10 Rekomendasi Snack Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Snack Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Snack atau camilan kucing merupakan barang wajib tersedia bagi Anda yang memelihara kucing di rumah. Tidak hanya sebagai makanan pelengkap, snack juga dapat digunakan untuk melatih kucing. Berbagai merek seperti Friskies, Eureka, dan sebagainya menghadirkan snack kucing lezat untuk kucing kesayangan Anda.

Bentuk stik, pasta, atau potongan daging, mana yang terbaik untuk kucing Anda? Pada artikel ini, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih snack kucing akan dibahas. Di samping itu, kami sudah mengurutkan 10 produk rekomendasi dan tips cara memberikan snack yang tepat.

Daftar isi

Cara memilih snack kucing

Seperti yang sudah disebutkan, banyak varian snack kucing yang tersedia. Tentunya, tidak semuanya akan disukai oleh kucing Anda. Kami akan membahas cara memilih snack kucing agar Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera si kucing.

Pilihlah jenis snack yang disukai oleh kucing

Jenis snack akan mempengaruhi tekstur dan rasa snack tersebut yang pada akhirnya juga akan berpengaruh pada pilihan si kucing. Berikut kami sampaikan pembahasan lebih dalam mengenai jenis-jenis snack kucing.

Jenis snack kering yang cocok untuk melatih kucing

Jenis snack kering yang cocok untuk melatih kucing

Jenis snack kering biasanya memiliki tekstur yang garing dan “kriuk”. Tampilannya tidak jauh berbeda, hanya saja kadang ada modifikasi dari segi tekstur. Misalnya, dengan penambahan isian di bagian tengahnya.

Snack kucing ini cocok sekali digunakan sebagai reward saat melatih kucing. Anda bisa memberikannya satu persatu ketika kucing berhasil menuruti perintah Anda. Sekarang ini, banyak snack kering dengan fungsi tambahan seperti merawat gigi. Fungsi ini sebagai hasil dari tekstur snack yang dapat membantu mengurangi plak pada gigi kucing.

Jenis snack basah yang lembut dan mudah dikonsumsi

Jenis snack basah yang lembut dan mudah dikonsumsi

Karena mengandung kadar air yang tinggi, jenis snack kucing ini mudah untuk dimakan. Karena karakteristiknya, jenis ini cocok sekali sebagai snack untuk kucing yang sudah tua atau senior cat. Ada dua jenis snack basah, yaitu pouch dan cairan. Jenis pouch biasanya memiliki tekstur yang lebih padat. Jenis ini seringkali dilengkapi dengan potongan-potongan bahan makanan kesukaan kucing, seperti kerang, tuna, dan sebagainya. Agar kucing Anda lebih mudah menikmatinya, Anda juga dapat memotong snack-nya kecil-kecil. Sementara itu, snack yang berbentuk cairan biasanya tersedia dalam wujud mendekati sup dalam kemasan yang mudah dijilat.

Teksturnya yang lembut juga menjadi kekurangan dari snack basah karena snack jadi mudah menempel pada gigi kucing. Bila dibiarkan, hal ini dapat menimbulkan plak yang akan merusak giginya. Untuk itu, sikatlah gigi kucing setelah memberikan snack jenis ini padanya.

Jenis freeze-dried yang awet dan tahan lama

Jenis freeze-dried yang awet dan tahan lama

Proses pengolahan freeze-drying merupakan salah satu teknik pengolahan makanan yang memiliki keunggulan dapat tetap menjaga kandungan nutrisi pada bahan makanan. Makanan yang diolah dengan teknik ini tidak akan kehilangan vitamin, mineral, dan berbagai nutrisi lainnya sehingga nyaris seperti makanan segar. Hal inilah yang membuat produk dengan pengolahan freeze-drying kebanyakan tidak mengandung pewarna dan perasa buatan serta dapat disimpan dalam waktu lama.

Proses pengolahan ini cocok untuk dipakai pada berbagai jenis bahan pangan. Misalnya, mulai dari berbagai jenis ikan yang menjadi bahan dasar makanan kucing hingga bahan makanan langka seperti daging kuda, keju, ubi jalar, kacang-kacangan, dan sayuran.

Jenis jerky yang melatih kekuatan gigi kucing

Jenis jerky yang melatih kekuatan gigi kucing

Snack ini banyak ditemui dalam bentuk potongan daging atau ikan yang sudah dikeringkan. Karena berwujud kering, snack ini dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Biasanya, kucing akan menyukai snack ini karena teksturnya. Tekstur yang berserat ini dapat membantu melatih kekuatan gigi kucing. Selain daging dan ikan, ada juga jenis jerky dari sayuran, seperti ubi dan wortel yang dapat Anda pilih agar kebutuhan gizi kucing terpenuhi.

Snack jenis lainnya yang cocok untuk variasi

Snack jenis lainnya yang cocok untuk variasi

Selain jenis snack yang sudah disebutkan, beberapa jenis makanan tanpa proses pengolahan khusus pun dapat dijadikan snack sebagai kucing. Banyak orang memberikan ikan yang sudah dikeringkan sebagai snack kucing. Akan tetapi, Anda tetap harus mengecek komposisinya karena biasanya makanan ini mengandung banyak garam. Bila ragu, pilih saja produk ikan kering yang memang diperuntukkan untuk kucing.

Selain itu, keju dan bonito juga dapat digunakan sebagai snack kucing. Keju banyak disukai kucing, tetapi ingat, selalu gunakan keju khusus untuk kucing. Bonito merupakan daging ikan cakalang yang dikeringkan dan diserut. Olahan ikan ini dapat digunakan sebagai snack penambah nafsu makan. Namun, penggunaan makanan-makanan ini tetap perlu diperhatikan karena setiap kucing memiliki toleransi dan selera yang berbeda-beda pada jenis makanan tertentu.

Susu sebagai snack yang kaya nutrisi

Susu sebagai snack yang kaya nutrisi

Susu merupakan minuman yang memiliki nutrisi yang tinggi. Karena itu, sah-sah saja bila Anda menggunakannya sebagai snack. Namun, sebelum Anda memberikannya pada kucing, pastikan kucing Anda tidak memiliki masalah lactose intoleranceLactose intolerance adalah masalah yang diakibatkan karena tubuh tidak dapat memproduksi enzim yang berguna untuk memecah laktosa pada susu. Apabila susu tetap diberikan, kucing dengan kelainan ini akan mengalami masalah pencernaan, seperti diare.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kuantitas susu yang diberikan. Susu banyak mengandung lemak sehingga sebaiknya dibatasi konsumsinya agar kucing Anda tidak kelebihan berat badan.

Jenis snack yang dapat digunakan untuk berlatih dan bermain

Jenis snack yang dapat digunakan untuk berlatih dan bermain

Bicara mengenai kesukaan kucing, barangkali silver vine atau cat powder terbayang di benak Anda. Dalam bentuk bubuk, Anda dapat mencampurkannya ke dalam makanan, menaburkannya di permukaan cat scratching post, dan sebagainya. Silver vine dalam bentuk batang juga bisa digunakan sebagai mainan kucing. Kini bahkan telah ada snack kucing yang mencampurkan bahan tersebut ke dalam produknya.

Meski begitu, silver vine mungkin akan kurang tampak efeknya pada kucing yang telah menjalani perawatan kontrasepsi atau kastrasi. Bila kucing Anda termasuk salah satunya, sebaiknya Anda memilih jenis snack yang lain saja.

Pilihlah snack yang aman dan sehat

Sama seperti makanan manusia, beberapa produk snack kucing juga menggunakan BTP (bahan tambahan pangan) yang berbahaya. Di samping itu, ada juga snack yang bisa turut andil dalam menjaga kesehatan kucing. Berikut penjelasan lengkapnya!

Pilihlah snack tanpa komposisi BTP di dalamnya

Pilihlah snack tanpa komposisi BTP di dalamnya

BTP biasanya ditambahkan ke dalam makanan sebagai pengawet, perasa, pewarna. Walaupun memiliki fungsi penting, penggunaan BTP dapat berbahaya bagi kesehatan. Beberapa snack yang mengandung BTP dapat membuat kucing diare dan muntah. Untuk itu, pilihlah snack yang minim BTP. Bila memungkinkan, pilih snack dengan bahan baku sederhana atau tanpa kandungan BTP sama sekali.

Pilihlah snack yang fungsional

Pilihlah snack yang fungsional

Seperti yang telah disebutkan, sebagian produk snack memiliki fungsi khusus, seperti tekstur yang dapat membantu membersihkan gigi. Dengan snack jenis ini, Anda tak perlu repot menyikat gigi kucing. Di samping itu, ada juga snack yang mencegah penumpukan bulu atau hairballs di saluran pencernaan kucing. Snack ini akan menstimulasi pengeluaran bulu yang tertelan lewat kotoran kucing. Anda juga dapat memilih snack dengan tambahan nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan prebiotic untuk memastikan kebutuhan gizinya tercukupi.

Snack dalam kemasan sekali makan untuk mengontrol porsi

Snack dalam kemasan sekali makan untuk mengontrol porsi

Snack dalam kemasan kecil atau sekali makan dapat membantu Anda mengatur porsi snack yang diberikan pada kucing. Apabila Anda membeli snack langsung dalam kemasan besar, Anda akan cenderung sulit menakar dalam jumlah yang tepat. Akibatnya, jumlah snack yang diberikan akan lebih dari yang disarankan. Kucing pun dapat mengalami kelebihan berat badan.

Karena langsung habis dalam sekali makan, snack dengan kemasan kecil lebih praktis untuk disimpan. Bila memang tetap tidak habis dalam sekali makan, Anda dapat memilih kemasan dengan resealable zip untuk memudahkan penyimpanan.

Jangan lupa pertimbangkan jumlah kalori

Jangan lupa pertimbangkan jumlah kalori

Snack seperti keju dan susu merupakan snack yang tinggi kalori. Jika diberikan secara berlebihan, dapat menyebabkan kucing mengalami kelebihan berat badan. Sebenarnya, snack tidak harus rutin diberikan pada kucing. Akan tetapi, beberapa orang memilih memberikan snack untuk membantu melatih kucing atau untuk lebih dekat dengan kucing.

Jika Anda ingin memberikan snack pada si kucing, pastikan Anda selalu mengecek jumlah kalori yang terkandung pada snack. Dengan begitu, asupan kalori kucing Anda pun tetap terkontrol.

10 Rekomendasi snack kucing terbaik

Setelah mengikuti pembahasan cara memilih snack kucing, kami akan memberikan Anda informasi 10 produk yang kami rekomendasikan. Tentunya, kami sudah mempertimbangkannya berdasar kualitas dan manfaatnya. Simak terus, ya!

10. Bioline Swallow Fish

10. Bioline Swallow Fish

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 33.000

Sederhana, tetapi tetap kaya nutrisi

Kucing sangat lekat dengan image sebagai hewan pemakan ikan. Memahami naluri alami kucing, Bioline membuat produknya dengan bahan ikan 100%. Dibuat dengan teknologi Jerman, ikan dimasak dan dikeringkan tanpa menggunakan bahan kimia sehingga rasa gurih khas ikan yang menjadi kesukaan si kucing tetap dapat dipertahankan.

Selain rasa yang lezat, Bioline juga mampu mempertahankan kandungan nutrisi dari ikan, seperti kalsium, zink, protein, serta omega 3 dan 6. Tak perlu takut bulu kucing kesayangan jadi rontok karena produk ini rendah garam. Bagi Anda yang ingin kucing lebih sehat dengan snack sehat alami berbahan ikan, produk ini bisa menjadi pilihan.

9. Inaba Ciao Churu Tuna

9. Inaba Ciao Churu Tuna

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 27.500

Kandungan air yang tinggi untuk penuhi kebutuhan cairan si kucing

Karena kucing pada dasarnya adalah hewan yang hidup di lingkungan minim air, hewan ini cenderung jarang minum. Jika kebutuhan cairan kucing kesayangan Anda tidak mencukupi, kucing akan mengalami sembelit, bahkan masalah saluran kencing. Untuk mengatasi hal itu, Inaba membuat produk snack kucing yang memiliki kadar air yang tinggi.

Snack dari Inaba ini berbentuk purée. Karena kandungan airnya ini, kebutuhan air kucing Anda yang jarang minum pun dapat tetap terpenuhi. Anda dapat memberikan snack ini langsung dari kemasannya atau dituangkan ke dalam mangkuk. Bila Anda menginginkan snack yang sekaligus mengatasi dehidrasi si kucing, produk ini solusinya.

8. Eureka Holistic Cat Snack

8. Eureka Holistic Cat Snack

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.000

Lebih praktis dengan 3 varian rasa dalam 1 kemasan

Ingin produk snack kucing dengan varian rasa berbeda, tetapi tidak ingin membeli banyak produk? Barangkali produk inilah yang Anda cari. Snack berbentuk stik dari Eureka ini memiliki rasa salmon, seafood, dan tuna. Anda bisa menggunakan varian rasa yang berbeda ini sebagai reward spesial yang tidak membosankan untuk si kucing, lho!

Produk ini dibuat dari bahan-bahan premium berkualitas dan memiliki kandungan vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing. Terlebih lagi, Eureka juga mengandung prebiotik yang bermanfaat untuk pencernaan. Kemasannya juga sangat ringkas dan pas untuk menemani aktivitas outdoor Anda bersama kucing kesayangan.

7. Petz Route Kitty’s Cream Tuna & Codfish

7. Petz Route Kitty's Cream Tuna & Codfish

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 48.000

Snack krim susu enak dan bergizi yang cocok untuk kucing segala usia!

Apakah kucing Anda cenderung menyukai makanan berwujud krim? Krim memang banyak disukai karena teksturnya yang lembut dan kental serta rasa susu yang kuat. Bila krim adalah makanan favoritnya, produk ini pasti akan membuatnya senang. Terbuat dari susu kambing, produk ini tidak hanya lezat, tetapi juga penuh nutrisi.

Tambahan ikan salmon, tuna, kod, dan ayam semakin melengkapi nutrisi produk ini. Adanya kandungan glucosamine dan chondroitin-nya pun bermanfaat untuk menjaga kekuatan sendi-sendi kucing. Apalagi, produk ini cocok untuk kucing segala usia. Bila Anda memiliki beberapa ekor kucing dengan rentang usia berbeda, lebih praktis pilih produk ini.

6. Kit Cat Kitty Crunch

6. Kit Cat Kitty Crunch

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.000

Tekstur renyah favorit kucing yang sekaligus bantu bersihkan giginya

Apakah kucing Anda cukup bandel sehingga Anda sering kewalahan untuk menyikat giginya? Bila Anda mengalami masalah tersebut, Kit Cat punya solusinya. Produk ini memiliki tekstur renyah favorit kucing yang sekaligus dapat membantu membersihkan giginya. Kucing Anda senang, Anda pun tenang karena 1 masalah terselesaikan.

Tahukah Anda bila tekstur renyah juga dapat membantu perkembangan gigi kucing yang masih dalam tahap pertumbuhan? Apalagi, produk dilengkapi dengan 6 varian rasa yaitu tuna, ayam, salmon, kambing, sapi, dan seafood. Pastinya kucing Anda semakin suka dengan varian rasa snack yang banyak pilihan dan sesuai dengan seleranya.

5. Vitakraft Liquid-Snack

5. Vitakraft Liquid-Snack

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 45.990

Berat badan kucing tetap stabil dengan snack rendah kalori

Vitakraft Liquid-Snack merupakan produk snack kucing berwujud cairan. Produk asli Jerman ini berkemasan kotak yang berisi 6 sachet kemasan sekali makan. Dengan begini, kebersihan terjaga dan Anda pun tidak kesulitan menakar porsinya. Kemasannya ini juga menjamin produk tidak mudah terpapar udara. Akibatnya, snack tidak mudah rusak.

Terbebas dari kandungan bahan kimia seperti, pengawet, perasa, dan pewarna buatan, produk ini dijamin aman bagi si kucing. Di samping itu, produk ini lebih sehat dengan kandungan kalori yang rendah. Bila Anda ingin kucing kesayangan selalu sehat dengan berat badan yang terjaga, produk ini bisa menjadi pilihan tepat.

4. BokBok Pet Munchies For Cat

4. BokBok Pet Munchies For Cat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 21.000

Snack sehat yang rendah lemak dan sodium

Snack kucing asli Thailand ini terbuat dari daging ikan asli sehingga Anda tidak perlu ragu memberikannya pada kucing Anda. Komposisi daging ikan ini pastinya juga akan lebih disukai oleh kucing. Dengan 7 varian rasa berbeda, Anda bisa mencoba semuanya dan menentukan mana yang menjadi favorit kucing Anda.

Anda yang khawatir akan keseimbangan nutrisi si kucing, akan puas dengan produk ini. Snack BokBok ini kaya akan nutrisi, seperti omega 3 yang dapat menjaga kesehatan dan bulu si kucing. Produk ini juga rendah lemak dan sodium. Dengan potongan kecil, Anda pun dapat memberikannya sebagai reward sehat yang lezat.

3. Vitakraft Malt-Paste

3. Vitakraft Malt-Paste

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 130.000

Snack fungsional cegah penumpukan bulu di perut kucing

Kucing memiliki kebiasaan grooming dengan cara menjilati bulunya. Tahukah Anda bahwa kebiasaan itu dapat menyebabkan bulu kucing tertelan? Penumpukan bulu kucing atau hairballs di saluran pencernaan akan menimbulkan masalah kesehatan bagi si kucing. Vitakraft hadir sebagai solusi untuk membantu Anda mengatasi masalah ini

Dengan komposisi khusus yang tinggi akan ekstrak malt, produk berbentuk pasta ini dapat menstimulasi ekskresi bulu yang tertelan agar cepat keluar melalui kotorannya. Berkat hal itu, penumpukan bulu atau hairballs dapat dicegah. Dengan kemasan seperti odol, produk ini mudah dibawa ke mana-mana dan lebih praktis untuk disimpan.

2. JerHigh Jinny Snack

2. JerHigh Jinny Snack

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.000

Snack yang aman dan nikmat dikonsumsi untuk kucing

Produk makanan hewan kerap dipandang sebelah mata bila dibandingkan dengan makanan untuk manusia. Namun, tahukah Anda kalau seharusnya makanan hewan diolah dengan standar yang sama seperti makanan manusia? Sadar akan hal tersebut, JerHigh selalu memastikan produknya dibuat dengan standar kualitas yang tinggi.

Keamanan produksi dan penanganan Jinny Snack sudah lolos standar BRC (British Retail Consortium Standard Retailers). Alhasil, produk ini jadi jawaban tepat bila Anda menginginkan produk yang aman dengan proses produksi dan informasi komposisi yang terjamin. Potongannya yang kecil-kecil pun mempermudah kucing Anda menikmatinya.

1. Sayang Indopet Mi miaw Chicken Jerky

1. Sayang Indopet Mi miaw Chicken Jerky

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 55.000

Kucing lebih sehat dengan komposisi 100% daging ayam

Untuk Anda yang khawatir kucing akan alergi atau tidak cocok ketika diberi makanan dari bahan tertentu, Anda bisa menjadikan produk Mimiaw ini sebagai snack kucing Anda. Dengan bahan 100% dari daging ayam bagian dada, Anda tidak perlu khawatir lagi akan adanya kandungan bahan lain yang akan mengganggu kesehatannya.

Proses pembuatan produk ini tidak menggunakan gula dan garam, serta tambahan zat aditif lainnya sehingga Anda akan semakin yakin dengan keamanan produk ini. Berbentuk irisan daging, snack ini juga merangsang perkembangan dan melatih gigi kucing Anda, terutama bagi kucing yang masih dalam masa pertumbuhan.

Tips menakar jumlah snack yang diberikan

Tips menakar jumlah snack yang diberikan

Sama seperti manusia, pemberian makanan pada kucing juga harus dibatasi. Jumlah intake kalori sangat tergantung pada aktivitas dan usia dari kucing. Umumnya, kucing dewasa membutuhkan 70-80 kkal per kg berat badan. Contohnya, bila kucing Anda berbobot 4 kg, jumlah kalori yang dibutuhkan setiap harinya adalah sekitar 280 kkal.

Batasi pula pemberian snack hanya 20% dari total kalori yang dibutuhkan kucing per hari. Bila kebutuhan kalorinya adalah 280 kkal, total intake kalori maksimal dari snack adalah sekitar 56 kkal. Kelebihan asupan kalori dapat membuat kucing kelebihan berat badan.

Kucing Anda tidak mau makan? Cobalah varian rasa lain!

Kucing Anda tidak mau makan? Cobalah varian rasa lain!

Ada beberapa alasan kucing Anda tidak mau makan snack yang Anda berikan. Salah satunya adalah kucing Anda tidak menyukai snack yang Anda pilih. Karena itu, selain ditilik dari kandungannya, pilihlah snack yang sesuai dengan selera kucing Anda, baik jenis maupun rasanya.

Untuk menghindari kucing cepat bosan, Anda bisa mencoba memberikan snack dengan berbagai varian rasa secara bergantian. Dengan memberikan rasa yang berbeda-beda di setiap waktu, kucing akan tetap menyukai snack-nya dan tidak cepat bosan.

Satu hal yang perlu diingat adalah Anda tidak harus memberikan snack secara terjadwal. Pemberian snack dapat disesuaikan dengan kebutuhan saja, seperti saat melatih kucing. Selain agar kucing tidak cepat bosan, hal ini juga untuk menghindari kucing terlalu banyak makan.

Kesimpulan

Memilih snack untuk kucing mungkin terdengar simple. Namun, ternyata banyak faktor yang perlu diperhatikan. Penting sekali untuk memilih snack yang memiliki nutrisi tinggi, tidak mengandung bahan berbahaya, dan rendah kalori. Akan tetapi, pastikan juga rasa dan jenisnya sesuai dengan selera kucing Anda, ya.

Pada artikel kali ini, kami sudah membahas mengenai cara memilih snack kucing yang tepat, memberikan snack dengan jumlah yang tepat, dan menyiasati kucing yang tidak mau makan. Semoga rekomendasi produk kami juga dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan yang tepat.