolah. Saat ini, ordner tersedia dalam berbagai tipe, seperti ordner folio, ordner kuitansi, dan ordner A4. Harga ordner yang cukup terjangkau membuatnya banyak diminati. Artikel kali ini akan membagikan cara memilih dan merekomendasikan ordner terbaik. Produk dari merek Bantex, Bambi Files, dan Deli yang populer juga akan kami bahas secara lengkap. Untuk mendapatkan produk ordner yang bagus, pastikan baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Document organizer
  • 10 Rekomendasi File Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi File Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    File box adalah tempat penyimpanan file yang berguna untuk menata dan menyimpan dokumen lebih rapi. Anda akan menemukan berbagai merek file box terbaik, seperti Bantex, IKEA, Deli, JOYKO, dan sebagainya. Tiap-tiap box file memiliki bahan, ukuran, serta desain yang berbeda tergantung pada kebutuhan Anda.Karena itu, kami akan menjelaskan tips memilih serta memberikan rekomendasi box file yang bagus dan awet. File box plastik, expanding file folder, dan file box stand ukuran A4 pun ada di sini. Pilih saja yang paling Anda butuhkan, ya!
    Document organizer
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori